Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resensi Buku: CEO Stories

Bismillah,


Resensi Buku: CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia.
Hola sahabat lendyagasshi.


Karakterlah yang membuat perusahaan itu hebat.

Dr. Ir. Arief Yahya, M. Sc
(Menteri Pariwisata Indonesia)


Kali ini aku lagi mood banget baca buku mengenai bisnis. Rasanya, bisnis ini dekat sekali denganku, karena suami memiliki profesi sebagai dosen sekaligus pengusaha di bidang desain dengan spesifikasi desain Rumah Sakit. Jatuh bangunnya sebagai seorang pengusaha sejujurnya aku gak pernah tahu, karena suami sangat jarang sekali membawa masalah di kantor ke rumah. Tapi, sedikit banyak aku mendengar ketika berkumpul bersama rekan sekantor.

Kedudukan suamiku sendiri adalah sebagai founder bersama rekan sesama teman satu jurusan Arsitektur ITB '04 mendirikan INTERPLAN Indonesia. Perbedaan CEO dan founder tentu saja dari segi kepemilikan ide, pembuat keputusan, hingga meminimalisir risiko bisnis, dan meningkatkan profit perusahaan.

Maka membaca buku mengenai CEO ini bisa menjadi insight yang bagus untukku yang ingin belajar banyak mengenai mental pebisnis. Untuk saat ini mungkin aku baru istri pebisnis yaa.. Siapa tahu nanti aku juga ikut mendalami dunia bisnis yang sesuai dengan minatku.

Maka aku menamatkan inspirasi dari sebuah buku yang berjudul "CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia." Siapa saja mereka dan insight apa yang aku dapat?

Mari kita simak review dan resensi buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia berikut ini.

 

review dan resensi buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia



Buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia

Aku sangat kagum sekali dengan keberhasilan sebuah usaha yang ternyata CEO-nya adalah orang pribumi alias asli Indonesia. Karena mental membuka usaha sendiri dan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya ini bukan cita-cita yang mudah.

Banyak pengusaha yang memulai usahanya dari skala kecil, namun dengan ilmu dan pengalaman serta doa dan kerja keras serta tak lupa berkontribusi hal baik untuk lingkungannya, maka usaha yang dirintis semakin berkembang dan menjadi bisnis raksasa.

Bagaimana mindset pengusaha sukses yang bisa mengayomi begitu banyak karyawan dan melayani customer dengan baik?

Belajar dari ke 17 CEO menginspirasi dari buku CEO Stories berikut ini.

Insight buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia

Data Buku :

Judul : CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia

Penulis : Wahyu Raharjo

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Terbit : 2019

Tebal : 188 halaman
ISBN
: 978-602-06-2362-7

Harga : Rp 150.000,-



Bab Dalam Buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia

Dewi Motik
Evy Indahwaty
Nana Sarinah
Santi Mia Sipan
Trisya Suherman
Budi Handoko
Christopher Sebastian
Hironemus
Ishak Chandra
James Gwee
Martin Minar Widjaja
Paulus Herry Arianto
Peter Halim
Tung Desem Waringin
Valentino Ivan Lie
Virgo Riand
Vicky G. Saputra


Sinopsis Buku CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia

Dari ke 17 kisah CEO Indonesia ini, sahabat lendyagasshi pasti mendapatkan banyak sekali insight yang bermanfaat. Seperti dalam kisah pertama yang diangkat dari seorang pengusaha sekaligus guru, penulis, pengajar, dosen dan motivator yang memiliki nama lengkap Dewi Motik Pramono. Beliau adalah seorang pengusaha perempuan terkenal di Indonesia dan aktif dalam berbagai kegiatan usaha, pendidikan dan kemasyarakatan.


Belajar Mendirikan Usaha Untuk Wanita, Kisah Dewi Motik

Kisah Dewi Motik, CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia
Manusia mulia adalah mereka yang memberikan sebanyak-banyaknya hal baik kepada sebanyak-banyak orang.

Dewi Motik, Buku CEO Stories, hal. 2

 

Kisah Ibu Dewi Motik sangat menginspirasi dan gak salah banget kalau diletakkan dalam bab pembuka buku CEO Stories ini. Karena pandangan beliau mengenai berbisnis yang meniru pasangan Nabi Muhammad sholallahu 'alaihissalam dan Siti Khadijah yang merupakan pangusaha sukses.


Salah satu yang dapat dilakukan untuk memperkuat perekonomian keluarga dan bangsa adalah dengan menjadi pengusaha.

Dewi Motik, Buku CEO Stories, hal. 2


Karena mengikuti jejak sang Ayahanda yang juga seorang pengusaha dan pendiri Persatuan Warung Indonesia (Pewari)yang merupakan perkumpulan pengusaha penyalur bahan pokok, Dewi Motik bersama kakaknya mendirikan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di usia beliau saat itu yang masih belia, 25 tahun.

