Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Super Junior 2005-2020

Bismillah,

Annyeong, chingu-deul...
Joheun achiiimm~

Pernah suka sama boygroup or girlgroup?
Atau suka lagu Korea deeh...

Awalnya, aku suka boygroup saat pertama kali hallyu waves menyergap dunia, Indonesia khususnya. Aku inget banget, karena suami yang duluan suka nonton drama Korea dan kasih beberapa rekomedasi drama ke aku. Ngasih tau doaank?

Engga doonk...
Doi modal nge-burn dvd buat aku tonton. Awal drama yang aku tonton, tentu Full House. Ada babang Rain sama Song Hye-kyo eonni. Lalu berlanjut dengerin Original Soundtracknya. Karena merasa sangat relate sama dramanya kaan... 

Related Post :

Perjalanan "ingin mengenal" Korea lebih dalam lagi berlanjut ke boygroup yang lagi tren zaman itu. Apalagi kalau bukan Super Junior.

Bravoo~

Walau pada zamannya, sudah ada TVXQ yang duluan debut sama H.O.T yang lagunya booming, tapi rasanya debut Super Junior pertama kali langsung mencuri perhatian banyak penikmat musik. Dengan anggotanya yang berjumlah 15 member waktu itu.
**giilss banget gak siih?!?

Super Junior 2005-2020

Member Super Junior 2005 :

Leeteuk (leader)
Heechul, Han Geng, Zhou-mi, Henry-Lau, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kibum. Kyuhyun masuk sebagai maknae di tahun 2006. 


Saking banyak dan dulu wajahnya berasa mirip semua, jadi aku hanya menyukai lagu yang gak selesai-selesai menduduki tangga lagu dunia, Sorry-Sorry. Kemudian disusul Bonamana, Only U, Mr. Simple, Superman, dan masih banyak lagi sampai saat ini, tahun 2020, Super Junior masih aktif dengan 8 membernya.

Super Junior 2005-2020

Album Super Junior 2005 - 2020 :

Twins (2005)
Don't Don (2007)
Sorry, Sorry (2009)
Bonamana (2010)
Mr. Simple (2011)
Sexy, Free & Single (2012)
Mamacita (2014)
PLAY (2017)
REPLAY The 8th Repackage Album (2018)
Time Slip (2019)
Timeline Special Album (2019)
Timeless Repackage Album (2020)


Selain ada grup utama, Super Junior juga mengusung sub-unit grup, alias grup kecil yang beranggotakan maksimal 6 orang. Misal : Sub-unit Super Junior M (Mandarin) : Han Geng, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, Zhou Mi dan Henry. 
Super Junior T (Trot) : Leeteuk, Heechul, Kang-in, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk.
Super Junior H (Happy) : Leeteuk, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk.

Kini,
Karena anggotanya sudah menyusut menjadi 8 member, maka sub unit Super Junior hanya tinggal KRY (Kyuhyun-Ryeowok-Yesung) dan D&E (Donghae, Eunhyuk).

Apa bedanya masing-masing Sub-unit?

Di Sub-unit mereka dikelompokkan berdasarkan karakter suara atau karakter personalnya. Kalau Super Junior M, berarti semua member Super Junior yang bisa berbahasa Mandarin. Karena lagu-lagunya berbahasa Mandarin. Yang unik, Super Junior H, karena mereka semua member yang konyol gak abis-abis. Wkkkwkw~


Ini juga nyambung ke tingkat komersial siih... Karena pangsa pasar musik Super Junior adalah daerah Asia, jadi mereka berusaha menembus pasar dengan menyanyikan lagu mereka dalam berbagai bahasa. Jepang, termasuk...


Alasan suka Super Junior


Karena mereka gak jaim
Ke koplakan para membernya tuh nyata, gitu... Dari zaman debut sampai sekarang, Super Junior gak pernah berubah. Ya jail, ya usil tapi kalau sama senior selalu menghormati.


Sangat bertalenta
Siapa yang gak tau kalau anak-anak besutan Nyai Soman selalu yang terbaik. Baik vokal maupun visualnya, pilihan. Dan pertama kali lihat Super Junior, pasti kenalnya Siwon. Ya kaaan...??

Di boygrup maupun girlgroup manapun, selalu ada vocal line dan dance line. Kalau di Super Junior, vocal line di pegang oleh Yesung, Kyuhyun, Ryeowok. Dan dance lineEunhyuk, Donghae, Heechul. Meski semua juga dance dan vocalnya oke, tapi selalu ada yang dominan.



