Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Belajar Online Tetap Menyenangkan

Bismillah,


Hola sahabat lendyagasshi.

Apakabarnya Lebaran 2021? Masih dirumahaja?
Memang sudah bukan pertama kali yaa…kita menikmati suasana lebaran dengan di tengah pandemi. Tahun lalu, kita juga mengalami hal yang sama, yakni menjalani tidak mudik dan silaturahm hanya ke tetangga terdekat.

Yang paling berat saat Lebaran begini adalah tetap produktif dan memberi semangat untuk putra-putri kita tercinta untuk tetap semangat menjalani aktivitas belajar di rumah secara daring.

Sekolah dengan cara belajar jarak jauh begini, tentu  banyak sekali menimbulkan kebosanan bila tidak diramu dalam kemasan dan cara belajar yang menarik. Seperti baru-baru ini, Hana (anakku yang kedua) sudah mulai merasa bahwa sekolah hanya untuk mengerjakan tugas dan menyetorkan hapalan. Sudah tidak ada motivasi lebih untuk mengambil makna “belajar”  itu sendiri.

Jadi,
Bagaimana memberikan motivasi untuk anak agar belajar online tetap menyenangkan?




Tips Belajar Online Tetap Menyenangkan



Tips Belajar Online Agar Tetap Menyenangkan


Tak bisa dipungkiri bahwa metode belajar secara online atau daring begini kerap mendatangkan kejenuhan. Karena di satu sisi, anak diharuskan menatap layar gadget terus-menerus, di sisi lain bahwa harus disadari banyaknya masalah yang timbul ketika belajar daring seperti sinyal buruk, komunikasi yang tidak bisa intensif, dan berkurangnya pemahaman anak terhadap materi.

Agar anak tetap bahagia saat belajar online, maka parents perlu melakukan beberapa hal berikut ini, yakni:


 Ciptakan ruang belajar yang menyenangkan 

Untuk anak-anak, menciptakan ruang belajar yang menyenangkan bisa menjadi salah satu penyemangat dalam belajar secara online. Karena bagaimanapun, aktivitas setiap hari dilakukan di dalam rumah. Bisa dengan cara mengganti wallpaper kamar belajar atau mengecat ulang kamar belajar dengan warna favorit sang anak.
Kalau belum ada dana untuk mengecat ulang, dengan mengganti atau menyusun ulang kamar anak juga bisa lo…mengubah mood anak dalam belajar.


Tips ruang belajar yang menyenangkan untuk anak belajar



 Menyediakan kebutuhan belajar anak 

Kebutuhan belajar anak yang pokok saat sedang daring begini, yang utama adalah gadget beserta kuota, kemudian stationery yang lucu dan menggemaskan, buku tulis dan buku pelajaran juga buku bacaan yang mendukung anak dalam mencari referensi saat belajar.

Kelas Pintar : Tips Belajar Online



Kebutuhan lain yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan nutrisi anak. Ketika sedang melakukan aktivitas pembelajaran, jangan lupa untuk selalu menyediakan menu sarapan di pagi hari yang penuh nutrisi berikut camilannya. Memberikan vitamin, bila perlu, agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga meski menggunakan energinya untuk berpikir dan belajar secara online.



 Memberikan spot belajar terbaik 

Ini juga penting loo..ternyata. Dengan menggunakan spot belajar terbaik yang cukup cahaya dan tidak berisik, bisa membuat anak memiliki konsentrasi lebih tinggi terhadap penjelasan guru yang diberikan secara online.



 Manajemen Waktu yang Baik untuk Anak 

Menurut pengalaman pribadi ketika anak belajar secara daring maka hal yang diperlukan adalah manajemen waktu yang baik untuk anak. Anak akan mudah jenuh ketika pembelajaran daring dilakukan lebih dari 45 menit, untuk anak yang sekolahnya lebih kecil lagi, bisa jadi hanya memiliki rentang konsentrasi tidak lebih dari 30 menit.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, biasanya aku menerapkan aktivitas bangun pagi secara teratur, lalu membiasakan sarapan, berolahraga dan ketika masuk waktu belajar di pagi hari, anak sudah merasa “on” dan siap menerima pelajaran.

