Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengikuti Komponen Cadangan, Bukti Cinta Tanah Air Republik Indonesia

Bismillah,


Selama ini apakah sahabat lendyagasshi bertanya-tanya, sudah seberapa kuatkah keamanan di negara kita? Apakah kalau sudah tidak ada perang yang berkecamuk di Indonesia, maka itu bisa menjadi tolak ukur keamanan sebuah negara?

 

Negara Indonesia dibangun di atas Dasar Negara yang memiliki arti bahwa segala sumber hukum yang ada di sebuah negara sekaligus menjadi pedoman dan cita-cita bangsa suatu bangsa. Dengan adanya dasar negara yang menjadi pilar inilah sebuah negara memiliki tujuan yang jelas dalam membangun bangsa. Dan Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila yang memiliki arti lima dasar Negara Kedaulatan Republik Indonesia.

 

Dengan adanya kelima Pancasila yang dirumuskan saat pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada sidang pengesahan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, seluruh warga Indonesia sepakat bahwa tujuan kita semua berbangsa dan bernegara adalah menciptakan suasana yang kondusif untuk hidup bersama di atas Tanah Air Indonesia.

 

Dengan memaknai Pancasila secara benar, tentu ancaman yang sekiranya berasal dari dalam negeri seharusnya minim terjadi. Dan kekuatan yang berasal dari rasa nasionalisme masyarakat Indonesia untuk saling bersatu akan membuat Indonesia teguh di atas kedaulatan dan kemerdekaannya yang sudah dipegang selama 76 tahun.

 

Dan sesungguhnya, menjaga keamanan NKRI ini bukan tugas perseorangan, Korps tertentu atau Badan Pertahanan Republik Indonesia saja, tetapi tugas seluruh Warga Negara Indonesia. Salah satu hal yang bisankita lakukan untuk bela negara adalah dengan mengikuti program baru dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan disahkan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo.


Mengenal Komponen Cadangan Kemenham



Mengenal Komponen Cadangan (Komcad)

Badan Pertahanan Negara Republik Indonesia mengatakan bahwa pelibatan warga sipil dalam pelatihan bela negara itu baik untuk dilaksanakan. Pada kabinet sebelumnya (2014 - 2019), Menhan Ryamizard Ryacudu menggelar beberapa kali pelatihan bela negara. Dan saat itu kegiatan pelatihan kemiliteran menggunakan tema “bela negara”, karena penguatan“komponen cadangan” baru muncul melalui UU nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

 

Merujuk pada Undang-Undang (UU) nomor 3 tahun 2002 mengenai Pertahanan Negara dan UU nomor 23 tahun 2019 mengenai Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, maka Komponen Cadangan (Komcad) resmi dibentuk. Dinyatakan dalam kedua UU tersebut bahwa adanya Komcad dalam rangka melengkapi adanya komponen utama, yakni TNI, dalam sistem pertahanan negara, termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya nasional. Komponen cadangan (Komcad) bukan bagian organik dari TNI.

Pendaftaran Komponen Cadangan 2022

Namun, saat menjalani pelatihan dasar kemiliteran, calon Komcad berhak memperoleh uang saku, perlengkapan di lapangan, perawatan kesehatan, jaminan asuransi kecelakaan kerja dan kematian.



Perbedaan Komponen Cadangan (Komcad) dengan Wajib Militer

Kalau di beberapa negara lain, contohnya Korea yang memiliki program Wajib Militer atau wamil, yang mewajibkan seluruh pria berkebangsaan Korea untuk ikut Latihan kemiliteran, maka untuk Komcad sendiri tidak wajib atau hanya bersifat sukarela.

Adapun yang terpilih menjalani program Komponen Cadangan yakni dilihat dari aspek SDM adalah warga negara yang memenuhi syarat dilatih dasar kemiliteran dan diorganisir dengan status tetap sipil. Pada saat digunakan melalui mobilisasi baru berubah menjadi kombatan/militer.



Alasan Diadakannya Komponen Cadangan

Menhan selaku penyelenggara urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan, membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam Kementerian Pertahanan salah satu mandat yang diberikan Presiden sebagai salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945, Kementerian Pertahanan ini hanya dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden yang memiliki tugas utama melaksanakan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

 

Sistem tersebut tentu melibatkan seluruh warga negara di setiap wilayah serta segenap sumber daya nasional yang dipersiapkan oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total secara terarah dan berlanjut.

