Blogger,

Museum Biofarma : Wisata Edukatif Interaktif

Sunday, July 29, 2018 Lendy Kurnia Reny 65 Comments

Bismillah,


Sebagai seorang sarjana science, aku merasa sudah lama sekali tidak mengikuti perkembangan teknologi ilmu pengetahuan dimana tempat aku dulu melakukan kehidupan. Dari mulai membaca paper penelitian, berlama-lama di lab hingga asistensi hasil penelitian ke dosen pembimbing.

Rindu sekali rasanya...

Namun,
Rinduku terobati sudah karena dibukanya museum Biofarma di Bandung.



Museum yang terletak masih dalam satu lokasi dengan kantor Biofarma ini sangat unik. Karena mengusung tema edukasi yang interaktif. Sehingga, bisa dinikmati oleh anak-anak sekalipun.
Awal masuk ke museum Biofarma, kita akan disambut dengan media layar sentuh yang kekinian sekali di sebelah kiri pintu masuknya. Di situ, tertulis berbagai informasi mengenai Biofarma. Dari mulai sejarah Biofarma dari masa ke masa, proses produksi vaksin hingga macam-macam produk vaksin dari Biofarma.

Pintu masuk Museum Biofarma, Bandung

On model : Nabil
Anak-anak akan penasaran dan senang sekali berlama-lama di sini.
Karena informasi yang disajikan tidak hanya berbentuk tulisan, namun juga gambar dan foto yang menarik.

Masuk ke ruangan museum Biofarma berikutnya, ada layar yang memperlihatkan diorama sejarah Biofarma. Dan di ruangan ini, terdapat para researcher yang berjasa mengembangkan penelitian di Biofarma.

Sayang saat kami ke sini, diorama yang diputar sudah berakhir.
Jadi kalau memang berniat main ke Museum ini, lebih seru dilakukan berkelompok.
Sehingga tidak ada informasi yang terlewat.

Masuk ke ruangan demi ruangan berikutnya, makin seru. Karena bakalan ada barang kenangan seperti mikroskop dari jaman gak enak, sampai mikroskop jaman now, yang pastinya sudah sangat jauh lebih canggih dan presisi.

Penasaran sama bagaimana bikin vaksin hingga proses distribusi ke seluruh Indonesia hingga seluruh dunia?

Di museum mungil ini pun juga di ceritakan loo...lengkap.


Berikut tools cara membuat vaksinnya.... Kereen yaaa...

Di akhir perjalanan, ada ruangan dengan pajangan buku kuno yang instagramable banget deeh...
Berfoto bersama buku lawas tersebut, sungguh mengingatkanku saat membaca buku Harry Potter. Hiihii~

Untuk keluar dari museum Biofarma, kita akan kembali ke pintu masuk semula. Jadi perjalanan berkeliling museum sungguh benar mengitari ruang demi ruang yang seakan bercerita kepada pengunjung.


Jadi,
Siapa bilang ke museum itu membosankan?
Belum ke Museum Biofarma siih... πŸ˜ƒ


If you feel alone
Just remember that 
"There are millions of cells in your body, and all they care about is YOU."


Biofarma

Adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah dan satu-satunya produsen vaksin serta antisera bagi manusia yang berkualitas Internasional.

Vaksin adalah bakteri/virus yang sudah dilemahkan kemudian dimasukkan ke dalam tubuh seseorang  (dengan cara disuntikkan atau diteteskan) untuk membentuk kekebalan tubuh (imunitas) secara aktif dalam tubuh seseorang tersebut.

Antisera adalah cairan tubuh yang mengandung sistem kekebalan terhadap suatu kuman. Apabila dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, maka orang tersebut akan mempunyai kekebalan terhadap kuman yang sama (imunitas pasif). 

Lebih mudahnya,
Vaksin diberikan saat kita belum sakit sebagai upaya pencegahan. Jika antisera (atau serum) diberikan sebagai anti-bakteri dari suatu penyakit.


Maka dari itu, mari kita sukseskan program pemerintah yakni memberikan vaksin-vaksin wajib untuk anak batita dan balita agar terhindar dari sebuah wabah penyakit yang rata-rata berbahaya apabila sudah terjangkit. Jarang bisa diobati dan lebih parahnya, menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

Lalu bila sudah dewasa, apakah masih tetap perlu vaksin rutin?
Jawabannya adalah iya.
Sebagai langkah preventif dari suatu penyakit dan membentuk imun tubuh yang lebih baik.


Dalam acara kali ini, kami para blogger diberikan vaksin flu.
Untuk pencegahan virus flu yang ternyata itu adalah jenis penyakit yang paling diremehkan, namun jika dibiarkan pasti sangat mengganggu aktivitas.