Ramah

Dengan sapaan khas Super Junior : "We Are Super Juni...wiyaooo" yang selalu menjadi opening perjumpaan Suju di hadapan publik. Bahkan, Suju ini kalau sedang konser di suatu negara, mereka gak lupa menyapa fans mereka, ELF (Everlasting Friends).

Super Junior 2005-2020
ELF - Blue Sapphire
Dan ELF juga sangat sayang sama Suju. Bahkan saking sayangnya, saat Sungmin menikah, semua fans sedih. Heuheuu~ Ini siih...sasaeng yaa?!?

Aku pengennya para member menemukan cinta sejati mereka, jangan kelamaan jomblo kaya sekarang. Jadi banyak di gosipin yang aneh-aneh. Kaya kejadian Leeteuk yang ketahuan DM-in para hoobaenya, terus merebaknya foto berdua Eunhyuk sama IU. Kan jadi sediih yaa...


Entertainer sejati
Udah gak asing lagi kalau Suju berkembang di passionnya masing-masing, gak latah ikut-ikutan main drama (jadi aktor) karena bakatnya gak kesana. Kaya Shindong, bakat menjadi seorang konseptor. Maka, Shindong saat ini menjadi kepercayaan konseptor panggung dari beberapa hoobaenya di SM Entertainment. Lalu Leeteuk, yang hobi ngomong. Sekarang sukses membawakan sejumlah acara variety show sebagai MC. Donghae fokus ke mencipta lagu. Yesung nyanyi, Heechul juga MC. Eunhyuk sebagai mentor dance, Kyuhyun juga nyanyi sama kaya Ryeowok. Siwon...baru main drama. Beberapa dramanya oke juga loo...kaya yang sama Kang Sora "Revolutionary Love".


Jauh dari gosip
Nyai Soman sangat menjaga rapat-rapat privacy anak-anak asuhannya. Gosip pacaran aja gak pernah tercium. Maka, sekalinya ada skandal yang sekiranya bisa menjatuhkan image, nasibnya akan berakhir. Seperti yang paling heboh saat itu adalah kasusnya Kangin. Ia ketahuan menyetir mobil dalam keadaan mabuk dan menabrak tiang listrik. 

Sejak kejadian itu, Kangin dikeluarkan dari Suju dan terkena sangsi sosial.


Punya channel youtube
Sejak pandemi, beberapa member Suju rajin menyapa fans nya melalui channel youtube. Tampak yang paling aktif meng-upload bincang-bincang interaksi antara ELF dan member Suju adalah Leeteuk. Aku beberapa kali ikutan live youtubenya dan Leeteuk dengan baik memanggil semua nama ELF yang saat itu sedang berinteraksi. Namaku juga disebut loo... hihii~


Belajar bahasa Indonesia
ELF memang tersebar dimana-mana. Dan Indonesia, termasuk ELF terkompak. Dan Suju gak segan-segan menyapa para ELF menggunakan bahasa Indonesia.

Pernah niih...Leeteuk membuka pertemuan dengan sapaan "Assalamu'alaykum, nama saya Leeteuk. Saya cinta Indonesia. Saya cinta Indonesia gadis."

Jyakakkakakaa~
Kocak kaan...uri lider-nim.

Gak cukup hanya bahasa Indonesia, bahkan bahasa daerah pun dijabanin. Liat video ini yaa.. πŸ˜‚πŸ˜‚
Gemuuyysshh~


Punya nama Indonesia pemberian ELF-Indonesia
Saking cintanya ELF sama Suju, mereka kasih nama Indonesia loo...Yang maknanya kurang lebih seperti kepribadian mereka.

Leeteuk : Kadir 
Karena hobinya ngelawak tapi sering garing lawakannya.

Donghae : Dimas
Artinya adik laki-laki dalam bahasa Jawa, karena Donghae ini masih belum dewasa, kakakakak~

Eunhyuk : Eko 
Yang nomer satu, karena Eunhyuk ramah, keshayangan ELF

Siwon : Agung
Artinya pria yang berwibawa, karena paling dihormati, anak holang kaya loo...

Kyuhyun : Hotman
Ia mengiranya adalah lelaki yang HOT, hahhaa...makanya dia pilih Hotman. Koplak kaan...?!?

Yesung : Rangga
Artinya pria yang gagah

Shindong : Dewo
Artinya pria yang setia

Ryeowok : Krisna
Artinya pengasih



Sering ngadain konser atau kunjungan tidak resmi
Ya...apalagi sekarang SM resmi punya kantor di Jakarta. Jadi bolak-balik aja Leeteuk uda sampai Jakarta lagi... Kadang Siwon mendadak kasih kabar kalau mau meet and greet. Waah...pokoknya seru deeh...mereka ini.


