Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Booktour : All Around Science Series #1

Bismillah,


Booktour : All Around Science Series #1
Hola sahabat lendyagasshi.


Selamat Tahun Baru 2022.

Masih merasakan semangat awal tahun yang luar biasa yaa.. Pastinya di awali dengan yang baik-baik dan kembali mengecek evaluasi resolusi yang telah dibuat beberapa waktu yang lalu. Karena bulan ini adalah bagianku menentukan bacaan bareng di geng baca buku, maka aku mengajukan buku All Around Science Series.

Awalnya buku ini ku pinjam dari aplikasi membaca ebook di handphone dalam rangka menyambut hari libur anak-anak sekolah. Agar anak-anak tetap membaca buku dan kami mendiskusikan hasil bacaan bersama. Ternyata waktu aku ajukan ke geng baca buku kami, semuanya pada setuju tuh.. Dan pas juga seriesnya ada 5 dan kami memang berlima.

Dan karena halamannya bergambar, meski pembahasannya mengenai dunia science, tapi terasa menyenangkan. Untuk review buku per-bab All Around Science, sudah aku tulis di blog buku ya..

 

Blog buku :

Bacaan-lendyagasshi


Dan kini, aku rangkum dari ketiga bab yang terdapat di All Around Science Series #1 yang menceritakan mengenai Air. Buku All Around Science ini dibagi menjadi 3 bab, yakni :

Bab 1 : Si Awan Jail
Bab 2 : Air Dalam Tubuhku
Bab 3 : Udara yang Misterius

Ulasan All Around Science Series #1


Resensi Buku All Around Science Series #1

Data Buku :

Judul : All Around Science seri #1

Penulis : Lee Yeong Joo, Lee Eun Hee, Lim Seon Hwa
Ilustrator : Lee Yoon Hee, Song Seon-beom, Cho Hyeon Sook
Desainer : Woongjing Thinkbig
Penyunting : He Chang Hee

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Edisi Digital, 2017

Tebal : 116 halaman

ISBN : 6181 200 25

Harga : Rp 75.000,-


Isi Buku All Around Science Series #1

Buku yang terdiri dari 3 bab ini sebenarnya ditulis oleh 3 penulis dan 3 ilustrator yang berbeda. Buku All Around Science Series aslinya diterbitkan dalam Bahasa Korea dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan nyaman.

Beberapa pertanyaan sederhana mengenai awan, petir, hingga bentuk tetesan hujan dijelaskan dengan sangat rinci. Bagaimana bentuk air hujan sebenarnya?

Seperti yang kita gambar pada waktu kecil, air hujan berbentuk oval, namun ternyata bentuk air hujan tergantung dari besaran tetes hujan yang jatuh.

Ketika tetes hujan yang jatuh kecil, karena ada tekanan udara dari bawah, maka bentuk tetesannya akan menjadi bulat. Sedangkan ketika tetes hujan sedang, maka air yang terbentuk akan seperti parasut. Kalau tetes hujannya besar banget, maka bentuk air yang jatuh ke bumi akan terbelah-belah menjadi butiran air kecil yang bulat.

Resensi dan Ulasan Buku All Around Science Series #1

Fenomena alam lainnya seperti udara dan air dibahas di bab berikutnya. Uniknya, meski yang dibahas science, buku ini tampak menyenangkan dengan gaya bercerita yang sederhana. Ilustrasinya pun berwarna-warni, membuat pembaca yang segmentasinya anak-anak usia Sekolah Dasar menyukai buku All Around Science Series #1.

 

Booktour : All Around Science Series

Karena buku All Around Science Series ini merupakan rangkaian dari booktour, maka untuk membaca series ke #2 sampai ke #5 bisa di blog sahabat lendyagasshi berikut yaa..

@alenaslibrary
www.bacaanipeh.web.id

@nyibacabuku
www.nyibacabuku.web.id

@ilarizky
www.resensi.ilarizky.com

@molzania
www.molzania.com


Yang dibahas dalam buku All Around Science Series #2 adalah bakteri, Series #3 membahas kerangka tubuh manusia, Series #4 mengenai fosil tarbosaurus, dan terakhir pada Series #5 membahas mengenai larva.

Bagaikan kembali menyelami dunia anak-anak yang penuh warna dan pertanyaan aneh yang sering muncul dari bibir mungil mereka, semua bisa terjawab secara scientist di buku All Around Science. Rasanya, ketika membaca All Around Science series #1, gak ingin berhenti. Ingin lanjut ke series berikutnya.

