Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Sejarah Goryeo Dalam Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Kali ini aku mau bahas drama Saeguk. Genre drama yang paling jarang aku masukin list drama wajib tonton. Haahhaa...((ketawa pedih)), soalnya nontonnya mesti penuh aura kesedihan, kemarahan dan kekhawatiran.
Kenapa yaa...?
Mungkin karena aku salah satu jenis penonton yang selalu nganggep drama itu adalah cerminan kehidupan kita sehari-hari. Aku juga udah masuk tahap orang yang susah membedakan mana kenyataan dan cerita.

Yah,
termasuk saat nonton Drama berjudul Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo. Oh yaa, sebelumnya aku mau cerita kalau drama ini adalah kisah sejarah pada dinasti Goryeo. Jadi semua yang diceritakan based on true story. Hanya saja ada tokoh khayalan dari writer-nim, yaitu si Hae-soo (diperankan oleh Lee Ji-Eun atau IU, lead female dalam drama ini).



Kalau belajar sejarahnya pakai drama, kayanya mah...jadi gampang ngapalinnya yaa...apalagi diperanin sama aktor cakep ((macam Lee Joon Gi)). Waah...gak kerasa malah hapal sendiri.


Kenalan dulu yuuk...sama pemainnya :



Lee Joon Gi sebagai Wang So (Gwangjong)

Karakter :
Berpendirian kuat, loyal, setia (termasuk dalam hal asmara). Di drama ini, dikisahkan Wang So setia banget sama Hae-soo, meskipun mereka tidak bisa menikah karena politik dan urusan negara.
Dan dalam sejarah pun, Wang So hanya memiliki 2 istri (tanpa selir).









Lee Ji-eun (IU) sebagai Hae-soo (Go Ha-jin)

Karakter :
Ceria, perhatian sama semua orang yang berada di sekelilingnya, dan senang membantu.
*emm...standar tokoh lead female pada umumnya.

Dan jadi agak complicated karena dari 8 pangeran, 4 diantaranya pada suka sama doi. Kisah cintanya dibalut sangat indah. Kesannya Hae-soo tetep wanita yang setia (meskipun dengan dua hati).





Ki - Ka : Wang Wook, Wang Jung, dan Wang Eun

Selain Wang So, ketiga pangeran di atas ini yang juga jatuh cinta sama Hae-so. Meskipun 4 pangeran lainnya gak cinta, tapi gak ada niatan untuk nyakitin kok. Memang irama nonton drama saeguk kan...agak-agak bikin stres yaa...


Korea, 2016 - Seorang wanita tengah menikmati minuman soju di pinggir danau. Sambil memegang cermin, ia mengamati wajahnya yang lebam dan berkata "Aku ingin melupakan semuanya dan tidur selama seribu tahun. Tapi itu gak mungkin."
Sambil terus meracau nasib yang tengah diderita, tiba-tiba ia melihat ada anak kecil yang akan tenggelam di danau. Awalnya gadis yang bernama Go Ha-jin ini tidak ingin ikut campur urusan orang lain, karena masalahnya sendiri aja uda cukup bikin doi termehek-mehek.

Tapi karena dasar orangnya baik, maka ia berlari dan menceburkan diri di danau untuk menyelamatkan si bocah. Si anak berhasil ditarik ke atas perahu, namun sayang...Ha-Jin malah tenggelam.



Goryeo, 918-943 - Diperintah oleh Taejo Wang Geon, seorang raja yang berlatar belakang dari keluarga pedagang yang kaya raya. Pada masa pemerintahannya, Wang Geon berhasil mempersatukan Korea dalam skala besar dan bertahan hingga 400 tahun. Untuk menstabilkan politik, Wang Geon menikah dengan banyak istri dan selir. Kalau aku hitung niih...ada 27 istri dan 35 orang anak.

Dalam drama ini, diceritakan ada 8 pangeran.
♔ Wang Mo (Ibunda : Permaisuri Janghwa)
♔ Wang Yo, Wang So dan Wang Jung (Ibunda : Permaisuri Sinmyeongsunseong)
♔ Wang Wook (Ibunda : Permaisuri Jeongdeok)
♔ Wang Won
♔ Wang Eun
♔ Wang Baek-ah



"Wang" yang artinya raja, namun juga punya arti lain...yaitu memang nama marga dari Wang Geon sendiri. Jadi anak-anaknya sudah bermarga "Raja" selagi kecil. Hoohoo...

