feature,

Belajar Sejarah Goryeo Dalam Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Sunday, December 25, 2016 Lendy Kurnia Reny 36 Comments

Kali ini aku mau bahas drama Saeguk. Genre drama yang paling jarang aku masukin list drama wajib tonton. Haahhaa...((ketawa pedih)), soalnya nontonnya mesti penuh aura kesedihan, kemarahan dan kekhawatiran.
Kenapa yaa...?
Mungkin karena aku salah satu jenis penonton yang selalu nganggep drama itu adalah cerminan kehidupan kita sehari-hari. Aku juga udah masuk tahap orang yang susah membedakan mana kenyataan dan cerita.

Yah,
termasuk saat nonton Drama berjudul Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo. Oh yaa, sebelumnya aku mau cerita kalau drama ini adalah kisah sejarah pada dinasti Goryeo. Jadi semua yang diceritakan based on true story. Hanya saja ada tokoh khayalan dari writer-nim, yaitu si Hae-soo (diperankan oleh Lee Ji-Eun atau IU, lead female dalam drama ini).



Kalau belajar sejarahnya pakai drama, kayanya mah...jadi gampang ngapalinnya yaa...apalagi diperanin sama aktor cakep ((macam Lee Joon Gi)). Waah...gak kerasa malah hapal sendiri.


Kenalan dulu yuuk...sama pemainnya :



Lee Joon Gi sebagai Wang So (Gwangjong)

Karakter :
Berpendirian kuat, loyal, setia (termasuk dalam hal asmara). Di drama ini, dikisahkan Wang So setia banget sama Hae-soo, meskipun mereka tidak bisa menikah karena politik dan urusan negara.
Dan dalam sejarah pun, Wang So hanya memiliki 2 istri (tanpa selir).









Lee Ji-eun (IU) sebagai Hae-soo (Go Ha-jin)

Karakter :
Ceria, perhatian sama semua orang yang berada di sekelilingnya, dan senang membantu.
*emm...standar tokoh lead female pada umumnya.

Dan jadi agak complicated karena dari 8 pangeran, 4 diantaranya pada suka sama doi. Kisah cintanya dibalut sangat indah. Kesannya Hae-soo tetep wanita yang setia (meskipun dengan dua hati).





Ki - Ka : Wang Wook, Wang Jung, dan Wang Eun

Selain Wang So, ketiga pangeran di atas ini yang juga jatuh cinta sama Hae-so. Meskipun 4 pangeran lainnya gak cinta, tapi gak ada niatan untuk nyakitin kok. Memang irama nonton drama saeguk kan...agak-agak bikin stres yaa...


Korea, 2016 - Seorang wanita tengah menikmati minuman soju di pinggir danau. Sambil memegang cermin, ia mengamati wajahnya yang lebam dan berkata "Aku ingin melupakan semuanya dan tidur selama seribu tahun. Tapi itu gak mungkin."
Sambil terus meracau nasib yang tengah diderita, tiba-tiba ia melihat ada anak kecil yang akan tenggelam di danau. Awalnya gadis yang bernama Go Ha-jin ini tidak ingin ikut campur urusan orang lain, karena masalahnya sendiri aja uda cukup bikin doi termehek-mehek.

Tapi karena dasar orangnya baik, maka ia berlari dan menceburkan diri di danau untuk menyelamatkan si bocah. Si anak berhasil ditarik ke atas perahu, namun sayang...Ha-Jin malah tenggelam.



Goryeo, 918-943 - Diperintah oleh Taejo Wang Geon, seorang raja yang berlatar belakang dari keluarga pedagang yang kaya raya. Pada masa pemerintahannya, Wang Geon berhasil mempersatukan Korea dalam skala besar dan bertahan hingga 400 tahun. Untuk menstabilkan politik, Wang Geon menikah dengan banyak istri dan selir. Kalau aku hitung niih...ada 27 istri dan 35 orang anak.

Dalam drama ini, diceritakan ada 8 pangeran.
♔ Wang Mo (Ibunda : Permaisuri Janghwa)
♔ Wang Yo, Wang So dan Wang Jung (Ibunda : Permaisuri Sinmyeongsunseong)
♔ Wang Wook (Ibunda : Permaisuri Jeongdeok)
♔ Wang Won
♔ Wang Eun
♔ Wang Baek-ah



"Wang" yang artinya raja, namun juga punya arti lain...yaitu memang nama marga dari Wang Geon sendiri. Jadi anak-anaknya sudah bermarga "Raja" selagi kecil. Hoohoo...

