Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lokasi Rumah Impian di Bandung

Bismillah,


Lokasi Rumah Impian di Bandung.
Hola sahabat lendyagasshi.

Apa itu Mortgage Calculator

Pertama kali pindah di Bandung, yang terbayang adalah dimana aja tinggalnya, asal bareng sama suami. Hihi.. maklum, aku pertama kalinya jauh dari orangtua dan langsung tinggal bareng sama pacar halal setelah LDR-an selama 5 tahun.

Bahagia?
Oh jelas.

Bahkan inget banget waktu pindahan pertama, Ibu Bapak, Mama Papa mau anter sampai ke rumah pertama kami yang terletak di Dago dan aku dengan halus menolak.

"Sebentar ya, Mah.. Pah, Bu, Be ((Babe, panggilan keshayanganku buat Bapak rahimahullah))..
Adik sama Arief tata dulu, biar lebih nyaman nanti kalau ada tamu."

((ceileee.. tamu, beb..
Yhaa.. kan gaya yaa.. waktu itu, gaji pertama suami bisa buat mengontrak rumah mungils di Dago))


Lalu, beberapa minggu setelah setiap hari laporan via telp, beneran aja.. Ibu dan Babe yang pertama kali sambang. Masih tetap seada-adanya dan malah beberapa perabot dibantu isi sama Babe. Dan mashaAlla yaa.. kalau ada orangtua tuh, semua yang gak bener, langsung ditangani dengan rapih.

((Al-Fatiha untuk Babe rahimahullah))

Terkenang dengan kitchen set yang dipasang sendiri sama Babe rahimahullah dengan penuh kesabaran dan bener-bener sesuai sama "mau"ku. Untuk perabot dapur, Ibu mengisi banyak sekali peralatan dapur yang cantik dan sesuai dengan kebutuhan dasar seperti panci beberapa ukuran, wajan sampai pisau dan berbagai macam piring, sendok, garpu.

Eh, mendadak rumah yang baru aku tinggali 2 minggu, uda berasa "rumah beneran" nih..
MashaAllaa~


Empat tahun kemudian, setelah beberapa kali gagal mengajukan KPR, ya beberapa syarat dari Bank memang tidak bisa kami penuhi, sehingga kami harus sabar menunggu hingga uang terkumpul untuk bisa memiliki sebidang tanah di daerah Cipicung, Citra Green Dago seluas 500 m2.

Alhamdulillah

Rasa bahagia dan haru tentu kami rasakan. Bukan hanya karena tanpa KPR, tapi karena memang impian kami memiliki tanah dan membangun rumah sedikit demi sedikit.

Lokasi rumah ideal di Bandung
tanah berundak di daerah Cipicung, Citra Green Dago, Bandung

Lagi-lagi ujian itu datang menghampiri.

Di saat senang sekali karena memiliki tabungan tanah investasi, kami melihat perkembangan daerah tersebut tidak bagus. Prospek ke depannya bakalan ada kemungkinan A, B dan C sudah kami perhitungkan masak-masak. Sehingga, tanah tersebut terpaksa kami jual dan dengan harapan bisa mencari rumah impian kami berikutnya.

Akhirnya, setelah pencarian panjang.. Akhirnya kami memutuskan untuk saat ini memiliki rumah pertama di daerah Arcamanik, Bandung

Sahabat lendyagasshi tahu hal pertama yang aku lakukan ketika pindah ke Arcamanik?
Menangis.

Menangis sedih, tentunya.. Bukan bahagia.

Karena Arcamanik ini daerah yang sama sekali tidak masuk list rumah impianku. Karena macet, jauh dan tentunya, panas. Kaya bukan di Bandung aja, gitu..

Tapi bismillah yaa..

Sekali lagi memohon doa restu Ibu Babe Mama Papa, kami pindah ke daerah Arcamanik, Bandung dan alhamdulillah.. kini menetap di rumah ini sudah lebih dari 10 tahun.

Seandainya kami memiliki rejeki untuk pindah rumah, aku menginginkan lokasi impian beberapa perumahan di Bandung.


Lokasi Perumahan Impian di Bandung

Sejak pandemi, harga properti sebagai aset ini cenderung mengalami penurunan. Namun, karena kini pandemi telah berakhir, maka tampak geliat jual-beli properti dalam bentuk tanah ataupun rumah kembali menguat.