Review Kelas Pintar : Kelas Belajar Online

Menjaga keteraturan waktu untuk anak ini memang tidak mudah, tapi anak akan terbiasa dengan aktivitas sehari-hari dan membantu mereka untuk tetap aktif meski sedang berpuasa di bulan Ramadan.



Belajar Online Menggunakan Aplikasi Kelas Pintar

Saat parents mengalami kesulitan dalam membantu anak-anak dalam belajar secara online, kini hadir yang namanya Kelas Pintar, yakni sebuah solusi belajar online dengan metode pintar. Metode yang digunakan secara personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran agar  mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Review Belajar menggunakan Aplikasi Kelas Pintar



Kelas Pintar bisa menjadi solusi bimbingan belajar online bagi orangtua, guru dan anak untuk membantu kegiatan belajar kapanpun dan dimanapun. Dengan menggunakan Metode Pintar yakni sistem belajar  terintegrasi dan teknologi interaktif, Kelas Pintar siap menjadi solusi belajar tanpa tatap muka. Degan aplikasi kelas pintar, maka siswa akan mendapatkan berbagai materi pembelajaran terupdate untuk pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA.


Keunggulan Berlangganan Kelas Pintar

Bagi anak : Solusi belajar yang lengkap dengan video pembelajaran, soal latihan dan simulasi ujian. Belajar juga tidak sendirian karena ditemani dengan teman (bisa membentuk kelompok belajar) dan bimbingan dari guru Kelas Pintar juga bekerjasama dengan orangtua.


Bagi orangtua : Kelas Pintar memudahkan Orang Tua untuk terlibat dalam perkembangan belajar Anak. Selain itu, Orang Tua juga dapat memantau jadwal belajar, mengundang Mentor, serta memantau proses belajar dan performa nilai Anak dalam bentuk Rapor.


Bagi guru : Kelas Pintar menawarkan solusi belajar digital 360° yang dapat diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar mengajar menggunakan sistem yang terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa.

Keunggulan Berlangganan Kelas Pintar



Dengan menghadirkan 3 metode pembelajaran efektif :

Penjelasan materi menyeluruh dalam bentuk audio-visual, video animasi dan buku pelajaran elektronik (e-book)

Penguatan konsep melalui soal latihan yang bervariasi seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tanya Jawab serta VBQ (Value Based Question)

Evaluasi proses pembelajaran melalui soal Tes yang bervariasi seperti Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda (MCQ) dan Soal Uraian (Essay)

Keunggulan Berlangganan Kelas Pintar




Proses Belajar-Mengajar Lebih Optimal

Karena banyaknya akses materi yang bisa dipelajari sang anak dan kemudahan diskusi antara guru dengan murid karena berada di satu aplikasi yang sama serta peran aktif guru dan orang tua dalam memantau perkembangan belajar siswa secara "real time".


Telah Bekerjasama dengan Banyak Sekolah Terkemuka di Indonesia

Kelas Pintar telah melakukan kerjasama dengan banyak sekolah terkemuka di Indonesia, seperti Perguruan Cikini, Pendidikan Salman Al Farisi, Budi Mulia Bintaro, SMPN 1 Bekasi, SMPN 6 Bekasi, Yayasan Perguruan Advent, SMP Kartini, Hang Tuah 1, Muhammadiyah 3, Pusaka 1, Al-Hadi, Keluarga Widuri, Taman Ilmu, Darul Ma'arif, Bait al Rahman, Al-Qudwah, Daarul Fikri, Purnama, Sultan Hasanuddin, Persatuan Islam Matraman, PB Soedirman, dan masih banyak lagi sekolah lain di Indonesia dari mulai SD, SMP hingga SMA.


