feature,

The Divine Fury (2019) : It's All About A Believer

Thursday, September 26, 2019 lendyagasshi 72 Comments

Bismillah,

Awalnya liat trailer film terbaru dari Park Seo Joon ini, aku gak nyangka, doi berani ambil genre yang jauh banget dari kebiasaannya. Inget-inget deeh...drama terakhirnya bareng Park Min Young di What's Wrong With Secretary  atau pas di Fight For My Way bareng Kim Ji-Won. Image doi kan drama, mellow, cinta-cintaan, lucu, kiyuutt... Lalu genre film terbarunya apa?



Judul : The Divine Fury Saja /  μ‚¬μž )

Penulis : Kim Joo-Hwan
Sutradara : Kim Joo-Hwan
Genre :  Horror, Action, Mystery, Exorcism

      Actor :     
Park Seo-Joon as Yong-Hoo
Ahn Sung-Ki as pendeta An
Woo Do-Hwan as Ji-Shin

Release Date : July 31, 2019
Runtime : 129 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5





Park Seo-Joon as Yong-Hoo

Adalah anak yang tumbuh tanpa kasih sayang kedua orangtuanya. Ia ditinggal meninggal oleh Ibunya sejak ia lahir. Kemudian ketika usia (kira-kira) 10 tahun, Ayahnya juga mendadak meninggal saat sedang menjalankan tugas sebagai seorang polisi lalu lintas.

Tak pernah terbersit di benak Yong-Hoo kecil kalau ia akan ditinggal meninggal oleh sang Ayah secepat itu. Karena Yong-hoo amat mencintai sang Ayah. Mereka kerap berdoa dengan khusyu' di gereja, saling menjaga dan saling percaya satu sama lain.

Suatu hari, saat Ayahnya Yong-hoo harus kerja malam, seperti biasa...Yong-hoo mengantarkan kepergian sang Ayah hingga depan pintu. Setelah da-da-da-da... Yong-hoo pun masuk lagi ke dalam apartemennya. Sendiri.

Hingga tengah malam mendadak mendapat kabar bahwa sang Ayah mengalami kecelakaan dan keadaannya kritis. Dengan bantuan oksigen dan alat-alat di ruangan NICU, Yong-hoo hanya mampu menatap nanar dari luar kaca ruangan.

Dengan tergopoh-gopoh, Yong-hoo ke gereja tempat biasanya ia dan Ayahnya berdoa. Dengan khusyu' sembari menangis, ia berdoa memohon pada Tuhan agar Tuhan menyelamatkan sang Ayah. Hingga di tegur oleh salah seorang Pendeta yang sudah sangat ia kenal betul.

Pendeta : "Apa kau baik-baik saja?"

Yong-hoo kecil : "Ayahku sedang sakit..."

Pendeta :"Apakah sangat sakit?"

Yong-hoo : "Ya...
Jika saya berdoa dengan tulus untuk kesembuhan Ayah saya, apakah Tuhan akan mengabulkannya?"

Pendeta : "Jika Park Yong-hoo berdoa dengan serius, maka Tuhan akan mendengarkan.
Mari kita berdoa bersama-sama."


Detik demi detik dilalui, tak terasa pagi pun tiba...
Namun sebelum pagi, Yong-hoo mengalami mimpi yang sangat nyata. Ia bertemu dengan Ayahnya di rumah. Dan sang Ayah pun berkata :

"Anakku, bangunlah...
Ada yang ingin Ayah sampaikan padamu.
Dengarkan baik-baik yaa...

Jangan bikin susah nenek yaa..
Nilai di sekolahmu boleh saja tidak baik.
Tapi sebagai gantinya...
Kamu harus menolong orang yang kesusahan.
Memberi makan orang yang kelaparan,
dan membela orang yang tertindas.

Arrachi?

Ayah akan selalu bersamamu."


Sejak kejadian itu, Yong-hoo kecil yang tadinya sangat percaya akan kekuatan doa dan Tuhan, menjadi marah. Ia menganggap Tuhan tidak mendengar doanya, padahal sudah dilakukan dengan tulus, seperti kata Pendeta.

