Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Program Go Green yang Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim

Bismillah,


Langkah Kecil Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim


Hola sahabat lendyagasshi.

Melihat cuaca yang kini tidak menentu, rasanya wajar yah...kalau kondisi badan pun menjadi kurang fit. Perubahan cuaca ini disebabkan oleh semakin menumpuknya sampah dan juga pemakaian bahan bakar gas yang berlebihan oleh manusia.

Sebenarnya kami masih melangkah sedikit sekali untuk menjaga lingkungan hidup. Tapi harapannya, semoga dari langkah kecil ini, bisa menjadi sebuah kebiasaan yang akan mendukung program "Save Our Earth".

Langkah kami tidak sendiri, tentunya. Karena ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan selain langkah bersama yang didukung dari program sekolah anak-anak, Bandung Islamic School.

Langkah Kecil yang Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim

 

Program Sekolah Anak-anak yang Mendukung Mitigasi Perubahan Lingkungan

Membuat Poster

Pelajaran anak-anak memang tidak akan jauh-jauh dari membuat mini project. Biasanya Ai dan Hana dilatih untuk belajar menuangkan ide malalui gambar dari materi yang sudah diberikan dari sekolah. Dari materi tersebut, anak-anak akan mengembangkan imajinasi mengenai tema project yang dibuat. Setelah jadi, biasanya Ustadzah di sekolah anak-anak akan meminta ananda untuk sedikit mempresentasikan hasil gambarnya tersebut.

Program Sekolah Anak-anak yang Mendukung Mitigasi Perubahan Lingkungan
 

Komitmen awal agar anak-anak paham betul, betapa pentingnya menjaga alam dengan hal-hal kecil yang sudah dilakukan di rumah bersama kedua orangtua.


Program Go Green

Sebelum pandemi, di sekolah BISc anak-anak memiliki kebun mereka sendiri per-kelas. Dan tanamannya diberi tanda, sehingga ketika ada jadwal piket menyirami tanaman, mereka juga bisa saling membantu dan menjaga tanaman teman-teman.

Dengan mengajari anak-anak hal sederhana yakni menanam tanaman buah dan sayur yang bisa dipanen ketika sudah berbuah, maka hal ini secara tidak langsung mengajari anak-anak untuk hidup dekat dengan alam, tidak terbiasa hal-hal instan dan makan makanan yang kembali dari lingkungan.

Langkah Kecil yang Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim
source : pinterest

Tapi karena pandemi, maka apa yang dilakukan sekolah untuk tetap mengajari anak-anak menjaga lingkungan adalah dengan mengaktifkan kembali program Go Green.

 

Apa itu Go Green?

Go Green adalah gerakan mengubah gaya hidup menjadi lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. Langkah kecil yang diajarkan kepada anak-anak dari sekolah adalah menanam tanaman yang eco-friendly dari mulai bibit sampai pot. Semua terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Program Go Green yang Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim
 

Kegiatan ini sangat menyenangkan bagi anak-anak karena mereka diajarkan cara menanam bibit sayuran dan buah juga mengamati pertumbuhan dari waktu ke waktu. Selain mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan, juga mengajari kebiasaan baik berinteraksi menjaga kelestarian lingkungan dari hal kecil yang ada di sekitarnya.


Zero Waste

Sebenarnya mengubah hidup menjadi zero waste ini tidaklah mudah. Karena mengubah kebiasaan yang sederhana, seperti memilah sampah dan mengurangi penggunaan sampah plastik, ini sulit sekali bagiku. Terutama yang terbiasa memudahkan membeli air minum dalam kemasan daripada membawa minum sendiri dari rumah.

Namun karena sedang pandemi, di saat bepergian, kami memilih untuk membawa tumbler sendiri dari rumah selama beraktivitas keluar rumah. Dan amazingly, hal ini membuat kami merasa aman dan nyaman, bahkan terasa sekali dalam hal pengeluaran uang untuk jajan kopi.

