Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Asuransi Syariah

Bismillah,


Mengenal Asuransi Syariah - Hola sahabat lendyagasshi.

Bagi yang sedang mencari asuransi, sahabat harus banget mempelajarinya dengan seksama, terlebih asuransi ini adalah keperluan jangka panjang. Nah, kali ini blog lendyagasshi mau memperkenalkan salah satu bentuk asuransi yang terpercaya dan in syaa Allah tetap membawa keberkahan.

Mengenal asuransi syariah tidak bisa dilakukan dalam satu waktu setelah membaca beberapa artikel di internet. Dikarenakan banyaknya produk-produk asuransi syariah yang tersedia di pasaran memiliki fitur dan layanan yang berbeda-beda. Fitur dan layanan produk asuransi syariah ini tergantung pada perusahaan penyedia asuransi syariah.

Tidak hanya itu, ada sejumlah penanggung asuransi yang memberikan pilihan produk asuransi syariah sebagai menunya. Sehingga, penting bagi sahabat untuk menelusuri lebih jauh informasi mengenai apa itu asuransi syariah dan apa bedanya dengan asuransi konvensional, juga ragam informasi menarik lain yang akan diulas di artikel ini.

Apa itu Asuransi Syariah? Amankah Asuransi Syariah?



Pengertian Asuransi Syariah

Menilik pernyataan DSN MUI, disebutkan bahwa asuransi syariah merupakan upaya untuk saling membantu dan berbagi antara sejumlah pihak melalui investasi berbentuk aset (tabarru') yang menjanjikan pola pengembalian guna menghadapi risiko tertentu dengan akad yang sesuai dengan syariat islam.


Adapun prinsip dasar asuransi syariah sendiri adalah tolong menolong, dimana para peserta akan menyumbangkan kontribusinya demi menolong peserta lain dalam hal kebajikan, serta menawarkan rasa aman saat ada risiko diantara para peserta. Sebagai konklusi, proteksi syariah akan memperkuat rasa persaudaraan, kepedulian, juga gotong royong bagi para peserta melalui konsep sharing risk.


Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional


1. Kontrak atau Akad

Akad pada asuransi syariah adalah akad hibah sebagai bentuk saling tolong menolong dalam menanggung risiko diantara peserta sesuai dengan syariah islam. Sementara kontrak pada asuransi konvensional mengacu pada kontrak pertanggungan untuk peserta asuransi sebagai tertanggung dan oleh perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Apa Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

 


2. Kepemilikan Dana

Secara umum, proteksi syariah menerapkan kepemilikan dana kolektif antar peserta. Sehingga ketika ada salah satu peserta asuransi yang mengalami musibah, maka peserta lainnya bakal membantu memberikan santunan lewat kumpulan dana tabarru. Inilah yang kemudian disebut sebagai prinsip sharing of risk.


Namun konsep seperti ini tidak berlaku pada asuransi konvensional, yang mana perusahaan asuransi selaku pengelola lah yang akan menentukan besar perlindungan dana nasabah sebagaimana besaran pembayaran premi yang dilakukan peserta di setiap bulannya.

 


3. Surplus Underwriting

Surplus underwriting kerap kali disebut sebagai selisih lebih dari pengelolaan risiko underwriting dana tabarru yang sudah dikurangi dengan pembayaran santunan, cadangan teknis, dan reasuransi yang dihitung dalam satu periode tertentu.


Asuransi syariah akan membagikan surplus underwriting pada setiap peserta sesuai dengan regulasi yang terdapat pada fitur produk yang disetujui sebelumnya. Namun dalam asuransi konvensional, tidak ada istilah seperti surplus underwriting yang dibagikan kepada peserta asuransi. Sebab, keuntungan underwriting asuransi akan dikantongi langsung oleh pihak perusahaan penyedia layanan proteksi konvensional.

 

 

4. Dewan Pengawas

Guna memastikan praktik syariah pada asuransi syariah benar-benar dijalankan, perusahaan asuransi wajib mempunyai Dewan Pengawas Syariah yang berperan mengawasi pemenuhan prinsip syariah pada kegiatan usaha lembaga keuangan syariah. 