Drama bergulir tentang kehidupan istana dan bagaimana akhirnya Wang So (pangeran ke 4) bisa naik tahta padahal awalnya Wang So dikucilkan oleh keluarga kerajaan karena memiliki bekas luka di wajahnya. Itulah kenapa Wang So pakai topeng ((tapi tetep ganteng, karena tatapan matanya yang galak...#eh)) di awal-awal episode sampai ada kejadian ritual memanggil hujan.


"Atas kehendak langit" Wang So terpilih menjadi pemimpin ritual doa meminta hujan yang seharusnya dilakukan oleh putra mahkota (Pangeran Wang Moo, anak pertama Taejo Wang Geon). Karena putra mahkota sedang bertugas di medan perang.


Wang So masih belum sepenuhnya percaya diri. Maka dengan melangkah penuh keraguan, ia tampil di hadapan rakyat. Dan berakhir dengan dilepari batu juga tanah liat. Kebencian rakyat karena Taejo Wang Geon malah memilih pangeran ke-4 sebagai utusan terus menuai kontra.

Gagal lah ritual hujan pada hari pertama.

Dilanjutkan di hari kedua. Dengan bantuan Hae-Soo, Wang So berubah jadi Joon Gi #hehee...jadi pangeran tampan impian semua wanita (*uhhuuk)



Semakin bahagia Wang So ketika ritual ini berhasil. Hujan turun, rakyat pun senang.

Wang So menuai pujian, tidak hanya dari rakyat, tapi juga diakui anak oleh ayah Taejo Wang Geon. Heuu...terharru....

Perjalanan panjang Wang So untuk dapet pengakuan dan kisah cinta yang gak menye-menye (iyaa lah...jaman Goryeo mau menye-menye...gak mungkin!) bikin drama ini asik di tonton bolak-balik. Chemistry antara Hae-soo dan Wang So juga dappeet banget!

Pemerintahan Taejo Wang Geon berakhir (di episode 13) pada tahun 943. Wang Geon memerintah selama 25 tahun dan di usia 66 tahun meninggal karena sakit.



Goryeo, 943-945 - Tampuk pemerintahan langsung digantikan oleh putra mahkota, Wang Mo. Dan diberi nama Raja Hyejong (pemberian nama atas dasar apa, ini aku gak tau...kayanya siih...suka-suka si Raja aja gittu...).

Hanya memerintah selama 2 tahun, karena Wang Mo sedari awal mengidap penyakit. Jadi meninggalnya karena sakit. Tapi di drama ini (seperti kata sejarawan) bahwa kemungkinan ia dibunuh oleh saudara-saudara tirinya sendiri. Karena berikutnya yang naik tahta bukan berdasarkan titah Raja sebelumnya, seperti saat Taejo Wang Geon.


Goryeo, 946-949 - Konspirasi yang dilakukan pangeran ke 3 untuk mendapatkan tahta, berhasil. Ia naik menjadi raja ketiga dinasti Goryeo karena ambisi Ibunya. Ia memberi nama pemerintahannya dengan nama Jeongjong. Dan ingin memindahkan Ibukota ke Cheondokchon, namun tidak berhasil sampai akhir hayatnya.

Masanya pemerintahannya pun hanya bertahan 3 tahun. Karena si Raja terus mendapat tekanan dari banyak pihak, ditambah halusinasi orang-orang yang sudah dibunuhnya, termasuk adik tirinya sendiri. Pangeran ke-10, Wang Eun dan seluruh keluarganya habis dihabisi oleh Wang Yo. Karena dianggap melakukan pemberontakan.


Goryeo, 949-975 - Wang So naik tahta ((horee...Rajanya Joon Gi...^^)).
Di drama ini, ia sudah menikah duluan dengan anak Raja Hyejong (yang saat itu masih usia anak-anak), dengan tujuan agar Wang So melindungi raja dari serangan penguasa-penguasa yang saat itu sedang memberontak. Dengan kedudukan yang kuat, selain sebagai saudara tiri, Wang So juga anak menantu, maka seluruh kepercayaan Raja saat itu berpusat padanya.

*seddih memang...mengingat Wang So cinta banget sama Hae-soo.
Tapi karena ini sejarah, jadi gak bisa diutak-atik seenaknya sendiri.

Untuk memperkuat posisi politiknya, ia juga menikah (lagi) dengan saudara tirinya sendiri. Permaisuri Hyeon-hwa.


