feature,

Belajar Sejarah Bandung Melalui 4 Museum Berikut...

Tuesday, June 13, 2017 Lendy Kurnia Reny 71 Comments

Assalamu`alaykum,


Liburan panjang telah di depan mata. Sudah merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi bersama ananda, Bunda?

Pasti jarang sekali terpikir untuk berwisata ke museum yaa...



`Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya.`


Begitulah kira-kira salah satu pesan dari salah satu Bapak Proklamator Republik Indonesia yang selalu tergiang-ngiang di benak saya. Untuk belajar sejarah, saya rasa tidak hanya melulu membaca buku dan literatur panjang yang membosankan. Akan lebih efektif apabila kita langsung berkunjung langsung ke tempat yang bersangkutan sembari napak tilas sejarah apa yang sudah terukir di sana.

Baca juga :
5 Ide Liburan Seru Di Bandung Tanpa Biaya Bersama Anak-Anak


Beruntung yang sudah berdomisili di Bandung seperti saya, karena wisata museum di kota ini hanya tinggal memanjangkan langkah. Namun jangan kuatir, bagi yang tinggal di luar Bandung, dan berniat mengunjungi 4 museum berikut, tersedia penginapan yang murah namun tetap nyaman dan berkualitas.


1. Museum Konferensi Asia-Afrika
Museum Konferensi Asia-Afrika yang beralamat di Jalan Asia-Afrika no. 65, Bandung ini berada di dekat Chez Bon Hotel atau salah satu hotel di Bandung yang murah. Di dalam museum ini kalian akan melihat beragam replika dan peralatan yang berkaitan dengan kegiatan Konferensi Asia-Afrika yang menjadi cikal bakal Gerakan Non Blok. Museum ini juga dikenal sebagai museum Gedung Merdeka. Gedung ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini masih terawat dengat baik dan rapi.


source : bandungtrends.com


2. Museum Pos Indonesia
Sebelum marak smartphone dan aplikasi chatting yang beragam, kantor pos layaknya seperti tempat pulsa yang ramai dikunjungi oleh pada jamannya.

Ya.
Sebelum teknologi berkembang pesat, surat menyurat adalah kegiatan yang lumrah dan juga dijadikan sebagai salah satu kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui bagaimana ‘nenek moyang’ pada jamannya menguasai kecanggihan chatting.
Museum Pos Indonesia menjadi salah satu museum yang wajib dikunjungi ketika berada di Bandung. Lokasinya berada di Jalan Cilaki nomor 73, Bandung atau berada satu komplek dengan Gedung Sate. Di dalam museum ini, kalian akan melihat beragam jenis koleksi perangko baik dari dalam hingga luar negeri. Tidak hanya perangko, di museum ini juga para pengunjung akan diperlihatkan dengan beberapa sepeda yang digunakan Pak Pos saat mengantarkan surat hingga bis surat berbagai jaman.


Museum Pos, Bandung



3. Museum Wolff Schoemaker
Sedikit berbeda dengan museum lainnya yang memiliki bangunan sendiri, Museum Wolff Schoemaker ini tidak memiliki bangunan sendiri melainkan berada di lobby hotel Grand Preanger, Bandung. Meskipun hotel ini bukan salah satu hotel di Bandung yang murah karena harganya yang tinggi, tetapi Museum ini sangat cocok untuk kawan yang gemar dengan hal-hal yang berbau karya seni antik. Salah satu benda milik museum yang antik ini ialah bangunan art-deco yang dirancang khusus oleh Wolff Schoemaker. Kawan juga akan menemukan beberapa benda vintage seperti lift, kamera, dan telepon yang sayangnya sudah tidak bisa digunakan lagi.

Dan yang paling menjadi daya tarik dari museum ini adalah adanya sebuah kursi yang dulu pernah diduduki oleh mendiang Charlie Chaplin. Bahkan perlu kawan tahu, hotel ini pun sudah pernah diinapi oleh Charlie Chaplin itu sendiri.

Hotel The Prama Grand Preanger

4. Museum Barli
Kawan sepakat yaa...Bandung adalah salah satu pusat perkembangan seni modern di Indonesia. Oleh karena itulah terdapat sebuah seni yang bernama Museum Seni Barli.
Barli yang dimaksud adalah seorang pelukis terkenal pada masanya dan sempat merancang logo Siliwangi, Barli Sasmitawinata. Museum Seni Barli menyimpan beragam sejarah lukisan milik Barli dari masa ke masa, dari mulai perkembangannya, hingga alat-alat lukis yang pernah ia pakai.

