Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Battle of Jangsari : Bukti Hubungan Korut Korsel Sejak Dulu

Bismillah,


Battle of Jangsari : Pahlawan yang Terlupakan - Hola sahabat lendyagasshi.

Akhir-akhir ini aku lagi demen banget ngecengin Korean movie. Dan kali ini, aku mau bahas Film based on true story. Film ini berdasarkan sejarah yang terjadi di Korea Selatan pada tanggal 14-15 September 1950 di Jangsari.

Review Film Battle of Jangsari

Filmografi 

JudulBattle of Jangsari/ Jangsari : Forgotten Heroes
( Jangsari : Yitheojin Youngwoongdeul/ 장사리: 잊혀진 영웅들)

Director:  Kwak Kyung-Taek, Kim Tae-Hoon
Writer : Lee Man-Hee, Jung Tae-Won

Cast : 

Kim Myung-Min as Lee Myung-Joon
Minho as Choi Sung-Pil
Kim Sung-Cheol as Ki Ha-Ryun
 Megan Fox as Marguerite Higgins (American's Journalist)

Genre : War, based on true story
Runtime : 104 minutes

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Apa itu Jangsari?

Jangsari adalah nama sebuah pantai di daerah Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Di sini merupakan tempat yang paling dekat dengan Korea Utara dan menjadi pertahanan pasukan Korea Utara saat menyerang Korea Selatan di Incheon. Pada saat perang saudara, Korea Utara menyerang Korea Selatan dan ingin mengambil alih daerah kekuasaan serta menjadikan Korea Selatan sebagai negara Komunis.

Karena Perang saudara Korut-Korsel ini dimulai sejak tahun 1950-1953, kedua negara ini sama-sama mencari sekutu. Korut yang ditunggangi oleh Rusia sedangkan Korsel dibantu oleh Amerika. 

Review Film Battle of Jangsari
Peta perbatasan Korut-Korsel


Korut berhasil memukul mundur pasukan Korsel ke Sungai Nokdong, wilayah paling selatan selama sebulan.

Untuk mengusir Korut, Korsel dibantu pasukan perang Amerika, dipimpin oleh Jenderal McArthur melakukan Operasi Pendaratan Incheon dan mengerahkan serangan pengalihan ke Wonsan, Jumunjin, Kunsan dan Jangsari. Sebuah kapal bernama Moonsan, membawa sebanyak 772 tentara pelajar menuju ke Jangsari sehari sebelum pendaratan Incheon.


Pejuang yang terlupakan

Review Film Battle of Jangsari

Sehari sebelum penyerangan ke Jangsari, kapal Wonsan membawa 772 tentara pelajar yang bahkan hanya 2 minggu menjalani latihan perang di Seoul. Tentara ini adalah tentara sukarela yang didaftarkan pihak keluarga agar bisa membantu negara di saat masa perang saudara Korut Korsel.

Sebenarnya, misi ini termasuk misi ilegal, karena menggunakan tentara pelajar (yang rata-rata masih di bawah umur, 17 tahun). Dipimpin oleh Kapten Lee Myung-Joon yang gagah berani, meski ia tah sedari awal bahwa ini misi yang mustahil untuk dimenangkan, karena dianggap misi bunuh diri. Tapi Kapten Lee Myung-Joon dengan lantang menyemangati prajuritnya,

"Apakah kalian bisa hidup tanpa ada negara?"
 "Bisakah keluargamu ada tanpa negara?"

dengan gagah, para prajurit pelajar ini pun menjawab, "Eopsemnidaaaa..." (tidak).

Review Film Battle of Jangsari

Saat yang mendebarkan pun tiba. Para tentara pelajar harus turun dari kapal dan langsung menghadapi pertempuran di garis pantai Jangsari. Detik-detik pendaratan kapan Wonsan tidak mulus. Mereka tidak bisa merapat ke garis pantai dan akibatnya kapal berhenti sangat jauh. Hal ini tentu beresiko sekali, karena pihak Korut ternyata sudah siap menembaki setiap tentara yang akan mendekat ke Pantai Jangsari.