 

Untuk menjabarkan sistem tersebut selain Komponen Utama, perlu juga peran serta Komponen Cadangan. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional dijelaskan bahwa Komponen Cadangan sebagai bagian sumber daya nasional perlu disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Bagaimana cara bergabung di Komponen Cadangan
 
Setelah memahami alasan pembentukan Komcad, pertanyaan berikutnya tentu “Apakah perbedaan antara TNI sebagai Komponen Utama dan Komcad (Komponen Cadangan)?”



Perbedaan Komponen Utama dan Komponen Cadangan

Ketika sebuah negara yang memiliki sebuah sistem pertahanan menghadapi ancaman militer, maka negara akan menempatkan Tentara Nasional Indonesia sebagai "Komponen Utama" yaitu TNI dan didukung oleh "Komponen Cadangan" (Komcad).

 

TNI merupakan angkatan bersenjata negara Indonesia yang berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan, sedangkan Komponen Cadangan merupakan komponen pertahanan dalam sistem pertahanan rakyat Republik Indonesia yang memiliki fungsi sebagai penguat Komponen Utama.

 

Proses rekrutmen Komponen Cadangan pun telah dibuka secara resmi mulai tanggal 17-31 Mei 2021. Dan dilakukan seleksi pada tanggal 1-17 Juni 2021 lalu mengikuti latihan dasar kemiliteran 21 Juni-18 September 2021.

 

Dan terakhir dilakukan penetapan pada 7 Oktober 2021 yang kesemua itu dilakukan oleh rakyat pemuda Indonesia secara sukarela. Sehat dari segi fisik dan mental serta ingin merasakan pengalaman militer serta memperoleh banyak keahlian khusus yang gak mungkin diperoleh di tempat lain?


Yuk, daftarkan diri sahabat untuk mengikuti Komcad 2022 dengan memenuhi syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh peserta program Komcad. Apa saja syarat mengikuti program Komponen Cadangan?



Syarat Mendaftar Menjadi Peserta Komponen Cadangan RI:

1. Laki-laki bukan anggota prajurit TNI/Polri
2. Berijazah minimal SMP/sederajat
3. Bagi Mahasiswa atas persetujuan rektor/dekan
4. Bagi ASN harus mendapat izin dari HRD
5. Bersedia dimobilisasi di seluruh wilayah NKRI
6. Mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia (Administrasi dan kompetensi)


Syarat Menjadi Komponen Cadangan:

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
3. Usia 18 tahun - 35 tahun
4. Sehat jasmani dan rohani
5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia



Merasa sudah memenuhi syarat mendaftar dan sanggup menjalani dan memenuhi syarat ketika sudah diterima menjadi Komponen Cadangan? Lalu, apa hak yang bisa diperoleh ketika menjalani Latihan Komponen Cadangan?


Hak menjadi Komponen Cadangan antara lain:

Uang saku selama menjalani pelatihan
Tunjangan operasi pada saat mobilisasi
Rawatan Kesehatan
Pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian
Penghargaan


Apa keuntungan bergabung dengan Komcad?

Sudah siap, bela negara dengan berpartisipasi menjadi Komponen Cadangan RI? Yuk, daftarkan segera diri sahabat dengan cara berikut ini.



Pendaftaran Komponen Cadangan Republik Indonesia

Untuk tahun 2022 ini, pendaftaran untuk bergabung menjadi Komponen Cadangan sendiri akan dilaksanakan pada periode 1 Maret - 8 Mei 2022. Dengan semua warga negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki dan berusia 18-35 tahun. Sehat fisik dan mental, maka bisa melakukan pendaftaran melalui

online : https://komcad.kemham.go.id
WA : 0899 017 0845


atau dengan mendownload aplikasi mobile pendaftaran Komponen Cadangan Kementerian Pertahanan RI yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore.



Formasi jumlah personel yang akan diterima masing masing angkatan adalah 500 orang dengan total keseluruhan 2.500 orang. Rincian penerimaan Komcad di masing-masing daerah:


• TNI AD melalui Kodam II Sriwijaya : 500 orang
• TNI AD melalui Kodam VI Mulawarman : 500 orang
• TNI AD melalui Kodam XIV Hasanudin : 500 orang
• TNI AL melalui Kodikmar Surabaya : 500 orang
• TNI AU melalui Pusdiklatpasgat Bandung : 500 orang


Kapan Pendaftaran Komponen Cadangan Komcad 2022 dibuka?

