Menu Hangat Andalan Saat Musim Hujan

Bismillah,


Siapa yang rindu akan hujan?
Yak...yak...yang pada ngacung dan bilang "Sayaaa...." pasti punya kenangan tersendiri sama hujan yaa...
Akupun, sahabat lendyagasshi.

Hanya sekedar melihat tetesan air hujan turun dari langit dan jatuh ke tanah aja...uda bikin aku mensyukuri banyak hal.
Keluarga.
Kesehatan.
Kenyamanan.
Keamanan.
Dan....Masakan yang hangat.

Kenapa ujung-ujungnya jadi masakan...?
Iyalaaa...kalau kalau hujan, bawaannya pasti pada lapar kan...?


Kata Ibuku sewaktu aku masih kecil, "Jangan biarin perut kosong, nanti banyak syeitannya..."
Dan ini hadits loo...ternyata.

Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Na’im:

كَادَ اْلفَقْرُ أَنْ يَكُوْنَ كُفْرًا

Artinya:
Kemiskinan itu dekat kepada kekufuran.


Secara teori, hadits ini menjelaskan bahwa jika perut seseorang dalam keadaan lapar, maka ia akan cenderung menjadi mudah marah, lemas, tidak bersemangat dan yang lebih parahnya lagi, ia akan rela melakukan apa saja demi bisa makan.

Dari segi kesehatan, ini juga penting sekali. Bahwa kesehatan, pertumbuhan dan kecerdasan datangnya dari makanan yang sehat, bergizi dan halal, tentunya.

Gizi yang harus dipenuhi sehari-hari oleh tubuh anak dan dewasa adalah


Sumber karbohidrat : Nasi, kentang, roti, gandum, oatmeal, dan jenis kacang-kacangan.
Lemak : Mentega, santan, daging, kuning telur, alpukat
Protein (hewani) : ikan, putih telur, ikan, susu
Protein (nabati) : kacang-kacangan seperti kacang kedelai
Mineral : sayuran (kangkung), susu, telur, kacang-kacangan, kerang, hati.
Vitamin : sayuran hijau, wortel, ikan, keju, susu, buah.


Sebenarnya bahan-bahan dari alam yang ditanam dengan baik semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, asalkan tidak berlebihan. Jika berlebihan dalam mengonsumsinya, tentu akan menyebabkan penyakit. Misalnya, karena kurangnya variasi menu dalam memasak, kelebihan sumber makanan lemak, maka akan menghambat metabolisme tubuh dan akhirnya menjadi penyakit kolesterol.
Jadi yang penting selain gaya hidup sehat yang disertai olah raga teratur juga gaya hidup sehat. Termasuk kesehatan pikiran yaaa...

Karena pentingnya variasi menu ini, maka menu andalan kami saat musim hujan tiba adalah makanan berkuah seperti sup daging. Selain mengandung bahan-bahan yang cukup lengkap, kuahnya berasal dari kaldu pilihan. Kalau tidak sedang musim hujan, biasanya anak-anak cenderung makan menu masakan yang "kering" alias hanya gorengan ayam, tempe, tahu, telur atau nugget.

Aku mau berbagi resep menu sup daging andalan keluarga The Arief's niih... Apa aja yaa...yang perlu disiapkan untuk bahan-bahannya?


Bahan - bahan Sup Daging :

Sayuran (tomat, wortel dan kentang)
Bawang putih
Daun bawang
Seledri
Merica
Daging

Bahan Kaldu : Masako


Cara memasak :


1. Tumis bawang putih yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga mengeluarkan bau wangi, lalu tambahkan air secukupnya.

2. Potong dadu daging yang akan dimasak lalu masukkan daging ke dalam air dan rebus beberapa menit hingga daging empuk.

3. Setelah daging dirasa empuk, maka bisa memasukkan potongan sayur yang sudah disiapkan. Tambahkan kaldu dan merica (bila suka).

Setelah sayur menjadi empuk, maka sop daging siap disantap. Jangan lupa, tambahkan taburan bawang goreng agar lebih lezat.


Nah yaa...gak susah kan yaa menyiapkan menu makanan yang bergizi dan hangat. Apalagi dimakan saat berkumpul bersama anggota keluarga tercinta.



