Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Wajib Militer di Korea

Bismillah,

Annyeong haseyo.
안녕하세요~

Hola sahabat lendyagasshi.
Seringkali kita kaget kalau pas bias aktor atau idol kita memutuskan untuk berangkat wamil. Ada idol yang sengaja memberi tahu para fansnya namun ada juga yang mendadak banget mengabari ke khalayak umum, atas alasan tidak ingin membuat para fans sedih.

Baru-baru ini, kasus yang menimpa Jisoo aktor juga pada akhirnya, sang aktor dilabuhkan oleh K Entertainment untuk mengambil wamil dulu, sementara waktu. Karena sentimen masyarakat Korea (KNetz) sudah semakin menggila.

Kenapa sih...wamil itu tampak berat bagi pria Korea?
Apakah wamil juga bisa sebagai tempat pelarian?
Dan, boleh gak mangkir dari kewajiban militer ini selama jadi warga Korea?

Aku bakalan bahas sedikit yaa...dari yang aku tahu mengenai wamil ini. Seru loo.. Dan apakah sahabat lendyagasshi setuju jika Indonesia mewajibkan anak lelaki remaja untuk mengikuti program wajib militer ini?

Skuy!

Wajib Militer di Korea


Apa Itu Wamil?

Wamil adalah singkatan dari Wajib Militer. Dan bagi laki-laki sehat dalam rentang usia 19 tahun (lulus SMA) hingga 28 tahun (dan bisa diperpanjang hingga usia 30 tahun jika memiliki prestasi yang signifikan untuk negara) wajib mengikuti wamil.

Apa Tujuan Wamil?

Tujuannya adalah memberikan kewajiban yang sama untuk lelaki dewasa di Korea sebagai pelindung negara. Karena Korea secara teknis masih dalam kondisi darurat yang bisa terjadi peperangan kapan saja terkait batas wilayah negara, politik dan masalah insidental dengan negara tetangga yakni Korea Utara.


Siapa Saja yang Wajib Ikut Wamil?

Seperti yang aku bilang di atas, laki-laki sehat (lahir dan batin) yang berusia 19 tahun (lulus SMA) hingga 28 tahun. Namun, uniknya nih...gengs, ada dekrit baru yang dikeluarkan Korea Selatan terkait wamil karena pengaruh BTS bagi Korea.

Wah kenapa tuh?
Jadi ceritanya, Majelis Nasional Korea mengumumkan kebijakan baru mengenai seniman yang mendapat rekomendasi dari Menteri Kebudayaan dan Olahraga juga menteri Pariwisata bahwa terjadi peningkatan citra Korea di mata masyarakat dunia karena kepopuleran BTS. Gak heran, hukum ini disebut "Amandemen BTS" atau BTS Law.

Efeknya adalah Kim Seokjin atau yang kita kenal sebagai Jin BTS yang pada tahun 2020 kemarin berusia 28 tahun, masih diperbolehkan mengambil izin cuti untuk mengundurkan waktu wamilnya hingga 2 tahun ke depan.

Amandemen BTS terkait Wajib Militer di Korea

Uwaah~
Chukaaeee, Oppa..

BTS ini menurut penelitian telah meningkatkan sektor pariwisata di Korea dan pendapatan Korea dari berbagai produk yang menggunakan BTS sebagai model. BTS juga grup idol pertama yang mendapat penghargaan Order of Cultural Merit dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata pada tahun 2018. Sehingga, BTS Law ini berlaku bagi ke tujuh member BTS yang lainnya (RM, Suga, V, Jung Kook, J-Hope dan Jimin).

Yang kerennya, Korea benar telah memberikan kewajiban yang sama bagi seluruh warganya. Meski BTS sudah bekerja keras mengharumkan nama bangsa, namun tidak serta merta dibebas tugaskan. Jin dan kawan-kawan pun sadar bahwa ketika negara sudah memanggil, maka akan ditunaikan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sukses, uri oppa-deul.
Kamu ARMY juga?




Bagaimana Masuk Wamil?

Ada yang mendaftar dengan sukarela namun ada juga yang mendapat surat panggilan dari Pemerintah karena usianya sudah mendekati batas maksimal. Setelah mendaftar ingin masuk ke pasukan corps mana, lalu diadakanlah tes kesehatan.