Untuk membantu pemilik atau calon pemilik perumahan menentukan berapa jumlah kemampuan orang  dalam melakukan kredit kepemilikan rumah (KPR), maka sahabat lendyagasshi bisa mencoba mengakses website Kalkulator Hipotek.

cara menggunakan Mortgage Calculator


Aplikasi Mortgage Calculator ini dapat diunggah di PlayStore secara gratis dan dapat memudahkan kita sebagai penggunanya untuk menghitung cicilan KPR berdasarkan suku bunga dan tenor cicilan yang akan diambil.

Simulasi menggunakan perhitungan https://www.mortgagecalculator.uk/ akan sangat bermanfaat bagi yang menggunakan suku bunga berjenjang atau skema lainnya karena setiap beberapa tahun bunga akan berubah-ubah.


Sebelum menggunakan Mortgage Calculator, yuk.. temukan lokasi perumahan di Bandung yang nyaman untuk ditinggali versi lendyagasshi yaa..


Perumahan di Dago Pakar

Sebenernya, buatku yang alhamdulillah anak-anak pada pesantren di luar Bandung, rumah dimanapun, tidak menjadi masalah. Karena pastinya tidak akan rutin keluar rumah kalau tidak ada kepentingan mendesak.

Salah satu impian memiliki rumah di daerah Dago Pakar adalah mendekati Masjid Sunnah An-Nafi yang kerap mengadakan pengajian rutin. Aku berharap, dengan dekatnya rumah kami dengan masjid, maka tidak ada alasan untuk tidak datang pengajian.

Rumah nyaman di Bandung
Salah satu contoh rumah villa di Dago Pakar Bandung

Ya, siapa yang gak naksir kalau rumahnya secantik ini kan yaa..
Dan FYI, Dago ini salah satu lokasi perumahan yang terletak di atas kota Bandung. Selain memiliki banyak persyaratan saat membangun rumah, namun daerah ini juga salah satu lokasi daerah di Bandung yang masih memiliki hawa Bandung banget, yang terkenal tiris alias dingin pissaan..


Perumahan di Tubagus Ismail

Agak menggeser lokasinya ke bawah Dago Pakar, kira-kira sejauh 1 km, ada Tubagus Ismail yang terkenal di pusat kota Bandung. Mungkin kalau mencari-cari perumahan di daerah ini sulit sekali. Tapi masih ada lo.. perumahan cantik yang agak naik ke puncak gunung, bekas perumahan para dosen UNPAD atau ITB.

Namun, daerah perumahan yang aku pingin banget bukan di daerah bukit, tentunya. Dikarenakan faktor aku payah banget soal menyetir mobil kalau kontur tanahnya naik turun gak karuan, jadi aku memilih perumahan di Tubagus Ismail yang dekat dengan Rumah Sakit Jantung. Perumahan tersebut namanya Perumahan Alamanda Dago, Bandung.

Lokasi rumah terbaik di Bandung

Tenteram yah...
Melihatnya aja uda bikin mupeng, Selain di sini modelnya kluster yang uda siap huni, rumahnya tuh tipikal yang gak ada pagarnya gitu.. Pokoknya naksir berat di daerah Alamanda Dago Bandung.



Perumahan di Daerah Turangga

Daerah Turangga ini lokasinya deket banget sama Trans Studio Mall Bandung. Bukan, bukan biar sering nge-mall, tapi daerah ini terkenal lokasi yang juga masih dekat dengan mobilisasi suami kalau kerja. Yah, karena terbilang masih di pusat kota juga siih yaa..

Bagusnya lagi, di Jalan Turangga ini modelnya rumah lawas gituloo..

Jadi mengingatkan kita akan Bandung tempoe doeloe. Gak semua, tapi beberapa ada bangunan rumah lawas yang masih berlangit-langit rendah.

Hanya minusnya, di daerah ini jalannya so mungils alias kecil banget. Ditambah banyaknya mobil yang diparkir di luar rumah. Jadi kalau mobilnya rada gede modelan SUV, kudu super hati-hati banget yah..


**kamu bisa, Len?
Oh.. jangan salah, saya pernah baretin mobil saya sendiri demi melindungi mobil orang lain.
Yampuuunn, so sad!



Perumahan di daerah Buah Batu Kota

Daerah Buah Batu memang terkenal macet parah. Yang orang Bandung, pasti males banget kalau lewat jalan Buah Batu. And you know, sahabat?
Aku pernah gak bisa pulang perkara main ke rumah temen yang di daerah Buah Batu dan pesen ojek online di jam rush hour.

Gak ada yang mau ambil orderanku sampai jam 8 malam,
Euh.. gini kok pingin punya rumah di Bubat siih, shay??