Semua ELF bersahabat
Persahabatan antar ELF ini bener-bener never ending deeh... Mereka bisa sehati sama idolnya looh.. Pernah beberapa kali fandom war. Yang aku inget banget waktu Irene menggantikan Kard di sebuah konser Suju. Lalu mendadak ada fans Red Velvet yang menge-tweet sebuah kata-kata mengandung hinaan kepada Leeteuk, langsung tuuh... jadi trending topik saat itu juga. Para ELF bergerak membela uri lovely lider-nim. Dan menyerang balik RV.

Secara yaa... RV ini grup baru.
Aku yakin siih...fans nya juga masih anak-anak piyik. Kalau Suju kan...minim fansnya seusia Suju juga... 


Paling gak mau kasih speech kalau nerima penghargaan
Ini aneh siih...giliran semua boygroup rebutan kasih speech, kalau di Suju pang lempar-lemparan. Leeteuk sendiri pasti...biasanya suka mempersilahkan member lain untuk speech juga dan berakhir pada ngerjain Yesung, hahahah.... Yesung ini bagian member yang di aniaya, soalnya temperamen.


Pokoknya nonton Super Junior ini hiburan banget buat aku. Gak ada habisnya tingkah polah mereka dan semua gak ada yang gimmick loo yaa.. Kalo mau menghina, juga blong dikeluarin aja gitu... Wkkwkwk~ Tapi mereka sudah pro laah... Gak mungkin mengeluarkan kata-kata gak sopan untuk orang lain, hanya untuk kalangan Suju sendiri.


10 Lagu Pilihan Untuk Mengenal Super Junior

Superman

Apa jadinya Super Junior tanpa lagu Superman? Ini lagu liriknya bagus banget deeh artinya. Momen saat mengeluarkan single ini juga pas banget. Waktu itu SM sedang regenerasi boygroup lain, sehingga fokusnya berkurang ke Suju. Dan Suju launching lagu Superman, yang menceritakan kisah Suju dan ELF. 

Suju akan memberikan yang terbaik untuk para fans dan Suju sangat berterimakasih untuk para ELF dimana pun berada. Jadilah fans Suju selamanya...


No Others

Lagu easy-listening yang maknanya seorang pria pemalu yang ingin menyatakan perasaan pada gadis yang disukainya. Betapa bahagianya bila sang pria bisa bersama sang gadis, melindunginya dan membuatnya bahagia.

Lagunya beneran bikin merasa di cintai loo, gengs.



Only U

Aku nangis kalo denger lagu ini, karena inget jadi ending lagu perpisahan Leeteuk sama Kang Sora pas acara We Got Married. Memang sebagian besar lirik lagu ini diciptain sama Leeteuk. Waktu itu terpaksa WGM dihentikan karena ada sesuatu hal. Sediih banget...

Karena selama WGM, memang mereka diberi script harus ngapain aja. Tapi dari keduanya, selalu ada hal-hal spontan. Dan Kang Sora saat melakukan WGM sama sekali gak pingin pansos sama Leeteuk yang udah terkenal duluan. Sungguhan tulus sayang sama Leeteuk oppa.

Dan Leeteuk pun sama...
Balas perasaan Sora. Hanya kan...tanggung jawab dia sebagai lider-nim grup sebesar Super Junior. Jadi hubungan mereka kandas beres Leeteuk wamil.


Note :
Ada slentingan, kalau Leeteuk Sora ini jadian setelah WGM, tapi Leeteuk langsung masuk wamil dan beres wamil, langsung sibuk comeback nya sehingga putus. Beberapa bukti, ada deeeh... hehehe...jadi panjang kalau aku ceritain di sini.

**part Yesung pas nyanyi....aaahhhh! 


Devil

Menceritakan tentang kisah cinta yang mendalam seseorang kepada kekasihnya hingga membayangi kemanapun ia pergi.

Lucunya, semua ELF suka lagu ini, tapi Suju sendiri alergi sama lagu ini, hahhaa...karena lagu ini koreonya susah kalau formasi gak lengkap. Dan Suju saking banyaknya member, sering gak lengkapnya daripada lengkapnya.