Dewi Motik selalu mendorong perempuan Indonesia untuk menjalani peran yang baik sebagai istri dan wanita mandiri secara finansial dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama 24 jam agar lebih bermanfaat.


Sebuah negara akan bagus, jika perempuannya bagus dan berpikiran maju.

Dewi Motik, Buku CEO Stories, hal. 5

 

Zaman sekarang, dengan teknologi canggih, maka wanita bisa dengan mudah memiliki akses ilmu sekaligus kegiatan produktif yang bermanfaat. Bisa jadi memanfaatkan sosial media yang dimiliki untuk mendapatkan rejeki.


Kita nggak pernah tahu alamat rejeki, tapi rejeki yang tahu alamat kita.

Dewi Motik, Buku CEO Stories, hal. 6


Sukses Dunia, Sukses Akhirat, Kisah Menginspirasi dari Santi Mia Sipan

Sosok perempuan luar biasa berikutnya yang akan aku bahas adalah Ibu Santi Mia Sipan. Hal-hal hebat yang terjadi dalam kehidupannya menjadikan Ibu Mia tumbuh menjadi Ibu sekaligus pengusaha yang kuat dan hebat.


Jika ingin bahagia, bantulah orang lain untuk meraih kebahagiaan.
Jika ingin sukses, obatnya adalah menghantarkan teman untuk meraih sukses.

Intinya adalah mengutamakan memberi, baru nanti akan diberi oleh Allah secara melimpah.

Santi Mia Sipan, Buku CEO Stories, hal. 32


Kesedihan dalam kehidupan justru menjadikan Ibu Mia bertumbuh dan menjadi hikmah akan nikmatnya ketika merasakan kebahagiaan. Ibu Santi senantiasa bersyukur ketika berterimakasih kepada Allah ketika kesediha itu datang. Karena dengan begitu, Ibu Santi yakin ia akan naik kelas dengan cara Allah.

Lompatan besar ang terjadi dalam kehidupan Ibu Santi adalah ketika ia mampu menjual 400 ha kebun jati sehingga menghantarkan beliau memperoleh 17 penghargaan bergengsi dan lompatan berikutnya adalah Ibu Santi bergabung dengan Komunitas Tanpa Riba, Kampoeng Syarea World. Bagi Ibu Santi, bekerja tidak hanya dengan sungguh-sungguh, tetapi juga dikerjakan secara cerdas. Juga tidak lupa untuk selalu merasa haus akan ilmu, sehingga terus mencari, membaca dan belajar.

Kisah Santi Mia Sipan, CEO Stories, Perjalanan Sukses 17 CEO Indonesia
source : fimela.com, Ibu Santi Mia Sipan, pengusaha jati Indonesia
 

 

Lebih banyak membaca, lebih rajin, dan lebih detil.

Santi Mia Sipan, Buku CEO Stories, hal. 38


Ibu Santi juga mendirikan Komunitas Wise Woman yang terdiri dari tiga perempuan peraih award. Komunitas ini didirikan agar perempuan berdaya dan mandiri serta bermanfaat bagi kemajuan Indonesia. Bagi Ibu Santi, Indonesia bisa cerdas bila perempuannya cerdas, karena perempuan adalah healer of the world.

Karena kesibukan Ibu Santi yang luar biasa, bila ditanya mengenai pemanfaatan waktunya bagaimana, Ibu Santi selalu menjawab latihan dasarnya adalah dengan sholat 5 waktu tepat waktu dan mengaji. Kenapa mengaji? Karena mengaji bisa memperkuat daya ingat.


Orang yang paling cerdas adalah mereka yang bersinergi dengan Allah karena manusia hanyalah mampun mengandalkan Allah.
Manusia tidak dapat mengandalkan manusia lainnya.

Santi Mia Sipan, Buku CEO Stories, hal. 39


Pola pikir positif juga dilatihkan Ibu Santi setiap hari. Misalnya, ketika melamar kerja, jangan pernah berpikir "Bagaimana nanti kalau aku gagal?" tapi berpikirlah "Nanti aku mau gaji berapa yaa..?". Dengan memiliki keyakinan yang demikian, maka akan membuatnya menghargai dirinya sendiri. Sehingga kepercayaan diri itulah yang ditangkap oleh orang lain.

 

Karena manusia itu hidup dari harapan.
Dengan keyakinan, maka akan ada hari esok yang lebih baik.

Santi Mia Sipan, Buku CEO Stories, hal.42


Dari kedua wanita menginspirasi di atas, maka kini mari kita berkenalan dengan Bapak Mohamad Feriadi Soeprapto yang dinobatkan sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards 2022. Siapakah beliau?