Kesehatan di sini tidak hanya kesehatan fisik loo...tapi juga kesehatan mental. Lelaki dengan kelainan seksual, tidak bisa mengikuti wamil karena dianggap mengalami gangguan mental.

Dan ternyata, perempuan juga bisa join wamil bila mendaftar. Namun, wamil bagi wanita Korea ini optional. Boleh tapi tidak wajib. Kalau sahabat lendyagasshi, kira-kira bakalan mau daftar gak? Karena kabarnya saat ikut wamil juga digaji oleh Pemerintah. Yah, gajinya keciiil banget siih.. Tapi lumayan mereun buat jajan ciloks ((aelaaaa~))


Pembagian Corps Saat Wamil

Ketika mendaftar, layaknya mendaftar ujian, para warga lelaki bebas memilih akan masuk corps mana. Namun pada akhirnya bisa saja berbeda karena akan ditempatkan sesuai dengan hasil tes kesehatan dan kebutuhan Pemerintah pada saat itu.

Saat wamil ada 2 pilihan : 
Sebagai tentara aktif
Sebagai public Service



Level Tes Kesehatan

Kalau ingin masuk ke corps yang latihannya gak berat, bisa aja... Tapi ingat, tergantung berbagai faktor juga loo.. Contohnya seperti Key SHINee. Secara fisik ia sehat, tapi ia sangat bertalenta di bidang seni (Key ini seorang designer sekaligus vocal utama di SHINee, ia juga memiliki album solo), sehingga saat wamil, ia masuk sebagai anggota band militer.

DO EXO Wamil sebagai koki militer

Beda dengan Key, D.O EXO justru masuk wamil di corps militer dengan tugasnya sebagai koki karena ia memiliki sertifikat memasak. Eaaa....siapa di sini yang EXO-L pengen dimasakin sama uri oppa?


Apakah Boleh Tidak Ikut Wamil?

Boleh aja siih...asal mau di deportasi dari Korea. Serius ini... Karena dulu pernah ada kejadian salah seorang aktor ternama yang kerap mangkir saat dipanggil wamil, lalu sang aktor pindah ke Amerika. Hingga kini ia belum wamil. Apakah kewajibannya gugur?

Tentu tydack.
Karena sang aktor masih berwarganegara Korea. Ia akan terus dibayangi kewajiban wamil hingga usianya melewati batas maksimal tidak bisa membela negara, yakni usia 65 tahun. Kamu suka hidup dalam kejaran kewajiban?

Hehe...ini kembali lagi ke pilihan masing-masing siih..
Nyatanya, sang aktor tersebut sampai sekarang masih ada dan memilih tidak wamil padahal kondisi fisik dan mentalnya sehat wal'afiat.


Siapa Saja yang Boleh Tidak Ikut Wamil?

Korea gak jahat-jahat amat kok.. Karena buktinya, masih ada keringanan yang diberikan ketika itu memang keadaannya mendesak. Tapi tidak dimudah-mudahkan juga yaa...

Ada beberapa orang yang boleh tidak ikut wamil, seperti :

Pernah mengalami cedera parah, sampai kehilangan anggota tubuh
Mengidap penyakit parah yang bisa kambuh
Punya gangguan mental berat, seperti kelainan seksual
Menjadi tulang punggung keluarga
Latar belakang pendidikan yang tidak memadai


Ada beberapa artis Korea yang diketahui tidak ikut wamil, karena kondisi di atas. Seperti Kim Woo Bin (menderita kanker nesofaring), Jang Dong Gun (sakit pnemunotoraks), Jo Jung Seok (seorang tulang punggung bagi keluarganya yang tinggal hanya dengan Ibunya. Jo Jung Seok sudah ditinggal Ayahnya sejak kecil), Jung Woo Sung (berasal dari keluarga tidak mampu dari camp pengungsian), Jung Joon Young (berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga latar belakang pendidikannya tidak diakui oleh Pemerintah Korea, walau ia pernah tinggal dan sekolah di Indonesia), 




Apa yang Dilakukan Setelah Masuk Wamil?

Setelah mendaftar dan tahu akan dimasukkan ke dalam corps mana, nanti sama Pemerintahan Korea akan dikirim seragam ke rumah masing-masing. Dan ini merupakan momen mengharukan bagi seorang Ibu yang melepaskan anaknya untuk ikut tugas bela negara.

