Ramadan Day 27 : Kue Kering Lebaran

Bismillah,

Yo...
Lebaran makin dekat, makin deg-degan yaa...
Sudah siapkah kita ditinggal bulan yang penuh berkah ini?
Akankah kita bertemu dengan bulan yang suci nan penuh berka ini lagi...?


Related Post :
Ramadan Change Our Heart


Persiapan demi persiapan sudah dilakukan. Dari mulai memberi THR pada khadimat hingga menyiapkan kue yang akan di hidangkan saat ada tamu.

Kira-kira sahabat lendyagasshi punya kue kering wajib apa aja niih...yang harus terhidang saat Lebaran?



   Nastar   

Teringat masa kecil saat menjelang Lebaran begini, Ibu selalu belanja buah nanas. Untuk apa?
Tak lain dan tak bukan adalah untuk membuat kue nastar. Ibu gak pernah sekalipun membuat kue nastar dengan selai nanas bikinan orang lain.



   Kaastengels (kastengel)   

Zaman sekarang, kue kering bertebaran yaa...mau beli yang berbahan sehat dan gak bikin gemuk, sahabat lendyagasshi bisa memilih kue-kue buatan Nenasz Cookies
Tapi bagi Ibuku, dari tahun ke tahun, resep bikin kue keju yang bernama kastengel ini gak pernah berubah. Dan ibu sama sekali gak berniat memberi variasi terhadap kue-kue bikinannya.
**ini yang aku kangenin dari kue buatan Ibu. Original.





    Putri Salju   

Nainii...kue yang aku paling suka. Bukan suka makannya, karena pada hakikatnya, aku kurang begitu suka ngemil kue kering...tapi suka bikinnya. Kebayang doonk...dulu zaman kecil (sampai dewasa siih...), abis sahur, sholat subuh terus yaa...kadang nonton dorama Jepang, kadang bobok lagi, lalu mendadak dibangunin Ibu untuk bantuin bikin kue?

Dan aku biasanya gak mau sendirian, suka gangguin masku juga buat bantuin. Hahhaa...

Kue salju ini salah satu kue yang cepet bikinnya. Tinggal di empel-empel sampai kalis, lalu di ratain pakai botol yang di gelindingin, terus dicetak bulan sabit deeh...


**kalau udahannya, pas beres dipanggang lalu aku bagian naburin gula halusnya. Sekalian masukin ke mulut, hihii...ampun daah...gadoin gula halus kok bahagia banget rasanya...


Kue Semprit

Ini juga gampil banget nyetaknya... dan cepet.
Adonan yang ada tinggal dimasukin ke dalam spuit dan tekan-tekan hingga keluar dalam bentuk yang cantik. Lalu susun di loyang dan siap di panggang.


**lucu-lucu bentukannya kue semprit ini...tapi Ibuku masih setia dengan model kue jadulnya.


   Lidah Kucing   

Namanya aneh yaa...tapi rasanya enak dan gak bikin cepet haus kalau makan kue ini.




5 kue ini yang wajib ada di meja rumah saat Lebaran. Karena Ibu jarang banget menyajikan blek kue Khong Guan, apalagi yang diisi rengginang, wkkwkw... Bukannya apa-apa, karena memang Ibu jarang banget makan kue beli.

Dari dulu kecil, didikan Ibu yaa...kalau mau makan, pasti masak dulu.
Beli bahan-bahannya dan bikin sendiri.

Yaa,
Zaman dulu, gak kaya sekarang yang bisa pesan makanan melalui ojek online.


Related Post :
Ramadan Dalam Ingatan Kecilku


Jadi,
uda siap kue Lebaran apa di meja tamu sahabat lendyagasshi?


Happy Fasting, μΉœκ΅¬...



Salam hangat,


22 comments

  1. kalau aku ga ada yang khas sih mbak, pokoknya apa yang sreg waktu lebaran itu heheheee...
    jadi pas siap coklat ya coklat, pas sedang suka nastar ya buat nastar, gitu mbak

    ReplyDelete
  2. 5 jenis kuker nya sama mba dg yg wajib ada di rumah kami..sedikit beda utk warna / rasa Lidah Kucing dan kue sempritnya saja..hehe..

    ReplyDelete
  3. Favorit kue lebaran Mpo adalah kue keju dan nastar keju.

    Pokoknya kalau pakai keju, Mpo siap deh terima bingkisan kue kering lebaran dari mba lendy

    ReplyDelete
  4. Ahaaaiii, saya juga suka lho Mbak dengan kue putri salju itu, hihihih.
    Kayaknya belum lengkap ya berkunjung ke rumah orang tanpa disuguhin kue nastar, ini semacam kue yg wajib ada di setiap rumah ya πŸ˜ƒ

    Maaf lahir bathin ya Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Jenis kue kering yang wajib ada di rumah ya mbak, kastengel apalagi selalu menghiasi meja. Kalau lidah kucingnya biasanya warna kuning... Ini lici ada kombinasi warna hijaunya:)

    ReplyDelete
  6. Aduh kue keju dan nastar yang sangat menggoda mah. Secara setiap lebaran, kami tidak pernah buat kue kering. Kalau pun beli yaitu paling kacang goreng, karena sukanya yang asin-asin.