 

Kalau sudah mendaftar, maka menunggu untuk masuk ke tahap berikutnya yakni memasuki tahap seleksi yang menggunakan sistem gugur. Pengumuman lolos seleksi calon Komponen Cadangan akan dilakukan di website resmi www.kemhan.go.id kemudian melakukan Latsarmil (Latihan Dasar Militer) selama 3 bulan dan dilakukan seleksi kembali. Pengumuman kelulusan latsarmil kemudian penetapan menjadi Komponen Cadangan pertahanan negara.



Komponen Cadangan akan berakhir antara lain jika:

1. Telah menjalani masa pengabdian sampai dengan usia 48 (empat puluh delapan) tahun
2. Sakit yang menyebabkan tidak dapat melanjutkan sebagai Komponen Cadangan
3. Gugur, tewas, atau meninggal dunia
4. Tidak ada kepastian atas dirinya, setelah 6 (enam) bulan sejak dinyatakan hilang dalam tugas sebagai Komponen Cadangan (Komcad) sejak dinyatakan hilang kewarganegaraannya
5. Karena mengundurkan diri dengan alasan yang disetujui oleh menteri
6. Komponen cadangan dinyatakan hilang dalam tugas apabila tidak kembali ke kesatuannya setelah 7 (tujuh) hari


Komponen Cadangan akan berhenti tidak hormat jika:

1. Menganut, mengembangkan, serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila
2. Menjadi anggota dalam organisasi terlarang berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan/atau peraturan perundang-undangan
3. Melakukan tindakan yang dapat mengancam atau membahayakan keamanan dan keselamatan negara dan bangsa
4. Mempunyai tabiat dan/atau perbuatan yang nyata dapat merugikan disiplin
5. Dijatuhi pidana penjara dengan hukuman di atas 1 (satu) tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
6. Percobaan bunuh diri atau bunuh diri
7. Ketidak hadiran tanpa izin dan/atau desersi di kesatuannya pada masa aktif
8. Perbuatan lain yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan, kesopanan, dan kode etik Komponen Cadangan


Apa yang didapatkan jika bergabung dengan Komponen Cadangan (Komcad)?

Dikutip dari website www.jpnn.com, menurut Mayjen Dadang, pengurus organisasi bela negara telah berperan aktif dalam menumbuhkan dan menyebarluaskan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat luas karena masalah bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, namun seluruh komponen bangsa.


Komponen Cadangan termasuk ke dalam unsur ASN dan pekerja/buruh selama menjalani masa aktif, serta tetap mendapat hak ketenagakerjaannya dan tidak kehilangan pekerjaan di instansi asal. Dan juga, Komponen Cadangan yang masih memiliki status sebagai mahasiswa selama menjalani masa aktif pelatihan, maka tetap memperoleh hak akademisnya dan tidak kehilangan status sebagai peserta didik.



Yuk, sahabat lendyagasshi.
Berperan aktif dalam bela negara Republik Indonesia melalui Komponen Cadangan sebagai bukti cinta tanah air Indonesia.


With love,



74 comments for "Mengikuti Komponen Cadangan, Bukti Cinta Tanah Air Republik Indonesia"

  1. Bagus juga ya, jadi cepat mobilisasinya jika keamanan negara terancam. Tapi anakku cewek semua, jadi nggak memenuhi syarat. Semoga banyak yg mendaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kaum cewek bisa menjadi hal apa saja Meksi tidak diterima dalam Komando Cadangan ini. Tetap jadi diri sendiri itu lebih baik ya

      Delete
  2. ini jadi upaya buat memperkuat pertahanan kita yaa.. semoga kualitasnya pun bisa ditingkatkan dan jadi salah satu pembuka lapangan kerja juga buat orang indonesia

    ReplyDelete
  3. jaman aku SD dulu ada yang namanya militer sukarela (ini tuh tahun 80an ya.. ekekekke). Nah, komcad ini mirip itu kali ya, karena militer sukarela ini juga dilatih sekaligus dapat uang saku juga. Tapi boleh milih seterusnya mau berkarir di militer atau kembali ke sipil

    ReplyDelete
  4. Jadi ingin memberitahukan informasi ini untuk tetanggaku yang ingin jadi tentara. Karena ternyata tetanggaku ada yang bercita-cita menjadi tentara. Terima kasih infonya tentang KOMCAD ya, Kak Lendy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya ya kalau yang bercita cita jadi tentara bisa daftar comcad yaa...

