Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kering di Rice Cooker

Bismillah,


Agar Nasi di Rice Cooker Tak Mudah Basi dan Kering.
Hola sahabat lendyagasshi.


๐Ÿ‘จ“Tiap masak, buang nasi.. tiap masak buang nasi..
Kan sayang, mah
..”

Begini sambatan suami pas tau sampah organik nasiku yang menumpuk setiap kali mau masak nasi baru. Sedih sih.. karena yang kebuang tuh bisa satu mangkuk sendiri.

Awalnya, aku cuek aja..

Selama ada Pak Sampah yang mau angkut sampah organikku dan mengandalkan lubang biopori yang tertanam di halaman. Tapi, lama-lama kepikiran euiii.. kenapa aku suka buang-buang nasi?


Saran dari berbagai pihak, aku tampung.


Dari mulai Ibu yang menyarankan untuk ganti rice cooker yang kaya punya beliau, “Pakai Miyako, dek.. Gak lengket.. Bagus banget.”

Sampai pas mamah mertua dateng juga ikutan prihatin karena kebiasaanku yang satu ini. Emm, kalau orangtua kasih nasehat, aku kayanya masih bisa mengundur waktu yaa.. Tapi kalau mertua, asa gak enak kalau menunda-nunda nasehat beliau. Jadi langsung cari tahu nih.. apa yang aku bisa lakukan agar nasi di rice cooker tidak cepat basi atau kering sehingga tidak bisa dikonsumsi?

review Rice Cooker Miyako Nanoal 508 SBC



Mengapa Nasi Cepat Basi dan Kering di Dalam Rice Cooker?

Setelah beberapa kali mengamati nasi di rice cooker, sepertinya aku tau mengapa nasi bisa cepat kering atau basi ketika berada di rice cooker. Alasannya karena beberapa hal berikut :

Nasi Lembap

Nasi yang terbiasa di dalam rice cooker terus menerus karena tidak segera dihabiskan, bisa jadi menjadi lembab karena turunan air dari uap air rice cooker yang panas.


Nasi Belum Tanak

Biasanya, kondisi nasi yang baru matang dari rice cooker lalu langsung dimakan tanpa menunggu beberapa menit agar tanak ini bisa menjadi penyebab nasi cepat basi.


Mengambil Nasi dengan Sendok Nasi Tidak Bersih

Sama halnya dengan makanan atau minuman yang penyimpanannya dalam jumlah besar. Bila tidak menggunakan alat makan yang bersih, nasi akan lebih cepat basi atau berair.


Air Berlebihan Saat Memasak Nasi

Memang di sebuah rice cooker ada teknologi untuk mengurangi air pada saat beras dimasak. Namun biasanya nasi akan menjadi kurang pulen sehingga agak lembek dan ini bisa membuat nasi menjadi cepat basi.


Daya Listrik Rendah

Ada kalanya daya listrik di rumah menurun dan ini bisa menyebabkan nasi yang dimasak tidak matang dengan sempurna. Ketika tidak matang sempurna, maka nasi akan menjadi lebih mudah basi.


Rice Cooker Rusak

Rice cooker memiliki lapisan teflon (PTFE) yang umum digunakan. Namun, ada risiko pelepasan gas berbahaya yang disebut perfluoroktanoat (PFOA) dan asam perfluorooctanoic (PFOA) yang berbahaya jika tertelan dalam jumlah sedikit namun terus menerus.

Maka dari itu, penting untuk memilih dan menggunakan rice cooker dengan produk berkualitas food grade sehingga aman digunakan untuk memasak nasi.



Memilih Rice Cooker Nanoal Pilihan Nikita Willy

Ketika sudah saatnya mengganti peralatan memasak di rumah, sebaiknya memang tidak ditunda-tunda. Karena teknologi selalu berkembang, maka lebih baik memilih rice cooker masa kini yang terbukti aman dari Miyako Indonesia.

Produk Miyako Indonesia adalah salah satu produsen beragam kebutuhan peralatan rumah tangga asli buatan Indonesia dan telah menjadi kebanggaan Indonesia. Beragam produk Miyako diproduksi dalam negeri dengan komitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia.

Setelah beberapa waktu yang lalu mengamati sosial media dan kini jadi paham mengenai mengapa Nikita Willy Pakai Miyako untuk menyediakan makanan sehat bagi keluarganya.