Drama bergulir tentang kehidupan istana dan bagaimana akhirnya Wang So (pangeran ke 4) bisa naik tahta padahal awalnya Wang So dikucilkan oleh keluarga kerajaan karena memiliki bekas luka di wajahnya. Itulah kenapa Wang So pakai topeng ((tapi tetep ganteng, karena tatapan matanya yang galak...#eh)) di awal-awal episode sampai ada kejadian ritual memanggil hujan.


"Atas kehendak langit" Wang So terpilih menjadi pemimpin ritual doa meminta hujan yang seharusnya dilakukan oleh putra mahkota (Pangeran Wang Moo, anak pertama Taejo Wang Geon). Karena putra mahkota sedang bertugas di medan perang.


Wang So masih belum sepenuhnya percaya diri. Maka dengan melangkah penuh keraguan, ia tampil di hadapan rakyat. Dan berakhir dengan dilepari batu juga tanah liat. Kebencian rakyat karena Taejo Wang Geon malah memilih pangeran ke-4 sebagai utusan terus menuai kontra.

Gagal lah ritual hujan pada hari pertama.

Dilanjutkan di hari kedua. Dengan bantuan Hae-Soo, Wang So berubah jadi Joon Gi #hehee...jadi pangeran tampan impian semua wanita (*uhhuuk)



Semakin bahagia Wang So ketika ritual ini berhasil. Hujan turun, rakyat pun senang.

Wang So menuai pujian, tidak hanya dari rakyat, tapi juga diakui anak oleh ayah Taejo Wang Geon. Heuu...terharru....

Perjalanan panjang Wang So untuk dapet pengakuan dan kisah cinta yang gak menye-menye (iyaa lah...jaman Goryeo mau menye-menye...gak mungkin!) bikin drama ini asik di tonton bolak-balik. Chemistry antara Hae-soo dan Wang So juga dappeet banget!

Pemerintahan Taejo Wang Geon berakhir (di episode 13) pada tahun 943. Wang Geon memerintah selama 25 tahun dan di usia 66 tahun meninggal karena sakit.



Goryeo, 943-945 - Tampuk pemerintahan langsung digantikan oleh putra mahkota, Wang Mo. Dan diberi nama Raja Hyejong (pemberian nama atas dasar apa, ini aku gak tau...kayanya siih...suka-suka si Raja aja gittu...).

Hanya memerintah selama 2 tahun, karena Wang Mo sedari awal mengidap penyakit. Jadi meninggalnya karena sakit. Tapi di drama ini (seperti kata sejarawan) bahwa kemungkinan ia dibunuh oleh saudara-saudara tirinya sendiri. Karena berikutnya yang naik tahta bukan berdasarkan titah Raja sebelumnya, seperti saat Taejo Wang Geon.


Goryeo, 946-949 - Konspirasi yang dilakukan pangeran ke 3 untuk mendapatkan tahta, berhasil. Ia naik menjadi raja ketiga dinasti Goryeo karena ambisi Ibunya. Ia memberi nama pemerintahannya dengan nama Jeongjong. Dan ingin memindahkan Ibukota ke Cheondokchon, namun tidak berhasil sampai akhir hayatnya.

Masanya pemerintahannya pun hanya bertahan 3 tahun. Karena si Raja terus mendapat tekanan dari banyak pihak, ditambah halusinasi orang-orang yang sudah dibunuhnya, termasuk adik tirinya sendiri. Pangeran ke-10, Wang Eun dan seluruh keluarganya habis dihabisi oleh Wang Yo. Karena dianggap melakukan pemberontakan.


Goryeo, 949-975 - Wang So naik tahta ((horee...Rajanya Joon Gi...^^)).
Di drama ini, ia sudah menikah duluan dengan anak Raja Hyejong (yang saat itu masih usia anak-anak), dengan tujuan agar Wang So melindungi raja dari serangan penguasa-penguasa yang saat itu sedang memberontak. Dengan kedudukan yang kuat, selain sebagai saudara tiri, Wang So juga anak menantu, maka seluruh kepercayaan Raja saat itu berpusat padanya.