Gak kebayang beratnya Min Hyorin melepas suami yang baru beberapa bulan menikah dengan Taeyang BigBang untuk berangkat wamil, waktu itu...

Pertama kali yang harus dilakukan sebelum masuk camp wamil adalah 

1. Memotong cepak rambut ala-ala militer

2. Difoto
Foto ini gunanya adalah ketika meninggal, maka ada bukti bahwa ia meninggal dengan terhormat karena sedang membela negara

3. Mengikuti latihan dasar militer
Latihan dasar militer ini yang ditengarai paling berat dilakukan dan dilakukan selama 544 jam.

Latihan dasar militer ini seperti baris-berbaris, lari, lompat, push up, mendaki gunung menggunakan tas ransel militer lengkap dan membawa senjata, latihan senjata api. Latihan yang kurang lebih berlangsung selama 5 minggu ini lalu minggu berikutnya sudah bisa masuk batalyon masing-masing.

Perpisahan jelang Wamil di Korea ala EXO
Ritual perpisahan member EXO, D.O yang saat itu akan wamil. Kini D.O sudah release, Januari 2021 kemarin. Chukaaee~



Lamanya Masa Bakti dalam Wamil di Korea

Semakin berat pelatihannya dan tugasnya, maka semakin sebentar masa baktinya. Seperti Hyun Bin Oppa yang masuk di korps Marinir, ia bertugas selama kurang lebih 18 bulan plus masa pelatihan dasar. Dan aktor yang memiliki nama asli Kim Tae-pyung ini menjadi inspirasi bagi prajurit lain karena ia tidak memperoleh perlakuan khusus apapun meski terkenal dan mengambil hari libur paling sedikit dari tentara wamil lainnya.

Hyun Bin bertugas di Korps Marinir saat wamil Korea

Hyun Bin bahkan mendapat penghargaan dari Menteri Pertahanan dan Komandan Korps Marinir atas pekerjaannya yang hebat selama menjalani wajib militer. Aah~ yogsi...uri oppa~



Do's and Dont's Selama Wamil


Tidak boleh terhubung dengan dunia sosial media. 
Benar-benar off gadget dan hanya boleh menonton televisi yang acaranya tergantung dari Kepala Batalyon. Kalau sang kepala menyukai acara talkshow, semua wajib ikut menonton dan gak boleh protes.


Harus memiliki jam biologis yang teratur.
Setiap hari kudu wajib always bangun jam 5 pagi dan tidur jam 9 malam.


Melakukan kegiatan rutin.
Bukan bangun tidur kuterus mandi yaah... Selama menjalani wajib militer, para tentara wajib melakukan kegiatan seperti patroli, membersihkan camp, mengambil sampah dan tugas lainnya yang dilakukan secara bergiliran.


Diijinkan melakukan hobi.
Iya, selama wamil masih boleh kok melakukan hobi seperti menulis, membaca dan berolahraga. Hihi.. Hobi sahabat lendyagasshi apa? 


Bagi selebriti yang mengikuti wamil, biasanya mereka mendapat tugas tambahan.
Apa itu? Ya, kaya Hyun Bin waktu itu diminta nyanyi. Lee Seung Gi, Donghae, Siwon, Yunho. Intinya mereka yang sudah memiliki nama di dunia entertainment, kudu mau diminta untuk menghibur rekan dan warga sekitar di camp wamil.

Lee Seung Gi saat menjalani wajib militer sebagai Army di Korea


Asiiik kaan..
Gak perlu tiket khusus buat nonton para oppa-deul, gak perlu bayar. Tapi syaratnya kudu tinggal di area sekitar camp pelatihan, yang mana lokasinya sangaaaatt di jauh dari kota. Hohohoho...


Jadi,
Sahabat lendyaagasshi bakalan sedih banget kalau ditinggal wamil sama siapa niih..? Aku kayanya bakalan super deg-degan kalau temen-temen sekelas aku, NCT pada wamil satu per-satu. Inget banget masa-masa penantian Super Junior hingga semuanya kembali berkumpul bersama dan membuat album baru itu membutuhkan waktu 10 tahun. Sepuluh tahun dengan 9 member. Gak kebayang NCT 23 member yaah..??

