Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Masyarakat Adat Sebagai Penjaga Bumi

Bismillah,


Mengenal Masyarakat Adat Sebagai Penjaga Bumi.
Hola sahabat lendyagasshi.


Apa yang sahabat lendyagasshi ketahui mengenai masyarakat adat?
Sesungguhnya, yang aku pahami adalah masyarakat adat adalah suku di Indonesia yang masih tinggal dan menyatu dengan alam.

Apakah benar demikian?

Ternyata setelah membaca dan mengikuti webinar seru bersama Eco Blogger Squad pada bulan Agustus lalu, aku jadi memahami siapa yang disebut masyarakat adat beserta permasalahan yang tengah kita hadapi saat ini.

Permasalahan mengenai lingkungan, tentu bukan hal yang baru bagi kita semua. Terutama ketika berbicara mengenai hutan yang gundul karena kebakaran hutan dan lahan, atau mengenai pemanasan global yang ternyata efeknya sudah jelas kita rasakan saat ini dan regulasi yang buruk terhadap masyarakat adat itu sendiri.

Wah, ada apa dengan mengenai regulasi masyarakat adat ini?
Dan apa kaitannya dengan alam?

Yuk, aku ajakin berpetualang sejenak ke hutan Indonesia dan kita akan menyadari betapa buruknya kita dalam memperlakukan lingkungan, termasuk tidak peduli dengan masyarakat adat yang ternyata penjaga hutan, tempat keseimbangan alam ini terjadi.

Mengenal Masyarakat Adat Sebagai Penjaga Bumi




Mengenal Masyarakat Adat

Setiap tanggal 9 Agustus setiap tahunnya, kita semua merayakan International Day of the World’s Indigenous Peoples atau Hari Masyarakat Adat Internasional. Dan semangat yang menyala pun tak pernah padam dalam memperjuangkan wilayah masyarakat adat ini di mata Pemerintah.

Indonesia yang kaya akan hasil alamnya, melimpah biodiversitasnya dan banyak sekali manfaat lainnya ketika menjaga hutan yang kita miliki dengan baik. Hutan diibaratkan supermarket alam dan masyarakat adat mengambil apapun yang mereka butuhkan dari alam sesuai kebutuhannya. Tidak berlebihan dan tidak serakah. Karena menurut masyarakat adat, tidak hanya untuk konsumsi yang habis digunakan hari ini, tetapi ada hari esok dan juga generasi selanjutnya yang juga ikut harus beisa mengambil nikmat dari supermarket alami ini.

Menurut AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara). Sejak kongres pertama AMAN pada tahun 1999, yang dimaksud dengan masyarakat adat adalah jika masyarakat tersebut memiliki yang namanya Wilayah Adat. 

Wilayah adat ini menjadi tempat di mana masyarakat adat tinggal dan menetap, berinteraksi dan membangun ikatan yang kuat baik ke sesama komunitas maupun ke alam dan wilayah adatnya.

Selain itu juga, ditetapkannya sebagai masyarakat adat karena memiliki yang namanya Hukum Adat. Terdapat hukum yang berlaku, dihormati bersama dan ditegakan oleh para tetua adat besertamasyarakat adat. Hukum adat ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan, jika terdapat kesalahan dan pelanggaran hukum adat. Sehingga semua yang melakukan ketidakseimbangan akan dikenakan denda adat disertai ritual adat untuk menebus kesalahan dan mengembalikan keseimbangan alam.

Semua yang ada hukum adatnya juga dikenakan yang namanya Aturan Adat. Baik hukum maupun aturan adat, jarang ditemukan dalam bentuk tertulis, Sehingga sudah menjadi kebiasaan bahwa masyarakat adat ini mengutarakannya secara lisan dan dilakukan secara turun temurun. Baik hukum dan peraturan adat ini diketahui dan harus dipatuhi bersama oleh masyarakat adat.

