Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Architecture 101 (2012) : An Immature First Love

Bismillah,

Pas banget gak sih...bulan Juni, ngomongin yang manis-manis.
Pas!
**hahaha...maksa.

Kenapa?
Soalnya bulan ini bulannya aku lahir. Jadi. yuuk...cerita yang manis-manis dari masa lalu.
**kenapa yang manis selalu dari masa lalu? Emm, mungkin karena itu berupa kenangan yaa...

Review Architecture 101 (2012)
Review Architecture 101 (2012)
Sebenarnya kisah mengenai first love itu sering diangkat yaa... Karena masa-masa muda yang penuh semangat, lugu dan naif ini tema yang menarik untuk di hi-lite. Seperti dalam film Architecture 101 ini pun menceritakan mengenai kisah cinta pertama yang begitu immature.

Kisah First Love yang lain :


Lee Seung-min (diperankan oleh Uhm Tae-woong) - adalah seorang arsitek dari salah satu perusahaan design di Korea. Ia terbiasa membangun gedung, namun pada suatu hari, ia kedatangan seorang tamu tak terduga. Seseorang dari masa lalunya.

Yang Seo-yeon (diperankan oleh Han Ga-in) - mantan cewek yang pernah ditaksirnya dulu, zaman kuliah Arsitek. Seo-yeon sendiri mengambil jurusan Seni Musik.


Bagaimana awal mereka bertemu?

Seo-yeon sedari awal mengikuti kelas tambahan dari Jurusan Arsitektur, Pengenalan Arsitek. Alasan ia masuk kelas itu adalah karena menyukai sunbaenya, Jae-wook sunbae (yang diperankan oleh Yoo Yeon-seok, bagi yang nonton Hospital Playlist yang lagi nge-heiits itu, pasti tahu. Ya, doi adalah dokter yang jadi pastor, Dr. Ahn). Karena Jae-wook sunbae adalah cowok populer, ganteng dan kaya, lalu jurusan Arsitektur pula. Wow!

Architecture 101 (2012)
Suzy dan Yoo Yeon-seok on Architecture 101 (2012) as an hoobae and seonbae

Bagitu masuk kelas Arsitek, Seo-yeon langsung mendapat perhatian khusus dari Seung-min. Yah, khas kehidupan anak Teknik laah....jarang cewe, sekalinya ada cewe, pada jelalatan, hahaha~

Karena alurnya yang disajikan mau-mundur, masa sekarang dan masa lalu, penonton serasa dibuat nostalgia jaman masa kuliah yang penuh tugas dengan tipikal dosen yang santuy banget kalo ngajar, tapi pas UTS apalagi UAS ngasih soalnya bujubuneeng... Jauh amat!
**pernah ngerasain gini soalnya, unpredictable si dosen mah...

Pas di kelas Arsitek, mahasiswa diminta dosen untuk pemetaan. Tujuannya, adalah untuk mengerjakan tugas pertama yaitu pengenalan wilayah tempat tinggalmu. Jadi, seorang arsitek harus banyak paham wilayah, lingkungan sekitar dengan memahami maka akan mencintai lingkungan tersebut dan bisa membangun sebuah bangunan yang indah dan menyatu dengan linkungan. Begitu kira-kira filosofi si Pak Dosen. 

Setelah tugas pertama, barulah tahu kalau Seo-yeon sedaerah dengan Seung-min.

Architecture 101 (2012)
Seung-min sedang melakukan pemetaan. Rumahnya pas banget rutenya dengan Seo-yeon, ihiii~

Kisah mereka dimulai. Awalnya pada jaim, ternyata Seo-yeon anaknya lebih terbuka. Ia berani memulai pertemanan dengan Seung-min yang kelewat pemalu. Setelah mengobrol dan mereka sepakat untuk saling membantu dalam mengerjakan tugas kuliah, karena ini merupakan mata kuliah anak Arsitek, jadi Seung-min yang harus bantu Seo-yeon.
**hahhaa....dan Seung-min nurut, saking terpesonanya sama Seo-yeon

Architecture 101 (2012)
yagsog
Setelah kejadian ini, hubungan mereka semakin dekat. Bahkan, Seo-yeon dan Sung-min memiliki tempat rahasia untuk saling bertemu. Di sebuah rumah kosong (rumah khas Korea) yang dirawat dan dibersihkan sendiri oleh Seo-yeon.