Kenapa memilih kaldu Masako?


Awalnya karena sudah turun-temurun siih...Ibuku juga pakai Masako kalau masak. Dan memang setiap masak pakai Masako, bumbu penyedap masak, jadi ingat masakan Ibu. Tapi kini... Masako hadir dengan resep baru yang menghasilkan kaldu lebih lezat dan gurih yang pas. Resepnya adalah Masako dibuat dengan daging dan bahan alami pilihan.



Dengan kandungan daging lebih banyak, itulah yang membuat tiap bulir Masako mengandung semua bahan baku terbaik dan lebih mudah larut saat dimasak.


Masako mendukung program pemerintah yaitu mendukung para Ibu memasak sayur di rumah. Selain bahan baku yang murah tapi juga memiliki kandungan gizi lengkap selain serat yang juga bagus untuk pencernaan. Jadi, ayoo...Bu, kita masak menu makanan variatif dengan sayur.

Manfaat lain dari makan sayur diantaranya selain membentuk jaringan sel tubuh juga menghasilkan energi, sayuran juga mampu menangkal radikal bebas, dimana akibat dari radikal bebas ini adalah aktifnya sel kanker dalam tubuh dan penuaan dini. Mengonsumsi sayur juga bisa membuat kulit lebih halus bersinar, memperkuat jaringan rambut dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ajaib banget yaaa...

Semoga langkah kecil Ibu dari rumah mampu mendukung generasi Indonesia agar lebih sehat dan cerdas.


Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi?
Menu andalan apa yang biasanya disukai keluarga?

Boleh doonk berbagi di kolom komentar.

Happy cooking...





Salam hangat,


139 comments

  1. Aku juga suka Sayur Sop mba..disampingnya mudah membuatnya, isiannya juga bisa macam-macam sesuai kesukaan kita. Kebutuhan vitamin dan protein insya Allah terpenuhi dengan 1 menu ini..hehe.. Nah, Masako nya tuh yg bikin masakan kita kian sedeep ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...
      Simple dan aku juga doyan. Eh, anak-anak diink...ehhehehe~

      Delete
  2. Maret basah dan berhujan melulu, bahkan angin kencang. Udara dingin memang bikin lapar. Rasanya saya sanggup makan terus. Biasanya kalau malam pengen makan yang hangat dan berkuah, apalagi jika sibuk dengan blog.
    Saya pengen bikin sup dengan isian kol dan toge mentah, bihun masak, baso, daging ayam, ceker, tahu,. telur puyuih, kembang kol, kembang tahu, jamur tiram dan kupimg, pokoknya apa saja yang bisa dicemplungkan dan bikin enak. Apalagi jika pakai Masako kian sedaplah.
    Sup daging yang panas akan menghangatkan badan dan bikin kenyang, apalagi sayurannya berserat. Duh sedih, di lemari tak ada bahan, ha ha. Besok harus nterok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...lengkap, kak Rohyati.
      Lzatoooss inih...

      Delete
  3. Pas banget nih sajian sup daging hangat di kala hujan. Selain menghangatkan badan, mengenyangkan juga menjaga vitalitas di tengah ujian cuaca, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka menu sup2an begini. Segar, hangat, isinya juga bisa macam2.

      Delete
  4. Seger banget nih makan sup daging, Apalagi sedang flu begini..huhu. saya juga Kalo masak sup2 begini rasanya nggak nendang Kalo nggak pake masako.. emang bikin mantap Rasa masakan

    ReplyDelete
  5. Enak banget kayaknya ya masak sup .. dengan perkedel kentang atau bakwan jagung.. yummmmm

    ReplyDelete
  6. Sup daging favorit aku banget dan sekarang makin sering dimasak di rumah karena bisa buat mpasi bayi sekalian. Pas banget ya Mak ngesop daging ujan-ujan. Dan btw aku termasuk yg mudah esmosi kalau lapar, hehehe

    ReplyDelete
  7. emang enak bikin sop teh jadi menu andalan aku da setiap minggunya hahaha apalagi kini bahan kaldunya pake masako ya teh bikin gampil bikinnnya

