Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Software ERP Untuk Manufaktur Pergudangan Terbaik

Bismillah,

 

Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Apa yang sahabat lendyagasshi bayangkan ketika mendengar usaha manufaktur?
Yang terbayang pastilah usaha di bidang garmen, farmasi dan pabrik-pabrik besar dengan produksi yang kontinyu setiap hari.

Tidak sepenuhnya salah, karena pengertian manufaktur menurut Wikipedia adalah suatu cabang industri yang mengoperasikan peralatan, mesin dan tenaga kerja dalam suatu medium proses untuk mengolah bahan baku, suku cadang, dan komponen lain untuk diproduksi menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.

Intinya industri manufaktur adalah industri yang mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi yang dibutuhkan masyarakat. Lalu terasa tidak bahwa indutri dalam skala besar ini tentu memiliki software yang membantu mengelola kelancaran industri manufaktur.

Software seperti apa yang bisa membantu meringankan operasional industri manufaktur?
Yuk, simak blogpost berikut ini.


Software ERP Untuk Manufaktur Pergudangan Terbaik



Mengenal Software ERP

Penggunaan sebuah software atau perangkat lunak yang mampu menyederhanakan berbagai bahasa pemrograman dalam sebuah bisnis akan membara keuntungan tersendiri. Diantaranya meningkatnya value dan bertambah banyak keuntungan yang diperoleh bagi sebuah bisnis. 

Begitu pun dalam perusahaan manufaktur, dengan menggunakan software produksi manufaktur yang tepat, maka akan dapat menyederhanakan alur bisnis menjadi lebih efisien. Apabila dilihat dari fungsinya, software ERP ternyata juga memfasilitasi fungsi produksi bagi perusahaan manufaktur.

Apa itu Software ERP dan apa manfaat dari Software ERP

Software ERP adalah sebuah software lengkap yang dapat membantu aktivitas bisnis dari berbagai departemen di perusahaan, tidak hanya departemen produksi saja. ERP bekerja dalam satu sistem yang di dalamnya termasuk manajemen produksi, distribusi, penjualan dan semua kegiatan bisnis lain secara real time. Di perusahaan manufaktur, ERP akan digunakan untuk membuat seluruh bisnis selaras dan sesuai dalam satu software.

Menjadi lebih sederhana bukan?


Software ERP SystemEver

Komputerisasi akan dilakukan melalui software ERP dalam Industri Manufaktur ini menggunakan software ERP yang bernama SystemEver.

SystemEver adalah sebuah produk teknologi sistem cloud ERP yang dimiliki oleh Younglimwon Softlab asal Korea Selatan. Younglimwon Softlab siap menjadi mitra solusi bisnis sejak tahun 2017 dan telah hadir di Indonesia. SystemEver telah merancang sejumlah produk software manajemen ERP yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam skala medium enterprise (UKM).


Produk Cloud ERP SystemEver meliputi meliputi 3 bidang layanan (i-series) yaitu i1 (Account Tax Service) untuk membantu mempermudah  konsultan pajak dan akuntansi dalam melakukan pelayanan kepada klien, i5 (Sales/Distribution) untuk perusahaan distribusi dan penjualan. Sedangkan untuk skala yang lebih besar seperti industri manufakur, produk  i7 (Manufacturing) bisa menjadi solusi pengelolaan manajemen yang makin kompleks.

ERP yang dirancang oleh SystemEver untuk perusahaan industri manufaktur ini menggunakan manajemen pabrik-i7 series yang digunakan untuk mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.


Mengenal apa itu Software ERP SystemEver

Maka, penting mengintegrasikan sistem ERP dengan perusahaan manufaktur sebagai pusat informasi yang akurat dan real-time sesuai kebutuhan perusahaan manufaktur, sehingga ke depannya akan membuat keputusan bisnis yang berdasarkan atas data yang didapatkan dari pengoperasian software ERP SystemEver.

Dengan keunggulan fitur tampilan Visual K-Process Map  memudahkan pengguna menjalankan tugasnya secara kolaboratif dan terintegrasi dengan lebih simple dan efisien.

Investasi yang terjangkau bagi pelaku bisnis, SystemEver dapat diandalkan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif berorientasi hasil yang merupakan inti dari sebuah transformasi digital


Manfaat Menggunakan Software ERP SystemEver

Penyimpanan Data yang Aman

Penyimpanan data industri dengan bentuk kertas sangatlah tidak aman, tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Kertas selain mudah rusak juga mudah hilang.

