Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

My Doodle Diary: World History

Bismillah,


My Doodle Diary: World History
Hola sahabat lendyagasshi.


Beberapa hari ini, aku memang lagi hobi mantengin akun tiktok, hehe..
Gak ada alasan khusus, hanya kalau sedang sendirian di rumah, aku ngerasa butuh suara. Emm, lagi gak mood nonton drakor or film Korea, jadilah nontonin orang LIVE Tiktok.




Dari mulai jualan PC (photocard) dan merchandise Kpop, jualan baju, rok hingga buku. Yang unik adalah ada beberapa penjual yang cuma menunjukkan cover dan membacakan sedikit blurb yang ada di belakang buku, namun ada juga yang niat memberikan beberapa halaman menarik dalam buku bacaannya.

Kalau ada yang berbagi begini, suka mendadak semangat baca buku lagi.

Kali ini, aku mau berbagi buku ilustrasi bacaan anak-anak. Tapi menariknya, meskipun ditulis oleh anak-anak kelas 6 SD Cendekia Harapan Elementary School Bali, Indonesia, buku setebal 108 halaman ini menceritakan mengenai doodle seluruh dunia yang membuat kita terpukau.

C'mon..let's get it!




My Doodle Diary: World History

review My Doodle Diary: World History
My Doodle Diary: World History




Data Buku :

Judul : My Doodle Diary: World History
Penulis : William, Dika, Evan, Meydi, Maleakhi, Maharani, Richie, Firda, Gregorius, Valeria, Lael, Jocelyne, Ruka, Savio, Trey
Penyunting : Pradikha Bestari

Penerbit : PT. Gramedia Jakarta
Terbit : 2016

Tebal : 108 halaman
Kategori Buku : Non-Fiksi

ISBN : 978 602 424 1452



Resensi Buku My Doodle Diary: World History

Sebuah buku yang menuangkan kreatifitas anak-anak dalam berpikir dan diilustrasikan menggunakan gambar doodle khas anak-anak yang berwarna-warni menggemaskan.

Bab 1 : Penciptaan Bumi
Bab 2 : Negara Mesir
Bab 3 : Negara China
Bab 4 : Negara Inggris
Bab 5 : Para Filsuf Dunia

Buku yang dinarasikan menggunakan bahasa Inggris ini mengajak pembaca, khususnya anak-anak untuk aktif membaca karena di setiap akhir sesi per-bab akan diajak untuk mengulas kembali materi sebelumnya.

Selain ada mini-quiz seperti menjawab pertanyaan, ada pula buku lembar interaksi yang mengajak pembaca untuk ikut beraktivitas dengan menggambar atau menuliskan ide yang bisa dituangkan terkait bab tersebut.



Bab 1 : Penciptaan Bumi

Resensi My Doodle Diary: World History
The origin formation of the earth




Dalam bab pertama, anak-anak diajakin buat memahami fakta penciptaan bumi yang terbentuk selama 4.550 milliar juta tahun. Bumi yang awalnya hanya gumpalan awan debu dan gas yang panas kemudian mengelilingi matahari dan menjadi semakin panas sampai terbentuk sebuah inti dan akhirnya memadat.

Bumi yang terbentuk sejak 15.000 milliar tahun yang lalu ini memang memiliki 4 lapisan. Dan kemudian setelah bumi benar-benar nyaman dan dapat dihuni oleh makhluk hidup, maka hiduplah manusia dan segala hewan serta tumbuhan di dalamnya. Kenapa mereka semua bisa hidup?

Karena bumi memiliki udara untuk bernapas, air untuk minum dan yang terpenting, kita juga dilindungi oleh yang namanya atmosfer bumi. Atmosfer membuat kita semua terlindungi dari panasnya sinar matahari.

Lalu adanya pegunungan volcano yang membantu bumi untuk memiliki air laut (cekungan yang berisi air) dan membuat keseimbangan bumi semakin membaik.

Tahukah kamu binatang pertama yang hidup di pertama kali bumi terbentuk?
Mengapa ia bisa hidup dan terbentuk?


Temukan jawabannya di buku "My Doodle Diary: World History".



Negara Mesir, China dan Inggris

Buku My Doodle Diary: World History tentang apa
3 famous countries di the world



Untuk mendalami "A World History", maka di dalam buku ilustrasi ini juga gak lupa melampirkan pengetahuan mengenai 3 negara terbesar di dunia, yakni negara Mesir, China dan Inggris.

Untuk negara Mesir, sang penulis menceritakan keunikan negara yang memiliki peradaban kuno ini. Di Mesir terdapat beberapa monumen kuno termegah di dunia misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak, Lembah Para Raja serta Kuil Ramses. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia.

Belum lagi tulisan kuno masyarakat Mesir yang terus digali hingga kini, bernama Hieroglif Mesir (dari bahasa Yunani ἱερογλύφος "ukiran suci", nama panjang: τὰ ἱερογλυφικά [γράμματα]) adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet.


Lanjut perjalanan ke China. Di China sang penulis membuatkan mindmap untuk mennjelaskan mengenai keindahan China dan apa aja ketika kamu berlibur ke China. Selain itu juga, China memiliki banyak bahasa, logat serta budaya. Jangan lupakan, China juga memiliki aksara sendiri yang seru untuk dipelajari sebagai bahasa Internasional yang wajib dikuasai.


Setelah ke China, penulis mengajak explore Inggris, kotanya Prince William dan Buckingham Palace. Di sini, penulis cilik menjelaskan secara detil perkembangan Inggris dari tahun ke tahun, hingga status sosial perempuan dari masa ke masa. Kalau sahabat lendyagasshi ingat Film Titanic yang iconic itu, tentu tahu bagaimana Inggris memperlakukan Kate Winslet yang memerankan karakter Rose, yang pada waktu itu sebenarnya bukan dari kalangan bangsawan.