**part Heechul paling kusukaaaa...

Note :
Lagu ini sekaligus menjadi lagu terakhir bagi debut Kangin. Karena setelah itu ia terlibat kasus seperti yang aku ceritakan di atas. Dan gosip makin membesar karena Kangin menjadi salah satu member Suju yang paling sering ke club.
**member lain hampir jarang bahkan menghindari tempat-tempat seperti club ini. Mungkin karena rawan terkena masalah/ skandal.


Sorry Sorry

Lagu yang melejitkan Super Junior niih... Jadi gak boleh ketinggalan yaa... Super Junior ya Sorry Sorry, hehhee...

Lagu ini menceritakan tentang cinta luar biasa seorang pria terhadap seorang gadis meski sang gadis sudah memiliki pria lain dan dengan agresif menyatakan cinta dengan sang gadis pujaan hati.


Hero

Lagu ini dibuat khusus untuk ELF-Jepang. Nadanya ngikutin tren J-Pop yaah...


Angel

Lagu ini awalnya dinyanyikan oleh Suju dan jadi OST. drama yang berjudul Haru. Lalu di remake sama BToB judulnya jadi "For You" dan menjadi OST. Cinderella and Four Knight

Sama-sama easy-listening yaa..


Lovely Day

Super mellow deeh...dengerin lagu Lovely Day Super Junior. Lagu yang menceritakan tentang apa saja yang dilakukan para pria Super Junior ketika jatuh cinta denganmu dalam satu hari.

Di sini, vokal masing-masing member Super Junior keliatan banget. Suara rendah, tinggi... aah~
Selalu kereen kalian ituuu....


Super Duper

Pertama kali denger lagu ini agak aneh, karena bukan kaya jenis musik Super Junior sebelumnya. Lagu ini diciptakan khusus oleh Leeteuk dalam rangka comeback Suju pada tahun 2018. Ajeep-ajeep, neeng~

Favoriittt~
Soalnya bikin melek mata, pas banget di dengerin pas nyetir sore hari di mana Bandung sedang macet-macetnya.


Super Clap

Lagu ini ada di album Time Slip, dimana ini kaya album trilogi, karena setelahnya ada Timeline dan Timeless. Nambah satu atau dua lagu lagi gitu loo...

Konsep MV nya lucu ya...ada motion graphic dance nya gituu...
Aku suka banget.

Lagu Super Clap ini menceritakan tentang kehidupan yang harus dinikmati, tanpa harus mendengar berita-berita buruk dan mari menari bersama Super Junior.
Oppa, gachaaa~



Sepuluh lagu doank yaa...??
Huhuu...padahal masih banyak lagu Suju yang setia menemaniku selama nyetir perjalanan mengantar dan menjemput anak-anak sekolah, saat lagi blogwalking, saat lagi baca buku, bisa banget sambil dengerin lagu Suju.

One More Time, Lo Siento, 2YA2YAO!, Walking, The Clown, Our Love, dan belum lagu lagu solo Yesung (It Has To Be You) yang jadi OST Cinderella Sister, D&E (Oppa-oppa, 'Bout You, Danger, Sunrise), Ryeowok (One and Only).


Super TV Season 3

Atau SJ Return. Acara variety show khusus untuk Super Junior ini sudah pernah ada season 1 dan 2 yang berbeda-beda konsepnya. Dari mulai konsep melawan boygroup atau girlgroup lain sebagai tantangan sampai acara mengikuti jadwal keseharian masing-masing member Suju. Ini acara buat mengenal Suju lebih dekat lagi, gimana kebodoran mereka. Hadjuuhh~

Yang normal dari semua member cuma Siwon. Dan Siwon pun tampaknya ketularan gak beresnya kalo uda ngumpul. Hhahaha...sukaaa, sukaaa banget. Kok bisa mreka gak ada jaim-jaimnya di depan kamera yaa...?

Super TV Season 3 ini direncanakan tayang bulan September 2020. Semoga gak molor yaa....
Kalau mau tau gak beresnya para member Suju, coba tonton video ini...


Hohoo...
Uda di penghujung tulisan tema-tema terakhir di grup Drama Korea dan Literasi niih... Karena hari ini masuk tema ke 24, yaitu boyband or girlband kpop fave / seputar kpop/ lagu fave.

Related Post :

Kalau sahabat lendyagasshi, suka boygroup atau girlgroup juga gak?
Atau ada yang ELF juga sama kaya aku?
Cerita doonk...di kolom komen.

κ³ λ§ˆμš”, 친ꡬ..⁣
(πšπš˜πš–πšŠπš πš˜, πšŒπš‘πš’πš—πšπšž)⁣

With Love,

71 comments for "Super Junior 2005-2020"

  1. Duuhh Abang Donghae, ane juge demen ame abang 😍 Kupas tuntas suju ya mba lendy. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama-lama bisa pantun yaak...dedek Dimas ini.