Begitu pun jika sebuah perusahaan manufaktur menyimpan data menggunakan flashdisk atau harddisk, maka tidak ada yang jaminan keamanan data di dalamnya, terlebih jika banyak orang dapat mengakses data.

Maka, dengan penerapan sistem ERP pada industri manufaktur, membuat perusahaan dapat memberikan akses untuk karyawan yang memang bekerja untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja. 

 

Pengelolaan Inventaris secara Keseluruhan

Dengan menggunakan sistem ERP dalam industri manufaktur juga membuat perusahaan dapat memantau stok persediaan barang. Sehingga perusahaan dapat melihat produk mana yang menjadi banyak target pasar dan mana yang kurang diminati pasar.

Manfaat Menggunakan Software ERP Systemever

 

Penyediaan Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP juga membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang karyawannya. Bagaimana pekerjaan mereka, produktivitas, efektivitas serta efisiensi dari setiap kinerja karyawan di perusahaan manufaktur itu sendiri. 

 

Kapan Perusahaan Industri Manufaktur Perlu Menerapkan Komputerisasi dengan Sistem ERP?

Setiap perusahaan memiliki tantangannya masing-masing. Berbeda jenis industri, maka bisa berbeda pula tantangannya.


Sebuah perusahaan perlu menggunakan sistem ERP dengan mempertimbangkan dan memikirkan untuk sistem komputerisasi perusahaan yang sederhana dan dengan tantangan yang terjadi, seperti :


Karyawan memakan banyak waktu dalam melakukan pekerjaan yang seharusnya sudah dapat dikerjakan secara digital menggunakan komputer.

Karyawan dan Pemimpin perusahaan memiliki akses yang lambat ketika membutuhkan data tertentu untuk mengambil keputusan.

Perusahaan sudah bergerak dan memiliki cabang ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Perusahaan sudah memanfaatkan komputerisasi tetapi aplikasi sangat banyak, sehingga membuat aplikasi tersebut tidak terintegrasi satu dengan lainnya.


 

Contoh Penerapan Komputerisasi dengan Sistem ERP pada Industri Manufaktur

Penerapan sistem ERP menerapkan sistem komputerisasi dengan menggunakan sistem software ERP dalam perusahaan industri manufaktur. Berikut beberapa contoh penerapan sistem ERP di bawah dapat mulai diaplikasikan pada perusahaan manufaktur :

Keuangan

Perusahaan jelas membutuhkan sistem ERP untuk mengelola laporan keuangan perusahaan manufaktur. Pilih program akuntansi yang memiliki sistem pengelolaan persediaan barang yang lengkap, mencatat transaksi pembelian dan penjualan.

Contoh Penerapan Komputerisasi dengan Sistem ERP pada Industri Manufaktur

Termasuk hingga mencetak invoice, menghitung penyusutan serta dapat menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan perusahaan industri manufaktur. Bahkan, software tertentu juga sudah mencakup akuntansi, penjualan, inventaris dan pembelian dalam satu program akuntansi sekaligus. 

 

HRM

HRM atau human resource manager managemen dapat membantu dalam peningkatan efisiensi departemen SDM atau HR dalam perusahaan manufaktur.

Apalagi jumlah karyawan dalam industri manufaktur memiliki angka ratusan atau bahkan ribuan. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat mengelola data karyawan, menjadwalkan jam kerja shift bagi mereka, pengajuan cuti serta lembur bahkan hingga komponen perhitungan penggajian.

Penyimpanan database karyawan yang terpusat akan memudahkan pihak HRD dalam proses penggajian atau perusahaan dalam mengambil keputusan.



Testimoni Penerapan Software ERP SystemEver

Penggunaan software ERP SystemEver telah meluas dan bahkan salah satu brand kecantikan ternama Korea menggunakannya untuk menjalankan bisnis skincare dan kosmetiknya. Mari kita simak bagaimana kesan saat menggunakan software ERP SystemEver.

 

Jung Saem Mool menggunakan software ERP SystemEver

Bagi pecinta #Kbeauty tentu tidak asing dengan #jsmbeauty. Sebagai salah satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

Testimoni Penerapan Software ERP SystemEver
 

Mengapa Jung Saem Mool memilih SystemEver?

Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader) “SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface dan SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.”


