Tips Investasi Properti Di Bandung

Bismillah,

Sahabat lendyagasshi percaya gak...kalau urusan duniawi itu jodoh-jodohan?
Dari mulai hal kecil ajaa...kaya dokter anak, obat, memilih teman, termasuk niih yaa...masalah aset. Aset apa aja deeh...dari mulai aset yang bergerak hingga tak bergerak.



Jadi ingat beberapa waktu yang lalu, saat kami akan menikah. Abi survey rumah di Bandung di manapun dan mengirimkannya via foto di HP. Dan jangan dibayangkan ada whatsApp yaa... 
Jaman dulu, HP masih jadul, jadi kalo mau kirim-kirim foto, yaa...dikumpulin di satu folder, trus kirim via email. Cuss buka email di rumah dan konsultasi sama Babe rahimahullah. Karena bagaimanapun, aku gak paham masalah rumah, dan rumah ini penting banget untuk menunjang kebahagiaan anaknya. Hehhee~
Kan aku anak perempuan satu-satunya di keluarga The Lukman's.

Andaikan waktu jaman itu sudah semudah jaman sekarang yaa... membuka situs Jual Beli Properti Online No.1 di Indonesia, 99.co/id dan semuanya informasi lengkap di sana. Dari mulai informasi rumah disewakan, rumah dijual, tanah dijual hingga properti untuk usaha.

Lihat doonk...segini lengkapnya di situs 99.co/id
Jadi gak ragu dan bingung lagi kan yaa...

Karena posisi kami yang berjauhan, Abi di Bandung dan aku di Surabaya, Babe rahimahullah langsung telp dan menanyakan serta memberikan tips untuk memilih properti di Bandung, di antaranya :


1. Pilih rumah yang paling dekat dengan mobilitas sehari-hari
Karena waktu itu Abi masih menjadi asdos (asisten dosen) di ITB, jadi saran Babe, rumahnya jangan jauh-jauh dari Jalan Ganeca.

Akhirnya,
kala itu, Abi mulai mengerucut. Mencari info rumah di daerah Cisitu, Dago, Dipati Ukur, Tubagus Ismail, Sadang Serang, dan sekitarnya.

Memang harganya reasonable yaa...kan di pusat kota Bandung.


2. Pilih rumah yang sesuai kemampuan
Dalam artian, bila niat untuk membeli rumah dengan cara KPR/cicil, pastikan jumlah cicilan tidak lebih basar daripada pendapatan. Jadi setiap bulan gak bingung gali lubang-tutup lubang.


3. Lebih memilih rumah second
Kenapa?
Tentu karena masalah harga. Lagi-lagi, aku ini termasuk orang yang percaya bahwa rumah ini bagian dari jodoh. Bila sudah berjodoh, tentu gak akan kemana, tapi gak pake hastag #Restu sama #EnergyOfAkad yaah...
Hhahhaa~

Dan lagi, kalau pemilik sebelumnya merawat dengan baik, maka kita malah tinggal terima beres.
Sudah ada kitchen set, pagar dan tempat jemur baju yang nyaman. Yang kesemua itu belum tentu didapat kalau beli rumah baru melalui developer.


4. Fasilitas di sekitar rumah
Babe selalu ingin anaknya jadi perempuan yang sesungguhnya, yuuk~
Ini karena aku semasa sekolah dulu, kurang peka terhadap urusan rumah tangga. Dari mulai beberes (kecuali beres-beres kamar yaa...), keknya bisa dihitung jari, aku mau nyapu dan ngepel. Apalagi masak. Uhuuk~

Jadi pas milih rumah, Babe menekankan..."Dekat dengan tempat belanja yaa... Bukan tempat beli makanan."

Hhahaha~
Babe mungkin gak prediksi, kalau jaman sekarang, ada jasa antar makanan. Yang pasti, bikin anaknya makin males masak, tapi lumayan ada kemajuan dalam hal beberes rumah.


5. Lingkungan yang baik
Karena Rasululloh sendiri mengibaratkan memilih tetangga dahulu baru rumah, saking lingkungan ini penting dalam pembentukan karakter seseorang.