Walau terkadang ada bahasa yang sulit dipahami, kita perlu sesekali juga mencari penjelasan mengenai hal tersebut dari video di youtube, misalnya. Jadi, metode pembelajarannya bisa berkesinambungan. Dan untuk membahas 1 bab saja, aku biasanya memberikan pemahaman selama beberapa hari. 

Karena dalam buku All Around Science Series #1 mengenai air dan udara yang pas banget suasananya kini sedang musim hujan, maka anak-anak semakin senang dan bersyukur ketika mengetahui banyaknya fenomena alam yang ternyata itu adalah nikmat yang Allah berikan untuk kelangsungan hidup makhlukNya di bumi.

Resensi dan Ulasan Buku All Around Science Series #1

 


Kesimpulan :

Belajar dan memahami apa yang ada di alam akan membuat kita terbuka berpikir bahwa nikmat Allah berlimpah. Dengan segalanya yang ada di dunia ini dan semuanya tersedia gratis ini, jika dikelola dengan baik tanpa merusak alam, maka manfaatnya akan kembali kepada manusia dan makhluk Allah lainnya.

Indahnya bila bisa berdampingan hidup dengan bumi Allah. Karena hal sekecil apapun, itu bisa menjadi nikmat yang tak tergantikan.


Terima kasih, gengs..baca buku.
Sampai jumpa di booktour berikutnya yaa..sahabat lendyagasshi.


Semangat membaca.
행복한 독서 책~


With Love,




14 comments for "Booktour : All Around Science Series #1"

  1. waaa, bukunya bagus, anak jadi lebih mudah mengerti karena bentuknya menarik ya teh :)

    ReplyDelete
  2. seruuu bukunyaaa..
    isinya juga menariqq banyak gambar-gambar jadi mudah dipahami ya mba

    ReplyDelete
  3. Menarik ya bukunya, jadi pengen baca juga. Udah lama juga nih aku nggak baca buku dengan banyak gambar yang menarik.

    ReplyDelete
  4. Bukunya menarik nih, gambar ilustrasinya juga bagus, anka-anak pasti suka nih belajar sains dengan cara yang lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  5. Masya Allah ini keren bukunya ya, aku jadi mau baca juga apalagi anak-anak suka juga buku-buku model kaya gini tentang science series

    ReplyDelete
  6. Duh ak jatuh cinta sama ilustrasinya, aku tipe orang yang suka buku pertama dari ilustrasinya hahhahaha, plus bagus banget isinya tentang sains gitu jadi anak-anak mudah nangkepnya plus gak bosenin karena ada gambar-gambar lucunya

    ReplyDelete
  7. Buku anak yang dibikin org Korea tu gk tau kenapa ilustrasinya apik2 yaa. Beberapa buku di rumah kebetulan garapan org Korea, anak2 suka banget, krn ilusrasi gtu gampang bikin ngerti bukunya.
    Aku penasaran apakah edisi cetaknya jg di Gramedia ya? hehe

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah bukunya menarik sekali ya Mbak, kita banyak tahu tentang science dari buku ini.
    buku-buku dari Korea itu emang keren-keren sih ya, ada yang Confidence in Science itu juga bagus, saya ada baca beberapa buku :)

    ReplyDelete
  9. Wah buku ini bagus nih buat mengenalkan sains ke anak-anak, apalagi ada berbagai percobaannya juga ya itu untuk dicoba sendiri sama anak. Hmm... berburu buku ini ah, biar para ponakan bisa ikutan cobain percobaan sains-nya

    ReplyDelete
  10. Bukunya ini keren banget mbak, apalagi ada ilustrasi yang bagus. Untuk judul-judulnya juga menarik. Anak-anak pasti suka banget mbak.

    ReplyDelete
  11. Seru juga bukunya yah. Yg lebih seru lagi itu, minjem bukunya online! Kayaknya bakalan jadi alternatif baru nih ya perpus online. 😁

    ReplyDelete
  12. ih lucu amat ini gambarnya. bisa menarik anak2 untuk membaca nih. science juga bisa disampaikan ke anak dengan lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. aku punya lumayan banyak buku - buku serupa untuk anak - anak mbaaa.. soalnya ilustrasi yang menarik memang benar - benar membantu anak - anak menikmati buku - buku ini yaa

    ReplyDelete
  14. Seriusan bikin mupeng ini buku. Saoon beliii yang ini science series biar jadi ilmuan keren hehe untuk anakku

    ReplyDelete