*seddih memang...mengingat Wang So cinta banget sama Hae-soo.
Tapi karena ini sejarah, jadi gak bisa diutak-atik seenaknya sendiri.

Untuk memperkuat posisi politiknya, ia juga menikah (lagi) dengan saudara tirinya sendiri. Permaisuri Hyeon-hwa.


Dan pemerintahan Gwangjong ini sangat fenomenal, karena mampu bertahan selama 26 tahun. Setahun lebih lama dari pemerintahan ayahandanya. Meskipun dikenal sebagai Raja yang kejam, tapi saat awal pemerintahannya ia banyak melakukan perubahan. Dari mulai membebaskan perbudakan sampai mengganti seluruh kepemerintahan dengan wajah baru. Bukan dari kalangan keluarga dan orang kaya aja.


Dan drama ini berakhir di pemerintahan Gwangjong.


Dalam drama 20 episode ini memang gak happy ending. Tapi aku cukup puas dengan endingnya yang nggantung. Justru bikin aku berimajinasi, gimana kalau pasangan #sosoocouple (sebutan untuk Wang So dan Hae-soo) ketemu di jaman sekarang...?
Pasti maniiiss deh....\^o^/

source : Instagram


Jadi pas nonton drama ini, kita ambil learning pointnya bahwa "Ingin dikenal sebagai apa kamu?"
Sebagai orang yang baik dan banyak membantu orang lain? Atau orang yang jahat?

Selain itu,
Mempunyai banyak istri dan anak belum tentu menjamin pendidikan akhlaknya.
Drama ini mengajarkan adanya sibling rivalry (persaingan antar saudara) yang kuat sekali. Demi tahta dan harta, mereka jadi mengabaikan norma-norma yang seharusnya dipegang.

Ketamakan.
Keserakahan.
Dan ambisi sangat kuat digambarkan.

Semoga kita dan keluarga dijauhkan dari sifat-sifat tersebut dan menjadi insan mulia. Karena kita akan dikenang sebagai orang yang bermanfaat bagi orang lain. Itulah tugas mulia manusia di bumi.


Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam hangat,

\ Korean Drama Addict /



Foot note:
Drama Korea itu selalu didukung sama soundtrack-soundtrack kece. Buat yang jatuh cinta banget dan susah move on sama drama yang satu ini ((seperti aku))...bisa download OST nya di link berikut :

http://www.koreanagassi.com/2016/08/ost-k-drama-moon-lovers-scarlet-heart.html

(tinggal di copas lalu masukkan ke browser kamu yaa....OST drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo lengkap!)
Selamat menikmati...^^ chingu.

source : Instagram

100 comments for "Belajar Sejarah Goryeo Dalam Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo"

  1. aq nontonnya masih separo2 ni mbak, duh ga happy ending yaa.. jadi takut nntnnya, takut susah move on

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dianggap happy end aja deeh, teh..
      Huhhuu...abis Hae-soo dari awal memang ga ada di sejarah.

      Delete
  2. Intinya sih di drama ini, Hae Soo menang banyak! :)) Btw sapa bilang pangeran lain ngga ada yg berniat nyakitin Hae Soo? Itu Wang Yo sama Wang Won apa kabar? :D Malahan dibanding Wang Yo, aku lebih sebel Wang Won. Picik & pengecut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngetes pembaca, teh..
      Hiihhi...


      Aku ngerasa ga ada yang lebih menyakitkan selain dihukum mati kaya saat jaman Taejo Wang Geon.

      Delete
  3. dr kemarin lg gugling mau nonton drakor apalg setelah vakum setengah tahunan eh nemu ini. tp blm liat dramanya aku udah sedih baca reviewnya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan baca reviewnya, teh...

      Plot ceritanya keren dan pemainnya...daebak!
      OST nya juga enak-enak.


      Nonton...nonton...nonton!

      Delete
  4. Aaawww.. Ku tak paham drama korea wkwkwkwk.. Maafkeun yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haturnuhun mba Cindra, uda baca.
      hihiii....ini kerjaan mee time aku.

      Delete
  5. Drama yang bikin saya belajar sejarah Goryeo. Sampai googling waktu galau menunggu episode selanjutnya. Kemudian cari tahu juga setelah Wang So siapa yang jadi raja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa looh...aku pun, teh...
      Waktu episode 7 yaa... Hae-soo masih ragu siapa Gwangjong.