    ReplyDelete
  8. Kabitaaa... Enak banget kayaknya ini busui jadi laper. Gampang oula bikinnya

    ReplyDelete
  9. Salah satu menu andalan dan favorit karena mudah bikinnya, cepat dan semua anggota keluarga sukak. Apalagi kalau dikasih kembang tahu atau jamur kering, mantappp

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tau hadist itu, TFS ya... untuk masak, masako emang andalan dari dulu, semua jadi syedap kl pake masako :D

    ReplyDelete
  11. Sup daging ini juga menu andalan keluarga saya kalau pas lagi hujan - hujan gini, hehe kuahnya mantul apalagi klaau pakai masako, nambah gurih yah

    ReplyDelete
  12. Sayur sop menu andalan tiap 2- 3 hari sekali, ganti - ganti aja variasi isinya.
    Soalnya anak-anak sukaaaa
    Bikin hangat badan..juga sedap rasanya apalagi jika ditambah Masako secukupnya sebaagi penyedapnya....hmmm slurrrp

    ReplyDelete
  13. Ngiler deh sama sop dagingnya, apalagi dimakan pas lagi hujan. Enaaakkk

    ReplyDelete
  14. Mba Lendy,
    Putriku Yasmin suka banget sama hujan.
    Apalagi kalau pas mau jam istirahat.
    Katanya hujan seperti nyanyian pengantar tidur, semacam, lullabay gitu, muahahaha.
    Ada-ada saja ya.

    Apalagi sebelumnya menyantap yang hangat-hangat kayak sup.
    Jadi, hujan dan sup itu, sejodoh.
    Fix!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok jadi berasa kayak mengikuti kisah romantis di novel. Hujan dan sup adalah jodoh. Hehehee.. Yasmin bisa aja ya Mb Anna.

      Delete
  15. HUjan-hujan gini memang enak makan yang hangat-hangat dan berkuah yaa, Mba. Hangatnya bisa langsung masuk ke hati, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uuwuwuwu~
      Suka banget komennya.
      Pada baper sama hujan yaa...

      **akupun
      Jadi pingin huhujanaaaann...

      Delete
    2. dan saat ini di sini sedang gerimis nih, Mba. Hmmm jadi pengen cari yang hangat-hangat. Jadi pengen bikin sup sederhana kebetulan bahan-bahannya ada di kulkas dan masako juga tersedia :)

      Delete
  16. iya neeh enak hujan makan yang anget-anget, menu praktis bumbunya pakai masako, sedaaap

    ReplyDelete
  17. Sup tahu sama telor puyuh aja mbaa biasanya aku pakai kaldu ini �� belum pernah pakai kaldu klo masak sup daging hihi tapi ini enak ya masako ada sayurannya, dan pasti tambah sedaaap

    ReplyDelete
  18. Gemes banget lihat foto duo cantiknya Lendy, Ai sama Hana, duh gemes, pasti mereka seneng nih sama masakan umi, masako juga jadi andalanku masak nih, kalau nggak pakai masako kayak ada yang kurang gitu, lho

    ReplyDelete
  19. musim hujan gini memang enak sekali makan dengan menu sop jadi hangat :D saya kalau bikin sop juga suka pakai tambahan masako rasa sop jadi lebih lezat :)

    ReplyDelete
  20. SOP daging ya wah enak tuh . Mpo suka deh pakai nasi . Barusan Mpo juga makan SOP makaroni ,makannya tidak pakai nasi. mmsako mudah di dapat bahwa warung juga ada

    ReplyDelete
  21. Dulu anak saya picky eater, susah makan sayur. Emaknya harus pinter-pinter deh menyiasati menu supaya bisa dimakan. Nah kalau disuguhi sop, dia mau makan wortelnya.

    ReplyDelete
  22. Pas lagi udara dingin, memang paling pas makan sup. Saya suka banget sup yang ditaburi bawang goreng banyak.

    ReplyDelete
  23. Ternyata banyak yang mengandalkan sop di saat musim hujan. Memang enak sih menikmati sop hangat kalau lagi hujan. Apalagi kalau ada pedasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam-malam mampir ke sini pas baru selesai hujan. Enak banget deh kalau bisa menikmati semangkok sup hangat

      Delete
  24. Dari dulu senang banget dengan sup daging dan jadi menu andalan keluarga apalagi saat musim hujan. Kalau ditambah Masako rasanya asik juga pasti.

