Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.
Seru banget yaah... Sebentar lagi, kita semua akan berjumpa kembali dengan bulan Ramadan Al-Kareem yang penuh nikmat dari Allah. Apa saja yang sudah dipersiapkan menyambut Ramadan 1442 H tahun ini?

Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula


Salah satu yang bisa jadi harus dipersiapkan adalah gamis syar’i. Karena gamis adalah salah satu busana muslim yang bisa diandalkan untuk berbagai acara. Mulai dari acara formal hingga semi-formal atau sebagai outfit sehari-hari.  Selain karena potongannya yang longgar dan nyaman, cutting panjang terasa pas menutup hingga mata kaki. Kini juga sudah banyak model gamis terbaru yang menawarkan motif, desain hingga pilihan warna yang bisa dipilih sesuai tampilan gaya yang diinginkan.


Jika sahabat lendyagasshi termasuk yang baru mulai untuk mencoba mengenakan gamis syar’i, maka akan ada banyak sekali pilihannya dan ini bisa membuat bingung sendiri. Namun, tidak perlu khawatir, beberapa tips ini bisa sahabat jadikan panduan untuk memilih gamis syar’i yang paling tepat untuk buat penampilan kamu terlihat modis dan elegan di keseharian. 


4 Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula


Pilih Ukuran yang Tepat

Ukuran gamis syar'i ini menjadi sangat penting mengingat modelnya yang panjang dan menutupi mata kaki yang juga merupakan aurat wanita. Memilih ukuran gamis syari yang pas akan membuat sahabat lendyagasshi merasa lebih nyaman menggunakannya di berbagai aktivitas. Dan dengan kata lain, harus menghindari model baju yang memperlihatkan lekuk tubuh.

Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula

 Tips : Ambil ukuran gamis yang sedikit lebih besar dari ukuran badan. Jika takut terlihat semakin berisi karena memiliki badan yang cukup besar, tidak perlu khawatir. Bisa disiasati dengan memilih model gamis polos dengan aksen yang tidak terlalu ramai. 


Perhatikan Bahan Kain Gamis yang Digunakan

Selain memastikan ukuran gamis tidak ketat, jangan lupa juga cek bahan yang nyaman untuk gamis syar'i. Biasanya, bahan kain sifon yang flowy, selain lebih ringan, kain ini juga terasa lembut di kulit. Sementara material kain wollycrepe juga bisa jadi pilihan tepat karena tidak transparan dan lebih terlihat "jatuh" sehingga mampu menyamarkan lekukan tubuh.

Memilih bahan kain juga bisa berdasarkan kebutuhan acara tertentu. Untuk pakaian sehari-hari, bahan gamis dari kain crepe atau katun. Sementara untuk gamis syar'i acara-acara formal, bahan satin dan brokat bisa menambah kesan elegan dan mewah.

4 Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula


Pilih Warna yang Sesuai

Jika dulu banyak warna gamis syar'i yang berwarna hitam, sekarang banyak menemukan varian warna gamis yang lebih beragam. Tinggal memilih warna-warna yang paling tepat untuk tampilan yang diinginkan. Jika ingin terkesan lebih segar, warna-warna pastel yang cerah seperti pink, biru dan mint green bisa jadi pilihan. Untuk tampilan yang elegan tapi tidak terlihat terlalu polos kamu juga bisa memilih kombinasi warna pada gamis seperti hitam dan coklat. Namun saat mau mengkombinasikan warna, pastikan agar warna yang dipadu-padan terlihat cocok.

Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula

Pemilihan warna pada gamis syar’i juga bisa mempengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan, warna gelap seperti hitam bisa membuat kamu terasa lebih cepat gerah. Karena itu pastikan mempertimbangkan beberapa hal seperti ini sebelum memilih warna gamisnya ya...


