Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan

Bismillah,

 

3 Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan yang Lokasinya Berdekatan



Hola sahabat lendyagasshi.
Banyak yang rindu untuk travelling ke Bandung yaa... Tapi sebenarnya, ada banyak tempat di sekitar Bandung yang asik juga untuk dinikmati keindahan alam, kuliner dan tempat wisatanya.

Sahabat lendyagasshi sudah pernah berjalan-jalan hingga Kabupaten Kota Bandung? Nah.. aku akan kasih rekomendasi salah satu lokasi wisata terpadu mandiri yang berada di jalan Padalarang 427, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

3 Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan


Mengenal Kota Baru Parahyangan

Namanya Kota Baru Parahyangan yang ada sejak tahun 2002 dengan mengambil lokasi di Padalarang Bandung Barat.

Kota Baru Prahyangan dibangun sebagai kawasan mandiri dan terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Kalau sedang berjalan-jalan ke Kota Baru Parahyangan, sahabat akan mendapatkan fasilitas kota wisata dan bisnis yang lengkap, seperti office park, mall, hotel, resort, themepark waterboom, jogging track dan playground.

 

Ingat Big Bad Wolf 2019 yang lalu?

Rekomendasi Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan
 

Iya, Big Bad Wolf 2019 adalah event pertama yang diselenggarakan di Kota Baru Parahyangan, tepatnya di Mason Pine Hotel.

Selain itu, aku punya rekomendasi lokasi wisata dan bisnis yang aku suka banget datangi khusus kalau sedang ke Kota Baru Parahyangan. Yakin deh, pasti Ibu-ibu bakalan suka nih… Coba cek list wisata di Kota Baru Parahyangan yang lokasinya berdekatan berikut ini yuk..



3 Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan yang Lokasinya Berdekatan

 Puspa Iptek Sundial 

Bagi anak-anak, belajar sains itu sesuatu yang terasa tidak nyata karena tidak ada alat peraga yang memudahkan untuk mengetahui konsep secara nyata. Jika ingin bersenang-senang dengan science, maka bermain sambal belajar ke Puspa Iptek Sundial yang terletak di Kota Baru Parahyangan inilah jawabannya.

Di sini, anak-anak juga akan bermain secara langsung dan pulangnya bisa membawa oleh-oleh mini eksperimen yang bisa dcoba Bersama orangtua untuk membuktikan hukum fisika, kimia dan biologi yang biasanya dipelajari di tingkat sekolah dasar, menengah hingga SMA.


Fun Fact mengenai Jam Matahari

Sumber : IG @puspaipteksundial

Rekomendasi Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan : Puspa Iptek Sundial

Tahukah Anda, sebelum jam modern diciptakan, dulu orang menentukan waktu dengan cara menandai bayangan suatu benda atau lubang jendela pada dinding di mana bayangan itu jatuh, baik itu bayangan matahari maupun bayangan bulan purnama.


Dari sini ditemukan pola pergerakan matahari yang menunjukan waktu tertentu untuk acuan kegiatan sehari-hari manusia saat itu. Pola pergerakan matahari sebagai acuan waktu inilah yang kita kenal sekarang sebagai jam matahari (Sundial).


Tak perlu jauh-jauh, ternyata di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ada jam Matahari yang konon katanya merupakan jam Matahari terbesar di Indonesia.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Kota Baru Parahyangan, Anda dengan mudah akan menjumpainya, lokasinya di pintu masuk Kota Baru Parahyangan atau persisnya di Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa IPTEK), Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Jam matahari ini diletakan persis di atas atap Gedung Puspa IPTEK. Bentuknya unik, dengan modifikasi ukuran jarum sepanjang 50 meter dan tinggi mencapai 15 meter dari permukaan tanah.



Harga tiket masuk : Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,-

(harga rombongan dan perorang juga fasilitas memengaruhi saat masuk ke Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan)




Masjid Al Irsyad Satya

Masjid ini merupakan kebanggaan warga Kota Baru Parahyangan, salah satunya karena Masjid Al Irsyad Satya pernah meraih Penghargaan "The Best 5 World Building of The Year 2011 untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award dan tahun 2011” dari BCI Asia.

Rekomendasi Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan : Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan

Memang setelah lelah perjalanan dari Bandung dan sudah masuk waktu sholat, Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan yang terletak di Jl.Parahyangan KM 2.7 dan menjadi satu lokasi dengan Sekolah Internasional yang bernama Al-Irsyad Satya Islamic School menjadi tempat beristirahat yang pas.