 

Apa yang dimaksud Masyarakat Ada
source: Tribunjatim - Pak Ridwan Kamil bersama Suku Baduy

Terakhir yang harus ada dalam masyarakat adat adalah Perangkat Adat. Perangkat adat seperti perangkat desa atau perangkat dalam susunan kepemerintahanan. Para perangkat adat ini memiliki tokoh-tokoh adat yang mengatur dan menjaga keberlangsungan sebuah aturan adat di tengah masyarakat adat. 

Dan jangan salah, zaman sekarang masyarakat adat masih memiliki hubungan spiritual yang kuat antara komunitas dengan alamnya. Namun untuk melakukan aktivitas spiritual, zaman sekarang sudah jarang dilakukan. Ada banyak hal yang tidak bisa lagi dilakukan atau meskipun dilakukan, sudah tidak seperti dulu lagi kesakralan prosesinya.

Prosesi sakral ritual masyarakat adat
Prosesi sakral tradisi masyarakat adat Indonesia

Dibalik keindahan dan keanekaragaman masyarakat adat yang ada di Indonesia ini, mereka sebenarnya hanya ingin menjaga rumah tempat mereka tinggal. Hutan yang asri, supermarket alam yang mereka miliki dan semua yang tersedia di alam dan diambil dengan bijak.

 

Kreativitas Masyarakat Adat

Selain buah-buahan dan sayuran yang berasal dari hutan, masyarakat adat pun menghasilkan karya seni yang indah dari bahan alam. Dan sudah pasti, hasil kreativitas para masyarakat adat ini tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Karya dikerjakan sedikit demi sedikit dan masih manual, tidak ada alat bantu mesin canggih. 

Hasil Kreativitas Masyarakat Adat
Source : webinar bersama Kak Mina dari AMAN

Oh ya, sahabat lendyagasshi juga perlu melihat buah dan sayuran yang berasal dari hutan ini berbeda sekali dengan buah dan sayur segar yang biasa kita beli di toko buah.

Kalau dari hutan, bentuknya dan rasanya manis sekali. Karena saat mengambil, pasti memilih yang sudah cukup matang dan enak dinikmati saat itu juga.

sayur dan buah dari hutan Indonesia
source: web salalona - sayur dan buah dari hutan Indonesia


Tidak ingin kehilangan semua yang alami berasal dari alam kan..sahabat?
Semua nikmat bersihnya udara, iklim yang stabil dan udara yang terasa segar juga hasil alam seperti yang bisa kita lihat di atas, masih bisa kita pertahankan dengan mambantu masyarakat adat untuk keluar dari masalah yang tengah mereka hadapi.



Perjuangan Masyarakat Adat

Krimininalisasi kegiatan berladang

Masyarakat adat terbiasa dengan aktivitas berladang. Kegiatan berladang ini sudah dilakukan turun temurun sejak nenek moyang dan hari ini oleh pihak-pihak pemangku kebijakan disudutkan dengan masalah penyebab karhutla. 

Padahal karhutla, seperti yang sudah kita pahami adalah ulah dari oknum perusahaan besar yang ingin membuka perusahaan sawit. Perusahaan perkebunan sawit membakar ratusan hektar lahan dan digunakan untuk mengurangi biaya pembersihan lahan. 

Tuduhan ini menjadi polemik berkepanjangan sehingga masyarakat adat dipidanakan dan dijatuhi hukuman. 

Perjuangan Masyarakat Adat
source: katadata

Namun, yang perlu dipahami bahwa sebenarnya masyarakat adat memiliki aturan dan tata ruang, seperti contohnya saat mereka memiliki wilayah adat dan dengan wilayah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, yakni hutan rimba, hutan larangan, hutan produksi, hutan perkampungan, dan pekuburan. Masyarakat adat tidak akan melakukan di luar ketentuan adat seperti berladang di hutan larangan.


Penggusuran wilayah adat

Pemerintah dengan berbagai program pembangunannya secara yuridiksi mampu menggusur hutan adat dari para masyarakat adat. Berbagai hal-hal baik ditawarkan agar masyarakat ini berpindah tempat dan hutan tempat mereka tinggal dijadikan lahan untuk pembangunan program pemerintah.