Kelebihan Rice Cooker Miyako Nanoal

Rice Cooker Miyako Nanoal memiliki banyak keunggulan yang bisa membantu memasak nasi dengan enak, lebih sehat dan terasa pulen. Diantara kelebihan menggunakan Rice Cooker pilihan Nikita Willy ini adalah


Thermostat System

Thermostat system adalah sebuah sistem pada rice cooker agar selalu bekerja menjaga agar nasi tetap hangat, tidak kering dan tidak mudah basi.


Magic Tonjolan

Magic tonjolan pada bagian atas rice cooker ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi dan jumlah air saat memasak dan menghangatkan. Membuat nasi tetap enak dan pulen setiap saat.


3 in 1

Rice Cooker Miyako Nanoal ini tak hanya bisa memasak nasi, tetapi juga berfungsi sebagai mengukus dan menghangatkan masakan.


Teknologi Nanoal

Teknologi nanoal yang sedari awal disebut-sebut adalah teknologi pada rice cooker yang ada pada inner pot terbaru dari Miyako ini menjadikannya panci anti lengket lebih awet 10x lebih tahan lama. Tak hanya itu, pancinya lebih mudah dibersihkan, tidak perlu direndam saat akan dicuci dan digunakan kembali.


Garansi Elemen Pemanas 5 tahun

Untuk sebuah rice cooker, elemen pemanas adalah sebuah komponen penting. Jika elemen pemanas rusak, maka rice cooker tidak dapat beroperasi sesuai fungsinya. Semua Rice Cooker Miyako telah dilengkapi dengan Garansi Elemen Pemanas selama 5 tahun yang tentunya membuat para Ibu nyaman saat memilih produk asli buatan Indonesia ini.


Hemat Listrik

Besaran daya yang dimiliki oleh Rice Cooker Miyako Nanoal 508 SBC ini sebesar 400-500 watt untuk memasak 1.8 liter.


Kapasitas Rice Cooker Besar

Rice Cooker Miyako Nanoal ini punya kapasitas yang cukup besar. Bisa digunakan untuk memasak 1.8 liter hingga 5 liter nasi sekaligus untuk Rice Cooker Miyako Nanoal memiliki kemampuan menghangatkan makanan, sehingga memudahkan sahabat dalam memasak dalam jumlah besar.


Desain Rice Cooker Elegan

Buat pecinta dapur estetik seperti Nikita Willy, maka memilih Rice Cooker Miyako Nanoal 508 SBC ini adalah pilihan yang tepat. Terdapat pot bagian dalam berbahan aluminium, mudah dibersihkan, tetap hangat, terdapat lapisan anti-lengket.

Harga Rice Cooker Miyako Nanoal 508 SBC


Miyako Indonesia telah menggunakan teknologi Nanoal, yakni lapisan anti lengket, tidak mudah tergores, tahan lebih lama dan tidak membuat nasi cepat kering.


Menurut penelitian, panci Miyako Nanoal yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama dan diproses dengan teknologi etching. Teknologi ini membuat lapisan anti lengketnya meresap ke dalam pori-pori aluminium, sehingga anti lengket tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama. Selain itu juga memberikan permukaan yang lebih halus, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, panci Miyako Nanoal menjadi teman wajib Anda sudah lulus uji food grade dan bersertifikasi bebas dari zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) berbahaya. Membuat nasi aman dikonsumsi keluarga.

Inilah salah satu alasan Nikita Willy Pakai Miyako.


Selain memilih Rice Cooker Miyako, rasanya ingin sekali merutinkan minum jus atau smoothies buah dan sayur. Dan rekomendasi terbaik adalah memilih Blender Miyako untuk keperluan tersebut.

Ide memasak makanan menggunakan Blender Miyako biasanya aku lihat di website https://www.miyako.co.id/category/recipe/ dan menemukan banyak sekali ide masakan seru dan mudah dipraktekkan.

Review Blender Miyako PowerBlend BL-52 PI

Sekarang, sudah saatnya beralih ke Rice Cooker Miyako Nanoal dan Blender Miyako. Dan Nikita Willy Pakai Miyako Nanoal 508 SBC sedangkan Blender Miyako tipe PowerBlend BL-52 PI.

Yuk, kita sama-sama hidup sehat.

Dan jangan ragu untuk menggunakan produk dalam negeri sebagai Teman Wajib Anda yaa..