      Delete
  5. Awalnya kupikir Komcad sama dengan wamil di Korea, ternyata beda, enggak wajib tapi sifatnya sukarela. Keren ini, mau kasih tahu ponakan biar coba daftar

    ReplyDelete
  6. aku baru tau soal komponen cadangan ini iiih hihhi, keren juga yaa ini, mau aku infoin juga ah ke beberapa sodara aku nih eheheh

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wah saya baru tahu soal ini mbak. Makasih banyak ya informasinya. Saya izin share ke siswa2 saya ya, mbak.

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau nih tentang komponen cadangan ini. Semoga bisa memperkuat pertahanan kita, ya. Opa ku TNI, tapi anak dan cucu nya ga ada yang nurunin jadi TNI. Aku mau kasih tau info ini deh, siapa tau keponakanku ada yang mau melanjutkan jejak opaku ��

    ReplyDelete
  10. informasi seperti ini sebenarnya menarik ya buat diikuti, dan ternyata memang ada komponen cadangan bisa daftar juga

    ReplyDelete
  11. info yang bermanfaat, aku baru tahu juga ada yang namanya komponen cadangan. Baru kali ini dengar lho teh...

    ReplyDelete
  12. Wah, info baru buat saya nih, Kak. Makasih infonya. Semoga banyak pemuda Indonesia yang mendaftar menjadi KomCad. Jadi pengen daftarin anak saya, tapi sayang sekali dia masih SD, hehehe.

    ReplyDelete
  13. Btw entah kenapa aku salah satu yang setuju dengan adanya komcad ini, malah kalau bisa diwajibkan kek wamil di Korsel kyknya oke jg, Yaa gk usah lama2 setahun dua tahun kyknya ok. Biar generasi muda Indonesia tu lbh aware aja gtu ttg keamanan bangsanya. Ngurangin yang ngalay2 #hallah

    ReplyDelete
  14. Baru pertama kali denger istilah ini. Ternyata ada juga ya, cuman sayangnya cuma buat cowo gitu yaa. Tapi bagus si programnya ini.

    ReplyDelete
  15. Oh kayaknya sama ama teman lainnya, justru aku baru tahu ada Komponen Cadangan. Persyaratannya harus disiapkan dengan baik agar banyak yang terpilih yang tepat

    ReplyDelete
  16. Wuaaa, aku baru tahu tentang komponen cadangan ini. Suamiku duku pernah ikut pelatihan bareng tentara juga ketika cpns, tinggal di barak selama dua minggu kalau enggak salah. Dia bilang seru sih, melatih disiplin banget

    ReplyDelete
  17. Lengkap sekali informasi seputar syarat dan ketentuan mendaftar di komponen cadangan ini. Pasti menjadi sebuah kebanggan kalau bisa lolos, karena berkesempatan untuk membela negeri ini

    ReplyDelete
  18. Meski syarat perekrutan cukup terjangkau, Nanti kalau udah pada tahu, relasi sendirinya akan muncul. Siapkan saja dari sekarang ya untuk yang minat jadi komando cadangan.
    Semoga berhasil...

    ReplyDelete
  19. Yang menarik dari Komponen Cadangan ini adalah tidak menjadi kewajiban ya melainkan sukarela. Syarat dan ketentuannya juga ga begitku sulit. Fisik dan mental mesti dipersiapkan jauh2 hari nih.

    ReplyDelete
  20. wow mantap nih, bagi generasi kita yang minat bela negara bisa join di komponen cadangan, sebelum ke komponen utama, Yuk gabung thx u kak detail nih syarat nya, pastikan kamu memenuhi agar siap bela negara

    ReplyDelete
  21. Tenang ini dulu pernah jadi obrolan di rumahku, Len. Maklumlah, bapak dan ibuku anggota TNI. Memang butuh semacam wamil begini biar kalo ada apa-apa (duh, amit-amit), rakyat bisa ikut aktif membela negara.

