Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resep Sate Usus Bumbu Kuning yang Gurih dan Lezat

Bismillah,


Resep Sate Usus Bumbu Kuning yang Gurih dan Lezat.
Hola sahabat lendyagasshi.


Musim hujan seringkali perut merasakan lapar yang bersahut-sahutan dengan suara derasnya air hujan  turun ((dahsyat amat yak?! hhehhe)). Dan kalau sudah begitu, rasanya ingin makan dengan lauk yang lezat dan mengenyangkan. Perut mantap, hati tenang dan istirahat jadi nyaman.

Kira-kira masak apa ya...enaknya?

Keidean bikin sate usus euii..
Jajanan khas saat masih sekolah dulu. Rasanya enak banget ngemilin sate usus (biar mantap, ditambah dengan nasi hangat dan sambal matang). Lalu masalah pertama yang muncul adalah bagaimana masak sate usus bumbu kuning yang gurih dan tidak bau?

Karena, bagi sebagian orang mengkonsumsi jeroan ayam memang dirasa cukup aneh dan tidak mengenakkan. Hal tersebut karena biasanya dikarenakan jeroan seringkali mengeluarkan aroma khas yang kurang sedap jika tidak dibersihkan dan diolah dengan tepat. Padahal jika kita bisa meraciknya dengan berbagai bumbu rempah maka rasa dan amis dari jeroan akan hilang dan jeroan pun berubah menjadi makanan yang lezat.

Resep Sate Usus Bumbu Kuning yang Gurih dan Lezat

 

 

Resep Membuat Sate Usus Bumbu Kuning

Jeroan adalah organ dalam hewan yang siap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Orang Indonesia terbiasa memasak jeroan karena ada manfaatnya juga untuk tubuh, seperti vitamin A, B, D, E, K, zat besi, magnesium, selenium, dan zinc. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk menjalankan berbagai proses metabolisme di dalam tubuh.

Contoh jeroan yang sering di konsumsi adalah usus ayam, ya bagian jeroan yang satu ini sangat mudah ditemukan di tempat makan kaki lima, angkringan, bahkan juga dijual sebagai cemilan di sekolahan. Biasanya olahan usus ayam yang sering di konsumsi adalah olahan usus yang dijadikan seperti sate. Yang paling sedap itu ketika sate usus diolah dengan tekstur usus yang tetap lembut.

Sate usus cukup terkenal dimana – mana karena bisa dijadikan teman makan nasi. Bahkan di kota seperti Cianjur, sate usus juga dijadikan sebagai topping saat makan bubur ayam. Kira – kira bagaimana ya resep dan cara pembuatan dari sate usus tersebut, berikut terdapat resep sate usus bumbu kuning yang dijamin lezat dan gurih.


Cara Membuat Sate Usus Bumbu Kuning

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat sate usus :

450 gram Usus Ayam
4 cm Kunyit
4 cm Kencur
2 cm Jahe
4 lembar Daun jeruk
2 buah Kemiri
6 buah Bawang merah
4 siung Bawang putih
2 cm Lengkuas
3 lembar Daun Salam
1 sdt Ketumbar bubuk
1 sdt Merica Bubuk
Garam dan gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Sate Usus Bumbu Kuning
source : pinterest


Berikut cara pembuatan sate usus bumbu kuning :

1. Cuci bersih usus sampai semua kotoran yang menempel hilang, lalu tiriskan airnya.


2. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kemiri, kunyit, dan kencur. Kemudian tumis bumbu halus dengan menggunakan sedikit minyak goreng sampai tercium aroma harum.

Cara Membuat Sate Usus Bumbu Kuning
source : pinterest

3. Rebus usus dengan air bersih dan beri masukan 2 lembar daun salam agar usus tidak memiliki bau amis yang menyengat.


4. Masukan usus yang telah direbus sebelumnya kedalam tumisan bumbu halus.
Setelah itu tambahkan garam, gula, dan penyedap kemudian aduk rata.


5. Beri tambahan air lalu masak sampai bumbu meresap kedalam usus dan airnya sedikit berkurang.


6. Tambahkan daun jeruk kedalam rebusan usus dan bumbu lalu masak sampai daun jeruk layu.


7. Setelah dirasa telah meresap, angkat usus dari air rebusan lalu tiriskan dan dinginkan.


8. Setelah tusukan usus dengan menggunakan tusukan sate sesuai dengan ukuran yang diinginkan.


9. Sate usus bumbu kuning pun sudah siap disajikan.



Mudah bukan membuat sate usus bumbu kuning ini, jika sahabat lendyagasshi ingin menambah rasa dan juga tekstur pada sate usus yang dibuat. Maka bisa menambahkan kelapa parut ke dalam air rebusan bumbu halus tadi. Nantinya, parutan kelapa tersebut bisa digoreng bersama usus dan dijadikan sebagai taburan atau topping tambahan sate usus.

Tetapi jika menyukai sate usus yang polos maka sahabat bisa langsung menyantap sate usus tersebut atau juga bisa menggorengnya kembali sebelum dimakan. Menu sate usus ini cocok disajikan cemilan ataupun sebagai lauk pendamping makan nasi di rumah karena rasanya sangat lezat dan gurih.