Sesuaikan Model dengan Kebutuhan 

Agar tetap terlihat stylish dengan menggunakan gamis syar'i, sahabat bisa memilih model yang paling tepat sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk acara-acara formal, bisa menggunakan model gamis syar'i dengan memadukan beberapa motif dan bahan seperti brokat. 

Sementara untuk aktivitas sehari-hari yang lebih santai, kamu bisa menggunakan gamis dengan model layer atau ruffle tumpuk yang terlihat simpel namun stylish. Nah, untuk model gamis bermotif, bisa dipadu padan dengan khimar polos agar tampilannya terlihat manis tanpa terkesan berlebihan.


Nah...itu dia beberapa tips yang bisa diperhatikan saat pertama kali mencari gamis syar’i yang nyaman dipakai dan bisa membantu tampil stylish modis dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.


좋은 시간 보내~
Have a good time.

With love,



60 comments for "4 Tips Memilih Gamis Syar'i yang Tepat untuk Pemula"

  1. Setuju mba. Mending beli baju yang agak gedean dari pada ntar malah kekecilan. Yang ada malah nggak kepake. Sayang juga kan uangnya..

    ReplyDelete
  2. Aku suka gamis yang simpel..warna netral...biar bisa dipake ke acara apa aja.. Bahannya juga harus yang adem jadi nyaman meski dipake seharian..

    ReplyDelete
  3. Ilustrasi gamisnya kece kece amaattt
    Jadi auto pengin shopping gamis dah *lho*

    Aku paling demen ama gamis berbahan kain cotton combed.
    Surabaya sekarang panasss cynn, gampang kringetan eikeh

    ReplyDelete
  4. makin lama aku juga makin kenal sama bentuk tubuhku, mana yg bagus atau ngga, jd memang bener sih harus tau karakter badan jg, aku skrg kalau pake gamis yg ngga ada jahitan di bag perut atau pinggang, supaya ga keliatan gendut, ekwkwk tetep ya ibu2 mah

    ReplyDelete
  5. Aku suka gamis yang bahannya nyaman, mudah menyerap keringat. Soal warna lebih suka yang kalem tapi bercorak pun suka :)

    ReplyDelete
  6. Kalau jenis-jenis kain saya tuh gak ngeh. Harus megang dulu baru bisa mikir enak atau tidaknya hihi.

    ReplyDelete
  7. Tips yang bermanfaat mbak. Aku setuju sih kalau beli baju itu lebih baik kebesaran daripada kekecilan, apalagi kalau beli online kan

    ReplyDelete
  8. Pemula yang berhijab memilih produk fashion pasti harga terjangkau dan adem

    ReplyDelete
  9. aku suka gamis bahan ceruti, dan katun dengan bentuk A-Line trus cuttingannya lurus, gak banyak aksesoris, sesederhana mungkin, hehhehe eh satu lagi pokoknya harus adem aja

    ReplyDelete
  10. Meski belum sepenuhnya pakai gamis model syar'i, aku termasuk yang suka pakai rok. Merasa lebih cewek banget aja gitu, hihiih. Ada beberapa gamis di rumah, tapi dipakai sesekali aja. Apalagi gamis-gamis sekarang modelnya juga sudah bervariasi yaa.

    ReplyDelete
  11. Sudah mau 4 tahun aku pakai gamis syari, mau itu ke mall atau hanya sekedar ngupi-ngupi sama teman. Lebih nyaman saja memang di tubuh aku. Terima kasih tipsnya Mba

    ReplyDelete
  12. aku suka banget pakai gamis karena nyaman aja gitu mbaa. Dulu inget banget pas awal-awal mau pake gamis, aku selalu cari bahan yg wollycrape heh, soalnya bener bahannya jatuh dan nyaman aja

    ReplyDelete
  13. Terima kasih artikelnya say bermanfaat banget bagi aku yang sering coba-coba gamis apa yang nyaman hehe karena sehari-hari masih pakai celana panjang...memang harus cari yang kainnya nyaman dan modelnya simpel ya...