Masyarakat adat yang tidak memiliki kekuatan hukum pun tidak mampu memberikan pembelaan terhadap wilayah adat mereka. Sehingga bisa dilihat alam dan hutan Indonesia pun pada akhirnya menjadi laha-lahan terbuka yang tidak lagi memiliki kemampuan sebagai paru-paru dunia.

Masyarakat adat dan permasalahannya


Apa yang bisa kita lakukan untuk masyarakat adat ini?

Bisa, kita bisa sekali membantu masyarakat adat ini agar tidak kehilangan apa yang telah mereka miliki sebelumnya dengan cara mensahkan RUU masyarakat adat.

Yuk, bantu bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) untuk turut mendorong pemerintah agar tidak setengah-setengah dalam mensahkan UU Masyarakat Hukum Adat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga alam dan hutan di Indonesia. Undang-undang ini diharapkan juga memiliki impact yang besar untuk mengakui, mengatur, dan melindungi masyarakat adat. 

Undang-Undang Masyarakat Hukum Adat ini bisa memiliki kekuatan di hadapan hukum yang berlaku di Indonesia menjadi dasar pengakuan masyarakat adat di muka hukum.


Yuk, sahabat..
Kita bantu dengan apa yang bisa kita lakukan sebagai blogger dan influencer. Tanpa masyarakat adat, tentu kita tidak bisa mempertahankan budaya, adat, seni tari, bahasa dan bahkan kelestarian alam Indonesia.



With love,



75 comments for "Mengenal Masyarakat Adat Sebagai Penjaga Bumi"

  1. Dengan adanya perangkat adat ini yang menurut aku penting dan juga membantu mengatur sebuah masyarakat adat. Dan masyarakatnya pun pasti manut alias mengikuti aturan yang telah ditetapkan perangkat adat

    ReplyDelete
  2. Masyarakat adat ini harus dijaga loh, karena mereka menyelamatkan alam dengan kebiasaan, adat istiadat mereka. SAlah satu yang aku pelajari itu Baduy Dalam, mereka benar-benar menjaga alam dengan tradisi yang tinggi, termasuk Kampung Naga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju. Karena sudah melihat langsung dan mengalami hidup di kedua masyarakat adat tersebut. Tahu bagaimana mereka konsisten menjaga alam

      Delete
  3. Sedih juga melihat nasib masyarakat adat yang terus tergusur. Mereka seperti tidak mempunyai kekuatan untuk melawan. Padahal kearifan adat yang mereka pegang justru menjaga bumi supaya tetap sehat

    ReplyDelete
  4. saya gemes banget setiap ada kebakaran hutan
    Karena kebakaran hutan gak hanya merampas hunian masyarakat adat
    juga merampas sumber penghidupan mereka

    ReplyDelete
  5. Masyarakat adar dan sistem yang diterapkan oleh perangkat dan pemangku adat sangat membantu menjaga nilai-nilai baik yang diterapkan dari dulu di tengah kehidupan masayarakat, termasuk dalam menjaga hutan.

    ReplyDelete
  6. Semoga UU Masyarakat Hukum Adat segera disahkan untuk menjaga alam dan hutan Indonesia. Sungguh besar peran masyarakat adat ini sehingga perlu kita dukung dan lindungi

    ReplyDelete
  7. Sangat mendukung agar undang² masyarakat hukum adat bisa disahkan karena memang masyarakat adat terus melestarikan dan menjaga alam

    ReplyDelete
  8. Ini yang mesti diingat bahwa di balik keanekaragaman masyarakat adat di negeri ini, mereka hanya ingin menjaga hutan dan lingkungan kita, maka perlu kita dukung dan lindungi keberadaannya.

