feature,

Morinaga Chil-School Soya : Solusi Cerdas Susu Alergi Anak

Friday, June 08, 2018 Lendy Kurnia Reny 37 Comments

Bismillah,




Merawat anak itu bagi orangtua adalah belajar sepanjang masa. Tidak ada sekolahnya, namun ada pembelajaran yang diambil dari setiap kejadian. Seperti halnya saat anak-anak masih usia di bawah 2 tahun. Kami sangat hati-hati dalam memberi makanan dan produk susu tambahan di luar ASI. Mencoba dari satu produk ke produk lain. Lucunya, bila anak-anak suka produk tertentu, muncul reaksi tidak cocok dari tubuhnya. Seperti gatal atau susah BAB. Namun bila ada produk susu yang mereka tidak begitu suka ((ciri-cirinya, mereka tidak tuntas dalam meminumnya)) justru malah baik-baik saja.

Hal yang perlu saya garis bawahi adalah tidak hanya memberikan apa yang anak-anak suka, namun berefek buruk pada tubuhnya. Jadi, kami sebagai orangtua lebih memilih menambah booster dari makanan yang kami konsumsi saja. Cukupkah?

Anak Tanpa Susu, Cukupkah?

Tentu saja sebagian energi anak sudah dipenuhi dari makanan bergizi yang dia makan. Namun ada kalanya menu makanan tidak mencukupi kebutuhan zat gizi yang ada, maka diperlukan tambahan asupan zat gizi, seperti :

Vitamin & Mineral
Berperan dalam tumbuh kembang anak sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan saraf.

Whey Protein
Merupakan sumber protein yang bermanfaat dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Kalsium
Membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Vitamin D
Berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Magnesium
Membantu menjaga kepadatan tulang.



Ini hanya zat utamanya saja, belum lagi zat pendukung tumbuh kembang anak di usia emas dan berikutnya di usia sekolah. Karena baik Ai ataupun Hana sudah memasuki usia sekolah, maka solusi untuk masalah yang selama ini belum bertemu dengan susu yang pas untuk tumbuh kembangnya, alhamdulillah...bertemulah kami dengan Morinaga Chil-School Soya.



Mengapa anak-anak bisa alergi?

Mengenali macam-macam bentuk alergi ini tidak mudah. Yang kita sadari bahwa setelah melakukan sesuatu maka timbullah beberapa reaksi dalam tubuh sebagai alarm. Diantaranya :

Bengkak dan gatal 
Pilek atau bersin
Pusing 
Mual 
Muntah 
Cemas
Sesak nafas (asma) yang berat 
Reaksi kulit alergi menyeluruh


Yang umum terjadi adalah gatal pada beberapa atau keseluruhan area tubuh. Beberapa hal yang perlu diwaspai ketika beberapa hal tersebut di atas muncul adalah cek beberapa alergen berikut :



Alergi obat-obatan

Biasanya kalau ke dokter, dokter kerap bertanya perihal riwayat pengobatan pasien."Adakah alergi oleh obat tertentu?"

Hal ini dikarenakan beberapa obat seperti obat penurun panas, sulfonamid, penisilin, dan obat analgetik (penghilang rasa sakit) yang meski diminum dengan dosis rendah, akan menimbulkan efek di atas.

Alergi debu

Ini suami saya mengalaminya. Jadi saya sudah hapal sekali kebiasaan beliau, ketika bersin-bersin sampai sulit bernapas, maka ada debu di sekeliling beliau yang menganggu jalur pernapasannya. Dan debu ini tidak hanya berada di luar rumah, tungau di dalam rumah pun bisa menjadi pemicu munculnya bersin-bersin.


Alergi susu sapi

Menurut penelitian bahwa orang Asia rata-rata mengalami alergi susu sapi. Penyebabnya tentu pada kadar protein yang terkandung dalam susu sapi tersebut. Dan biasanya alergi ini muncul saat anak masih bayi atau anak-anak di bawah 12 tahun. Kemungkinan akan hilang setelah usia 12 tahun ke atas. 


