Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Solusi Sampah Botol dengan Program Blackmores ‘Tukar Botol’

Bismillah,


Solusi Sampah Botol dengan Program Blackmores ‘Tukar Botol’.
Hola sahabat lendyagasshi.



Tahukah sahabat lendyagasshi bahwa data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2021, yang menyebutkan volume sampah di Indonesia tercatat 68,5 juta ton dan pada tahun 2022 naik mencapai 70 juta ton. Lalu, ada 24 persen atau sekitar 16 juta ton sampah yang tidak dikelola.

Isu lingkungan hidup ini erat kaitannya dengan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) pada tahun tahun 2020-2021 mencapai 71,43 persen namun kemudian target 2023 menurun di angka 69,48 persen. “Apakah KLHK melihat bahwa kerusakan lingkungan Indonesia ke depan semakin buruk dan tidak mampu dikendalikan sehingga justru indeks kualitas lingkungan hidup kita menjadi menurun?”.


Pertanyaan yang harus kita tanyakan dulu kepada diri kita masing-masing bahwa sampah yang kita hasilkan setiap hari menjadi tanggungjawab siapa? Apa saja yang sudah kita gunakan dan hasilkan? Selanjutnya sampah-sampah ini kita alihkan kemana?

Yuk, bersama kita daur ulang atau kelola sampah yang kita hasilkan dengan cara yang benar seperti berikut ini.

Solusi Sampah Botol plastik dan Vitamin




Kelola Sampah Manusia

Sampah adalah hasil dari aktivitas yang dilakukan manusia. Sehingga sampah sendiri dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik.


Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang dihasilkan oleh sesuatu yang mudah membusuk, namun keuntungannya menjadi mudah terurai kembali atau istilahnya biodegradable.

Contoh sampah organik seperti sisa masakan, buah-buahan yang membusuk (termasuk kulitnya), kertas, karton, kardus dan sisa-sisa yang bisa terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk proses penguraian tersebut.

Kelola Sampah Organik
source: website kompas

Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sintetik atau hasil proses teknologi pengelolahan bahan tambang sebagai sumber daya alam yang sulit diurai oleh alam. 

Contoh sampah anorganik adalah botol plastik, tas plastik, kaleng.

Kelola Sampah Anorganik


Dari karakteristik kedua sampah, sama-sama berbahaya bila terus menumpuk di lingkungan, seperti mencemari udara, tanah dan sumber air tanah. Selain itu, sampah juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan kehamilan, dan kerusakan jaringan tubuh lainnya. 


Dari sini, kita sebagai warga Indonesia belajar memilah sampah dan cerdas mengelolanya. Karena ini adalah bentuk tanggungjawab kita sebagai individu yang tinggal di atas bumi Allah dan berdampingan dengan makhluk hidup lain.

Bagaimana cara kelola sampah yang baik?



Cara Kelola Sampah Organik dan Anorganik

Awalnya, mungkin mengubah gaya hidup untuk kelola sampah ini tampaknya berat ya.. Apalagi bagi emak rempongers yang schedule-nya padat dari pagi sampai malam. Tapi kalau sudah jadi sebuah habit, ini bakalan menular ke anggota keluarga lain, seperti pasangan dan anak-anak.

Dampak dari kebiasaan baik kelola sampah ini akan terbawa hingga mereka tumbuh di lingkungan dimanapun mereka berada. Semoga dengan kesadaran dari mulai keluarga, bisa membawa kebaikan sampai ke berbagai lapisan masyarakat.

Berikut cara kelola sampah organik dan anorganik yang kita hasilkan setiap hari.


Memisahkan Sampah Sesuai Jenisnya

Ya, bagi yang masih pemula banget, kelola sampah sesuai dengan jenisnya ini bisa hanya 2, yakni sampah organik dan sampah anorganik. Agar ketika sampahmu diambil, bisa sesuai dengan pengelolaannya di TPA atau Tempat Pembangan Akhir.

Dengan begini, sahabat turut mempercepat kerja Pak Sampah dalam kelola sampah dan hasilnya, sampah tidak bau dan mencemari lingkungan.


Melakukan Zero Waste

Pada prinsipnya, zero waste ini adalah gaya hidup yang bebas sampah. Sebuah konsep hidup yang mengajak sahabat untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak agar mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. 

Tujuannya agar sampah tidak berakhir di TPA, sehingga dapat menjaga sumber daya dan melestarikan alam. Seperti memanfaatkan kembali botol minum plastik sebagai pot tanaman yang cantik.

Cara memanfaatkan sampah plastik


Membuat Pupuk dari Sampah Organik

Salah satu yang bisa kita lakukan saat memiliki sampah organik adalah dengan memanfaatkannya menjadi pupuk. Seperti sampah cangkang telur yang bisa digunakan sebagai penyubur tanaman, yang kaya akan kandungan fosfor, kalsium dan magnesium. Sehingga bisa dijadikan sebagai pupuk dan pestisida organik dengan cara :

Rebus air hingga mendidih.