Tertarik?
Hubungi info@systemever.com atau hubungi melalui website https://systemever.co.id/
#SystemEverID #CloudERP #JadiMudahKerja #JadiMudah


 

With love,




59 comments for "Software ERP Untuk Manufaktur Pergudangan Terbaik "

  1. Artikel ini cocok untuk usaha kami. Kebetulan sedang mencari software yang bagus untuk kemajuan manufaktur kami. Walaupun masih menengah, tapi kami sudah butuh perangkat digital lunak seperti ini. Demi keberlangsungan keseluruhan proses juga.

    ReplyDelete
  2. Satu software namun terintegrasi dengan berbagai jenis pencatatan dan analisis dalam sebuah manajemen perusahaan. Bagi perusahaan yang sudah berkembang, tentunya penggunaan software ERP sangat membantu untuk melakukan evaluasi serta meningkatkan efektivitas kerja serta penjualan. Dengan begitu juga tentunya lebih mudah dalam menentukan target ke depan.

    ReplyDelete
  3. Software yang membantu purchasing ya sepertinya, karena aku tau banget kerja di gudang itu full ribet, klo manual butuh waktu yang panjang. Dengan aplikasi ERP pasti kerja jd efisien dan cepet

    ReplyDelete
  4. Dengan software ini, bisnis yang biasanya kita kerjakan manual, sekarang lebih berjalan optimal tanpa ribet. Kita terbantu sekali loh, apalagi yang bergerak di bidang manufaktur. SystemEver punya software yang keren, cocok banget buat UMKM di bidang manufaktur pergudangan dan lainnya.

    ReplyDelete
  5. Penasaran nih sama harganya. Software sekeren ini sepertinya mahal. Tapi kalau bisa buat UMKM, berarti harganya terjangkau dong, ya?

    ReplyDelete
  6. Makin besar dan makin kompleks suatu perusahaan memang mesti didukung software khusus. Kebayang sih repotnya kalau masih dilakukan manual atau nggak terintegrasi antara satu software dengan software lainnya.

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya software ERP ini membuat praktis untuk pemilik usaha seperti pantau laporan keuangan dan lain-lain

    ReplyDelete
  8. Jadi lebih praktis untuk pemilik usaha dengan adanya sofware seperti ini. Kerja karyawan pun lebih efisien dan terorganisir.

    ReplyDelete
  9. Penggunaan software manufaktur yang tepat bisa menyederhanakan alur bisnis sehingga akan makin efisien. Maka pilihan pada Software ERP akan meningkatkan keuntungan bisnis pasti yaaa

    ReplyDelete
  10. Software ERP ini memiliki banyak manfaat ya mbak, apalagi dalam manafuktur. Betapa repotnya jika manufaktur tanpa software ini, sehingga memudahkan setiap perusahaan yang menggunakannya.

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu kerja di perusahaan manufaktur, terasa repot banget mbak untuk atur stok dan lain-lain. Nah, sekarang sudah software ERP yang keren banget bisa memanage dengan baik. Btw mahal ga ya softwarenya mbak?

    ReplyDelete
  12. Software ERP ini kalau dimanfaatkan bisa lebih efektif dan efisien kerjanyaa. Dlu perusahaan lokal yang pernah dibantu suami masih manual semuanyaaaa ampun deh kasian sama tenaga kerjanya aku malahan. hahaa

    ReplyDelete
  13. Software semacam ini pantas dimiliki oleh perusahaan yang menginginkan kepraktisan & keamanan datanya. Karena zaman sekarang, pencuri bisa saja datang dr kalangan sendiri. Makanya data2 perusahaan harus dilindungi.

    ReplyDelete
  14. aku selalu salut dengan berbagai kemudahan yang kita dpat dari pemakaian software yang memang mumpuni dan mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya

    ReplyDelete
  15. Pengusaha bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan software, ya. Semuanya bisa tertata dengan rapi.

    ReplyDelete
  16. penggunaan mesin/sistem yang bisa membantu pendataan stok, penjualan, dan database2 lainnya secara rapi dan teratur emang penting banget sihh, ga kebayang deh klo pencatatannya masih manual padahal industrinya jalan terus tiap hari, catatan jalan terus tiap hari. Tinggal pinter2 pelajari software nya dan terapin ke usaha manufakturnya ya

    ReplyDelete
  17. Software ini penting banget buat usaha ya kak, sekarang apa apa jadi lebih teknologi canggih ya..