Alergi seafood

Ini juga umum terjadi ketika orang yang alergi, yaitu makan-makanan laut seperti udang, tiram atau ikan.


Alergi udara dingin

Untuk yang biasa tinggal di daerah dingin, cara menanggulangi adalah dengan menghangatkan badan sebisa mungkin menggunakan selimut hangat.


Alergi telur

Ada yang alergi telur?
Ada looh...karena telur adalah makanan yang mengandung tinggi protein. Pretein dalam telur sendiri ada 3, yaitu  ovomucoid, ovalbumin, dan conalbumin. Cara menanggulanginya bisa dengan memasak telur.


Minum Susu Chil-School Soya, bisa menanggulangi alergi?

Iyaa doonk...
Untuk anak-anak yang alergi susu sapi, jelas ini merupakan kabar gembira. Dan bagi yang mengidap alergi lainnya, dengan meminum susu Soya, bisa meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun). Imunitas ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak. Sehingga saat tumbuh kembang lagi, diharapkan alergi-alergi tersebut tidak muncul terlalu sering sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Morinaga mengedukasi masyarakat melalui World Allergy Week yang merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang berfokus topik dunia tahun 2018 adalah Dermatitis Atopik atau Eksim. 


Dermatitis Atopik adalah penyakit radang kulit yang tidak menular dan bisa kambuh secara berkala, tapi juga bisa mencapai titik kronis. Umumnya, episode pertama terjadi sebelum anak berusia 1 tahun, yang selanjutnya bisa hilang dan timbul kembali. Prevalensi jenis kulit Dermatitis Atopik pada anak diperkirakan mencapai 10% - 20%, sementara pada orang dewasa sekitar 1% - 3%. 


Dan Morinaga...
Morinaga ingin menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dengan cara mengedukasi masyarakat mengenai alergi, penyebab alergi dan cara mengatasinya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai alergi ini, bisa konsultasi atau cek di website www.cekalergi.com



Kalbe Nutritionals & Morinaga Jepang,
membentuk kerjasama pada tahun 1986 untuk membuat formulasi, memproduksi dan menjual produk Morinaga di Indonesia. Dengan fokus pada Air Susu Ibu (ASI) sebagai sumber nutrisi yang paling ideal, Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas. Inovasi unggulan dari Morinaga adalah Formula Platinum, dengan sinergi nutrisi lengkap untuk Kecerdasan Multitalenta (Brain Care), Pertahanan Tubuh Ganda (Body Defense) dan Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth) untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia menjadi Generasi Platinum.



Nourishing the Platinum Generation for Platinum Nation merupakan visi Morinaga yang bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas terbaik, dan memiliki komitemen tinggi secara kontinu berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi yang unggul, yaitu Generasi Platinum. Dalam wadah Platinum Generation Center for Development, Morinaga berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan diseminasi yang terkait peningkatan kualitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang dilaksanakan secara multi-peran yaitu orang tua, guru dan tenaga medis (perawat, bidan dan dokter). Semua ini dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Sehat menuju kehidupan yang lebih baik.






Bersama Morinaga Chil-School, Ai dan Hana tumbuh dengan sehat, terutama di bulan Ramadan ini. Dimana jam makan mereka menjadi bergeser. Yang semula rutin makan di jam pagi-siang dan malam, saat shaum menjadi sahur dan berbuka serta setengah jam sebelum istirahat malam. Dan untuk minum susu, Ai dan Hana selalu semangat di waktu sahur dan berbuka berkat Morinaga Chil-School yang lezat rasa vanilla.
Dan terbukti 9 dari 10 Ibu puas & merekomendasikan Chilkid Soya solusi terbaik alergi.