Museum Barli, Bandung


Museum yang berlokasi di Jalan Prof. Dr. Sutami No. 91, Bandung memiliki ide untuk mengedukasi masyarakat di bidang seni, karena memiliki program pendidikan. Program pendidikan ini diberi nama Anak Bumi dan dilaksanakan seminggu sekali dengan target anak putus sekolah di Bandung. Bagi yang ingin belajar menggambar pun ada kelas yang terbuka untuk umum. Kelas ini dikelola secara mandiri oleh keluarga Barli.




Demikian beberapa rekomendasi museum di Bandung yang bisa kawan kunjungi. Belajar akan terasa lebih menyenangkan bila kita melihat langsung apa yang (telah) terjadi daripada hanya melalui buku.

Ketika ingin berwisata beberapa Museum di Bandung, pastikan terlebih dahulu kalian sudah mempersiapkan apa saja yang kalian butuhkan, seperti akomodasi, transportasi, dan juga kesehatan tubuh. Khusus untuk kebutuhan akomodasi, kawan bisa mencari beberapa deretan hotel di Bandung yang murah hingga berbintang melalui aplikasi Traveloka.

Simak juga pengalaman kami di :
Happy - Family Travelling With Traveloka


Bagaimana kawan? Sudah mantap dengan jadwal liburan kali ini?
Sharing yuuk....



Salam hangat,




You Might Also Like

71 comments:

  1. ahhh aku belum pernah masuk ke museum itu, pengen cobain ah kalau kebandung kesana. Kemarin malah main ke tebing2 apik ambil sunrise nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan..ya mba Rian.
      Suka pengen berlama-lama di Bandung.

      Kalo ke sini, kabarin doonk mba..
      Siapa tau bisa kopdar...

      Delete
  2. baru tau museum wolff sama barli 🤣😂 *kamana wae aku y mba pdahal sering lewat jg dlu ke hotel preanger 😁 dan ga tau sejarahnya sampe Charlie Chaplin bisa nginep situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ke museuum...trus stay-cation.
      **pingiinnyaa....but realita??

      Delete
  3. AKu belom pernah ke Barli Leen, ajak2 atulah yuuk!

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Bandung. Banyak juga tempat wajib kunjung kalo kesana ya, termasuk museum2 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Lianny.
      Bandung seksi banget di segala bidang.

      ^^
      Liburan ke sini yuuk, mba...

      Delete
  5. Bandung memang banyak menyimpan sejaarah termasuk gedung - gedungnya yang bersejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga selalu dilindungi melalui cagar budaya yaa, teh..

      Gak kalah sama kaum kapitalism.

      Delete
  6. Aku belum pernah masuk semua museum itu *nutup muka malu* padahal paling senang sama sejarah Bandung. Rencananya lebaran besok mau ke Isola ah. Poto-poto sambil nulis salah satu sejarah Bandung.
    Kalau ke museum nanti dulu ya, setelah lebaran aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isola itu apa, teh Di..?

      Assiik..
      Ditunggu review nya.

      Nanti gantian aku yang ke tempat rekomendasinya teh Di.

      Delete
  7. Ke Bandung selama ini belum menjelajah semuanya,, kmrn PP,, dn yg kmrn cuma k DT,, aagym, nuhun infnya mba,,, nti suatu saat mdh2an bs k 4 museum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook, mba Utie.
      Ke Bandung lagi....

      Kabar-kabarii biar bisa kopdar.
      Asiikk...

      Delete
  8. Saya baru pernah ke museum Asia Afrika aja mba.. lainnya belum pernah sama sekali hehe.. pengen masuk ke museum Pos, sepertinya ada banyak cerita disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,
      Buat aku yang dulunya filateli, museum pos ini membuka kenangan lama.

      Delete
  9. Aku ga ngeh ada museum Wolff Schoemaker padahal pernah ke hotel itu pas ada acara blogger hihi. Ke museum KAA terakhir kali jaman SMA, terus museum Barli belum pernah sama sekali. Haduuuh katanya ngaku suka sejarah tapi ngunjungin museum aja aku wassalam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka sejarah, teh...
      api jadi trauma sama guru sejarah SMA aku yang ngeselin.