Akhirnya Yong-hoo tumbuh besar dan menjadi boxer terkenal di dunia. Terkenal dengan sebutan Grim Reaper, dengan 13 kali pertandingan dan belum pernah terkalahkan sama sekali. Lawannya kali itu adalah seorang bule yang memiliki tatto di punggungnya. Simbolisasi agama (sepertinya, hiiks...maafkan, ku tak paham). Yang pasti, karena melihat simbol di punggung lawannya itu, Yong-hoo jadi mendengar bisikan-bisikan setan, yang suaranya menyerupai suara Yong-hoo kecil.


Gooks~
Makin bernapsu Yong-hoo untuk memenangkan pertandingan kali ini. Gak nyampe 5 menit, Yong-hoo sudah memukul habis lawannya hingga di lerai oleh wasit.

Sereem iih...Seo-Joonaaa...
Noona attuuut~

Yaaak,
Lupakan ke-haluanku ya, pembaca lendyagasshi, hahaha.... Lanjoottt~


Terus pas perjalanan pulang ke Korea, Yong-hoo mengalami mimpi aneh yang bikin tangannya berdarah-darah sehingga berlubang, Lubangnya di tangan loo yaa...bukan di hati, inget!

Trus efeknya apa?
Setelah kejadian itu, Yong-hoo ke dokter doonk... Dan kata dokter, "Ini adalah tusukan benda tajam dan dalam."

Jadi Yong-hoo dikasih pereda nyeri plus antibiotik gitu deeh...biar aliran darahnya berhenti.
**sok-sokan jadi dokter, hahhaha...

Tapi...
Pas bobok cancik ganteng, Yong-hoo mengalami mimpi aneh lagi. Ia bertemu dengan setan yang hendak membunuhnya, tapi gak bisa karena ada si setan mendadak pergi setelah di tempokin ama tangannya Yong-hoo. Berhasil nempokin setan tapi tangannya terjadi pendarahan hebat lagi...

Hiiks~
Terpoteque hatiku...



Berkat saran dari supirnya, Yong-hoo mendatangi paranormal. Emm, semacam orang yang bisa lihat ada apa sebenernya yang terjadi pada Yong-hoo?

Dan si peramal pun menunjukkan bahwa Yong-hoo terlalu banyak yang mengejar. Hingga ia mengalami kejadian-kejadian buruk itu. Dan si peramal menyarankan untuk menemui Pendeta Ahn. Pak Pendeta ini bukan pendeta biasa. Ia biasa mengusir roh-roh jahat yang merasuki rang-orang.
**jangan auto nyanyi "Apa yang merasukimu loo yaa...


Setelah ketemu si Bapak Pendeta, mulailah Yong-hoo mengalami perjalanan spiritualitas. Mulai dari merukyah para rang-orang yang kesurupan, sampai mencari dedengkot setan yang ada di Korea Selatan. Kira-kira apa yang terjadi kemudian?

Manpukah setiap kejadian yang dialami Yong-hoo mengembalikan kepercayaannya kembali pada Tuhan?


Ini film tentang kepercayaan, keimanan, mistis, pemujaan setan, tumbal.
Aaakk~
Sungguh sulit dipercaya.

Karena ini semua ada di Indonesia kan..?
Ternyata di Korea pun sama.
Aku pikir kalau internet uda 5G, mereka gak ada yang percaya beginian.


Dari segi akting, semua pemain membawakannya dengan penuh penjiwaan. Bahkan Woo Do-Hwan yang jadi pemuja setan, hanya dengan tatapan matanya, penonton jadi tahu bahwa doi ini jahat.
**kamu jahap, Bang... Macari cewe-cewe hanya untuk dijadiin tumbal!

Tapi gak hanya menipu cewe, si tokoh antagonis di sini juga membodohi seorang anak kecil yang selalu disiksa di Panti Asuhan. Ia menawarkan kedamaian bila mau nurut sama doi.
**Cukup, Bang...Cukup! Kamu keterlaluan!



Nonton film The Divine Fury ini ngeri-ngeri sedap siih yaa... Tapi hantunya gak bikin jantungan kok. Bukan efek jumpscare kaya film hantu di Indonesia. Di sini hantunya lebih mirip hantu khayalan. Apa ngomongnya?
**yang pernah nonton Hwayugi, naah...mirip-mirip kaya gitu deeh...