Dan pemerintahan Gwangjong ini sangat fenomenal, karena mampu bertahan selama 26 tahun. Setahun lebih lama dari pemerintahan ayahandanya. Meskipun dikenal sebagai Raja yang kejam, tapi saat awal pemerintahannya ia banyak melakukan perubahan. Dari mulai membebaskan perbudakan sampai mengganti seluruh kepemerintahan dengan wajah baru. Bukan dari kalangan keluarga dan orang kaya aja.


Dan drama ini berakhir di pemerintahan Gwangjong.


Dalam drama 20 episode ini memang gak happy ending. Tapi aku cukup puas dengan endingnya yang nggantung. Justru bikin aku berimajinasi, gimana kalau pasangan #sosoocouple (sebutan untuk Wang So dan Hae-soo) ketemu di jaman sekarang...?
Pasti maniiiss deh....\^o^/

source : Instagram


Jadi pas nonton drama ini, kita ambil learning pointnya bahwa "Ingin dikenal sebagai apa kamu?"
Sebagai orang yang baik dan banyak membantu orang lain? Atau orang yang jahat?

Selain itu,
Mempunyai banyak istri dan anak belum tentu menjamin pendidikan akhlaknya.
Drama ini mengajarkan adanya sibling rivalry (persaingan antar saudara) yang kuat sekali. Demi tahta dan harta, mereka jadi mengabaikan norma-norma yang seharusnya dipegang.

Ketamakan.
Keserakahan.
Dan ambisi sangat kuat digambarkan.

Semoga kita dan keluarga dijauhkan dari sifat-sifat tersebut dan menjadi insan mulia. Karena kita akan dikenang sebagai orang yang bermanfaat bagi orang lain. Itulah tugas mulia manusia di bumi.


Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam hangat,

\ Korean Drama Addict /



Foot note:
Drama Korea itu selalu didukung sama soundtrack-soundtrack kece. Buat yang jatuh cinta banget dan susah move on sama drama yang satu ini ((seperti aku))...bisa download OST nya di link berikut :

http://www.koreanagassi.com/2016/08/ost-k-drama-moon-lovers-scarlet-heart.html

(tinggal di copas lalu masukkan ke browser kamu yaa....OST drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo lengkap!)
Selamat menikmati...^^ chingu.

source : Instagram

You Might Also Like

36 comments:

  1. aq nontonnya masih separo2 ni mbak, duh ga happy ending yaa.. jadi takut nntnnya, takut susah move on

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dianggap happy end aja deeh, teh..
      Huhhuu...abis Hae-soo dari awal memang ga ada di sejarah.

      Delete
  2. Intinya sih di drama ini, Hae Soo menang banyak! :)) Btw sapa bilang pangeran lain ngga ada yg berniat nyakitin Hae Soo? Itu Wang Yo sama Wang Won apa kabar? :D Malahan dibanding Wang Yo, aku lebih sebel Wang Won. Picik & pengecut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngetes pembaca, teh..
      Hiihhi...


      Aku ngerasa ga ada yang lebih menyakitkan selain dihukum mati kaya saat jaman Taejo Wang Geon.

      Delete
  3. dr kemarin lg gugling mau nonton drakor apalg setelah vakum setengah tahunan eh nemu ini. tp blm liat dramanya aku udah sedih baca reviewnya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan baca reviewnya, teh...

      Plot ceritanya keren dan pemainnya...daebak!
      OST nya juga enak-enak.


      Nonton...nonton...nonton!

      Delete
  4. Drama yang walaupun sedih tapi worthed bgd ditonton... Drama yang bikin galau hampir 4 bulan sebelum akhirnya menemukan Goblin. Dan berkat ahjussi goblin, jadi pindah galaunya... #deritakdramalovers...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah.
      Goblin. Goblin.

      *ayoo move ooon....

      Delete
  5. Aaawww.. Ku tak paham drama korea wkwkwkwk.. Maafkeun yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haturnuhun mba Cindra, uda baca.
      hihiii....ini kerjaan mee time aku.

      Delete
  6. Drama yang bikin saya belajar sejarah Goryeo. Sampai googling waktu galau menunggu episode selanjutnya. Kemudian cari tahu juga setelah Wang So siapa yang jadi raja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa looh...aku pun, teh...
      Waktu episode 7 yaa... Hae-soo masih ragu siapa Gwangjong.

      Aku gugling doonk...cari sejarahnya.

      Menarik yaa....drama yang membuat kita kenal sejarah negara lain.

