Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sandi Nusantara, Bagaimana Sandi Menemukan Jati Dirinya

Bismillah,


Resensi Buku Komik Sandi Nusantara karya Hokky Situngkir.
Hola sahabat lendyagasshi.


Ternyata banyak sekali yang belum kita ketahui, 
dan masih terlalu banyak ketidakpastian di dunia ini.

Disadur dari Buku Sandi Nusantara, hal. 53


Lalu, kenapa masih banyak orang yang sombong seolah-olah mereka yang pling tau segalanya tentang dunia ini?
Padahal kan, dunia kita bukan hanya hitam dan putih.
Ada bagitu banyak warna yang bisa kita pilih.


Aku begitu mengagumi buku yang baru aja aku selesaikan ini, judulnya "Sandi Nusantara" karya Hokky Situngkir. Lalu, langsung gak sabar buat menuliskannya dan berbagi review di blog karena sahabat lendyagasshi wajib banget punya.

Alasannya,

Buku Sandi Nusantara ini formatnya komik. Tau doonk, yang namanya komik tuh kaya akan visualisasi. Ditambah lagi, komiknya gak hitam putih, tapi berwarna dan tercetak di atas kertas book paper yang tebal. 

Saat pertama kali membuka paket buku "Sandi Nusantara", rasanya rindu sekali dengan aroma buku. Gak terasa membacanya begitu cepat, sebab dikemas dengan bahasa anak muda kekinian.


Buat sahabat lendyagasshi yang penasaran, kuy.. simak resensi dan review buku Sandi Nusantara karya Hokky Situngkir di artikel berikut ini.



Komik Sandi Nusantara

Baca Komik Indonesia Webtoon Sandi Nusantara

Data Buku :

Judul : Sandi Nusantara

Penulis : Hokky Situngkir
Cerita : Riani Charlina
Ilustrator : Kris Yunita

Penerbit : Expose
Terbit : Agustus, 2023

Tebal : 190 halaman

Kategori Buku : Komik Webtoon Indonesia
Harga : Rp 77.000,-

ISBN : 978 602 7829 74-9


Resensi Sandi Nusantara

Seorang remaja bernama Sandi terbangun dari tidurnya di siang hari. Namun anehnya, ia benar-benar tidak ingat siapa dirinya. Yang ia ingat hanya 2 hal yakni namanya dan wajah sang Ayah yang fotonya terpajang di meja.

Selebihnya, 
Sandi harus mencari tau siapa jati dirinya melalui petualangannya di dalam buku.

Bagaimana caranya?
Yuk, ikuti terus perjalanan Sandi dalam komik "Sandi Nusantara".


Bagian 1 : Masa Kecil Ayah

Di bagian pertama ini, Sandi seolah-olah bisa merasakan sosok sang Ayah ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Sang Ayah yang terkenal memiliki karakter unik ini pun ditanya oleh sang guru ketika berada di kelas.

"Apakah cita-cita anak-anak semua?"


Teman-teman Ayah Sandi menjawab dokter, insinyur, guru.
Namun, apa jawaban Gendra (nama Ayah Sandi)?


"Aku ingin pergi ke Paris."


Semua teman sekelas Gendra mentertawakan jawaban Gendra. Karena zaman itu belum ada internet, anak-anak masih sulit membayangkan Paris. Jadi serasa tidak mungkin bisa ke Paris. Apalagi mereka tinggal di ujung timur Sumatera Utara.


"Hhhm, salah yaa.. kalau aku berimajinasi?
Memangnya cita-cita itu harus selalu profesi, ya?"


Bagian 2 : Imajinasi Ayah

Di bagian 2, Sandi terus bisa memikirkan dan merasakan apa yang sang Ayah rasakan. Sampai Sandi bingung sendiri dan merasakan bahwa rasa keingintahuan sang Ayah yang membuncah akan dunia ini, begitu besar.

Memasuki ruang imajinasi sang Ayah yang ingin sekali ke Paris, kali ini sang Ayah memikirkan mengapa Menara Eiffel berbentuk susunan besi segitiga dalam segitiga. Di bab ini, sahabat mulai akan memperoleh banyak informasi terkait ilmu pengetahuan.


"Aku Eiffel.
Namaku diambil dari nama insinyur Gustave Eiffel, yang merancang bangunanku pada tahun 1887.

