Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Bismillah,


Memiliki anak yang sedang bertumbuh di usia emas itu sungguh banyak hal yang bikin orangtua merasa amazing. Perkembangannya begitu cepat dan tentu sebagai orangtua harus selalu memantau perkembangan anak dari segi perkembangan emosi, kognitif, kemampuan beradaptasi hingga menjalin hubungan sosial dengan teman maupun lingkungan sekitarnya. 

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Jangan sampai lupa, perkebangan anak ini ditentukan oleh banyak hal. Sehingga setiap pribadi mereka adalah unik dan tidak bisa dibandingkan dengan anak lain seusianya. Namun, ada perkembangan anak usia 5 tahun yang harus diperhatikan orangtua, yakni :


Perkembangan Anak Di Usia 5 Tahun

Perkembangan Fisik
Salah satu perkembangan anak yang bisa dilihat secara nyata adalah perubahan fisik yang terjadi pada anak. Anak akan memiliki tubuh yang lebih tinggi dan besar. Pada periode ini, ia akan kehilangan lemak dan tergantikan dengan otot. Selain itu, kemampuan motorik si kecil juga semakin bertambah dan terbentuk. Dimana ia akan lebih banyak memiliki aktivitas fisik atau gerakan aktif, seperti berlari dan melompat.

Perkembangan Anak Di Usia 5 Tahun

Pada usia 5 tahun juga, anak seharusnya sudah mandiri ke toilet sendiri. Selain meyukai aktivitas seperti memanjat atau berdiri dengan satu kaki, anak juga berkembang kemampuan motoriknya, seperti memegang pensil dengan benar untuk menulis atau menggambar.


Perkembangan Emosi
Para moms dan dad juga perlu menyadari bahwa anak di usia 5 tahun ini mulai mengalami perubahan emosi. Ia akan lebih bergembira melakukan sesuatu serta lebih bijak dalam menanggapi suatu hal. Namun apabila ada yang mengganggunya si kecil tak segan untuk melampiaskan emosi dengan meledak. Berbalik dengan situasi sebelumnya.

Perkembangan emosi anak usia 5 tahun

Rasa empatinya juga mulai muncul pada usia ini. Ia bisa merasakan sedih, merasa kasihan dan lainnya. Maka sebagai orang tua, perlu mengarahnya perubahan emosi yang ia rasakan supaya terkontrol dengan baik dan positif.


Perkembangan Kognitif
Aspek kognitif pada anak usia 5 tahun umumnya sudah mulai berkembang. Ia mulai dapat membedakan mana yang benar dan yang salah, sehingga bisa mengerti aturan yang diterapkan. Selain itu, anak-anak juga mulai bisa memahami waktu seperti tidur di malam hari dan sarapan di pagi hari. Maka, pada usia 5 tahun pada umumnya sudah memasuki sekolah TK untuk menjalin pertemanan dan mengenali hal-hal baru.

Perkembangan kognitif anak usia 5 tahun



Perkembangan Bahasa
Ketika anak berusia 5 tahun, ia akan mulai memiliki perkembangan dalam kecakapan berbahasa yang berbeda ketika saat masih balita. Pada usia ini, si kecil sudah mulai lancar menggunakan bahasa ibunya. Kata-kata yang ia keluarkan mulai dapat dipahami orang lain dan sebaliknya. 

Ia mampu mencerna sebuah instruksi yang diberikan padanya, meskipun juga masih membutuhkan sebuah latihan serta kebiasaan. Beberapa kemampuan bahasa yang sudah bisa diserap misalnya kata di "bawah", "di atas" atau "di samping". Serta telah mampu berhitung angka, belajar membaca serta menulis.

Perkembangan bahasa anak usia 5 tahun


Bagaimana Melatih Agar Perkembangan Anak Usia 5 Tahun Dapat Optimal?

Tentu ketika anak-anak bermain, kita bisa melihat perkembangan apa saja yang seharusnya sudah dicapai anak-anak usia 5 tahun. Untuk dapat berkembang optimal, bisa dilakukan dengan cara berikut :

   Motorik Kasar   
Seperti melompat, berlari, berjalan, bergelantungan, memanjat dan lain-lain. Hal ini bisa dilatihkan dengan mengajak anak-anak bermain permainan tradisional, seperti engklek, lompat tali, gobak sodor, petak umpet atau sejenisnya yang berguna untuk melatih fisik si kecil yang berusia 5 tahun ini untuk bekerja melakukan hal-hal tersebut.