    ReplyDelete
  14. aku pun senang pakai gamis mba, karena selain lebih nyaman juga lebih simple, apalagi model gamis sekarang tuh variatif sekali, cantik-cantik semuanya jadi bikin kita tambah pede mengenakan gamis kemana-mana

    ReplyDelete
  15. Dulu aku males banget pake gamis karena rasa ribet apalagi kalau naik motor, tapi sekarang motifnya cakep" jadi biar ribet tetep suka pake gamis eheheheh

    ReplyDelete
  16. Terima kasih tipsnya, Mbak. Selama ini kaya selalu gagal milih gamis kalau beli online. Jadi balik lagi pakai atasan dan bawahan. Padahal gamis sekarang udah banyak pilihan model dan motifnya yaaa.

    ReplyDelete
  17. Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, kayaknya daku juga mau ceki-ceki aneka koleksi gamis di marketplace ahh
    siapa tau ada yg cucok :D

    ReplyDelete
  18. Gamis sekarang sudah banyak yang lebih stylist, lebih beragam motifnya dan bahannya juga disesuaikan supaya lebih nyaman dipakai ya, seneng deh. Yang awalnya aku kurang suka sekarang jadi mulai suka pakai gamis.

    ReplyDelete
  19. aku juga pilih model sih, hahaha
    suka yang modelnya agak berbeda
    gak suka yang monoton
    motif juga suka yang berbeda
    bahkan yang unik

    gamis-gamis tomboy aku punya, hahaha

    ReplyDelete
  20. zamans ekarang model gamis ucul2 banget deh...mulai dr potongannya, warnanya, smp bahannya dibuat agar gamis makin nyaman dipakai yaa...
    btw gambarnya cakep2 iiih... bikin di aplikasi apa kakaaa..kece2 pisan

    ReplyDelete
  21. Saya belum pede pake gamish ke luar rumah, merasa ga pas karena tubuh sy pendek, jadi klo ke pengajian masih pake kulot lebar aja. Pengen nyoba sih dipede-pedein xixixi. Note tipsnyab

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya walau keseharian aku memang belum berhijab aku memang juga suka banget koleksi namanya hijab dan juga gamis karena emang keren gitu sih rasanya

    ReplyDelete
  23. SAya lebih seneng yang kegedean daripada yang kekecilan hehe.

    ReplyDelete
  24. setuju teh, lebih baik kegedean biar longgar daripada kekecilan
    gamis emang paling nyaman buat orang yg berhijab ya teh, praktis makainya

    ReplyDelete
  25. Dulu awalnya ribet kalau pakai gamis. Tapi, sekarang malah lebih nyaman dan simple aja pakai gamis. Tapi, yang terpenting bahannya harus nyaman.

    ReplyDelete
  26. Aku seneng banget Lendy akhirnya sadar bahwa dia harus menulis gamis syar'i sesekali timbang nulis Drakor tanpa henti

    ReplyDelete
  27. Mau Ramadan memang paling banyak yang cari gamis
    Bukan untuk pamer tetapi agar lebih nikmat aja baju baru sambut Ramadan

    ReplyDelete
  28. Makasi tipsnya maaaak, jadi udah ada gambaran nih bakal pilih gamis apa buat lebaran nantiiii.. hehe

    ReplyDelete
  29. Dulu aku juga kesulitan cari gamis Syarii, apalagi jalan kakiku ga bisa anggun hehe. Tapi lama krlamaan, nemu juga yg cocok.

    ReplyDelete
  30. Zaman now makin banyak model gamis-gamis yang menarik namun tetap syar'i, namun tetap harus memilih sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya ya Mbak.

