article,

5 Tempat Wisata Khas Jakarta

Thursday, October 11, 2018 Lendy Kurnia Reny 69 Comments

Bismillah,

Jakarta.
Ibukota Indonesia dengan segala kelebihan dan kemewahannya. Kadang kalau sedang ke Jakarta, aku pun jadi norak-norak bergembira gituu deeh... Karena Jakarta tak seperti Bandung, tempat tinggalku saat ini, yang beberapa tempat wisata sejarahnya telah kutulis di blog serta kulinernya yang tak asing lagi di lidahku.

Meski perjalanan Bandung-Jakarta hanya membutuhkan waktu 2.5 hingga 3 jam (bila lancar, tidak sedang macet), maka sahabat lendyagasshi mesti nyobain beberapa wisata di Jakarta niih..



Masih bingung dengan wisata di Jakarta? 
Ada beberapa hal yang perlu sahabat lendyagasshi persiapkan terlebih dahulu, seperti booking tempat menginap di hotel atau kos harian, transportasi, sampai pilihan kuliner yang bisa disesuaikan dengan budget liburan. Semua itu bisa kamu cek dan lihat di laman Traveloka.



Baca :



Setelah sahabat lendyagasshi yakin di web Traveloka  maka untuk memenuhi kebutuhan akomodasi serta transportasi, hal berikutnya adalah membuat daftar tempat wisata di Jakarta yang akan dikunjungi. 

Website traveloka.com menyediakan informasi wisata seru di Jakarta atau ini ada beberapa daftar wisata sejarah, taman bermain, pantai, sampai kuliner di Jakarta, yang kayanya...sayang banget buat dilewatkan....


1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata ini didirikan oleh Ibu Tien Soeharto dan hingga hari ini, Taman Mini Indonesia Indah selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. 
Karena, di sini sahabat bisa menikmati sejarah, hiburan, dan berbagai wahana permainan anak-anak yang berkaitan dengan ragam kebudayaan di Ibukota.

Ai dan Hana foto bersama ondel-ondel, khas Jakarta
Yang iconic di TMII adalah saat menaiki kereta gantungnya.
Kenapa?
Karena dengan naik kereta gantung tersebut, sahabat bisa memandangi keindahan Indonesia dalam bentuk mini dari atas. Indah luar biasaaa~
Selain itu, dengan memantau dari ketinggian, bisa sebagai penentu mau kemana lagi setelah ini?

Perubahan jumlah provinsi di Indonesia, TMII pun mengadakan perubahan dari tahun ke tahun untuk menjadi lebih baik dengan fasilitas yang cukup memuaskan. Berkeliling ke seluruh anjungan 34 provinsi di Indonesia, tentu tidak bisa seharian penuh. Apalagi jika sedang beruntung, beberapa anjungan mengadakan pertunjukkan seni dan budaya daerahnya.

Wisata ke TMII bisa dibilang wisata edukasi yang memupuk nasionalisme anak-anak untuk makin mencintai negerinya, Indonesia.



2. Dunia Fantasi (Dufan)

Siapa yang tak suka bermain?
Aku rasa setiap orang suka bermain. Mau muda, tua, apalagi anak-anak. Nah...main ke Dufan ini salah satu kebahagiaan haqiqi. Wkkwk~

Gerbang masuk Dunia Fantasi, 2016

Rasanya sudah beberapa kali main ke Dufan, tapi tetap aja kalau ke sini lagi tuuh...asa masih belum puas main. Padahal dari mulai Dufan dibuka, jam 10.00 WIB sampai tutup, jam 18.00 WIB (pada hari biasa) dan jam 20.00 WIB (sabtu dan minggu).

Capek?
Lelah?

Tapi bahagia banget deeh...


Dan selalu ada yang baru kalau bermain ke Dufan. Jadi pengunjung gak akan bosan untuk kembali bermain ke sini. Dari mulai wahananya yang selalu bertumbuh hingga atraksi yang ditawarkan di jam-jam tertentu, bener-bener jadi pengalaman tak terlupakan.