      Heuuheuu~~

      Delete
  10. Aku belum pernah benar2 nginjek Bandung, cuma dua kali aja numpang lewat saat akan ke Lembang. Pengen banget menjelajahi museum2 itu. Btw apakah lokasi keempatnya berdekatan mbak? Maksudnya mau mengunjungi dlm waktu seharian gtu, kalau deket :D #butabandung

    TFS infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga begitu berdekatan, mba April.
      Tapi ke semuanya masih di pusat kota Bandung.

      Jadi bisa kalo seharian mau wisata edukasi ke berbagai museum.

      Delete
  11. Bandung juara...Tempat wisata sejarahnya

    ReplyDelete
  12. hawuuuuuuu
    di bandung banyak museum ya.. iyalah, salah satu kota yang menjadi pusat perjuangan Indonesia


    di jember mah apa, cuma pernah mampir ke museum tembakau. atau sayanya aja ya yang kurang mengeksplor??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Ros...
      Tulis doonk museum tembakaunya...

      **kepo bingiits

      Delete
  13. Aku sekeluarga suka banget wisata museum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik...
      Memang kesukaan itu bermula dari kebiasaan dalam keluarga yaa, mba Eni.

      Delete
  14. Ternyata banyak tempat bersejarah ya di Bandung, bisa buat wisata sejarah dengan anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. teh Rani.
      Jarang banget ngajakin anak wisata edukasi mengenai sejarah.

      **karena ilmu aku juga kurang tentang hal itu

      Delete
  15. Iya beruntung yg di Bandung Mbak Lendy, dekat kalau mau wisata sejarah ke museum2 tsb. Kalau nanti saya ke Bandung, saya akan kunjungi ke 4 museum di atas deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip...Rindang.
      Nanti nginepnya pake apps Traveloka dulu yaa...

      Delete
  16. Waah udah lama nggak wisata ke museum..
    btw itu yang grand preanger menarik perhatianku, aku kudu staycation kesana ini mah abis lebaran teh #eaa #Ahlesan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu Nes!
      Berhenti sejenak dari rutinitasmu yang melelahkan.

      Delete
  17. baru bener2 merhatiin ke asia afrika aja, ke preanger sempet masuk tapi ga liat2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka gak sadar yaa...kirain cuma asesoris hotel...

      Delete
  18. Udah semuaaa :D kecuali yg wolf, jadi penasaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa....travel bloher maah....juara!
      Jalan-jalan teruuuss...Asik banget.

      Delete
  19. Banyak juga ya wisata sejarah di Bandung, biasanya saya ke Bandung untuk berbelanja. Perlu menyempatkan ke berbagai museum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah...nah,
      Bandung Juara ((apalagi urusan fashion yaa...))

      Delete
  20. lumayan banyak juga ya museum di Bandung. gimana dengan antusiasme pengunjung mbak, banyak kah?! soalnya kalau di Medan museum palingan cuma anak-anak sekolah aja yang datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini museumnya sering ngadain acara seru, dek...
      Kalau museum KAA suka ada car free night.
      Selain itu ada acara food fest dan costplay.

      Seruu...
      perpaduan antara tradisional dan modern lifestyle.

      Delete
  21. ah sedihnya,
    beberapa kali ke bandung malah wisata kuliner dan wisata menghabiskan isi dompet,
    next ke museum2 ini ah,
    makasih kak lendy!

    ReplyDelete
  22. Sejarahku payah, tahunya musium konferensi AA aja. Jd karena Caplin pernah duduk, kursinya langsung jd legenda. Luar biasa ya. Kalau kita mah apaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneerr Jiah...
      Kita mah apa ateuh nyaa...

      Delete
  23. Saya ke Bandung tp tdk ke musium. Sayangnya.... semoga lain waktu bisa

    ReplyDelete
  24. Sebagai warga Bandung saya bangga nih ada banyak sekali museum di kota kembang tercinta ini. Sayangnya, ada beberapa yang belum saya kunjungi karena tara ulin hahha...

    ReplyDelete
  25. Museum dibandung, cm pernah ke museum geologi. 4 museum tadi aku baru tau, makasih referensi tempatnya mba.