Yummii~


Selamat menikmati.
맛있게 먹겠습니다


With love,



21 comments for "Resep Sate Usus Bumbu Kuning yang Gurih dan Lezat"

  1. Aku juga penggemar usus dan jeroan mba lendy. Masalahnya suami protes kalo masak usus sering-sering.
    Jadinya sering beli biar gak dimarahin karena suami gak tahu. Hahaha.

    Padahal ya banyak banget menu usus yang aku suka. Bahkan usus sambal goreng juga suka banget dicampur kentang.

    ReplyDelete
  2. Lihat gambarnya saja langsung ngeces alias ngiler.Aku penggemar usus,seringnya sih beli di tukang bubur ayam. Enak deh di potong-potong lalu ditabur di buburnya.Mau ah aku coba resep usus bumbu kuning kak Lendy,sepertinya aku bisa deh buatnya

    ReplyDelete
  3. wah enak bgt ini kayanya. kl aku lebih suka digoreng garing gitu biar krauk2, makannya pake bubur anget ya Allah jadi auto lapar, hehhee

    ReplyDelete
  4. Jadi lapar terus pengen makan sate usus ayam setelah baca postingan ini. Kalau aku cuma pernah beli sate usus ayam jadi belum pernah bikin sate usus ayam. Aku pernah bikin sate kambing dan sate sapi bersama dengan para sepupuku.

    ReplyDelete
  5. Yang bikin aku penasaran adalah kalau mau masak usus ayam tuh beli di mana ya ususnya, karena kalau ke pasar kayanya aku gak pernah liat tukang daging ayam jual usus doang hehee

    Sate usus memang enak dimakan pas makan bubur ayam ^^

    ReplyDelete
  6. Sate Usus Bumbu Kuning gini yang suka dijual sama penjual Bubur Ayam ya Mba. Sayangnya aku kurang nyaman makan jeroan.

    ReplyDelete
  7. Aku sampe memastikan 2x main kesini lho karena biasanya disuguhin drakor hehehe. Enak nih sekarang suguhannya resep sate usus, jadi inget aku punya usus belom dimasak 🤣

    ReplyDelete
  8. I love usus. Emang makanan jeroan kayak usus gak ada duanya. Biasanya setiap orang punya resep khusus. Mbak lendy udah kabarin resep rahasia usus nih. Jadi pengin ikutin tutorialnya.

    ReplyDelete
  9. Oke siap.. Bisa dicoba as weekend ntar. Soalnya anakku suka. Daripada beli, bolehlah bikin sendiri ya

    ReplyDelete
  10. Telaten banget, Kak bisa masak usus. Hebat deh. Ternyata rahasianya pakai kencur, salam, dan bumbu lain ya biar wangi. Ini tuh makanan favoritku tapi aku gak telaten kalau harus bikin sendiri

    ReplyDelete
  11. Aku lebih suka usus kalau di crispy gitu. Kalau disate dan bumbunya kuning suka sih. Tapi lebih suka bumbu kacang kalau aku.

    Tapi, aku nggak bakal keberatan kalau misal ada yang minta aku buat nyobain sate usus bumbu kuning deh. Kok kayaknya lezat banget.

    ReplyDelete
  12. jadi ingat almarhum papaku. Dulu, setiap lebaran, papa selalu potong ayam dan ususnya gak dibuang. Ususnya dibersihkan dan kemudian dibakar. Rasanya enak banget. Tapi sejak papa meninggal saya gak pernah makan usus bakar lagi

    ReplyDelete
  13. aku kayaknya engga mau deh mba kalau masak sendiri. tapi kalau beli, yaa boleh lah :D anakku juga suka kadang2 kalau pas beli bubur gitu. tapi kalau usus ayam sih menurutku paling enak kalo udah digoreng tepung dan jadi keripik gitu

    ReplyDelete
  14. Wahh aku gak bisa makan jeroan gitu gatau kenapa, bukan ke alergi sih. Padahal enak banget, mood mood an banget sih. Jadi sesekali makan sesekali enggak.. Boleh nih trial buat masak sendiri, karena udah ada resepnya kayak gini hihi

    ReplyDelete
  15. Wew, ini menu favorit buat dicemil mbak Lendy. Biasanya aku bikin crispy usus buat bocah.

    ReplyDelete
  16. Baru baca judulnya aja udah meneteskan air liur nih..kebetulan anak-anak suka banget sate usus kalo lagi beli bubur ayam. Boleh juga nih resepnya bikin sendiri di rumah.

    ReplyDelete
  17. Wah iya, sate usus bumbu kuning ini jajanan favorit
    Ternyata KLO buat sendiri juga mudah ya teh
    Mau coba resepnya ah

    ReplyDelete
  18. Asyik nih ... ada menu sate usus bumbu kuning, pastinya maknyus, mau coba juga ah ... menu untuk dirumah

    ReplyDelete
  19. Ade Mpo suka banget nih sama usus kuning ala tukang bubur ayam. Cuma mpo gak nahan bersihinnya

    ReplyDelete
  20. Idenya kreatif sekali untuk memasukkan juga parutan kepala ya. Jadi kayak serundeng di ayam goreng gitu. Makin enaak pastinya, mba

    ReplyDelete
  21. Boleh dicoba ini resepnya.
    Santapnya dengan nasi hangat, terus tambahin sambel agak pedas.
    Btw, jadi di poin nomor 8, ususnya baru dibentuk di tusukan sate ya Teh?

    ReplyDelete