Lomba Blog dan Reels Competition Ceritakan Bahasa Cinta Ibu Pakai Miyako

Buat sahabat lendyagasshi yang ingin mendapatkan produk Miyako dan jutaan hadiah lainnya, yuk ikutan Lomba Blog dan Reels Competition Ceritakan Bahasa Cinta Ibu Pakai Miyako”.

Lomba Blog dan Reels Competition Miyako Indonesia


Sebagai Ibu rumah tangga seperti Nikita Willy yang selalu menjadikan Miyako teman wajib Anda, maka kompetisi ini bisa sekaligus menjadikan ajang berbagi resep atau kisah hal-hal yang kita lakukan sehari-hari. 

Menceritakan Bahasa Cinta Ibu untuk Si Kecil dengan mengikuti blog and reels competition dalam rangka Hari Ibu adalah kesempatan bagus untuk para Ibu mengajak menggunakan produk peralatan memasak yang bebas PFOA, lebih awet, tahan lama dan aman untuk kesehatan.

Syarat Lomba Blog dan Reels Competition Miyako Indonesia

Kompetisi blog berlangsung dari tanggal 15 - 30 Desember 2023 dan kompetisi reels selama 21 - 27 Desember 2023. Syarat dan ketentuannya cek di Instagram @miyakoofficial.id, ya! #NikitaWillyPakaiMiyako #NanoalPilihanNikita #RiceCookerMiyako


Selamat Berkreasi.



Salam hangat,




42 comments for "Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kering di Rice Cooker"

  1. Nikita Willy ini salah satu figur yang darikacamataku hebat atas concernnya mengurus keluarga terutama anak. Jadi kalau dia merekomendasikan Miyako sebagai rice cooker andalannya, aku pun percaya.

    Apalagi sejak lama juga kami di rumah pakai rice cooker Miyako juga. Hebatnya udah lulus food grade juga. Ini nih yang penting. Kece!

    ReplyDelete
  2. Nah, aku banget Leeeen..
    Seringnya masak nasi kebuang juga, kadang kering, kadang basi huhuhu sayang pisan.
    Aku makin penasaran sama produk Miyako Nanoal ini apalagi dengan keunggulan di atas, Rice Cooker andalan Nikita Willy juga. Mo gantii ahhh. Suka banget sama model dan warnanya, elegan..

    ReplyDelete
  3. kalau peralatan memasaknya estetik, ga males buat terjun ke dapur ya teh wkwkwk btw aku juga pake Miyako loh, udah bertahun2

    ReplyDelete
  4. Kami juga pakairice cooker Miyako nih ..memang terlihat bedanya dari sebelum pakai Miyako, yang lumayan sering juga mengalami nasi basi di dalam rice cooker. BTW trmksh utk tips nya ya ..

    ReplyDelete
  5. Adakalanya efek lapar banget, jadinya nasi yang baru matang mungkin belum tanak langsung dimakan ya. Daku pernah juga kek gitu huhu. Jadi memang sebaiknya didiamkan dulu ya beberapa menit baru disantap. Reminder yang oke nih Teh

    ReplyDelete
  6. Produk Miyako baguuss dan berkualitas bgt.

    aku punya juga d rumah
    super love ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ™
    jadi soulmate bgt utk para Emak

    ReplyDelete
  7. produk miyako emang bagus banget ya. awetnya bisa bertahun-tahun. jadi uang belanja jadi makin hemat klo ada peralatan masak yang tahan lama kayak gini. rice cooker miyako nanoal bisa buat nasi gak lengket di panci ya, nah makin hemat beli nasi ini mah ya :)

    ReplyDelete
  8. Wah saya di rumah juga menggunakan rice cooker Miyako mba Lendy, ada juga blender dan kipas angin juga, awet sampai sekarang bahkan yang rice cooker ada yang hampir udah mau 10 tahun dibawa pindah kemana-mana saat kerj dan kuliah

    ReplyDelete
  9. Pas banget rice cooker di rumah mamaku juga udah kurang bagus dan bikin nasi jadi cepat kering, jadi pengen beliin hadiah rice cooker miyako ini juga deh buat mama, suka banget sama yang warna baby pink hihi

    ReplyDelete
  10. Aku juga pake Miyako nih buat menanak nasi. Emang masak nasi di rice cooker itu tricky ya, agar tidak kering dan dibuang sia2 (harga beras lagi naik euy).