      Aku gugling doonk...cari sejarahnya.

      Menarik yaa....drama yang membuat kita kenal sejarah negara lain.

      Delete
  6. Aku belum lihat ini, mbak... Keburu baca spoiler negatifnya.. Padahal sudah download eps 1 dan 2.. Huhuhu...

    Emang ya, kalau drama saeguk gini mesti cerita perebutan tahta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...serius.
      Ini drama bagusnya kebangetan.

      Aga aga menderita sedikit...ditahan yaa..

      Da hidup di jaman dulu..kita bisa apa?
      Hiiks...

      Delete
  7. Betul juga ya... belajar sejarah lebih menyenangkan dengan menonton drama. Kayaknya lebih mudah diingat daripada harus menghapalnya hihihi...
    Saya mah, kalo aktornya ganteng kayak sang pangeran, jadi betah nontonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, teh..
      Sejarah itu susah karena ada tahun-tahunnya ituu..

      Tapi kl dari drama, rasanya gampang nyantol...^^

      Aiih...oppa~~

      Delete
    2. Iya...memang paling gak semangat kalau harus ngapalin tahun-tahunnya ya..hihihi

      Delete
  8. Aku baru bisa move on dari drama ini setelah ada goblin. Sedih banget ngliat endingnya...Masih ngerep si ada ep ke-2 he he he
    Btw, salam kenal mbak, seneng ketemu teman blogger yang satu selera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang 2 spesial eps nya hanya beredar di Jepang yaa, mba..

      Padahal fans nya dari seluruh dunia.


      #sosoocouple shipper

      Delete
  9. udah donlot tapi sampe sekarang blum nonton.. Drama saeguk emang gitu, endingnya sering mengenaskan *kemudian teringat ending empress ki*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deeuh...Empress Ki.
      Liat Ha Ji Won sama Ji Chang Wook jadi melteed...


      Alhamdulillahnya,
      Kita tinggal di jaman sekarang yaa, mba..
      \^○^/

      Delete
  10. Saya belum nonton moon lovers mak, jadi penasaran pengen nonton deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Tian uda nonton yang Shine or Go Crazy belum..?

      *fans Jang Hyuk...
      Aku pingin donlot, tapi ga bisa-bisa teh...

      Delete
  11. haaa... aku masih blm bisa move on dari drama ini... pengen download yg versi china biar ada season 2nya tapi blm sempat2 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang versi China dandanannya itu lhoo..

      Heuu...engga kece kaya Sa Wangja..^*^

      Delete
  12. Senang banget ketemu blogger yang korea lovers, aku sdh jarang nonton, jadi baca review ini jadi semacam obat kangen, dan menikmati setiap tulisan mba lendya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya nontonnya ga sering-sering yaa, mba..
      Bikin susah mindfulness dalam kehidupan nyata.

      Heehhe...sampe segitunya..

      Delete
  13. Saya sebenarnya kurang suka drakor yg ceritanya kerajaan2. Lebih suka yang latar waktunya zaman sekarang. Muantap Mbak Lendy reviewnya, bikin aku yg ga terlalu suka drama sejarah pengen nonton. Semoga drakornya ada temen aku yg punya gudang drakor. Hehe

    ReplyDelete
  14. Wahhh bisa juga nih referensi film koreanya mbak hehe

    ReplyDelete
  15. Udah lama gak nntn drakor. Entah knapa krg suka dg genre sejarah. Tp kalo ada romannya, boleh lah

    ReplyDelete
  16. Yaaah ga happy ending. Skip aah..hihihi

    ReplyDelete
  17. Pengen nonton tapi.... males baca teks terjemahan. Padahal aku suka kalk drama drama yang ada unsur sejarahnya

    ReplyDelete
  18. Beberapa Dema Korea emang bikin kepompong belajar sejarah negara itu ya Mbk. Kadang aku suka ngepoin istilah2nya dan mencocokkan di wikipedia hehe

    ReplyDelete
  19. 'Ingin dikenal sebagai apa kamu', wah self branding ya wkwkw. Memang penting banget. Bukannya mau bikin imej yg dibuat-buat, tapi kan kita juga harus memikirkan seberguna apa kita utk lingkungan xD

    Wah ada IU *.*

    Kak, nonton Hwarang ga? Hehehe

    ReplyDelete
  20. Lumayan seru kayanya nih dramanya ada unsur sejarahnya lagi. Pas banget buat yg suka drama dan ingin belajar sejarah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaa...mas Dik.