Tinggiku 330 meter.
Karena ada antena komunikasi yang dipasang di puncak menara.

Aku juga disebut 330 m Tower."

Disadur dari Buku Sandi Nusantara, hal. 9


Komik Sandi Nusantara tentang apa
source: Wikipedia Indonesia

Mengapa Menara Eiffel menjadi salah satu simbol cinta dan romantisme?

Temukan jawabannya dengan membaca buku Sandi Nusantara yaa, sahabat lendyagasshi. Karena selain ada penjelasan science mengenai menara Eiffel, petualangan Sandi dalam menemukan jati diri terus berlanjut dan semakin seru dengan penjelasan ilmiah lainnya yang membuat mata pembaca terbuka. Bahwa sesuatu yang benar, belum tentu absolut.

Semua tergantung sudut pandang dan kita harus bener-bener terbuka dengan semua pendapat orang lain.



Kesan Membaca Buku Sandi Nusantara

Buku yang terdiri dari 190 halaman ini sangat berwarna dan bikin seneng setiap membuka lembarnya. Kisahnya beragam dan menurutku, buku yang termasuk kategori webtoon Indonesia ini cocok banget dibaca oleh anak-anak usia Sekolah Dasar.

Karena bahasanya ringan, suka ada komen-komen seru dari Sandi yang tak terlihat namun dapat merasakan perasaan sang Ayah dan yang terpenting, pemikiran kita akan dunia dan ilmu pengetahuan menjadi lebih terbuka. 

Rekomendasi komik webtoon dari penulis Indonesia

Buku komik Sandi Nusantara juga bisa dijadikan bahan diskusi yang seru dengan anak. Karena temanya yang ilmiah dan pastinya menjadikan anak berpikir kritis.

Buku Sandi Nusantara sendiri adalah serial komik dari Line Webtoon yang telah dibaca ratusan ribu kali dan memiliki subscriber puluhan ribu dengan rating 9,8. Komik Sandi Nusantara Vol. 1 ini akan resmi dirilis pada awal September 2023. 

Dikemas dengan genre komik petualangan, sains dan budaya, komik Sandi Nusantara akan memberikan pencerahan sains yang ternyata begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, sesederhana gambar dua segitiga gunung, matahari, sawah dan jalan segitiga yang populer di kalangan siswa-siswi SD yang ternyata memiliki perhitungan geometri. 

Temuan-temuan sains modern dalam kehidupan sehari-hari dan juga dibalik warisan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia dibungkus dan diceritakan dengan gambar yang menarik serta bahasa yang ringan.


Tentang Penulis Buku Sandi Nusantara 

Buku Sandi Nusantara terinspirasi dari buku sains populer “Kode-Kode Nusantara” karya Bapak Kompleksitas Indonesia, Hokky Situngkir, dan berkolaborasi dengan penulis cerita Riani Charlina beserta seniman Kris Yunita.

Profil Bapak Hokky Situngkir pun bikin pembaca kagum karena beliau lahir di Pematang Siantar pada 7 Februari 1978 dan kini bekerja sebagai Direktur Research Center for Complexity Studies. Beliau juga seorang peneliti dan presiden Bandung Fe Institut yang berdiri sejak 2002.

Bidang penelitian Bapak Hokky Situngkir adalah ekonofisika, sosiologi komputasional politik, epidemi hingga ke cyber security dengan implementasi kompleksitas, data science dan teknologi big data analytics.

Profil Penulis Sandi Nusantara, Hokky Situngkir

Penghargaan yang sudah diterima beliau pun tidak main-main yaa..

Pernah menerima most prospective innovation in Indonesia (2009-2011) dari Kemenristek, menjadi Ashoka Fellow sejak 2012 dan dianugerahi Ahmad Bakrie Award (2011) sebagai Ilmuwan Muda Berprestasi.

Merupakan lulusan kampus ternama di Indonesia yakni ITB dengan jurusan Elektro dan tergabung dalam IA-ITB. Kini menekuni batik fraktal yakni mengumpulkan berbagai motif batik dan kemudian diterjemahkan dalam rumus fraktal matematis.

Cara berpikir dengan pendekatan goemetri fraktal ini kemudian digunakannya untuk membuktikan pengukuran di setiap sudut candi Borubudur. Selain itu, Bapak Hokky Situngkir juga menggunakan teori ini untuk menganalisis lagu-lagu daerah, ukir-ukiran tradisional, anyam-anyaman nusantara dan berbagai ritual tradisi budaya Indonesia di berbagai daerah. 