      Delete
  2. Ayayaya....
    Suju idola semuanya..
    Paling suka sama mas agung, ehhh...

    ReplyDelete
  3. Akhirnya saya bis atidur nyenyak. Ternyata asal nama-nama Indonesia, termasuk mas Agung seperti ini sejarahnya hahaha

    ReplyDelete
  4. aku kurang begitu mengikuti kalau K-POP teh, tapi saya suka BTS hahahaa walau belum bisa menyebut diri sendiri army karena kurang maksimal supportnya, kalau SUJU ini aku paling suka sama dimplenya mas Agung hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw aku ngakak pas nonton mereka nyanyi lagu mereka tapi di indonesiakan :) ngakak lagi pas bagian milih nama indonesia hahahaa

      Delete
  5. Serba serbi SUJU semua, dulu waktu awal2 demam KPOP masuk Indonesia aku nggak ketinggalan ikutna bikin kaos custom gambar super junior juga :)

    ReplyDelete
  6. Suju tak lekang oleh waktu walau banyak junior yg datang..

    ReplyDelete
  7. huaa aku gak suka sama boyband koreaa wkwk paling yang aku suka dari korea adalah film2nya yang keren dan budayanya :D

    ReplyDelete
  8. Nah inii, aku sukaaa K Pop..
    Meski ga mantengin teruus, cuma karena suka nyetel MTv lagunya Kpop muluu,kan enak buat teman goyang kalo lagi beberes, Leeen.

    Suju emang oke banget, tetep ajaa ngehits, meski banyak daun muda yang dateng eeaaa
    Cuma ku masih raguu,karena emang seringnya dnegerin, pas lihat wajah2nya samaa semuaaaa, huhii.

    ReplyDelete
  9. Pantesan, jadi sehati sama suami ya Mbak Lendy sama-sama suka yang berbau Korea...
    Aku jadi tahu banyak info Suju dari artikel ini. Ya ampun solid mereka memangg ya, prestasinya juga warbiyasa! Keren pokoknya!

    ReplyDelete
  10. Pertama kali tahu nama Super Junior tuh pas baru masuk kuliah di tahun 2009. Gak ngefans sih, tapi akhirnya tahu garagara beberapa teman dekat pada sering dengar lagunya dan dibahas terus tiap ketemu. Wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakka dan teracuni lagu2nya yaa,kek sekarang aja teracuni drakor dirimu Andyyy. Kbanyakan bewe ke rumah Lendy, pasang antivirusnya kurang kenceng.

      Btw kalo aa konser Suju di Bandung, mari kita nonton yaak.

      Delete
  11. Aku salut sama semua personil grup musik asal Korea ini. Ga hanya bisa menyanyi tapi menari2 joged yang sulit gitu keren2 banget ya mbak. Suka denger lagu mereka kalau lagi kulineran di resto hehehe. Kalau sama pak suami toss2an dong ya sama2 demen Korea-an. Mantap pisan mbak Lendy ini. AKu sampai kagum padamu hihihihi :D

    ReplyDelete
  12. Totalitas banget yhaaa kalau meng-entertain para fansnya
    sampe belajar bahasa negara dan bhs daerah
    Keren ini maahh
    selain jago nyanyi, multitalenta bnagetttt!

    ReplyDelete
  13. Hihi..maafkaaan, aku blas nggak ngerti mereka. Eh,dengar2 sih ttg Suju ini,tapi nggak ngikutin sama sekali jadi buta. Nah, baca post ini jadi dikit2 tahu deh.. Makasih Teh..

    ReplyDelete
  14. Sebagai generasi boyband kpop lawas Suju tuh salah satu yang favorit. Tapi herannya sampai hari ini aku ga hafal nama-nama mereka, cuma hapal muka doang wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau favoritku di Suju itu Mas Agung sama Kak Yesung. Mas Agung tajir, dan ganteng lesung pipinya, kalo kak Yesung suaranya bagus.

      Lagu favorit Mr.Simple yang legend banget sih buat aku, sampe sekarang masih masuk playlist. Hehe.