3. Kepulauan Seribu
Tempat wisata khas Jakarta berikutnya adalah Kepulauan Seribu. Setidaknya ada 5 pulau besar di kawasan yang berada di sekitaran Selat Sunda, Jakarta Utara ini. Mulai dari Pulau Kelor, Cipir, Onrust, Rambut dan Untung Jawa di mana berisi reruntuhan bangunan, berbagai jenis burung dan habitat aslinya, sampai wahana permainan air.



Penasaran yaa...sama kecantikan Pulau Seribu?
Karena banyak, pastikan memilih yang sudah tersedia paket wisatanya. Selain praktis, tentu semuanya sudah include dari mulai transportasi menuju ke sana hingga fasilitas lain yang mendukung selama liburan.






4. Taman Cattleya

Taman seluas 3 hektare ini berada di kawasan padat, Jakarta Barat. Di sini, sahabat lendyagasshi bisa menikmati Taman Cattleya dengan fasilitas jogging track, sambil menikmati indahnya danau buatan yang indah.

Uniknya, di sini jarang menemukan pedagang kaki lima. Dan yang paling utama adalah bisa masuk ke taman ini tanpa biaya alias gratis.



Demen kaan...emak-emak sama yang hemat kaya gini...tapi tetep bahagia.



5. Wisata Kuliner Pecenongan

Duduudu...kalo ngomongin wisata kuliner, Indonesia memang jagonya deeh...mau ke mana aja bagian wilayah Indonesia, selalu ada yang khas dan istimewa. Termasuk ke daerah Jakarta Pusat ini. Tempat wisata kuliner Pecenongan ini buka sejak jam 6 sore sampai jam 2 malam looh...


Menawarkan berbagai hidangan lezat, mulai dari seafood, makanan kaki lima, hingga warung makan yang sudah ada berpuluh-puluh tahun. Legend gituu looh...



Gimana sahabat lendyagasshi?
Tertarik liburan ke Jakarta?
Biar gak bingung atau mati gaya saat liburan, coba deeh...buka laman Traveloka terlebih dahulu untuk mengetahui semua kebutuhan dan tempat tujuan wisatamu di Jakarta. 

Then...

Let's get the holiday tickeet~



Salam hangat,




You Might Also Like

69 comments:

  1. Baru pertama denger tentang Taman Cattleya :D
    Kalau tempat wisata lainnya alhamdulillah udah pernah berkunjung

    ReplyDelete
  2. Ke 5 tempat itu belum pernah kukunjungi. Taman Cattleya nya indah banget, pengin ke situ, liat yg hijau asri seperti taman ini bikin hati sejuuuuk. Wisata kuliner pecenongan itu juga kayaknya enaaak :)

    ReplyDelete
  3. No 1 Dan 2 udah dikunjungi tinggal sisanya :)

    ReplyDelete
  4. Udah lama nggak liburan ke Jakarta. Noted dah. Kepingin ke kepulauan seribu nih.

    ReplyDelete
  5. Baca postingan ini baru nyadar, bertahun-tahun tinggal di Jakarta, ternyata ada banyak tempat yang belum saya kunjungi.

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali ke jakarta belum sempat jalan2,next semoga busa ke tmii

    ReplyDelete
  7. Yang pernah saya kunjungi baru TMII dan dufan mbak. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi objek2 lainnya.

    ReplyDelete
  8. Di Pecenongan memang banyak kuliner yang bisa jadi pilihan. Mau resto hingga kaki lima. Tapi, memang sebaiknya tanya harga dulu kalau di kaki lima. Saya pernah kaget lihat harganya saat makan berdua ma suami. Waktu itu masih pacaran, ding. Untung duitnya cukup hihihi

    ReplyDelete
  9. aduh aku malu nih belum ke no. 4 dan 5 padahal tinggal di Jakarta.
    Monas belum tersebut ya, mainstream kah?