Karena menggunakan kapal motor tidak bisa, maka...cara satu-satunya adalah dengan mengikatkan tali dari badan kapal ke daratan Jangsari. Maka, diutuslah para pengikat ini (sebanyak 3 orang) untuk membuka "jalan" bagi tentara lain. 

Review Film Battle of Jangsari

Choi Sung-Pil (diperankan oleh Choi Minho) adalah seorang tentara dari Korsel. Ia pemimpin tentara pelajar. Namun semua orang tau bahwa ia lahir dan besar di Korut. Ia baru saja pindah ke Korsel, sehingga banyak teman-teman tentaranya yang menaruh curiga.

**kisah aslinya,
Alasan Keluarga Choi Sung-Pil pindah ke Korsel adalah karena penganut agama kristen yang taat. Karena inilah keluarga Choi Sung-Pil pindah ke Korsel, karena ideologi Korut yang Atheis tidak mengijinkan rakyatnya untuk beribadah.


Review Film Battle of Jangsari

Ki Ha-Ryun (diperankan oleh Kim Sung-Cheol) adalah seorang pelajar yang gagah berani.
Sayangnya, ia terlalu bawel dan banyak berprasangka buruk terhadap kepemimpinan Choi Sung-Pil. Bisa dibilang, Ha-Ryun ini anaknya berjiwa kompetitif. Sehingga apapun yang ia lakukan, selalu gak mau kalah dengan Choi Sung-Pil. Baiknya hal seperti ini, ia sangat berdedikasi pada negara. Sehingga tidak memikirkan resiko yang terjadi pada dirinya. Buruknya, jiwa kompetitifnya ini membuat ia tidak percaya atas perintah pimpinan, malah cenderung bekerja sendiri. Padahal dalam sebuah tentara, perjuangan ini membutuhkan kerjasama dan kepercayaan terhadap rekan seperjuangan.


Ilfiltrasi pertama, tentara pelajar ini sukses. Meski tentu banyak korban berjatuhan saat akan memasuki Pantai Jangsari dan peperangan pun tak bisa terelakkan. Pasukan Korut sudah menanti dengan persenjataan yang super canggih. Bahkan mereka bisa menembakkan peluru dengan intensitas yang banyak karena menggunakan senapan mesin, juga bom dan meriam.

Namun karena jumlah tentara Korut yang tidak banyak dan strategi perang Korsel yang bagus, maka Pantai Jangsari bisa dikuasai. Fakta yang mengejutkan adalah tentara yang berjaga di garis pantai ini juga para pelajar Korsel yang diberi seragam tentara Korut.

Salah satu surat yang ditemukan di badan tentara panjaga.

Review Film Battle of Jangsari
Review Film Battle of Jangsari - Choi Sung-pil


Bu...
Ibu..
ini Sang Ho.


Saat aku berada di medan perang.
Tentara Korea Utara datang menyerang,
dan memaksa kita mengenakan seragam mereka,
dan membawa kita ke bagian paling depan.

Makanya aku tidak sempat berpamit kepada ibu.

Aku menembakkan ratusan peluru kepada saudara sebangsaku sendiri.
Berapa banyak dari mereka yang menderita akibat peluruku?


Saat ini, aku mengenakan seragam sekolahku di balik seragam Korea Utara.
Jika nanti aku bertemu dengan saudara sebangsaku, aku akan bilang kepada mereka aku bukan tentara Korea Utara, tapi seorang pelajar dari SMA Kyunggi.

Dengan begitu, mungkin mereka akan membiarkanku hidup.
Aku harap perang ini segera berakhir.
Aku sangat merindukan keluargaku.


Sedih sekali...rasanya membaca surat pelajar ini. Dan setelah keberhasilan perang Jangsari yang pertama, para tentara mengalami masalah berikutnya, yakni bertahan hidup. Para tentara harus makan dan minum dengan persediaan seadanya. Masalahnya adalah mereka bener-bener tidak memiliki pasokan makanan yang layak. Mau dilepeh, nanti mereka akan kelaparan, padahal perjuangan masih belum berakhir.... Tapi mau ditelan, asinnya luar biasa.

