Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peran Probiotik dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Bismillah,


Bismillah,

Memahami pentingnya masa kehamilan selama 270 hari hingga anak lahir dan berusia 2 tahun (730 hari), seorang Ibu harus mempersiapkan segala kebutuhan fisik dan mental. Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan atau yang biasa disingkat dengan HPK ini adalah saat terbentuk dan tumbuhnya organ-organ vital manusia, seperti otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan, lengan, kaki dan organ tubuh lainnya.


Pentinganya 1000 HPK ini dikarenakan perkembangan akan sangat cepat terjadi untuk pertumbuhan sel-sel otak dan pertumbuhan serabut-serabut saraf sehingga membentuk jaringan yang lebih kompleks. Perkembangan otak ini perlu sekali diperhatikan karena akan menentukan masa depan janin dan bayi.


Apa saja yang perlu diperhatikan untuk pertumbuhan pada masa periode emas ini?
Simak yuk, di artikel berikut ini.

cara jaga daya tahan tubuh bayi



Ketika memasuki masa-masa hamil dan memiliki anak, maka sepaket dengan pemenuhan gizi yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Peran gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak diharapkan memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi seperti karbohidrat sebagai sumber energi (tenaga), protein sebagai zat pembangun dan vitamin atau mineral sebagai zat pengatur, akan membantu mencegah terjadinya penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak serta kebutuhan asupan probiotik sebagai nutrisi dan mikrobiota usus.



Mengenal Asupan Probiotik Bagi Tumbuh Kembang 1000 HPK

Pengertian Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002)


Apakah sama probiotik dan prebiotik?

Tidak sama.

Pengertian prebiotik sendiri adalah makanan probiotik yg tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, seperti: oligosakarida/fructooligosaccharide (FOS)


Jadi, probiotik dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus di saluran cerna sebagai pertahanan atau yang lebih kita kenal dengan sistem imun. Karena 80% kesehatan manusia bergantung saluran cerna. Bahkan para ahli medis pun sepakat bahwa kesehatan saluran cerna manusia merupakan cerminan kesehatan tubuh secara umum.


Pada kenyataannya, menjaga kesehatan cerna ini tidak mudah, Moms.. Bisa jadi karena pengaruh dari gaya hidup masyarakat urban yang serba modern dan instan, tingginya polusi di kota besar, tingkat stress, konsumsi obat-obatan atau antibiotik yang berlebihan dan banyak faktor eksternal lainnya yang membuat kesehatan saluran cerna kerap bermasalah.


Masalah saluran cerna ini bisa jadi berupa buang air besar (BAB) yang tidak rutin, BAB yang keras, sembelit hingga diare adalah sinyal dari tubuh bahwa sedang ada yang tidak beres pada saluran pencernaan manusia, secara umum.



Ciri sistem pencernaan yang normal dan sehat adalah

Buang air besar teratur

Feses berwarna cokelat dan tidak keras

Kentut dan sendawa beberapa kali dalam sehari

Berat badan stabil

Mood atau suasana hati stabil

Kulit sehat elastis

Rambut kuat, lebat, dan tidak rontok

Kuku tidak mudah patah


Jika bayi sering sakit atau bahkan mengalami diare, atau konstipasi (sembelit, susah BAB), itu pertanda membutuhkan asupan nutrisi yang baik selain terus memberikan minum agar tidak mengalami dehidrasi.



Solusi Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Anak

Solusi agar kesehatan cerna anak dapat sehat maka bisa dimulai dari perbaikan pola makan yang sehat, seperti konsumsi probiotik secara rutin.


Probiotik alami sebenarnya bisa ditemukan pada sumber bahan makanan, seperti yoghurt, kefir, tempe, acar, sauerkraut, kimchi, miso, dan kombucha. Probiotik sendiri masuk ke dalam kategori suplemen makanan.



Adakah Probiotik yang Aman untuk Bayi?

Produk Interlac yang aman dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak usia di bawah 1 tahun adalah Interlac Drop. Interlac Drop mengandung bakteri lactobacillus reuteri yang efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi mikroba penyebab peradangan.