Perkembangan hubungan mereka yang baik mendadak berubah ketika Jae-wook sunbae mengajari Seo-yeon di klub penyiar. Cinta-cita Seo-yeon memang menjadi announcer, bukan menekuni bidang musik. Ia masuk jurusan itu hanya ingin membahagiakan Ayahnya.

Saat pulang bareng di mobilnya Jae-wook sunbae (cuma dia yang bawa mobil di kampus ini), Sung-min juga ikut, tapi pura-pura tertidur di kursi belakang, sambil mencuri-curi dengar obrolan Seo-yeon dan Jae-wook sunbae. Ternyata, Seung-min jadi tahu bahwa selama ini mereka gak deket-deket amat. Sakit hati waktu Seo-yeon bilang "Emm, aku gak suka sama Seung-min, kami hanya berteman sedikit dekat."

Seketika, Seung-min terbangun dan pamit turun di sini aja.

Aku pikir Seung-min ini anaknya ngambekan, tapi gak berapa lama, uda baikan lagi. Hhehe...baiknyaa... Dan mulai mau jalan bareng Seo-yeon lagi.



**cobaa....ada yang bisa nebak ga, ada yang aneh sama pemandangan di atas? Hehehe...dan ini jadi salah satu bahan cemoohan Jae-wook seonbae. Heuu...poor uri Seung-minaaa...


Setelah keakraban yang dibangun lagi, Seung-min mulai percaya diri lagi untuk menyatakan cintanya ke Seo-yeon. Hingga curhat sama sahabatnya, Nab-ddeuckyi (Jo Jung-seok, doi juga main di Hospital Playlist loo...yang jadi Dr. Ik-joon, appa yang perhatian)

Kata sahabatnya, begini cara menyatakan cinta bro...

Architecture 101 (2012)
Sesi tjurhat, pemirsaa... hahaha, diracunin macem-macem sama Jo Jung-seok niih...

Yakin sudah mau menyatakan cinta, Seung-min membawakan sebuah maket rumah impian Seo-yeon. Manis banget. Tapi... Seo-yeon tak kunjung pulang ke apartemennya. Dan setelah lama ditunggu, Seo-yeon pulang dalam kondisi mabuk bereng Jae-wook seonbae.

Melihat kejadian itu, Seung-min (lagi-lagi) patah hati dan memutuskan kalau gak mau lagi mengganggu hubungan Seo-yeon dengan orang yang diharapkan menjadi pasangannya.

Cerita ke masa kini, Seo-yeon kembali mencari Seung-min untuk meminta tolong membangun rumah orangtuanya di Kepulauan Jeju. Seo-yeon ingin menghabiskan waktunya di Jeju bersama Ayahnya. Dan ia ingin rumah yang nyaman.

Setelah bertemu dan bekerjasama kembali, akhirnya Seo-yeon mengaku bahwa ia memang memiliki tujuan saat mencari Seung-min kembali setelah bertahun-tahun lamanya gak ketemu.

Apa kira-kira maksud Seo-yeon?
Akankah cinta pertama mereka bersemi kembali?


Architecture 101 (2012)

Manis...manis banget film ini.
Endingnya mungkin gak terpikirkan banyak orang, but it's okay. Aku selalu meyakinkan diriku sendiri kalau ending bukanlah segalanya, hahaha...karena ini film yaa...bukan drama.

Film kisah remaja juga bisa nonton ini

Dari sini, aku bisa menyimpulkan makna yang bagus sekali untuk sebuah hubungan.

Love, is like all great architectures are built on a solid and steady foundation. The naïve and silly things one will do, even the simplest things like sharing one beautiful song together and the idea of a dream home is enough to last a lifetime.