      Delete
  15. Saya baru ngeh kalau Super Junior ini punya sub unit.
    Tapi semua keren juga ya

    Sampai keder saya bukain satu satu videonya dari tadi. Hahaha... Aksi panggungnya luar biasa ya

    ReplyDelete
  16. maasyaallah teh kamu bener-bener fans kpop sejati.. semua info tentang kpop lengkap ada, bahkan perjalanan super junior dari awal hingga saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah..bener mbak..KPop..Kdrama..Teh Lendy deh ahlinya. Blogger niche Korea ini mah~ salut euy!

      Delete
  17. wah aku baru tahu lho mbak kalo ada nama indonesianya lucu lucu pula, kepikiran ya fans indo bikinnya hihi

    ReplyDelete
  18. Aku nggak ngerti suka atau nggak karena nggak ada yang kenal, hahaha ... Kan nggak fair ya bilang nggak suka padahal mah belum kenal, hihihi ...

    Kalau lagu-lagunya sih kayaknya pernah dengar. Soalnya kakakku di rumah suka setel lagu-lagunya BTS.

    Aku baru selesai nonton Revolutionary Love. Malah baru tahu kalau Siwon itu membernya Suju, wkwkwk ... Parah, yak. Tapi aku suka dia. Orangnya sepertinya sih ramah dan menyenangkan gitu. Ehhh, sok tahuuu hahaha ...

    ReplyDelete
  19. oemjiii aku kangen banget deh sama super junior, hihihi, kenal sama suju pas dulu suka dengerin lagunya SNSD heheh, kemaren2 kalo nggak salah ada MVnya mereka yang tembus 100jt views yaa kalo ga salah

    ReplyDelete
  20. Beneran baru tahu mbak kalau Siwon itu memebernya Suju? wkwkwk
    Soalnya jaman pertama kali aku lihat Boyband Suju tuh, ujung tombaknya si Siwon ini. Sekarang dia yang paling booming hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak wkwkkw baru tahu juga kalau Siwon member SUJU
      jadi ingat Siwon pas main ke rumah Nagita ama Rafi Ahmad low profile banget doi.

      Delete
  21. aduh jadi inget jaman dulu.. aku mulai suka suju pas SMA sih sebenernya lumayan telat, tapi dah tau mereka dari jaman Sorry-Sorry. Pas Mr. Simple kalo diliat sekarang mereka alay banget gayanya tapi aku tergila-gila!! My bias is siwon :')

    ReplyDelete
  22. ini suju bekennya pas jaman aku smp ampe kuliah aku ngefans banget sama doi trutama bias q si bang siwon dududu jadi kangen jaman dulu

    ReplyDelete
  23. Aku kurang suka Korea, tapi suka ma lagunya SuJu. Lagunya easy listening semua. Abis baca ini baru tau banyak tentnag Suju, asli tulisannya lengkap bener, keliatan fans sejati

    ReplyDelete
  24. Aku tuh jadi suka dengan lagu korea tapi soundtrack dramanya teh. Btw ya ngomongin Super Junior ini, aku tuh baru tau kalau Siwon itu salah satu personilnya SUJU. Itu aku juga tau pas karena ada kerjaan untuk Mie Sedaap dong, terus geli sendiri pas tau.

    ReplyDelete
  25. banyak juga ya ternyata acara mereka, btw dulu ini mereka terkenal banget lah pada masanya kan sampai sekarang, kebetulan teman memang penggemar kpop, dia penggemar berat suju ini, ampe semua kamarnya isinya suju ini

    ReplyDelete
  26. Aku suka lagu2 suju, tp butuh waktu lama buat hapalin nama2 membernya. Nomor 1 yg aku.inget malah siwon. Krn paling ganteng hahaha... kalo vokal aku paling suka suara yesung & kyuhyun gr2 sering isi ost. Drama dan suara mereka.tuh khas banget. Adem di telinga 😍

    ReplyDelete
  27. Ya ampun kumplit dah bahas Suju, aku gak ikutin kali Suju ini, cuma lagunya belakangan seliweran di IG yg no others itu, enak ya lagunya 😍

    ReplyDelete
  28. Top banget ya Super Junior. Saya gakkenal tapi dengar dari orang2 dan lagu Mr. Simple tahu dari anak sulung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah sama kak..dari yang blas gak tahu, akhirnya tahu karena orangorang sekitar sering bahas dan nyanyikan lagunya

      Delete
  29. Yeaay aku juga awalnya tau Suju doang haha dan aku sukaaak, tapi semakin kesini karena semakin banyak aku bingung dan nggak hafal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan aku masa kalah sama ponakan-ponakanku yang pada hafal boy band Korea dan semua drakor ��

      Delete
  30. Dari dulu aku nggak pernah suka yang namanya boyband atau girlband gitu tapi pas hamil anak kemarin tiba-tiba suka sama Super Junior dan blackpink nggak tahu kenapa sampai sekarang jadinya suka.