    ReplyDelete
  10. Belum ke Taman Cattleya. Kalau ke Jakarta lagi main ke sana ah. Thanks mba infonya.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu teh taman Cattleya sama kayak mba Erin ah kalau ke Jakarta mampir sana ah :)

    ReplyDelete
  12. Duluu sdh ke tmii dam dufan. Penginnya skarang ngajak anak2 ke sana. Tfs mbak ;)

    ReplyDelete
  13. Akutu sering bgt ngomong sama suamik, kalo ke Jakarta pingin sekali2 hunting kuliner ke Petak Sembilan. Blm kesampaian, eh disini nemu lg ternyata Pecenongan jg menariik

    ReplyDelete
  14. Catet ah yang Taman Catleya, ada foto2 yang cakep pernah aku lihat di Ig. Kalo kepulauan seribu udah dari 2 tahun lalu belum ada kesempatan jalan kesana

    ReplyDelete
  15. Aku ke pecenongan aja laaah, jajanannya macem2 dan enak semuaaa.. apalagi martabaknya, duh jadi pingin betulan :))

    ReplyDelete
  16. pulau seribu niiih pingin banget ke sana tp suka ngeri nyberangnya...

    ReplyDelete
  17. Taman Catleya ituuuuh...bikin mupeng maksimal. sama kulineran di pecenongan aduuh...lihat fotonya aja udah ngiler

    ReplyDelete
  18. Aku blm ke Jakarta dan maunya ke Kepulauan Seribu. Asyik mantai kayanya daripada macet2 di kota, hehehe. Aku baru tahu tentang Cattleya. Menarik juga

    ReplyDelete
  19. Lendy...dari semua tempat yang disebut di atas hanya satu yang bunda belum pernah kunjungi yaitu Taman Cattleya di West Jakarta. Bunda dulu tinggal di Jakarta Utara jadi bawa anak-anak yang lagi sedang-sedangnya gelintingan lari sana lari sini ya ke tempat-tempat itu. Ke pulau Seribu pernah juga mengarungi lautan dari Marina bay. Sekarang kulineran or nonton etcetera ya di Beceng (itu lho sebutan zaman now oleh para blogger untuk Mall Bintaro Xchange, hehe...

    ReplyDelete
  20. Selama 2tahun lebih di Jakarta barat saya belum pernah ke taman cattleya dan baru tau sekarang. Haha next mau main ah kesana. Makasih infonya mba πŸ˜ŠπŸ‘

    ReplyDelete
  21. Hayu atuh ka Jakarta, mampir heula ka Bekasi :-D
    Btw aku belum pernah juga ke Taman Cattleya nih

    ReplyDelete
  22. Haha bener banget, mba. Ke dufan meski sering tapi kenapa ga pernah puas ya. Apalagi naik arung jeramnya.

    ReplyDelete
  23. Taman Cattaleya ini sering banget jadi bahan rekomendasi nich, meski tinggal di dekat sana, tapi jarang sekali tahu posisi taman ini ada di mana, jadi kepingin nyari bener-benr biar bisa refresing hemat

    ReplyDelete
  24. Belum pernah ke Kepulauan Seribu. Pengen keliling ke pulau-pulaunya

    ReplyDelete
  25. Dari kelima itu saya paling suka wisata kuliner di Pecenongan, ini juara banget sih dan gak ada matinya. Makanan disana enak-enak banget ya tapi untuk yang muslim juga harus pinter nih milih makanannya.

    ReplyDelete
  26. Ya ampun aku belum pernah ke 5 tempat itu hihii.. Ke jakarta sering ny numpang transit doang

    ReplyDelete
  27. Dan aku cuma pernah ke Dufan.
    Duh Gustii aku pengen kesana tetapi ga kuat sama macetnya. Ada Om padahal yang tinggal di sana.

    ReplyDelete
  28. Belum kesampaian nih piknik ke Kepulauan Seribu. Baca reviewnya di berbagai blog jadi makin mupeng deh pengin kesana. Doain dong biar ada rejeki waktu untuk sampai ke sana.

    ReplyDelete
  29. wah.. saya belum pernah ke semuanya. mentok sampai Monas saja nih kak, masih kurang lauh mainnya. hehe. semoga lain waktu bisa bareng keluarga ke sana.

    ReplyDelete
  30. Pernah ke Jakarta tapi transit aja, mudah2an nanti bisa ke sana πŸ˜†

    ReplyDelete
  31. Berkali ke Jakarta, yg pernah baru 1 dan 2 semacam hapalan kl ke Jakarta pasti ke situ, hahaha. Makasih referensi lainnya teh.