Dilematis sekali.

Hari berikutnya ada kabar bahwa tentara Korut akan menyerang, karena tahu Pantai Jangsari telah jatuh ke tangan Korsel. Strategi peperangan kembali harus dilakukan. Kapten Lee Myung-Joon yang cerdas meneliti melalui peta dan memasang berbagai ranjau bom yang masih mereka miliki. di terowongan yang kira-kira akan dilewati tank Korut. Meski tahu tank tidak akan bisa dilawan, tapi setidaknya akan menghambat perjalanan para pasukan tentara Korut.

Jumlah pasukan tentara Korsel tentu sangat tidak imbang dalam pertempuran ini. Harapannya adalah pertolongan dari Amerika (PBB) untuk menyelamatkan para tentara pelajar Korsel yang tersisa ini. Sembari menunggu pertolongan yang sudah dikabarkan melalui radio ke Pusat Pemerintahan, Kapten Lee Myung-Joon terus bertahan dan memberi semangat bagi anak buahnya.

Akankah tentara pelajar Korsel berhasil menghambat jatuhnya Incheon dan beberapa daerah lain di Korsel melalui Perang Jangsari ini?


Review Film Battle of Jangsari
Review Film Battle of Jangsari : Kapten Lee Myung-joon


Kelebihan Film Battle of Jangsari :

Film perang yang hangat
Meski banyak scene perang, gebuk-gebukan, tembak-tembakan, tapi...ada sisi sentimentil yang disentuh oleh penulis. Terutama fakta bahwa Choi Sung-pil adalah seorang seseorang yang asli dari Korut namun ikut membela Korsel. Ia telah menghilangkan logat Korutnya dan sudah sangat fasih berbahasa Korsel.

Scene paling gak bisa dilupakan adalah ketika Choi Sung-pil bertemu lagi dengan saudaranya yang masih di Korut. Ia bahkan harus rela saudaranya tersebut ditembak oleh Ha-ryun. Karena saat perang, kalau gak kamu yang mati dibunuh, ya kamu-lah yang membunuh.
**tragis!


Ada kisah cinta
Meski gak digambarkan secara berlebihan, tersirat ada kisah cinta di antara tentara. Karena salah satu tentara adalah perempuan yang menyamar sebagai laki-laki. Ia melakukan ini karena kembarannya (yang laki-laki) adalah putra satu-satunya yang bisa diandalkan di keluarga besar. Karena harus mengirimkan anggota keluarga untuk masuk militer, makanya si anak gadis ini menyamar sebagai laki-laki.
**mirip Mulan yaa??


Menggunakan alur maju
Ada kisah penggambaran para pemainnya dengan jelas. Sehingga pentonton tidak perlu mikir saat menonton Film Battle of Jangsari.


Pemilihan aktor yang pas
Di sini ada banyak aktor yang aku rasa pas banget mainin karakter mereka. Dari mulai para tentara remaja yang dipimpin oleh Minho Shinee sampai Ha-ryun sang provokator dan tentara gendut yang kuat tapi doyan banget makan. Sungguh melihat film perjuangan yang mengiris hati....

Bagi yang sedang mengikuti drama Do Do Sol Sol La La Do, di sini ada Lee Jae-wook juga loo..sebagai tentara pelajar. 

Review Film Battle of Jangsari

Yang paling keren, terlibatnya Megan Fox, artis Hollywood sebagai wartawan Amerika yang jujur menceritakan kisah nyata peperangan saudara di Korsel ini. Aktingnya?
Gak perlu diragukan lagi. Terbaik!

Fredoom of speech.


Kekurangan Film Battle of Jangsari :

Informasi sejarah yang diberikan selama film, aku rasa kurang banyak. Sehingga saat selesai menonton, aku mencari lagi informasi mengenai kejadian sesungguhnya Battle of Jangsari pada tahun 1950.


Learning Point Film Battle of Jangsari :

Perbanyak bersyukur
Bahwa kita dilahirkan di era yang aman saat sekarang ini.