Berbasis Web & App

Kelas Pintar menawarkan kemudahan bagi Murid, Guru atau Mentor, serta Orang Tua untuk memantau proses pembelajaran secara menyeluruh Berbasis Web & App yang dapat diakses melalui Smartphone, Tablet, dan Komputer (berbasis web & app) oleh para Siswa, Guru, dan Orang Tua.

Keunggulan Berlangganan Kelas Pintar



Guru dapat menjelaskan materi secara lebih jelas dengan bantuan papan tulis (virtual whiteboard) dan berbagi layar (screen sharing) selama Kelas berlangsung. Tidak hanya itu, murid juga dapat berinteraksi dan bertanya langsung dengan Guru saat Kelas sedang berlangsung.



Canggih banget yaa…belajar di Kelas Pintar. Tidak hanya bisa diakses melalui web, tapi juga bisa diakses melalui aplikasi yang diinstal di handphone anak. Sehingga anak bisa belajar dimanapun kapanpun.

Ayo, parents.
Jangan cemberut lagi yaa.. Aku yakin, kita bias tetap memberikan yang terbaik untuk Ananda meskipun keadaan pandemic dan hanya bisa belajar dari rumah. In syaa Allah dengan dukungan maksimal dari berbagai pihak, maka anak generasi alpha ini bisa menjadi generasi unggulan dalam 20 tahun ke depan dan mampu bersaing dengan anak-anak di seluruh dunia.


Keep fighting, moms and dad.



With love,


80 comments for "Tips Belajar Online Tetap Menyenangkan"

  1. Menarik juga nih kalau sekolah bisa kerjasama dengan tempat belajar online seperti ini. Jadi pengajarannya mungkin bisa lebih profesional. Kalau ada guru-guru yang masih gaptek bisa terbantu.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi kelas pintar pasti memberikan "sensasi" berbeda dari proses belajar mengajar dan ini pasti anak anak ngga bosan, ibu yang menemani juga jadi tenang

    ReplyDelete
  3. Aplikasi kelas pintar ini cihuy ya Mbak, metodenya didesain sedemikian rupa agar anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan enjoy. Ortu juga bisa mendampingi selama pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. DI mana belajar daring sekarang perlu banget dapat materi tambahan ya salah satunya lewat kelas pintar. Kalau dilihat metodenya menyenangkan ya jadi anak belajar juga gak bisan

    ReplyDelete
  5. Ruang belajar yg menyenangkan bagiku berpengaruh bgt sih pada proses belajar. Ruangan yg bersih dan nyaman bikin belajar jd lebih fokus dan semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju nih, kalau ruang belajarnya bagus, maka anak jg ham bosen belajar apalagi secara online

      Delete
  6. Nah, penting banget nih yang namanya time management untuk anak. Bekal untuknya bertumbuh dan menghadapi dunia

    ReplyDelete
  7. yang apati aku usahakan anak - anak tetap nyaman ya mba... soalnya aku pribadi rasakan letihnya WFH yang full online

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain waktu yang diatur dengan baik supaya tidak burn out, aku juga selalu sediakan cemilan enaaak

      Delete
  8. Tipsnya sih aku sudah coba terapkan semua, cuma kadang waktu belajar yang tepat itu aku belum nemu yang klik, soalnya 3 anakku ini kalau mau diajak belajar bersamaan aku yang sulit

    ReplyDelete
  9. Memang urusan nyaman tempat belajar, penting sekali dalam proses pembelajaran anak.

    Selama pembelajaran secara online, syukurlah bisa tetap menyenangkan dengan Kelas Pintar.

    ReplyDelete
  10. Walaupun belajarnya masih online tapi tetap harus menyenang kan ya teh, karena ini akan berpengaruh ke si kecil juga.