Perbedaan antara common cold, flu dan alergi
(source : sehat magazine)

Salah satu tips dari pencegahan flu adalah dengan rutin melakukan vaksin flu setahun sekali.
(source : momsdaily)

Vaksin Flu ini dimasukkan dengan cara disuntik (injeksi).
Vaksin influenza ini diberikan kepada orang sehat usia 12 tahun keatas dengan dosis 0,5 mL per dosis secara intramuskular pada otot deltoid.
Karena secara alami, influenza bersifat musiman, pemberian vaksin direkomendasikan sekali dalam setahun.


Untuk mendapatkan vaksin flu, kita harus kemana?
Untuk warga Bandung, bisa dilakukan di Biofarma.

PT Bio Farma (Persero) :

Jl. Pasteur No.28, Pasteur, Sukajadi
Kota Bandung, Jawa Barat 40171

Telp : +62 22 2033755
Fax : +62 22 2041306
mail@biofarma.co.id

http://www.biofarma.co.id

Jam Operasional :

Tiap hari kerja Senin - Jum'at : 07.00 - 16.00
Sabtu dan Minggu tutup


Biaya :

Rp 260.000,- / vaksin
(Harga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung sosialisasi dari Biofarma




Untuk tahu sekilas tentang Museum Biofarma, bisa lihat video berikut yaaa...sahabat lendyagasshi.


Be healthy . . .


Salam hangat,




You Might Also Like

65 comments:

  1. Ya ampun desain bangunannya keren banget. Isinya apalagi!! Mantap

    ReplyDelete
  2. 5 th di bandung baru tau ada museum biofarma ><

    ReplyDelete
  3. Bandung ya...kok mau kesini juga aku mbak Lend... sekalian liburan dan meet up. Mirip2 HOS mungkin ya kalo di Surabaya...jadi kantor ama museum jadi 1...eh dekatan gitu maksudnya

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu deh kalo ternyata Bio Farma ada museum-nya juga. Padahal waktu itu pengen ikutan juga tuh, sayang waktunya bentrok hiks

    ReplyDelete
  5. Wah keren jalo Biofarma ada museumnya. Saya baru ngeh sama Biofarma ini. Saya cuma tahu PBF (Perusahaan Besar Farmasi) swasta padahal BUMN jg ada, ya. Yang BUMN saya tahunya Kimia Farma doang hehe. Terima kasih ya sudah berbagi. Jasi tahu deh saya

    ReplyDelete
  6. keren ya teh mueseumnya sayang banget kemarin ga bisa ikutan padahal kalau bisa seru juga liat museum ini

    kalau mau ajakin anak2 mesti cuti dulu ini mah yah soalnya jam kerja bukanya :p

    ReplyDelete
  7. Ingin ajak Vito wisata edukasi ke sini. Jazzakillah mbak sharingnya. 😘

    ReplyDelete
  8. aku menyesal tidak ikut acara ini.
    Qsediihhh

    ReplyDelete
  9. Unik dan canggih ya jadi pengen di vaksin flu deh

    ReplyDelete
  10. Ih, aku belom pernah masuk ke museum Biofarma ini. Penasaran. Unik ya, beda dari museum biasa. Karena temanya memang khusus. Kudu deh nanti sewaktu-waktu ke sana.

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin pengen banget ikutan kesini, tapi weekday ku kerja. Apa museumnya juga cuma buka weekday ya teh? Balada pegawai yang cuma libur weekend.. Huhu

    ReplyDelete
  12. Edukasi di museumnya interaktif ya mba? Pantesan anak ga bosen di sini ya.

    ReplyDelete
  13. Duuh, sayang kemarin gak bisa ikut datang ke Museum Bio Farma. Kayaknya perlu bawa anak-anak ke sana. Apalagi museumnya mengusung tema edukasi yang interaktif. Pasti anak-anak suka,deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nyesel juga gak ikut eventnya, soalnya gak bisa ikut di vaksin flu, Teh

      Delete
  14. Jadi penasaran gimana proses pembuatan vaksin, tfs mbak. Seru banget wisata edukatifnya

    ReplyDelete
  15. Kalau museumnya bagus kayak begitu, anak-anak juga bisa senang sekaligus dapat ilmunya

    ReplyDelete
  16. sesekali boleh juga nih main ke tempat begini, kita jadi wisata sambil belajar, apalagi kalau tempatnya menyenangkan untuk anak-anak

    ReplyDelete
  17. Yaaa sayang Sabtu dan Minggu tutup ya :(
    Kyknya kalau anak2 ke sana mungkin hanya bisa saat ada fieldtrip ma gurunya.
    Semoga juga dibuka sat Sabtu jd bisa ke sana ma ortu hehe.
    Dulu gagal main ke Biofarma hiks, moga ada kesempatann ke sana :D

    ReplyDelete
  18. Teh, kok gak dipasang juga spot foto instagramable yang kayak bukunya harry potter. Padahal penasaraaan ~~~


    Kukira gak ada teh, vaksin untuk flu biasa. Aku termasuk yang sering flu, kalo kena debu sama dingin sih. Kubaru tau kalo ada vaksinnya. Tapi hmmm itu di Bandung aja kah?

