Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Asuransi Mobil

Bismillah,


Mengenal Istilah-Istilah Dalam Asuransi Mobil.
Hola sahabat lendyagasshi.


Masa kini, asuransi bisa menjadi sebuah kebutuhan yang urgent, karena bisa jadi salah satu solusi finansial ketika terjadi kerugian. Manfaat asuransi juga membantu mengatur keuangan lebih baik dan menimbulkan perasaan tenang pada kendaraan yang dimiliki.

Di dalam asuransi, terdapat banyak istilah yang sangat beragam. Di antaranya adalah istilah dasar yang wajib diketahui oleh pemilik polis atau nasabah. Dengan mengenal istilah-istilah dalam asuransi mobil, sahabat dapat berasuransi lebih mudah dan pastinya tidak ada kebingungan lagi. Berikut adalah daftar istilah yang paling umum digunakan.

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Asuransi Mobil



 

Istilah-Istilah Dalam Asuransi Mobil

1. Premi Asuransi

Mendengar kata premi mungkin sudah familiar di kehidupan Anda dan sering dijumpai. Premi merupakan iuran wajib yang dibebankan pada nasabah, yang dibayarkan setiap bulan dalam nominal tertentu. Ada juga yang melakukan pembayarannya secara kolektif per triwulan atau tiap tahun. Feedback yang akan didapatkan nasabah adalah berupa pertanggungan pengambilalihan risiko dari nasabah oleh perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian polis.

 

 

2. Polis Asuransi

Polis mengacu pada kontrak perjanjian tertulis yang melibatkan nasabah atau pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung. Selain dalam asuransi kendaraan, istilah polis ini juga dapat ditemukan di asuransi kesehatan, pendidikan, jiwa, dan asuransi lainnya. Polis berisi tentang identitas diri pemegang polis, hak dan kewajiban kedua belah pihak, kebijakan atau pasal mengenai pengecualian pertanggungan, cakupan manfaat asuransi, dan beberapa informasi penting lainnya yang perlu diketahui oleh nasabah.

 

 

3. Tertanggung

Mengacu pada pihak yang memperoleh manfaat asuransi atau mendapatkan jaminan ganti rugi saat terjadinya risiko. Pihak tertanggung sering disebut dengan nasabah. Seorang tertanggung belum tentu pemegang polis. Contohnya, Anda memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga, pihak yang tertanggung adalah kepala keluarga, istri, dan anak. Namun, pemegang polisnya adalah kepala keluarga itu sendiri.

 

 

4. Risiko

Kemungkinan buruk yang terjadi kapan dan dimana saja yang menimbulkan kerugian disebut risiko. Sebelum membeli asuransi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memiliki perkiraan kemungkinan risiko yang terjadi kedepannya pada Anda, dengan begitu Anda akan lebih mudah memilih jenis asuransi yang dapat mengcover risiko tersebut. Jika masih kesulitan memilih, Anda dapat mencari tips memilih asuransi mobil online.

 

 

5. Asuransi Tambahan

Sering disebut juga dengan rider atau asuransi yang mengacu pada produk asuransi tambahan. Rider merupakan produk asuransi yang dapat memberikan manfaat proteksi tambahan dari asuransi dasar yang sudah dimiliki sebelumnya oleh nasabah. Premi untuk asuransi ini biasanya lebih murah karena sifatnya sebagai tambahan saja.

Manfaat asuransi mobil all coverage


6. Klaim

Klaim merupakan tuntutan pemegang polis yang ditujukan pada perusahaan asuransi untuk mendapatkan haknya sesuai isi perjanjian polis. Klaim dapat dilakukan ketika terjadi risiko yang tertanggung. Kapan Anda dapat melakukan klaim? Saat baru saja mengalami risiko, Anda bisa mengajukan klaim karena proses ini memiliki batas waktunya sendiri.

 

 

7. Lapse

Lapse adalah pembatalan asuransi, jika nasabah tidak melakukan kewajibannya yaitu membayar premi setiap bulannya dan premi dilakukan melampaui masa tenggangnya atau disebut dengan grace period. Masa tenggangnya yaitu 45 hari setelah hari terakhir batas pembayaran premi yang seharusnya.


 

8. Uang Pertanggungan

Istilah yang berikutnya merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi kepada nasabahnya jika terjadi kerugian dan terdapat klaim yang diajukan sesuai perjanjian polis.

Uang Pertanggungan asuransi mobil


 

9. Nilai Tunai

Sering disebut juga dengan cash value dan umumnya muncul dalam asuransi dwiguna atau unit link. Nilai tunai ini adalah sejumlah uang yang bisa ditebus nasabah saat periode waktu tertentu. Misalnya seperti asuransi pendidikan, ada nilai tunai yang dapat ditebus apabila polis sudah berusia 3 atau 6 tahun dan seterusnya.

