Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Baper, Sebuah Buku Inspirasi Ringan dari Tim Rhenald Kasali

Bismillah,


Baper, Bawa Perubahan
Sebuah buku persembahan dari tim Prof. Rhenald Kasali.


Sudah lama sekali aku mengagumi sosok Prof. Rhenald Kasali, seorang guru besar di bidang Ilmu manajemen dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Karir Prof. Rhenald tidak serta merta instan, ada banyak hal yang beliau lewati sebelum menjadi seorang dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, yakni sempat bekerja sebagai staf pemasaran dan wartawan di Kompas Gramedia.

Tak hanya sampai di situ kekagumanku dengan seorang guru besar yang ahli mengamati perilaku sosial di masyarakat Indonesia, tapi juga membaca beberapa karya beliau yang dibukukan. Beberapa buku beliau yang pernah aku baca Disruption, Cracking Zone, Tomorrow is Today, Strawberry Generation, Self Driving, dan Curse to Blessing.

Namun, satu kekuranganku kalau bertemu buku yang bagus. Suka bingung bikin resensinya dan pada akhirnya, hanya berakhir dengan sebuah catatan-catatan kaki di notes. Sayang yah, semoga dengan gerakan "Maksakeun Maca" dari kak Dyah, maka semakin banyak berbagi mengenai buku yang sudah aku baca.

 

Yuk,
Aku ceritain sedikit mengenai apa Buku "Baper" alias "Bawa Perubahan" ini.


Baper (Bawa Perubahan)

Resensi Buku Baper, Bawa Perubahan Rhenald Kasali

Data Buku :

Judul : Baper, Bawa Perubahan
Penulis : Tim Rumah Perubahan
Penyunting : Novikasari Eka

Penerbit : Noura Book, PT. Mizan Publika
Terbit : 2016

Tebal : 184 halaman
Kategori Buku : Non-Fiksi
Baca di iPusnas

ISBN : 978 602 385 175-1


Resensi Buku Baper, Bawa Perubahan

Ilmu tidak hanya ada di kelas.
Namun juga ada di alam.

Tidak sekedar memindahkan isi buku teks ke kepala.

Tidak sampai di situ, ilmu hidup, pengalaman, bertoleransi, serta berpikir cepat di tengah ketidakpastian juga terasah. Kita diberi tantangan, tetapi menghadapinya dengan fun. 

Begitulah pendidikan seharusnya.

Quote Buku Baper, hal 7


Buku Baper memang setiap lembarnya berisi mengenai quote atau catatan kecil yang dirangkum oleh Tim Rumah Perubahan. Bahkan tidak akan ditemukan analisis serta strategi menejemen yang biasa ada di buku Prof. Rhenald Kasali sebelumnya. Karena ini merupakan catatan kecil dari tim Prof. Rhenald yang dirangkum dan berhasil dibukukan sebagai hadiah untuk ulang tahun beliau yang ke 56 tahun, pada tahun 2016.

Catatan-catatan kecil ini diambil saat tim berinteraksi langsung dengan Prof. Rhenald. Bisa jadi yang dituliskan adalah hal sehari-hari berupa ucapan, nasihat hingga candaan ringan, namun sayang untuk dilewatkan.

Dan dialog yang dilakukan tidak hanya di tempat indah nan aesthetic, namun juga saat di pemandian kerbau , di saung, saat perjalanan, di akhir rapat dan sebagainya.

Seperti biasa, Prof Rhenald paling jago membaca kondisi sosial dan pergerakannya melalui akitivitas anak muda zaman sekarang. Intuisi beliau saat melihat fenomena anak muda yang galau dan rapuh. 


Quote Buku Baper Rhenald Kasali


Pemimpin Gemar Mengeluh VS Pemimpin Bahagia

Dalam beberapa catatan kecil, Prof Rhenald pernah membandingkan antara pemimpin yang gemar mengeluh dan pemimpin bahagia. Bedanya adalah ketika ada pemimpin yang suka mengeluh dan memperlihatkan wajah tidak enak, maka bawahannya akan menjadi seperti apa?

Dalam artian, bawahannya tentu akan menjadi tidka bahagia karena bekerja di bawah tekanan dari seorang pemimpin yang seperti itu.

Maka, ciptakan visi yang besar dan hebat, namun tetap menyatu dengan rekan-rekan pekerja serta selalu mengorekasi diri sendiri. Evaluasi yang dilakukan akan membuat sehat sebuah hubungan kerjasama.