Interlac Drop adalah sebuah suplemen yang digunakan untuk menjaga kesehatan fungsi pencernaan pada bayi prematur, anak dan dewasa. Produk ini akan membantu mengurangi dan mencegah diare, regurgitasi, kolik, konstipasi, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.




Mengenal Produk Interlac Drop

INTERLAC® merupakan produk lisensi dari BioGaia, Swedia, yang merupakan salah satu pelopor probiotik di dunia. INTERLAC® mengandung strain probiotik DSM 17938 yang dipatenkan BioGaia, dan merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang terbukti klinis.


Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO adalah sebagai berikut:

Berasal dari manusia

Dapat bertahan hidup di saluran cerna

Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu

Menghasilkan zat antimikroba

Mampu melawan bakteri jahat

Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


Solusi Bayi Diare dan Sembelit


Karena Lactobacillus reuteri merupakan probiotik yang berasal dari tubuh manusia, sehingga INTERLAC® sangat aman dan mudah ditolerir untuk bayi sejak lahir. Banyak probiotik lain juga dipasarkan sebagai synbiotik, yang mencampurkan probiotik dengan prebiotik untuk membantu pertumbuhan probiotik di dalam tubuh. INTERLAC® tidak mengandung prebiotik karena L. reuteri mampu bertumbuh dan berkoloni dengan baik di dalam tubuh tanpa bantuan prebiotik. Strain L. reuteri Protectis juga adalah salah satu strain probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan keamanan dan efikasi yang terbukti klinis untuk bermacam-macam indikasi.



Bagaimana Membedakan Interlac Drops Asli dan Palsu?

Karena kebaikan dari produk Interlac drops, sehingga beredar pula produk palsu yang bisa jadi akan menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi. Sehingga untuk mengetahui produk Interlac Drop ini asli atau palsu, harap perhatikan hal-hal berikut ini.


Kemasan

Untuk kemasan Interlac Drops yang asli, box kotak Interlac Drops berwarna putih dan sisi kanan kirinya berwarna kuning cerah (tidak kusam).


Saat Meneteskan Interlac Drops

Karena berbentuk cairan dan dikemas dalam botol mungil berukuran 5 ml, maka tetesan saat botol dibalik akan berbetuk drop, bukan meleleh seperti ada kebocoran.

Ini menunjukkan cairan dan kemasan Interlac Drop sangat terjaga dan sudah melalui proses pemeriksaan sebelum diedarkan.


Jenis Cairan Interlac Drops

Ketika meneteskan cairan suplemen Interlac Drops yang asli, warnanya bening cairan probiotik. Sedangkan Interlac drop palsi, cairannya bening, namun ada seperti lapisan minyaknya.


Ukuran Botol Interlac Drops

Setelah dikeluarkan dari dus, Ibu bisa periksa dulu ketinggian dari botol Interlac Drops. Botol yang asli, memiliki ketinggian 5.8 cm. Sedangkan botol Interlac Drops yang palsu hanya 5.5 cm.


Ujung Botol Kemasan Botol Interlac Drops

Perhatikan juga ujung botol Interlac Drops yang lebih menonjol. Sedangkan botol Interlac Drops palsu, ujungnya setinggi leher ulir botol dan tidak menonjol.


Periksa Tutup Botol Interlac Drops

Tutup botol Interlac Drops berwarna putih dan tutup botol bagian dalamnya melebar, sedangkan tutup botol Interlac drops yang palsu, sebaliknya.


Periksa Bagian bawah botol Interlac Drops

Bagian bawah interlac drops yang asli tertera kode dengan kombinasi huruf dan angka yang menonjol. Sedangkan pada kemasan interlac palsu, terdapat kode yang kurang jelas dan titik-titik menonjol mengitari lingkaran botol interlac drops.


cara membedakan produk intelac drops asli dan palsu

Untuk menghindari produk Interlac drops yang palsu, mari kita sama-sama berhati-hati dan sebaiknya hanya membeli produk INTERLAC® di Guardian, Apotek terdekat, Halodoc, Go-Med App atau Lazada.co.id.