Dan akhir tahun ini, hanya tinggal uri maknae, Taemin SHINee yang belum wamil. Jadi semoga sehat selalu yaa... oppa-deul kesayangan.


화이팅 !
Hwaiting.


With love,




42 comments for "Wajib Militer di Korea"

  1. Wah baru tahu lebih rinci ttg Wamil ini, terima kasih unruk sharingnya,Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ternyata masa baktinya berbeda-beda sesuai dengan bidang yg dimasuki ya.. Paling lama di angkatan udara ya.. Tapi rata2 hampir 2 th.. duuh pasti kangen berat yg ditinggalin nih

      Delete
  2. Saya sering denger artis Korea rehat guna ikut wamil, ternyata skrg bisa cuti ya kayak BTS.
    Smoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berprestasi seperti BTS, bisa masuk BTS Law.

      Delete
  3. Lama juga yaaa sekali wamil hyun bin hampir 3,5th. Itu paling cepet ya? Baru tau rinciannya nih.

    ReplyDelete
  4. memang sudah jadi persyaratan yaa mba dan semuanya harus ikut kecuali ada kondisi khusus. Tapi ada bagusnya jugaaa mereka ikutan lhooo

    ReplyDelete
  5. Aku setuju misalkan di Indonesia menerapkan wamil. Karena aku pernah ikut pendidikan militer saat masuk kuliah dan ini wajib, sebentar sih cuma 30 hari. Tapi aku merasa jadi lebih kuat mental saat menemui masalah, gak mudah baperan atau galau, hihihi

    ReplyDelete
  6. TiP negar punya kebijakan2 sendiri tp Wamil di Korea ini sdh diterapkan sejak lamaaa banget. Masya Allah wamil2nya guanteng2 ya. Di Indonesia di trapkan? Mengingst banyaknya tawuran dikalangan anak muda sebaik ya kali ada Wamil biar mereka pada kapok sekalian. Gemmmez!

    ReplyDelete
  7. Makasih mbaa. Aku sering tuh nonton pas drama korea ada kewajiban wamil. Trus pas di kehiudpan nyata juga. Teryata satu sisi aku liat kebijakan ini juga yang dilakukan tanpa memandang profesi . Makasih ulasannya mba

    ReplyDelete
  8. Wamil ini menjadi hal yang istimewa dilakukan bagi artis2 Korea yach hihihi :) Kayak dikerangkeng 18 bulan keluar sementara dari hingar bingar dunia keartisannya. Kalau sudah lulus/kelar, seru banget bisa join lagi dan makin bersinar biasanya.

    ReplyDelete
  9. Jaman sekolah dulu, ada pelajaran Pendidikan sejarah perjuangan bangsa (PSPB), dan kayaknya pernah ada bagian yang menjelaskan tentang wajib militer. Tapi sampai selesai sekolah dan punya anak gini, nggak pernah tahu gimana implementasi wamil di negara kita.

    ReplyDelete
  10. Seandainya Korea Utara dan Korea Selatan nanti jd untuk reunifikasi, kira2 wamil ini bakal trus ada ato di stop yaaa :).

    Sbnrnya bgs sih program wamil ini. Setidaknya utk memupuk rasa cinta dan bela negara. Mungkin memang Indonesia perlu diadain ini, mengingat banyak bgt skr anak2 alay dan menyimpang gendernya. Tapi kalo di Korsel yg menyimpang seksualitasnya boleh utk ga wamil, aku LBH setuju ttp disuruh sih. Kali aja bisa lebih normal :D

    ReplyDelete
  11. Lama juga ternyata wamilnya ya.
    Tapi saya salut sama mereka-mereka di sana yang dengan sukarela ikut wamil, terutama para seniman yang sudah terkenal itu.

    ReplyDelete
  12. Tapi aku pernah baca rumor tentang diskriminasi antara orang biasa yang masuk wamil dengan artis/idol yang ikut wamil Artis/idol dapat perlakuan yang lebih istimewa ketimbang masyarakat biasa. Dengan adanya BTS law ini, gap antara orang biasa dan idol jadi semakin luas. Ah, jadi orang yang fisiknya oke itu enak ya.

    ReplyDelete
  13. keren banget Lend.. Biar kata mereka diejekin kayak boneka lilin mulus2 mukanya tapi ternyata punya pengalaman mengenyam pendidikan militer ya..