Koordinasi antara gerak tubuh, refleks dan keputusan yang diambil saat bermain akan memberikan stimulus yang baik sekali bagi perkembangan berpikirnya juga.


   Motorik Halus   
Seperti meremas kertas, merangkai manik-manik, bermain pasir, menggunting, menulis, bermain playdough dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan untuk melatihkan motorik halus si kecil agar siap menghadapi usia sekolah 2 tahun mendatang.


Pada intinya, tugas orangtua ketika mendidik anak adalah hadir utuh dengan segala kesadarannya. Gak disambi dengan aktivitas lain yang membuat si anak merasa tidak diperhatikan. Investasi waktu saat ini untuk anak lebih baik daripada ketika anak sudah tertinggal jauh karena kurang melatihkan dan mengenalkan banyak aktivitas pada anak.

Bagi yang memiliki anak-anak usia pertumbuhan, tetap semangat yaa...
In syaa Allah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Sekian tulisanku mengenai perkembangan anak usia 5 tahun. Untuk lebih jelasnya, bisa download checklist tumbuh kembang anak di beberapa website yang tersedia atau konsultasi dengan dokter anak terdekat.

화이팅, 엄마 아빠...
Hwaiting, eomma appa!


With love,



63 comments for "Perkembangan Anak Usia 5 Tahun"

  1. Ahh iya, Parents suka galau seputar tumbuh kembang anak.
    Makanya butuh artikel yg mencerahkan seperti ini.
    makasii ya Teh Lendy, udah bikin hati buibu pak bapak jadi tenang :D

    ReplyDelete
  2. Sudah semakin banyak perkembangan fisik dan emosional yang terjadi di anak usia 5 tahun, ya. Apalagi di usia ini biasanya anak juga mulai sekolah. Bisa lebih seru melihat perkembangannya :)

    ReplyDelete
  3. Yes, patokannya untuk fisik,.usia 5 tahun bisa melompat, berlari, berjalan, bergelantungan, memanjat dan lain-lain, ya. Perlu dipantau memang ya perkembangan anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak usia 5 tahun masih ngegemesin. Tetapi, juga harus terus dipantau karena semakin banyak aktif bergerak :)

      Delete
  4. Buibu muda pastinya sering penasaran tentang tumbuh kembang anak.
    Terwajib buat baca artikel ini nih

    ReplyDelete
  5. Anak-anak usia lima tahun ini memang butuh pengawasan yang tepat. Golden age juga kan ya . Jadi aku dlu selalu perhatikan asupan makan dan minuman

    ReplyDelete
  6. senangnya jaman sekarang ada patokannya ya mbak, jadi kita bisa mengira2 pertumbuhan anak kita, jaman dulu kan nggak ada, cuma tau udah bisa jalan atau ngomong belum doank :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw aku kok jadi manggil mbak ya wkwkwkk maapin teteh mksdnya :) semoga anak2 kita sehat selalu ya teh dan berkembang dan tumbuh sesuai usianya

      Delete
  7. Masa-masa golden age di mana anak mulai banyak kegiatan dan meniru orang di sekitarnya. Lagi seneng-senengnya main nih anak usia segini ya karena mereka melatih segala aspek dalam dirinya, jadi perlu pengawasan lebih. Tapi yang terpenting anak hatinya harus bahagia.

    ReplyDelete
  8. Sulungku juga umur 5th udah saya ajari mandiri, mulai biasakan dia untuk mandi sendiri walau masih tetap juga sih saya mandiin lagi kalau lihat masih belum bersih caranya, udah bisa pakai bajunya sendiri juga, makan juga udah bisa sendiri walau masih sering disuap sih biar cepat beresnya, gemess sih kalau dia makan sendiri lama tapi kadang sisa banyak hihih.