Untuk info lebih lengkap follow beberapa akun sosial media Morinaga berikut :

Faceboook : Morinaga Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
Youtube : MorinagaPlatinum


#MorinagaAllergyWeek
#AlergiTetapBerprestasi
#SusuAlergiAnak
#SusuAlergi
#SusuMorinaga

#Morinaga
#ChilkidSoya
#SolusiAlergi
#AlergiAnak



Gimana Bunda sahabat lendyagasshi?
Pernah mempunyai pengalaman yang samakah?
Sharing di kolom komentar yaa...


Semoga anak-anak Indonesia sehat dan menjadi generasi unggul di masa depan.


Salam hangat,



You Might Also Like

37 comments:

  1. Menjadi ibu memang perlu banyak belajar, salah satunya hal kaya gini. Kalau di kampung mah dikira sakit apa, padahal cuma alergi.

    ReplyDelete
  2. ternyata cemas karena alergi bisa juga menyerang anak-anak ya...
    Baru nyadar juga, kalau anak anak yang tidak alergi susu sapi pun bisa diberi susu Soya, karena selama ini aku mikirnya, susu soya it khusus buat anak yang alergi...

    ReplyDelete
  3. Sampai sekarang anak2ku bahkan ortunya jg masih minum susu hehe.
    Wah sekarang Morinaga ada susu soya-nya ya mbak. Alternatif buat anak2 yang alergi susu protein hewani ya...

    ReplyDelete
  4. Betul. Bayi dan anak anak rentan alergi susu sapi, makadari itu banyak dokter menganjurkan ke susu soya atau susu kambing ^^

    ReplyDelete
  5. Anak aku juga minum. Ini takarannya harus pas biar berasa enak. Ga kebanyakan air. Anak aku nagih minumnya

    ReplyDelete
  6. Wah ada juga yang kedelai ya kak, mengatask kebingungan karena rata2 susu formula cuma dari susu sapi hihi

    ReplyDelete
  7. Dulu Alma pakai susu alergi juga awal2 morinaga juga karena bapaknya punya riwayat alergi. Kalo yang soya ini belum pernah coba sih.

    ReplyDelete
  8. Berhadapan dengan alergi susu ini cukup ribet juga ya. Terutama bagi para ibu, pasti takut jika bayi ada gatal dan jistru mengarah ke apa-apa gitu. Ya, memang perlu juga sih ada waspada sama pencegahan dengan memberikan beberapa bahan lain seperti soya gitu. Dan pasti ya harus terasa enak di mulut anak kita sendiri. Jadi mau nyoba nih, hahaha.

    ReplyDelete
  9. Kalo anak2 di keluargaku lumayan sering tuh alergi seafood tp beberapa jenis aja kaya udang atau kerang tertentu. Kalau dewasa ya minum obat, nahan2 gatel. Tp bagi anak emang kasian. Makanya kudu waspada

    ReplyDelete
  10. Ghaza tuh alergian! Menerima warisan dari aku dan ayahnya yang juga punya bakat alergi hehehe...
    Kalau alerginya parah wihhhh bisa rewel seharian, bikin sakit kepala deh! Hahaha

    ReplyDelete
  11. Alergi tuh bisa bikin emosional anak terganggu juga. Soalnya disuruh minum obat terus, makanan harus pilih-pilih, dll...
    Untung yaa ada Morinaga Chil school soya :)

    ReplyDelete
  12. Anak keduaku dulu alergi susu sapi, makanya sempat minum susu soya. Jadi kebantu banget nih varian soya

    ReplyDelete
  13. Iya, susu soya memang bagus untuk anak dengan berbagai alergi. Syukurlah ada inovasi semacam ini, karena bagaimanapun susu adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak.

    ReplyDelete
  14. Seru ini susu kesayangan anak-anakku. Faris suka susu ini saat bayi minum susu morinaga. semoga alergi dapa diminimalisir ya

    ReplyDelete
  15. Wah asik ya kl ada ini, jd bs lbh tahan terhadap hal-hal yang membuat alergi dan ga membatasi anak utk beraktivitas deh nantinya :)

    ReplyDelete
  16. Senangnya, Morinaga bisa mengeluarkan produk untuk anak alergi. Sehingga semua anak bisa terus berprestasi. Rasanya pun enaak!