Zero Waste Habit

Kebiasaan lain yang mungkin bisa kita terapkan adalah 

Memadamkan lampu dan mencabut peralatan yang tidak terpakai sehingga tidak ada lagi aliran listrik yang terbuang percuma.

Mengubah plastik yang digunakan menjadi bentuk lain (pot bunga, prakarya anak-anak) atau ditabung ke bank sampah agar di daur ulang kembali.

Membawa tas kain saat berbelanja.

Mengurangi pemakaian AC.


Zero Waste : Perubahan yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi


Apakah terlihat simple, sahabat lendyagasshi?
Kalau iya, yuk...perlahan tapi konsisten kita melakukan langkah kecil dengan melakukan hal-hal di atas untuk mendukung mitigasi perubahan iklim.

 

Lomba Blog Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Dalam rangka hari Sumpah Pemuda, yuk para pemuda dan pemudi Indonesia, menuliskan dan menyebarkan Sumpah Pemuda versi sahabat dalam melakukan mitigasi perubahan iklim dan akan ada hadiah total Rp 7.500.000,-

Penulisan kreatif dengan tema perubahan iklim yang semakin nyata terjadi pada saat ini dan bisa menyebabkan berbagai dampak yang cukup besar untuk bumi, seperti peningkatan suhu bumi, kenaikan permukaan air laut, bencana banjir, kekeringan, dan masih banyak lagi. Karena itu, dibutuhkan langkah nyata dari kita anak muda Indonesia untuk dapat mencegah perubahan iklim yang semakin parah. 

Dan langkah nyata ini bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan sehari-hari. Apapun langkah kecil kita, diharapkan dapat mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca yang  menyebabkan perubahan iklim.

 

Cara Mengikuti Lomba dan Ketentuan lomba

Untuk mengikuti lomba menulis kreatif dengan tema "Saatnya Anak Muda Bergerak untuk Mitigasi Perubahan Iklim" bisa dilihat ketentuan dan syaratnya di website :  

https://bloggerperempuan.com/kompetisi-blog-mudamudibumi/

#MudaMudiBumi #UntukmuBumiku #TimeforActionIndonesia


Dengan menerapkan kebiasaan baik bersama keluarga, semoga langkah kecil kami bisa berpengaruh pada kelestarian lingkungan. Terutama dalam efek mitigasi perubahan iklim. 


Semoga bermanfaat.


With love,



60 comments for "Program Go Green yang Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim"

  1. Langkah kecil berdampak besar bila konsisten dan dilakukan bersama-sama.

    Ada satu langkah yang bisa dicoba juga Len, nyuci tanpa mesin cuci wkwk
    Nyuci pakai tangan, ngeringin pakai angin dan sinar matahari, bisa nggak? :)))

    ReplyDelete
  2. Aku tuh pengen banget punya keluarga yang go green, tapi memang PR banget nih karena harus sinergi dengan pasangan. Nah, suamiku agak kurang nih dalam go green, masih suka pakai masker boros gitu deh, sama air dan listrik. Anak-anak aku sounding terus, kalau hanya ke warung dekat atau main sepeda di sekitar rumah tuh pakai masker kain aja karena kan jauh dari kerumunan, bayangin sampah medis itu loh aku kek sedih. eh jadi curcol

    ReplyDelete
  3. Dimulai dari hal kecil, kek menggunakan tumbler minum, semoga saja membantu menjaga bumi tercinta ini ya. bener banget Len, butuh proses untuk merubah kebiasaan itu dan ga bisa dilakukan sendiri, butuh kerjasama dari circlr terkecil minimal keluarga dulu.

    Kalo dilakukan bersama-sama dan konsisten kan kereen, ya ga, ya ga?

    ReplyDelete
  4. Masih jadi PR banget di keluarga kecilku untuk bisa go green, secara bocil kembarku masih pakai diapers. Tapi aku menyiasatinya dengan melakukan hal lain yang mendukung go green, bawa botol minum atau tas belanja sendiri misalnya.