    ReplyDelete
  31. Lengkap banget ya Mbak ulasannya aku yang selama ini penasaran kenapa orang banyak suka mereka jadi lebih tahu lagi dengan membaca ulasan Mbak ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Lendy mah juara deh kalau udah ngereview Korea, karena lengkap banget.

      Delete
  32. Aku tahu SUJU tenar ini lewat beberapa lagunya, tapi nggak apal member-membernya ehhehe
    Eoni selalu detail ih, selama ini lagu lagu Korea sukanya yang dipake soundtrack drama

    ReplyDelete
  33. MVnya NO OTHER tolooooong hahaha bikin deluluuu. Suka banget lagunya dan kalau liat MVnya jadi senyum senyum sendiri hihi

    ReplyDelete
  34. Kak kita generasi K-POP lama banget nih sama sama suka SUJU.
    Rasanya bisa balik lagi ke remaja mau berapa kalipun liat mereka hahaha, SORRY SORRY SORRY *sodorin mic

    ReplyDelete
  35. Walah walah ini mah fans sejati, hehe kalau aku baru bisa menikmati drakornya aja paling paling sountrack dramanya juga

    ReplyDelete
  36. Super Junior ini masih adaa aja dari jaman aku kuliah dulu suka lagu-lagunya...Trus nontonin We Got Married...Kemarin ada episode Omnisficient Interfering yang ada KyuHyun sama EunHyuk...dan keren mereka tetap eksis sampai sekarang...Aku suka nonton Men On Missions karena ada Hee Chul dan Shin Dong...di Mom's Diary juga Hee Chul suka aneh tapi seru nontonnya

    ReplyDelete
  37. Auto sharing linknya ke si Kakak nih mba hahaha...
    Sekalian kasih ide klo kesukaannya ke KPop bs disalurkan dg nulis review kayak gini.

    ReplyDelete
  38. Ya ampun, aku baru tau kalau dulu member suju ada 15 orang!
    btw, thank you banget nih soal pncerahan nama indonesia anggota suju, akhirnya bisa tidur nyenyak , haha

    ReplyDelete
  39. Ya ampun super junior ini kesukaan banget apalagi kalau udah nyanyi Mr.Simple khas banget di telinga. Btw mirip2 banget ya kalau ngumpul rame gitu ya mbak.

    ReplyDelete
  40. Lengkap bangeeet Teh, beneran ELF sejati ini mah, gak diragukan lagi, heheh.
    saya cuma tahu lagu Sorry Sorry, itu juga sorry sorry nya aja yang jelas kedengarannya, hihihh.

    ReplyDelete
  41. Wah Suju itu singkatan Super Junior kirain nama salah satu personil nya nih hehe...kudet aku soal lagu dan film...

    ReplyDelete
  42. Mbak lendy keren banget athau semua aku gak tahu semuanya hahah. Personilnya aja tahu Donghae sama Siwon aja. Perjalanan yang panjang yah super junior selalu kompak meskipun ada beberapa yang keluar. Sorry sorry sorry itu lagunya yah ehehe

    ReplyDelete
  43. Cuma tau bts karena anak saya lagi doyan...
    Seru banget ya sampai dibikinin nama Indonsianya hihihi...

    ReplyDelete
  44. yaa ampun teh, aku tuh pas dulu gak suka sama boyband, apalagi suju ini. inget banget aku ketika banyak bermunculan boyband/girlband aku kaget kaget karena anggotanya banyak banget dan mukanya samaaa semua hihi... terus kayak apasih sampai digilai segitunya. tapi sekarang setelah lebih dewasa lagi (tsah) ternyata mereka itu gak seburuk pikiran aku pas awal. dramanya banyak yang bagus, lagunya banyak yang enak didenger, apalagi kelakuan siwon choi. aneh-aneh dan kocak banget.. hahaha

    ReplyDelete
  45. Hihihi, iyaaaaa aku juga nonton Full House sama ngikutin tipis2 artis lamanya kaya Song Hae Kyo, Rain, Lee Seung Gi, Miss A, Suju juga hihihi.... Sekarang makin banyak ya.... Aku makin ga bisa bedain muka mukanya hehehe

    ReplyDelete
  46. Wkwkwk ngakak banget, itu serius ada nama Indonesia mbk? Ada-ada aja. Suju ini emangvterkenal ramah banget ya.. Keren