Dari Nafi’ ibnu ’Abdil Harits berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مِنْ سعَاَدَةِ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ: الْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيْءُ

Di antara kesenangan bagi seorang muslim adalah tempat tinggal yang luas, tetangga yang shalih dan kendaraan yang tenang.



Gimana niih...sahabat lendyagasshi masih ada yang bingung memilih properti?
Wajar aja siih... Kalau kata drama Korea mah... Semua yang terjadi membutuhkan timing.
Tinggal sekarang menunggu timing yang tepat.

Nah...yang menarik, ada rumah cakep di daerah Arcamanik Bandung.
Dekat dengan rumah tempat tinggalku sekarang. 

Kenapa Arcamanik?
🏡 Karena daerah perumahan, jadi lingkungan sudah terbentuk dengan fasilitas lengkap
🏡 Tidak terlalu di pusat kota, sehingga harganya lebih terjangkau
🏡 Banyak pilihan tipe rumah

Baca juga :
Ramadan Pertama Di Arcamanik







Harga tanah di daerah Arcamanik sudah mencapai Rp 8 juta/meter. Jika memilih rumah seluas ini di Dago, bisa dibayangkan...membutuhkan budget lebih besar lagi. Karena di daerah Dago harga tanah sudah Rp 20 juta/meter.

Syereem?
Emm...gak juga. Selalu yakin saja bahwa semua sudah ada yang atur, meskipun harga properti di Bandung kian merangkak naik. Karena toh sejatinya, pendapatan juga naik. Ada banyak cara memiliki properti di Bandung yang sesuai keinginan dan sesuai budget di kantong, seperti kata web https://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/membeli-rumah/cara-memilih-pengembang-properti.


Jadiii,
Makin semangaaatt berdoa dan berusaha yuukk...
Semoga apa yang diimpikan terwujud, in syaa Allah.

Apa sahabat lendyagasshi memiliki impian yang sama?
Menambah aset properti di daerah masing-masing?

Kalau punya tips dan ceritanya, boleh banget tuuh...berbagi di kolom komentar.
Haturnuhun.

Semoga bermanfaat.



Salam hangat,


25 comments

  1. sekarang memilih rumah lbih gampang dgn adanya jasa penyedia rumah dengan website, jadi ngga perlu lagi bolak balik datang ke rumah yg ditaksir, tinggal buka web, jadi deh :D

    ReplyDelete
  2. iya banget, semua faktor di atas harus dipertimbangkan karena beli rumah kalo bisa untuk selamanya dan jangan yg lokasinya banjir huhu

    ReplyDelete
  3. huhu.. 20 juta, pas mau beli rumah jadi referensi yaa

    ReplyDelete
  4. Saya juga percaya tu Mak klo bebelian property semacM ini tu kayak jodoh. Soalnya pernah, mamakku denger tanah tetangga mau dijual, mamakku dah nyiapin duit, eh orangnya belum ngabar ngabarin, jadi nggaknya. Pas mamakku lagi bepergian tu orang jadi ngejual. Kena orang lain dah.

    ReplyDelete
  5. Beli rumah second kalo kondisinya masih bagus kadang memang ada keuntungannya itu. Kakakku dulu beli rumah second, udah dapat furniture meja makan, sofa2 ruang tamu, lemari baju dan kamar mandi yang didesain bagus. Pemilik lama mungkin malas ya kalo harus pindahan angkut barang lagi, mending beli baru kali.
    Yg penting jangan sampai dapat rumah second yang bocor2 hiks, susah nantinya. Memang harus jeli memilih rumah.

    ReplyDelete
  6. Harga properti terus naik. Makanya banyak yang menjadikan properti sebagai investasi, ay. Tetapi, emmang jodoh-jodohan buat dapatin yang sreg

    ReplyDelete
  7. Kalau punya uang emang mending banget investasi properti begini yaaa, nggak ada penyusutan. Harga tanah makin tinggi...