It's those small little happy memories that we once shared which is enough to light us up a lifetime.



Architecture 101 (2012)

Judul : Architecture 101 ( 건축학개론 )
Director : Lee Yong-Joo

Actors :
Uhm Tae-Woong as Lee Seung-Min
Han Ga-In as Seo-Yeon

Lee Je-Hoon as Lee Seung-Min (young)
Bae Suzy as Seo-Yeon (young)

Genre : Romantic
Rundate : March 22, 2012
Runtime : 118 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5


Jadi, sahabat lendyagasshi penasaran gak...sama rumahnya Seo-yeon setelah dibangun lagi oleh Seung-min?
Seriusss keren banget!

Architecture 101 (2012)
Rumah Seo-yeon di Pulau Jeju.
Gambar 1
. Rumah dengan jendela besar yang bisa full dibuka untuk menikmati angin dan menghadap ke laut
Gambar 2. Ruang keluarga untuk menikmati pemandangan laut
Gambar 3. Tampak depan


Tertarik menonton film lawas ini?
Hehehe...siapkan hatimu yaa, gaess...


Happy Watching!


With love,


47 comments for "Architecture 101 (2012) : An Immature First Love"

  1. Beberapa kali nonton film Korea, selalu suka desain rumahnya yang bagus-bagus. Kelihatannya sejuk gitu, banyak jendela tapi nggak panas. Ya iyalah ya, kan rumahnya bukan di daerah tropis, wkwkwkwk.

    Film ini kayaknya menarik ya buat pegiat arsitektur :)

    ReplyDelete
  2. Dulu udah pernah nonton ini. Tapi lupaa.. Suzy dinobatkan jd Nasional First Love gegara film ini kaan..

    ReplyDelete
  3. Desain rumahnya keren banget, seperti biasa, kalo Lendy yang nulis kan aku auto ngintip di Youtube

    Nah, bener ini, Love, is like all great architectures are built on a solid and steady foundation.

    Dan jangan lupa, bersama waktu that great architect kudu dirawat, ditambal, dipugar.. yaaah cinta emang gitu.... Itu ga bisa spoiler lanjutan apa, endingnya kek mana?

    ReplyDelete
  4. Ahhhh jadi pengen nonton film terkenal ini. Katanya ini film pertama suzy ya. Ahh dia emang udah cantik dari dulu ya. Cantiknya alami. Jadi penasaran lihat actingnya di awal-awal mulai nih

    ReplyDelete
  5. Architecture 101 rumahnya keren gitu bisa lihat laut. Aih romantis banget itu rumah

    ReplyDelete
  6. waaa ini suzy yang main yaaa, kayanya aku belum pernah ih nonton drakor satu ini, ku jadi pengen nonton deh, tapi nanti ah kalo yang sekarang udah beres hehehe

    ReplyDelete
  7. Menarik banget nih... Jadi inget seseorang yang nembak cewe pake peta karena yang ditembaknya anak planologi, hihihi...

    ReplyDelete
  8. Duh mau nonton tapi takut kalau endingnya ngga happy, malah bikin ambyar hati pemirsaa hihihi..

    ReplyDelete
  9. ehhh ada dokter ahn dan papahnya uju :*
    suzy masih kelihatan chubby ya tapi tetep cantik banget

    ReplyDelete
  10. penasaran kadang-kadang sama film korea itu katanya totalitas banget setiap mereka acting, dan teman pernah cerita film Architecture 101 ini, bagus kata temanku, tapi aku belom pernah menontonnya, aku ga bisa bedain muka-muka pemainnya, sama semua hehehe

    ReplyDelete
  11. Ahhh kok aku langsung pingin nyari film ini yaa setelah baca2 ulasannya dan ada bumbu2 arsitektur juga tampaknya bakal bikin betah nih nontonnya meski agak2 too sweet yaah

    ReplyDelete
  12. Pemainnya berarti ganti ya, hahahaaa... aku beneran harus konsentrasi kalo baca review drakor. Tapi kisahnya manis banget ya, udah lama gak ketemu mendadak ngajakin ketemu alasannya minta dibantuin bikin rumah, modus deh

    ReplyDelete
  13. Kaya banget ya Seo Yon punya rumah di Jeju Island gitu. Penasaran ih jadinya gimana Seo Yon dan Seung Min. Kesian lhooo Seung Min udah cinta mati gitu malah diPHP sepertinya ya.