    ReplyDelete
  9. Hmmmm sebagai calon emak (calon mulu, kapan jadinya :D) saat ini aku baru jadi penonton tumbuh kembang para ponakan. Udah dua yang kuamati di fase 5 tahunnya dan ada 2 bocil lagi yang mau 5 tahun usianya tapi masih lama 3 tahun mendatang huehehehe... Seru ngamatin mereka dan di usia ini mereka udah banyak bersosialisasi ya. Ponakan di rumah malah udah punya gank maen sendiri lalu dicegat virus Corona. Jadi sibuk di rumah, maenin HP :D

    ReplyDelete
  10. Anak saya sekarang belum genap 3 tahun tapi rasanya nano nano bangeeet huuhuhu.. makasih mbak setelah baca postingan ini saya jadi tersadar bahwa saya harus siap melewati apapun itu apalagi di masa emas pertumbuhan anak :)

    ReplyDelete
  11. Aku jadi penasaran, anakku nanti umur 5 tahun gimana ya? :D
    yang pasti, kita sebagai orang tua juga harus melatih perkembangan anak supaya lebih optimal ya..

    ReplyDelete
  12. pas banget nih usia anakku yang kedua 5 tahun teh. Makasih ya untuk sharingnya kepake banget sama aku. Memang usia dia sedang mengolah emosinya

    ReplyDelete
  13. Amazing banget ya saat mengamati perkembangan anak dari waktu ke waktu. Tugas orangtua untuk stimulasi dan support tumbuh kembangnya, menggali minat dan bakat anak selalu..

    ReplyDelete
  14. Persis sama anakku yang usianya 5 tahun, jadi kalau dia lagi emosi tuh semuanya dikeluarin...kadang sampai berteriak...

    ReplyDelete
  15. Perkembangan anak usia 5 tahun itu sangat siginifikan ya. Anakku yang bungsu nih kelihatan banget.semuanya. Palingan, karena males, kemampuan nulisnya nih yang masih susah. Emaknya suka males juga ngajarin. :(

    ReplyDelete
  16. Dengan perubahan karena pertumbuhan yang disebutkan di atas, makanya anak usia 5tahunan ini biasanya mulai masuk TK ya agar bagaimana sang anak belajar bisa dilatih dan mengenal teman2 lainnya. Aaah, jadi teringat samar2 masa TK, seru 🤣

    ReplyDelete
  17. Keponakanku lagi menjalani masa masa ini mba. MAsa ertumbuhan 5 tahun yang menjadi mas apenting dalam perkembangan anak

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sharingnya mba. Anak sy baru 3 tahun dan tulisan ini jd bekal jg buat sy nanti :)

    ReplyDelete
  19. saat anak usia 5 tahun banyak sekali perkembangannya yang bikin orangtua jadi shock, senyum2 sendiri bahkan geleng2 kepala. saking makin pinternya

    ReplyDelete
  20. Makasih Teteh udah diingetin tentang perkembangan anak. Soalnya Erysha sebentar lagi usianya mau 5 tahun nih. Duh udah semakin kritis, udah makin pinter nolaknya kalau disuruh wkwkwk. Terus udah makin pinter mengungkapkan pikirannya. Pokoknya karena kritis jadi pinter tawar menawar. Dulu waktu kecil dia nurut-nurut aja 😂

    ReplyDelete
  21. anak usi 5 tahun ini pasti lagi curious - curiousnya ya mbaaa.. dan biasanya secara fisik juga aktif bangeeet

    ReplyDelete
  22. Iyup, penting untuk menstimulasi motorik halus juga kasar anak sebagai salah satu tahap awal untuk menuju perkembangan selanjutnya anak usia 5 tahun.

    ReplyDelete
  23. Makasih UNi, meski aku belum ada anak tapi ikutan belajar juga lho mengenal perkembangan anak usia 5 tahun. Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang baik buat anak-anak aamiin.

    ReplyDelete
  24. Walau aku belum punya anak, ilmunya ini pasti bakal kepake entar. Trimakasihh mba artikelnya sangat bermanfaat. Keep on writing <3

    ReplyDelete
  25. Aku udah lupa dulu melewati usia 5 tahun anakku ngapain aja yaa... Cuma ingat pas ngajarin nulis dan baca pake flash card hehehe.. maklum pas itu emaknya masih harus kerja di luar rumah, jadi berasa kayak riweuh ngerjain ini itu. :)