Mengenal Bapak M. Feriadi Soeprapto
Selaku Presiden Direktur JNE

Bapak M. Feriadi Soeprapto di mata karyawan adalah seseorang pemimpin yang menjalankan amanah kepemimpinan dengan prinsip yang dipegang teguh, yakni berbagi, memberi dan menyantuni. 

Makna dari prinsip tersebut bukan hanya mengenai harta, namun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan mau pun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang sosial, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas maupun UKM.

Mengenal Bapak M. Feriadi Soeprapto Selaku Presiden Direktur JNE

 

Dalam sebuah studi The Iconomics Research ini melihat sejauh mana karyawan memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan dalam situasi umum maupun dalam situasi khusus seperti krisis pandemi Covid-19 saat ini. Penilaian dilakukan online melalui survei terhadap ribuan karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 8.000 (kumulatif) pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022, dengan 4 paramater indikator penilaian kepada para CEO meliputi Popularity, Competency, Crisis Leadership dan Personality.

Dan Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE berhasil mendapatkan penghargaan yang diberikan sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employee’s Choice.


Dengan latar belakang kehidupan Bapak M. Feriadi Soeprapto sebelum dipercaya menjadi pimpinan JNE yang telah berdiri selama 31 tahun, Bapak M. Feriadi Soeprapto memulai langkahnya dari posisi yang bersentuhan langsung dengan konsumen. 

Pengalaman selama bertahun-tahun di posisi yang berkaitan dengan penjualan, pemasaran dan menjadi kurir on board ke berbagai negara di dunia memberikan berbagai pelajaran berharga. Sehingga sampai saat ini dipercaya untuk memimpin kurang lebih 50 ribu karyawan sebagai Presiden Direktur JNE.


Penutup

Dengan berani mengambi sebuah langkah untuk memulai usaha dan perubahan, maka kita sudah menuju jalan kesuksesan. Karena hanya orang yang tidak melakukan apa-apa yang seakan-akan tidak pernah gagal.

Gagal dalam suatu hal, itu wajar. Apalagi di langkah pertama. Karena kegagalan adalah proses pembelajaran kita untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dan jangan pernah takut akan sebuah tantangan atau perubahan. Karena sejatinya, kita harus senantiasa membuka diri untuk mau belajar dari siapa saja, selalu open minded dan positive thinking.

Hidup sebagai enterpreur harus memiliki mental yang kuat dan mindset yang panjang. Dalam artian, seorang pengusaha harus siap menghadapi segala resiko yang terjadi atas keputusan yang diambil. Karena seperti itulah tugas seorang Chief Executive Officer atau CEO.


Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Sebuah buku motivasi yang menarik dibaca ketika ingin tahu kisah mengenai perjuangan kesuksesan dibalik para 17 CEO yang sangat berpengaruh bagi perekonomian di Indonesia.

Sekali lagi,
Selamat dan sukses atas penghargaan 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employee’s Choice untuk Bapak M. Feriadi Soeprapto. Semoga senantiasa menginspirasi dan memberikan banyak kebermanfaatan bagi lingkungan dengan semangat ”Connecting Happiness”.



With love,



6 comments for "Resensi Buku: CEO Stories"

  1. Beberapa nama sudah dikenal malang melintang didunia bisnis. Sudah banyak perusahaan yang maju dan berhasil dinahkodai. Bagi pemula, bisa belajar bagaimana memulai suatu bisnis agar tak salah melangkah dan tahu arah perjalanan. Menarik untuk dibaca sih ini

    ReplyDelete
  2. banyak CEO yg keren tapi ngga bergaya ala-ala crazy rich di sosmed. Salut.

    ReplyDelete
  3. Wah banyak juga ya 17 CEO hebat yang berhasil menerima penghargaan. CEO JNE salah satunya, keren nih. Ternyata penilaiannya dilakukan oleh para karyawannya juga ya, CEO-nya kyknya bener2 disukai nih ma pegawainya.

    ReplyDelete
  4. Semangat berbagi dan memberi, semangat memberikan manfaat untuk sebanyak-banyaknya orang, menjadi inspirasi dari CEO-CEO yang luar biasa tersebut, ya. Dan pasti lebih banyak lagi inspirasi yang bisa diambil dari buku CEO Stories ini, ya. Nama-nama CEO di buku tersebut emang sudah enggak asing lagi, sih. Keren banget!

    ReplyDelete
  5. Selain tekun dan kerja keras, para CEO ini juga tak melupakan selalu ikhtiar dan berbagi agar usahanya makin berkah.
    Jadi pengen tahu, gimana cara mereka menghadapi segala tantangan di perusahaan masing-masing, sehingga mereka bisa bangkit lagi. Dibahas jua di buku ini ya mba?

    ReplyDelete
  6. Buku yang wajib punya kalau memang ingin berbisnis sebesar mereka. Meski tantangan mereka tentu beda dengan kondisi sekarang, tapi beberapa hal sebenarnya sama intinya hanya beda covernya.

    ReplyDelete