feature,

Gelombang Joseon Drama My Sassy Girl 2017

Tuesday, July 25, 2017 Lendy Kurnia Reny 48 Comments

Assalamu`alaykum,


Uda kangen beraatt pingin nulis Drama Korea yang aku tonton dua bulan ini. Greget sama yang main dan kebetulan drama remake dengan judul yang sama pada tahun 2001.

My Sassy Girl 2017

Drama My Sassy Girl 2017 dengan genre sageuk ini digadang-gadang akan mendulang kesuksesan seperti movie dan drama yang airing 16 tahun silam.
Berhasilkah?


Mampir juga . . .
Belajar Sejarah Goryeo Dalam Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo


Judul : My Sassy Girl 2017 ( Yeopgijeogin Geunyeo / 엽기적인 그녀 )
Penulis : Yoon Hyo-Je 
Sutradara :  Oh Jin-Seok
Genre : Drama, Comedy, Romantic
Network : SBS
Episode : 40 eps (35 minutes per-episodes)



Pemain :


Joo Won sebagai Gyun Woo

Dalam drama ini Joo Won dapet peran menjadi bangsawan yang menuntut ilmu sampai negeri China (Qing Dinasty, pada masa itu) sehingga dijuluki Joseon National Treasure (harta berharga dinasti Joseon).

Karakter :
Berwibawa, terpelajar, berpikir taktis, cerdas dan sedikit jumawa karena kehebatannya.

Setia, tegas dan teguh pendirian.










Oh Yeon-Seo sebagai Princess Hye-Myeong

Cewek pembuat masalah. Itulah rumor yang tersebar di kalangan masyarakat Joseon. Kenyataannya, ia memiliki rahasia besar yang harus diungkap seorang diri. Maka ia memendam segala kesedihan dan penantiannya hanya karena ia anak dari keluarga kerajaan.

Karakter :
Tegas, berbuat sesuai kemauannya dan jujur.
Sayang banget sama adiknya, rakyatnya dan keluarganya.










Lee Jung-Shin sebagai Letnan Kang Joon-Young

Bassist CN Blue kali ini dapet peran serius. Doi jadi pemimpin pengawal kerajaan, dimana setiap keamanan keluarga Raja ada dalam tanggung jawabnya.

Karakter :
Tegas, kuat, setia, dan loyal.
Selalu memihak pada kerajaan (terutama pada Putri Hye-Myeong, karena sebenarnya doi naksir)











Kim Yoon-Hye sebagai Jung Da-Yeon

Gak seru rasanya kalau diantara kisah cinta dalam drama, gak ada orang ketiga. Naah...si Da-Yeon ini adalah putri dari salah seorang kepercayaan Raja. Yang artinya, Ayahnya adalah pejabat kerajaan. Jadi doi songongnya kebangetan!

Karakter :
Sombong, apa yang diinginkan harus dimiliki, kasar pada yang lemah, dan pintar.









Gyun Woo, seorang pelajar yang telah berhasil menuntut ilmu selama 3 tahun di Dinasti Qing (China) menginginkan pulang ke negerinya, Joseon, untuk mengabdikan kepintarannya. Berbagai hal telah dipelajari, termasuk ilmu filsafat Konfusius.


Kuasa untuk memprediksi masa depan, datang dari pengetahuan masa lalu.
Jika ingin tahu masa depan, maka kamu harus tahu tentang masa lalu dan sejarah.

Hanya dengan beginilah, kita bisa menemukan solusi.




Kutu buku yang hanya membaca buku, tidak bisa menjadi pria yang pantas.
❛Dinasti Qing, Aku, dan Kesuksesan❟

Kepulangannya tentu menjadi berita besar di Joseon dan Raja pun menyambut baik dengan memberikan penghargaan berupa harta serta posisi sebagai guru pengajar untuk (calon) Raja berikutnya, yaitu anak laki-laki sang Raja, Wonja agasshi (gak disebutin namanya siapa...😕).

Bertemu secara tak diduga oleh Putri Hye-Myeong yang saat itu sedang mabuk berat dan hampir jatuh ke sungai saking limbungnya. Untunglah Gyun Woo dengan sigap memeluk Putri sehingga selamat. Kebetulan-kebetulan lain pun menyusul...

Dari mulai dimuntahin putri Hye-Myeong, lalu dibopong Gyun Woo ke hotel (karena doi gak tau kalau yang dibopong itu putri Raja), hilangnya cincin giok kenangan putri bersama Ibunya, putri Hye-Myeong dipaksa nikah sama pangeran kerajaan Dinasti Qing sampai kisah love-hate relationship ini berubah menjadi bunga-bunga cinta yang indah. *uhhukk~~ degdeg.