      *jadi pingin jadi haeksaeng (lagi)...hiihii...

      Delete
  21. IUUU... Kembarankuuu #plak.
    Aku malah suka banget mbak sama Saeguk sejak Nine tailed fox Gumiho :D
    Kesannya sama drakor yg tema sejarah gini sama sih, ada rasa sedih, entah kenapa. Tapi tetap aja nonton hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....IU dongsaeng ^^
      Nine Tailed fox Gumiho itu yang Lee Seung Gi sama Shin Min-Ah?

      Asal ada jedanya, biar gak stres nontonnya...kalo aku, mba...huuhuuu...((gampang baper orangnya memang))

      Delete
  22. Mbak Lendyyyyy, aku nonton ini sampai bawa kertas, terus kutulis nama pangeran dan hobinya sama wajahnya pernah main di film apa. Hahaha saking bingungnya banyak banget male actornya astaga. Tapi suer endingnya bikin sedih, habis semua hiiks. Nyesel nontonnya *lhooh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puun...mba.
      Ambil kertas, lalu nulis Quote nya Hae So yang terakhir.
      Hiiks~~
      Asa menyayat hatiii....Hwawaawaa...

      Delete
  23. Hmm..hmm..drakor maning iki..
    nyemak sambil ngguyu mesem mesem asem..

    ReplyDelete
  24. Aku baru nonton drama ini mbak.. sedih banget cerita nya nggak dilanjutin. Hiksss

    ReplyDelete
  25. Aku suka banget sama drama ini. Jadi salah satu drama yang paling sering di tonton ulang. hehee

    ReplyDelete
  26. Aku melipir kesini. Hihi. Soalnya aku juga suka sama drama satu ini. Awal mula tertarik sm budaya korea it pas nonton jewel in the palace. Akhirnya ketagihan nonton yg berbau begini. Sampai cerita goryeo. Keren ah ceritanya. Aku malah suka lho endingnya keren. Bikin keseksek (bahasa apa pula ini). Suka lah pokoknya. :)

    ReplyDelete
  27. Aku blm pernah nonton film ini mba. Tapi yakin asli ya. Ak kagum sama mba lendy.. untuk bisa restory retell gini mba nonton brp kali?

    ReplyDelete
  28. Aku penasaran sama drama saeguknya Korea ini. Ada ga sih sejarah ttg islam di negeri Gingseng ini di zaman dulu. Kalau di Tiongkok kan ada kisah ttg bangsa Uyghur dan putri mereka yg dinikahi sama kaisar Cina. Nah kalo Korea ni ada ga yg kisah2 kayak gini. Penasaran soalnya

    ReplyDelete
  29. Kalau nonton film yang gak happy ending, saya juga suka baper berkepanjangan hahaha. Apalagi kalau film yang ada cerita orang ketiga, selingkuhan gitu. Udahlah saya gak tuntasin aja wkwkwwkwkkw

    ReplyDelete
  30. Sering terlalu terbawa perasaan ya Mbak Lendy.... Kadang gitu juga si, makanya saya lebih suka nonton komedi ahahah.... #toss

    ReplyDelete
  31. akhirnya setelah sekian purnama mampir blog kak lendy, kembali membaca tentang drakor lagi hehe btw aku suka sejarah, kayaknya belajar sejarah dinasti-dinasti korea melalui film asik juga ya

    ReplyDelete
  32. Wuih, intriknya di seputar kerajaan yaa ... ribet.
    Mbak Len sungguh pengamat yang baik. Detail banget, mulai dari pemeran, jalan cerita, sampai pesan moral filmnya. Mantap.