Berkomunikasi bukan hanya bagaimana kita bercakap-cakap.
Mediumnya tidak hanya verbalisme pikiran, tetapi juga seluruh gesture dan gerakan badan, menunjukkan penekanan, ketertarikan, letih hingga bersemangat serta emosi lain yang mengikutinya.

Quote Buku Baper, hal 42


Pencapaian itu tidak usah banyak-banyak, tidak usah rumit-rumit.
Lakukan satu per-satu yang penting, TUNTAS.

Quote Buku Baper, hal 40



Lakukan Sesuatu yang Hebat

Sudah menjadi ciri khas Prof. Rhenald Kasali saat memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswanya atau orang lain dengan cara yang santun. Salah satu quote bagus di Buku Baper ini adalah


Kalau mau melakukan sesuatu yang hebat, maka upayamu juga harus hebat.
Tidak akan ada perubahan kalau upayamu masih rata-rata.

Quote Buku Baper, hal 48

 

Telur jika dibanting akan pecah.
Bola tenis, dibanting, semakin keras kita membantingnya, semakin tinggi pula membalnya.

Pertanyaannya, kita mau jadi yang mana?

Quote Buku Baper, hal 50



Makna Keluar Dari Zona Nyaman

Karena menurut Prof. Rhenald Kasali adalah sebuah keajaiban tidak akan pernah terjadi jika seseorang terus berada di zona nyaman. Maka teruslah berbaur di masyarakat, banyak mengenal kelompok yang berbeda kelas sosial, ekonomi, agama atau adat. Karena pergaulan adalah vitamin bagi jiwa agar senantiasa merasakan keseimbangan dan sehat.

Keluar dari zona nyaman ini berarti memiliki jiwa yang adaptif, yang tidak suka dengan sesuatu yang monoton dan dinamis. Ini sama halnya seseorang yang tidak suka dengan rutinitas. Ia akan selalu tertantang untuk bergerak dan adaptif terhadap lingkungannya.

Maka, Prof. Rhenald selalu menekankan pada latihan terhadap diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan berjuang kemudian beradaptasi.


Keluar dari zona nyaman berarti masuk ke zona belajar.
Di sini kita akan belajar hal baru untuk kembali berkembang.

Di zona belajar, manusia bisa memilih untuk menjadi passenger atau driver.
Be a driver don't be a passenger.

Quote Buku Baper, hal 76



Biasakan bekerja keras.
Jangan gampang tergiur dengan jalan pintas.

Banyak orang beranggapan cepat sukses itu kerja cerdas.

Lebih baik hasil yang didapat dari sebuah proses yang panjang.
Karena kualitas membutuhkan waktu.

Quote Buku Baper, hal 78


Self Driving

Jadi ingat buku Prof. Rhenald yang berjudul "Self Driving". Karena sesungguhnya, yang memegang kendali penuh atas apa yang terjadi pada diri kita adalah kemampuan untuk mewujudkan impian dari dalam diri sendiri.

 

Sesuatu yang ada pada dirimu, itulah kendaraanmu.
Ia telah menjelma menjadi kekuatan untuk berkarya, berprestasi.

Jadi satu-satunya yang bisa mengantarkanmu pada impianmu, ya dirimu sendiri.

Quote Buku Baper, hal 84


Rekomendasi buku motivasi anak muda, Baper, Bawa Perubahan


Apa perbedaan Driver dan Passenger?

Ciri-ciri seorang driver adalah yang bersikap berani mengambil risiko yang terukur dan berani mengambil keputusan setahap demi setahap sambil menguji kebenaran serta meningkatkan keterampilan, keahlian dan reputasi. Driver tumbuh tidak hanya dari kekuatan internal yang berasal dari dalam dirinya sendiri, melainkan dari orang lain.

 

Bila ingin berhasil, bantulah orang lain agar mereka juga berhasil.
Drive yourself, drive others.
Drive your company and drive nation.

 Quote Buku Baper, hal 86

 

Sedangkan passenger adalah seseorang yang lembek dan tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya duduk manis.


Lakukan Perubahan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak mendorong perubahan adalah mengubah cara berpikir dan cara berperilaku. Kita tidak akan mengubah lingkungan, jika masih bersikap sama seperti biasanya.

 

Orang-orang yang banyak akal bukanlah karena mereka genius, melainkan karena selalu mau mencoba hal-hal baru dan berani keluar dari selimut rasa nyaman.