    ReplyDelete
  14. Waa latar belakangnya arsitek nih keren keren... Gara2 kak lendi jadi pengen nonton full dramanya loh hhi
    Rasanya kuliah lagi soalnya gara2 tugas emang sering cinlok hhi

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, drama Korea, hahaha. Entah kenapa aku enggak suka, belum suka sama yang namanya drama Korea. Dan memang enggak kepengen. But, enjoy your time, mak :)

    ReplyDelete
  16. Aku belum nonton ini tapi pernah baca-baca ulasannya. Kayanya waktu cari film Jo Jung Suk deh. Dia jadi Kakak yang jail, ckckck

    Masukin list deh apalagi tokohnya arsitek

    ReplyDelete
  17. Keren banget mbak desain rumahnya, viewnya itu bikin mupeng. Boleh ngak ya bermimpi, suatu saat ada yang bangunin aku rumah secantik itu hehe... :D

    ReplyDelete
  18. Uwaa rumahnya, impian banget ya. Aku nggak bakat ngafalin nama pemain drakor mbk, tapi sekali lihat foto pemainnya yang aku suka, baru deh nonton wkwkwk... Ternyata namanya Uhm Tae Wong ya hahaha

    ReplyDelete
  19. Wah keren banget desain rumahnya, view laut pasti indaah.
    Jadi penasaran endingnya, happy atau sad? Aku suka cari tau dulu endingnya bagaimana, baru nonton haha.

    ReplyDelete
  20. aaa... penasaran aku tuh, wajib ditonton, jadi ingat zaman ngampus :)

    ReplyDelete
  21. Wah Suzy. Udah lama gak lihat aktingnya setelah Vagabond. Eh enggak deng, terakhir nonton film dia Ashfall. Suka deh sama dia. Aktingnya bagus. Kudu nonton juga deh kayaknya film dia ini. Seruuu

    ReplyDelete
  22. Kayanya asik banget ya kalo di tonton sama anak2 arsitek. Belum ketemu drakor yg bahas arsitek sih sebelum ini. Apalagi filmnya manis

    ReplyDelete
  23. Ngomongin cinta emang bakal selalu manis dan baper. Baca sinopsis drakor ini kayaknya cocok buat anak muda deh. Hihihi. Semangat berburu cinta

    ReplyDelete
  24. Mantap teteh Len pujaan anak2nya ini reviewnya slelu lengkap dah ahahah kabita pgn nnton tp ga ada time halah wkwk

    ReplyDelete
  25. Bae Suzy masih cubby gemas deh..
    Aku jadi mikir, jangan2 produser Hospital Playlist ini udah ngincer para pemainnya dr jaman bahula.. hehe

    ReplyDelete
  26. Waahh kok kaya muter gitu ya kisah cinta mereka ini (aku selalu susah mengingat nama Korea). Diam-diam naksir si cewek, tapi di mobil dengar pembicaraan, trus minta berhenti di situ aja. Bertahun-tahun kemudian baru ketemu lagi. Penginnya sih mereka berdua akhirnya jadian. Tapi katanya ada kejutan gitu ya endingnya. Aaahh penasaran lhooo.. ceritain dooongg...

    ReplyDelete
  27. anak arsitek suka nih. arsitek rumah tangga aku dan dia, eaaa...
    maket rumah dibawa, sweet banget sih. keren deh, jarang2 kan film yg bahas arsitek. kalau di film Indonesia ada sih, indie. judulnya cin(t)a

    ReplyDelete
  28. Aku masih menerka-nerka apa kaitannya dengan arsitektur ini dengan 101? Nomor rumahnya kah atau apa?