Atau bisa klik di linktree berikut ini

Linktree Interlac Probiotics



Kesimpulan

Bayi dan balita memiliki resiko lebih tinggi terhadap serangan virus dan bakteri yang menyebabkan diare, atau sembelit. Maka dari itu, resiko tersebut dapat diminimalisir dengan memberikan ASI eksklusif, karena ASI mengandung probiotik alami.


Jika dibutuhkan untuk tingkatkan daya tahan tubuh bayi, bisa konsumsi suplemen yang bebas kandungan Etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yakni Interlac Probiotic drop, dengan aturan pemakaian sebagai berikut


5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter.


Keterangan: Kocok dengan baik sebelum digunakan.
Dianjurkan untuk menggunakan sendok.


Rasa netral (plain) untuk bayi dan anak-anak usia 0-3 tahun.
1 botol terdapat 125 tetes untuk penggunaan 25 hari.


Jangan ragu untuk terus membaca mengenai informasi tentang kesehatan saluran cerna melalui sosial media INTERLAC®


Website : www.interlac-probiotics.com

Instagram : @interlacprobiotics

Facebook : @interlacprobiotics



Salam hangat,



73 comments for "Peran Probiotik dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan"

  1. Penting banget memang probiotik ini untuk menjaga kesehatan otak kedua alias pencernaan.

    ReplyDelete
  2. Kalau ada produk Interlac seperti ini. ortu nggak perlu kuatir lagi karena pencernaan anak bahkan yang dibawah usia 1 tahun bisa terjaga dengan baik. Penggunaannya juga mudah buat anak. Makasih rekomendasinya mba

    ReplyDelete
  3. Jangan sampai salah ya, Mbak. karena probiotik dengan prebiotik itu berbeda. Dan memang bayi dan balita itu butuh perhatian khusus, kerena rentang virus dan bakteri. Makanya perlu diberikan probiotik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah benar nih Pak Bams, untung diperjelas lagi. Biar gak dianggap bahwa sama ya. Karena manfaat dan maknanya juga berbeda.

      Delete
  4. Dulu tuh aku sempet mikir probiotik nih sbnernya kalo ngga dikonsumsi pun kita sehat2 aja kok. eh tapi sejak Covid 19 kemarin kerasa banget bedanyaa lohh minum probiotik dan engga, bagi anakku alhamdulillaah dia sehat2 teruss kalau sakit pun ngga pernah sampai lama, aamiin deh semoga sehat terus ya

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu kalau probiotik dan prebiotik beda lho kak Len. Selama ini mikir hal2 urusan bayik ini masih belum penting secara nikah aja belom hahaha. Tapi kayaknya aku kudu menambah ilmu sih, lagian probiotik juga bagus untuk orang dewasa juga kan

    (Arai)

    ReplyDelete
  6. Ternyata probiotik dan prebiotik ini berbeda namun sama sama dibutuhkan dalam mendukung tumbuh kembang so kecil ya. Biar pencernaannya sehat dan tumbuh kembangnya juga optimal.

    ReplyDelete
  7. Probiotik dan Prebiotik, dengan membaca tulisan ini jadi paham dan tahu bedanya. Penting banget ya probiotik untuk membantu memberikan yang terbaik bagi kehidupan si kecil.

    ReplyDelete
  8. Setuju sekali bhw 1000 hari pertama seorang anak itu sangat penting karena berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang selanjutnya. Trmksh sharingnya tentang probiotik dan prebiotik ini yaaa..(dulu kukira sama lho..hihi)

    ReplyDelete
  9. Pentingnya probiotik untuk si kecil jadi perhatian utama orangtua untuk si kecil ya.
    Dampaknya yang demikian besar untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  10. 1000 hari pertama emang golden age banget yaaa, mesti tiati dan perhatian banget sama asupan nutrisi yaa, biar tumbuh kembang anak sempurna. Ternyata probiotik juga penting ya

    ReplyDelete
  11. Waah interlac ada yang drop ternyata, aku kira hanya model.kapsul. Bagus kandungan interlac buat tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  12. Probiotik untuk anak itu penting ya teh
    Biar anak punya daya tahan tubuh yang kuat
    Jadi nggak gampang sakit deh

    ReplyDelete
  13. dulu ketika anak - anak masih bayi saya biasa menggunakan interlac yang sachet kalau anak diare, alhamdulillah diare berhenti. ternyata ada yang dropnya ya tapi beda fungsinya.