    ReplyDelete
  32. aku dari lahir di Jakarta sampe sekarang belum sempat ke Pulau Seribu, haduhh,, telat banget yaak... hahahaa.. Smeoga ada rezeki buat jalan-jalan ke sana deh, aamiin *nabungdulu

    ReplyDelete
  33. Aku baru pernah ke Dufan saja pas di Jakarta.
    Itu juga ketika jadi warga metropolitan selama lebih kurang 8 bulan.

    Saat itu tije belum lama diluncurkan, dan kami sekeluarga mewujudkan impian ketika masih jadi warga Balikpapan.

    Senangnya tak terlukiskan!

    Ternyata eh ternyata Jakarta punya tempat wisata lain yang juga unggulan.

    ReplyDelete
  34. Pulau seribu & pecenongannn, yang belum terhampiri
    Khusus Pecenongan yang aslinya deket bangett-nget tapi magernya minta ampun

    ReplyDelete
  35. Wisata kuliner pecenongan nih yang belum kesama, yang paling enak itu apa ya mba

    ReplyDelete
  36. Ahaha udah pernah ke seluruh daftar yg ada di atas. Ortuku hobi banget jalan, dulu senang ngajak ke tempat2 liburan dan ini kebawa sampe sekarang. Aku doyannya jalan2 sama anakku tiap libur. Paksu lebih suka ngadem di rumah sik

    ReplyDelete
  37. Eh yang Benteng Mortello juga kece ya buat foto-foto. Bisa deh untuk tempat reunian bareng teman kampus

    ReplyDelete
  38. terakhir nginjakin kaki ke jakarta 4 th lalu, itu pun gak kemana-kemana
    Ke jakarta baru sempat no.1 ama no.2
    Mau juga ke kepulauan seribu.. kalau sama lendy sekalian mau juga ga ya?

    ReplyDelete
  39. Aku baru pernah hanya ke TMII dan Kepulauan Seribu aja nih mba. Moga next bisa lebih keliling Jakarta ah :) . Pilihan tempat wisatanya bagus bagus ya mba

    ReplyDelete
  40. Aku dari jaman sekolah pengen ke tmii sampai sekarang belum kesampaian Huhuhuhu

    ReplyDelete
  41. Mau dong ke wisata kulinernya. Oh ya klo kampung betawi sebagai pendusuk asli ada gak yah?

    ReplyDelete
  42. Fathan pengen banget ke Dufan lagi, gara-garanya dia lihat foto pas dia ke Dufan tapi usianya masih 2 tahun, dia nggak inget pernah ke sana, hihihi

    ReplyDelete
  43. mbak Lendy kurang lebih sama kayak aku nih ya berarti. aku udah bosen sama tempat tempat wisata di Jakarta dan kegirangan kalo udah liburan ke luar dari Jakarta. salah satunya ke Bandung. minggu lalu baru main ke bandung lagi, ya walaupun cuma sekitaran PVJ, Braga, Balaikota karena waktunya sempit tapi rasanya girang aja. hahaha

    ReplyDelete
  44. Dari semua tempat tsb, belum ada satu pun yang pernah ane kunjungi :D

    ReplyDelete
  45. 3,4,5 belum semua nih. Paling pingin ke kepulauan seribu. Semoga terkabul pas anak-anak udah gedean

    ReplyDelete
  46. Yang nomer 4 baru denger ini, hihihi. Ndeso emang aku tuh ��
    Jakarta meskipun padet dan metropolis gitu tetep punya yg adem2 ya ternyata..

    ReplyDelete
  47. Kepulauan Seribu.. suruh aku pengen ke sana nih..ajakin Doong...