Cuci kulit telur, tiriskan lalu keringkan di bawah sinar matahari.

Haluskan dengan cara ditumbuk, pake ulekan, atau pake food procesor jika punya. 

Setelah itu diayak. Pisahkan yang halus dan masih agak kasar.

Simpan dalam wadah tertutup, dan siap digunakan.


Pemanfaatan limbah cangkang telur ini tidak hanya bagi tanaman, tapi juga cangkang telur yang halus sekali bisa digunakan sebagai bahan lulur badan dengan ditambahkan bahan lain, seperti putih telur, madu, atau air mawar.

Sedangkan cangkang telur yang kasar sekali, bisa langsung dijadikan pupuk organik. Tinggal ditaburkan di pot tanaman. Selain menyuburkan tanah, juga bermanfaat untuk mengusir hama tanaman.



Melakukan Daur Ulang Sampah Anorganik, Seperti yang Dilakukan Blackmores.

PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) memiliki produk unggulan yang bernama Blackmores Odourless Fish Oil. Blackmores terus berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. 

Program Tukar Botol Blackmores


Melalui program ini, Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori lingkungan darat dan laut oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut. 


Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan, “Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan. Untuk itu, sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik.”

Bagaimana cara ikut Program Tukar Botol Blackmores


Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 

Maka dari itu, Blackmores terus mendukung berbagai upaya yang dapat mendorong penurunan atau pencemaran sampah plastik di laut melalui program "Tukar Botol".


Bagaimana cara berpartisipasi dalam program "Tukar Botol" Vitamin dari Blackmores?

Cara penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli sangat mudah. Konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia. 


Mudah bukan?
Yuk, ikut berpartisipasi dalam program peduli lingkungan "Tukar Botol" Blackmores ini. Semoga program ini terus menginspirasi lebih banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama ekosistem laut. 


Yuk, bersama Blackmores, kita hidup sehat dan terus berdampingan dengan alam.


With love,



30 comments for "Solusi Sampah Botol dengan Program Blackmores ‘Tukar Botol’"

  1. keren banget Blackmores
    Karena sudah memberi solusi bagi sampah anorganik kita
    Seperti sekarang ini, saya kebingungan mengelola sampah-sampah botol obat
    Jadi untuk keluarga yang butuh konsumsi vitamin
    Pilih Blackmores yang peduli lingkungan

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama campaign-nya Blackmores yang peduli sama lingkungan. Brand yang seperti ini punya nilai lebih di mata aku dan pasti jadi pilihan. Aku sendiri sudah mulai memilah sampah di rumah, kebetulan juga ada bank sampah yang mau pickup sampah terpilah secara gratis. Nah kalau sampah organik masih jadi peer aku nih karena belum benar-benar bisa mengelola dengan baik, apalagi di rumah aku ndak punya tanah untuk mengubur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambahin komen ah. Sebelum aku tahu kalau Blackmores punya program tukar botol, biasanya botol kosong Blackmores ini aku alihfungsikan jadi tempat naro perintilan kecil-kecil. Beberapa kali dipakai sama anak-anak untuk botol kuas cat air.

      Delete
  3. Solutif banget nih blackmores. Selain menjaga kesehatan juga menjaga lingkungan. Tindakan kecil pun bisa begitu berarti

    ReplyDelete
  4. Zero waste dengan mengurangi sampah plastik tuh pe-er berat banget. Gimana enggak? Hampir semua kemasan produk masih menggunakan plastik karena inilah packaging termurah. Dilema juga jadinya. Kemasan plastik juga paling aman karena tidak gampang pecah. Semoga seiring dengan perkembangan teknologi, permasalahan ini bisa terpecahkan dengan baik. Tentunya juga sebagai wujud kecintaan kita pada pelestarian alam dan kesehatan bumi

    ReplyDelete
  5. Keren banget ini program Blackmores yang sangat peduli lingkungan
    Memang ya sekarang ini sampah tetap jadi masalah nomor satu dimana mana. Mengumpulkan botol bekas ini bisa jadi salah satu solusi kita mendukung program melestarikan lingkungan ya

    ReplyDelete
  6. salut dengan langkah Blackmores. Ribuan botol plastik bisa didaur ulang.
    kualitas botol vitamin itu kan tebel yah malah punya Blackmores itu beling, masih bisa recycle supaya ga numpuk di tempat sampah.
    eh ya ternyata boleh merek apa saja, ga hanya merek Blackmores.

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang sangat bermanfaat dan penuh wawasan. Yuk kita ikuti program ini. Selain benefitnya banyak juga turut menjaga lingkungan kita.

    ReplyDelete
  8. Semoga terobosan seperti ini diikuti banyak brand lain ya, apalagi yang sampahnya berupa sampah plastik. Soale biar jadi solusi lingkungan yang nggak cuma konsumen aja yang mikirin tetapi juga bersinergi sama produsennya.