    ReplyDelete
  26. Saat-saat perkembangan emas adalah masa yang sangat penting akan hadirnya orang tua ya. Tapi terkadang, disebabkan oleh beberapa situasi, orang tua melewati masa tersebut tanpa sadar. Ah semoga kita selalu hadir dalam tiap perkembangan anak-anak kita ya

    ReplyDelete
  27. Anakku yg bungsu nih sedang seru-serunya menjalani usia 5 tahun. Lagi senang menggambar dan belajarlah membaca. Kalau disuruh mewarnai langsung kabur tapi giliran menggambar semua digambari

    ReplyDelete
  28. Kenapa aku baca ini jd galau ya mba lend. Inget si Pica waktu umur 5 tahun dan skrg udah gede aja. Dah baca buku sendiri n gak diceritain lg gegara emaknya sibuk sm adeknya. Heu

    ReplyDelete
  29. Ini pas usia anakku, eh anakku penghujung 5 sih hehe
    Tapi yang pasti gak bisa diam dan banyak ngomongnya sampek emaknya ngos2an jawab haha
    Mengetahui teori perkembangan anak memang bagus ya supaya tahu anak kita perkembangannya sesuai usianya atau gak

    ReplyDelete
  30. Perkembangan anak 5 tahun itu memang masa yang lagi aktif-aktifnya ya...
    Orang tua dituntut untuk hadir utuh dalam mendampingi tumbuh kembangnya. Karena mereka cenderung aktif, kalau disambi yang lain-lain takutnya bisa membuat mereka cidera

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nih, anakku udah mulai protes juga kalau emaknya kebanyakan depan laptop dna gak memperhatikan dia dengan seksama heuheu

      Delete
  31. Anakku sekarang usia 6 tahun, masih terus distimulasi untuk persiapan masuk SD tahun depan. Emang peer buat ayah bundanya ya, terima kasih sharingnya kak Lendy

    ReplyDelete
  32. Usia ini lagi banyak keinginannya untuk tahu segala hal..semua ditanyakan ya mbak..ceriwis dan bikin gemas...tapi kita happy melihat perkembangan pesat anak-anak

    ReplyDelete
  33. Masa-masa keemasan ya ini mba, ibarat komputer harus kita masukkan program-program terbaik ke dalam diri anak agar jadi bekalnya kelak saat dewasa nih

    ReplyDelete
  34. Usia 5 tahun lagi masa-masa gemes banget yaa liat tingkah polah anak tuh, jadi inget juga waktu anakku umur segitu mba, semoga anak-anak happy ya di masa anak-anak keemasan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, memori didampingi orangtua di usia-usia segitu bakalan membekas banget. Anak yang dekat dengan orangtuanya di masa balita pasti punya ingatan tersendiri hingga nanti dewasa.

      Delete
  35. penting this information because annasya on going 5tahun nih, terima kasih banget ya infornya nih

    ReplyDelete
  36. wahh iya, aku juga download ceklist perkembangan anak, btw makasih sharingnya teh, ini bisa ku buat untuk aluna, ntar lagi dia umur 5 tahun

    ReplyDelete
  37. Puji Tuhan, belum lama melewati masa lima tahun si anak bungsu. Satu sisi, seneng dia sudah lewat lima tahun dengan segala yang terjadi. Sisi lain, ada rasa...duhh cepet banget anak ini beranjak besar. Soalnya kalau makin besar, makin ilang imutnya hahahah. Tapi ya masa anak suruh imut terus ya kan...

    ReplyDelete
  38. Kalau udah 5 tahun udah nggak masuk kategori balita lagi ya, Mbak. Tapi tetap penting untuk dipantau tumbuh kembangnya supaya bisa mendapat stimulasii yang terbaik.

    ReplyDelete
  39. wah anak kita seumuran ya. Masya Allah perkembangan bahasa anakku itu ya ... gampang banget ikut apa yang ia dengar. Antara kagum dan khawatir sih mbak Len soalnya teman-teman dia itu anak SD. Semoga anak-anak tumbuh sehat dan sholeh/sholehah ya.

    ReplyDelete
  40. Buat calon mommy kaya aku, hal kaya gini masuk chekclist banget sih, biar udah siap hehe

    ReplyDelete
  41. Anakku sih br menginjak 3 tahun tapi bisanya uda lumayan banyak. Sudah sekolah KB dan sekarang lg melatih motorik halusnya dengan belajar menulis atau mewarnai gitu. Makasih artikelnya teh, buat persiapan menuju 5 tahun.