    ReplyDelete
  11. Semangat, Parents! Kondisi PJJ memang melelahkan untuk semua pihak, karenanya metode pembelajaran yang diterapkan sangat berpengaruh. Di Kelas Pintar semua Anak bisa belajar secara interaktif ya, ini juga yang aku cari untuk pembelajarannya Alfath yang memang anaknya lebih suka belajar berkelompok ketimbang sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  12. Coba sekolah anakku kenal Kelas Pintar ini dari awal, PJJ pasti lebih menyenangkan. Anakku juga udah bosen banget sekolah online, karena cuma ngerjain tugas doang ga diajarin apa-apa sama gurunya, hiks

    ReplyDelete
  13. Manajemen waktu memang jadi salah satu kunci selain tenaga bantu belajar seperti aplikasi Kelas Pintar dan semacamnya. Anak zaman now lebih suka baca di HP daripada di buku/LKS

    ReplyDelete
  14. Np.1 ketika anak2 bunda usia sekolah benar2 sdh ditrapkan, wlp zamsn itu blm ada internet hehe. Nah zaman niw menjafi tugas amak2 bunda utk memperhatiman apa yg Lendy tulis di artikel ini. Thanks 4 sharing.

    ReplyDelete
  15. aku sudah ikutin chacha Kelas Pintar teh
    biar makin mantep buat belajar dari rumah, apalagi ntar naik kls 3, pastinya lebih susah pelajarannya
    Kelas Pintar ini bikin belajar online makin menyenangkan ya teh

    ReplyDelete
  16. Belajar online bagi sebagian anak anak memang sdkt membosankan jd tugas bagus ibu nih gmna bisa menciptakan suasana kelas online biar menyenangkan

    ReplyDelete
  17. selain laptop dan handphone juga kuota atau wifi yang memadai, anak-anak juga memerlukan platform tepat untuk membuat kegiatan belajar dari rumah lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  18. Belajar di rumah secara daring, lama kelamaan bikin jenuh juga ya. Jadinya memang harus disiasati agar anak, orang tua dan guru sama-sama nyaman. Kehadiran Kelas Pintar ini pastinya sangat membantu ya...

    ReplyDelete
  19. Lama kelamaan memang anak2 mulai terbiasa sistem belajar online ya tapi sama aja selalu ada tantangan spt layaknya belajar temu fisik. klo buat aku tantangannya sih ke gimana ngadepin rasa bosan anak2 nih. makanya sistem belajar online yang menyenangkan dan interaktif bakal membantu banget

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen ikut kelas trial di kelas pintar buat SD.

    Kalau pola pembelajarannya interaktif disertai video animasi, anak-anak akan lebih suka nyimaknya.
    Pengajarnya juga kudu bikin metode ada ice breaking yang bikin ngga jenuh

    ReplyDelete
  21. Memang nih kita perlu mencari cara agar belajar online senantiasa menyenangkan.

    ReplyDelete
  22. Wah ada aplikasi kelas pintar ya buat bantu anak-anak belajar daring soalnya mamaknya sudah nyerah setelah hampir 3 semester belajar daring...huhuhu tapi disisi lain aku juga ngak mau kesehatan anak jadi taruhannya. Keberadaan aplikasi belajar seperti ini pastinya bantu banget.

    ReplyDelete
  23. aplikasi kelas pintar ini oke banget untuk membantu menemani anak belajar daring yah.

    ReplyDelete
  24. Suasana belajar di rumah harus menyenangkan ya, kita juga harus sabar mendampingi anak belajar. Untung ada Kelas Pintar bisa membimbing anak pelajaran di sekolah jadi mamak nggak terlalu stres hihi

    ReplyDelete
  25. Menurut anak-anak saya, belajar di bimbel online lebih menyenangkan daripada PJJ sekolah hihihi. Memang cara pengajaran bimbel lebih asik. Aplikasinya juga lebih bagus dan menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas Pintar fiturnya juga menarik. Bikin anak jadi semangat untuk belajar daring

      Delete
  26. fitur yang ada di kelas pintar ini lumayan banyak juga ya mba. Bisa memudahkan untuk cek jadwal karena ada remindernya juga

    ReplyDelete
  27. Saya punya kendala untuk belajar online-nya anak. Mungkin memang kurang menyenangkan bagi anak saya. Makasih tips-nya Mbak

    ReplyDelete
  28. Wah aku jarang ngajak anak olahraga nih.. si sulung males kalo diajak olahraga, kalo si nomer 2 rajin tapi akunya yang sering males diajak nemenin, hehehe.
    Kelas Pintar ini sepertinya menyenangkan ya buat anak-anak. Aku belum pernah coba sih. Menarik sepertinya buat dicoba :)

    ReplyDelete
  29. Masa pandemi ini entah kapan berakhir. Jadi kita pun belum tahu kapan suasana belajar akan kembali seperti semula. Itulah mengapa penting untuk menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, agar anak-anak tidak bosan.