    ReplyDelete
  9. Masyarakat adat ini hendaknya dirangkul ya sama pemda setempat untuk ikut sebgai penjaga alam . Karena masyarakat adat ini lebih mengerti tentang kondisi alam dan lingkungan dari kebiasaan mereka sehari-hari

    ReplyDelete
  10. Saya baru tahu kalau ternyata ada hari masyarakat adat internasional, dan di Indonesia pun ada juga aliansi (perkumpulannya) berbagai masyarakat adat ini. Jadi kesan kalau masyarakat adat itu terbelakang, terkunggung itu nggak bener ya. Mereka memang bertahan di satu lokasi, menjaga alam, tapi juga tak ketinggalan perkembangan jaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ya aku pun baru mengetahui ada hari kek gtu. Masyarakat adat biasanya selain belajar dari alam, tetuanya tuh ada yang menghubungkan dengan masyarakat modern. Mereka bukannya gk mau jd modern tapi adat dan budaya mereka membatasi gtu ya mbak. Namin keberadaan mereka justru penting krn mereka berperan menjaga lingkungan sesuai kondisi yang seharusnya yaa

      Delete
  11. Peraturan maupun hukum tidak tertulis seperti Hukum Adat di beberapa tempat di Indonesia memiliki nilai tinggi yang dipatuhi dan dilaksanakan. Perlu tentunya UU Hukum Adat disahkan saja karena dapat bermanfaat untuk menjaga dan melestarikan hutan dan alam lingkungan yang hampir punah. Masyarakat Adat idealnya kita apresiasi atas segala sesuatu yang telah dilakukan dalam menjaga bumi dengan caranya tersendiri :)

    ReplyDelete
  12. Istilah masyarakat adat memiliki peranan penting menjaga kelestarian hutan

    ReplyDelete
  13. Tiap baca bahasan tentang masyarakat adat ini, aku otomatis teringat saat mengunjungi beberapa daerah terpencil di Indonesia yang dihuni oleh masyarakat adat. Salah satunya saat ke desa Ciboleger, di Baduy Dalam, Banten. 5 jam jalan kaki naik turun bukit. Dan itu sungguh melelahkan. Padahal cuma 1x PP. Gimana dengan orang Baduy Dalam yang kadang tiap hari keluar masuk hutan pergi ke Baduy Luar? Wow banget. Mana ga boleh pakai sandal, ga pakai alat transportasi modern, bahkan sepeda pun mereka ga mau pakai.

    Aku nginep semalam di sana, dan jadi tahu apa-apa yang ga mereka lakukan terkait menjaga alam, seperti ga pakai listrik, ga makan makanan buatan pabrik, ga beli baju buatan mesin jahit, ga pakai HP, TV, dan lainnya. Semua serba alami. Bahkan sabunnya pun terbuat dari olahan daun. Jadi pas mereka cuci piring di sungai, airnya ga tercemar oleh sabun dan deterjen pabrik.

    Sayangnya, beberapa yang sudah "terkontaminasi" oleh kehidupan modern, akhirnya melanggar adat dan tradisi. Sehingga dikeluarkan dari Baduy Dalam, dan menjadi masyarakat Baduy Luar. Dari pakaian yang mereka kenakan udah bisa dikenali mana yang masih Baduy Dalam dan mana yang luar.

    ReplyDelete
  14. Saya ngerasa kalau masyarakat adat itu emang menjaga lingkungan terutama hutan. Tapi dari segi agama sy harap mereka lebih mengenalnya krn kebanyakan masyarakat adat lebih percaya pd hal-hal mistis

    ReplyDelete
  15. Bicara soal hutan dan alam, kita semua punya andil untuk tetap menjaganya supaya bumi tetap sehat dan kehidupan tetap normal, pun seperti adanya masyarakat adat yg turut andil menjaga alam indonesia

    ReplyDelete
  16. masyarakat adat hendaknya dirangkul bersama karena mereka juga bagian dari Indonesia yang juga harus dilindungi pemerintah sebagaimana tercantum dalam undang undang dasar

    ReplyDelete
  17. Tanpa disadari, mereka masyarakat adat lebih mencintai alam dan bisa hidup berbaur dengan alam tanpa merusaknya ya kak.
    Kita memang harus melindungi dan mengapresiasi mereka...