Baca juga :
Magnet Drama Korea Hwayugi : A Korean Odyssey
Keindahan Alam Indonesia Dalam Balutan Film Jailangkung 1 dan Jailangkung 2




Dan uniknya, Park Seo-joon di film kali ini bertemu lagi sama sahabatnya Choi woo-sik, itu loo...yang jadi Kevin di Film Parasite . Jadi mereka ini bagaikan saling mendukung karakter satu sama lain di filmnya masing-masing. Di Parasite, Seo-joon hadir sebagai pembuka kunci jalan cerita utamanya, sedangkan di The Divine Fury, Woo-sik berperan menjadi pendeta, yang selalu mendoakan Seo-joon.

**so sweet banget kaan...



Learning Point film The Divine Fury :

Tentu pertama, Iman.
Percaya pada Tuhan dan takdirNya, meskipun itu mungkin tidak baik bagimu. Dengan begitu, kamu akan damai dalam menjalani hidup.

"Kita mengalami semua penderitaan, tentu ada penyebabnya.
Asalkan percaya dan mengikuti, cepat atau lambat akan mengerti arti dari kejadian tersebut."

"Saat kecil, kita nurut sama orangtua, bukan berarti apa yang dikatakan orangtua kita sepenuhnya mengerti maksudnya. Namun, karena kita tau bahwa mereka benar-benar mencintai kita."

"Keinginan Tuhan bukan untuk dimengerti, tapi untuk dipercaya."

-Pendeta Ahn-


Dan selanjutnya, aku tampilin trailer movienya aja yaa...


Dare you watch this movie?



Salam hangat,



You Might Also Like

72 comments:

  1. Whoa~daebak~😍 Aa Ojan keluar dari zona nyaman nih dgn main film genre begini ya Mba, hahahaha

    ReplyDelete
  2. Genre-nya rada-rada bikin mikir ya Mak.
    Pilem ini sepertinya kurang cocok ditonton org2 yg lagi galau atau ada gejala depresi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aduh kayaknya kok ada serem-seremnya, baca reviewnya ini sebenarnya penasaran sih endingnya bagaimana. Tapi, mau nonton trailernya aja udah takut duluan hahaha.

    ReplyDelete
  4. ow.. ow.. ow.. ada pilem baru yaa.. menarik nih kayaknya..tapi agak2 serem gt ya Lend.. hihi..

    ReplyDelete
  5. saya taunya film korea itu film zombie train to busan hehe.., itu khas banget

    ReplyDelete
  6. Ihh aku baru mau nonton ini film nanti malem, nunggu anak bobok dulu. Penasaran liat Seo Joon Oppa kalau jadi karakter serius pegimana. hihihi

    ReplyDelete
  7. Wah kumplit ini reviewnya, bukan penggemar film Korea banget tapi kalau ada di tv pasti di tonton, termasuk nonton parasite di bioskop, makasih reviewnya mba lendy

    ReplyDelete
  8. Aku jadi ingat film Doa Yang Mengancam yang dibintangi Aming, yang more or less juga gitu. Dia marah sama Tuhan karena doa-doanya enggak didengar. Terus nantang-nantang Tuhan gitu. Jadi deh terus berbagai kejadian aneh menghampiri hidupnya. Fim Korea ternyata ada juga yang mirip-mirip gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku juga langsung kepikiran filmnya aming. Tapi yang versi ini kemudian jadi pengusir setan gitu bukan sih?

      Delete
  9. kusukaa park seo joon sejak kill me heal me. hebad ya itu sahabatan, saling muncul di film masing2. gara2 park seo joon nongol di parasite sih, hidup keluarga temennya itu jadi kacauw ahaha.
    divine fury jadi list film yg nanti mau kutonton juga. bentar dulu, masih belum bisa move on dari drakor ongoing :D

    ReplyDelete
  10. aku suka park seo joon sejak Hwarang teh <3 cakepnya keterlaluan di sana hahaha apalagi sejak fight for my way dia topless, duh aku ga tahan wkwkwk mau cuss nonton ini ah :)

    ReplyDelete
  11. Duuuh aku bisa2 mewek nonton film ini apalagi pas dia mimpi ketemu bapaknya hiiiksss... Btw itu kenapa Park Seo-Joon ganteng bangetttt hahahaha XD

    ReplyDelete
  12. si oppa ganteng ini mendadak main film thriller (eh apa horor?) ya berarti karakternya bagus, bisa berperan jadi apa aja

    beneran deh, Len, daku kembali suka drakor gara gara "terpaksa" membaca ulasanmu dan "terpaksa
    pula" komen jadi kan kudu baca sampe abis tu yaaa

    nah abis baca kan penasaran ga bisa disetop, lalu... lalu penasaran nonton trailernya... laluuuuuuu nonton dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama Mbak. Ulasan Lendy ini asyik banget buat dibaca. Aku yang sudah lama pensiun gak nonton drakor jadi tergoda lagi buat nonton gara-gara rajin mampir ke blog Lendy.