    ReplyDelete
  30. Tempat belajar yang menyenangkan memang bikin anak nyaman belajarnya ya teh. Wah, Kelas Pintar ini menarik banget. Mau ceki ceki ah..

    ReplyDelete
  31. aku blm bisa optimal menerapkan manajemen waktu bagi anak. Sangat suka utk maksa anak mo balajar, klo pas dia lagi fun main.

    ReplyDelete
  32. manajemen waktu tuh emang penting banget ya teh, anakku udah mulai bosan nih belajar di rumah terus hahaa harus puter otak biar ga bosan

    ReplyDelete
  33. Biasanya aplikasi belajar online ini hanya bisa dimanfaatkan oleh siswa. Orang tua serta guru nggak begitu bisa aktif terlibat di dalamnya. Oke banget nih aplikasi Kelas Pintar bisa melibatkan orang tua dan guru dalam pemantauan perkembangan belajar siswa. Akan aku rekomendasikan ke temen-temen guru, Mak. Worth banget untuk dicoba :))

    ReplyDelete
  34. Tipsnya bisa banget dipraktekkin nih
    makasii makasiii
    btw, kelaspintar emang sangat recommended untuk anak2 kita yak.

    ReplyDelete
  35. Kelas Pintar nih ada untuk usia PAUD ga sih ya? menarik deh kalau baca ulasannya. Soalnya di rumah yang belajar online tuh bocil usia 5 tahun.

    ReplyDelete
  36. Keren banget nih kelas pintar... Sekolah anak saya harus tahu, supaya lebih optimal menyelenggarakan sistem belajar online, bukannya malah bikin belajar tatap muka...

    ReplyDelete
  37. Aplikasi kelas pintar masih saya akses lho Teh, meski sudah tidak langganan lagi. Dulu waktu mau ujian semester, saya pernah ikutkan Fahmi belajar di kelas pintar juga. Kebetulan saat itu ada promosi. Alhamdulillah naik kelas tiga dengan hasil yang tidak mengecewakan. Sesekali sekarang kalau ada tugas saya suka ajak anak buka materi di kelas pintar juga

    ReplyDelete
  38. Meski belajar online memang jangan sampai anak dibiarkan tidak disiplin tanpa jadwal yang tidak pasti ya mbak, Khususnya waktu bangunnya itu.
    Kelas Pintar ini bagus banget buat membantu anak2 yang masih belajar online sementara ortunya udah mulai oleng gak menguasai materi hehe

    ReplyDelete
  39. Anakku awalnya melakukan belajar online dengan menyenangkan. Tapi lama kelamaan dia merasa capek. Wajar sih ya. Kita sebagai ortu harus suport juga

    ReplyDelete
  40. Keren banget fitur-fitur yang ada. Kalau untuk SD itu tersedia untuk kelas berapa ya mom?

    ReplyDelete
  41. Terima kasih tips nya Teh..pas banget nih anak2 mulai sekolah lagi ya meski masih secara online. Oya seruju tuh, alat tulis yg unik/unyu2 biasanya bikin semangat belajar nambah deh..hehe..