    ReplyDelete
  18. Semoga semakin banyak yang terbuka hatinya, untuk bisa memanfaatkan hasil hutan, sesuai kebutuhan saja. Bukan mencari keuntungan sendiri ya

    ReplyDelete
  19. Kalo inget masyarakat adat jadi ingat masyarakat baduy. Pengen ih ke sana. Dari dulu gak jadi2. Pengen tahu bagaimana masyarakat di sana. Kayaknya hidupnya tentram ya.

    ReplyDelete
  20. semoga UU Hukum Adat bisa terealisasi agar masyarakat adat dan kelestarian hutan bisa terjaga dan dilindungi sesuai hukum yang berlaku

    ReplyDelete
  21. Bisa dibilang kalau masyarakat adat ini adalah garda terdepan dalam menjaga kelestarian hutan ya teh
    Sedihnya, mereka malah di kriminalisasi
    Semoga RUU masyarakat adat segera disahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berharap RUU masyarakat adat bisa segera disahkan. Merekalah penjaga bumi sebenarnya. Mereka punya hak-hak yang perlu Kita lindungi

      Delete
  22. Semoga yang RUU adat istiadat ini cepat terbentuk agak terjaga semakin kesini memang dah gk dikenal apalg klo gak ada RUU semakin lenyap deh

    ReplyDelete
  23. Saat masih tinggal di Kalimantan, beberapa kali berinteraksi dengan masyarakat adat. Suka aja gitu sama kehidupannya. Seru

    ReplyDelete
  24. Semoga RUU cepat disahkan ya Teh biar kelangsungan masyarakat adat dalam menjaga lingkungan tetap terjaga. Mereka yang merawat hutan Kita soalnya. Engga mungkin mereka merusak alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, biar mereka yang mau merusak alam mikir dua kali ya mbak, mereka udah sangat berjasa menjaga hutan kita

      Delete
  25. kita harus berterimakasih kepada masyarakat adat ini karena sudah menjaga kelestarian hutan kita. Udara segar yang kita hirup saat ini merupakan hasil kerja mereka juga

    ReplyDelete
  26. Kalau masyarakat modern masih mempertahankan norma dan pegangan teguh seperti kaum adat, niscaya alam ini akan tetap lestari dan terjaga ya. Sayangnya yg ada dalam pikiran masyarakat modern adalah kekuasaan, keserakahan dan keuntungan pribadi saja. Tidak memikirkan keberlangsungan kehidupan ke depannya...

    ReplyDelete
  27. Keberadaan masyarakat adat ini penting lho sebenernya dalam memelihara lingkungan khususnya yang masih belum tersentuh. Mereka lebih paham medan. Mereka juga punya kearifan lokal yang menjadi pewarna budaya Indonesia. Semoga keberadaan mereka gak semakin terpinggirkan ya, tapi justru dilibatkan dalam menjaga alam.

    ReplyDelete
  28. Hidup di perkotaan sering membuat kita lalai dengan isu-isu semacam ini ya Mbak. Masyarakat adat seperti tak terlihat dan berjuang sendiri, padahal banyak masalah yang sebenarnya sedang mereka hadapi. Terutama berkaitan dengan penjagaan lingkungan dan alam sekitarnya, yang juga menjadi titik kritis keberlangsungan hidup kita semua.. Makasi info dan sharingnya Mbak, semoga semakin banyak yang sadar dengan kondisi ini.