Keberhasilan Hokky menemukan hal ini membuatnya mendapat julukan "Bapak Kompleksitas Indonesia" dari Prof. Yohanes Surya, Ph.D.



Kesimpulan

Buat yang masih meragu gimana serunya baca komik Sandi Nusantara, bisa kepoin IG Buku Komik Sandi Nusantara. Dan dijami langsung jatuh cinta sama visualnya Sandi doonk..

IG : @komiksandinusantara

Komik Sandi Nusantara tentang apa

Cara Membeli Komik Sandi Nusantara :

Yuk, nikmati diskon sekaligus promo saat membeli buku Sandi Nusantara. Karena bagi pembeli buku Sandi Nusantara bakalan dapet merchandise menarik plus ada diskon khusus. Promo Diskon Komik Sandi Nusantara Diskon 20% bisa menggunakan kode berikut ini yaa..

XITY3CH7M4

Saat cek out di link pembelian Komik Sains Sandi Nusantara masukkan kode di atas.


Semangat Membaca, sahabat lendyagasshi.

Siapkan diri berpetualang memasuki dunia Komik Petualangan, Komik Sains, dan Komik Budaya Sandi Nusantara dan bersama kita pecahkan misteri Sandi.


Selamat Membaca.


Salam hangat,



66 comments for "Sandi Nusantara, Bagaimana Sandi Menemukan Jati Dirinya"

  1. Unik banget nih kisahnya. Jadi pengen ikut baca. Terima kasih rekomendasinya, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, unik ceritanya. Bikin jadi penasaran kepengen segera baca juga. Suka deh dengan komik begini. Apalagi berwarna. Nyari aaaah...

      Delete
  2. Menarik banget ini ceritanya teh... Terus yang bikin aku galfok, itu cakep banget gambar komiknya yaaa.. Ganteng euy wkwk. Jadi penasaran pingin baca komiknya

    ReplyDelete
  3. walaupun katanya sekarang banyak yang beralih ke e-book atau e-comic, tapi aku tetap lebih suka baca buku aslinya teh, aroma kertas tuh buatku enak banget, bikin nyaman

    ReplyDelete
  4. Ehhh cakep ya komiknya, dari judulnya kayak yang serius, tapi pas liat komiknya ternyata ngga seserius itu ya, malah mirip2 komik2 dari luar negeri genrenya, jadi penasaran pengen baca ceritanya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi daku pun berpikir gitu juga, kek mirip komik luar negeri,
      apalagi bagian matanya si Sandi itu kayak ala-ala manga ya

      Delete
  5. kayaknya seru deh ceritanya. udah gitu gambarnya lucuu.. dah kayak komik2 korea gitu.

    ReplyDelete
  6. lihat tampilan komiknya cakep ya,
    sehingga bisa jadi pilihan nih buat jadi bacaan anak,
    apalagi ada sisi science nya juga yang dikulik

    ReplyDelete
  7. Lumayan tebal juga komiknya. Sekarang saya lebih suka baca komik. Kalau suka kayaknya bakal segera saya selesain bacanya, deh. Pengen ikutan baca juga komik Sandi Nusantara

    ReplyDelete
  8. Wow pantas komik ini keren. Secara yang bikin Pak Hokky yang terkenal itu ya.
    Penasaran jadinya pengen ikut petualangan Sandi dengan mempelajari rumus dan seni budayanya juga

    ReplyDelete
  9. Waaah... sepertinya menarik sekali buku ini karena bukan komik biasa ya Teh .. Ih, asli jd pengen baca langsung meski ini utk anak SD ya.. Bisa nih kuhafiahkan ke ponakan yg mau ultah.. Thx review nya ya...

    ReplyDelete
  10. Membaca latar belakang penulisnya langsung ternganga...membuat komik petualangan, sains sekaligus budaya Sandi Nusantara, istimewa pastinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuka ceritanya saja beneran bikin penasaran, terbangun yang diingat cuma dua: namanya dan wajah ayahnya...Petualangan mencari jadi diri yang seru pasti!

      Delete
  11. Unik banget seri petualangan Sandi Nusantara ini ya mbak. Ceritanya sangat istimewa, pasti digemari para pembacanya.