    ReplyDelete
  33. Kalo nggak happy ending, ntar susah move on hahaha, apalagi kalo endingnya 'nggantung' duh itu beneran bikin gemez deh :D

    ReplyDelete
  34. Eh gimana itu setia dengan dua hati? hahaa.. cerita cintanya complicated banget kayanya, kirain drama India aja yg cerita cintanya ribet banget :)))

    ReplyDelete
  35. Belajar sejarah kalau dari apa yang kita suka kayaknya emang jadi mudah deh. Aku mau cari dulu deh dramanya mbaa hehe

    ReplyDelete
  36. Lah sama kayak emak emak yang nonton sinet yang nganggep nya itu kenyataan or dari kisah nyata mba wkwkk pengen ngakak jadinya di baper in

    ReplyDelete
  37. aku belum nonton nih drama ini, lagi males nonton drama yang berat-berat bahahah... ini sekarang lagi nonton drama terbarunya AJI3 :D

    ReplyDelete
  38. Aku dah nonton drama ini 2 tahun lalu perasaan. Kesel ama endingnya tapi ya emang harus begitu sih. Hahaha

    ReplyDelete
  39. Ak suka nih kalo drama korea yg menceritakan kerajaan, bajunya bagus-bagus dan lucu

    ReplyDelete
  40. Sejarah yg jadi setting cerita K-drama gini malah menarik. Aku jaman dulu suka nonton. Ternyata bener ya ini film lama. Sejak nonton ini, aku males banget nonton K-drama lain, hahahaa

    ReplyDelete
  41. Klo lihat drakor begini aku suka teh .. gk monoton nontonnya.. jd mulai download nih penasaran sama alur ceritanya

    ReplyDelete
  42. Mbaaa, wake up Mbaaa, wake uuuppp! Jangan sampai jadi orang yang susah membedakan mana kenyataan dan mana yang cerita. Duh, kalo aku nonton drama kek drama Korea yang penuh cerita percintaan romantis, dll bisa bikin ngayal muluk wekekeke

    ReplyDelete
  43. Cara bertuturnya Lendy makin enak deeeh. Kujadi ikut terhanyut meski cuma baca dan nggak nonton langsung <3. Btw itu pemerintahan Gwangjong yang mampu bertahan selama 26 tahun masa langsung mengingatkanku pada Pak Soeharto. Beda 6 tahun ya sama pemerintahan beliau, hahaha.

    ReplyDelete
  44. Hahhahahah ketemu lagi kitaaaa :D Aku harus nonton juga kah drakor yang ini? Toloooong! :D

    ReplyDelete
  45. Korean loverd nih mba nya, pengen coba nonton ah kayaknya seru filmnya. Aktornya gwaanteng pulak

    ReplyDelete
  46. Wah, Lendy hrs bunda sebut Th Queen if Korean Drama aja xeh ya. Bunda suka film drakor yg kasik kwk gini, tp ya ampuuun namanya susaah banget ya. Trus ceritanya si wanita, siapa td namanya, tuuh kan lupa, scroll up dululah, oiyaa Ha Jin, wanita yg baik hati itu yg tenggelam. Kasiaan ya. Dia bukan siapa2 dlm drama itu-kah? Lama2 bunda busa falling in love juga nih sama Drakor,hehehe...

    ReplyDelete
  47. Maap typo ya, soalnya taktiktuk nya sambil rebahan nih #alasan.

    ReplyDelete
  48. Ah Lendy, baca tulisan ini memgingatkanku pada luka hati yang belum sembuh wkwkw...duuuh aku masih suka nangis lho denger ost drama ini, parah nih bikin baper

    ReplyDelete
  49. ini bener-bener banyak manfaat yaaa nonton Drakor...plus bonus pelajaran sejaraaah hehehe

    ReplyDelete
  50. Melihat drama sejarah begini aku sering terkagum-kagum dengan baju pemain berperan bangsawan wanita. Aiih..tampak cantik tapi juga beraat dan ribet memakainya..hehe..

    ReplyDelete
  51. Seru emang belajar sejarah dari drakor. Aku pun jadi langsung googling setelah nonton drama sejarah dari mana pun. Penasaran dgn cerita aslinya.

    ReplyDelete
  52. Baru tahu kalau ada drama Korea yang kayak begini setelah baca postingan ini. Kalau aku lebih suka drama Korea yang tokohnya para penyanyi atau penulis lagu gitu deh.