 

 

10. Third Party Liability (TPL)

TPL atau disebut juga dengan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH 3) merupakan perluasan jaminan kepada pihak ketiga saat mengalami kerusakan mobil yang diakibatkan oleh kendaraan nasabah.

 

11. Klausul 41 B

Istilah ini umumnya ditemukan hanya di asuransi kendaraan bermotor dan memiliki penyebutan lain seperti RSMDCC (Riot, Strike, Malicious Damage, and Civil Commotions) atau SRCCTS (Strike, Riot, Civil Commotion, Terrorism and Sabotage).

Jadi, asuransi ini dapat diklaim jika nasabah mengalami kerugian akibat kerusuhan, terorisme, sabotase, huru hara, dan perbuatan jahat lainnya.
 

 

12. Act of God (AOG) atau Bencana alam

AOG merupakan salah satu perluasan dari cakupan perlindungan yang dapat memberikan jaminan kerugian akibat bencana alam seperti badai, tanah longsor, banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya.

 

 

13. Own Risk (OR) atau Deductible

OR merupakan sejumlah biaya yang harus ditanggung oleh nasabah itu sendiri saat terjadi kerusakan yang diperhitungkan dari jumlah ganti rugi. Keuntungan dari OR adalah premi akan menjadi lebih murah karena ada kerugian yang ditanggung sendiri.


 

14. Endorsement

Endorsement merupakan perjanjian yang dikeluarkan nasabah atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi. 

 

Setelah mengenal istilah-istilah dalam asuransi mobil, sahabat lendyagasshi menjadi tidak bingung lagi bukan? 

Untuk mendapatkan manfaat dari asuransi kendaraan, pilihlah perusahaan yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi dan mudah untuk melakukan klaim. Salah satunya Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik Garda Oto. Lindungi kendaraan sekarang juga dan rasakan manfaatnya.


Selamat Beraktivitas.


With love,



33 comments for "Mengenal Istilah-Istilah Dalam Asuransi Mobil"

  1. Nah, kosakata di atas emang sering muncul di tiap ada informasi tentang asuransi mbak.
    Sedikitnya sekarang sudah lebih paham deh makna dari istilah kata tersebut
    Tapi emang pemilihan asuransi untuk kendaraan better yang mudah untuk mngajukan klaimnya ya mbak

    ReplyDelete
  2. Info yg super duperrrr pwntiiingg ini
    Karena bnyk istilah yg agak rumit dan sulit dipahami d ranah insurance
    Makasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap utamanya dulu saya gak paham apaan itu lapse. Kirain salah tulis ternyata itu istilah di urusan asuransi toh. Emang seenggaknya kita tahu lah ya

      Delete
  3. Banyak juga istilahnya, selama ini hanya tau sekilas beberapa dari di atas. Ini kalau versi TnC pasti panjang bgt, tp di postingan ini krn lebih singkat jd paham hihi. Penting pastinya ya bagi pemilik mobil utk mempunyai asuransi mobil, spy terhindar dari kejadian tak mengenakkan, setidaknya ada jaminan.

    ReplyDelete
  4. Kalau tahu istilah-istilah nya jadi mudah untuk memahami dan meminimalisir Miss komunikasi. Bisa juga sih kalau masih kurang paham tinggal ditanyakan saja ya sama pihak asuransi biar lebih jelas

    ReplyDelete
  5. jadi lebih ada gambaran mana bagian yang perlu dan mana yang tidak sebelum membeli asuransi mobil. Banyak Add-on berarti banyak yang di-cover tapi premi ya makin tinggi.

    ReplyDelete
  6. Yang berniat mengasuransikan kendaraannya kudu memahami istilah-istilah di atas, biar paham asuransi mobil yang dibeli itu menanggung kerugian apa aja. Ada asuransi Garda Oto yang dapat dijadikan pilihan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, gak nyangka ternyata banyak istilah-istilah asuransi untuk kendaraan yah, wajib tau klu punya mobil

      Delete
  7. Penting banget tau istilah istilah asuransi ini ya
    poin yang juga waktu itu sempat kontroversi adalah perlindungan saat tsunami karena semua hancur lebur

    ReplyDelete
  8. Mengenal istilah asuransi ini penting saat ingin mendaftarkan diri dalam proteksi jiwa, kesehatan, dll. Ketika membaca polis jadi lebih mudah paham dan bisa ambil tindakan.

    ReplyDelete
  9. ternyata banyak juga ya istilah dalam asuransi mobil itu, dan ini sih harus diketahui oleh calon pembeli polis asuransi ya biar tahu apa kegunaan di setiap istilah tersebut karena kayaknya sih jarang dijelasin detail juga ama petugas asuransinnya saat transakis.

    ReplyDelete
  10. Dalam sebuah asuransi, pihak nasabah harus paham dengan semua hal tentang asuransi terkait agar tidak terjadi kesalahpahaman. Menurutku sih begitu.

    ReplyDelete
  11. Baca polis asuransi memang harus teliti. Termasuk mengenal istilah-istilahnya. Bagi orang awam kayak saya bermanfaat banget nih tulisan mengenai istilah dalam asuransi. Thank you mba.