    ReplyDelete
  31. Aku dulu sempat pas Maxy baby dapat hidayah pakai gamis, begitu anaknya aktif gerak dan ada anak kedua aku ngrasa agak ribet trus balik deh pakai tunik dan kulot :P
    Belakangan kepikiran lg mau pakai gamis, tapi mungkin mau start pakai saat pandemi usai dan mulai bebas ke mana2 haha, gpp ya niat dulu :P
    Btw makasih tipsnya mbak Lendy :D

    ReplyDelete
  32. Agar syari bahan tuh ngaruh banget. Jersey biasanya jiplak pakaian dalam. Tapi ada sih yang jersey bagus ga jiplak banget. Paling suka bahan maxmara :D

    ReplyDelete
  33. Waktu awal-awal beli gamis masih belum mengerti daku sama ukurannya, jadinya suka kebesaran haha. Selain dikecilkan, ditransfer dah ke kakak. Pas udah terbiasa udah engeh plus juga bahan memang jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  34. Menarik nih tentang gamis. Aku karena punya tubuh kecil, jadi setiap beli kamis itu pasti motong kain bagian bawah. Hehe. Kepanjangan. Paling enak itu gamisnya dijahit biar sesuai ukuran tubuh.

    ReplyDelete
  35. Saya juga suka gamis yang jatuh dan lebih besar dari ukuran badan. Lebih nyaman dan berasa dasteran. HIhihi
    Saya punya beberapa gamis syar'i dan alhamdulillah memang sekarang ga melulu gelap. Warna pastel juga ada.

    ReplyDelete
  36. Informasi yang bermanfaat. Saya jadi dapat referensi untuk hampers lebaran nanti. Bisa mengirimkan gamis juga di dalam hampers.

    ReplyDelete
  37. bahan juga kudu nyari yang nyaman supaya sesuai dengan cuaca. Apalagi sekarang model gamis syari i sudah banyak. tinggal menyesuaikan bahan aja dengan musim biar nyaman dipakai sehari hari

    ReplyDelete
  38. Aku suka yang wollycrepe tapinkadang kalo cuaca lagi panas dia gerah banget kan ya mbak, enak sifon cuma ya gitu kadang nerawang

    ReplyDelete
  39. Untuk gamis sendiri saya sih selalu warna gelap dan ada juga yabg warna biru sama cream sih untuk bahannya pasti yang jatuh dan nyaman.

    ReplyDelete
  40. Setujuuu sama poin-poinnya. Terutama pilih yang ukurannya agak gedean dan bahannya yang gak nerawang ya. Oh iyaa kalo aku nambah satu poin lagi sih, yaitu soal harga.. huhu.. kalo harganya kemahalan aku gak berani beli :(

    ReplyDelete
  41. Uni gambar-gambarnya uwu, aku suka modelnya semuanya itu
    alhamdulillah dapet tips gamis, mau puasa dan lebaran baju baru ea ...

    ReplyDelete
  42. Aku paling suka picky soal urusan pilihan gamis mbak. Makanya kalau beli gamis di online pun, pasti pilih yang ukurannya lebih longgar, pemilihan bahan pun demikian. Nggak cuma beli online, offline pun sama. Soalnya kalau yang agak tipis gitu, mesti ku hindari, karena pasti ga akan nyaman saat digunakan.
    Mknya emang bener, cari bahan yang nggak jiplak tubuh, plus bkin Nyman dan bisa dipakai sesuai keadaan ya mbak. Ehh sesuai kebutuhan ding hehehheee
    Btw TFS tips nya ya mbak Lendy

    ReplyDelete
  43. saya suka sekali ilustrasi yang dipajang di tulisan ini, beneran menggambarkan model gamis yang bisa dipakai. Soalnya menurut saya bisa memilih gamis yang nyaman, bagus model dan motif juga warna kainnya untuk memenuhi kebutuhan pemakainya

    ReplyDelete
  44. Sekarang yang pakai gamis udah pada modis dan enak dilihat ya.. Aku nyimak aja deh, soalnya ga bisa mempraktekkan :))))