    ReplyDelete
  25. Hujaaan itu ngangenin pisan yaaa. Ada cerita di balik hujan, banyaaak banget. Dan salah satu makanan yang hangat untuk menemani hujan adalah sop dengan kaldu yang lezaaat

    ReplyDelete
  26. Iya nih musim hujannya masih lama ya, hujan tiap hari di Semarang. Dan alhamdulillah sih anak-anak tuh suka sama sup, cocok kan untuk menu makan di cuaca yang dingin gini

    ReplyDelete
  27. Tak ada masakan yang enak disantap saat hujan atau cuaca dingin kalo bukan makanan hangat berkuah, termasuk sup ini nih. Seger dan bernutrisi ya :)

    ReplyDelete
  28. Ini mah sop spesial anak kos, hehe. Bumbu masako gini udah enak banget. Apalagi nutrisi bahan makanannya juga gak ilang. Asikkkk

    ReplyDelete
  29. Ini menu andalan kalau lagi nggak punya banyak waktu untuk memasak namun tetap kekeuh nggak mau beli di warung. Bahan-bahan mudah, cara masaknya juga cepet. Makanan anak-anak harus dihasilkan dari dapur rumah sendiri.

    ReplyDelete
  30. Iya banget nih. Lagi musim dingin kayak begini, enaknya nyantap sup daging sayur yang hangat. Aku biasanya ditambah saos botolan yang banyak. Biar makin nyooos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain bikin hangat, sup kayak gini enak banget disantap saat badan gak enak. Hidung jadi plong, tubuh pun jadi gak lemes lagi.

      Delete
  31. Menu andalanku pokoknya yang gampang-gampang lah, yang tinggal cemplang cemplung ajah ;)
    Meski cemplang cemplung tapi tetep lengkap mengandung aneka gizi yang diperlukan keluarga. Jadi ada protein hewani dan sayuran juga.

    ReplyDelete
  32. Menu sop kayaknya masakan andalan banyak orang banget, ya. Mudah bikinnya. Hasilnya juga enak dimakan langsung atau dicampur nasi.

    ReplyDelete
  33. Bener mba, sayur sop jadi andalan buatku juga. Apalagi kalau sedang flu, pstinya yg keingetan cuma sayuran dengan kuah gurih & segar.

    ReplyDelete
  34. Waah sayur gini jadi enak ke badan juga. Tiap pekan biasanya ada 1 hari menu ini biar badan ga kurang asupan sayur. Makasih sharenya mba. Ternyata mineral sama vitamin beda ya. Haha. Maklum anak ips udah lupa lagi pelajaran ipa

    ReplyDelete
  35. Saya. Iya nih udah lama gak ujan di daerah saya dan klu hujan gitu emang enak banget menyantap sup ayam anget-anget. Emang sayur sup ini andalan banget di kala hujan ya mbak.

    ReplyDelete
  36. Aku juga sedia Masako di rumah. Ganti ganti sih, kadang Masako Sapi kadang juga Masako ayam. Ngebantu banget kalau ada Masako, masak apapun jadi enak..

    ReplyDelete
  37. Andalanku kalo musim hujan itu sup ayam dan sayuran. Terus tom yam seafood. Pakai kaldu dari masako juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaw...tom yam.
      Aku pingin laa...nyobain masakan dari Tahiland ini...
      Tapi spicy yaa, kak?

      Delete
  38. Aku setuju sama mbak lendy. Masako kaldu yang bikin masakan jadi lezat dan menggugah selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergugah kaan...
      Jadi lapeerr pingin ngemil, eh...makan.

      Yuuks, kak Noorma.

      Delete
  39. Kaldu dari sup daging dan sayuran baik untuk menjaga kesehatan selama musim hujan ya teh. Mau icip dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Mandaaa...
      Ditunggu banget di Bandung.