Ya, milihnya jangan Buah Batu deket Telkom University siih..
Milihnya Buah Batu Kota yang deket Soekarno Hatta. Ini masih oke lah yaa.. Walau di sini banyak banget lalu lintas gak terduga. Warga Bandung pasti tau nih, kalo aku bilang lampu merah Samsat.

Yah, pokonya kalau mau rumah di Bubat, kamu kudu punya jam estimasi waktu yang cukup baik untuk mengatasi segala halang rintang ujian cobaan yaah..



Perumahan di Daerah Antapani

Yah, katanya sedih tinggal di Arcamanik, kok pingin di Antapani?

Memang sih, awalnya aku sedih banget tinggal di daerah sini. Eh, tapi lama-lama setelah lama tinggal di Arcamanik, meski macet dan katanya panas kaya Surabaya, tapi aku kok betah yaa.. Hehehe~

Di daerahku sekarang, tetangganya mayoritas orang sepuh alias orang tua yang hanya sesekali didatangi anak dan cucu ketika liburan tiba. Jadi relatif lebih sepi dan tenang. Keamanan pun, alhamdulillah.. Ada satpam yang suka keliling setiap malam dan warganya sangat mengayomi, tolong menolong, tepo seliro.. MashaAllaa~

Syarat KPR dan menghitungnya menggunakan mortgagecalculator.uk
Daerah rumahku, cukup tenang kan yaa..


Kesimpulan 

Pada akhirnya, dimanapun kita tinggal dan menetap adalah takdir yang diberikan Allah. Karena manusia diberi kekuatan yang namanya doa, maka usaha maksimal dan berdoa untuk ditempatkan di perumahan yang memiliki tetangga sholih sholiha, lingkungan yang sehat dan nyaman.

Jika ingin memperhitungkan KPR atau biaya cicilan, bisa menggunakan simulasi kalkulator https://www.mortgagecalculator.uk/ yang cara menggunakan cukup mudah, yakni 

1. Buka website atau aplikasi Morgage Calculator 

2. Isi harga properti di kolom Property Value

3. Isi besaran Down Payment (DP)

4. Isi Principal dengan harga properti dikurangi DP atau jumlah plafond kredit yang diberikan bank 

5. Isi besaran bunga di kolom Interest 

6. Isi tenor cicilan KPR di kolom Years 

7. Besaran cicilan KPR akan ditampilkan di kolom Payment


Dengan perencanaan keuangan yang tepat, semoga bisa memiliki rumah idaman di lokasi strategis yang diinginkan. Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi


Sudah tinggal di rumah impian kah?


Salam hangat,



79 comments for "Lokasi Rumah Impian di Bandung"

  1. Emang suaminya kerja dimana?
    Saya lahir dan masa kecil sampai lulus SD di daerah Turangga.
    Pokoknya sekitar maskumambang Hero itu dulunya tempat main
    Jaman saya kecil belum ada TSM. Itu masih daerah rawa dan pekuburan
    Saya SD di SD Terang Turangga
    Kalau rumah di sekitar Terusan Martanegara Gumuruh
    Aih, jadi tali kasih masa Doeloe nih
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kelurahanku Turangga. Lokasi rumahnya ga jauh lah dari jalan Buah Batu. Dulu mah kebon kangkung. Sekarang rame banget, macet. Apalagi akhir minggu menjelang magrib, orang pulang kerja menuju perumahan Bandung Timur dan Selatan. Walaupun demikian betah sih di sini. Banyak jajanan haha...

      Delete
    2. Wah ternyata ada tetangga masa lalu juga nih ketemu dimari
      Iya wilayah kebon kangkung tuh kalau dulu cukup mencekam. Sekarang mah pusat kemacetan ya...
      Beruntung banget tinggal di wilayah pusat kota ini lho

      Delete
  2. jadi terinspirasi untuk membeli rumah tinggal, di bandung dan kayaknya udaranya masih bagus banget untuk kesehat keluarga thaks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah Bandung memang menjanjikan ya untuk hunian dan investasi. Semoga berjodoh ya...

      Delete
  3. Kalau ada kesempatan tinggal di Bandung, kayaknya saya maunya tinggal di yang di Dago Pakar Kak. Hahaha, ngelunjak. Tapi ya di mana pun tinggal, semoga itu nanti jadi takdir terbaik buat saya. Dan untuk Mortgage Calculator, ini bermanfaat banget buat kita-kita yang mau buat perhitungan sebelum membeli rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kebetulan itu kakak ipar saya malah mau jual rumah di daerah Dago, secara ia suaminya udah meninggal jadi mau tetep di Cianjur saja. Anaknya udah kuliah dan ngekost juga. Siapa tahu berjodoh beli rumah di daerah Dago Bandung? Hehe

      Delete
  4. Emang sih kalo lingkungannya nggak enak dan nggak nyaman, pasti bakalan bikin nggak betah untuk tinggal. Sedih banget ya sampe dijual, ya mau gimana lagi. Yang namanya rumah kan untuk kita tinggal selama puluhan tahun, bukan setahun dua tahun.