    ReplyDelete
  19. waaah terakhir kesana lebih dari 5 tahun lalu, kayaknya lum ada yaa? Seru ini!!! Buat anak bermain sambil sains edukasi!

    ReplyDelete
  20. Lhooo baru tau kl ada museumnya segala, padahal sering ngelewatin kalau pas muter balik mau ke PVJ huehe.

    ReplyDelete
  21. Duuh, pengen ke Bandung, ajak anak-anak ke museum biofarma, ntar ah diagendakan hehehe

    ReplyDelete
  22. Ternyata vaksin flu itu setahun sekali ya? Hmm... Aku baru tau.. Hehe

    ReplyDelete
  23. Aku mentok ke museum sejarah. Padahal ya mau juga ke musium lain kaya biofarma


    Itu vaksinnya kayanya aku butuh juga

    ReplyDelete
  24. saya dulu di kantor pernah vaksin flu mba.. dan memang kata perawat akan membantu mencegah kena flu dan meningkatkan daya tahan tubuh.. tapi tetap aja sih kalau kondisi gak fit kita bisa saja terkena flu

    ReplyDelete
  25. Seruuuu banyak manfaatnya berkunjung ke museum. Ini produsen obat obatan ya. Kece jg udah Ada museumnya . Menambah literasi informasi ttg wisata edukatif penting banget.. salut until lendy

    ReplyDelete
  26. Kangen ke Museum deh jadinya, terus baru tau kalo flu juga ada vaksinnya hahahah jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  27. Wah para researcher berjasanya dipajang:) keren ih pe ada museumnya. Temenku ada yang kerja di Biofarma juga.

    ReplyDelete
  28. Museum yang menyenangkan sepertinya...
    aku belum pernah dapat wah vaksin flu nih...
    meskipun bukan penyakit yang membahayakan, flu cukup mengganggu juga ya... kalau udah dapat vaksin gini lega ya...

    ReplyDelete
  29. Seru bsnget ya teh kalau main ke museum begini, pastinya bsnyak banget manfaatnya kalau main ke museum gini

    ReplyDelete
  30. Beruntungnya Mbak Lendy bisa ikut tur edukatif ke Museum Biofarma ini. Informasinya sangat berguna dan menarik apalagi untuk yg memperhatikan kesehatan. Aku jadi pengen ke sana juga.

    ReplyDelete
  31. Di Bandung ada museum Biofarma toh. Pasti banyak hal yang bisa dipelajari dalam museum ini. Jadi inget kalo aku pernah gagal tes untuk masuk jurusan farmasi πŸ˜†

    Iyalah.. aku kan anak IPS tapi malah ikut-ikutan pengen jadi anak IPA...

    ReplyDelete
  32. Aku belum nyoel-nyoelin layar sentuhnya ih hahahaha. Ke sana algi, yuk?

    ReplyDelete
  33. Uwaaaaa... menarik ya Lend. Kalau datang ke sini, maka wawasan tentang vaksin akan terbuka. Setidaknya, bisa tahu alasan2 kenapa vaksin harus diberikan dan bagaimana pengelolaan pemberiaan vaksin. Keren!

    ReplyDelete
  34. Museumnya baguss bangett ! informatif dan menyenangkan deh mbaa

    ReplyDelete
  35. Wah bagus nih..
    Berwisata sembari belajar..

    Pasti seru, jadi pengen kesana deh..

    ReplyDelete
  36. Wah kpn2 ajak jav main ke museim biofarma ah...

    ReplyDelete
  37. wah keren nih museumnya.. jadi inget pernah berkunjung ke biofarma..

    ReplyDelete
  38. Cakep museumnya, cerah ga kayanya museum2 sejarah yg gelap2an hahaha

    ReplyDelete
  39. wah seruuu, pengen berkunjung juga. Aku suka banget sama museum- museum mbaa, soalnya bisa dapat banyak informasi banyak :D

    ReplyDelete
  40. Keren banget museum Biofarma, pengen ke sana ih ajak Fathan dan Fakhira, semoga berjodoh nih waktunya

    ReplyDelete
  41. Bagus banget kalo ada museum semacam ini, jadinya kita belajar langsung hanya dengan berkunjung.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah ya mbk, bisa mengobati kerinduan gitu soal masa2 belajar science pas sarjana dlu. Museumnya jg asyik ya mbk.