    ReplyDelete
  14. Selain jadi tahu tentang keunggulan produk Interlac, Jadi tau juga dengan pencerahan dari perbedaan antara Probiotik dan Prebiotik di tulisan Mbak Lendy ini.
    Semoga selalu disehatkan putra-putri kita, termasuk masalah pencernaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar dan jadi tahu juga beda prebiotik dan probiotik. Ternyata penting ya untuk jaga kesehatan saluran cerna

      Delete
  15. Interlac ini bagus memang produknya. Cuma aku baru tahu nih kalau bayi juga boleh ya ternyata asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter.

    ReplyDelete
  16. Kadang saya suka salah persepsi antara probiotik dan prebiotik, ternyata keduanya memiliki pengertian yang berbeda. 1000 Hari Pertama Kehidupan harus diperhatikan ya mbak agar kelak baby tumbuh sehat dan penuh asupan gizi. Waah baru tahu kalau produk Interlac ini ada yang palsu, harus teliti sebelum membeli ya supaya tidak salah beli produk.

    ReplyDelete
  17. Kak Lendy makasih, aku dapet ilmu baru. Ternyata antara prebiotik dengan probiotik itu beda ya. Kukira sama. Wah sekarang ada Interlac yang siap memenuhi kebutuhan probiotik anak. Terus ada tips membedakan yang asli dengan yang palsu. Noted banget

    ReplyDelete
  18. Bayi emang perlu penanganan yang extra hati2 ya. Kalau udah demam bikin panik. Kebetulan aku ngalamin bayi demam saat sasqia umur 3 bulan. Untungnya bukan diare. Apalagi dia susunya bukan ASI. Kayanya perlu gunakan interlac deh biar sasqia sehat selalu

    ReplyDelete
  19. Geram juga masa probiotik buat anak ada yang tega memalsukannya demi cuan sampai ngorbanin nyawa anak2 gak berdosa ya.
    Sebagai ortu emang harus memilih probiotik yang aman, kalau perlu minta saran dokter. Trus emang perlu memastikan beli di toko/ apotek yang legal terpercaya ya mbak.
    Thanks buat share ciri2 Interlac asli dan palsunya.

    ReplyDelete
  20. Interlac ini probiotik yang bebas laktosa ya. Jadi aman buat anak-anak yang punya intoleransi laktosa. Apalagi produknya rasanya plain. Lebih mudah u memberikannya ke anak.

    ReplyDelete
  21. probiotik sangat penting untuk kesehatan yaa mba apalagi untuk anak-anak yaa.
    Harus hati-hati kalau mau beli produk probiotik jangan sampai dapat yang palsu.

    ReplyDelete
  22. Bagus banget ya Interlac, satu-satunya suplemen Probiotik yang diakui WHO. Aman banget untuk bayi. Jadi nggak was was.

    ReplyDelete
  23. Interlac memang produk yg luar biasa
    Dibutuhkan oleh semua rentang usia
    Mulai bayi juga ya

    ReplyDelete
  24. Saya ketika hamil tuh sering banget konstipasi dan memang minum probiotik bantu saya kembali lancar BAB.. Bayi saya sekarnag pun rutin mihhm probiotik

    ReplyDelete
  25. Zaman anak-anak masih bayi kalau sembelit sama dokter dikasih resep probiotik. Tapi dulu bentuknya bubuk gitu. Sekarang ada Interlac Drop jadi makin mudah ngasih probiotik ke anak.