    Website mortgage calculator ini ngebantu banget untuk memudahkan penghitungan ya. Jadi lebih praktis dan efisien.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun mbak perjuangan banget ya memiliki rumah impian sampai beberapa tahun. Bukan perihal materi aja tapi kebutuhan juga. Aku bukan orang Bandung, tapi kalau orang Karawang mainnya kebanyakan ke Bandung, jadi aku tahu sedikit daerah yang diceritakan di artikel. Bandung emang macet sekarang dimana-mana ya mbak. Harus kuat iman juga ya mbak lewatin Lampu Merah Samsat Bandung, hahaha.

    Alhamdulillah ada mortgag calculator yang bantu kita menghitung budget untuk beli rumah. Terbantu banget finansial kita ya mbak jadinya. Tenang banget mbak daerah rumahnya, nyaman kelihatannya.

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah Mba baca cerita perjuangannya punya rumah, kaya lagi berkaca.. kalau diberi rezeki lebih juga inginnya punya rumah impian dengan lingkungan yang lebih nyaman. Pengennya sih langsung lunas ya, tapi kalaupun akhirnya KPR, aplikasi mortgage calculator ini akan membantu banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya kak, kalo langsung lunas bisa lebih tenang gitu buat ditempati.
      Insya Allah ada jalan ya kak, tinggal nabung, ikhtiar dan doanya dikencengin

      Delete
  7. Dago tuh emang udaranya enak ya teh tapi katanya Arcamanik juga oke tuh, ga terlalu polusi, walaupun aku pribadi sebenernya jarang ke dua daerah itu

    ReplyDelete
  8. Gimana kalau Mbak Lendy beli rumah suami saya di Turangga? hahhaha.

    Lagi dijual, tuh. Rumah lawas dan deket banget ma TSM. Tenaaaang! Jalanannya besar jadi masih aman parkir mobil di luar. Meskipun di dalam juga bisa masuk 3 mobil hehehe.

    Tapi, saya setuju banget kalau beli rumah memang harus dipertimbangkan dengan baik. Perhitungannya harus jelas.

    ReplyDelete
  9. aku paling demen nih kalo survey rumah. meski pusing ya karena nggak mudah menemukan rumah idaman. kadang lingkungannya udah sreg, eh developernya nggak bagus atau harganya yang kurang masuk di kantong hehe. emang ya kalo udah rencana beli rumah harus bikin planning yang rinci. adanya aplikasi ini bakalan ngebantu banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok samaan kayak aku demen survey rumah wwkkw ,meski belum tentu jadi tapi kayak ada kesenangan tersendiri gitu mempelajari harganya, lokasinya dll. Apalagi sekarang ada mortgage ya jadi bisa simulasi deh

      Delete
  10. Alhamdulillah ya Teh Lendy. Udah nyaman tinggal di rumah sendiri.


    Memang ortu gituu ya. Sebesar apa.anaknya tetap disayang, dibelikan keperluannya.

    Ssmoga dimudahkan untuk beki rumah yg strategis dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.

    ReplyDelete
  11. "Kalau ada orang tua semua yang ngga bener ditanganin dengan rapih"

    Setuju teh, Waktu alm Bapak masih ada, bahkan mau pasang paku ke dinding aja ngandelin Bapak. Apa2 Bapak, dikit2 Bapak.
    Sekarang terasa bangeet udah ngga ada. Alfatihaaah untuk orang tua kita,,, <3

    Btw, lingkungan rumahnya masih asri ya, Teh. Di depan rumah juga pada rajin nanem pepohonan.
    Duh semoga aku segera bisa punya rumah sendiri juga. Aamiin...

    ReplyDelete
  12. Kalau aku pengen punya rumah di area pedesaan gitu, Mbak. Tapi pengen juga punya rumah di area perumahan perkotaan. Aku ini kok banyak maunya ya. Asik ya kalau bisa menghitung cicilan KPR dengan mortgage calculator ini jadi jelas gitu hitung menghitung cicilan KPR.