    ReplyDelete
  8. Luar biasa ya harga tanah di Bandung, aku juga seru dulu kisah berburu rumahnya, Alhamdulillah dapat di daerah pinggir kota yang nyaman dan tetangganya baik-baik

    ReplyDelete
  9. Wah 8jt/mtr.. amiin mdh2an bisa punya yaa mba. Bener, setuju.. jodoh2an. Udah rejekinya, ada jalannya masing2. Aih cakep ya rumahnya ituu. Rumah second banyak yg jg bagus2 ^^

    ReplyDelete
  10. Aku awam banget nih kalau soal properti. Makanya kehadiran web seperti 99.co/id ini mempermudah saat mencari2 properti yang cocok, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

    ReplyDelete
  11. Sangat setuju, Mba, memang di dunia itu kalau belum pas jodohnya ya enggak cocok, termasuk beli tanah atau pun rumah.

    Rumah di Bandung cakep-cakep oey..jadi pengen invest di sana. Semoga ada rezekinya..

    ReplyDelete
  12. Sekarang kalau mau beli rumah didaerah Bandung jadi mudah ya mbak, tinggal lihat di 99.co saja. Bisa jadi alternatif untuk investasi properti juga nih.

    ReplyDelete
  13. Memang betul sekali jual or beli rumah or tanah itu jodo2an. Apalagi beli rmh ituvdengan harapan utk jangka waktubyg lama or bila mungkin gak perlu lagi hijrah ke tempat or wilayah lain, kan.

    ReplyDelete
  14. kalau punya properti di bandung kayaknya gak bakal rugi. selain karena bakal banyak yg cari karena kota yg jadi tujuan banyak orang, juga harganya gak akan turun. untung banget kan

    ReplyDelete
  15. Sebelum membeli rumah memang kudu banyak juga yang harus diperhatikan ya mbak. Karena menyangkut kesejahteraan kita kedepannya, Emang ada baiknya juga riset terlebih dahulu. Kan enggak lucu rumah yang akan kita tempati bertahun-tahun kedepan lingkungannya kurang enak 😁

    ReplyDelete
  16. Saya dulu 2006 cari rumah di Jakarta tambah satu kriterianya..Bebas Banjir!!
    Jadi cari lokasi pas musim hujan. Jadi ketahuaan daerah situ banjir ga, akses ke sana sering tergenanglah dll
    Dan Alhamdulillah rumah sekarang di Jakarta Barat sudah dihuni 12 tahun masih aman dari banjir

    ReplyDelete
  17. Cari rumah memang harus yang nyaman ya karena rumah tempat pulang dan jadi salah satu sumber kebahagiaan.

    ReplyDelete
  18. 2012 pindah Jakarta. Kriteria pertama area bebas banjir. Kemudian baru nambah kriteria yg lain. ALhamdulillah dapat yg lumayan deket sama fasilitas umum. Ya jatuhnya daerah rame sih, tapi ke mana-mana dekat. Mau ke stasiun juga cuma 10 menit aja.

    ReplyDelete
  19. Iya bener, beli rumah itu kayak cari jodoh, kalau emang udah jodoh kita walopun mahal ada aja jalannya bisa dapetin rumah itu, yang penting doa dikencengin, nunggu #restu Allah, eaaaa :)))

    ReplyDelete
  20. Wah udah ada ya tanah yang harganya sampai 20 juta per meter. Tapi kekuatan doa dan ikhtiar semoga tetap bisa membeli properti yang diimpikan

    ReplyDelete
  21. Rumah memang investasi penting.. aku juga rasanya legaaa banget bisa nabung dan beli rumah

    ReplyDelete
  22. teh aku mah dulu pas masi di Bekasi keliling papanasan sama suami hahaha seandainya ada ini dulu yak pasti kulitku takkan terbakar matahari :D

    ReplyDelete
  23. Pengen sih punya investasi properti di Bandung. Belum nemu aja yang cocok sama uangnya hahahah. Padahal mayan ya buat hari nanti

    ReplyDelete
  24. Masih potensial banget sih untuk bisa mulai di bandung, apalagi makin tahun makin maju kotanya

    ReplyDelete