    Btw selamat lebaran ya. Maaf lahir batin dari kami di Cinjur ��

    ReplyDelete
  7. Di rumahku hidangan yang Mbak sebutkan ada semua :D. Aku paling suka putri salju sama nastar. Rasanya memang khas lebaran kalau ada kue2 itu,hihi

    ReplyDelete
  8. ternyata kue kering di rumah ibuku lengkap, sesuai yang Mbak Len sebutkan. Hahaha ...
    Kalau aku siapin nastar dan sagu keju. Itupun ku cemil sendiri.

    ReplyDelete
  9. Senangnya punya ibu jago masak dan bikin kue. Kalau bundaku yang khas dibikin saat lebaran dalah stik bawang.

    ReplyDelete
  10. Waktu anak-anak masih kecil, akutu rajin banget bikin kuker. Enggak lebaran aja juga bikin, terutama kue kering kesukaan anak-anak kayak choco chip. Kalo sekarang milih pesen aja, gampang capek jadi udah nggak boleh bikin2 kuker sama suami

    ReplyDelete
  11. Lebaran tahun ini enggak nyediain kue kue nih...alhamdulillahnya banyak ttp ada kue2 di.rumah..krn banyak yg ngirim jg...duh bersyukur banget jdnya hehe..

    ReplyDelete
  12. Favorite kami kaastengel alias kue kejuuu mba. Pakai keju favorite gruyere dari Swiss biar nampoool rasanyaa

    ReplyDelete
  13. Kue lebaran dirumahku kemarin kue nastas sama kastengel aja sih kak beli 4 toples tapi sebelum lebaran 3 toples dah abis duluan hahaha.

    ReplyDelete
  14. Nastar, kastengel, kue sagu itu yang wajib. Tapi chocolate cookies dan kue lidah kucing juga selalu ada, sih. Kue kaleng juga ada, karena banyak parsel. Hehe.

    ReplyDelete
  15. Aku yt wajib nastar ma kastengel hehe. RaMadan tahun ini instimewa krn kami bisa punya oven dan bikin kastangel sendiir haha. Begitu sampai Sby eh dikasi lagi kuker banyak sekali tapi aku tinggal di rumah ibuku haha. Tapi alhamdulillah banget yaaa msh bisa menikmati kuker

    ReplyDelete
  16. Lebaran tahun ini aku belum ketemu nastar ama kastengel masa, sekarang jadi sibuk cari nih saking kepengen nya...

    ReplyDelete
  17. Nastar dan kastangel jadi favorit banyak keluarga.. hampir setiap keluarga yang aku datangin saat lebaran kedua jenis kue tersebut selalu ada hehe.. memang enak sih.. aku setiap ada nastar dan castangel selalu cobain lho.. karena memang enak dan bikin nagih untk makan lagi dan lagi

    ReplyDelete
  18. kue kering ini ciri khas lebaran banget ya mba, kya nya di tiap rumah menyajikan kue kering seperti nastar, sagu keju, kastengel, semprit, putri salju, lidah kucing dan lain-lain. ada juga yang menyajikan kue basah sepeti kue legit atau bolu. tapi kalo anak saya malah sukanya "kriyik2" seperti stik gabus, cheese stick, peyek xD

    ReplyDelete
  19. Kue kering tiap lebaran yg sll terhidanf. Serupa tp tak sama ta? Soslnya Lendy tuh keren bikinnya, rata dan dama besarnya salut. Btw kye lidah kucingnya nih yg bunda gak pernah bisa. Putih telur selalu mubazir.

    ReplyDelete
  20. dulu mama slalu rajin bikin kue sendiri. ingeeet bgt paling suka kalo mama masak kue kastangel ama putih salju. skr mah aku beli aja mba :p. udh ada langganan utk kue2 seperti ini. jd biasanya tiap thn beli lg ama langgananku ini. biasanya sih udh pasti cheesestick, lidah kucing, nastar ama kastangel :D.

    ReplyDelete
  21. Dari tahun ke tahun, kue lebaran kering makin unik yah kak, terutama favorit aku kue nastar. Biasanya sih kalau bertamu suka ngincar juga kue kering coklat

    ReplyDelete
  22. Lebaran tahun ini, saya pesan nastar sama teman 😁

    Di rumah ada beberapa jenis kue kering, tapi yang paling favorit adalah putri salju 😁

    ReplyDelete