    ReplyDelete
  47. Boy band yang pertama aku tau karena suka kekorean sebenarnya lebih suka ke Drama dan ga terlalu perhatian ke KPop
    Beberapa kali ngepoin mereka terutama ketika berkait sama Indonesia. Waktu mereka coba nyanyi lagunya dengan versi Indonesia itu lucu2 banget

    Tapi iya deh suka geregetan sendiri. Idol K-Pop sering banget di gosip aneh2 karena kedekatan sesama member

    ReplyDelete
  48. Boy band korea yg pertama aku suka itu Suju dan sampe sekarang duh seneng banget lihat mereka. Apalagi Yesung, ngefans banget aku sama dia, walau sering di bully tapi suaranya itu bikin adem.

    ReplyDelete
  49. Wuih, udah 15 tahun ya SUJU ternyata. Aku gak terlalu ngikutin kalo KPOP. Suka juga cuma lagu2 tertentu aja. Itu pun yang dinyanyiin anak gadisku aja. BTS, NCT, EXO. Tapi aku suka Mas Agung... hehe Siwon Oppa. :D

    ReplyDelete
  50. Aku heran dan ngga habis pikir, kenapa Yesung masum Suju-H????
    Lha dia dikit2 marah, dikit2 nangis, dikit2 ngambek. Paling sering dikerjain, paling ga asyik kata yg lain.




    Etapi, dia bias aku di suju. Wkwkwk

    ReplyDelete
  51. hmmm, i only know the nae of Suju, no more, but now so many actress and singer from Korean, then they have good looking too

    ReplyDelete
  52. Pertama ngefans sama Suju, ingat banget waktu pertama pengen nonton konsernya di Indonesia. Pulang kerja rame-rame nonton hehe

    ReplyDelete
  53. Aku suka SUJU ini sejak jaman lulus kuliah dan awal2 kerja. Gemes aja sama mereka ini dan ternyata masih eksis sampai sekarang. Keren bener! Aku juga setuju mereka ini gak jaim dan gak mengumbar gosip pribadi. Pokok fokus berkarya dan sangat menghibur.

    ReplyDelete
  54. Dari dulu sering dengar lagunya tapi baru senang akhir-akhir ini sama mereka, koplak, lagunya bagus-bagus..aku paling suka Heechul hihihi...

    ReplyDelete
  55. Mba lendd.. Baca ini aku jd mengenang era cinta2nya sama boyband dulu daaah. Jd dulu itu aku suka banget sm TVXQ. Itu kakak kelasnya suju. Dr download MV nya sampe beli majalahnya pake nabung segala ya Allah. Dan sekarang majalahnya dijadiin suami buat alas makanan kucing. Heu heu. Dunia jd fans boyband ini bener2 menyenangkan. Paling enggak dulu jd pengalih perhatian ditengah2 godaan pergaulan. Haha

    ReplyDelete
  56. wah aku pilih yang mana ya..boy/girl. sama aja krn kayaknya wajahnya mirip2 semua.. heehahe

    ReplyDelete
  57. Aaaaa... Aku belum nulis Mbak Lendy! Ora mudeng meh nulis apa, secara aku nih cuma drakorian, ora kpopers. Btw Mbak Lendy nih apa anggota ELF juga? πŸ˜‚ hapal bingits kayaknya sama history Suju

    ReplyDelete
  58. Sekarang udah tua-tua ya mereka tapi belum pada nikah wkwk... Aku ga terlalu sering dengerin K-pop sih.

    ReplyDelete
  59. Duh aku bukan penggemar Kpop, tp lebih ke kdrama. Klo suju aku tau sih, tapi ya cuma 2 lagu aja yg q tau πŸ˜‚

    ReplyDelete
  60. Baca tulisan mbak Lendy ini bikin aku jadi pingin mengenal lebih jauh Suju. Soalnya jujur aku cuma tahu Siwon aja dan itupun karena iklan mie sedap goreng pedas. wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  61. Kalau Superman pertama ingat adalah roti sobek Babang Agung ha-ha-ha. Tapi Kpop Gen 2 itu juarak menurut saya. Soalnya dari sinilah saya mengenal dan terkena Kpop wave.


    Suju masih masuk playlist saat bosan menerjang 😁

    ReplyDelete
  62. hihi... aku kenalnya Sorry sorry aja karena anakku suka dengerin lagu ini. Sepertinya saya harus mencoba mengenali lagu yang lain, biar nyambung kalau ngobrol sama anak gadisku

    ReplyDelete

Berlangganan via Email