Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Permainan Menggunakan Kertas Bersama Anak

Bismillah,


Hola sahabat lendyagasshi.

Permainan Menggunakan Kertas Bersama Anak adalah aktivitas yang seru dan bermanfaat dan biasanya kami lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Dan kebetulan banget, kemarin mati listrik di rumah selama 1 jam, lumayan lah yaa.. Jadi Earth Hour, sehingga bisa menjaga bumi dari emisi gas karbon yang dihasilkan dari produksi tenaga listrik di area Jawa dan Bali.

Ini pembukaannya mengandung misi dan visi peduli lingkungan, gengs.. Maklum yaa, kini bersama #EcoBlogger - NGO @madaniberkelanjutan.id dan @hutanituid sedang menyuarakan untuk hidup sustainable lifestyle, agar bumi kita menjadi lestari kembali.

Jadi permainan apa aja nih yang bisa dilakukan dirumahaja hanya dengan bermodalkan kertas selembar? Simak yuk..

Let's get it~

Ide Bermain Menggunakan Kertas Bersama Anak



Ide Permainan Menggunakan Kertas

Awalnya teringat beberapa permainan ini dikarenakan anak-anak selalu merasa lemas kalau saat shaum tidak diselingi dengan permainan seru. Mereka gak ngeluh, hanya terasanya seperti gak ada tenaga untuk bangun. Bobooook melulu..

Karena mendadak mati listrik dan aktivitas zoom sekolah sudah berakhir, maka aku mengajar anak-anak berkegiatan tanpa gadget. Berikut beberapa ide permainan seru bermain bersama anak hanya dengan berbahan kertas.


Membuat Origami

Hana itu senang sekali kalau tangannya melipat-lipat kertas. Sehingga, ia selalu meminta beli kertas lipat aneka warna dan membuatnya menjadi kelinci, katak, bintang bahkan kami pernah bereksperimen menggunakan kertas kokoru untuk membuat karakter yang lebih lucu dan menarik.

Cara Membuat origami bintang
Source : Pixabay

Hana diajarkan Ustadzah di sekolah dalam membuat berbagai bentuk, selain doi juga belajar di web plays.org yang biasanya ia buka melalui HP Mama. Dan beberapa bentuk, Hana bahkan sudah hapal di luar kepala sehingga bisa mengajarkannya kepada Kakak dan Mama.


Main BINGO

Ya, permainan seru lainnya yang menggukan kertas, pensil dan penggaris juga panghapus, jika diperlukan adalah main BINGO. Inget gak?

Cara Bermain Bingo:

Buat kotak 5x5 secara horizontal dan vertikal
Isi dengan angka 1-25 secara acak
Jangan sampai teman lain tahu dimana kamu menempatkan masing-masing angka
Lalu tentukan siapa pemain pemain ke 1, 2, 3, dan seterusnya
Sebutkan angka yang ingin kamu coret secara bergiliran
Bila membantuk garis lurus sebanyak 5,
maka kamu bisa kumpulkan satu demi satu huruf dari B-I-N-G-O
Setelah lengkap BINGO, maka kamulah pemenangnya


Cara Bermain Bingo untuk anak

Seru bukan..bermain BINGO jelang berbuka puasa. Yang kalah boleh banget diolesin bedak atau diiket rambutnya, agar tahu siapa yang kalah terbanyak, biar bisa di ceng-cengin juga, ehhehe~


Main SOS

Tak hanya main BINGO yang seru dengan menggunakan kertas dan pensil, permainan S.O.S ini juga seru. Hampir sama dengan Bingo, yakni menggunakan kotak-kotak, namun kali ini tidak dibatasi jumlah kotaknya. Jadi biar gak lelah membuat kotak, saranku, pakai buku kotak-kotak aja yaa..

Cara Bermain S.O.S

Buat kotak-kotak sebanyak mungkin
Pemain pertama menuliskan huruf S, lalu pemain kedua O dan pemain selanjutnya S lagi
Siapa yang bisa cepat mengumpulkan kata-kata S.O.S dan menarik garis lurus, maka ia pemenangnya

 

Ide Bermain menggunakan Kertas, Cara Bermain S.O.S
source : nostalgiaan.com

Cukup simple dan menantang kan..
Apalagi dimainkan dengan anak-anak usia 7 tahun ke atas. Bakalan seru sih~


Games XOXO

Tidak jauh berbeda dengan games S.O.S, namun kini menggunakan X.O.X.O. Siapa pemain yang cepat membuat XOXO dan bisa menarik garis lurus, maka itulah pemenang games XOXO kali ini. Dimainkan banyak pemain, akan lebih seru lo..

 

Games Tic Tac Toe

Games Tic Tac Toe ini dimainkan oleh 2 pemain. Cara bermainnya cukup sederhana, misalkan pemain 1 menggunakan X lalu pemain 2 menggunakan O. Antara pemain X dan pemain O harus cepet-cepetan bikin garis secara horizontal, vertikal atau miring seperti gambar di bawah ini.