    ReplyDelete
  5. dimulai dari diri sendiri, keluarga sendiri, lingkungan sendiri
    tapi memang belum bisa total karena ada ketergantungan pada barang tertentu
    tapi selama ada kemauan, tetap harus di coba
    demi masa depan generasi penerus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fix sepakat sama Mba Avy, masih ada ketergantungan pada barang tertentu yang kadang butuh proses, ga bisa instan.
      Yang penting tetep berusaha untuk mendukung mitigasi perubahan iklim

      Delete
  6. Dimulai dari hal kecil dan dimulai dari diri kita! Semakin banyak yang sadar pentingnya menjaga kesehatan bumi dan hidup yang lebih ramah lingkungan, semoga bisa membuat perubahan besar ya kak...

    ReplyDelete
  7. Aku mendukung go green ah, biar kelak memberikan warisan bumi ini pada anak cucu dalam keadaan bumi yang sehat. Tapi memang PR ya, mari kita lakukan dari ha terkecil, Bismilllah

    ReplyDelete
  8. Zero waste ini yang progesnya buatku masih belum ada kemajuan. Rasanya masih PR banget aku buat ngurangin sampah terutama plastik. Apalagi kalo abis belanja di pasar. Selalu aja pada enggan pas aku minta langsung masuk kantong belanja khusus :( huhuhu sedih akutu jadinya

    ReplyDelete
  9. Sebagai bucin Hong Banjang :D Aku sangaaatt terinspirasi dgn lifestyle dia dan warga Gongjin.
    Bener2 bisa bikin bumi makin lestari.
    Dan aku juga salut dgn langkah2 yg dijabarkan dalam artikel ini.
    Mantab betuuullll

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren bangett, mengajarkan cinta lingkungan dgn cara yg super FUN!
      Daebaakk ini
      bisa ditularkan semangatnya yak.

      Delete
  10. Kecil-kecil nih ya hal yang dikerjakan anak-anak. Tapi dampaknya gede kalau udah dewasa nanti, mereka jadi lebih empati terhadap makhluk hidup.

    ReplyDelete
  11. Cuaca sepanas ini, dan AC di rumah rusak, kadang kesal banget, tapi setelah dipikir-pikir banyak manfaatnya juga sih, lebih irit listrik, juga lebih mencintai alam, biar alam kembali bersahabat.
    Sedih banget ya, akhir-akhir ini cuaca ga beraturan kayak dulu lagi, dan gerahnya minta ampun

    ReplyDelete
  12. Dulu belajar bahwa bulan yang berakhiran BER-BERan artinya lagi musim hujan, nyatanya udah oktoBER gini suhunya malah makin keras, haha
    Mengenai zero waste aku sekarang lagi membiasakan diri habis cuci tangan ditepok-tepok biar kering. Meminimalisir penggunaan tisu biar gak nyampah terlalu banyak

    ReplyDelete
  13. Adikku juga sibuk bikin prakarya dari dus gitu. Program go green gini sudah ditanamkan sejak sekolah dengan berbagai cara. Salah satunya tugas semacam ini. Bikin anak makin kreatif kak.

    ReplyDelete
  14. Saya tuh bahagia banget tiap membaca go green life style diajarkan pada anak-anak. Baik di sekolah atau lingkungan rumah. Karena kalau sudah belajar dari kecil, mindset sudah terbentuk. Dewasa nanti menjaga lingkungan sudah jadi bagian dari DNA kita. Gak kayak sekarang, misalnya, masih banyak yang tega buang sampah ke sungai atau bahkan meninggalkan botol bekas minuman di tempat wisata...Itu bikin hati remuk :)

    ReplyDelete
  15. Sungguh nggak mudah ya teh tapii pelan dicoba. Sehari dua hari kadang masih lupa, butuh pembiasaan gitu..konsistensiii.
    Baguus sekolahnya ya. Dari kecil udah diajarin kesadaran go green. Moga dgn kayak gini generasi mudanya kita bisa menjaga alam dan lingkungan amiin