    ReplyDelete
  13. Perumahan di Bandung nyaman² ya Teh.
    Apalagi suasananya juga adem, bisa jadi pilihan nih untuk yang ingin punya rumah di sana.
    Yang penting di simulasi dulu pembelian rumahnya, biar sesuai bujet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Rumah di lokasi impian di daerah Bandung itu mau banget. Tapi kudu dihitung semuanya dulu dengan Mortgage Calculator agar nggak nyesel di tengah jalan.

      Delete
  14. Dulu pernah ke daerah Dago, emang impian banget sih yak punya rumah di situ. Nah, kalu mau rencana pindah rumah memang sebaiknya hitung dulu berapa biayanya lewat mortgage calculator

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mortgage calculator sangat membantu para calon pemilik rumah untuk mengetahui biaya pembelian, perencanaan desain rumah dll.

      Delete
  15. Cakep bener deh perumahannya. Mungkin kalo aku berjodoh ama org Bandung, psti pilih area situ kali yak. Masih adem. Asri dan perumahannya modern bgt.

    Syg jodoh kmrn ga berlanjut. Smg ntr dpt org Bandung lagi deh. Jd bs beli di Dago atau daerah sekitar situ.

    ReplyDelete
  16. Kayanya adem ya tinggal di Bandung, jadi kepingin pindah ke sana deh biar tetanggaan sama kak Lendy. Hehehe. Kalau kata mertuaku, beli/cari rumah itu emang kaya nyari jodoh. Mau seoke apaun kalau belum jodoh mah nggak bakalan dapet.

    ReplyDelete
  17. Pilih tempat tinggal yang tepat itu penting sih supaya kita bahagia menjalaninya, tapi di manapun jadinya tinggal, semua akan tetap bahagia bila disyukuri ya, dan yang terpenting beli rumah harus sesuai kemampuan makanya penting juga pake simulasi mortgage calculator supaya jelas biaya cicilanya sejak awal.

    ReplyDelete
  18. Pembelian rumah memang jadi salah satu proses pembelian yang lumayan memakan waktu ya. Sebelum beli, survey dulu mau beli di daerah mana, begitu udah ketemu daerah yang cocok, biayanya gimana? Mesti riset dan menghitung rinci banget kan soalnya. Bukan pengeluaran yang sedikit, jadi kalau gak sedalam itu mencari tau, takut kena zonk, huee.

    Aplikasi kalkulator begini bisa membantu mengambil keputusan akan pembelian rumah sih, supaya kita jadi tau bagaimana kita harus mempersiapkan diri untuk biaya-biaya yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  19. Jadi auto lihat tabungan hehee, kayaknya perumahan disana asri dan masih adem ya teh, apalagi ga jauh soalnya sekarang mah ada kereta cepat.

    ReplyDelete
  20. Jadi berdoa dalam hati semoga punya rumah tinggal di daerah Bandung yang banyak lokasi impiannya. Harus membuat rencana dulu nih, setidaknya menghitung DP dan kebutuhan lain melalui Mortgage Calculator agar mengetahui kemampuan keuangan.

    ReplyDelete
  21. Aduh kepengen banget deh punya rumah di daerah Dago, atau Ledeng atas gitu. Rumah idaman banget deh. Sejak SMA, punya teman-teman di daerah sana, rumahnya bagus-bagus. Jadi kepengen. Hehehehe aamiin, semoga terwujud. Btw, bisa ya pake Mortgage Calculator untuk bisa punya rumah impian. Itung-itung aja ini itunya di sana. Biar bisa segera terwujud. :D

    ReplyDelete
  22. Rumahku sekarang gk ada pagarnya, tapi minusnya kucingku jadi suka keluar2 huhu, trus beberapa kali anakku dijahilin tmnnya sendalnya disembunyiin huhu. Jd kalau nanti ;indah lagi aku prefer yang ada pagar hehe
    ooo kalau daerah dago tu banyak kyk area religius Islami banget gtu ya? Hawanya juga masih adem gtu ya.

    ReplyDelete
  23. Aih kece banget rumah villanya 🤩 mau juga tinggal di rumah seperti itu hihi. Keren banget kalkulatornya jadi bisa buat perhitungan biaya untuk membeli rumah. Karena memang keuangan harus dikelola dengan baik ya

    ReplyDelete
  24. aku juga mbak waktu pindah rumah itu kasur aja dikasih sama ibuku dan beberapa perangkat lainnya. heu. bicara soal bandung, aku dulu pernah juga tinggal di bandung tapi tahun 90-an di kawasan sukajadi dekat pasteur gitu. sekarang daerah situ sudah macet banget yaa

    ReplyDelete
  25. Pengen bangettt punya rumah di Bandung tapi macetnya kok kayak udah 11:12 sama Jakarta ahaha. Tapi beneran impian banget sih punya hunian di sana apalagi yang daerah atas. Adem, enak cuaca dan udaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak..
      Bisa cari hunian yang adem,
      Apalagi bisa tangitung dulu simulasinya.
      Pas udah ketahuan kan tinggal sat-set-sat-set beli sesuai bujet

      Delete
  26. Eh itu terus gimana Mbak Lend nasib mobilnya? Jadi judulnya mengalah gitu, ya? 😄 *lah malah ngomongin mobil lagi.