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak ya hal-hal yang krusial yang ngga disadari bikin nasi jadi basi. Udah emang bener pake Miyako aja, keribetan itu auto terbantu...

    ReplyDelete
  12. Ibuku juga pakai Ricecooker Miyako, mbak
    Alhamdulillah emang sejauh ibu memasak, tidak mengalami nasi kering
    Apalagi kalau pakai Rice Cooker Miyako Nanoal yang banyak fitur dan keunggulannya, bisa ngukus juga, pula. ahh mantul banget

    ReplyDelete
  13. Ricecooker Miyako emang keren banget, beneran bikin nasi lebih terjaga. Bye bye nasi kering atau cepet basi.
    Apalagi publik figur seperti Nikita Willy pun merekomendasikan, udah pasti terpercaya karena beliau beneran konsen sama anak dan keluarga dan selalu berusaha mwmberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  14. Eh tapi beneran rice cooker bagus itu ngaruh sih Ama nasi ๐Ÿ˜„. Aku pernah terpaksa pakai rice cooker murah ya mba, dan memang nasi itu ga bertahan lama. Masak pagi, sore dah basi.

    Akhirnya LGS beli yg mahal sekalian, dan sampe skr nasi awet banget.

    Memang sih blm cobain yg Miyako. Ntr deh kalo rice cookerku yg skr udh ga bisa dipakai ๐Ÿ˜„. Bbrp kali baca Miyako bagus memang Krn mama di rumahnya pun pakai Miyako. Yg penting berkualitas dan awet kalo buatku.

    ReplyDelete
  15. Ada banyak penyebab nasi jadi cepat kering ya, Mbak. Aku kalau nasi udah terlanjur kering ya aku bikin jadi nasi goreng aja. Banyak juga ya keunggulan Miyako rice cooker.

    ReplyDelete
  16. Kalau saya biasanya biar gak kering gak terlalu lama dicolok rice cooker nya, cuma dipanaskan sebentar setelah matang terus dicabut listriknya. Rice cooker Miyako udah jadi andalan saya nih, awet banget tapi jadi naksir deh sama Miyako Nanoal apa upgrade aja ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih Mbak, andalan keluargaku juga nih rice cooker Miyako. Awet banget produknya ya, tapi jadi kepikiran mau upgrade juga setelah lihat fitur2 rice cookernya yang baru ini.

      Delete
  17. Waa ini nih pas banget artikelnya. Nasi di magic com di rumah cepet kering padahal baru belum seharian dimasak! Sepertinya sy harus ganti dgn Miyako. Mksh rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  18. Miyako emang ga usah diragukan lagi keunggulannya, aku juga selalu pake Miyako dari dulu

    ReplyDelete
  19. Aku punya dua rice cooker, yang satunya bikin nasi kering, apalagi ibuku suka manasin huhuhu, banyak kebuang. Klo pakai yang Miyako ini bagussss, aku juga punya warna ungu

    ReplyDelete
  20. Produk-produk Miyako ini udah jadi andalan keluargaku dari dulu. Termasuk rice cookernya, di rumah aku punya yang keluaran lama tapi masih awet lho sampai sekarang cuma gak secanggih dengan rice cooker terbarunya ini. Kayaknya aku harus upgrade nih. Pastinya gak nyesel kalau beli produk Miyako, karena kualitasnya terjamin ya Mbak.

    ReplyDelete
  21. Nikita Willy aja pakai Miyako kan ya, pilihan yang tepat nih, selain awet, Miyako juga aman digunakan untuk memasak nasi sekaligus untuk fungsi lainnya, nasinya juga pulen, ga cepat basi dan ga kering

    ReplyDelete
  22. emang saya banget sih kalau harus buang nasi, biar kata bisa jadi pupuk organik tapi ingat lagi banyak yang pengen makan kita kok buang-buang nasi begitu aja :( makanya sih lebih suka masaknya pakai rice cooker Miyako apalagi yang Nanoal, teknologi terbarunya itu bikin nasi jadi gak cepat kering :)
    saya dari kenal rice cooker taunya ya Miyako, awet dan tahan lama produknya, ramah di kantong pula hehehh
    apalagi sekarang banyak banget pilihan rice cooker Miyako itu jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan :D

    ReplyDelete
  23. nasi basi tuh bikin nyesek banget ya, kan sayang dibuang2 :( kadang nasi kering di dalem ricecooker juga bikin PR. boleh uga nih cobain ricecooker terbaru dari miyako ini ^^

    ReplyDelete
  24. Rice cooker Miyako memang tiada duanya yah... Dari dulu selalu rekomended apalagi buat emak mendang mending seperti saya. Sudah hemat, bagus pula hasil masakannya.