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sekarang kebiasaan baik akan minim sampah dan bawa kantong belanja sendiri udah mulai naik persentasenya. Terlebih pandemi orang makin berusaha bawa botol minum dan perlengkapan makan sendiri. Ditambah pernah booming juga mengenai bank sampah dimana-mana

    ReplyDelete
  17. Sama nih anak-anak di rumah juga bulan lalu sempat dapat tugas membuat poster tema lingkungan judulnya hemat energi. Mereka jd paham kenapa harus hemat listrik air dsb

    ReplyDelete
  18. Di sekolah anakku juga sudah diajarkan hal2 seperti yg tertulis diatas. Tugas2 program Go Green. Semoga saja anak2 paham akan pentingnya go green dan menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia

    ReplyDelete
  19. Iya mbak, cara sederhana melibatkan anak-anak untuk dukung mitigasi perubahan iklim dengan membuat proyek sederhana yaa, misalnya membuat poster, agar mereka aware terhadap lingkungan di sekitarnya.

    ReplyDelete
  20. Informasi tentang mitigasi perubahan iklim dan gaya hidup go green memang harus mulai disampaikan mulai dari anak-anak deh. Supaya pelan-pelan bisa merubah semuanya.

    ReplyDelete
  21. Perubahan iklim yang tak mennetu saat ini sudah cukup mengkhawatirkan jika people tidak aware dengan melakukan langkah nyata untuk mitigasi perubahan iklim. Ya tak perlu menunggu melakukan hal besar, justru harus mau memulai dari hal yang paling kecil. Dalam kehidupan sehari-hari sambil melkukan hobby misalnya mengurangi pemakaian kendaraan bermotor supaya mengurangi emisi dan polusi udara

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya banyak hal kecil yang bisa mendukung mitigasi perubahan iklim, tapi memang semuanya kembali kepada niat kita sendiri ya. Intinya kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga bumi ini.

    ReplyDelete
  23. Aku masih sering pakai ac nih mbak apalagi depok berasa gerah sekali. Tapi kalau hal lain kayak bawa botol minum, tas kain sudah kulakukan

    ReplyDelete
  24. Aku juga sekarang mulai mengurangi konsumsi plastik. kalaupun memang harus, biasanya tetap aku kumpulkan untuk diberikan kepada pengumpul sampah rumahtangga. pilah pilah sampah dan bawa botol minum sendiri Alhamdulillah anak-anak juga udah paham. Semoga makin bisa menerapkan gaya hidup yang mendekati zero waste.

    ReplyDelete
  25. Wah kyknya tema pelajaran anak2 kita sama nih soal menjaga lingkungan juga, makanya lagi banyak bikin prakarya termasuk poster ttg lingkungan hiduo ya.
    Tugas kyk gini terlihat sepele buat org dewasa tapi buat anak2 ini sekaligus belajar teori dan praktik ya apalagi kalau dalam keluarga juga selalu berusaha menerapkan beberapa langkah yang mendukung zero waste dan aktivitas lain terkait cinta lingkungan.

    ReplyDelete
  26. Salut dengan keluarga yang bisa menanamkan aksi hidup go green terhadap aktivitas dan kegiatan keseharian nya. Jujur bagi saya masih sulit. Lingkungan keluarga sudah ok. Lingkungan masyarakat nih yg masih susah saya tembus. Gimana mau go green, buang sampah sekampung masih ke sungai. Hikz!

    ReplyDelete
  27. Sejak kecil memang sebaiknya ditanamkan kebiasaan baik terkait cinta lingkungan ini. Jika semua keluarga menerapkannya, kelak ketika dewasa, anak-anak tersebut bisa menjadi agen pembaruan dan menemukan langkah strategis untuk mengatasi perubahan iklim. Bisa dimulai dari perilaku sehari-hari yang konsisten mendukung kecintaan pada lingkungan.

    ReplyDelete
  28. keren ini, anak2 sudah dilatih untuk go green. hidup zero waste bisa menjadi habit jika dibiasakan sejak dini ya. banyak langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. small act to save the world.