    Anyway busway, saya kira di Bandung itu semuanya sejuuuuk, kemakan tv juga 🤣 ternyata panas juga iya.

    Hmmm, ngomongin biaya KPR, cicilan bisa tu ngitungnya pakai simulasi mortgage calculator. Dijamin gak pakai pusing kan..kan..

    ReplyDelete
  27. Ngomongin Bandung, anakku kuliah di Telkom area Bojongsoang nih. Siapa tau bisa punya rumah di sana ya aamiin :) Dulu orangtuaku punya rumah di Antapani. Kami memang urang sunda ti Bandung. Bagus nih ada Mortgage Calculator yang bisa mengestimasi pengelolaan keuangan. SIapa tau kita punya rencana memiliki rumah di Bandung atau di mana saja dengan cicilan. Atau bisa juga hitung2 untuk investasi lainnya. TFS.

    ReplyDelete
  28. Duh semakin serem ya harga rumah di Bandung
    Padahal dulu rumah saya, di Cigadung Bandung, murah banget lho
    Malah dianggap pinggiran kota Bandung
    Untung ada mortgage calculator ya, sehingga kita bisa mengukur kemampuan finansial kita

    ReplyDelete
  29. Rumah idamanku tuh di daerah2 Cigadung atau Dago Pakar yang deket-deket Wale itu lho buanyak rumah bagus-bagus rasa villa. Udaranya sejuk plus bisa lihat pemandangan yang aduhai.

    ReplyDelete
  30. Beli rumah emang gak boleh sembarangan terutama harus tahu gambaran cicilannya biar bisa lancar sesuai dengan kemampuan finansial kita. nah, mortagage calculator ini bisa bermanfaat banget buat tahu berapa tahun dan cicilan yang bisa kita ambil saya membeli rumah ya mbak

    ReplyDelete
  31. Bener Mbaaa, harus banget teliti sebelum pilih lingkungan rumah. Soalnya ngaruh juga nanti sama kondisi diri dan rutinitas kita. Pilih perumahan yang berfasilitas lengkap dan mendukung kita memiliki habit yang lebih baik dari hari ini

    ReplyDelete
  32. Wah sekarang lebih mudah ya cara menentukan perhitungan KPR tinggal unduh aplikasinya di play store. Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  33. salah satu impian semua orang yang sudah berkeluarga memang memiliki rumah sendiri, tapi ada konten kreator yang saya ikuti, menyarankan untuk tidak membeli rumah melalui cara KPR. katanya terlalu banyak masalah

    ReplyDelete
  34. Betul banget, Kak! Lokasi rumah emang takdir, tapi usaha dan doa kita yang menentukan. Terima kasih banyak ya infonya soal kalkulator itu. Aku jadi gak pusing-pusing amat mikirin cicilan. Bener-bener membantu buat yang lagi nyari rumah kayak aku. Semoga kita semua dapet rumah di tempat yang baik dan tetangga yang sholeh-sholeha ya. Aamiin! 🏠🤲

    ReplyDelete
  35. manfaatnya banyaakk beudd
    apalagi milih rumah konon kyk milih jodoh kan ya
    kudu paham bener
    mortgage bantu bgt niihhhhh

    ReplyDelete
  36. Punya rumah sendiri setelah menikah tuh Impian semua pasangan kan yaaa. Beneran deh mau minimalis apa segede gaban pokoknya bisa pisah sama orang tua udah alhamdulillah banget. Bisa mandiri dan bener-bener ngerasa mandiri. Apalagi pasca pandemic emang harga asset jadi turun. Tapi bisa banget kalau mau KPR itung2 dulu pake Mortgage Calculator biar ada gambaran tenor dan cicilan juga.

    ReplyDelete
  37. Wah baru tahu, ternyata ada aplikasi utk menghitung kemampuan kita mengambil KPR ya.. Terimakasih sharing infonya mba..