    ReplyDelete
  43. Aku sekarang ini gampang banget flu mbak, nggak cuma saat cuaca dingin aja cuaca panas pun bikin flu..kayaknya perlu vaksin flu ya mbak.

    ReplyDelete
  44. Eh ada ya museum Biofarma.Aduh, saya kemana aja sampe ga tahu. Untung ke blog Mba Lendy.

    ReplyDelete
  45. Baru tau klo di Bandung ada Museum ini, dulu 5 tahun di Bandung aku kemana aja yah, di dalam goa kayaknya hahhaa. Tumben mba ga bahas drakor hihihi

    ReplyDelete
  46. Namanya museum tapi di dalamnya serba teknologi tinggi ya, mba.
    Begitulah memang seharusnya, saling bersinergi untuk kebaikan bersama!

    ReplyDelete
  47. Woow, masuk dalam 10 destinasi Bandung ya? Wajib dikunjungi nih klo ke Bandung, bisa dapat ilmu bisa sehat juga.
    Asyiik banget ya Mbak.
    Biofarma ini lagi ngehits kayaknya sejak vaksin2 ini yah. :)

    ReplyDelete
  48. Bisa melihat proses produksi vaksin hingga macam-macam produk vaksin ya di Biofarma. Aku dulu mau berangkat haji juga disarankan vaksin flu dulu

    ReplyDelete
  49. Sayang banget weekend malah tutu ya, Mbak. Padahal saya kalau ke Bandung paling bisanya Sabtu - Minggu. Semoga bisa ke Bandung saat hari kerja

    ReplyDelete
  50. Edukatif sekali ya museum Biofarma. Seharusnya semua guru dan orangtua diajak ke sini biar melek pro vaksin:)

    ReplyDelete
  51. Andai museum kaya gini ada di banyak kota, bisa sekalian mengedukasi vaksin ya kaan..

    ReplyDelete
  52. museumnya wah kaya informasi banget ya pantesan memang anak2 betah di situ
    makasih tips nya mbak anakku kebetulan lg flue huhuhu
    semoga kalo udah sembuh ga sering2 lg flu karena ngikuti tips nya

    ReplyDelete
  53. Penting banget ni museum, ada bagian edukasi vaksinnya ya. Jadi bisa punya bayangan yang rinci tentang pembuatan vaksin. :) Vaksin flu itu apakah bisa untuk common flu? atau untuk flu sejenis flu H5N1 gitu mbak?

    ReplyDelete
  54. Aku jadi lupa lupa ingat udah pernah ke museum ini apa belum ya?Kalaupun udah kayaknya udah lama banget deh. Aku sih senang ajak anak ke museum seperti ini karena menambah wawasan anak :)

    ReplyDelete
  55. Wah keren bgt isinya. Catet ah buat kalo ntar ke bandung. Makasih infonya ya ��

    ReplyDelete
  56. Anakku maniak sama Museum, dia belum tau soal Museum Biofarma ini nih. Nanti mau diajakin ah kesana apalagi kalau tau ada cara pembuatan vaksin pasti ida antusias.
    Museum skr dibuat semnarik mungkin ya biar pengunjungnya gak bosan

    ReplyDelete
  57. Imi tempat kece banget sih, liburan dapet, belajarnya juga dapet. Coba ada di Batam.

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah kesempatan emas babgba ya mba Lend bisa berkunjung ke sini. Aku juga kepengen hiks 😁 bisa main Museum Biofarma. Penasaran.

    ReplyDelete
  59. Museumnya terlihat antik ya mba. Aku belum pernah mampir ke sini nih..menarik untuk dikunjungi dengan anak-anak yaaa

    ReplyDelete
  60. Kalau museum secantik itu tentunya anak2 pun enggak bakalan bosen ya. Biasanya kan museum itu suram. Kalau yg seperti museum biofarma ini orang tua bisa sekalian menjelaskan berbagai hal terkait dengan farmasi.

    ReplyDelete
  61. Wah jadi tahu sejarah vaksin ya. Sudah halal kan, karena diproduksi langsung di Indonesia? Asiknya dapat vaksin flu.

    ReplyDelete
  62. saya kalo pergantian musim sering terkena flu, Mba. Sekarang juga tenggorokan lagi sakit nih karena di sekitar rumah lagi ada penimbunan jalan pake tanah kapur jadi banyak debu yang masuk ke rumah :(

    ReplyDelete
  63. Mbak Len, saya penasaran. Kalo habis vaksin flu, berarti aman ya klo ada orang yang flu i dekat kita. Kemungkinan besar tidak tertular ya?

    ReplyDelete