Jangan pernah menyia-nyiakan makanan
Ingat zaman susah, saat perang...mau makan juga sulit sekali. Heuheuu~

Kerjasama
Asiknya menonton film perang itu menurutku, kita jadi belajar ilmu komunikasi dan kerjasama. Tiap orang tentu punya masing-masing latar belakang. Dengan mengenali secara personal, kita bisa berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam sebuah tim.

Strategi
Selain kerjasama yang baik, pemimpin yang baik juga diharuskan memiliki otak dan feeling yang cerdas. Ia bisa mengambil keputusan dengan cepat dan taktis. Karena ketika salah mengambil keputusan, yang menjadi korban adalah anak buahnya.

Menurut apa kata pimpinan
Sebagai prajurit, menurut kata atasan adalah hal yang terbaik. Karena tentu berbagai pertimbangan sehingga pimpinan mengambil langkah tersebut.

Jangan pernah putus harapan
Walau tahu sedari awal bahwa Operasi Jangsari ini akan gagal karena bukan hanya jumlah tentara Korsel yang sedikit, juga tentara yang masih pelajar, namun berkat percaya dan yakin akan Tuhan dan  selalu berusaha dengan sunguh-sungguh, Perang Jangsari ini akhirnya meraih kesuksesan.



Berbeda feeling ketika menonton Film Battle of Jangsari dengan The Battleship Island. Salah satunya karena beda zaman kali yaa... dan berbeda jenis peperangan. Kalau The Battleship Island kan... saat itu Korea melawan Jepang, sedangkan Battle of Jangsari adalah perang saudara.

Kalau melihat Korsel yang juga ada beberapa pulau dan salah satu yang terkenal adalah Pulau Jeju. Sedangkan di Indonesia, ada Pulau Pramuka yang juga bisa dijadikan destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Hal yang baru aku ketahui juga setelah membaca beberapa literatur bahwa endingnya...Operasi Jangsari ini ditutup oleh Pemerintahan Korea. Baru terkuak setelah beberapa tahun kemudian dan Kapten Lee Myung-joon dijatuhi hukuman mati karena melanggar aturan perang, yakni membawa anak-anak usia sekolah. Namun, usaha Kapten Lee Myung-joon untuk memberikan nomer seri militer kepada anak buahnya yang turut berperang di Operasi Jangsari, dikabulkan. Sehingga Operasi Jangsari disebut dengan Pahlawan yang Terlupakan.

Dedikasi pembuatan Film Battle of Jangsari sungguh merupakan penghormatan tertinggi bagi para keluarga yang anak-anaknya gugur di medan perang. Para tentara pelajar yang mengorbankan nyawa mereka untuk melindungi negara.

안녕히 가세요~
annyeonghi-gaseyo

With love,





75 comments for "Battle of Jangsari : Bukti Hubungan Korut Korsel Sejak Dulu"

  1. Aku belum nonton Battle of Jangsari tapi tahu kalau Jae Wook main di sini juga. Entah ya, aku tuh agak kesusahan kalau nonton film perang-perangan apalagi dari kisah nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum nonton ini kebanyakan drama yang ditontonin tapi sesekali boleh juga nih nonton Battle of Jangsari.

      Delete
  2. Wohoo, Daebaaak!
    Penting banget nonton film kayak gini nih
    bisa ningkatkan pengetahuan/wawasan soal the real konfrontasi KorUt-KorSel

    Dan ya ampyuun, itu Megan Fox ga bisa rada munduran ya
    Tsakepnya kelewatan wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Megan Fox ini pancen wajahe klasik kok, jadi walau setting pilemnya lawas dia tetep aja terlihat ayu hehe.

      Delete
  3. biasanya nonton drakor dengan genre romance commedy ya tapi yang modelan gini belum penah aku tonton. Tapi penasaran karena ini cerita sejarahnya tentang Korut dan Korsel ya teh.