    ReplyDelete
  12. Suka nih baca komik model gini. Bukan cuma komik biasa, tapi sarat akan ilmu pengetahuan atau science. Penghargaannya banyak banget ya Bapak Hokky ini. Apalagi penelitian soal batik dan lainnya.

    ReplyDelete
  13. Ih, kok lucu. Apalagi ini cocok buat anak SD ya, plus jadi bahan seru buat bonding sama anak. Bagian paling wow sih penulisnya yang ternyata udah dapet banyak penghargaan bukan kaleng-kaleng. Salute!

    ReplyDelete
  14. Salfok sama jawaban ingin ke Paris, di waktu itu , itu cita-cita yang unik dan jarang ya... Tapi jadi keingetan kalau aku kecil juga cita-citanya ingin ke Paris xixixi...

    ReplyDelete
  15. Nama tokohnya unik ya, Sandi Nusantara. Dah lama nih aku ga baca komik. Tar kepoin ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku juga penasaran sama namanya yang unik Ssndi Nusantara, hayu atuuh ikuut kalo mau kepoin bareng

      Delete
  16. Mau rekomendasi buat anakku nih yg ABG, pas banget sedang mencari jati diri. Bercita-cita apapun boleh dan belajar mulai mewujudkan satu persatu

    ReplyDelete
  17. Aku juga jadi berpikir juga kok menara eiffel terbentuk dari sususan besi segitiga dalam segiitiga yaa dan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk impian setiap orang. Jadi penasaran sama komiknya, aku suka baca cerita bergambar ini.

    ReplyDelete
  18. Penasaran nih dengan konten buku yang berasal dari tanah air. Tentu menarik karena mengambil setting Indonesia dan nama tokohnya juga lokalitas banget seperti di Indonesia. Jadi pengen baca webtoon lengkapnya, nih! ^_^

    ReplyDelete
  19. Mantap nih buku apalagi penulisnya juga ahli di bidangnya jadi mendorong anak2 buat suka sains dengan cara yang unik dan tampilan isinya juga update ya sebandinglah layak anak2 yang suka nonton animasi bisa baca buku ini juga

    ReplyDelete
  20. Mau ceki2 buat anak2 akoh tehlen. Mereka suka nih buku komik yg kayak gini. Tapi jujur ku blum tau kenapa Eiffel jadi simbol cintah 😆 nuhun ya teh inponaaa

    ReplyDelete
  21. menarik nih bukunya, saya suka cerita detektif begini, apakah ceritanya mirip Conan?

    ReplyDelete
  22. Udah lama aku selancar tulisan-tulisan karya penulis Indonesia, banyak juga remaja dengan berbagai talenta. Ini juga menarik banget, Mba. Aku baca sepintas pengen lanjutin baca keseluruhannya.

    ReplyDelete
  23. Menarik banget ini bukunya, baca sepintas gini aja bikin penasaran, jadi ingin baca lengkapnya

    ReplyDelete
  24. Aku lama nih gak baca komik, dulu suka banget. Sampai koleksi aneka komik, apalagi yang gambarnya cakep kayak yang teteh ulas ini hehehe

    ReplyDelete
  25. Ceritanya bagus teh, berarti ini kalau untuk dibaca sama anak-anak usia SD bisa ya. Aku kayaknya mau mengenalkan komik webtoon ke anakku, pengin tau sih dia suka atau enggak

    ReplyDelete
  26. Pengin baca Sandi Nusantara, karena aku termasuk orang yang suka baca buku fisik. Hehe... Penasaran sama alur ceritanya, maklum lagi gak bisa baca webtoon karena hape rusak.

    ReplyDelete
  27. Wow banget penulisnya seorang peneliti, bikin komiknya pun pasti ada riset2nya sambil menyesuaikan keinginan pasar tapi tetap bisa bikin terpukau gtu yaa. Soalnya jd keinget masa SD kalau baca komik yang ngajak miir tu seneng gtu berasa kyk memecahkan misteri2 hehe.
    Aku jadi pengen beliin juga buat anak2ku nih :D

    ReplyDelete
  28. Komik Sandi Nusantara ini unik juga ya. Bisa membahas tentang sosial budaya, sains dan pengetahuan lainnya dalam bentuk komik.