    ReplyDelete
  25. Bagus banget ya rice cookernya..bahkan anti mubazir juga..Nikita Willy bisa juga ditiru

    ReplyDelete
  26. Dulu itu bumer pernah juga alami masak nasi pakai rice cooker tapi cepet banget basi. Mungkin memang sudah waktunya ganti ya. Alhamdulillah saya masih ada kadoan nikahan yaitu rice cooker merk Miyako. Jadinya bisa dimanfaatkan sama bumer deh sampai sekarang. Miyako bisa seawet itu

    ReplyDelete
  27. Kalau aku nasi yang kering aku jemur mba jadi karak ahaha, jadi di daerah rumah ada orang penadah karak untuk makanan hewan kalo ngga salah. Pakai Miyako nanoal ini bisa jadi solusi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jaman dulu di kampungku juga ada begini. Tapi sekarang udah ga ada mba. Agar nasi tidak cepat terbuang gara2 kering, Miyako Nanoal ini bisa jadi solusi untuk kita semua.

      Delete
  28. Suka banget deh Miyako yang seri ini, udah mah berteknologi nanoal, warnanya pun super gemas. Tau aja kesukaan mak-emak. Auto jatuh cinta luar dan dalam sama seri rice cooker yang ini.

    ReplyDelete
  29. problem yg sama kak, nasi cepat kering dan basi. nnti kucoba kurangi airnya deh, mungkin juga kebanyakan air ya. hhmm..atau langsung ganti saja ya ke rice cooker miyako nanoal, biar lebih mantap.

    ReplyDelete
  30. Nasi kering dirice cooker itu memang mengesalkan ya kadang.Rasanya jadi mubazir setiap saat. Padahal kita setiap hari makan nasi :( Keren ada Miyako Nanoal yang bisq bantu mengurangi hal-hal begini ya kak.

    ReplyDelete
  31. Miyako ini juga andalan banget di rumah mba. Mulai dari rice cooker, kipas angin, hingga blender semua pakai miyako. Alhamdulillah awet banget. Bahkan nggak kalah awet dengan merek lain yang harnya bisa 2-3 kali lipatnya.

    ReplyDelete
  32. ini kejadian nih pas aku masih pakai rice cooker yang lama. nasi baru dimasak belum 24 jam sudah benyek dan bau. kesel banget padahal sudah diservice. akhirnya aku ganti pakai miyako alhamdulillah nggak cepat bau dan nggak lengket juga nasinya

    ReplyDelete
  33. Ini pas zaman aku masih ngekost nih, pake rice cooker yang murah meriah gitu merk gajelas. Udahlah pulak belinya beras murah, jadinya yaa belom apa-apa udah bau nasinya. Semenjak ganti ke Miyako, sekarang mah udah lebih awet nasinya. Yaa minimal kalo dibikin nasgor tuh jadinya weeenak tenan.

    Btw agak kaget ya baca blog mbak lessy ga ada korea-koraannya. Ternyata beda domain hahaha

    ReplyDelete
  34. sebelum tahu Nikita Willy pake ini, aku udah beliin orang tuaku, Rice Cooker Miyako ini sih. Alhamdulillahnya nasi ga pernah bermasalah, ga cepet kering ataupun basi. Hehe

    ReplyDelete
  35. Wah, ternyata nggak cuma aku aja yang ngalamin terpaksa buang nasi karena kering atau benyek kayak kena air gitu. Tapi ini dulu sih sebelum pakai Miyako. Kalo sekarang udah nggak, cuma emang blm coba yang Miyako Nanoal. Aku masih pake Miyako yang seri lain.

    ReplyDelete
  36. Simply desire to say this article is as great. Keep updated, write more

    ReplyDelete
  37. I checking continuously this weblog and I am impressed! Awesome!

    ReplyDelete
  38. It was definitely informative article you've done. This site is very useful. Thank you

    ReplyDelete
  39. Hi! I like to give you a huge thumbs up for the great info right here, Love it

    ReplyDelete
  40. Wonderful website. Plenty of useful information here. And certainly, thank you

    ReplyDelete