Yang aku salut dari Joo Won (si pemeran Gyun Woo) ini adalah aktor gak takut mimik wajahnya terlihat jelek di kamera. Doi bener-bener memiliki berjuta ekspresi. Jadi inget peran doi di drama Good Doctor.

Petualangan dan kisah cinta Drama remake ini sungguh menghibur. Gak ada adegan seronok dan gak pantes (kecuali adegan mabuk sama kisseu nya yaa...yang terjadi hanya 2 kali sepanjang drama berdurasi 40 eps, heuu~~ #looh?!). Kisah cinta yang ditawarkan maniiiss...penonton bener-bener dimanjakan dengan old style dating deeh...

Menghabiskan waktu berdua hanya berpegangan tangan

Ada banyak perbedaan My Sassy Girl 2017 kali ini dengan versi movie (yang diperankan oleh Cha Tae-hyun dan Jun Ji Hyun) apalagi dramanya dulu, My Sassy Girl (Chun-hyang). Keduanya sangat fenomenal sehingga dibuat versi bule juga. Dari mulai karakter tokoh lead-male nya hingga jalan cerita yang terasa lebih segar mengikuti latar jaman yang diadaptasi.

Kalau dulu, lead-malenya digambarkan sebagai cowo pemalas dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan cinta sang cewe. Namun yang saat ini, justru kebalikannya. Lead-malenya begitu cerdas. Dan untuk masalah cinta, mereka sama-sama memendam perasaan yang sama. Benang merahnya adalah sama-sama diawali dengan adegan cewe mabuk yang kemudian diselamatkan oleh seorang pria.

wkk...adegan ini yang bikin aga gimanaa gitu...antara jijik tapi lucu liat ekspresi Gyun-sabu

Dalam drama ini, ada banyak petikan-petikan Confucius dalam ajarannya mengenai kenegaraan, pemerintahan hingga kebijaksanaan.

Kamu tidak akan pernah menghasilkan apapun bila kamu tidak memikirkan apa yang sudah dipelajari.❞

Hal ini kaitannya dengan mempelajari ilmu. Apapun yang sudah kita baca, amati dan pelajari, hendaknya direnungkan. Hikmah apa yang bisa kita petik dari hasil bacaan dan pelajaran tadi secara mendalam agar bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.


Jika seseorang tidak bisa memahami apa maksud (dari perhatian) mu, maka janganlah khawatir.

Pas ada kata-kata ini, adegannya Gyun-sabu sedang mengajari wonja-agasshi dengan pikiran yang mengawang-awang karena sedang marahan sama putri Hye-Myeong. Maksudnya, aku kurang paham. Tapi kurang lebih, jangan putus asa akan kebaikan yang kamu curahkan kepada orang lain, meskipun kebaikan itu ternyata dinilai kurang baik oleh orang yang bersangkutan.


Pria yang penuh kebaikan, tidak akan mengisi perutnya dengan keburukan.❞


Penguasa adalah penguasa. Ayah adalah ayah. Anak adalah anak

Kalimat ini adalah ajaran Confusius dalam memerintah suatu negara. Bahwa menjadi seorang Raja yang bijak dan memimpin negeri agar para rakyat, orang tua, dan anak-anak bersikap sebagaimana mestinya.


Daya tarik drama ini selain banyak kalimat bijak yang dikutip dari Confusius, pemainnya memakai hanbok kerajaan yang anggun sekali. Tak terkecuali para Raja dan pangeran serta Gyun Woo sebagai pelajar. Setiap kostum seolah menggambarkan posisi mereka di kerajaan.

Petikan terakhir yang aku suka, diucapkan oleh nenek Hye Myeong :

Anak-anak akan tumbuh sebagaimana orangtua membesarkannya.



Sekian gelombang (kebaikan) Joseon yang disebar dari drama My Sassy Girl 2017.
Semoga makin banyak kebaikan yang bisa dipetik, meskipun buah dari menonton drama Korea sekalipun.


Salam hangat,









You Might Also Like

48 comments:

  1. pantasan banyak yang tergila gila dengan drama korea
    bagus ya ceritanya dan banyak kalimat kalimat motivasi
    kapan ya saya ada waktu bisa nonton drakor ? hahaha tv selalu dikudeta anak..
    nontom di hp ga puas..layar kecil hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...nonton di HP.
      Layar HP nya digedein..^^
      Tapi paling gede cuma 5.5 yaa...heuu~~

      Delete
  2. dari sebuah cerita Drakor, banyak hikmah yang diambil ya Len, apalagi baca di sini jadi tahu deh (pasang anti virus lebih kenceng)

    Terus, aku suka sama kostum2nya itu loh,,

    ReplyDelete
  3. Pakaiannya lucu2 ya... Moga buming biar diikuti orang indonesia. Kan lumayan nutup aurat dari pada ngIkutin gaya barat yg you can see hehehe

    ReplyDelete
  4. Jon woo sering banget main drakor yang ada hubungan dengan dinasti joseon ya. kemarin aku nonton yang judulnya apaa gitu, lupa. ceritanya tentang time traveller gitu.seru

    ReplyDelete
  5. Aku dulu nontonnya yang Sassy Girl Chun-hyang hehe beda kan ya mbak? Atau sama siiih?