    ReplyDelete
  42. Aku sampe beli meja belajar satu
    Lagi supaya anak2 nyaman belajarnya. Tadi di kamar cuma satu meja belajar gantian. Semenjak daring harus punya satu2 biar semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbaa, aku juga udah beli meja panjang gitu biar nyaman buat anak2 kalau lagi aktivitas. soalnya kalau satu kecil gitu kurang leluasaa, kadang2 kan butuh menggambar atau berkreasi yang butuh tempat luas

      Delete
  43. Aku baru denger aplikasi ini nih, teh. Jadi mau cobain langsung deh. Soalnya sesuatu banget ya punya 2 anak yg sekolah online ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suasana rumah juga harus mendukung supaya mereka bisa konsentrasi belajar juga ya, teh

      Delete
  44. Aku suka deh sama tampilan aplikasinya.. bagus nih layanannya untuk membantu anak yang kesulitan belajar online di sekolah

    ReplyDelete
  45. Jujur kesulitan saat belajar online itu ya manajemen waktunya teh makanya ini yang bikin gereget hahaha cakep nih yah layanan kelas pintar bantu nih buat belajar online

    ReplyDelete
  46. Belajar secara online memang ngga mudah ya.. apalagi buat anak anak, bisa duduk berjam jam belajar online itu butuh banyak hal yang dilakukan orangtua, salah satunya tetap mendampingi anak agar tetap fokus jalani belajar online.. makasih tipsnya lho ini

    ReplyDelete
  47. sekarang banyak platform belajar online buat anak2 yaa mbaa.. memang harusnya gini nih, banyak lembaga kudu lekas berbenah dan mengikuti perkembangan dan kondisi zaman. cari cara biar belajar online tetap nyaman.

    ReplyDelete
  48. Emang jadi PR ibunya juga ini ya biar si kecil belajar onlinenya tetap happy di rumah, harus pinter deh mengatur moodnya.

    ReplyDelete
  49. Menarik juga nih konsep Kelas Pintar ini. Proses belajar online pun bisa lebih efektif buat anak dan orangyua bisa tetap memantau. Aku rekomendasiin buat keponakanku ah.

    ReplyDelete
  50. Jadi bertambah lagi referensi buat belajar online, lagi cari yang untuk usia TK juga persiapan masuk SD

    ReplyDelete
  51. Kelas pintar ini enak juga buat nambah pengawasan belajar anak. Aku itu kadang bingung mau belajar dimana lagi tapi yang sesuai kurikulum

    ReplyDelete
  52. Belajar di masa pandemi ini memang menantang ya. Anak memang akhirnya seneng bsa di rumah terus. Tapinya bukan belajar, lebih banyak mainnya. Jadinya untuk bisa belajar efektif, kudu bisa disiasati dengan pintar. Dan yang penting mereka nyaman dulu. Untuk pelajaran sendiri, biar lebih ngerti, memberi mereka les online bisa jadi solusinya. Mengandalkan pelajaran dari sekolah masih sangat terbatas.

    ReplyDelete
  53. tipsnya sangat bermanfaat nih. dirumah ponakanku belajar daring, susah banget di suruh fokus. malah senangnya main2 dan bercanda terus sana kakaknya.

    ReplyDelete
  54. Thanks tipsnya teh Lendy, urusan belajar daring ini emang kadang bikin anak bosan yah.

    ReplyDelete
  55. Nah kelemahan saya teh untuk waktu yang teratur, selama ini anak belajar mengikuti waktu saya pas lagi senggang

    ReplyDelete
  56. banyak yang rekomendasikan kelas pintar ya, jadi pengen ngepoin lebih jauh deh, karena aku memang lagi nyari tempat bimbel yang menyenangkan buat anak anak. thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  57. Taun ke2 pandemi dan school from home udah kayak roller coaster aja mba. Tips-tips online learning ini bisa jadi boost. Makasih ya sharingnya teh.