    ReplyDelete
  18. Software ini sangat berguna pastinya untuk tertib administrasi di perusahaan or bisnis yang kita miliki yaa, plus juga keamanan datanya terjamin itu juga gak kalah penting tuh

    ReplyDelete
  19. Software yg wajjb dimiliki oleh pelaku usaha manufaktur ya teh
    Biar lebih efisien Dlm urusan pergudangan

    ReplyDelete
  20. Software ERP wajib digunakan untuk perusahaan manufaktur yang karyawannya bisa ratusan hingga ribuan. Tidak kebayang kalau tidak menggunakan sistem, data tidak tersusun sistematis dan akan sering terjadi human erorr.

    ReplyDelete
  21. pas kerja kermarin di perusahaanku juga pakai ERP ini mbak. Bahkan hampir semua lowongan pekerjaan mensyaratkan paham ERP ini. Memang mudah untuk checking, terutama inventory dan barang keluar masuk ya

    ReplyDelete
  22. Bisa ERP udah aku temuin beberapa kali sebagai syarat kalau mau ngelamar kerja, tapi emang seberguna itu ya mba softwarenya. Kapan kapan coba dalemin ah.

    ReplyDelete
  23. Ooooh, jadi ERP itu sejenis sofware yang yang bisa menyederhanakan bahasa pemograman. Pasti banyak banget ini manfaatnya ya kak

    ReplyDelete
  24. Software yang banyak membantu nih terutama untuk manajemen jd lebih mudah menentukan keputusan ya .

    ReplyDelete
  25. Emang semakin kesini segalanya makin canggih ya kak. Software ini seharusnya digunakan apalagi untuk perusahaan gede nih, biar makin terorganisir

    ReplyDelete
  26. Kudu makin melek nih perusahaan apalagi skala besar untuk penyimpanan data ya Uni, software kece yang harus dimiliki nih untuk perusahaan gede.

    ReplyDelete
  27. Zaman serba digital seperti sekarang memang dibutuhkan sekali software seperti ERP SystemEver ini untuk menunjang bisnis, ya, Mbak. Soalnya praktis juga bisa dibawa ke mana-mana. Jadi pegawai meskipun sedang di luar kantor tetap dapat bekerja secara maksimal.

    ReplyDelete
  28. Menariknya, ERP ini bekerja dalam satu sistem yang menyeluruh ya, Mbak Len jadinya bisa memberikan wawasan yang utuh gitu, tidak separuh-separuh kepada pihak manajemen.

    ReplyDelete
  29. Dalam kebencanaan tim kami juga menggunakan Software ERP. bantuan yang masuk dan penyalurannya tercatat rapi dengan software ini. kita ga pusing mencatat keluar masuknya barang dan donasi yg kita kelola.

    ReplyDelete
  30. kalau mengatur pergudangan gini memang sebaiknya memakai sistem yang bagus mba, soalnya biar lebih efektif dalam mengecek keluar masuk barang. lebih akurat juga pastinya

    ReplyDelete
  31. Wah mantap banget ya kak, dengan satu software ERP ini saja terbayang berapa banyak pekerjaan di perusahaan bisa terlaksana dalam waktu singkat, cost yg dikeluarkan pasti banyak berkurang

    ReplyDelete
  32. perusahaan seharusnya dapat memanfaatkan teknologi seperti software erp ini, krn bisa menjadi jaminan untuk kemajuan perusaan, mudah digunakan, lebih effisen untuk pengeluaran juga dan mempercepat analisa untuk karyawan juga

    ReplyDelete
  33. Wah wah wah, baca postingan Kaka jadi tau banyak nih tentang manufaktur, Alhamdulillahnya sih skrg ada software ERP ini ya, jadi bikin lebih ringkes dan efisien.

    ReplyDelete
  34. Saya baru mengenal nih ERP system ini. Para pelaku bisnis pasti jadi sangat terbantu dengan adanya ERP system ya

    ReplyDelete
  35. ERP memang sudah saatnya digunakan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitasnya karena jika hanya mengandalkan tenaga manusia, mungkin kurang dapat berjalan optimal

    ReplyDelete
  36. Belasan tahun yang lalu aku kerja di perusahaan manufaktur ekspor, duuuh lah miris kalau lihat pencatatan logistik maupun penjualannya. Ribet dan seringnya harus crosscheck sana sini karena semuanya masih dilakukan secara manual. Coba pakai software ERP ini ya, tinggal lihat hasilnya yang terperinci yaaa... ga perlu cek catatan kertas sana sini lagi.

    ReplyDelete
  37. Aku bayangin pencatatan perusahaan pakai kertas doang, keselip selembar doang aja udah pasti bikin stres itu, Kak.. Kalau baca uraian Kak Lendy, software ERP ini bisa menghemat kertas, hemat waktu dalam penyusunan laporan juga. Selain itu, pekerjaan pencatatan jadi lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  38. Sangat simple dan efeisien tentunya. Dengan software ERP semua sistem administrasi sebuah perusahaan akan tercatat dengan valid.