    Oh My God!!! Ynag maen si Ju Wooon. Aaak aku udah kesengsem sama dia pas main dia Yong Pal. Cocok nih dia jadi Gyun Woo. Mukanya berwibawa sih

    ReplyDelete
  6. Kayanyaknya bagus ya, ga jual drama aja tapi quotesnya keren. Eh tapi 40 episode kebanyakan huhu, drama korea terakhir yang ditonton cuma Full House haha

    ReplyDelete
  7. Sukaaaaa drakor cuma blm Ada waktu nonton,,, secara plng mlm trus plng d notebook itupun curi waktu,. Toast kt mba

    ReplyDelete
  8. Kyaaaa ngabibita nih udah lama banget ga nonton drakor, jadi kangen hehe tfs ya Teh

    ReplyDelete
  9. Hampir gak pernah ngikutin drama korea dkk.., jadi liat foto2nya..blass ga ada yg familiar.. tapi terimakasih banyakbpostingan..minimal aku jadi tahu sedikit...hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku tuh gak terlalu suka drama korea. Hahaha gak bisa ngafalin nama nama mereka dan orangnya. Rasanya kok semua sama hahahaha

    ReplyDelete
  11. Episoddnya hanya 40 saja ya? Kalau ada cerita cintanya pasti jadi menarik ya, tapi udah jarang banget nonton drama Korea. Saya perlu waktu mengingat setiap nama tokoh di filmnya 😅

    ReplyDelete
  12. Whuaaaa.... Aku blm selesai nonton mbak. Sengaja sih buat lecutan semanhat nulis. Ntar tiap dapat satu tulisan aku hadiahi nonton drakor. Hehehe... Bagus banget nih drakor nih...

    ReplyDelete
  13. Hihi... Ini teman² kantor juga ada yg sering ceritain ttg film ini .. saya sih msh blm berubah mba, males Drakor gt.. mending nonton kartun sopo Jarwo hehee

    ReplyDelete
  14. Hm, aku belum pernah nonton drakor, dan saat main ke Korea Selatan kemarin, jadi terbengong-bengong saat teman-temanku bilang, ini desa anu, tempat shooting film anu, ini kota itu, tempat si anu ditembak oleh si itu... haha. Bengong deh eikeh.

    Bukannya ga suka, ga mau memulai aja, Teh, takut kejangkitan virusnya dan gagal move on nantinya, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Al........
      Hobi nonton doank mah gak ada apa-apanya yaa, mba..kalo belum ke sana sendiri.


      *doadoadoa
      Semoga ijabah kaya mba Al ke Korea Selatan.

      Delete
  15. Kalimat kalimatnya makjleb banget, mba. Misalnya tentang cara mendidik anak. Itu sama dengan pepatah yang katakan kalau kita didik anak dengan makian ya anak akan hidup tak menghargai yang lain.

    Film korea ini kayaknya bisa jadi pilihan nonton nih

    ReplyDelete
  16. Banyak banget yang bisa dipetik ya dari film ini. Meski gak seneng nonton tapi lihat ulasannya dan ada nilai positifnya jadi seneng bacanya. Makasih ya

    ReplyDelete
  17. Aku kurang suka sama drama korea yang kaya gini, kadang suka gak nyampe daya pikirnya wkwkwkwk lebih suka yang lebih kekinian jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  18. saya ngga pernah nonton drakor, kesian banget saya hehehe. Tapi adik saya suka banget nonton sesuatu yang berbau korea, kadang cekikikan sendiri, kadang ikutan sedh. ngga tahu juga kenapa hehehe

    ReplyDelete
  19. Dulu masih kuliah demen babget nonton drakor. Ceritanya ringan dan sederhana. Kehidupan sehari-hari aja sih tapi sukses bikin semua orang suka. Tapi sekarang sudah jarang sekali nonton drakor krena gak sempet. Episode per episodenya pasti bikin ketagihan. Yang drakor my sassy girl inipun saya blm pernah nonton. Kesian yah.