    ReplyDelete
  22. Sekilas bila kita tidak jeli, para anggota Komcad ini mirip wamil atau bahkan TNI, karena atribut yang dikenakan sampai potongan rambutnya mirip TNI. Semoga kehadiran Komcad ini makin memperkuat barisan ketahanan negara guna menjaga negara dan bersiap melindungi negara dari berbagai kejahatan yang merongrong negara Indonesia.

    ReplyDelete
  23. Baru tau ada program ini. Semoga meningkatkan keamanan dan ketahanan negara.

    ReplyDelete
  24. Saya pernah bergumam, Mbak. Untung di Indonesia tidak ada wajib militer kayak di Korea. Karena semua harus ikut, termasuk selebriti cowok di korea hehehe.
    Ternyata sekarang ada Komponen Cadangan, ya. Ini bagus untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan negara. Hanya saya sudah tidak bisa ikut, karena umur sudah lewat hehehe.

    ReplyDelete
  25. Wahh kalo aku punya anak laki2 tak rujuk buat ikutan daftar komcad nih, keren banget dan ku
    setuju kalo di Indo ada wamil, eaaaa..
    Semoga program ini banyak yang berminat apalagi membawa nama negara, mbanggaa.

    ReplyDelete
  26. Wah, aku baru dengar tentang Komponen Cadangan ini. Sisi positifnya, mereka yang dulu daftar angkatan tapi belum lolos, bisa banget ikutan Komponen Cadangan ini untuk menyalurkan passion bela negara.

    ReplyDelete
  27. Baru denger aku ada Komcad di Indonesia, mirip2 ama wamil tapi nggak diwajibkan ya? Nih, cocok buat yang dulunya pengen masuk TNI, tapi gagal... bisa menyalurkan cita2..

    ReplyDelete
  28. Pernah baca dulu info perekrutannya. Dan menurut saya KomCad ini memang penting untuk negara kita. Terutama mengingat perbandingan jumlah penduduk, luas wilayah, bentuk dan letak geografis Indonesia. Pertahanan bangsa dan negara harus menjadi perhatian besar semua orang.

    ReplyDelete
  29. Selain dengan kegiatan yang meningkatkan rasa bangga untuk negara, bela negara kudu juga jadi hal penting. Agar pertahanan dan keamanan tetap terjaga

    ReplyDelete
  30. Wah, ini beneran ya. Aku sampai baca bolak-balik, kirain cerita tahun lalu. Ternyata ada perekrutan tahun ini. Mahasiswa dan pegawai juga boleh daftar ya...Bagus programnya...walaupun, semoga engga perlu digunakan yah. Maunya damai seluruh dunia deh...

    ReplyDelete
  31. Baru tahu tentang program komponen cadangan, keren juga ya program ini membuat warga sipil bisa mengikuti pelatihan militer dan terlatih untuk bela negara

    ReplyDelete
  32. tar tugasnya bukan bubarin pengajian kan? eh, kok komen gini ih! itu kan ormas, bukan militer. haha. btw progamnya bagus, semoga sesuai dg niat baik di awal

    ReplyDelete
  33. wahh aku baru tau loh kalau ada program komcad yang mirip2 sama wamil korea meskipun sifatnya sukarela yaa ga wajib kaya wamil. Kesempatan komcad lumayan terbuka juga ya buat lulusan SMP, nice

    ReplyDelete
  34. Baru tahu kalau ada Komcad di tanah air kita. Seneng juga nih yang ikut komcad, dapat uang saku selama pelatihan.

    Tapi, buat yang mau ikut. Harus benar-benar memiliki kesehatan yang bagus nih.

    ReplyDelete
  35. Wah jadi kesempatan bagus yaa, untuk para pembela negara yang terlatih layaknya TNI. Aku izin share ke teman dan saudara ku ya kak.

    ReplyDelete
  36. Komcad ini semacam orang yang sukarela masuk semacam wamil tapi cadangan anggota TNI gitukah? Masih bingung dengan konsep Komcad ini. Kalau dulu, di kampus ada yang namanya Wamen atau resimen mahasiswa gitu.
    Kalau keluarga saya banyak yang TNI. Saya sendiri punya kakek TNI juga dari garis ayah dan ibu.

    ReplyDelete
  37. Yaaampuun, pengetahuan baru buat aku niihh....mulanya kukira komponen cadangan itu spare parts, hahaha.