    ReplyDelete
  4. Keren banget ini true story. Mana ada megan fox yang cantik. Sedikit membahas sejarah karena memang mau angkat sisi dramanya, ya? Menurutku film begini lebih menarik, sih, karena soal sejarah bisa digoogling. Tapi, kisah perjalanan manusianya bisa jadi baru tahu sekarang lewat film ini.

    ReplyDelete
  5. memang sejarahnya panjang yaaa dua negara ini mba.. dan sampai sekarang masih belum selesai. Film ini membantu kita mengerti lebih jauh

    ReplyDelete
  6. Jadi inget film legendari Tae Guk Gi hehehe.. mudah2an korea bisa bersatu lagi yak, kayak Jerman gitu dari barat dan timur jadi satu. Bahkan Berlin yang dibagi dua kotanya bisa jadi satu. Aamiin loh hehe ya iya pas lagi ngadem kuliah di Korsel tiba2 perbatasan diserang kan kacau gueee ahahaha karena mereka ini sampai SEKARANG belum damai. Masih gencatan senjata.

    ReplyDelete
  7. wuihh kalau based on true story emang seru ya...apalagi berhubungan sama sejarah... Ini makin seru karena ada Megan Fox..Jadi pengen nonton Lend..hahaha...Pengen mulu yak dari kapan gak nonton2

    ReplyDelete
  8. Seru nonton film perang tapi suka baper kalau ada tokohnya meninggal huhu..susah move on jadinya..

    ReplyDelete
  9. Eh ada Megan Foxnya mba di film ini? Always lah ya film Korea walopun perang pasti ada sisi dramanya hihi, aku termasuk yang suka sih nonton film perang tuh

    ReplyDelete
  10. wow ini dramatis banget kisahnya teh, aku bacanya sampe serius banget apalagi pas baca suratnya, sedih ya, kebayang ngga sih kalau kita diposisi seperti itu. Ini lah kenapa aku benci perang, yang maju di medan perang pun tak ingin sebenarnya melakukan hal tersebut. kadang ya itu lah kepentingan golongan tertentu.

    ReplyDelete
  11. korsel dan korut negara tetangga tapi berbeda banget..dan masih ada konflik hingga sekarang

    ReplyDelete
  12. aku belum nonton Battle of Jangsari , infoin ke suami aja ah biar kalau nonton ada temennya, kalau peperangan banget aku takut :-D

    ReplyDelete
  13. Kalau dipikir2 koq bisa ya sampai perang sauara terus sekutunya dari pihak luar. Tapi itulah sejarah ya ... bagus juga dipelajari buat ipetik hikmahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, keyboard-ku kacau ... jadinya aneh begitu komennya ...

      Delete
  14. Merinding baca reviewnya. Aku mungkin akan merasa sangat baper kalau selesai menonton filmnya. Perang, nasionalisme, keluarga, dan asmara jadi satu di sana.

    ReplyDelete
  15. Duh itu baca suratnya sedih banget sih. Kebayang beratnya. Jadi mau nonton deh. Simpen dulu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrrr..masuk waiting list dulu. Waiting waktu lowong buat nontonnya. Biar bisa santai pas nonton. Hahahaha.

      Delete
  16. Kalau ada kata Korut pasti bikin penasaran sama negara ini.. Makasih ulasannya mbak, kapan2 nonton ahh

    ReplyDelete
  17. Wah jadi lebih paham deh aku tentang kedua negara itu, dan ternyata aku lebih paham melalui film ini deh dibanding dengan media lain.. yang belum apa apa udah ruwet banget dan ngga mau tahu huhu..

    ReplyDelete
  18. Baca narasinya menarik nih, Len mana ada Megan Foxnya. Dan aku baru tau kalau banyak tentara di dalamnya itu pelajar. Eh btw Indonesia dulu juga pernah punya tentara pelajar tapi kayaknya belum ada undang-undang yang mengatur soal usia kali ya?

    ReplyDelete
  19. Garagara habis nonton Crash Landing On You dan Confidential Assignment, saya jadi suka nih nonton film atau drama yang berkaitan dengan Korea Utara - Korea Selatan.