    ReplyDelete
  9. Sneng banget sma perusahaan yang memiliki program untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan lestari sehingga untuk kedepannya bumi akan selalu baik..sukses terus Blackmores

    ReplyDelete
  10. Sampah ini masalah kita bersama. Jadi bersyukur ketika ada perusahaan dan brand besar yang peduli terhadap masalah sampah

    ReplyDelete
  11. Sampah botol blackmores dibuang jadi uang dan lebih bermanfaat asoy geboy

    ReplyDelete
  12. Pdahal di rumah ada bebebrapa botol kosongnya loh itu. Tapi untuk tau info ada apotek independentnya itu darimana ya?
    Btw aku salfok sama lampu yang dari pantat botol. Kok jadi cakepp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan saya juga sama dengan pertanyaan Mba Suci nih, daftar apotek independent ini mana saja? Senang banget tahu kalau Blackmores punya program sekeren ini lebih-lebih kalau nantinya bisa dilakukan juga ke seluruh Indonesia...

      Delete
  13. Cara pengelolaan sampah pada tiap jenisnya pasti berbeda ya Teh.
    Makanya perlu dipilah lebih dulu mana yang masih bisa diolah sebelum dibawa ke tempat sampah dan mana yang langsung ke TPA.

    ReplyDelete
  14. Iya, mengelola sampah itu memang berat di awalnya, karena mengubah kebiasaan sampah apapun masuk di satu tempat, lalu harus membuat / menambah tempat sampah baru, memilah sampah. Tapi lama-lama akan jadi kebiasaan dan tak terasa berat lagi.

    Salut sama PT Kalbe Blackmores Nutrition yang memiliki komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan program peduli tukar botol. Sampah bisa di daur ulang, kelestarian alam terjaga

    ReplyDelete
  15. Sampah yang dihasilkan oleh manusia semakin banyak nih. Memang penting sekali tahu cara-cara terbaik untuk melakukan daur ulang terutaman sampah botol yang memang semakin banyak dari produk-produk yang digunakan.

    ReplyDelete
  16. Sampah memng menjadi masalah yang sulit mendapat jalan keluar. Salah satunya karena memang masih sedikit sekali pihak yang mengurus dan mendaur ulang sampah dengan baik.

    Tapi, Blackmores kayak punya jalan keluar yang baik sih. Mereka bisa membantu mengurangi sampah dengan program tukar botolny.

    ReplyDelete
  17. Zero waste yang perlu diterapkan nih. Botol kosong gini tetep bermanfaat kalo bisa dikelola dengan baik ya. Sayang aja kalo sampah botolnya dibuang gitu aja dan berakhir jadi limbah.

    ReplyDelete
  18. Beughh ini sih terobosan yg menariikkk bgt.
    Semoga bs diikuti oleh perusahaan lainnya juga yak

    ReplyDelete
  19. dua jempol buat blackmores yang sangat memperhatikan lingkungan. semoga semakin banyak perusahaan dan masyarakat yang melakukan hal serupa

    ReplyDelete
  20. aku juga konsumsi vitamin blackmores ini sehari-hari.. emang penting banget buat jaga kesehatan. program tukar botol ini pastinya membantu dalam mengurangi sampah/limbah ya.

    ReplyDelete
  21. Salut nih dengan Blackmores yang peduli lingkungan dan mengajak seluruh masyarakat untuk bisa bersama menjaga lingkungan ini ya melalui program tukar botol kosongnya.

    ReplyDelete
  22. keren banget programnya dan membuat orang jadi cinta lingkungan ya jadi bisa menukar botol kosong-nya

    ReplyDelete
  23. aku suka minum vitamin dari Blackmores ini mbaa, memang kerasa enak ke tubuh dan makin happy karena sekarang sudah ada program peduli lingkungan dengan sampah botolnya ini dikelola

    ReplyDelete
  24. suka deh kalo ada brand yang ikut berkontribusi terhadap lingkungan masalah sampah ini two thumbs up deh

    ReplyDelete
  25. Wah keren nih Blackmores
    Saya ada 4 botol Blackmores Pregnancy yang kosong
    Rencana kalau sudah di Surabaya mau bawa ke outlet-nya buat ikuti program ini

    ReplyDelete
  26. Aku turut senang ketika banyak brand yg memperhatikan lingkungan, tapi semoga dikelola dengan baik dan sungguh2 ni oleh blackmores, smoga ga cmn jadi viral2an doang tar ga lanjut

    ReplyDelete
  27. Nah keren nih patut diapresiasi gerakan tukar botolnya ya karena ga bikin tumpukan sampah plastik dan ga bikin pencemaran limgkungan

    ReplyDelete
  28. Sekian banyak konsumen Blackmores, sebuah inovasi yang bagus dengan program tukar botol ini. Apalagi Blackmores adalah produk Kalbe, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Semoga menginspirasi orang banyak.

    ReplyDelete