Belum lagi adanya kekuasaan Raja dan Ratu Inggris yang masih sangat kental.



Conclusion

Awalnya, aku berpikir buku "My Doodle Diary: World History" ini akan menampilkan buku doodling. Sehingga pasti lebih menyenangkan memegang versi buku fisiknya ketimbang seperti aku saat ini membacanya via Aplikasi Gramedia Digital

Ternyata, dugaanku salah.
Buku "My Doodle Diary: World History" sangat direkomendasikan untuk dibaca anak-anak atau bisa juga read aloud jika anaknya mungkin belum mahir membaca dalam literasi bahasa inggris.

Rasanya kalau melihat gambar lucu dan menggemaskan begini, aku jadi ingat kakak di pesantren. Anaknya bekel banyak buku diary, bukan untuk menulis diary seperti saranku, karena memang aku hobi jurnaling, namun untuk menuangkan imajinasinya dalam bentuk karakter.

Ya, kakak suka sekali membuat ilustrasi karakter unik.
Meski sebenarnya menggambar makhluk tidak diperbolehkan, namun semoga Allaah beri kakak kemudahan untuk terus mengembangkan bakat seninya di bidang menggambar.



Semoga bermanfaat.



Salam hangat,



12 comments for "My Doodle Diary: World History"

  1. Keren bukunya jadi pengen baca sendiri. Tapi sayang aku gak mahir bahasa inggris, jd merasa kecil di depan anak SD yang nulis buku itu :')

    ReplyDelete
  2. Menarik juga nih bukunya ada banyak doodle doodle gitu, menariknya lagi yang nulis anak-anak, pasti seru baca buku karya anak-anak.

    Ini masih hanya ada versi bahasa Inggris ya? Bagus nih buat mengasah kelancaran membaca buku bahasa Inggris ^^

    ReplyDelete
  3. Buku kerennn
    Beli ah
    Dari dulu saya suka doodle tapi gak ngebayangin doodle bisa se inspiratif itu
    Bisa berkisah dengan menarik hingga menjadi sebuah buku

    ReplyDelete
  4. Keren, anak-anak SD sudah bisa kolaborasi membuat karya sebagus ini, nggak cuma menghibur tapi sarat ilmu pengetahuan.

    Semoga kakak yang lagi menimba ilmu di pesantren juga makin berkembang kemampuan melukisnya

    ReplyDelete
  5. Wah, Kakak hobi menggambar ya..sama dengan anak sulungku.
    Btw buku dengan ilustrasi menarik dan cerita unik pas nih buat bacaan anak-anak. Salut anak-anak SD karyanya ketje begini

    ReplyDelete
  6. MashaAllah. Luar biasa imajinasinya. Untuk skala anak-anak SD, karya tulis & gambar seperti ini tuh sudah istimewa. Setidaknya membangkitkan pengetahuan anak-anak dan juga memberikan ruang anak untuk berbagi pemikiran dan keahlian. Semoga suatu saat nanti buku seperti ini bisa dilahirkan lebih dahulu menggunakan bahasa Ibu agar bisa dinikmati oleh banyak kalangan anak-anak, khususnya yang masih belum familiar atau fasih berbahasa kedua.

    ReplyDelete
  7. Buku yang keren ini, apalagi dibuat oleh anak-anak. Sangat pas sekali untuk buku wajib anak-anak ya, Mbak. Buku My Doodle Diary World History ini harus gencar dipromosikan, biar menginspirasi anak-anak lainnya untuk berkarya memgambangkan bakatnya.

    ReplyDelete
  8. Wuaaa senang banget aku dapat rekomendasi buku yang pas nih buat dibaca sama anak anak bahkan bisa menambah pengetahuan mereka juga. Jadi, apa sih hewan yang pertama kali muncul di Bumi dan bagaimana proses kehadirannya?

    ReplyDelete
  9. Kok di fyp aku nggak muncul tentang buku-buku ya? Adanya make up sama motivasi bisnis. Mungkin karena nggak pernah nonton vt tentang buku.

    Buku berbobot kalau dikemas dalam bentuk ilustrasi doodle seperti itu jadi nggak ngebosenin ya.

    Btw anakku yang sulung juga di asrama dan sebulan sekali minta dikirimi buku jurnal, brush pen, dan segala perintilan bujo. Buat healing dia katanya karena jadi jarang jalan2. Hehe

    ReplyDelete
  10. Menarik mba Lendy 👍. Tadi aku pikir juga ttg doodling, Krn aku pun suka bikin Doodle kalo sedang bosen 😄. Ternyata masih ada ceritanya yaa. Salut sih yg menulis anak2 juga ❤️.

    Jadi pengen punya bukunya. Lumayan untuk bahan cerita bareng dengan anak2ku tiap malam. Mereka juga masih suka dibacain buku soalnya 😁

    Aku jadi penasaran ttg penciptaan bumi yg diceritain ❤️

    ReplyDelete
  11. wahhh kren banget buku nya kak, patut dibeli buku in. thanks kak

    ReplyDelete
  12. zaman aku kecil dulu bisa dibilang minim buku bacaan versi bahasa inggris, bahkan aku beli dan koleksi buku cerita rakyat, lebih banyak yang pakai bahasa Indo
    Buku my doodle diary ini dari ilustrasinya cakepp, aku rasa anak-anak pasti suka kalau ada gambarnya seperti ini

    ReplyDelete