    ReplyDelete
  20. Ah hubungan korut dan korsel memang selalu menarik untuk diamgkat jadi drama maupun film ya teh

    ReplyDelete
  21. Aku jadi kepo gara-gara ada Megan Fox terus akhirnya nonton trailer nya. Tapi baca review nya di sini film nya nggak hanya berisi muntahan peluru ya. Ada banyak terselip kisah yang bikin mewek. Baca surat nya aku jadi nahan newek, sedih ya peperangan selalu membawa korban

    ReplyDelete
  22. mantul teh len udah lama ga BW ealah masih kenceng nonton drakornya nih warbiyasah. point nurut sama atasan itu kadang ada yang menyesatkan juga dan yg kena bawahannya hahaah pengalaman pisan begini

    ReplyDelete
  23. Kece banget ini pilemnyaaaa
    jadi bisa sekalian belajar ttg sejarak KorUt KorSel ye kan

    ReplyDelete
  24. Bukti hubungan sejak dulu yang tidak terbantahkan ya teh.. banyak kisah diantara kedua negara tersebut ya dan memalui film ini kita juga banyak belajar bahwa damai itu indah

    ReplyDelete
  25. Wah teh, ini ceritanya based on true story gitu ya.. Menarik pasti, apalagi kalo alurnya maju

    ReplyDelete
  26. I really like watching drama / film themes like this, although sometimes there is a lot of propaganda too

    ReplyDelete
  27. Nah.. kalau nonton yan genre true story ini saya suka mba.. dan sepertinya menarik ya lihat hubungan korut dan korsel dari cerita masa lalu begini jadi lebih paham situasinya. Bakal masuk list nih mba. Thank ya

    ReplyDelete
  28. Denger dari temenku, Battle og Jangsari ini keren juga, pas baca review mba jadi pengen nonyon juga. Biar tahu hubungan antara Korsel dan Korut ya.

    ReplyDelete
  29. Ternyata dari dulu Korut dan Korsel sudah bermasalah dan berkepanjangan sampai hari ini ya mbak. Bersyukur tidak ada lagi ancaman perang dan sebagainya.

    ReplyDelete
  30. wah kayanya keren niiihhh, ada megan foxnya pula yaaa.. jadi makin penasaran sama film ini, nanti nonton ah.. makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  31. Ngeri kalau nonton film perang mbak, entah kenapa aku selalu ingin menghindari film perang. tapi sebenernya bagus juga ya jadi ada beberapa prespektif dalam menyikapi permusuhan antara korut dan korsel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTW, menurutku perang saudara begini lebih menyedihkan karena daratannya berdekatan, mungkin nenek moyangnya juga sama, sudah begitu ditunggangi oleh sekutu pula. runyam deh jadinya

      Delete
  32. Wew ada megan fox segala. Mantaplah. Baru tahu aku perang korut korsel pakai tentara pelajar sedih sekali

    ReplyDelete
  33. Lengkap banget mbak ulasannya, walaupun belum pernah menonton tapi membaca review ini sudah seperti selesai menonton filmnya eh tapi tetap penasaran pengen nonton...hehehe

    ReplyDelete
  34. Jd tau sejarah ya?
    Penasaran kalau sekarang di Korut apakah agama masih tak boleh masuk ya? Ataukah semua pendudukan masih atheism dan gak boleh memeluk agama sampai sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak terlalu suka pilem peperangan krn sedih aja, penglaman liat yang battleship jd kepikiran hehe. Bersyukur ya skrng kita merdeka. Tapi makasih pengetahuan dan reviewnya mbak Lendy :D

      Delete
  35. nah saya suka niy teh kalau ceritanya action kayak gini apalagi menceritakan kisah-kisah negara di masa lalu, jadi nambah pengetahuan. wah ada Megan Foxnya ya di film ini, pasti bagus banget akting dia mah ga pernah mengecewakan. saya salah satu penggemarnya teh hehehe

    ReplyDelete
  36. Aku menghindari film2 perang begini mba :(. Terlalu sedih aja. Td udh liat trailernya, lgs nyesek berasa. Ga terlalu suka melihat kisah2 perang apalagi yg based on true story'. Kayak kebayang aja gitu penderitaan yg mereka Alami. Duuuh baca yg ttg surat si anak ke ibunya, itu sedih banget :(.