      **nodong minta masakin nanti...hahaha~

      Delete
  40. Kemarin seharian juga hujan Mba Lend
    aku butuh menu makanan yang asikkk
    waaa pas banget aku baca blogmu apalagi stok masako di rumah banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoo....masak Nyi.
      Kalo ngliat channelmu, jadi mupeenk kulineran.
      Hihii~

      Delete
  41. kalau urusan sup dan kuah yang segaaar aku juga pengennya yang enak dan gurih. Kalau pas hujan-hujan apalagi yaa mba. Enak nyeruput sup hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Insaaav...
      jangan lupa teh angetnya yaa, kak...

      **Indonesia banget

      Delete
  42. Sup daging sih udah pasti jadi pilihan. Apalagi kalau pakai Masako. Dijamin lezaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yummm~
      Yang ga seberapa bisa masak, jadi mendadak hebat masak.
      Ihiii~

      Delete
  43. Anak2 Ima sekarang lagi suka-sukanya sayur capcay pake ikan filet. Mereka makannya lahaaaap... makin enak pakai masako, ya

    ReplyDelete
  44. Kalau di sini, anak anak suka sup daging ayam. Beberapa waktu lalu saya buatkan sup daging sapi, Alhamdulillah akhirnya suka juga heuheu alasannya daging sapi susah memamahnya, akhirnya saya coba dengan menambah daging tetelan, sebabkan banyak lemaknya.

    Btw bumbu kaldunya saya juga pakai Masako mbak, lezat.

    ReplyDelete
  45. Mas aku ini memang bumbu andalan keluarga banget ya Mbak. Dulu ibuku menggunakan Masako dan sekarang aku pun menggunakan. Seperti bumbu masak warisan. Tapi memang praktis sih penggunaannya. Apalagi kalau memang dibuat dari daging jadi kita tidak perlu was-was tentang kandungan MSG ya

    ReplyDelete
  46. sop itu sayuran yang mudah dan simple
    tinggal kreatifitas kita ya dan menunya suka2
    tapi ya jangan lupa masakonya, yg bikin tambah sedap

    ReplyDelete
  47. Masako memang juara mb hehe. Simpel dan uenak pastinya :)

    ReplyDelete
  48. resepnya gamipi surgampil pisan emang cocok pisan ini dimasak pas musim hujan ya teh. di rumah juga stock masako nih jadi pengen bikin ini ah biar nambah kehangatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa resepnya gampang dya mbak. Paling enak soalnya praktis dan cepet masaknya, penting kalau cepet masaknya biar gak seharian di dapur mulu #curcol wkwkwkwk

      Delete
  49. Islam mengajarkan kita untuk kaya hati, kaya iman dan kaya harta ya mbak, karena haji dan umroh harus pakai uang, dan untuk zakat infak sedekah juga dengan uang, wah masakannya sepertinya enak, besok kucobain resepnya ya :)

    ReplyDelete
  50. Ngileerrr dan lapaaarrr hehehe.
    Nyobain resepnya kece nih, pas juga mendung2 gini.
    Pakai masako emang yang terbaik deh :)
    Bikin masakan enak ala chef gitu hahaha

    ReplyDelete
  51. aku juga pake masako,enak kaldunya, makanan berkuah jadi lebih gurih dan enak. Asal makenya ga kebanyakan aja.

    ReplyDelete
  52. Menu yang simple tapi past tense eh maksudnya..simple tapi tetap lezat. Jadi bahagia buatnya bahagia juga makannya.

    ReplyDelete
  53. Iya ini cuaca gak menentu kadang panas tapi kalau hujan tiba-tiba anginnya gede bikin badan meriang, butuh yang anget2 kayak sop daging ini, apalagi aku kan diharuskan konsumsi daging yang banyak sama dokter, bisa nyontek ini resepnya

    ReplyDelete
  54. Seger pasti ya kuahnya.. apalagi pake masako, wajib ada d dapur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku jg kepikiran pasti kuahnya enak banget, biasanya kalau yang lain udah abis kuahnya disrurup. What is the meaning of "disusrup" ini Bahasa? xixixxii

      Delete
  55. Yummy...suegeer banget tuh supnya. Sayang padti kl bikin cuman bunda doank yg melahap sayurannya sementara cucu bunda cuman milihin ayan daaan kuahnya yang lezat.