Selain nyaman, begitu masuk, udara sepanas apapun di luar masjid, akan terasa dingin di dalam. Dan uniknya, di dalam masjid ini juga terdapat bola berlafazkan Allah yang membuat hati menjadi tenang karena damainya berada di dalam rumah Allah.

Destinasi Wisata Kota Baru parahyangan : Masjid Al Irsyad "The Best 5 World Building of The Year 2011"

Saran, kalau memang sudah sampai di Kota Baru Parahyangan dan waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 siang, itu adalah waktu yang tepat untuk langsung ke Masjid Al-Irsyad sebagai tujuan pertama. Karena Masjid ini meskipun luas lapangan parkirnya, namun kerap full dan sulit mencari parkir yang dekat dengan pintu masuk Masjid Al-Irsyad.



IKEA

Siapa yang tidak kenal dengan IKEA?
Salah satu pusat perlengkapan rumah tangga yang sangat lengkap dengan design yang authentic dan ramah lingkungan. 

Kalau belanja printilan di IKEA dalam jumlah besar, jangan lupa membawa tas belanja sendiri yaa..kecuali mau di dorong pakai troli dulu sampai ke tempat parkir. Kalau belanja furniture yang besar, bisa minta bantuan pihak IKEA untuk mengantarkannya dengan selamat sampai di rumah.

Mau sekedar mencari inspirasi pun, bisa dating ke IKEA. Satu saran dariku, jangan lupa membuat bucket list sekaligus dengan budgetnya. Karena kalua tidak, akan menghabiskan uang yang tak terduga. Hihii~

Rekomendasi Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan : IKEA di Bandung ada di Kota Baru Parahyangan


Dari mulai piring makan, gelas cantik hingga inspirasi kamar anak dan orangtua, perabot untuk di seluruh bagian dalam rumah, semua tersedia dan tersusun dengan rapih di IKEA Kota Baru Parahyangan.

Karena kini sedang pandemi, maka jika berkunjung ke IKEA diarahkan untuk mendaftar online dan akan diminta mengisi beberapa keterangan. Setelah itu, akan. Diberikan jadwal sesi kedatangan dan batas kepulangan. Semua tersusun dan terorganisasi dengan baik. Sehingga sangat nyaman berbelanja di IKEA meski sedang pandemi.



Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Masih bingung akan kemana kalau sedang ke Bandung?

Mencoba hal baru dengan eksplorasi Kota Baru Parahyangan, siapa tahu kepincut membeli properti di Kota Mandiri ini. Karena semua fasilitas sudah lengkap. Menyenangkan sekali.



Selamat Berwisata Menyenangkan.
Jangan lupa untuk tetap jaga prokes ya..



With love,



24 comments for "3 Destinasi Wisata Ke Kota Baru Parahyangan"

  1. Kalo ke BDG tuh binguuuungg mau ke mana duluan,soale semua spotnya berasa wajib disatroni semuaaaa

    aku blm pernah ke Kota Baru Parahyangan nih
    rumah adek iparku di GerLong,kata dia jauuuhhh kalo mau ke Parahyangan

    ReplyDelete
  2. penasaran sama jam matahari. kalau ikea sih, kudu siap2 saldo ambrol, ya.

    ReplyDelete
  3. Akuuu belom kesampaian ke IKA hahahaha ndeso bener yak wkwkwkw :) Wah ini perlu disambangi wisata di kota baru Parahyangan. Ada masjid, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Bikin kita betah ogah pulang kayaknya heuheu :) Udah ga bingung lagi kalau ke Bandung deh.

    ReplyDelete
  4. Kota Baru Parahyangan ini semacam kota mandiri kayak BSD gitu ya Len? Atau semata destinasi wisata?

    Bisa jadi pilihan destinasi wisata yang menarik kalau sedang ke Bandung. Masjidnya pingin kumampiri buat salat dan liat-liat arsitekturnya.

    ReplyDelete
  5. Saya membayangkan kalau tinggal di lokasi Kota baru Parahyangan. Banyak banget fasilitasnya ya. Tempat wisata juga dekat. Yang menarik adalah masjidnya. Di Serpong juga ada masjid dengan desain eksterior seperti itu. Jangan-jangan itu juga desain Kang Emil, pak gubernur Jawa barat yang sekarang

    ReplyDelete
  6. Kota Baru Parahyangan ini mungkin semacam BSD -nya Bandung kali ya? Dengan banyak pemukiman dan banyak bangunan2 baru juga yang bisa dijadikan destinasi wisata orang2.
    Bahkan ada IKEA juga ya, selain buat belanja jg bisa buat refreshing ma keluarga hehehe
    kyknya enak tinggal di sana ya