    ReplyDelete
  14. Lengkap banget! yang menarik, ternyata ada beberapa kondisi di mana orang boleh nggak wamil ya. Aku tertarik di poin "menjadi tulang punggung keluarga" itu. Nah, untuk menilai apakah dia benar-benar tulang punggung keluarga, ada lembaga yang menilainya kah? soalnya bisa aja orang ngaku-ngaku kan :)

    ReplyDelete
  15. Hmm...sebagai non Korean fans, taunya Korea cuma Korsel pas Piala Dunia speechless sama tulisan ini.

    Namun, di satu sisi, menurut saya, ada baiknya lho Indonesia juga menerapkan wamil buat warga negaranya. Karena kok tampaknya ada banyak poin positif dengan mengikuti wamil (terlepas dari kemungkinan meninggal di medan perang, but everyone will die soon or later toh).

    Bayangan saya sih dengan wamil, beberapa poin yang bisa ditumbuhkembangkan adalah:
    1. Nasionalisme;
    2. Pola hidup sehat;
    3. Mental.

    Bukan begitu?

    ReplyDelete
  16. sampai sekarang wajib militer ini masih berjalan ya teh di Korea Selatan, sebagai bentuk nasionalisme pada negara

    ReplyDelete
  17. Mantep ini langsung dijelaskan terperinci sama teh Lendy, itu bebep aku ganteng ugak pas wamil. JAdi tuh karena aku suka si Kim Woo Bin jadi awal-awal cari tau tentang dia, makanya aku tau dia gak boleh wamil. Eh ternyata ada beberapa aktor lain juga ya.

    ReplyDelete
  18. Coba ya Indonesia tuh menerapkan wamil juga, lagi bayangin angga yunanda, rizky nazar, reza rahardian pake baju military hihihi

    ReplyDelete
  19. Seketika aku inget drama reply 1988 pas Jung Hwannya wamil ya. Ternyata lama juga ya Mbak Lendy wamil itu. Aku lagi bayangin kalau Indonesia ada wamilnya gimana ya.

    ReplyDelete
  20. Pada ganteng-ganteng ya kalau lihat yang berseragam. Tetapi, seandainya wamil ada di Indonesia, mungkin saya gak tega. Soalnya punya anak laki-laki hehehe

    ReplyDelete
  21. Yoo-ah-in tuh ngga wamil karena sempat sakit keras ya, sist?
    Aaakk, salut banget dah ama pemerintah KorSel.
    Kebijakannya keren!

    ReplyDelete
  22. Masa bakti wamil ini ternyata lama juga ya, sampai 18 atau 21 bulan tergantung di mana tempatnya gitu. Aku dari dulu salut loh pada negeri ini, terutama dengan program wajib militer untuk warganya. Mereka jadi cinta tanah air dan bakal mati-matian membela negara

    ReplyDelete
  23. Wah baru tahu aku ada amandemen BTS pantesan Jin adem ayem juga, itu Mino Winner juga belum wamil padahal ultahnya bareng aku udah 28 eh bisa mundur 2 tahun hehehe. Jujur, di Indonesia perlu nih wamil seperti ini untuk pendidikan mental dan karakter yang lebih baik.

    ReplyDelete
  24. ini yg buat aku kagum sama oppa oppa,meski lagi terkenal dan dinilai gemulai mereka tetap berangkat wamil lhoo
    keren
    btw iya, jjs kabarnya g ikutan wamil karena jadi tulang punggung keluarga

    ReplyDelete
  25. Ah hyun bin.. Tyt kamu aslinya keren bangett. Gak cm di drama tp wamilnya pun dapet penghargaan. Kamu kalo keren itu gak usah ngeborong kenapa sih. Kan sebel.

    ReplyDelete
  26. Kalau artes2 gtu katanya wamilnya lbh ke urusan klerikal administrasi2 gtu gak sih? hehe
    Tp keren sih soal wamil ini, kalau dicontek Indonesia walau kita gak terlalu terancam perang aju setuju supaya kaum muda bisa belajar disiplin hehe

    ReplyDelete
  27. Berat banget emang kalau ditinggal bias wamil. Udah berasa ditinggal suami sendiri. Hahaha
    Baru tau D.O jd juru masak pas wamil. Ternyata tugasnya beda-beda yaa. Thank you sharingnya, mbak..