    Baru tau ada satuan Komponen Cadangan di negeri ini, duh kemana aja. Kece ternyata pertahanan negara kita ya.

    ReplyDelete
  38. Wah baru tau ternyata di Indonesia ada Komponen Cadangan ini ya. Apakah ini sama dengan korea yang wajib militer itu ya?

    Setuju banget buat menjaga keamanan NKRI ini merupakan tugas seluruh warga negara Indonesia. Jadi, menurutku sudah saatnya ya anak muda ikut serta dalam menjaga keamanan NKRI ini salah satunya dengan cara mengikuti KomCad ini.

    ReplyDelete
  39. baru tahu aku mbak ada komponen cadangan. Saya kira tadi komponen cadangan untuk elektronik atau motor gitu.

    ReplyDelete
  40. Bagus nih programnya, memberi kesempatan pada para pemuda untuk turut berpartisipasi dalam bela negara. Ayo para pemuda, buktikan rasa cintamu pada bumi Indonesia dengan mendaftar program Komcad

    ReplyDelete
  41. Aku baru tahu perihal komando cadangan dari artikel ini. Terimakasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
  42. Aku baru tau informasi seputar komando cadangan dari artikel ini. Dulu sempat ramai, karena mikirnya sama seperti Korea yang wajib, ternyata sifatnya sukarela

    ReplyDelete
  43. Wah, aku bahkan baru tahu tentang Komponen Cadangaj ini teh
    Hampir mirip ya dengan wajib militer yang ada di Korea
    Tapi ini nggak wajib

    ReplyDelete
  44. Ya ampun ternyata negera kita juga punya program kaya wamilnya Korea ya. Kalau nggak baca ulasan Mbak aku ngga akan pernah tau kayanya. Terima kasih udah sharing Mbaak

    ReplyDelete
  45. Mbak terima kasih banyak infonya ... Bisa nih ya Aku share-share Secara banyak banget lho yang pengen jadi tentara mbak.

    ReplyDelete
  46. Sebenarnya ini ya mirip-mirip dengan wamil yaa... hanya saja kalau wamil kan ada kata wajibnya, padahal kalau di Indonesia dulu kan lowongan wamil juga bebas aja yang daftar. Kakak sulungku dulu juga daftar wamil tahun 90an, tapi ga lolos heheheee

    ReplyDelete
  47. wah baru tahu aku komponen cadangan ini. jadi statusnya nanti apakah termasuk TNI gitu atau ASN ya?

    ReplyDelete
  48. Dennise Sihombing4/27/2022 04:51:00 PM

    Thanks banget nih teh Lendy untuk informasi persyaratan jadi KomCad. Kebetulan ponakanku baru tamat SMA badannya atletis, sehat, gigi rapi.Sepertinya cocok deh

    ReplyDelete
  49. Baca ini jd inget wamilnya Korea, tp di kita ga wajib ya hanya himbauan eh kalau pns wajib kah

    ReplyDelete
  50. Aku sempat berpikir, andai di Indonesia ada wajib wamil mungil akan lebih bermanfaat ya buat anak mudanya, kayak di Korea juga itu hehehe

    ReplyDelete
  51. Aku baru tau tenyag komcad ini, ternyata untuk melengkapi kompoten utama yaitu TNI ya.
    Agak bingung sih awalnya bedanya dengan wamil ternyata kalau comcad hanay untuk warga tertentu saja ya

    ReplyDelete
  52. bahas komcad langsung ingetnya tuh wamil ya Uni hahaha
    aku abis ngelarin DOberman yang macam cerita tentang tentara begini nih, semoga Indonesia makin aman dan nyaman dan pertahanannya makin ketat

    ReplyDelete
  53. Wohooo, makin paham nih serba serbi Komcad. Jadi bermanfaat banget utk pertahanan keamanan negara tercinta yaaa

    ReplyDelete
  54. Dari judulnya aku sempat ngira Lendy bakal bahas spare part kendaraan hihihi. Ternyataan tentang bela negara. Jadi inget filmnya Hanung yang bahas tentang bela negara. Sepertinya cocok nih buat menyalurkan anak-anak SMA/STM yang doyan tawuran

    ReplyDelete
  55. Akuu baru tahu lho kak lendy soal komcad ini. Kayak di korea ya tp negeri kpop sana kalau ga salah wajib ya buat pemudanya.