    ReplyDelete
  56. Keluarga saya juga senang makan sop daging, apalagi disajikan hangat-hangat di saat musim penghujan seperti sekarang, mantaap, deh!

    ReplyDelete
  57. Pas bangett.

    Bsk mau masak sup daging..

    Simple ya caranya..

    Makasih resepnya teteh sayang..

    ReplyDelete
  58. Sup dagingnya pasti enak banget ya. Pas banget dimasak saat musim hujan

    ReplyDelete
  59. si suamik yang doya banget sama sayur malahan daging-dagingan dianya kurang. klo masak ini berarti bagi dua ya. satu makan sayur satunyalagi dagingnya

    ReplyDelete
  60. Yang hangat- hangat emang cocok banget dikonsumsi pas musim hujan..apalagi kalau bikinnya gampang dan bergizi pula 😍

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Masako memang juara ya kak.. Membuat masakan lebih nikmat

    ReplyDelete
  63. Dimana-mana ternyata sama aja ya, mba. Kalo lagi musim hujan atau cuaca dingin atau lagi sakit gitu, sup selalu jadi makanan andalan yang bikin nafsu makan jadi meningkat :)

    ReplyDelete
  64. Aku biasanya ditambahin sama kacang merah tapi jarang yg jual, jadi seadanya sayuran yg ada 😁

    ReplyDelete
  65. Memang tidaklah mudah memasak enak dan di sukai anak anak.

    Masako membuat kita tidak perlu lagi ngerebus daging yang lama untuk mendapatkan kaldu daging. Lebih praktis

    ReplyDelete
  66. Nyaaamm makan sop saat hujan2 udah yang paling pas. Aku nih termasuk sering bikin sop, entah daging atau ayam, kadang ya itu aku cemplung2in aja gtu dagingnya, jd ya sayur plus lauk udah ada dalam satu panci wkwkwk :P

    ReplyDelete
  67. Makanan yang menggugah selera itu ya sop ya dikala hujan. Pas banget deh. Ini penampakan sopnya zoom akh biar terlihat makin nikmat hahaha

    ReplyDelete
  68. Duh dingin dingin gini enaknya memang makan sup sayur yang rasanya segar ditambah dengan sedikit saja bumbu masako dalam masakan menambah kelezatan dalam masakan, asiik

    ReplyDelete
  69. Sop gitu emang andalan banget untuk musim hujan, bikin badan anget, terus gak susah juga kan masaknya

    ReplyDelete
  70. Pernah denger ungkapan "kamu adalah apa yang kamu makan" jadi apa yang kita makan dapat merepresentasikan diri kita.. sebagai orantua tentu ingin keluargaya sehat dan anak anak kebutuhan gizinya terpenuhi ya mba.. dengan menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi seimbang InshaAllah sebagai salah satu upaya untuk generasi Indonesia yang lebih baik

    ReplyDelete
  71. Sup daging dengan pengolahan yang mantap. Pasti seger banget untuk disantap bersama keluarga tercinta. Sup daging juga punya kandungan gizi yang cukup tinggi dan membantu pemulihan kalau sedang sakit. Memang sup daging top markotop mbak.

    ReplyDelete
  72. makan sup atau makanan berkuah di kala hujan emang paling pas banget ya Kak, hangat-hangat gitu deehh.
    sup juga paling gampang buatnya yaaa, apalagi ada kalau pakai Masako gini praktis dan lezaaat. saya pun juga sukaaa :)

    ReplyDelete
  73. Sop daging kesukaanku. Apalagi sup daging Bu Ugi yang legendaris di Tawangmangu Karanganyar, hehe. Klo di rumah, paling masaknya pas musim kurban aja.

    ReplyDelete
  74. Daku sekarang rindu hujan. Batam panas banget Bo. Udah 3 bulan jarang turun hujan walau sesekali datang sekedar menyiram debu. Di Pulau Jawa musim apa?

    ReplyDelete
  75. Sup favorit keluargaku mba, apa lagi kalo lagi flu banyakin daun selendinya enak anget di perut bikin flu hilang

    ReplyDelete
  76. Kalau hujan atau suasana dingin, aku pun memilih mengkonsumsi sup daging. Segar dan lezat pula :)

    ReplyDelete
  77. Enak yaa hujan hujan gini makan sop ada ayamnya juga.. Anak juga doyan ibu senang

    ReplyDelete
  78. Kalau aku nih, sayur sop itu andalan banget dirumah dan tinggal kitanya aja pinter ngeganti isinya. Hahahahaa... Apalagi musim hujan gini paling bener makan yang hangat-hangat ya.