    ReplyDelete
  42. jadi orang tua zaman sekarang banyak pe-ernya yah mba dan lebih menantang karena ada gadget yang selalu membersamai anak atau orang tuanya jadi harus pintar2 juga membagi waktunya untuk tumbang yang baik

    ReplyDelete
  43. Makasih sharingnya. Bakal aku catet nih semua biar nanti tau harus nyiapin apa aja hehe.

    ReplyDelete
  44. Usia usia 5 tahun peran orangtua emang ngga boleh lengah ya, dari mulai perubahan emosi yang tadi di jelaskan mba sampai bahasa dan cara berbicara

    ReplyDelete
  45. Perkembangan anak usia 5 tahun memang lagi kenceng banget ya, kalau nggak diperhatikan dan disuport bisa bahaya

    ReplyDelete
  46. Si bungsu ku 4 tahun nih, mau 5 thn nanti di 2021 aku jadi merasa harus concern lagi perihal motorik ini ya

    ReplyDelete
  47. aku waktu 5 tahun sudah sekolah kelas 1 sd, baru masuk sih, hehe dan iya bener sih, mau tahu segala hal juga, jadi bener2 harus diperhatikan dan support orang tua memang perlu ya,
    artikel bagus, aku simpen ah biar besok kalo sudah punya anak bisa aku baca2 lagi. sekarang fokus cari bapaknya dulu aja *eh

    ReplyDelete
  48. masa 5 tahun pasti lagi beneran cute dan gemesin ya kak, anak beneran kudu dapat perhatian dan perlu diberi arahan supaya tetep berada dijalur pertumbuhan yang baik

    ReplyDelete
  49. usia 5 tahun ini anak tuh lagi aktif-aktifnya ya mbak. harus banyak diajak main permainan fisik supaya refleksnya bagus. jangan cuma nonton youtube aja.. hihi.

    ReplyDelete
  50. Usia yang sudah paham dan bisa mematuhi peraturan di lingkungannya juga ya, Mbak. Usia yang masih masuk golden age dan masih bisa dibentuk supaya berakhlak mulia kelak.

    ReplyDelete
  51. Anak umur 5 tahun ini sedang berada di masa-masa keemasan jadi kita sebagai orang tua harus peka dan punya ilmu parenting yang bagus agar bisa memaksimalkan perkembangan dan kemampuan anak.

    ReplyDelete
  52. Mbaa, boleh banget bikin artikel kayak gini ya Mba, supaya bisa jadi catatan untuk kita juga. Anak saya baru berumur 2 tahun dan jadi pingin bikin perkembangan anak usia 2 tahun juga

    ReplyDelete
  53. Makin banyak PR-ku nanti nih Uni, untuk menjaga perkembangan anak
    Semoga bisa menjadi ibu yang baik diriku nantinya. Sholehah ya keponakanku sayang

    ReplyDelete
  54. Menarik banget mbak, bisa untuk jadi bahan acuan untuk melihat perkembangan anak. Kalau yang dari pengalaman pribadi kan terasa lebih akurat.

    ReplyDelete
  55. Jadi ingat kalo saya dulu umur 5 tahun itu kelas 1 SD. Memang pada saat itu terasa sih sudah mulai berkembang emosi secara pesat, dan juga memori sewaktu sekolah dan dirumah semakin banyak saya ingat.

    ReplyDelete
  56. Bener banget perkembangan anak itu nomor satu dalam pertumbuhannya. Membangun sensor motorik paling utama ya...

    ReplyDelete
  57. Anakku insyaallah februari besok 5 tahun mba. Perkembangan nya masyaallah. Tapi aku sedikit sedih dia belum bisa masuk TK Offline karena corona. Temannya jadi sedikit

    ReplyDelete
  58. Kalau diingat lagi ke masa anak-anak usia 5 tahun, masa keemasan anak yang nggak terlupakan dalam tumbuh kembangnya ya. Kata orang dulu, kalau 5 tahun berhasil ngasuhnya, ke depannya lancar jaya, hehehehe

    ReplyDelete
  59. Jadi rindu punya anak balita. Salam kenal dari nenek ndeso, Mbak.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email