    ReplyDelete
  29. salfok sama gambar cowok di komiknya, kok ganteng banget yaa? hehehe. kayaknya bagus untuk dimiliki nih komiknya biar bisa juga dibaca sama anakku

    ReplyDelete
  30. Quote-nya makjleb nih. Huhu, aku mungkin satu dari orang yang sombong itu. Aih malu banget. Padahal gak tahu apa-apa tentang segala hal, tapi seringnya sotoy. Kudu baca nih aku komik ini. Udah lama juga gak baca buku komik. Visualnya menarik banget ya.

    ReplyDelete
  31. Menarik nih tema komiknya, apalagi ditulis oleh seorang ilmuwan, pastinya bakal sarat pengetahuan yang didapatkan oleh pembacanya

    ReplyDelete
  32. Keren kak alurnya, jadi penasaran. Ijin kepoin instagramnya kak.

    ReplyDelete
  33. Cerita yang menarik nih. Bisa dibaca semua kalangan. Tentang Sandin yang mencari jati dirinya, di dalamnya ada tentang Menara Eifell, di mana ada penjelasannya dan tentang cinta juga.

    Pengen beli nih. Mumpung lagi ada diskon.

    ReplyDelete
  34. Aku ikutan baca komik Sandi Nusantara ini juga Teh. Setelah sekitar tahun lalu aku menemukannya muncul di webtoon dan seru aja petualangannya Sandi yang awalnya muncul dalam rupa bubble karena dia nggak ingat seperti apa rupanya. Cuma tahu sosok dan ayahnya, juga namanya sendiri. Banyak yang akhirnya bikin aku manggut-manggut setelah menamatkan volume pertamanya.

    ReplyDelete
  35. Wah bocoran ceritanya tumben dikit nih. Jd penasaran dgn kelanjutan ceritanya. Btw, visual komiknya emg kekinian bgt tuh. Khas Line Webtoon bgt. Ini emg enak dilihat mata sih. Plus ceritanya jg bakal seru. Udh melebihi Laskar Pelangi tuh.

    ReplyDelete
  36. Pertanyaan guru yang sepertinya diberikan kepada muridnya pada jamannya. Soalnya aku juga gitu dulunya mbak. Dan jawabanku adalah jadi penulis karena aku pengen menuliskan banyak kisah dan ditertawakan juga karena yg lain pengen jadi dokter, insiyur, tentara, dan profesi lainnya. Jadi bisa ngerasain lah apa yang dirasakan sandi.

    Suka sama bagian si Eiffel yang ngomong. Berasa hidup ya dan punya peran dalam cerita sebagai tokoh. Keren nih, jadi pengen baca

    ReplyDelete
  37. Sudah lama kutak buka Line .... entah apakahmasih bisa masuk di sana atau tidak. Ternyata ada karya bagus bernama Sandi Nusantara dari sana ya .... penulisnya unik .... orangnya amat ilmiah ya tetapi mau bikin komik. Hal seperti ini nih dibutuhkan anak2 supaya bisa belajar dengan cepat melalui visualisasi.

    ReplyDelete
  38. kualitas ilustrasinya bagus ya udah sekelas manga. ilustrator indonesia udah keren-keren sekarang. btw aku penasaran, si sandi ini dia baca buku apa ya? buku jurnal kah atau diary?

    ReplyDelete
  39. Wah, seru nih kayaknya komiknya. Penuh teka-teki sejak awal ya.. dan ternyata penuh ilmu pengetahuan ya di dalamnya. Keren. Penulisnya pun ternyata sekeren itu. Jadi pengen baca :)

    ReplyDelete
  40. Aku juga mau ke Paris. Sebelumnya mending baca komik webtonnya dulu yah. Jadi kalau beneran ke Paris, udah tahu suasananya dari komik.
    Keren nih...komiknya plus pengetahuan.

    ReplyDelete
  41. Wah, terkesan banget dengan profil penulisnya. Komik sepertinya memang bisa jadi wahana yang menarik untuk menyasar generasi muda, ya.

    ReplyDelete
  42. iya ya mak, sejujurnya aku gak pernah mikirin mau seperti apa bangunan menara eiffel itu, tapi kok penasaran juga kenapa segitiga dalam segitiga. Meskipun jawabannya bisa di googling aku jd penasaran juga mau baca bukunya

    ReplyDelete
  43. Mbak Lendy .. kutakjub membaca spesialisasi ilmu penulis komik Sandi Nusantara ini .... makin takjub dengan adanya karya berupa komik ini ... masya Allah .. luar biasa ya beliau.