    ReplyDelete
  37. learning of pointnya jadi mengingatkan saya yang kadang suka buang makanan karena ga bisa makan banyak jadinya sering kalau makan di luar makanannya ga pernah habis, tapi bingung mau gimana lagi. dan bersyukur itu harus terus setiap hari diingat dan dilakukan. thanks mba, baca ini saya jadi mengingat sudah bersyukur belum hari ini. penasaran kan ajdinya pengen nonton filmnya

    ReplyDelete
  38. Sejujurnya aku kurang suka sama film perang, tapi kayanya ini menarik ceritanya, ada megan fox juga ya hehe

    ReplyDelete
  39. Learning pointnya bagus-bagus banget ya banyak pelajaran yang bisa diambil, jadi banyak bersyukur bisa hidup di zaman sekarang ya

    ReplyDelete
  40. mba ini mirip dots gak sih ? tapi kalau baca sinopsisnya film serius deh ini mah yah cerita cintanya cuma bumbu aja, hehehe aq demennya cerit mewek2 mba tapi ini lihat yang ganteng2 jadi penasaran juga

    ReplyDelete
  41. Aku pikir ini teritanya tentang kerajaan Indonesia awalnya tapi setelah membaca sinopsis dan ceritanya ini adalah film ttg Korea Utara. Waaahh penasaran juga, dari sudut pandang mana film ini dibuat ya kak

    ReplyDelete
  42. Film perang selalu sedih ya, krn ada nyawa2 tak berdosa yg hrs gugur. Tp gimana ya namanya juga sejarah 🥺

    ReplyDelete
  43. Waah jadi ini based on true story yaa Teh? Menarik banget nih untuk ditonton eh ternyata ada Megan Fox-nya juga yaa hihi

    ReplyDelete
  44. Ya ampun keren banget filmnya based on history gini. Bukan hal tabu kalau di Korea tuh mengangkat kisah perang saudara sepertinya ya Teh. Kalau disini mungkin agak ribet.

    ReplyDelete
  45. Wuih aku baru tahu Minho juga main film hehe, tahunya idol saja. Kok tragis banget sih nasib pelajar Korsel ini, perang memang kejam huhu

    ReplyDelete
  46. Ini sih kolaborasi artis ternama ya Eoni. Aku belum nonton siap menonton diriku. Megan fox pasti daebak di sini. Suka rambutnya ih.

    ReplyDelete
  47. saya gak kenal korut karena cm ngeh mereka ada paham pemerintahan diktator, titik. ternyata lebih serem, selain dulu dibantu rusia, pahamnya jg atheis toh. lewat nonton film ini, saya makin paham soal korut dan makin gak pengen ke sana. ke korsel ajah

    ReplyDelete
  48. Ya Allah Mbak. Baca sinopsisnya sampai surat... aku mual. Rasanya wes emboh gimana. Tak rela ada kisah semengerikan itu terjadi. Padahal banyak terjadi pasa zaman itu.

    ReplyDelete
  49. Baru tau ada film ini mba, maklum gak begitu update kalau cuma nonton dari Viu doang ��
    Mba pakai applikasi apa? Biar update juga nih

    ReplyDelete
  50. Film-film bergenre peperangan pasti banyak menguras air mata. Dulu aku juga suka film-film seperti ini namun sekarang aku kurangin deh soalnya aku gak mau ikut larut ke dalam alur cerita sedih nya.

    ReplyDelete
  51. Luar biasa deh Korsel ini bikin film. Bahkan sejarahnya bisa dikomersilkan ke seluruh dunia lewat aktor-aktor mereka yang emang keren mainnya. Saya jadi tahu sedikit tentang perang Korut-Korsel dari post ini. Jadi baru terjadi tahun 1950-an ya, belum begitu lama

    ReplyDelete
  52. Mba lendy.. ini spoiler banget aihhh..
    Awet banget ya perang saudara antara Korut Dan Korsel..
    Dan film ini beneran menyentuh sisi humanis , maunya Kim Jong un nonton ini ya.. mana tau bisa bikin iklim hubungan Korut Korsel mereda..