    ReplyDelete
  53. Tahta dan harta memang sering bikin persaudaraan pecah yaaa.. Rata2 cerita yang berlatar belakang kerajaan begini deh kejadiannya. Sibling rivalry tumbuh karena ada salah satu anak yang diunggulkan ya biasanya, yaitu si putra mahkota. Saudara yang lain enggak terima karena jabatan didapatkan bukan karena skill. *dikira ngelamar kerjaan keleus :))

    ReplyDelete
  54. Kita bisa belajar banyak tentang sejarah di Korea ya ... khususnya saat menonton drama Korea yang mengulas tentang kerajaan

    ReplyDelete
  55. Ini satu-satunya drama Korea yang aku simpan di laptop aku. Dulu aku sampai bela-belain nonton tanpa subtitle terus nonton lagi waktu subtitle udah ada. Sedih banget, semoga ada season 2-nya.

    ReplyDelete
  56. Lengkap banget ulasannya mba. Sampai dikasih link download buat soundtrack ��

    ReplyDelete
  57. Wah wah, nambah lagi nih daftar tunggu drama yang harus aku tonton. Aku lagi demam nih kena viros drakor. :)))

    ReplyDelete
  58. Berat nih kyknya ceritanya ya? Tapi sepertinya seru sih. Boleh jg jadi alternatif nonton

    ReplyDelete
  59. Sama sih mbak aku juga gak terlalu suka drama ttg masa lalu yang sejarah2 kerajaan gru, tapi kalau temanya menarik ya tonton aja ya, tapi biasanya aku nonton pas gk ada pilihan drama lain hehe :D

    ReplyDelete
  60. Belum pernah nonton ini
    Terakhir 100 Days Prince saja karena kebetulan sudah bisa Marathon. Nanti aku coba list kan ini ke agenda.

    ReplyDelete
  61. Biasanya yang suka nonton drama atau film tentang sejarah atau kerajaan gini suamiku sih, kalau aku nggak begitu suka hehe

    ReplyDelete
  62. Ternyata di KOrea menganut poligami juga ya :-D
    Kasian bener mau nolongin malah tenggelam

    ReplyDelete
  63. Korea ni jagoan banget ya bikin film. Ih, coba aja di Indonesia bikin kayak gini ya Mbak yang bisa bikin kita ngenal sejarah bangsa sendiri.

    ReplyDelete
  64. Sedih yaa kalo endingnya begitu, tapi yang namanya film itu emang ga bisa selalu happy ending >.< aku belum pernah nonton ini btw, cus nonton ah terus bikin review-nya kek kamu :)

    ReplyDelete
  65. Nah, aku lebih suka drakor yang kayak gini, yang ada cerita sejarahnya, tentang istana-istana gitu deh. Tapi aku baru nonton Dong Yi sama apa ya dulu itu, lupaaa... Hahaha.
    Dan emang kayaknya drakor macam gini penuh intrik, ketamakan, keserakahan, dll, yaa.. tapi iya sering bikin terharuuu... Hehehe.

    ReplyDelete
  66. Selain karena ndak begitu suka sama cerita2 kerjaaan, Aku ndak bisa ngikutin ceritanya di tulisan ini karema susah ngehafal namanya, wang semua :'(

    Terus saeguk itu sedih ya artinya?

    3 poin yang aku tangkep.

    1. Meski anak keempat, bisa naik tahta karena hoki, kesempatan dan mau usaha.

    2. Kalau kasusnua di tahun2 sekarang ini, pasti jd viral, bisa sampe 30an lebih istri. Padahal kan maksimal 4 ih.

    3. Ini beberapa sisen ya? Tergantung interval tahunnua?

    ReplyDelete
  67. Setelah baca lagi, di awal cerita kaya webdrama Splash splash love, ada ritual hujan dan gadis dari masa depan datang. Sama2 mereka lagi galau juga

    Semakin pengen nonton tapi tetep nunggu antrian

    ReplyDelete
  68. aku pernah nonton film ini mbak, agak salfok dengan pemainnya yang tuampan-tuampan itu. Jadi ga fokus lagi ke bagian sejarah ckckckkc

    ReplyDelete
  69. Wang So ganteng deeh ih gemes.. ini IU penyanyi bukan siih mba? aku agak agak blur lupa.. aku kalo drama yg kerajaan2 gini lumayan suka jg sih seru soalnyaa.. tapi scarlet heart ryeo ini aku belum pernah nonton

    ReplyDelete
  70. Belajar tuh dari mana aja emang ya Kak, apalagi drama korea yang researchnya gila gilaan sebenernya. Tapi sebenernya aku gagitu suka sama drakor ini, lol. Tapi setelah baca penjelasan kakak menarik juga jadi pengen rewatch hahaha.