    ReplyDelete
  29. Jadi harus kuucapin dulauan nih ya kak lendy. Selamat ulang tahun yaa. Wmwmwm

    ReplyDelete
  30. Film lama tapi sepertinya masih menarik untuk ditonton ya, terima kasih Teh Lendy rekomendasinya

    ReplyDelete
  31. Sepertinya nonton ini bisa sekalian cuci mata lihat lihat rumah keren ya,btw toss sesama lahir di bulan juni :)

    ReplyDelete
  32. Kalo nonton film remaja tuh saya suka baper, hehe..
    Rasanya kembali muda mengenang masa lalu.

    ReplyDelete
  33. Iisshhhhhh banyaaak banget sih rekomendasi film Korea yg baguuus :D. Aku marathon Mulu Ama Korea ini sjk Wfh hahahahah. Yg main Bae Suzy pulaaa :D. Aku masukin list dulu mba.

    Btw, kita samaaa ih lahirnya Juni ;). Ini bulan2nya gemini yeeees :D

    ReplyDelete
  34. Kenapa sih Korea selalu menyajikan menarik-menarik banget tema dan profesi yang diangkay ya Mba Lend. AKu belum nonton ini, sejak ada telegram drakor dan film aku keranjingan nonton yang lawas-lawas juga wkwkkw ga kalah bagus dengan yang baru. Oke ini masuk dalam listku

    ReplyDelete
  35. Huhahaha even ending bkn segalanya tp tetep nyesek kalau akhirnya gitu aja hahahhaha. Berasa kt jd sutradara ya mba.

    Btw. Selamat ulang tahunnn. Hidup GEMINI. Yayyyyyy. Tos duluuu.

    ReplyDelete
  36. WHAAATTT ternyata Yoo Yeon Sook main juga ya ini. mana ada suzy dan jo jung suk juga. ya ampun FIX bakal nonton ini sih. semua pemainnya aku tau dan suka. masukin watching list inihhhh

    ReplyDelete
  37. Aduh langsung jatuh cinta ama rumahnya mbaa. Bagus sekali dan emang aku suka yang rumah dengan jendela jendela besar

    ReplyDelete
  38. wahh nonton ini bakalan baper ini...Kalo lagi pengen nonton yg ringan2 and cinta2an, bisa nih memilih nonton drakor ini ya.

    ReplyDelete
  39. Aahhh...
    Ada bae suzy...
    Ini debut filmnya suzy ya teh?

    ReplyDelete
  40. Pas banget aku lagi butuh asupan film manis. Lebih suka nonton film Korea daripada dramanya. Ku tak sanggup nungguin selesai berminggu-minggu atau marathon berjam-jam. Cukup Goblin aja yang kutonton 2x hahaha.

    ReplyDelete
  41. Eh, jadi penasaran nih kak sama ceritanya. Aku sukak nih drama yang mellow-mellow gini, coba browsing aaah

    ReplyDelete
  42. Waah, udah cukup lama filmnya ya tahun 2012 gitu ya? Tone warnanya kayanya bagus, romantis seperti ceritanya.

    ReplyDelete
  43. Dari kapan hari direkomendasikan nonton ini oleh seorang teman, karena saya suka tema arsitektur gitu kan.. di film A Moment to Remember yang cuma sedikit bahas Arsitektur aja saya suka. Makanya dikasih rekomendasi ini~

    ReplyDelete
  44. aku suka cerita yang alurnya begini mbak, duh jadi penasaran pengen nonton film full-nya.

    ReplyDelete
  45. Aku udah nonton niiih. Emang bagus ceritanya. Tapi ga tau kenapa, yang membekas diingatanku justru aktingnya Jo Jung Suk. 😁😁😁 Konyolnya alami banget 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  46. Jadi endingnya gimana? ih bikin penasaran deh sama kalimat penutupnya ini
    ====
    Endingnya mungkin gak terpikirkan banyak orang, but it's okay. Aku selalu meyakinkan diriku sendiri kalau ending bukanlah segalanya, hahaha...karena ini film yaa...bukan drama.
    ===

    ReplyDelete

Berlangganan via Email