    ReplyDelete
  17. Jangankan balita, saya pun masih punya alergi yaitu alergi dingin dan telur. Untungnya gak alergi susu. Tapi tenang saja ya sekarang bagi anak yg alergi susu, morinaga sdh memberikan yg terbaik untuk mengatasinya. Nutrisi bisa masuk tanpa efek samping alergi.

    ReplyDelete
  18. Dulu agak ragu, apa bisa nutrisi yang terkandung dalam soya akan sebaik yang ada pada susu sapi. Ternyata bisa aja loh, apalagi sekelas morinaga yaa. Soya iya, tapi tetep kandungan nutrisinya full

    ReplyDelete
  19. saya tidak menyangsikan susu ini karena adik saya yang paling kecil susunya adalah morinaga.. dan saat ini saya melihat hasilnya seperti apa :)

    ReplyDelete
  20. Boleh dicoba nih ya sama yg alergi Susu sapi. Aku juga alergi telur waktu kecil.

    ReplyDelete
  21. Wah boleh coba nih buat si kecil yang suka alergi

    ReplyDelete
  22. Pernah khawatir Ranu punya bakat alergi, tp Alhamdulillah enggak. Beberapa anak tmn yg alergi sedari bayi, minumnya susu soya. Soluai bgt deh ya

    ReplyDelete
  23. Wah menarik nih..ada website khusus cek alergi. Terima kasih morinaga..

    ReplyDelete
  24. Waktu saya kecil, saya asma parah, seharusnya minum susu ini bagus ya. Sayangnya jaman saya kecil belum ada susu soya sebagus ini hehe

    ReplyDelete
  25. Sekarang lebih enak ya, sudah banyak produk susu untuk anak alergi, jadi orangtua lebih nyaman

    ReplyDelete
  26. Rashya bgt nih alergi... Mungkin nanti kalau udah lepas asi bakal nyoba chilkid soya...

    ReplyDelete
  27. Seneng ya jadi ortu jaman sekarang, lebih banyak akses informasi soal alergi. Ga kayak waktu kita masih bocah dulu, cuma dari meia cetak dan belum tentu bisa diakses semua orang. Aku nih penderita alergi (makanan) dan lumayan parah *malah curhat*

    ReplyDelete
  28. Dulu Akram alergi susu sapi, semenjak minum chilkid dan chilgo jadi enggak alergi lagi

    ReplyDelete
  29. Sama nih anakku dulu juga konsumsi susu hypo alergenic dan baru berhenti Maret 2018 kemarin karena saya mencoba mengganti dan ingin tau. Alhamdulillah sih sekarang masih aman-aman saja belum ada tanda-tanda alergi lagi.

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah ya ada Morinaga Chilkid Soya ini. Bikin anak-anak alergi susu sapi tetep bisa dapet nutrisi yang bagus. Dan jelas, ini bikin tumbuh kembangnya optimal. Bisa pinter dan berprestasi juga deh.

    ReplyDelete
  31. Rasi ada alergi juga, Teh. Cuman belum tahu alergi apa. Agak cemas juga nih alergi susu.
    Makasih rekomendasi produknya.

    ReplyDelete
  32. Waktu kecil aku alergi telur teh, sering banget gatel + mata bintitan, walopun alergi tetep suka makanya langganan tuh kenanya. Sayang dulu belum ada Morinaga soya jaman ku kecil hihi

    ReplyDelete
  33. Morinaga memang nitrisinya yinggi ya... Rasanya jg enak anak2 ku suka :)

    ReplyDelete
  34. Inovasi dari Morinaga bikin tenang hati orang tua :)

    ReplyDelete
  35. Suka ribet kalo dah kena alergi. Untung ada morinaga yah

    ReplyDelete
  36. Kalau anak alergi susunya harus khusus ya, cari yang nutrisi tinggi dan rasanya enak pastinya biar tetap suka minum susu

    ReplyDelete