Quote Buku Baper, hal 102

 

Untuk bisa saling maju dan melakukan perubahan untuk Indonesia, maka kita sebagai anak muda Indonesia harus bersatu dan bersedia melewati masa-masa sulit bersama. Justru jangan saling tikam dan lempar tanggungjawab, maka dengan berkolaborasi dalam kebaikan, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan besar.



Kolaborasi Antara JNE dan UMKM Cilegon

Kekuatan ekonomi kerakyatan Indonesia terletak pada "Kita" bukan "Gue" ataupun "Kami". Maka dengan adanya kerjasama saling menolong dan hal inilah yang merupakan jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya, Bhineka Tunggal Ika.

Kolaborasi Antara JNE dan UMKM Cilegon


Setelah beberapa waktu yang lalu JNE mengadakan kolaborasi keren di Cilacap, kini giliran Cilegon dan sekitarnya yang mendapatkan banyak ilmu serta melibatkan UMKM, serta sektor ekspedisi. JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon.


Baca juga:

Liputan Acara Kolaborasi JNE di Cilacap 25 Maret 2022.


Gelaran acara JNE Goll..Aborasi Bisnis online ini tetap sama, yakni dalam rangka mendukung para UMKM dan berharap semoga dengan adanya acara JNE Goll..Aborasi online ini dapat menjadi inspirasi untuk para UMKM dan kita semua.

Pada tanggal 18 Mei 2022, JNE menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran Goll..Aborasi Bisnis online. Beliau adalah Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon). Yang membagikan kisah perjuangannya saat bertahan di masa-masa pandemi dan dari berbagai kesulitan. Ketika angka penjualan beberapa produknya sempat mengalami penurunan drastis saat pandemi, juga ia bagikan di acara ini.


“Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya COVID-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana supaya UMKM kita tetap berjalan. Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborsasi di sana, usaha kita yang di masa pandemi krisis menjadi stabil lagi.” Cerita Kartika saat menghadapi masa-masa kritis dalam usahanya.



Selain Kartika, hadir pula Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT yang memberikan masukan serupa dengan Kartika bahwa besar peran media sosial terhadap kesuksesan UMKM masa kini.

 “Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak dari pandemi, dulu sehari kita bisa mendapatkan order 40-80 paket. Saat pandemi produk kami hanya terjual 4 paket.”


Menjawab persoalan tersebut, Linda menyatakan 

Waktu itu masyarakat heboh mencari masker dan kita mencoba membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Kita jual di marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omzet-pun melejit.

 

Tips dan trik dari Linda untuk kitas semua selaku pelaku usaha UMKM agar sukses dalam bisnis,

 “Jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu, jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi.


 

JNE Cilegon selalu mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang dengan menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar dengan tetap mengusung tagline Connecting Happiness, kita tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat.

 

Program CSR JNE Cilegon

JNE Cilegon juga memiliki program CSR yang rutin, seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama.

JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu pihak JNE akan selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.

Terselenggaranya JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon bukan akhir dari perjalanan program kolaborasi UMKM dan JNE, melainkan Goll…Aborasi Bisnis Online akan hadir kembali di sepanjang tahun 2022 dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. 

Setelah Kota Cilegon, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022.

Review Buku Baper, Rhenald Kasali

Bagaimana sahabat lendyagasshi.
Siap hadapi perubahan dengan berkolaborasi?

 

Happy Collaborating!


With love,



30 comments for "Baper, Sebuah Buku Inspirasi Ringan dari Tim Rhenald Kasali"

  1. Bisa banget ini dari Ipusnas sampai Ke JNE Cilegon. Btw saya udah simpan di loker buku ini buat dibaca ntar hehehe ...
    Iya baca quote nya dari sini jadi penasaran dan pengen baca juga bukunya. Pinjam deh

    ReplyDelete
  2. Unik bukunya, berisi rangkuman catatan kecil dari Tim Rhenald Kasali yang berisi quote dengan pesan mendalam seperti ini. Jleb banget baca quote-nya...apalagi judulnya baper, bawa perubahan. Siap enggak kita mengubah cara berpikir dan perilaku serta bersama menghadapi permasalahan yang ada. Berkolaborasi seperti yang diiinisiasi oleh JNE dengan para pegiat UMKM ini

    ReplyDelete
  3. menarik banget judul bukunya Baper ternyata singkatan Bawa Perubahan ya, nice banget quotenya juga menginspirasi utk tetap semangat mencapai goals2 kita. Hari gini memang kolaborasi adalah koentji ya!