    ReplyDelete
  48. Dua terbawah masih asing di telingaku kak.
    Sepertinya jarang nongol di tv.
    Wkkwkw
    Nampak kali sering mantau jakarta dari tv.
    Hihihi

    5 destinasinya keren.
    Pengen di sambangi satu satu deh

    ReplyDelete
  49. Di kampung, kalo bilang Jakarta pasti yang kebayang adalah monas, taman mini sama dufan. Udah itu ajah hehe

    ReplyDelete
  50. Walah.. Selama aku tinggal di jkt dulu kemana aja kok sampe gak tau yang no 5 itu ya.Ketauan aku kuper yak. Hihihi... Next kalo ke jkt lagi kudu kesana nih aku biar lengkap semuanya pernah di samperin hehehe

    ReplyDelete
  51. aku gak ngeh pas ditulisnya "Dunia Fantasi"
    hahaha, padahal Dufan ya

    kayaknya kalau ke Jakarta, yang wajib kudatangi adalah nomor 1 dan nomor 5
    kalau yang nomor 5 itu hasrat yang terpendaaaaam. kulineraaaaaaan

    ReplyDelete
  52. Lama ga main ke Jakarta, kalau ke Jakarta selama ini cuman transit pesawat doang :)

    ReplyDelete
  53. Dari dulu pengen banget rasaiin ke pulau seribu, cuman kadang ke jakarta tuh gak pernah lama-lama, jadi destinasinya cuman dalam kota aja, duhhhh

    ReplyDelete
  54. terakhir ke Jakarta itu maret tahun lalu, kalo gak salah ingat. Hanya sempat ke monas sama kota tua doang, gak sempat kemana-mana :(

    ReplyDelete
  55. Mbak, Kota Tua nggak masuk kah? Dari lima itu saya belum pernah ke yang nomor 4 sama 5. Hihihi... lumayan lah buat orang yang buka tinggal di sana.

    ReplyDelete
  56. baru pernah ke ancol, dufan ama tmii pas kecil. kl yang lainnya baru ya

    ReplyDelete
  57. TMII yes, kalau aku paling suka dengan TMII mbak. Suka aja, serasa keliling Indonesia dalam satu tempat

    ReplyDelete
  58. Semua tempat di Jakarta sepertinya ingin kudatangi, maklum bukan warga ibukota. Apalagi dg adanya rekomendasi tempat wisata di Jakarta seperti ini, semakin memudahkanku untuk eksplor Jakarta.

    ReplyDelete
  59. Jakarta punya banyak keseruan untuk dinikmati. banyak sekari lokasi yang berhubungan dengan sejarah, makanan dan budaya. semuanya seru dan patut di coba

    ReplyDelete
  60. Sewaktu tinggal di Tangerang Selatan, aku cuma pernah ke TMII dan Dufan. Belum pernah ke tiga tempat itu. Apalagi ke Kepulauan Seribu. Udah ingin banget, sayang aja masih berstatus wacana. Entahlah untuk Pecenongan ataupun Taman Cattleya, belum minat sih untuk ke sana.

    ReplyDelete
  61. Wah,, yang pecenongan ini yang baru perdana ini denger. Menarik juga kayaknya mbak.

    ReplyDelete
  62. Belom pernah saya ke pulau seribu kora kira liburan kesana enak ga ya? Kayanua wih enak apalagi bareng teman atau keluarga ya mba.
    .
    Cona cek traveloka ah sekarang juga

    ReplyDelete
  63. Waaah aku sbgi anak Jaksel jd malu.. Masa baru ke Dua tempat.. yv 3 lagi belum euy xixix.. makasih ya.. Aku beneran loh baru tahu taman kateleya itu

    ReplyDelete
  64. Dari semuanya yang belum aku kunjungi Taman Catleya mbak, baru tau malah ini karena baca artikel mbak Lendy :)

    ReplyDelete
  65. Penasaran sama Pulau Seribu.....

    ReplyDelete
  66. Wuihh Jakartaa.. yukyukk kopdar di Jakarta yiuukk.. Hehhe..mau dimana tinggal pilih kita

    ReplyDelete
  67. Baru nyoba ke TMII dan Dufan. Tapi belum sama anak2, kapan-kapan mau ajak anak-anak ke Jakarta. Juga mau nyicip ke kepulauan Seribunya. Semoga bisa. Thanks for sharing. :)

    ReplyDelete
  68. Blm pernah ke Kepulauan Seribu huhuhu. Bisa gak ya kalau ke sana bawa anak kecil? :D

    ReplyDelete
  69. Belom perna ke Pulau Seribu. Asyik dan seru kayaknya ke sana bawa anak-anak.

    ReplyDelete