    ReplyDelete
  26. Terus terang lendy, aku termasuk yg suka bingung kalau ke museum mau ngapain. . ups

    Tapi kalau referensinya menarik seperti ini. . oke lah kapan kapan aku coba ya. .

    Sementara yg dekat dulu kayak museum bank mandiri di kota tua

    ReplyDelete
  27. Bandung emang kota yang bersejarah ya mba. banyak hal bisa dieksplore di sana. Sayang baru beberapa kali ke bandung belum sempat jelajah sudut3nya... tar kalau main ke sana lagi mau ah jelajah 4 museum ini biar makin pinter... hihi.. makasih mba Lendy infonya.

    ReplyDelete
  28. Aku tiba-tiba sedih, ih. Segitu kurang jalan-jalannya apa ya aku sampe belum satu pun dari keempat museum di atas yang udah aku kunjungi heu udah lama banget pun gak berkunjung ke Bandung. Padahal kusuka main ke museum. Bolehlah ini nanti jadi list kunjungan kalo suatu hari nanti pengin ke sana lagi wkwkwk makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  29. Aku belum pernah ke 4 musium itu. Satu pun. Huaaa. Boro-boro ke musiumnya, menginjakkan kaki ke Bandung aja belom pernah. 😂😂😂

    Moga suatu saat bisa ngebolang kemari. 😊

    ReplyDelete
  30. Hai mba Lendy, aku senang banget ke Museum. Tapi suami dan anak-anakku nggak ada yang suka. Duh jadi curcol. Hahahaha. Nyesel waktu itu di dekat museum KAA tapi nggak masuk :(
    Makasih sudah berbagi ya mba

    ReplyDelete
  31. Pernah saya ke Bandung bersama kedua putri saya hanya untuk wisata keliling meseum. Mau masuk ke gedung sate gak diperbolehkan

    ReplyDelete
  32. aku tuh ingin ke museum asia afrika tapi belum sempat, cuma numpang lewat. Demen banget deh jalan di area Braga

    ReplyDelete
  33. Baru ke Asia Afrika doang :(( hiks

    ReplyDelete
  34. Tahun ini aku ada rencana keliling museum di Bandung. Makasih Teh Lendy referensinya :)

    ReplyDelete
  35. Untung udah pernah tapi pas k Grand Preanger ga sempat lihat

    ReplyDelete
  36. Wah, saya mupeng ke museum pos . Naksir bangunan tua.

    ReplyDelete
  37. Waaah, noted ni kl ke Bandung. Dari museum kita sudah bisa merasakan menjelajah Bandung ya. ^_^

    ReplyDelete
  38. Saya pernah ke museum pos mba dulukala saaat SMA karena ikut klub filateli

    ReplyDelete
  39. Bandung itu banyak banget tempat yg bisa diexplore ya, Mbak. Pernah pengen banget ikutan explore museum di Bandung, eh ada sesuatu dan lain hal akhirnya ga jadi :(

    Semoga nanti bisa berkunjung ke Bandung lagi sekalian mitap sama mba Lendy

    ReplyDelete
  40. Aku baru tau museum2 itu *tutupmuka

    ReplyDelete
  41. Menarik, ya Mbak. Sayangnya waktu dulu ke Bandung, nggak ke sana. TFS

    ReplyDelete
  42. sudah dimasukkan ke dalam list dan kalau ke Bandung bakalan langsung dikunjungi

    ReplyDelete
  43. Akuuu akuuu, museum yang pernah dikunjungi cuma monas *tutup muka*
    Itu termasuk museum kan, yang di bawahnya itu? *maksa. Hahaha.

    ReplyDelete
  44. Wuih, museumnya cakep benerr. Saya belum pernah ke Bandung Lend,lewat doang. Doain ya biar bisa mampir

    ReplyDelete
  45. Tiga tahun dulu netap di bandung, sama sekali belum pernah ke museumnya. Aah gak sabar nunggu september. Mudah2an diberi kesempatan ke Bandung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa kabar-kabari yaa, mba...
      Mitap mitap, kopdaarr...

      Delete
  46. Ya ampun Lendy, sebagai orang Bandung saya malu. Saya belom pernah masuk ke tempat-tempat itu, lho. Huhuhu... menyedihkan. :(((

    ReplyDelete
  47. Baru ke museum KAA aja ni Teh. Jadi kepengin ngajak Rasi ke museum lainnya :)

    ReplyDelete