      Delete
  13. Waaaaaaa penasaran juga mba aku sama film ini. Cuma kok kayaknya ga betani nonton ya, apalagi ada setan2nya wkwkwkwk. Kukira cuma di Indonesia yang ada hal mistis, ternyata Korsel juga ada

    ReplyDelete
  14. Ceritanya dark horror juga ya...tapi kayanya terselamatkan oleh tampang2 pemainnya hehe

    ReplyDelete
  15. Seruuu banget ini pilemnaya
    yg suka mistis, demen deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  16. Mwnarik jugaaa ya mba ceritanya.. aku jadi penasaran hehehe. Tapi baca review dirimu juga udah lengkap

    ReplyDelete
  17. Tumben nulisnya horor nih, Len.
    Aku udah pernah nonton sih yang thriller Korea, tapi lupa nama pemainnya siapa aja.
    Ini bagus gak sih, aku suka kalo horornya thriller gitu

    ReplyDelete
  18. Genre nya sekarang lagi yang horor-horor gini nih musimnya setelah hotel de luna terus yg on going when the devil call your name memang gak heran juga sih. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Serem banget sih, filmnyaaa.. Kalau asia memang rata2 masih kental sih mistis beginian

    ReplyDelete
  20. Aku belum nonton Divine Furry ini karena emang genre-nya bukan seleraku hahaha. Aku kan suka cemen gitu, sukanya yang receh aja hehehe

    ReplyDelete
  21. Huaaaa mbak Lendy.... You always make me want to watch Korean movie, kali ini edisinya agak horor ya��

    ReplyDelete
  22. Aku tergoda lihat Park Seo Joon, tapi genrenya kan gak aku banget Mbak Len. Itu di Fight For My Way, dia juga jadi petarung. Kalau di sini jadi Petinju, ya gak kaget

    ReplyDelete
  23. Film Korea ternyata ada alam ghaibnya juga ternyata, kirain mereka udah main logika semua. Jadi ikut penasaran ending ceritanya.

    ReplyDelete
  24. komplit banget sih genrenya. kirain cuma haru biru karena kehilangan orang tua ternyata terus jg action. . belum hilang keterkejutan eh jd genre horor. duh gk mau nonton sendirian

    ReplyDelete
  25. Wah iya ya genrenya beda banget dengan film sebelumnya yang romantis, jadi penasaran dia jadi tokoh gahar kayak gini..

    ReplyDelete
  26. Bukan penggemar film korea. Tapi baca review ini jd penasaran juga hehe...

    ReplyDelete
  27. Waahh takjub sih sama genre yg diambil sama Park Seo Joon kali ini. Yg sama dari drama sebelumnya cuma jadi boxer aja, tp ini scary yaa..

    Jujur penasaran sih, belum pernah nonton Korea yg genrenya kayak gini

    ReplyDelete
  28. gambarnya semua cowok nih mba, ga ada ceweknya yooo. btw aku kok sulit ngapalin atau nyeut nama orang korea ni, gimana tips nya mba

    ReplyDelete
  29. Ma love Park so jun aduh kenapa kamu keren sekali sih my love, auto nonton film ini setelah baca tulisam ini hehe

    ReplyDelete
  30. Park seo joon kok mirip pablo putra benua sih wkwkwk. Genrenya unik ya kupikir korea itu tacintaan ajaa

    ReplyDelete
  31. Ada juga ternyata drakor yang bergenre horor. Seseram apapun hantu-hantu Korea kayaknya gak bakalan seseram hantu Indo haha.