    ReplyDelete
  26. Ternyata probiotik itu makanan hasil fermentasi ya. Seperti acar mamang lama sih buatnya tapi kalau ada interlac tinggal di kasih aja.

    ReplyDelete
  27. Aku dulu juga suka bingung beda probiotik dan prebiotik tapi setelah baca beberapa artikel teman blogger, baru paham perbedaannya maklumlah emak-emak jadul yang anak-anaknya udah gede, tapi seneng banget sih sekarang sudah banyak produk bayi dan anak yang membantu untuk tumbuh lebih sehat apalagi 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak sangat penting.

    ReplyDelete
  28. Wah iya mesti hati-hati mana yang asli, pas ini buat bayi karena daya tahan tubuh yang masih rendah konsumsi Interlac Probiotics drops akan membantu

    ReplyDelete
  29. kalau sampai ada yang palsu, berarti ini produk laku keras di pasaran. ya ga sih Mbak? aku jadi pengen coba buat memenuhi probiotik anakku

    ReplyDelete
  30. Salfok sama ilustrasi di tulisan ini, gemoooyyy :D.
    Sekarang jadi lebih mudah ya Mba, probiotik sudah dalam bentuk yang simpel seperti Interlac, tinggal stok di rumah buat jaga-jaga. Dulu masih pakai probiotik dalam bentuk bubuk soalnya.

    ReplyDelete
  31. Banyak ibu yang belum paham ya kalau probiotic ini harus yang sesuai WHO dan penting buat 1000 HPK

    ReplyDelete
  32. sayangnya masih banyak yang belum menyadari peran prebiotik dalam 1000 hari pertama kehidupan anak yaa. semoga setelah ini makin banyak ibu yang aware masalah ini

    ReplyDelete
  33. Pengetahuan baru ini tentang pro n pre (biotik). Anak-anakku dulu lebih seringnya diare ketimbang fases keras. Emak-emak sepertiku langsung gas ke dokter aja, soalnya kurang paham dengan obat yang pas. Kalau begini, jafinya oebih paham, bagaimana kalau nanti punya bayi lagi. Hehe

    ReplyDelete
  34. Keren ya Interlac bisa dikonsumsi bayi baru lahir. Saya kenal Interlac pas anak baru usia 1 tahunan Teh. Alhamdulillah langsung cocok anaknya.

    ReplyDelete
  35. Ya aku sudah gagal mempersiapkan.semua ini untuk anak2 ku.. ya alllah pentingnya ilmu sebelum kita hamil dan lain2 saya abai semua ini

    ReplyDelete
  36. Ternyata kesehatan pencernaan adalah cerminan kesehatan secara keseluruhan ya. Terimakasih infonya jadi tahu perbedaan prebiotik dan probiotik.

    ReplyDelete
  37. 1000 hari periode emas anak ini masuk program pemerintah juga ya kan? Karena generasi penerus juga harus sehat dan itu dimulai sejak mereka dalam kandungan. Jadi anak-anak butuh asupan vitamin, nutrisi, dan probiotik bagi pertumbuhannya.

    ReplyDelete
  38. Bener banget nih interlac dikonsumsinya gampang dan sudah sesuai dengan panduan WHO juga.

    ReplyDelete
  39. Anak Pertamaku termasuk yang kurang lancar nih pencernaannya. Sering banget sembelit kayaknya aku perlu kasih probiotik juga ke dia biar lebih lancar pencernaannya

    ReplyDelete
  40. Subhanallah, emang bayi rentan banget yah, sebagai ibu haru benar-benar protektif dan selektif dalam mengasuh anak.y. Alhamdulillah sudah ad produk yg bisa bantu ngejaga sistem pencernaan bayi saat masih rentan-rentann.ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. berarti kalau punya bayi harus sedia probiotik juga ya nanti para ibu biar pencernaan anaknya lancar