    ReplyDelete
  4. Zona nyaman ini sering disalah artikan oleh beberapa generasi zaman sekarang, kadang mereka menganggap keluar dari zona nyaman itu kurang kerjaan, padahal ya dengan demikian bisa selalu belajar.
    Aniway, kece juga nih bukunya :)

    ReplyDelete
  5. Reinald Khasali memang keren. Ada banyak sudut pandang beliau yg aku cocok tapi ada juga yg enggak. Yg paling cocok adalah cara pandang beliau ttg anak muda. Sering prihatin dg ortu yg terlalu memproteksi anak sampai cari sekolah pun harus yg meninabobokkan si anak. Akhirnya anak muda pun dikit2 butuh healing. Padahal dunia di luar sana sangat kompetitif. Bahkan cuma utk cari parkiran saja kompetitif, apalagi soal yg lebih besar seperti kesempatan & karir. Beliau paling pas buat memotivasi umkm agar kuat mental & mandiri.

    ReplyDelete
  6. Manis banget sih timnya Prof bikin buku ini sebagai kado. Sukses terus deh buat JNE

    ReplyDelete
  7. Makjleb banget Mba baca yang “Pencapaian itu tidak usah banyak-banyak, tidak usah rumit-rumit.
    Lakukan satu per-satu yang penting, TUNTAS.” Ko aku tertampar sekali. Kayanya harus baca bukunya inimah. Btw aku salut deh sama JNE ini, sangat mendukung UMKM. Jadinya simbiosis mutualisme ya.

    ReplyDelete
  8. Buku yang menarik. Kirain bawa perasaan, eh ternyata bawa perubahan. Jujur, keluar dari zona nyaman itu masih PR banget buatku. Bukan gak mau belajar, tapi butuh waktu banget. Well soal kolaborasi, aku setuju banget ya. Kita tuh perlu banget bekerja sama dengan orang lain

    ReplyDelete
  9. Judul bukunya unik, awalnya dikira Baper Bawa Perasaan, gak taunya Bawa Perubahan. Mudah diingat dan quotenya mantul banget.
    Aku masih berjuang keluar dr zona nyaman, setengah jalan udah mau istirahat, dan ujungnya nggak dilanjutkan, hiks.

    ReplyDelete
  10. loh, selama ini aku taunya baper tuh bawa perasaan, kok yang ini beda wkwkwk ternyata yang nulis Reinald Khasali, pantesan jadi Bawa Perubahan

    ReplyDelete
  11. Kirain baper teh terbawa perasaan kayak kalo lagi ngedrama, ternyata bawa perubahan hehe

    Iya memang sekarang waktunya untuk berubah dan berkolaborasi demi menuju sukses yaaah

    ReplyDelete
  12. Aku juga ngefans mba sama Prof Rhenald tapi buku Baper ini belum baca. Suka kalau ada acara di tv atau online Prof Rhenald jadi narasumbernya pasti aku bela-belain

    ReplyDelete
  13. Prof Rhenald quote-quotenya nampol banget ya Len,
    pasti yang baca manggut manggut deh, se- sejalan ituuuh pikiran beliau!

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran dengan buku Baper ini, kalimat-kalimatnya sungguh inspiratif dan menjadi pemacu bagi pembacanya untuk bangkit dan tetap bersemangat dalam kondisi apapun. Seperti pandemi yang melanda dunia dengan hebatnya dan berdampak pada bisnis tentu kini butuh kolaborasi supaya bisa survive dalam kondisi apapun, sebagaimana yang dilakukan JNE bersama UMKM.

    ReplyDelete
  15. Buku yang bagus nih dari ekonom papan atas di Indonesia, baper alias bawa perubahan kaya JNE yang bawa angin segar perubahan utk kemajuan umkm negeri ini

    ReplyDelete
  16. isi bukunya banyak quote-quote yaaa, lumayan buat dikutip.. wekekek.. btw, keren yaa kolaborasi antara JNE dan UMKM ini.. moga pelaku UMKM makin maju dan sukses.. Amiinn

    ReplyDelete
  17. Baper kali ini memang oke dan bermanfaat ya mbaaa.. bawa perubahan ini akan bantu beri inspirasi untuk kita semua yaaa

    ReplyDelete
  18. Keren bukunya euy..Aku idem sama Prof. Rhenald kalau keluar dari zona nyaman bs membawa keajaiban. Aku sendiri ngerasain ini, keluar dr zona nyaman bikin aku dapat banyak bgd kejutan positif.