    ReplyDelete
  79. Hua.... agak takut masak sayur berkuah yapi dapet tips dari teh Lendy jadi berani ah mau nyoba masak sayur berkuah pake masako ,)

    ReplyDelete
  80. Musim hujan memang seger ya mbak kalau makan sup, bikin selera makan bertambah... Dan memasak sup tidak seribet masakan lainnya, apalagi bila ada masako...pasti bikin sup lebih nikmat disantap... Terimakasih sharing resepnya ya mbak...

    ReplyDelete
  81. Emang paling enak makan yang berkuah dan gurih begini ya. Bisa mengenyangkan perut dan menghangatkan badan.

    ReplyDelete
  82. Makan yang anget berkuah memang paling pas di musim hujan. Di kota bandar lampung juga tiap hari hujaaan. Cocok makan sop nih, spesial pake bumbu masako. Biar cuma dikit untuk penyedap tapi memang sih lebih marem kalau pakai hehe

    ReplyDelete
  83. Sup daging ini cocok banget dikonsumsi pas musim hujan. Protein daging kan bikin kenyangnya awet. Kuahnya juga berempah jadi bisa ngusir virus flu, bikin tubuh juga hangat dan setrong deh

    ReplyDelete
  84. Wuah kalo aku menu andalan saat hujan mie kuah mba wkwk atau bakso yang anget2 gitu. Duh jadi bunyi lho perutku kalo baca postingan tentang makanan :))

    ReplyDelete
  85. kami di rumah juga pake masako mbak
    kalau aku suka sup ayam pake wortel dan kentang, perasaan enak.............aja

    ReplyDelete
  86. Bagi saya sup dahing yang ditambah Masako itu mengenyangkan dan menghangatkanm bahkan rasa lezatnya bikin yang makan tambah lahap.
    Komposisi daging dan sayuran plus Masako eaanya yang makan bikin ingin tambah lagi, ha ha.

    ReplyDelete
  87. Sup memang paling pas dimakan saat hujan... Jadi pingin coba bikin nih...

    ReplyDelete
  88. Hujan dan kenangan , dua hal yang membuat termenung. Tp kalau lagi makan yang hangat hangat pas hujan, pasti nyari yang berkaldu yaak.

    ReplyDelete
  89. Ngeri memang kalua lihat orang lapar, bisa jadi marah-marah, gak semangat ngapa2in juga sih:) Makan yang baik itu gak asal kenyang ya tapi juga harus terpenuhi semua nutrisinya supaya lebih sehat. Hampir semua anak suka sp speertinya, bikin nafsu makan meningkat. Ambil sepiring nasi mau minta sup buatannya Lendy :)

    ReplyDelete
  90. Sayur sup memang nyaman dimakan pas hujan. Apalagi anget-anget gitu. Duh, mendadak jadi lapar saya.

    ReplyDelete
  91. wajib masakin ini kalo aku main ke rumahmu ya Mba Lend wakakak
    pookoknya mau dimasakin yang enak-enak hahahah
    stok masako banyak banget di rumahku wkwkw kan emak mertua jualan

    ReplyDelete
  92. Kalau sup memang ngg ada matinyaaa ya mba.. selalu enak dan menyenangkan karena bikin perut kenyang dan badan nyaman

    ReplyDelete
  93. Hujan-hujan favoritku sembunyi dibalik selimut Mba, tapi kalau ada sayur sop begini enaknya masakan Mba Lendy, masak iya nolak. Bikininnnnnn heheheh

    ReplyDelete
  94. Menu andalanku juga ga jauh jauh dari sayur sop kak, paling juga sedikit di modifikasi aja bahannya, misal sekarang sup daging, besok sup bakso gitu

    ReplyDelete
  95. Resep andalan banget ya Jadi kalau musim hujan yang dingin ini memang cocok sama yang hangat-hangat seperti sup ayam

    ReplyDelete
  96. Bener banget nih. Pas ujan-ujan pasti nyarinya makanan hangat yang cenderung ada kuahnya. Enak gitu diseruput ya mbak. Hehhe... Ni pagi-pagi dah liat sup daging jadi ngiler deh saya.