Biar semakin seru dalam bermain Tic Tac Toe, pihak lawan boleh saling blokir agar tidak cepat menang. Ingat, menjunjung tinggi fairplay yaa..

Ide Bermain menggunakan Kertas, Cara Bermain Tic Tac Toe

Gak mirip permainan baduk Korea yaa...meski bentukannya mirip-mirip, tapi permainan baduk Korea atau biasa disebut Permainan Catur Go tuh lebih ribet, pastinya. Karena kudu menyusun strategi dan bisa mendapatkan point serta kehilangan point.


Ya...buat seneng-senengan sama keluarga atau sama anak, ke 5 permainan seru dengan menggunakan kertas, pensil dan penggaris atau penghapus bisa dilakukan sesuai keinginan dan mood. Yang perlu ditekankan di sini adalah yang namanya bermain, kudu tetap jujur. Jangan lupa juga mengingatkan bahwa yang namanya bermain ada namanya "menang" dan ada kalanya "kalah". Jadi belajar menerima kedua hal tersebut.


Apakah sahabat lendyagasshi memiliki permainan seru lainnya yang dimainkan di atas kertas?
*Sepertinya anak 90-an jagonya nih..

 

Coba tolong drop di kolom komen yaah..
Terimakasih.


Happy Ramadan 1443 H.


#BPN Ramadan 2022
#day09

With love,



10 comments for "Permainan Menggunakan Kertas Bersama Anak"

  1. Dulu, saat segala macam permainan berbasil teknologi masih terbatas, aku ya mainnya pake kertas ini. Dibikin robot pun bisa dulu haha. Sekarang, blas lupa caranya kayak apa.

    Ide permainan kertas yang ditulis di atas menarik dan jadi bikin terkenang masa-masa masih kecil :)

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sama anakku yang paling kecil suka banget main tic tac toe. Cuma dia sering curang. Jadi kertasnya sama dia dilipat dan ditambahkan 3 baris baru, otomatis kotaknya yang harusnya cuma 9 jadi 12.

    Kertas itu kemudian dibuka dan diisi dengan simbolnya, akhirnya dia menang :))

    Oh ya ada lagi permainan perang2an. Jadi kita menggambar tentara2. Lalu kita menembak ke tentara lawan dengan cara melipat kertas menjadi dua, lalu menebalkan kertas bagian belakang menggunakan pulpen. apabila tinta tersebut tembus mengenai tentara lawan, maka kita menang.

    ReplyDelete
  3. Aku suka main SOS dan tic tac toe ini euy. APalagi pas masih tinggal di pesantren dulu. Asyik bener main ini sama teman-teman santri yang lain. Mainnya pas di sekolah. Nggak ada gurunya. Ya udah deh main permainan ini.

    ReplyDelete
  4. Semua permainan seru ini bisa jadi permainan ngabuburit biar anak anak ga bosen dan lupa soal haus dan lapar. Ide bagus dan irit

    ReplyDelete
  5. Permainan SOS paling ngingetin zaman kecil dulu. Sering main permainan tersebut di kertas. Untuk BINGO, PR juga kalau di kertas ya. Nggak bisa dihapus soalnya, jadi sangat mengandalkan imajinasi dan kemampuan hitung praktis banget.

    ReplyDelete
  6. Aku cuma tahu origami doank nih teh lendy. Lainnya baru denger dan terdengar asing. Hehe.. Anakku jg suka main d kertad cma dia sukanya gambar atau coret coret gitu. Biar rame sambil muterin musik deh..

    ReplyDelete
  7. Ada satu yang seru banget mbak Lendy.

    Main tumpuk tangan. Kertasnya sekadar jadi alas saja si, biar tangan gak ketempelan partikel bebas (halah, pake nyontek bahasa iklan ac :D)

    Caranya, di hitungan tertentu dan yang paling akhir, secepat mungkin tarik tangan dari tumpukan. Kalau terlambat, ya bakal ditimpuk mendadak ulang.

    Serunya, setiap orang selalu ada momen lambat loading :))

    Resikonya, tenggorokan cepet kering karena seringnya bakal ngakak berjemaah terus :))

    ReplyDelete
  8. Duhh flashback ke masa2 kecil, aku pernah main origami, sos, dan bingo kak. Hihi kalau diingat2 masa2 main ini memang seru2 yaa

    ReplyDelete
  9. Wah keren nih, anak bisa jadi lebih kreatif dan produktif lagi setiap harinya. Aku juga suka bnget bikin kayak gini waktu kecil sma kakakk dan mama, duh mengenang banget sampe sekarang.

    ReplyDelete
  10. Udah lama nggak main SOS. Sekali nemu kode S-O yang pas, bisa lama makai giliran haha

    ReplyDelete