    ReplyDelete
  32. Lengkap banget sih reviewnya mba, tapi aki jadi ga mau nonton, mau segantenh apa dia tapi kok serem banget yg dia alami hiks takuuut

    ReplyDelete
  33. Aku tiap lihat Park-Seo Joon auto langsung keinget kharismanya sebagai seorang eksmud tajir, mbak. :))))
    Pengaruh di drama bareng what-so-called Kim Mi So ini bener-bener melekat di otakku. :)))

    ReplyDelete
  34. Aku udah lama bgt ga nonton film korea setelah baca jd mau nonton bikin penasaran banget

    ReplyDelete
  35. Tiap kali liat Park Seo Joon saya jadi ingat Yunho Dbsk berkharisma meski tidak semanis Leeminho, saya suka aktingnya di Fight for my way

    ReplyDelete
  36. Menarik sih ceritanya dan sebenernya karena ada PSJ pengen nonton tapiiii karena genrenya thriller itu ku takut jantungku tak kuat (plus lagi hamdun sih ktnya jgn sampe kaget liat yg aneh2) jadi pending dulu aja deh hahaha.. btw, aku selali kaguk sama aktingnya aktor korea. Cukup dgn ekspresi aja kdg kita bisa tau suasana hati atau karakter yg dimainkan. Top abis emang!

    ReplyDelete
  37. Baru banget beberapa hari tmn aku ngomongin film ini, liat gendrenya kayanya enak di tonton saat suasana hati lagi good mood ya, krn agak mikir filmnya wkwk

    ReplyDelete
  38. Wahh, menarik banget film nya.. Oppa nya cakep! Kalo ditipu oppa begini sih, aku pasti kena uga..�� Jadi kepo pengen nonton..

    ReplyDelete
  39. Bukan genre favoritku sih. Krn nggak tahan liat kekerasan. Tapi kalau liat jalan ceritanya, film ini menarik. Nggak nyangka aja ada plot kejadian mistis. Jadi penasaran sama akhir ceritanya.

    ReplyDelete
  40. Udah lama aku nggak nonton film genre gini. Apalagi pemeran utamanya Seo Join. Aku suka lihat akting nya di What's wrong with secretary Kim.

    ReplyDelete
  41. Aku belum yakin apakah bisa menerima kondisi dia setelah main whats wrong witj secretary kim apa ga. Soalnya disana kan emang dia tampilan mellow, tapi agak sombong ngeselin sih. Hahhaa. Siap ntar aku nonton ini ah

    ReplyDelete
  42. Ternyata di drama korea juga ada hal yang berbau mistis-mistis ya...
    Serem juga kalau harus mengalami mimpi aneh dan ngeri seperti itu. Wajar aja hidupnya gak tenang

    ReplyDelete
  43. Setuju sama pesannya harus percaya sama Takdir Alloh yang sudah diberikan mungkin ga baik buat kita tapi justru itu yang terbaik ya teh

    ReplyDelete
  44. Ternyata sama yah disana juga ada yang masih percaya hal begitu. Mau nonton film ini teh takut gak rame karena Seo Joon udah melekat dengan kegemasannya haha, tapi kok baca ulasan cerita mbak ku jadi penasaran pengen nonton ya :))

    ReplyDelete
  45. Mba Lendy kejar setoran nonton film melulu wakakak. Aku download film di sini susyeh sebel. Bisane drakor terus capek deh. Ganteng banget si Opaaanya. Ada hantu2 gitu macam hwagugi. Pengen nonton

    ReplyDelete
  46. Selalu suka mampir kesini, banyak dapat referensi drakor hehehe. Dan selalu bagus-bagus.

    ReplyDelete
  47. Kalau saya jadi sang tokoh, yg berharap satu2nya ortu tetap hidup tapi kemudian tak seperti keinginan...entah apa saya bs lalui dunia ini. Apalagi kemudian kayak diteror hantu gitu

    ReplyDelete
  48. Ini kyknya antara real dan agak2 fiksi drama gtu ya mbak. Tumben ada drama kyk gini ya :D
    Tapi kyknya bukan genre favoritku soalnya agak ngajak mikir dan deg2an haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pasti bu April maunya yang romantis komendi kaya dia main di whats wrong with secreatry kim yaa :D

      Delete
  49. Harus pesan film ini pada Ai Ghina yang biasa jadi bandar film gratisan, tapi tak tahu apa bisa karena laptopnya bermasalah, The Divine Fury kayaknya asyik banget, Pengen nonton da ceritanya seru, aktornya juga ganteng bermnata sayu, hi hi

    ReplyDelete
  50. Wah wah, boleh nih jadi referensi. Makasih lho, berkat BW ke sini, aku jadi banyak referensi film dan drakor. Apalagi ini ada di Wakil Presiden πŸ˜…

    ReplyDelete
  51. Wkwkwk Bu Al, aku malah gak pernah nonton itu drama Sekretaris Kim, AKu suka yang bikin deg2an kyk serial detektif gtu sih :D

    ReplyDelete
  52. Film ini enggak terlalu serem ya mbak, aku juga pernah nonton drakor yang horor gini cuma jadi takut sendiri hehe. Pengen drakor romantis aja.