Sedangkan asuransi konvensional akan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan selaku lembaga pengawas yang ditunjuk pemerintah pusat. Singkatnya, praktek perusahaan asuransi syariah akan diawasi oleh 2 pengawas, yakni OJK dan DPS sementara penyedia proteksi konvensional hanya diawasi OJK saja.


 

Produk Asuransi Syariah Prudential

Prudential adalah salah satu perusahaan penyedia proteksi syariah berkualitas yang ada di Indonesia. Selain persyaratan calon peserta yang cukup mudah untuk dipenuhi, besaran premi produk asuransi syariah Prudential sangatlah terjangkau. Disamping itu, cakupan proteksi yang ditawarkan relatif kompleks sesuai dengan kondisi peserta dan perjanjian polis sebelumnya.

Produk Asuransi Syariah Prudential

Itulah sekilas informasi mengenai asuransi syariah dan perbedaannya dengan asuransi konvensional. Jika Anda tertarik untuk mengenal asuransi syariah dari Prudential lebih jauh, sahabat dapat mengunjungi situs resminya dan dapatkan penawaran perlindungan terbaik saat ini juga.

 

Have a Nice Day.

 

 

 

With love,



31 comments for "Mengenal Asuransi Syariah"

  1. jadi, lebih aman sebenarnya ya jika memilih asuransi syariah karena semua jelas tercantumm di awal, ada surplus underwriting nya segala ya yang membedakan dari asuransi konvesional.

    ReplyDelete
  2. sepertinya lebih aman ya menggunakan asuransi syariah ini, kita pun merasa tenang apalagi tujuannya memang untuk saling tolong menolong

    ReplyDelete
  3. Pas banget aku juga lagi di usia fresh jobber dan mikir asuransi. Syariah jadi point utama banget supaya hati lebih tenang dan barokah.

    ReplyDelete
  4. Kalo asuransi aku memang pilihnya Prudential yang memang nomor satu di Indonesia, dan syariah tuh favoritku krn lebih fair gt

    ReplyDelete
  5. Bagus ya prudential ada asuransi syariah. Untuk Prudential nya sudah percaya selama ini kualitasnya di dunia asuransi

    ReplyDelete
  6. asyik nih ada Prudential syariah...
    bisa dipake sama keluarga muslim :D

    ReplyDelete
  7. aku juga mempercayakan Prudential buat asuransi semua keluarga kami teh. Tapi baru tahu kalo ada yang Syariah. Jadi pas banget buat keluarga muslim ya, biar nggak galau sama asuransi konvensional, jadi lebih mantap di hati.

    ReplyDelete
  8. Allhamdulilah ya Uni kalo nemu yang syariah tuh hepi ya lega aja rasanya karena atau dengan ajaran agama

    ReplyDelete
  9. aku setelah sempet bingung waktu itu mau cari asuransi apa, akhirnya ambil Prudentioal Syariah yg ternyata cocok banget, udah jalan 6 bulan sih ini :)

    ReplyDelete
  10. tujuannya mulia sekali, utk semangat saling menolong.
    semoga bisa memudahkan siapa aja yg lagi cari asuransi terbaik ya.
    makasiii reviewnya sist

    ReplyDelete
  11. Jaman dulu, nenek dan ibu saya saling tolong menolong dengan membentuk arisan. Tapi itu gak ada unsur proteksi dan perkembangan asetnya. Berapa kita setor sekian kita dapat. Beda dengan asuransi syariah ya, selain mendapatkan proteksi, aset juga bisa tumbuh dengan skema saling tolong menolong

    ReplyDelete
  12. Buat umay muslim dengan adanya asuransi syarah yg sifatnya gotong royong jadi lebih sesuai ya dengan syariat Islam. Sebagai proteksi masa depan kita perlu menyiapkan sejak dini

    ReplyDelete
  13. Kalau ada pilihan syariah biasanya sih cenderung memilih yang syariah..karena lebih aman dan tenang..Perbadaannya cukup signifikan ya dengan asuransi konvensional

    ReplyDelete
  14. Saya bergitu tau ada asuransi syariah aja udah semangat. Meskipun belum tau perbedaannya. Nah, sekarang jadi tahu. Jadi tambah seneng ada asuransi syariah

    ReplyDelete
  15. sejak lama kenal dengan Prudential ini ada teman yang sukses jadi marketingnya sampai sekarang punya mobil, ternyata emang penting ya punya asuransi, apalagi asuransi syariah