      Delete
  7. Aku belum lihat ini, mbak... Keburu baca spoiler negatifnya.. Padahal sudah download eps 1 dan 2.. Huhuhu...

    Emang ya, kalau drama saeguk gini mesti cerita perebutan tahta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...serius.
      Ini drama bagusnya kebangetan.

      Aga aga menderita sedikit...ditahan yaa..

      Da hidup di jaman dulu..kita bisa apa?
      Hiiks...

      Delete
  8. Betul juga ya... belajar sejarah lebih menyenangkan dengan menonton drama. Kayaknya lebih mudah diingat daripada harus menghapalnya hihihi...
    Saya mah, kalo aktornya ganteng kayak sang pangeran, jadi betah nontonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, teh..
      Sejarah itu susah karena ada tahun-tahunnya ituu..

      Tapi kl dari drama, rasanya gampang nyantol...^^

      Aiih...oppa~~

      Delete
    2. Iya...memang paling gak semangat kalau harus ngapalin tahun-tahunnya ya..hihihi

      Delete
  9. Aku baru bisa move on dari drama ini setelah ada goblin. Sedih banget ngliat endingnya...Masih ngerep si ada ep ke-2 he he he
    Btw, salam kenal mbak, seneng ketemu teman blogger yang satu selera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang 2 spesial eps nya hanya beredar di Jepang yaa, mba..

      Padahal fans nya dari seluruh dunia.


      #sosoocouple shipper

      Delete
  10. udah donlot tapi sampe sekarang blum nonton.. Drama saeguk emang gitu, endingnya sering mengenaskan *kemudian teringat ending empress ki*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deeuh...Empress Ki.
      Liat Ha Ji Won sama Ji Chang Wook jadi melteed...


      Alhamdulillahnya,
      Kita tinggal di jaman sekarang yaa, mba..
      \^○^/

      Delete
  11. Saya belum nonton moon lovers mak, jadi penasaran pengen nonton deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Tian uda nonton yang Shine or Go Crazy belum..?

      *fans Jang Hyuk...
      Aku pingin donlot, tapi ga bisa-bisa teh...

      Delete
  12. haaa... aku masih blm bisa move on dari drama ini... pengen download yg versi china biar ada season 2nya tapi blm sempat2 πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang versi China dandanannya itu lhoo..

      Heuu...engga kece kaya Sa Wangja..^*^

      Delete
  13. Senang banget ketemu blogger yang korea lovers, aku sdh jarang nonton, jadi baca review ini jadi semacam obat kangen, dan menikmati setiap tulisan mba lendya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya nontonnya ga sering-sering yaa, mba..
      Bikin susah mindfulness dalam kehidupan nyata.

      Heehhe...sampe segitunya..

      Delete
  14. Saya sebenarnya kurang suka drakor yg ceritanya kerajaan2. Lebih suka yang latar waktunya zaman sekarang. Muantap Mbak Lendy reviewnya, bikin aku yg ga terlalu suka drama sejarah pengen nonton. Semoga drakornya ada temen aku yg punya gudang drakor. Hehe

    ReplyDelete
  15. Wahhh bisa juga nih referensi film koreanya mbak hehe

    ReplyDelete
  16. Saya blm pernah nonton, tapi kayaknya menarik juga. Secara tontonan Korea biasanya saya cari yg lucu2 atau drama. :)

    ReplyDelete
  17. Udah lama gak nntn drakor. Entah knapa krg suka dg genre sejarah. Tp kalo ada romannya, boleh lah

    ReplyDelete
  18. Mesti klo udah ngomongin drakor aku langsung meper. paling susah disuruh fokus menonton beginian. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Yaaah ga happy ending. Skip aah..hihihi

    ReplyDelete
  20. Pengen nonton tapi.... males baca teks terjemahan. Padahal aku suka kalk drama drama yang ada unsur sejarahnya

    ReplyDelete
  21. Beberapa Dema Korea emang bikin kepompong belajar sejarah negara itu ya Mbk. Kadang aku suka ngepoin istilah2nya dan mencocokkan di wikipedia hehe

    ReplyDelete
  22. 'Ingin dikenal sebagai apa kamu', wah self branding ya wkwkw. Memang penting banget. Bukannya mau bikin imej yg dibuat-buat, tapi kan kita juga harus memikirkan seberguna apa kita utk lingkungan xD

    Wah ada IU *.*

    Kak, nonton Hwarang ga? Hehehe

    ReplyDelete