    ReplyDelete
  20. Aku entah mengapa kdg krg menikmati cerita versi Joseon, kecuali Rooftop Price
    Tapi karena ada Joo Won dan ngerasa puas liat aktingnya di Young Pal, kayanya ini bisa jadi list tontonan deh. Episode sampai 40,lumayan juga Mbak

    ReplyDelete
  21. Saya sudah lama gak nntn drakor. Blm sempat saja. My sassy girl versi ini kayanya memang lbh beda

    ReplyDelete
  22. bener banget mba denger judul my sassy girl aku langsung ingetnya chun-hyang itu, dulu ngefans banget sama dramanya.. jadi pengen nonton yg versi ini juga apalagi setting waktunya jaman Joseon

    ReplyDelete
  23. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari drama korea. Saya suka dengan dialog-dialognya yang bagus dengan quote yang bagus. Kalau udah nonton drakor, biasanya susah berhenti. Ceritanya nagih untuk ditonton terus hihihi...
    Makanya saya agak membatasi nonton drakor, padahal mah sukaaa...

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. wew, kirain ini mau bahas my sassy girl yang lama, istri lagi terkena demam korea, bisa lah buat koleksi dia tapi 40 episode hmmmm

    ReplyDelete
  26. hahahaha kalau ingat my sassy girl.. jd inget someone..

    makanya aku males nonton versi cha tae yun..

    lah ini ada lagi.. versi saeguk pula..

    hmmmm nonton ga ya

    hmmmm

    hmmmm

    hmmmm

    lumayan 40 episode

    ReplyDelete
    Replies
    1. 40 eps tapi per eps nya cuma 35 menit kok, mba Fikaaa...
      Heehhe...**racuuuun!

      Delete
  27. pemerannya cantik cantik. wah kena virus drama lagi nih saya my sassy girls kayanya drama yang penuh komedi dan romantis ya. cocok nih buat yang suka hiburan dan penghilang rasa jenuh. Selesai nonton ini pikiran sedikit lepas dan terlupakan sedikit.

    ReplyDelete
  28. Duh para aktornya ga nahan meni kararasep alias ganteng2 semua hihihi kayaknya widya bisa coba nnton film ini kebetulan suka film yang genrenya romantic comedy hehe

    ReplyDelete
  29. Wah jadi pengen vanget nonton filmnya... apalagi konsep ceritanya menarik banget

    ReplyDelete
  30. Mbak ini memang pecinta korea sejati. Salut :) Sebanyak-banyak film korea, yang pernah saya nonton adalah Full House,

    ReplyDelete
  31. Haiish drakor.. aku sukanya drama india hehehe.. tp kayakbya seru juga ya. Hm....

    ReplyDelete
  32. Hebatnya Drakor itu pake setting budaya negara yang kental. Lewat film mengenalkan budaya negaranya

    ReplyDelete
  33. aku belum nonton drama satu ini

    ReplyDelete
  34. Wah aku belum nonton drakor ini, masuk list ah, makasih loh rekomendasi drakornya, ada yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mulai yg lain, teh Tian.

      Kalo dramanya Jang Hyuk taun ini ada kan yaa..?

      Delete
  35. jadi inget Chun Yang Mbae.. tapi beda ya, ngehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirrip awalannya doank, Un...
      Sukaak sama drama ini pokonya mah...

      Delete
  36. wah ada sassy girl baru ya. awalnya nonton yang the movie, terus sassy girl chunyang, sekarang ada yang baru lagi. ini ampe episode brapa mbak wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak lagi, sebenarnya...((korea doyan remake drama, tapi kalo jadinya kerrn siih...oke yaa...))

      40 eps yang ini.
      Tapi pendek-pendek kok..kaya mini drama.

      Delete
  37. Baca kalimat motivasinya jadi kebayang diri saya sendiri, suka nyatet juga saya, rela pause tontonan demi nyatet-nyatet kalimat-kalimat yang bagus dan bijak. Heheh

    Kirain ini dramanya 16 eps. ternyata 40 ya? Mikir saiah kalau banyak gitu.. Haha

    ReplyDelete
  38. Episodenya banyak banget ya :( pengen nonton tapi takut ditengah-tengah jadi ilang semangatnya karna episode nya banyak. Tapi penasaran kayanya seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak banyak...karena durasi per eps cuma 35 menit.

      40 eps ini kalo di drama biasanya yaa..hanya 16 eps.

      Delete
  39. Aku harus nonton inii, dimana ya bisanya? *tinggal di desa*
    Baca resensinya kok baper, heartwarming yah mesti. Aku kurang suka Chun Yang krn cowoonya pasrahan, yg ini mungkin lebih menantang yaaa

    ReplyDelete
  40. aku sempat download drakor ini tapi ngga suka sama pemainnya jadi ngga aku lanjutin lagii huhu

    ReplyDelete
  41. Wah aku belum nonton yg ini. Akhir2 ini lbh sering nonton dorama jepang ketimbang korea hehe. Tapi aku catet dulu deh kali kapan2 bisa nonton TFS reviewnya

    ReplyDelete