    ReplyDelete
  97. Wah sma banget kak. Aku juga sering masak itu kalo musim ujan. Dan pake masako juga. Aku suka yang ayam kak

    ReplyDelete
  98. Mau doonkk sup hangat dan sehat ini. Andalan keluarga dan mudah banget ya membuatnya.

    ReplyDelete
  99. Aku suka soup yang hangat banyak baksomya agmtau.daging ayam hehe..

    ReplyDelete
  100. Kebetulan sekarang lagi pulang istirahat di rumah nih. Dan kondisi di luar sedang gerimis, mau coba buat sup ahh, supaya badan terasa hangat dan fikiran jadi fresh :)

    ReplyDelete
  101. Sup daging di musim hujan mah langsung mengusir gejala influenza. Nikmat banget.

    ReplyDelete
  102. Aku tuh ya suka banget masak dan suamiku suka masakkan bersantan. Apa lagi ada masakonya jadi makin enak.

    ReplyDelete
  103. Sop daging apalagi pake Masako, ini kesukaanku yang biasanya dulu ibuku masakin buat aku. Dan emang bener, paling enak dinikmati pas musim hujan gini...

    ReplyDelete
  104. Musim hujan memang enaknya makanan berkuah kemudian dimakan selagi masih panas..hmmm lezat ya..hehe

    ReplyDelete
  105. Sama pisan teh,,, ini juga menu favorite keluarga anak2 ku suka bnget malah sering di gado gk pakai nasi

    ReplyDelete
  106. soupppp .....sepanci bisa aku abisin sendiri nih

    sejak akunya masih kecil, anak-anakku masih kecil, sampai sekarang anak-anak sudah dewasa, soup selalu sepanjang segala masa :)

    ReplyDelete
  107. Saat hujan yang dingin menyantap sup hangat itu memang nikmat. Saya juga suka pakai kaldu utk memberikan rasa gurih di masakan

    ReplyDelete
  108. Lendyyyyy.....aku jadi pengen makan sop angeeeeet. Kamu mah ih! Ngabibita.

    ReplyDelete
  109. Enaknya makan sop hangat apalagi pas hujan gitu maknyus banget

    ReplyDelete
  110. Wah enak banget ni. Memang Masako ini selalu menambah rasa.

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  111. Kesukaan nih sop daging pas banget dimakan pas lagi hujan plus bikinnya pake masako. Nambah gurih, enak deh pokoknya mantull

    ReplyDelete
  112. Duh sop daging pas banget kalo dimakan pas dingin2 yah

    ReplyDelete
  113. Nasi anget, sayur sop, tempe goreng, sambel tomat,dan kerupuk..hidangan mantab untuk sekeluarga...

    ReplyDelete
  114. Jangan kan sop.. masako ditambahkan ke adonan pempek.. bikin pempek jadi lebih gurih.. xixixi menu hangat dirumau kami ini loh

    ReplyDelete
  115. Bakalan sehat2 ni kalau menunya hangat dan pas kayak begini
    Asiikkkk.

    ReplyDelete
  116. pas musim pancaroba gini sop sayur emang juaranya.
    vitamin di dalamnya jadi zat pengatur yang baik
    apalagi masaknya pake masako
    dijamin endess

    ReplyDelete
  117. Endess banget nih mbak. Sup daging + Masako. Perpaduan komplit utk citarasa nikmat. Hehe

    ReplyDelete
  118. Aku klo bikin sayur sop, lebih suka banyak sayuran.

    ReplyDelete
  119. Masak apapun rasanya emang lebih nikmat kalau pakai Masako..

    ReplyDelete
  120. Laaav banget sama menu ini kalau lagi hujan. Kuahnya berasa pengen diseruput aja, ga perlu disendok.. Hahaha..

    ReplyDelete
  121. Aku juga kalo masak sup ditambah masako biar makin sedep... Masako yang ayam.. 😊😊

    ReplyDelete