    ReplyDelete
  53. Belum pernah aku nonton ini sih. Knp ya mereka itu negara yg sama kok ribut hahaha.... Btw suka poin positif yg didapat menurut sm pimpinan. Mmg klo ga nurut ga bakal sukses ya.

    ReplyDelete
  54. keren! kalo cerita yg diangkat adalah true story bertema sejarah begini, saya tertarik nonton kak.. jadi gak melulu drama sedih yg terlalu drama seperti film2 Korea pada umumnya..

    ReplyDelete
  55. Iya yo ini, kayak Mulan dikit ceritanya ya Eoni.
    Aku belum nemu film ini, banyak hikmah yang diambil dari kisah ini.

    ReplyDelete
  56. Kok sepertinya seru mbak pengen nonton filmnya juga nih, sekali-kali nonton drakor yang seperti ini soalnya selalu yang komedi

    ReplyDelete
  57. Baca review filmnyaa jadi kepengen bangt nonton nih mba apalagi aku tuh sangat tertarik cerita sejarah korut dan korsel ditambah nilai plus aktor2 drakor yang good looking bkin penasaran mau nonton terus

    ReplyDelete
  58. Wah kalau based on true story biasanya lebih seru ya... Apalagi tentang Korut dan Korsel. Jadi penasaran pengen nonton.

    ReplyDelete
  59. Si oppa udah belepotan tanah aja masih ganteng yaa (gagal fokus). Wow ada megan fox pula. Jujur aku nggak terlalu suka dengan film perang2an, tapi kayanya abis baca tulisan ini aku jadi kepingin nonton.

    ReplyDelete
  60. Seru kayaknya ya Battle of Jangsari ini. Aku suka deh film perang begini. Terakhir nonton film Korea yang ada tembak-tembakannya itu Ashfall dan Peninsula. Nonton ah, mumpung lowong nunggu episode baru ongoing.

    ReplyDelete
  61. Wah, ada Megan Fox juga...
    Kisah perang saudara Korea, tema yang mungkin bikin film enggak eksplor secara detil sejarahnya ya..ada fakta yang mesti dilindungi
    Terbayang pelajar dikirim perang duh,
    Senang film berbau sejarah begini aku...bisa jadi list minggu ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ya mbak. Bisa jadi tontonan menarik di akhir pekan ini

      Delete
  62. Jangsari, kirain nama daerah di Indonesia, ternyata di Korea.
    Bagus ya filmnya, bisa jadi sarana belajar sejarah

    ReplyDelete
  63. Woww ada Megan Fox segala yaa... Battle of Jangsari ini spesial banged btw, baca surat yang tentara pelajar itu ke ibunya kok sedih banget yaa Cinggu, hikss... tentara penjaga di garis pantai dipaksa pakai seragam tentara Korut, ckck tsadiiiiss! Nice review, Cinggu... gomawo yo...

    ReplyDelete
  64. Luar biasa. Dari tayangan ini bisa sekaligus belajar tentang sejarah korut dan korsel ya, mbak..

    ReplyDelete
  65. Membaca reviewnya aja sudah bisa aku bayangkan betapa serunya film korea ini mbak. Kapan-kapan aku mau pindah genre n nonton film ini

    ReplyDelete
  66. Ketika negara memanggil maka apapun yang terjadi harus kita hadapi .termasuk berpisah dengan keluarga tercinta. Walaupun usianya masih sekolah.

    Battle of jangsari cerita kepahlawan yang menarik

    Jadi ingat demo prakarya beberapa waktu yang mana anak STM turun tangan.

    ReplyDelete
  67. dari dulu emang kacau ya hubungan Korsel dan Korut ini. Nonton film gini berasa tegang ya, tapi sedih banget itu suratnya ya.

    ReplyDelete
  68. battle of jangsari menarik banget ya kak buat ditonton

    ReplyDelete

Berlangganan via Email