    ReplyDelete
  7. Jadi kayak kota di dalam kota gitu ya, teh? fasilitasnya komplit. Kayaknya enak ya kalau tinggal disana. Boleh juga tuh main2ke sana, pengen main ke ikea sih

    ReplyDelete
  8. Setiap liburan akhir tahun biasanya aku ke Bandung mba, dan belum pernah ke kota Parahiyangan. Wajib nih kesini awal tahun depan :)

    ReplyDelete
  9. meski cukup sering ke Bandung tapi kota Parahyangan dan Padalarang malah belum pernah mampir hehehe bagus banget ya sekarang process nya

    ReplyDelete
  10. Memang asyik main ke Kota Baru Parahyangan. Selain bisa wisata edukasi di Pupa Ipteknya, juga bisa wisata religi ke Masjid Al Irsyad. Dan sekarang yang paling nyenengin itu ada IKEA, bisa sekalian belanja-belanja ya...

    ReplyDelete
  11. Murah ya tiket masuk ke puspa IPTEK kota baru Parahyangan ini, 10 sampe 25 ribu aja.

    Catet dulu ah, bagus buat tujuan wisata edukasi anak-anak ini

    ReplyDelete
  12. wah aku pengen banget bisa ajak anak anak ke puspa iptek sundial ini
    pasti anak anak hepi
    semoga kapan kapan bisa ke Bandung lagi dan mampir ke kota baru parayangan ini

    ReplyDelete
  13. Nggak bakal bingung euy kalau ke Bdg mah ya 🤣 aku aja mau jajalin ikea rasa Bdg alias. Ikea bdg.. penasaran puspiteknya.. masya Allah masjidnya bagus banget ya teh

    ReplyDelete
  14. Aku pernah nih ke sini. Tapi sudah duluuuu banget pas masih tinggal di Bandung hihihi. So pasti sudah banyak perubahannya ya..Dulu lihat2 rumah contoh di sana dan wawwwwww, bagusss-baguss lah jelasss :)

    ReplyDelete
  15. Wah KBP, tempat kerja suamiku nih, di sekolah Al Irsyad Satya. Iya deh, ke sana mah kayak berwisata. Anak2 paling suka kalo diajak bapaknya ke sana. Ke Sundial dan ke masjidnya. Tapi belom sempet ke IKEA-nya. Semoga nanti kalo udah full vaccinated bisa main ke sana. 😁

    ReplyDelete
  16. Saya cuman lewat aja Teh ke Kota Baru Parahyangan. ingetnya cuman Masjid Al-Irsyad ama IKEA. Tenyata ada satu lagi ya destinasi wisata yang unik dengan jam matahari terbesar. Jadi penasaran pengen lihat ini.

    ReplyDelete
  17. Kota Baru Parahyangan itu di Padalarang, Kak? Padalarang tu di Cimahi bukan sih? Bandung coret yak, hihi.. Mirip dengan Solo Baru, letaknya di Sukoharjo. Solo coret juga. ��

    Btw, masjid Al Irsyad Satya itu desainnya Pak Ridwan Kamil bukan ya?

    ReplyDelete
  18. Mau banget Lend aku kesini kalo pas ke Bandung... Ke masjidnya yang keren bangett..ke IKEA juga boleh deh..haha

    ReplyDelete
  19. Kalau ke Bandung, wajib nih mampir ke Kota Baru Parahyangan, mampir Puspa Iptek Sundial pasti anakmu seneng banget

    ReplyDelete
  20. desain kota baru parahyangan Bandung kece banget ya mbak. seperti jam. sekarang banyak bermunculan perumahan asri dengan fasilitas yang lengkap begini ya. Jadi inget kota mandiri di daerah bekasi.

    ReplyDelete
  21. Pusat iptek sundial menarik buat dikunjungi. Kalau perorangan apa perlu reservasi? Trus bakal Ada guide atau activity seperti eksperimen buat yg datang perorangan?

    ReplyDelete
  22. Dari pilihan destinasi wisata di Kota Baru Parahyangan di atas, saya paling penasaran sama Masjid Al Irsyad. Kenapa? karena kakak saya sudah pernah ke sana, pas diceritakan gimana vibesnya..huhhu. Saya pun jadi penasaran gimana tenang dan khidmatnya menjalankan shalat dengan suasana seperti itu

    ReplyDelete
  23. Bandung itu selalu memberikan kesan menarik bagi wisatawannya. Banyak banget tempat-tempat yang bisa dikunjungi, terus tiketnya juga murah meriah.

    ReplyDelete
  24. Semoga liburan tahun ini bisa main kesana.

    ReplyDelete