    ReplyDelete
  19. Judul bukunya sangat menarik ya teh. Suka juga sama isi quotes di bukunya. Jadi tersentil, klo mau jadi hebat jangan usaha yg rata2 aja tp harus melakukan usaha yg hebat juga ya 😍

    ReplyDelete
  20. Toss aaah sama2 suka dg pak renald kasali, pernah daftarin anak2 ikut kegiatan alam di.rumah perubahan Renald Kasali juga.

    Semoga JNE makin jaya dg berkolaborasi dg UMKM

    ReplyDelete
  21. Beper, bawa perubahan
    Wah ini mah baper yang produktif ya teh.
    Buku dari Prof Rhenald Kasali, pasti bagus.
    Mau cari di ipusnas ah

    ReplyDelete
  22. Aku jadi menganalogikan pemimpin yang suka mengeluh dan pemimpin yang bahagia dengan kami berdua sebagai orang tua deh. Kalo emak bapaknya hobi mengeluh, kayaknya anak-anaknya juga akan jadi tukang ngeluh, yaa... Dan sebaliknya, kalau orang tua jadi pemimpin yang bahagia, insya Allah anak-anak juga akan bahagia.

    Waduh, aku masih banyak ngeluh kayaknya. Sedih banget bayangin perasaan anakku. :(

    Ngga cuma di dalam keluarga, jadi pemimpin yang bahagia juga pengaruh ke bisnis juga pasti ya, Kak... Aku lihat, pimpinan-pimpinan JNE tu orang yang senang berbagi kebahagiaan, connecting happiness. Ngga heran JNE semakin besar, karena pasti semua staf dan karyawan juga ketularan energi bahagianya. :)

    ReplyDelete
  23. Sewaktu dulu ortu langganan koran Jawa Pos, suka baca tulisan Porf. Rhenald Kasali. Sepertinya saya harus baca bukunya beliau yang Bawa Perubahan ini

    Keren juga nih alur tulisannya Teh Lendy dari Baper ke JNE

    ReplyDelete
  24. Kumpulan Quotenya dari Tim Rumah Perubahan sangat mewakili sama sikon saat ini, berlaku long last sih ini.
    Suka sama quote, Pencapaian itu tidak perlu banyak-banyak dan rumit-rumit.
    Lakukan satu-persatu yang penting tuntas.
    Kadang namanya manusia ingin mencapai banyak hal, hingga mencoba banyak cara. Sehingga tak jarang lupa tujuan akhirnya harus bisa menuntaskan apa saja yang sudah dimulai.

    ReplyDelete
  25. Bukunya bagus banget, aku baca reviewnya jadi pengen ikutan baca. Sukses ternyata akhirnya bikin review. Aku sering sih baca sambil bikin catatan kaki di note yang aku tempel di setiap halaman tertentu. Trus lupa nggak dilanjutkan nulis reviewnya. Huuhuuuee, sediiih.
    Bukunya banyak quote baguuuus, memang ya kalo ingin berubah ya harus keluar dari selimut yang nyaman. Keren ah kalo bisa jadi pengusaha dan kolaborasinya dengan jasa ekspedisi JNE yang sering ngadain kegiatan CSR

    ReplyDelete
  26. ini ternyata buku lama yaa mba, aku belum pernah baca sih. tapi prof rhenald kasali emang suka bikin buku dengan judul2 yang menyita atensi.. baru2 ini kan generasi stroberi juga beliau yang bawa istilah itu :D

    ReplyDelete
  27. Aku kira Baper ini buku tentang remaja tapi ternyata mengena motivasi ya mbak. Aku sendiri suka banget nonton channel YouTube nya prof Renald. Btw JNE ini benar-benar mendukung pelaku UKM utk maju ya mbak

    ReplyDelete
  28. Tidak usah muluk-muluk ya kalau ingin menggapai impian. Lakukan saja satu-satu, yang penting TUNTAS. Duhhh jleb banget nih quote dari Prof. Rhenald Kasali. Seringnya ingin mencapai banyak hal, dikerjakan semua, tapi malah enggak ada yang tuntas hiks.

    Semangat ini pas banget ya untuk para pemilik UMKM yang gigih mengembangkan usahanya selama pandemi. Tekun dan menangkap pangsa pasar yang sesuai untuk bisnisnya.

    ReplyDelete
  29. Langsung jleb sama quote...fokus untuk satu hal agar sukses. Memang kadang kita ingun itu itu dah gak sukses karena ga tuntas ya

    ReplyDelete
  30. Buku-buku Rhenald Kasali ini selalu memotivasi anak muda untuk bawa perubahan ya. Aku udah baca satu bukunya. Bahasanya mudah dicerna.

    ReplyDelete