    ReplyDelete
  29. Seru banget caranya Mom mengenalkan anak untuk mencintai lingkungannya
    Memang ya Mom sejak kecil anak-anak tuh harus tahu pentingnya menjaga alam agar pas gede nanti kesadarannya udah tumbuh tanpa diintruksi

    ReplyDelete
  30. Semenjak merasakan banyak perubahan pada bumi kita, saya juga mulai melakukan beberapa hal yang disebutkan diatas, demi menjaga kelestarian bumi untuk generasi penerus bangsa

    ReplyDelete
  31. Keren banget anak diajarkan mencintai lingkungan hidup sejak dini di sekolah ya kita kayaknya dulu kekurangan itu makanya banyak yang cuek pada lingkungan karena nggak mengerti

    ReplyDelete
  32. Langkah kecil yang jika dilakukan oleh semua keluarga, maka dampaknya pada lingkungan akan sangat besar ya mba. Cuaca eksrim seperti saat sekarang tidak semakin parah.

    ReplyDelete
  33. Sejak dini menjaga lingkungan harus diajarkan pada anak-anak, lewat pembuatan poster salah satu cara mengenalkannya pada anak supaya mereka juga bisa aware ya.

    ReplyDelete
  34. Kegiatan yang sangat menarik sekaligus edukatif ya. Buat anak-anak cara seperti ini emang udh paling pas untuk pengenalan mitigasi perubahan lingkungan. Di kursus anakku juga lagi gencar mengangkat isu global yang satu ini. Sengaja dimulai sejak mereka masih anak-anak agar segera terbiasa dengan perilaku ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  35. Penting banget nih tentang go green ini berharap semua masyarakat teredukasi dengan baik tentang hal ini. Peer banget juga buat aku utk terus memulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan mulai saat ini ya,,,

    ReplyDelete
  36. Semoga semakin banyak masyarakat yang peduli dan menjalankan gaya hidup mereka jadi lebih eco friendly atau ramah lingkungan sehingga bumi kita bisa terjaga kelestariannya.

    ReplyDelete
  37. seandainya setiap orang punya kesadaran tinggi dan melakukan hal ini, Insyaallah bumi kita tetap sehat dan terjaga kelestariannya ya mba. btw, keren banget ini anak-anak sekolah sudah diajarkan peduli lingkungan sejak dini

    ReplyDelete
  38. Aku tuh di rumah paling rewel kalau ada lampu menyala padahal nggak butuh. Atau ada yang nge cas hape sampai semalaman. Bagaimanapun kita harus sama sama punya kesadaran ini ya mba untuk lebih peduli lingkungan

    ReplyDelete
  39. Langkah keicl emang harus kita lakukan segera. Biar bisa menambah pengetahuan dan berikan contoh bagi anak untuk sama sama menjaga lingkungan supaya lebih baik ya mba:)

    ReplyDelete
  40. Sangat menarik ya program Go Green ini. Ternyata nggak sulit juga diterapkan karena sebenarnya kita bisa memulai dari hal-hal kecil dan sederhana. So, noted nih. Cus mau kepoin dulu info terkait lomba blognya dalam rangka Hari Sumpah Pemuda di blognya Komunitas BPN. Kali aja sempat buat ikutan

    ReplyDelete
  41. Pelan2 tapi pasti sih teh pertama2 belanja pakai tas kain.minum tidak menggunakan sedotan dan yang pasti turut srta menjaga bumi kita agar tetap sehat

    ReplyDelete
  42. Enak kalau halaman rumah ada pohon buah dan sayuran. Senang panen dan tidak pakai pestisida

    ReplyDelete
  43. Buang sampah pada tempatnya
    Daur ulang
    Dan masih banyak lagi sudah kuterapkan ke Salfa
    Semoga istiqomah karena kelas dia akan jaadi generasi muda anti sampah

    ReplyDelete
  44. MasyaAllah, keren ya Kak sekolahnya anak-anak.
    dari kecil sudah dibiasakan untuk go green dan tentu memahami maksud dan tujuan dari kegiatan-kegiatan itu yang nantinya akan mereka rasakan juga.