    ReplyDelete
  38. Dulu orang tua sempat tinggal di Buah Batu Kak. Jadi sempat ada masa-masanya nostalgia dan sering bolak balik ke Bandung. Suasana Bandung itu memang ngangenin ya. Syahdu gitu rasanya. Belum lagi makanannya yang enak-enak banget hehehe.
    Membeli rumah memang biasanya termasuk goal utama untuk keluarga ya. Jadi lokasinya pun patut untuk dipertimbangkan sebaik-baiknya. Semoga cita-cita Kak Lendy untuk pindah ke salah satu lokasi impian segera tercapai ya.

    ReplyDelete
  39. Yup banyak sekali referensi yang bisa dikunjungi ya. Apalagi mau pergi bersama keluarga

    ReplyDelete
  40. Beli rumah udah kayak cari jodoh, ya. Pertimbangannya banyak banget supaya bisa betah. Bahkan untuk harganya juga harus dihitung dengan tepat. Membantu banget deh pasti mortage calculator

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dooong... pilih-pilih mana yang berkenan di hati. Harus melihat kondisi sekitarnya, gimana keadaan alamnya, dsb. Supaya ntar pas ditinggali benar2 bikin kerasan kaann...

      Delete
  41. Nyaman ya, jadi pingin punya rumah di Bandung, selama ini cuma liburan doang hihihi. Tapi aku malah punya impian beli rumah di kampung halaman dan pulang ke kampung halaman setelah suami pensiun, pingin dekat dengan keluarga besar. Yah...tinggal di mana pun yang penting bahagia.

    ReplyDelete
  42. Jadi inget waktu pertama kali pindah dari rumah orang tua setelah menikah. Iya, ya, namanya orang tua itu selalu perhatian dengan kebutuhan anaknya. Waktu itu peralatan dapur juga dikasih sama ibu.
    Teh Len minat punya rumah di dago? Di sana memang adem ya, suasananya adem dan asri. Tapi kalau keluar di akhir minggu suka maceet hehehe

    ReplyDelete
  43. Perumahan di Bandung memang nyaman dan asri ya. Jadi pengen juga beli rumah di sana eh. Adanya mortgage calculator bisa jadi patokan dalam menabung atau ambil KPR ya

    ReplyDelete
  44. Banyak yang mengharapkan punya rumah sendiri pastinya ya,Mba. impian siapapun bisa miliki properti yang satu ini. Bisa banget ini buat cari rumah gunakan perhitungan gunakan mortgage calculator nya.

    ReplyDelete
  45. Teh itu Rumah Villa di Dago, kece banget dan kayaknya enakeun pisan ya suasannya dan rumahnya homey, hangat tpi sekaligus ngademin, kontur tanah di bandung tuh bikin para aristek makin kreatif ya bikin rumahnya... karena menyiasati kontur jadinya malah unik2

    ReplyDelete
  46. Iya banget teh
    Siapa sih yang g pengen punya rumah impian di lokasi strategis
    Klo perhitungannya tepat, pasti bisa ya teh

    ReplyDelete
  47. Salah satu wishlistku juga hari ini adalah punya rumah. Kami ada rumah di home base tapi rumah sudah jadi kami malah mutasi ke kota lain. Hiks...jalan hidupnya para perantau.

    ReplyDelete
  48. Aku juga punya impian buat beli tanah ukuran 250m lalu di bikin rumah sesuai dengan yang diinginkan. Suka banget liat-liat desain rumah gitu. Kan siapa tahu ya isa terwujud

    ReplyDelete
  49. Wahh, Bandung emang selalu menarik perhatian, sudah dari dulu pengen main ke Bandung tapi masih belum kesampaian, semoga tahun depan bisa jalan jalan ke Bandung

    ReplyDelete
  50. Semoga yang belum punya rumah sendiri dimudahkan prosesnya oleh Allah.
    Aku sendiri ga beli rumah karena dapat amanah untuk menjaga ibuku yang sekarang sudah sendirian. Palingan cuma bisa dikit2 memperbaiki rumah masa kecilku ini aja.

    ReplyDelete
  51. Aku sih pengin banget ini punya rumah impian di Bandung, selain memang udaranya tuh enak banget ya teh Lendy. Pengen yang masih banyak pepohonan juga dan juga enak buat jogging (tetap kudu ada lahan untuk olah raga). Enaknya sekarang tuh kalau ingin membeli rumah bisa langsung hitung dengan menggunakan mortgage calculator ya teh.

    ReplyDelete
  52. Rumah Impian di Bandung, kayaknya ini impian hampir tiap orang meskipun bukan asli warga Bandung. Udah sejuk, nyaman, udara masih cukup bagus.

    Hunian di Bandung ini bikin yang tinggal di dalamnya damai, dan tentrem. Jadi bertetanggaan ya asyuk-asyik aja.