    ReplyDelete
  44. Jadi langsung cus kepoin IG nya...seru juga ya ternyata

    ReplyDelete
  45. Adikku demen bgt baca komik, Mbak. Apalagi yg berwarna kaya komik Sandi Nusantara ini. Jd pgn belikan dia komik ini, apalagi isinya bukan sekadar cerita2 tp banyak value yg didapat ya, Mbak

    ReplyDelete
  46. Buku buku kayak Sandi Nusantara ini perlu dipromosikan pada pengemar komik karena ceritanya bagus gambarnya keren gak kalah dari komik komik luar negeri.

    ReplyDelete
  47. Eh ternyata sandi nusantara ada buku komiknya.
    Walaupun sekarang baca komik bisa di e-book. Kalau aku rasanya ada yang kurang kalo ga langsung dari buku.

    ReplyDelete
  48. Kelihatannya seru ceritanya, tampilan bukunya juga menarik. Lain dari yang lain. Premium ini mah, berwarna dan tebal kertasnya.

    ReplyDelete
  49. Wah, lebih tebal dan berwarna ya komiknya
    Ceritanya juga menarik
    Pecinta komik wajib baca nih

    ReplyDelete
  50. wah postur dr tokoh utama kayak mirip sinichi ya. wah aku jadi ikut pensaran dengan komiknya nih. apalagi kata sandi ini semacam misteri gitu yk

    ReplyDelete
  51. wah keren euy ini komiknya bisa sekalian mengenalkan berbagai pengetahuan juga ya mbak buat anak kita

    ReplyDelete
  52. Wah menarik sekali ceritanya, dan komiknya berwarna sangat menarik untuk dibaca, gak kala deh sama komik luar negeri. Komik yang dari awal sudah banyak teka - teki nya banyak ilmu yang bisa didapat dari komik Sandi Nusantara ini.

    ReplyDelete
  53. wohoooo ini terwajiibbb buat dibeliiii dikoleksi dan dibacaaa

    baguuuss bgt. bisa jadi sarana edukasi sekaligus menghibur jugaaaa

    makasiii yaaa

    ReplyDelete
  54. Komik ini ceritanya menarik
    Ilustrasinya juga apik
    Pengen beliin buat caca ah
    Dia suka komik

    ReplyDelete
  55. Komik sandi nusantara aku pernah buka2 gambar2 nya bagus keren ini... ada komik buatan Indonesia gak kalah sama yg di Jepang aku bilang sih..

    ReplyDelete
  56. Wah aku jadi semakin penasaran i i pengen baca bukunya teh, apalagi membaca dari review teh Lendy lengkap.

    ReplyDelete
  57. saya suka baca buku komik begini ga membosankan dan biasanya ngalir aja gitu bacanya apalagi ini halamannya ga begitu banyak, penasaran banget pengen baca komiknya Sandi Nusantara ini

    ReplyDelete
  58. Wah aku juga beli nih komiknya dan masuk reading listku Minggu ini semoga segera bisa dibaca, baca ulasanmu jadi penasaran banget ceritanya, format komiknya juga unik yaa..

    ReplyDelete
  59. terima kasih ulasannya, menarik yaa tema komiknya jadi pengen baca juga

    ReplyDelete
  60. Gak nyangka ternyata lukisan legend pemandangan gunung itu bisa ada maknanya yah.. menarik nih komiknya. Makasih rekomendasinya mak.

    ReplyDelete
  61. Menarik sebenarnya... tapi komik yg udah dibukukan begini, di webtoonnya langsung ga bisa kebaca yaa 😅.

    Pengennya sih mereka juga masih jual edisi onlinenya, berbayar juga GPP. Krn aku lagi stop beli buku fisik mba Len 🤣🤣🤣. Dah banyak banget di rumah yg belum kebaca.

    Penulisnya saluuut ih. Insinyur elektro, tapi cara berfikirnya memang kereen banget, sampe ke analisis lagu daerah dan sebagainya 👍👍. Memang jenius kayaknya yaa

    ReplyDelete
  62. Malah penasaran sama penulisnya, seorang ilmuwan ternyata. Penasaran kenapa tertarik menulis komik ya, sepertinya banyak sekali ide-idenya

    ReplyDelete