    ReplyDelete
  45. Dari sekarang saya juga menerapkan go green untuk anak-anak di rumah. Belajar untuk mendaur ulang limbah rumah tangga. Membuat kerajinan tangan dari kertas bekas dan lain-lain mbak.

    ReplyDelete
  46. Sekolah memang biasanya gencar menerapkan Go Green. Karena, untuk menjaga bumi adalah tugas kita semua. Jika dari kecil sudah diajarkan dalam pelestarian lingkungan, semoga dewasanya juga menjadi kebiasaan.

    ReplyDelete
  47. teh lendy aku baru tahu mengurangi penggunaan gadget juga menjadi hal sederhana atau langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk mendukung mitigasi perubahan iklim saat ini. harusnya bisa sih kita membatasi screen time apalagi untuk orang tua yang sudah punya anak-anak tidak terlalu sering memberikan mereka gadget.

    ReplyDelete
  48. melakukan upaya mitigasi perubahan iklim ini butuh upaya dari banyak pihak ya teh
    dan bisa kita lakukan dari hal yang kecil dan sederhana

    ReplyDelete
  49. Poster save the earth-nya keren banget, langkah kecil utk melindungi bumi dimulai sejak dari anak-ank dan bisa jadi kebiasaan sampai dewasa, semangat Ai dan Hana, makin keren aja

    ReplyDelete
  50. salah satu cara untuk mitigasi perubahan iklim yang bisa kita lakukan memang dari rumah yaa mba.. lewat aktivitas sehari2 bahkan bisa juga aktivitas sama anak

    ReplyDelete
  51. Mumpung anak sekarang lebih banyak aktifitas di rumah, cara mengajarkannya dari aktifitas sehari-hari mulai dari buang sampah di tempatnya, pakai sedotan stainlestell, mengajak anak-anak merawat tanaman di rumah.

    Target selanjutnya ingin bisa memilah sampah sendiri dari rumah sama ingin bisa mengompos sendiri, supaya sampah organik bisa terurai.

    ReplyDelete
  52. Iya. Banyak hal bisa dilakukan sebagai bagian dari mitigasi bencana. Dan bisa dilakukan di rumah saja dengan cara yang asyik. Kuncinya membiasakan diri. Salah satunya. Karena memang tak mudah untuk tanpa-plastik, misalnya.

    ReplyDelete
  53. Langkah besar juga dimulai dari langkah kecil kok. Asal byk yang melakukan pasti berdampak nyata. PR banget juga nih, buatku untuk masalah pengelolaan sampah. Kadang masih belum konsisten untuk minimalisir penggunaan plastik.

    ReplyDelete
  54. thanks for the reminder mbaaa... memang banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa kita membantu upaya mitigasi perubahan iklim ini

    ReplyDelete
  55. Langkah kecil tapi konsisten dan bisa menginspirasi orang akan menjadi sebuah langkah besar...aku juga lagi berupaya nih mb, konsisten kelola sampah... Yuk, Bisa yuuk...

    ReplyDelete
  56. wah kok saya baru tau ada kompetisi ini

    pingin banget ikut kalau waktunya ada

    Karena temanya aku banget, tapi mau nulis organik kok males banget :D

    butuh trigger

    ReplyDelete
  57. Kebiasaan baik yang sudah dilakukan dan dibiasakan sejak kecil insyaallah kelak dewasa akan terbawa dan membentuk karakter anak yang tangguh. Semangat selalu ya 🥰

    ReplyDelete
  58. Menarik nih sedari dini anak2 udah dikenalin dengan gaya hidup zerowaste. Menjaga bumi dan seisinya memang membutuhkan kesadaran semua umat. Semoga semakin banyak sekolah yang peduli akan bumi dan mulai menerapkan program go green juga

    ReplyDelete