    ReplyDelete
  58. Manajemen waktu yang baik ini bener banget. anak abege ku kebanyakan main game ya ampoonn. suka gemes jadinya kalau pada gak merhatiin jadwal.
    pakai kelas pintar gini membantu yaa

    ReplyDelete
  59. anakku kalo belajar di rumah mesti dijaga moodnya agar gak berubah menjadi buruk. Apalagi bila kegiatan ini dilakukan setiap hari dengan durasi yang lama, ini benar-benar jadi tantangan buat saya dan papanya, hehehe

    ReplyDelete
  60. Gak bisa dipungkiri, pasti kita udah jenuh dengan kelas online gini. Kita di sini adalah siswa, orangtua, juga para pengajar. Tapi ya gimana, kondisinya mengharuskan seperti ini. Mau gak mau, kita harus belajar menyesuaikan diri dan menciptakan suasana belajar online yang tetap menyenangkan.

    ReplyDelete
  61. Mau ga mau ya kita harus mengikuti ketentuam yang ada tentang kelas online atau daring, jadi harus banyak sabar ya mom's

    ReplyDelete
  62. Aplikasi seperti ini memang berguna sekali untuk belajar daring apalagi kalau orangtua udah mulai buntu bisa tanya langsung ke Kelas Pintar

    ReplyDelete
  63. tipsnya mantul nih teh lendy karena kebetulan anak saya juga sudah bosan belajar online. Wah kalau ada kelas pintar, emak yang belum bisa jawab pertanyaan anak mungkin bisa terbantu ya. Atau emak yang sibuk bisa mendapatkan bantuan juga

    ReplyDelete
  64. Pasti ngebantu banget aplikasi kelas pintar ini ya mbak, soalnya bisa diakses pake laptop or smartphone jadi anak-anak bisa belajar dimana aja. makum zaman pandemi gini kan rada takut kalau harus kursus offlline.

    ReplyDelete
  65. penting banget nih membuat suasana belajar online yang menyenangkan supaya anak gak cepat jenuh.

    ReplyDelete
  66. setuju
    belajar online tetap harus menyenangkan ya teh
    dan memang dgn adanya Kelas Pintar, bisa lebih membantu

    ReplyDelete
  67. Tips2 belajar onlinenya sangat bagus sekali aku mau terapkan dirumah karena kadang anakku suka bosen kalo belajar online terus2an suka ngambek gitu dengan belajar secara menyenangkan anak2 pasti happy apalagi dengan bimbingan kelas pintar pasti tambah semngat lagi

    ReplyDelete
  68. enak kalo ada video pembelajarannya. anak jd lebih paham dg konsepnya. bisa nih jd referensi, kasih tunjuk ke mamanya ponakan biar bs nyoba juga

    ReplyDelete
  69. Walaupun belajar secara daring di rumah, tetapi peralatan dan persiapannya seperti itu jadi serasa tetep belajar di sekolah

    ReplyDelete
  70. Bagus banget ya aplikasi nya mom. Membantu para orang tua.

    Anakku jg tahun ini masuk SD tempat les masih pada tutup..
    Dan kayanya kelas pintar bisa jadi solusi belajar dirumah buat anak anak ya mom

    ReplyDelete
  71. Kelas pintar memberikan solusi bagi anak dan orang tua yang kesulitan dalam belajar daring ya..
    Jadi walaupun di rumah, proses belajar pun jadi menyenangkan..

    ReplyDelete
  72. di masa pandemi begini orang tua terbantu banget ya, Mbak pastinya dengan adanya kelas online begini dalam membantu anaknya belajar

    ReplyDelete
  73. Bener nih Cinggu Len... salah satu penunjang keberhasilan belajar online anak sebaiknya punya spot belajar sendiri. Jd bs lebih fokus dan gak terdistraksi ama yg lain2nya ya. Makasih time management for kids nya, saya tunjukin ke Ririn nih lucu katanya gambarnya. Btw, Kelas Pintar oke banget ya, noted. Gomawa yo. Cinggu ^^

    ReplyDelete
  74. Semangat untuk orang tua yang anaknya sudah sekolah, kebayang banget challengingnya. Semoga dengan adanya aplikasi seperti Kelas Pintar bisa membantu orang tua, anak serta gurunya.

    ReplyDelete
  75. nah ini dia yang dibutuhkan oleh orang tua dan anak yang sedang belajar yaaa

    ReplyDelete

Berlangganan via Email