    ReplyDelete
  53. Al Fatihah untuk babe. Pakai kalkulator mortgage ngebantu sekali nih teh untuk penghitungan KPR ya. Btw enakeun euy di Bdg, pengin daah aku jg di sana saat tuwaaa biar anak2 nengoknya nggak kejauhan. Tinggal naik kreta cepaat.
    Smoga segala keinginan teh leen teruwujud ya.. aamiin

    ReplyDelete
  54. Punya rumah impian memang perlu perjuangan, ya, Teh. Seneng banget nih akhirnya punya rumah impian sendiri. Memang kalau mau punya rumah sendiri harus punya perhitungan keuangan yang tepat seperti pakai Mortgage Calculator biar balance aja keuangannya.

    ReplyDelete
  55. duh aku yang tinggal di riau, terus ngebayangin punya rumah dibandung pasti enak banget, secara riau panas banget. Pengen banget punya rumah impian di bandung tapi perhitungan keuangan harus tepat juga kan ya,,, mikir usaha apa juga disana hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu kita mbak, Semarang juga panas bangeeettt... Tapi udah terbiasa dari dulu sih ya jadi ya gapapa. Klo ditawari untuk punya rumah di Bandung saya mau loh. Pasti lebih sejuk dibandingkan dengan kota tempat tinggalku saat ini.

      Delete
  56. Bandung itu, salah satu kota impian saya untuk dijadikan tempat tinggal. Banyak kenangan di sana. Namun, ternyata Allah menjadikan saya tinggal di Jogja. Alhamdulilah disyukuri semuanya. Toh tinggal di mana saja, sama saja. Btw, keren-keren ya perumahan di Bandung...

    ReplyDelete
  57. kebetulan tanah kelahiran suami di Bandung, dan dia sempat membuka diskusi untuk kami bisa memiliki rumah di Bandung

    ReplyDelete
  58. Wah, morgage ini bisa jadi simulasi budget kita ya, jadi bisa memilih rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan kita biar tidak macet di jalan dan jadi rugi ya. Btw aku juga mau sih punya rumah di Bandung wkwkkw, tapi kayaknya udah mahal ya

    ReplyDelete
  59. Daerah Antapani udah kerasa panas ya, Teh? Padahal dulu Bandung itu terkenal sejuk yaa...
    Ini juga di daerah saya, kerasa gerah, padahal di kaki gunung, loh!

    ReplyDelete
  60. Jadi pengen praktik pakai mortgage calculator buat hitung KPR rumah Aku nih

    ReplyDelete
  61. Mbaak, Bandung sebelah mana sih panas? Bahkan di kota pun menurutku udaranya sejuk-sejuk aja. Jauh sama Surabaya, makin kota makin dekat dengan Matahari (maksudnya Mall) ehehe

    ReplyDelete
  62. MasyaAllah ya Eoni, semoga ada rejeki punya rumah diriku aamiin
    budget dan lokasi penting banget nih, murah tapi dekat kebon gede juga takut

    ReplyDelete
  63. Selain Jogja, Bandung juga jadi pilihanku untuk hunian. Thank you Mak rekomendasi perumahan di Bandung yang nyaman, plus cara memperhitungkan KPR atau biaya cicilan. Bismillah punya rumah di Bandung. Aamiin!

    ReplyDelete
  64. Bandung banyak ya mbak perumahan impian yang bisa dijadikan pilihan rumah hunian masa depan bareng keluarga. Lokasi dan desain-nya juga bagus-bagus asal ada uangnya tinggal pilih apalagi bisa dikalkulasi pakai website Mortgage

    ReplyDelete
  65. Jadi kangen Bandung. Buah batu ini ya emang bikin gemes. Aku kalau ke daerah situ paling tak hindari banget. Daripada ngomel-ngomel di jalan. Enak juga ya pakai mortgage calculator. Tinggal masukin semua data sudah muncul hitungannya dengan akurat.

    ReplyDelete
  66. Bandung walaupun terkenal macet, tetapi asyik juga kalau punya rumah di sana. Bisa pilih lokasi di Dago Pakar yang ada di ketinggian. Pasti punya view bagus, nih.

    ReplyDelete
  67. baru pernah jalan-jalan aja daerah bandung tapi belum pernah tinggal di sana, kayaknya adem ya, sangat berbeda dengan suhu panas luar biasa di semarang sini hehe

    ReplyDelete
  68. Jadi pengen punya rumah 2 di bandung hehehhe aamiin. Buat investasi dikontrakin aja ya eoni. Mayan pertahun ada pemasukan.

    ReplyDelete