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ya mbak, sekarang ada asuransi syariah. Sebelumnya saya juga agak cemas dengan produk-produk asuransi karena kuatir dengan pengelolaannya. Apakah sesuai dengan syariah atau tidak. Inilah pentingnya mengetahui mengenai asuransi ya. Tertama cara kerja asuransi syariah.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah, aku jadi tahu juga deh perbedaan asuransi konvensional dan asuransi syariah. Dulu tahunya cuma ribanya aja bedanya. Ternyata banyak prinsipnya yang memamg beda. Semoga yang lain juga gitu. Dan mungkin bisa beralih ke asuransi syariah. Karena manfaatnya yang tidak dimiliki asuransi konvensional.

    ReplyDelete
  18. Setelah tahu perbedaan asuransi konvensional dan syariah, jadi ga ragu pilihnya. Konsep tabrru' yang dijadikan dasar beneran meyakinkan kalau selain proteksi kita juga bisa bantu orang lain . Ada keberkahan di sana, Insya Allah

    ReplyDelete
  19. semoga asuransi syariah di Indonesia ni benaran islami, sebab kita kan muslim mayoritas yah. perlu dicermati dengan seksama sebelum membeli

    ReplyDelete
  20. Jadi tau perbedaan asuransi syariah dan konvensional. Ternyata kalo asuransi syariah, klaim dibayar dari peserta ya. Terus perusahaan juga dapet fee. Beda sama konvensional. Manfaatnya juga baik, untuk proteksi dan berbuat baik, tolong menolong.
    Makasih teh sharingnya

    ReplyDelete
  21. Baru tahu juga kalau asuransi syariah itu diawasi dua lembaga ya. Aku kira hanya OJK saja. Makasih tulisannya membuka wawasanku tentang asuransi syariah :)

    ReplyDelete
  22. Akad Asuransi Syariah ini bener-bener bikin tenang karena sifatnya gotong royong dan ada nilai tolong menolong. Selain itu masih ada surplus underwriting pula, jadi makin banyak sisi positifnya.

    ReplyDelete
  23. Sebagai muslim terus terang kalau ada pilihan asuransi syariah dan konvensional pasti gak ragu milih syariah krn gk ada investasi ke produk2 yg mungkin kurang jelas (kalau pakai asuransi semacam unit link).
    Wah jadi lebih banyak nih pengawasnya kalau asuransi syariah ya dibandingkan dengan yang konvensional?

    ReplyDelete
  24. Seneng makin banyak peoduk yang berasskan syariah gini jadi mantap gitu kalo apa aapa

    ReplyDelete
  25. Makin banyak ya jenis asuransi yang bisa kita pilih. Insya Allah kalau sudah memilih yang sesuai dengan tuntunan syariat, jadi lebih tenang kan yaaa....

    ReplyDelete
  26. Dewan pengawas nya DPS saja atau ada dari MUI nya juga mbak? Atau DPS bagian dari MUI? Aku baru baca panjang lebar penjelasan asuransi syariah di sini. Informatif sekali mbak

    ReplyDelete
  27. Tulisan mengenai penjelasan asuransi syariah ini nih perlu banget dishare ke mereka-mereka yang doyan komen bahwa asuransi konvensional dan asuransi syariah tuh sebenarnya sama aja..hanya beda nama...hihihi

    ReplyDelete
  28. Abis baca ini aku jadi makin melek ttg asuransi syariah nih kayanyaaa.. ternyata bedanya memang jelas banget ya mak sama asuransi konvensional.. maaci penjelasannya mak Lendyyyy

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah sudah ada asuransi syariah telah berhasil membuat umat Islam tenang berasuransi tanpa khawatir lagi soal haram halalnya. Bukan berarti yang asuransi konvensional haram sih, tetapi asuransi syariah setidaknya sudah dijamin kehalalannya dari proses akadnya.

    ReplyDelete
  30. asuransi syariah menjadi pilihan untuk kaum muslim juga masyarakat yang ingin extra keamanan dan kenyamanan dalam memberikan perlindungan pada keluarga

    ReplyDelete
  31. Pilihan asuransi syariah menjadi produk asuransi pilihan saat ini ya, tetap pesanku baca polisnya dgn benar ya.

    ReplyDelete