    ReplyDelete
  71. Aku lagi baca soal sejarah abad pertengahan, yg mana sejarah kerajaan korea sedang dibahas juga.

    Korea yg dulunya itu terdiri dari 3 kerajaan yg saling berperang, dan berkat satu tokoh, seluruh kerajaan bisa disatukan jadi kerajaan korea..


    Dan aku tidak tahu, sampai akhirnya aku baca tulisan ini bahwa sejarah korea dari masa 3 kerajaan tadi ada drama koreanya juga ^^

    ReplyDelete
  72. Kalau aku selain belajar sejarah, belajar pakai foundation juga dari drama ini, berkat foundie, Wangso bisa jadi raja hehe

    ReplyDelete
  73. Aduuuhh pemainnya enak dipandang semuaaa, bener juga ya mba kalo lewat drama begini belajar sejarah jadi lebih cepet maauk ke otak hihi, aku juga suka bgt yg kolosal2 begini sih berasa lagi nonton kisah nyata jaman dulu aja gitu

    ReplyDelete
  74. Aku juga suka nih mbak, kalau nonton drama korea suka memposisikan diri pada tokoh di drama itu ehehee. Kalau belajar sejarah dari drama Scarlet Heart Ryeo ini, aku belum pernah nonton mbak. Kayaknya setelah baca review ini, kudu download dramanya deh... Penasaran bagaimana ending dan cinta Wong So sama Hae Soo hehee

    ReplyDelete
  75. Sejujurnya, aku lagi mencoba memahami Mbak IU yang ternyata berperan sebagai Hae Soo di sini. Dramanya kudu didownload biar menjadi bahan untuk belajar sejarah Korea, ya ditambah bumbu pemanis dikitlah. Hahayyy..

    ReplyDelete
  76. Hohoo ..Drama ini bertabur pangeran tamvan nan rupawan, etapi aku cm nonton eps pertma doang deng, gk dilanjutin .

    ReplyDelete
  77. Aku tuh ya paling susaaaah banget belajar sejarah. Anaknya gak bisa gampang ngapalin soalnya. Cara dari drama, film, dan karya sejenis kek gini emang paling juara deh ngebantu orang kayak aku buat memahami sejarah.

    ReplyDelete
  78. Sugi Siswiyanti3/11/2019 12:21:00 AM

    Sambil menyelam minum air ya...menikmati alur cerita yg mengharu biru sambil belajar sejarah :)

    ReplyDelete
  79. Hehehe..suka gak nyambung kalo ngebahas Drakor.., karena aku orang yang gak pernah ngikutin..Drakor.

    Tapi Mon lover ini ..pernah diulas sama mba Erry bibi Titi..jadi sekelebat tau lah..😁

    ReplyDelete
  80. suka banget sama drama yang satu ini, kisah ceritanya bikin saya baper hehehe :D

    ReplyDelete
  81. Suka banget amaa drakoornya susah moveon aku😭

    ReplyDelete
  82. Aaaahhh aku suka drama ini. Bikin susah move on, sama ost'y juga. Ampe sekarang suka, adekku yg kecil jd suka juga ama lagu2'y gara2 dulu sering ku setel lewat spotify. Haha..

    ReplyDelete
  83. Gw lagi nyari haeso bener ga ada atau emang ada tp ga dimasukin sejarah...super bgt klo bnr hae soo ada ...2 jempol buat ceritanya hehhe baru nonton nih

    ReplyDelete
  84. Baru banget selese nonton drama ini. Menurutku ending dari drama ini sudah pas tidak dilebih lebihkan. Rasanya drama ini seperti mengajarkan kita bahwa tidak ada yang sempurna dan tidak ada yang bisa mendapatkan segalanya. Meskipun ada rasa nyesek di akhir tp itu yang membuatku akan terus mengingat ceritanya.

    ReplyDelete