    Semoga dg adanya tulisan ini informasinya sampai ke yg membutuhkan biar byk yg daftar

    ReplyDelete
  56. Aku baru tau ada program komcad, lho. ASN bisa daptar pula. Semoga semakin banyak yg daftar ya, Mbak. Sangat membntuu bagi negara.

    ReplyDelete
  57. Informasi yang berguna banget ini Lend, ntar aku sampaikan ke murid-muridku yang SMP ya. Setidaknya, saat tahu syaratnya, mereka bisa bersiap-siap untuk 3 tahun ke depannya

    ReplyDelete
  58. Wow, hak yang bakal didapatkan pun lumayan ya. Udah terjamin semua. Boleh juga nih infonya dibagikan, kali aja ada di circle saya, keluarga gitu dengan rentang usia 18-35 tahun yang tertarik mendaftar jadi bagian Komponen Cadangan.

    ReplyDelete
  59. Bisa banget nih aku sampaikan ke adikku yang masih SMK. Siapa tahu nanti minat jadi komcad.

    ReplyDelete
  60. Di beberapa kementerian dan lembaga milik negara, saya sudah cukup mendengar selentingan mengenai pelatihan bela negara ini. Rupanya, akan ada pengabdian jangka panjang sebagai komcad ya. Wah, bisa juga ya sekarang warga sipil ikut pelatihan untuk menjadi ujung tombak penjaga NKRI. Kerennyaaaa.

    ReplyDelete
  61. Wah, baru tau kalo ada Komcad.
    Gara-gara sering oprek CPU jaman masih pakai komputer alias pc, kirain komcad itu bagian dari software gadget :D
    Bisa ngasi tau anak-anak ni. Kalau gagal jadi salah satu prajurit TNI, bisa mendaftar di Komcad.

    ReplyDelete
  62. Masih ada waktu utk ikut menjadi anggota Komcad ini ya Mbak, karena diperuntukkan kpda laki2 aku bakal kasih tau ke sepupu laki2 aku nih yang memang minat ikut miliner seperti ini, makasih sudah berbagi yaa Mbak

    ReplyDelete
  63. Ternyata percobaan bunuh diri dapat menyebabkan berhenti tidak terhormat ya. Mungkin jatohnya bukan panutan dan mencoreng image ya Mbak

    ReplyDelete
  64. Jujur, baru dengar tentang komcad ini teh
    Rasanya kok hampir mirip dengan wajib militer, tapi kalau ini sifatnya sukarela ya teh

    ReplyDelete
  65. Pendaftarannya dibuka masih lama ya... semoga program ini mampu memperkuat pertahanan Indonesia

    ReplyDelete
  66. Wah impian banget bisa memakai seragam itu dari kecil, tapi sayang banget gak bisa mengikutinya. Huhu..

    ReplyDelete
  67. aku baru tahu banget arti komponen cadangan ini dan sungguh menambah informasi

    ReplyDelete
  68. komponen cadangan ini juga termasuk ASN yaa, Mba. Wahh buat adik-adik yang memenuhi persyaratan boleh banget nih daftar jadi komponen cadangan ini

    ReplyDelete
  69. Aku kira apa tadi ya Komponen Cadangan, mikirnya udah spare part motor aja. Gak nyangka ternyata sejenis wamil ya Teh. Seru aku bacanya sampai habis. Jadi dulu itu sudah pernah ada wacana mau wamil, 5 tahunan lalu apa gitu ya lupa, nah mungkin ini realisasinya. Hmmm, I see I see. Jadi latihannya 3 bulanan aja gitu ya Teh?

    ReplyDelete
  70. Oh baru tau tentang komponen cadangan ini. Komcad ternyata masuk ASN ya. Infonya manfaat banget ini, perlu disebarkan bagi yang tertarik ikut.

    Makasih Mbakk

    ReplyDelete
  71. Saya baru denger sama program Komponen Cadangan ini. Semoga Indonesia terus aman dan damai dengan adanya pasukan TNI, Polri serta Komcad ini😁

    ReplyDelete
  72. Saya baru tahu tentang Komandan Cadangan ini mbak. Apalagi sudah ada penerimaan dan tepat banget nih untuk membuat negara semakin kuat dan aman dengan anak-anak muda yang berprestasi.

    ReplyDelete