    ReplyDelete
  53. Huaaa ada si akang ganteng euyy yang main,jadi pengen nonton. Jujur deh kak Lendy sudah banyak list film dan drakor yang ku tulis dari bacaan blog kamu tapi belum sempat aku tonton huhu.

    ReplyDelete
  54. Semenjak aplikasi favorit aq eror udh gk bsa lg nton film sekecee inib����

    Duh pengen bgt nton The Divine Fury, smua aktornya cakep

    ReplyDelete
  55. Bertabur opa ganteng ya Mba wkwkkwkw
    Jangan2 terinspirasi dengan film Indonesia wkwk. Waahhh sinyal 5G kek apa ya

    ReplyDelete
  56. Kalau aku justru udah tau kalau dia pasti bakalan milih genre ini someday, teh. Akhirnya muncul juga deh divine fury. Sayangnya aku gak sempet nonton film ini di bioskop. Nanti cari di kissasian ah.. Hehehehe

    ReplyDelete
  57. Boleh bnget nih jadi list untuk ditonton jln ceritanya sedih ya mba jd kpingin tau endingnya akuh

    ReplyDelete
  58. Mmmm... jadi banyak belajar tentang value kehidupan ya.. bagaimana orangtua itu punya peran dalam diri seseorang anak dan akan selalu diingatkan hingga dewasa kelak, bahkan bisa dijadihan contoh untuk mendidik anaknya dimasa mendatang.. harus nonton filmnye secara lengkap nih supaya ngga penasaran.

    ReplyDelete
  59. badannya bagus banget. Ya ampun jadi salfok dan kepengen nonton filmnya.

    ReplyDelete
  60. Bisa deh bayangin betapa sulitny posisi si anak. Usia 10 tahun kan emang lagi pencarian jati diri. Butuh bimbingan banget. Sayangnya dia justru merasa dikecewakan sama tuhan.

    ReplyDelete
  61. Hmm jadi penasaran mau nonton
    Hanya saja koneksi di rumah mertuaku ga selancar di Surabaya nih
    Jadinya nahan nahan dulu

    ReplyDelete
  62. Wah yang main Seo Joon ya. Masuk list ah. Sekarang jadi punya kebiasaan baru akunya, kalau mau nonton Kdrama, ngintip ulasannya Mbak Lendy dulu

    ReplyDelete
  63. Aku jarang ngikutin film korea, tapi setiap main ke blognya teh lendy jadi tahu film korea apa yg seru buat ditonton.

    ReplyDelete
  64. Ternyata teteh suka banget nonton DraKor ya, hihihi.
    Kok Seo Joon cakep banget sih, bikin meleleh liatnya, hahaha.
    Btw, aku suka nih film yang kaya gini jadi ga terlalu drama banget :)

    ReplyDelete
  65. Betul banget nih, kalau perjalanan hidup tanpa disertai dengan pembelajaran iman, jadinya terus ga percaya akan kuasa Tuhan dan segala kebaikan yang ada di balik masa susah yang sedang dialami.

    ReplyDelete
  66. jadi bisa belajar dan memetik hikmat dari setiap adegan di film ini ya mba, apalagi ini related banget sama kehidupan kita pada umumnya

    ReplyDelete
  67. pas banget nih kak, aku lagi bingung mau nonton apa, hehehe, cuss ah nonton ini aja

    ReplyDelete
  68. Percalah sehabis beberapa kali mampir ke blogmu, akhirnya aku mencoba nonton beberapa film rekomendasimu. Nagiiiihhhhhhhhh... Tapi sekarang aku demennya nonton drama Thailand loh teh.

    ReplyDelete
  69. film tentang hantu? hihi kalau bicara spiritual dan rukiah langsung mundur seribu, takut nontonnya dan bisa terbayang kalau mau tidur

    ReplyDelete