    ReplyDelete
  39. Sekarang semuanya serba digital, jadi pekerjaan lebih rapi sehingga melancarkan urusan deh. Apalagi bidang pergudangan harus teliti ama barang masuk-keluar yah. Untung ada software ERP

    ReplyDelete
  40. Di era digital ini, sistem ERP sudah seharusnya ada dan memang betul jatuhnya praktis dan hemat. Untuk perusahaan haruslah pakai sistem ini

    ReplyDelete
  41. Dulu waktu kerja sempat belajar tentang pemprograman gudang gini, belum pake ERP tapi masih MRP. Makin camggih ya jaman sekarang membantu banget loh buat memantau status barang-barang di gudang..

    ReplyDelete
  42. Ternyata banyak banget manfaat menggunakan Sistem ERP untuk perusahaan, dulu sempat kepikiran bagaimana perusahaan manufaktur besar bisa dengan mudah di kelola, ternyata menggunakan sistem manufaktur adalah solusinya.

    ReplyDelete
  43. Saya baru tau ada aplikasi ini. Sangat bermanfaat ya untuk pengusaha.

    ReplyDelete
  44. sebenarnya masih belum ngerti nih sama sistem ERP ini. tapi kalau bisa membantu dalam produktivitas sebuah usaha pastinya layak dicoba ya sistemnya

    ReplyDelete
  45. Semakin maju suatu usaha bisa dampingi dengan software yang bisa turut membantu memudahkan dalam menjalankan bisnis.

    ReplyDelete
  46. Biar usaha makin maju, nggak ada salahnya didukung dengan software yang pas ya teh
    Seperti software ERP ini

    ReplyDelete
  47. Wah keren ya sistem ERP bisa bantu buat invoice juga. Walau belum level perusahaan manufaktur tapi UMKM juga bisa pakai, karena softwarenya memudahkan pekerjaan dan jadi sistematis.

    ReplyDelete
  48. Tidak ada lagi karyawan korupsi ataupun main belakang. Karena ada terlihat dan di bantu dengan system ERP semua jadi jelas

    ReplyDelete
  49. Enak ya teh ada software ERP gini di kantor bisa nih pake software kayak gini karena ngelink semua, jadi lebih efektif juga

    ReplyDelete
  50. Mantap juga ya software nya, bisa diakses real time. Pekerjaan manufaktur makin ringan dan tentunya akan meminimalisir kesalahan input akibat human error

    ReplyDelete
  51. Softwarenya bermanfaat banget ya mba buat pekerjaan lebih mudah dan teratur. Tentunya bisa meningkatkan hasil kerja dengan optimal. Makasih mba infonya.

    ReplyDelete
  52. Jaman serba digital ya, bahkan untuk perusahaan manufakturing juga membutuhkan aplikasi untuk kebutuhan mereka.

    ReplyDelete
  53. Sebagai mantan akuntan saya akui pembuatan catatan keuangan tuh ribet bener, karena semua harus dicatat detail.. kalo ada software yang bisa bantu itu bagus banget.. para pelaku usaha bisa fokus sama bisnisnyadan gak pusing sama pencatatan keuangan

    ReplyDelete
  54. Terkoneksi yang bagus, bisa cek laporan, dan bikin tenangnya ini data tetap aman. Sehingga kehadiran software ERP memang sangat mendukung

    ReplyDelete
  55. Mba ingin bertanya ini sistemnya subscribe atau paten ya?
    atau ada opsi untuk sewa juga kah?

    ReplyDelete
  56. Waaah Jung Sae Mol juga pakaaaii.
    Memang zaman sekarang untuk mendukung sebuah bisnis sebaiknya digitalisasikan semua file dan report kerjaan ya mbak. Software kyk gini sangat membantu yaa.

    ReplyDelete
  57. seneng deh semakin banyak sofware dan aplikasi yg membantu pebisnis khususnya umkm

    ReplyDelete
  58. Emang dalam suatu perusahaan perlu banget software ini ya mbak. Agar lebih terencana dan bisa mengukur kinerja perusahaan

    ReplyDelete
  59. Apapun skala perusahaannya sebaiknya memang menggunakan software seperti ini. Supaya lebih praktis dan tercatat dengan baik terutama dalam hal manajemen.

    ReplyDelete