    ReplyDelete
  12. Ternyata nggak semua istilah dalam asuransi kukenal ya. Lapse malah aku baru tahu lho, kak. Sama beberapa istilah lainnya.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat mobil ayah saya pernah ditabrak sepasang muda-mudi dari belakang, mungkin mereka capek abis malam tahun baruan jadi ngantuk dan nabrak. Untungnya orangtua nggak apa-apa. Tapi bagian belakang mobil ada yang ringsek. Alhamdulillah perbaikan full ditanggung asuransi.

    ReplyDelete
  14. Banyak juga ya, istilah dalam asuransi mobil. Saya hanya baru tahu beberapa istilah aja.
    Memahami istilah -istilah tersebut penting sekali ya, supaya tidak ada miss comunication di masa depan

    ReplyDelete
  15. Sebagai pemilik mobil, aku malu banget nggak tahu istilah-istilah ini, padahal penting banget ya untuk tahu apalagi berkaitan dengan asuransi.

    ReplyDelete
  16. Baru tau jg nih istilah dan kosakata dalam asuransi ini.. Memang harus tau ya istilah" ini agar saat behadapan lgsung dgn org asuransi gk kebingungan.. Hehee,, mkasih kak infonya..

    ReplyDelete
  17. Sebelum ambil asuransi mobil memang harus mempelajarinya dulu, termasuk istilah-istilahnya. Saya juga gitu, kalau perlu ditulis di blog agar ga lupa.

    ReplyDelete
  18. Asuransi mobil ini sangat penting
    Sebelum memiliki asuransi mobil, hendaknya sudah paham dulu ya tentang istilah istilah asuransi mobil

    ReplyDelete
  19. Istilah di atas sering banget aku denger tapi ya enggak semua paham artinya. Dan istilah Lapse, aku justeru baru tau loh Mbak.,

    ReplyDelete
  20. banyak banget yaa istilah-istilah asuransi mobil, belakangan aku terima asuransi TLO, nah klo ini gimana mba? masih awam banget

    ReplyDelete
  21. Penting banget ya mengenal istilah-istilah asuransi di atas, terutama kalau kita juga baru pertama menggunakan asuransi mobil. Tujuannya biar ga salah memahami juga kontrak asuransi (apa sih namanya kontrak ini, polis ya?) Kalau tak paham istilahnya, nanti bisa salah mengerti juga, kan ya?

    ReplyDelete
  22. Jadi tau nih tentang asuransi mobil, siapa tau ada rezeki nanti bisa beli mobil dan butuh asuransi mobil jadi sudah paham

    ReplyDelete
  23. Penjelasan nya lengkap dn detail banget kak, jadi skrng lebih tau tentang asuransi mobil..

    ReplyDelete
  24. Banyak sekali istilah dalam asuransi mobil yang perlu dipahami. Bagi orang awam tentunya istilah begini sangat asing. Pemilik mobil pun belum tentu tahu dengan mendetil. Info dan penjelasannya sangat mencerahkan.

    ReplyDelete
  25. Fokus ke yg terakhir mba lend.. Endorsement. Ya ampun kenapa malah dikira endorse para influencer. Wkwk. Baru tau kalo diasuransi istilahnya berarti demikian

    ReplyDelete
  26. Nita Juwithafina11/18/2022 07:32:00 PM

    Ternyata banyak juga ya mba istilahnya :) Aku save dulu yaa berhubung aku lom punya mobil nih.. InsyaAllah kalau sudah punya aku sudah hatam istilah2 ini :)

    ReplyDelete
  27. kalau beli mobil secara kredit, biasanya asuransi gini termasuk ya? tapi penting juga asuransi mobil supaya pikiran kita lebih tenang sih ya, kalau ada apa2 dengan kendaraan, kita gak dipusingkan dengan pengeluaran yang membengkak.

    ReplyDelete
  28. Ternyata banyak juga ya mbak istilah dalam asuransi mobil, yg punya mobil wajib tahu istilah2 ini

    ReplyDelete
  29. Wah ternyata kalau ada bencana alam atau banjir asuransi kendaraan gitu juga nanggung yaa. Kebayang tuh dulu pas ada banjir gede di Jakarta banyak mobil kerendem. Kalau diasuransikan minimal msh tenang yaa.

    ReplyDelete
  30. wah saya masih kurang paham nih dengan istilah asuransi. Dan karena merasa belum punya mobil, jadi ngerasa belum perlu ilmunya. Hehehe, tapi ini bermanfaat sekali buat bekal saya nanti kalau beneran punya mobil.

    ReplyDelete
  31. Jadi pengetahuan baru nih istilah-istilah asuransi mobil. Biasanya tahu beres aja kalau mobil bapake di rumah rusak, cuma tahu karena asuransi kalau ada kerusakan hanya bayar 300 ribu an

    ReplyDelete