    ReplyDelete
  28. Duuuh itu wamil kek tukang kredit, ya. Dikejar terus sampe tua pun. Ga ada ampun. Kukira wamil berlaku karena ada situasi tertentu. Tapi ini yang bikin Korea siap tempur, just incase terjadi sesuatu. Amit-amit, jangan sampai kejadian

    ReplyDelete
  29. Oh baru tahu ttg Jisoo liat di tiktok sih ga jelas pas baca ini oalah siap..teteh meni hapal pisan inj mantul ah

    ReplyDelete
  30. Ya ampun aku jadi paham sekarang kenapa laki-laki Korea harus wajib militer. Pantesan kok beberapa idol kalau mau wajib militer tuh kayak orang mau pisah lama banget dan takut enggak kembali. Walaupun wamil tuh buat lelaki tapi kalau lelaki-nya seperti Jo Kwon (2AM) gitu apa ya tetap harus ikut wamil ya Teh? Soalnya setauku Jo Kwon sudah wamil sebelum dia memutuskan untuk tidak punya jenis kelamin kayak sekarang.

    ReplyDelete
  31. Ngebayangin banget deh itu para artis Korea kalau ikutan wamil gimana jadinya ya. Mereka yang biasa bersih, rapi dan stylish tiba-tiba harus berubah 180 derajat. Tapi pulang-pulang bakalan lebih macho gitu ya hehehee..

    ReplyDelete
  32. aku mrembes loh uni liat opa Lee Seung Gi segagah itu hahahaha disuruh menghibur
    ah Korea bagus ada wamil, Indonesia ada begini juga keren ya jadi melek perlindungan diri juga

    ReplyDelete
  33. Cukup salut dengan Korea karena tidak pandang bulu untuk yang bertugas Wamil, artis terkenalpun dapat kewajiban. Saluut juga sama Hyun Bin

    ReplyDelete
  34. Indonesia sepertiny jg perlu ya ka program wajib militer utk menunbuhkan rasa cinta tanah air n bangsa. Kalau bukan kita sbgai putra putri bangsa siapa yg akan melindungi negara kita

    ReplyDelete
  35. Baru tahu kalo Wamil itu ada 2 pilihan dari dibagi lagi dalam berbagai bidang. Bener-bener dididik jadi tentara militer yang hidup mandiri.

    Beruntung yang bisa ngicipin masakannya Key DO EXO. Kira-kira masak apa aja ya dia...

    Oiya mba, ada reality show yang nayangin para seleb ini pas Wamil ngga? Penisirin mereka ngapain aja disana

    ReplyDelete
  36. Mbak aku penasaran deh para artis1 yg ikutan wamil ni selama masa mengabdi apakah dpt perlakukan spesial? Kaya misal dikasih tugas yg ringan2 aja atau adakah yg sok2an ngartis gtu jd ga mau tugas dgn baik? Semoga aja ga ya
    Salut si sama pemerintah ga tebang pilih pokoknya semua wajib ikut wamil selama sehat. Kebayang kalo di Indonesia pasti banyak yg nawar hahahah

    ReplyDelete
  37. Makasih mbak Lendy. Aku jadi sdkt paham ttg perwamilan nih. Aku setuju sama mas prima, kayaknya Indonesia jg bisa meniru bbrpa nilai dr wamil itu utk dipraktikkan, tp emang ga kebayang sih lamanya sampe setahun lebih yaaa. Syukurnya kita masih bisa mengembangkan hobi jg ya selama wamil itu..

    ReplyDelete
  38. Wah, keren ya meski sudah jadi artis terkenal tetep pada taat ikut wamil. Sepertinya Indonesia perlu ada wamil. Kita nggak pernah tahu kapan negara lain menyerang. Kalau pas ada penyerangan sewaktu-waktu sudah pada siap.

    ReplyDelete
  39. Sebenarnya bagus ya, buat menanamkan semangat bela negara. Tapi ya ngeri juga, kalau kenapa-napa. Hebat lho mereka, pada patuh dan paham konsekwensinya. Kalau di Indonesia bakal pada demo kayaknya ya .hihi...

    ReplyDelete

Berlangganan via Email