      Delete
  41. Kalau di anak bayi paling gampang tuh ngecek masalah pencernaan, kala feses-nya keras atau mencret pasti ada problem. Penting banget buat ibu jaga kesehatan anak, terutama pencernaan. Untung aja ada Interlac ya mbak yang bisa bantu masalah pencernaan. Bisa dikonsumi seluruh anggota keluarga juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. alhamdulillah ya sekarang sudah ada produk probiotik ini buat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak kita

      Delete
  42. baru kemarin Ada berita lagi kalo perlu waspada dengan ginjal akut pada anak.. syukurlah interlac drops ini aman ya mba

    ReplyDelete
  43. Probiotik bisa didapat dari beberapa makanan alami ya, teteapi kadang butuh suplemen tambahan, interlac ini solusi banget buat anak yang agak susah makan makanan yang kaya probiotik

    ReplyDelete
  44. Probiotik juga bisa melawan bakteri jahat ya. Makanya penting banget menjaga kesehatan saluran cerna anak. Untung ada Interlac

    ReplyDelete
  45. Waktu anak saya usia 1bln susah pupnya mba, dan dikasih interlac ini sama dokter. Harganya lumayan tapi worth it.

    ReplyDelete
  46. Interlac ini andalan aku untuk masalah pencernaan anak, terutama si kecil yang emang masih di masa pegang macem-macem.

    ReplyDelete
  47. 1000 hari pertama pada anak tuh penting banget, makanya sebagai ibu kita juga harus aware hal ini dengan memberikan nutrisi terbaik dan juga probiotik untuk anak.

    ReplyDelete
  48. Baru tau kalo probiotik penting banget untuk anak-anak, dan bisa untuk anak.
    Penting juga untuk periksa keaslian produk yang kita beli, makasih tips nya mbak. Jadi bisa antisipasi agar tetap dapat beli produk asli

    ReplyDelete
  49. Aku masih bingung probiotik yg berasal dari tubuh manusia itu diambil dari bagian mana ya?

    ReplyDelete
  50. 1000 hari pertama kehidupan itu tuh penting banget ya Mbak Lendy maka perlu menggunakan bahan-bahan berkualitas, termasuk probiotik. Nah Interlac ini yang terbaik.

    ReplyDelete
  51. Aku ga cobain yg interlac drop ini mba, tapi aku udah Bbrp bulan ini selalu kasih anak2 interlac + vit D yang kunyah itu.

    Hasilnya, mereka memang jadi lebih bagus sih imun tubuhnya. Dulu sempet bingung kan kenapa tiap kali mereka sakit vit yg dikasih Ama DSA pasti probiotik. Ternyata memang saluran pencernaan itu ngaruh banget ke imun tubuh. Penyakit banyak muncul kalo pencernaan ga bener. Nutrisi jadi ga keserap. Makanya benerin dulu kesehatan pencernaannya.

    Sejak itu aku ga pernah absen KSH anak2 interlac +vit d.

    Lumayan memang harganya, tapi kalo sakit toh jauh lebih mahal. Jadi mending ttp sediain ini buat mereka

    ReplyDelete
  52. Mampir si sini, jadi bertambah lagi referensi peran probiotik dalam 1000 hari pertama kehidupan.
    Juga jadi tahu bahwa ternyata probiotik ada juga yang palsu dan jadi tahu cara membedakannya.

    ReplyDelete
  53. Waktu anak-anak saya masih kecil belum paham pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Tapi, saya bersyukur karena dokter anak saya selalu menyarankan konsumsi probiotik untuk kesehatan pencernaan anak

    ReplyDelete
  54. teh makasih ya aku jadi melek nih, maklum new mom belum banyak ilmu dikasih ilmu parenting gini happy pol, kudu sedia interlac di rumah ni

    ReplyDelete
  55. Probiotik ternyata memang sepenting itu ya. Buat orangtua yang udah ngerasain anaknya terganggu saluran pencernaannya memang penting banget menyediakan ini di rumah.

    ReplyDelete
  56. Aku pernah berpikir bahwa bayi nggak perlu Probiotik. Ternyata emang perlu banget ya. Cuma emang perlu pilih-pilih probiotiknya. Kayak Interlac.