    ReplyDelete
  45. kalau aku pribadi suka gamis yang roknya itu jatuh dan kayak lebar banget gitu lho mba jadi kayak agak bertumpuk dan dikasih tali pita gitu di pinggang jadi kayak princess hihi

    ReplyDelete
  46. Perlu nih bagi yang baru pakai gamis baca ini. Aku dulu waktu pertama pakai gamis kurang memperhatikan bahan dan jenis gamis sesuai acara. Kurang banyak koleksi homedress hehe

    ReplyDelete
  47. dalam memilih gamis, pertimbangan utama saya adalah kenyamanan, Mba. Setelah itu barulah bahan dan harga. Tentu saya juga memilih gamis yang tidak nerawang dan simple

    ReplyDelete
  48. Yang terpenting memang kenyamanan si pemakainya ya teh. Dan tentu kalau sudah mengusung 'gamis syar'i', aspek ketentuan-ketentuan syariat juga perlu diperhatikan. Jangan sampai membeli gamis syari tapi masih memperlihatkan aurat ya teh.

    ReplyDelete
  49. Semakin kemari semakin beragam saja fashion islami. Tentu saja saya yang lihatnya senang, tapi karena terlalu beragam kadang ada yang tidak memperhatikan konteks syar'i-nya seperti terlalu ketat dan semacamnya. Semoga yang ingin terlihat lebih fashion namun syar'i pada lihat panduan di artikel ini.

    ReplyDelete
  50. Benar mba harus yakin sesuai ukuran ya apalagi ketika membeli online. Jadi tidak direpotkan dengan Kebesaran dan kekecilan ketika barang datang

    ReplyDelete
  51. Aku udah pernah komen ternyata, hihihi. Yaudah jejak lagi ya Mak

    ReplyDelete
  52. Nah penting banget nih tau tips cara memilih gamis, soalnya kalo salah pilih jatohnya kayak jadi kurang pas gitu diliatnya, hehe.. Makasih tipsnya mbak..

    ReplyDelete
  53. Aku tuh paling suka gamis simple sederhana yang polos bahannya juga halus enak dan nyaman kalo dipake apalagi pas cuaca lagi panas

    ReplyDelete
  54. Semenjak pake hijab, baju masih yang model two pieces sih. Kalopun ada yg gamis baru punya 2 itupun juga jarang dipake. Tapi emang ya kalo pake gamis enakan yang agak longgar dan bahannya yang nyaman dipake.

    ReplyDelete
  55. Wah kebeneran banget nih..aku lagi pengen belajar pake gamis. Walopun masih proses tapi tips cara pilih gamis ini bermanfaat bangetm makasi ya Lendy tipsnya. Btw gambar ilustrasinya baguss. Aku suka��

    ReplyDelete
  56. aku lagi menimbang-nimbang sasaran gamis yang udah ada di keranjang aja nih. perkiraan pertama pas aku lihat emang harga, kedua itu bahan, kalau olshop ya harus dilihat juga reviewnyaaa.. favoritku itu kain berbahan katun yg pasti adem banget.

    ReplyDelete
  57. Pengalaman banget beli gamis dan nggak cocok sama bahannya karena berasa panas dan gatel, abis itu aku selalu beli langsung gitu biar bisa ngepasin. Terus model juga pengaruh banget ternyataa :3

    ReplyDelete
  58. Wah pas banget sebentar lagi Ramadan ya biasanya orang mulai ramai cari gamis buat lebaran

    ReplyDelete
  59. berkali2 beli gamis, berkali2 kok zonk, ealah akunya nggak pinter milih, kadang kepanjangan, kadang kesempitan, hadeuh syebel, tips diatas patut dicoba deh

    ReplyDelete
  60. Katun sama wollycrepe tuh kayanya ademan katun ya mak? Tapi untuk keliatan okenya bagusan bahan wollycrepe yaaa..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email