    ReplyDelete
  57. Ilmu baru nih ttg probiotik. Artikelnya lengkap dan bermanfaat kak. Sy rekomendasiin interlac tuk sodara yg punya balita deh

    ReplyDelete
  58. Aku ingat dulu saat anak ketiga ku bermasalah dengan pencernaannya (sering banget BAB), saat dibawa ke dokter di beri interlac bubuk. Ternyata ada juga interlac yang bentuknya cair ini.

    Emang, kalau saluran cerna sehat, pastinya nutrisi bisa terserap maksimal oleh tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  59. Prebiotik dan probiotik, jadi inget saat ikut diskusi bareng dokter anak dulu, jadi lebih nggeh bedanya dari mana
    Ternyata kurangnya probiotik bisa berpengaruh terhadap saluran pencernaan anak ya mbak
    Makanya Interlac bantu cukupi kebutuhan probiotik si kecil biar mereka tetap sehat ini musim suk panas hujan gitu

    ReplyDelete
  60. Prebiotik dan Probiotik itu beda, ya. Jangan sampai tertukar, nih. Terutama dalam memberikan vitamin atau suplemen untuk si kecil agar ususnya tetap sehat. Solusinya dengan kasih saja Interlac Probiotik.

    ReplyDelete
  61. Kita aja kalau kena Diar lemesnya minta ampun ya kak..apalag ini balita..

    untungnya udah ada yg tepat mencegah memberikan probiotik agar saluran pencernaan tetap sehat seperti Interlac probiotik...

    ReplyDelete
  62. Memang paling deg-degan, ya, kalau saluran cerna anak ada masalah. Mana kita jadi orang tua juga masih baru. Haduuuh, rasanya emak yang mau nangis, sih, karena nggak tahu sumber masalahnya di mana.

    Ternyata bisa terjadi gangguan pencernaan akibat kekurangan probiotik. Kalau Buibu zaman now sudah familiar banget nih sama Interlac, salah satu pelopor probiotik di dunia. Sekarang bahkan sudah memenuhi standar WHO, ya.

    ReplyDelete
  63. Bener hati2 terhadap produk palsu ya. Mending beli di tempat yang emang sudah terpercaya apalagi Interlac ini ramah anak dan bayi banget sih kataku bisa mengatasi sembelit yang pastinya sangat membantu para mama.

    ReplyDelete
  64. Penting memperhatikan pertumbuhan si kecil dengan ASI ekslusif ya. Krn ASI mengandung probiotik alami yang bisa mencegah baby kita dari virus penyebab sakit seperti diare. Juga penting pemberian suplemen seperti Interlac Probiotik.

    ReplyDelete
  65. Probiotik memang penting untuk kesehatan saluran cerna anak. Jadi inget dulu waktu bayiku diare juga dikasih probiotik oleh dokter anaknya. Jadi emang butuh probiotik ya.

    ReplyDelete
  66. Baru sadar kalau ternyata penyebab berat badanku tidak stabil itu karena akibat pencernaan yg tidak stabil. Perlu juga kali minum Interlac biar pencernaanku normal.

    ReplyDelete
  67. Kalau rasanya plain dan dosisnya cukup 1 sendok saja itu enak, Mbak. Kadang anak bisa bosan kalau harus banyak minum tambahan ini dan itu. Mau nggak dikasi tapi ya memang butuh hehe.

    ReplyDelete
  68. Sepenting itu ya peran probiotik mba lend.. krn saluran cerna anak bagai otak kedua anak ya. Aku aja baru melek sama hal begini pas punya anak kedua mba. Waktu anak pertama duh.. minim ilmu banget

    ReplyDelete
  69. Interlac ini andalan probiotik buat anak pertamaku yang pencernaanya Masya Allah banget,,, aku sering pake yang drops gini dan pas udah agak besaran pakai yang hisap. Alhamdulillah kalau pas maintenance begini bagus gak gampang diare seperti biasanya.

    ReplyDelete