    ReplyDelete
  29. Saya belum pernah bertemu masyarakat adat. Ingin sih bertemu jika diberi kesempatan. Sebab dari mereka kita harus berterima kasih, karena keberadaan masyarakat adat ikut membantu dalam melestarikan hutan yang ada di Indonesia

    ReplyDelete
  30. Sedih dengan beragam berita tentang masyarakat adat
    Mulai dari hutan mereka yang dirampas paksa hingga kriminalisasi
    Semoga RUU masyarakat adat segera disahkan
    Agar masyarakat adat sang penjaga bumi tetap terlindungi

    ReplyDelete
  31. Meskipun mereka bisa memelihara bumi tapi kita juga bisa apalagi masyarakat adat juga butuh untuk diedukasi agar dia menjadi lebih memahami diri mereka sebagai hamba Allah. Harus ada orang yang peduli kemajuan mereka agar mereka bisa upgrade iman mereka

    ReplyDelete
  32. Keberadaan masyarakat adat memang sudah ada sejak dulu dan terbukti mereka mampu menyeimbangkan alam antara manusia dan lingkungan sehingga pemanfaatannya dapat optimal dan tidak berlebihan. Perlu ada UU yang melindungi mereka ya

    ReplyDelete
  33. Baca-baca tulisan masyarakat adat ini, sepertinya mereka yang malah benar-benar menjaga lingkungan kita ya mbak (kecuali yang sudah diiming imingi) keinget duku ada film korea yang mbahas ini juga, desanya jadi terbengkalai karna ada satu oknum yang ngompori masyarakat lainnya

    ReplyDelete
  34. banyak kearifan lokal yang bisa kita pelajari dari masyarakat adat ya mba. Tapi jangan lupa..sesungguhnya semua bangsa Indonesia adalah bagian dari masyarakat adat yang budaa dan tradisinya begitu kaya

    ReplyDelete
  35. Masyarakat adat ini harus dijaga keberadaannya. Pemerintah juga harusnya bisa turut serta jadi bagian dari pihak yang mendukung penuh masyarakat adat, sebab masoh banyak praktek penyerobotan wilayah hutan adat untuk dijadikan lahan sawit

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat sekali untuk kami yang masih awam pengetahuan tentang masyarakat adat. Saya yakin satu hal, masyarakat adat tidak akan merusak alam justru mereka menjaganya agar terus lestari. Ijin share di fb artikel ini semoga makin banyak lagi yang tersadarkan akan masalah lingkungan yang kita hadapi.

    ReplyDelete
  38. Masyarakat Adat memang bisa disebut penjaga bumi ya Teh. Mereka engga mungkin merusak alam, merekalah yang melestarikan alam. Perlu Kita dukung langkah mereka dan semoga RUU Masyarakat adat segera disahkan

    ReplyDelete
  39. Masyarakat adat ini jangan sampai tergerus sama arus modern, karena jadi identitas negara kita dan mereka inilah yang menjaga paru-paru bumi kita

    ReplyDelete
  40. Aku galfok sama foto Pak Ridwan Kamil dan suku baduy, kok kaya footage drakor2.. masyarakat desa di film2 kerajaan Korea gitu, hehe.

    Btw, thanks to Masyarakat Adat karena kehadirannya telah menjadi penjaga bumi. Jadi malu, aku bekum bisa menjaga bumi seperti mereka.

    ReplyDelete
  41. Masyarakat adat ini harus selalu di perhatikan ya teh, sebagai bentuk terima kasih kita untuk kebaikan mereka yang sudah menjaga alam dan hutan yang ada di Indonesia ♥️

    ReplyDelete
  42. Aku kira suku adat ini ya biasa aja gitu, ternyata disana aturan dan hukum dibuat dengan jelas ya teh. Aku beberapa kali lihat tayangan suku Baduy, salut banget sama mereka.

    ReplyDelete
  43. Keberadaan masyarakat adat perlu diberikan ruang dan prhatian yang lebih dan kreativitasny yang bagus jg perlu d dukung spaya pasarny bisa lebih luas lagi dn lebih berdampak pada ekononomi mereka

    ReplyDelete
  44. Aku sedih ketika baca nya sampai kalimat, masyarakat adat bisa dipindahkan kalo pemerintah menggunakan lahan secara yurisdiksi. Meski masyarakat adat pun tidak akan sembarangan menggunakan hutan larangan untuk berkebun. Semoga ada pengaturan tentang RUU untuk melindungi budaya adat yang pasti kelamaan akan musnah kalo tidak dilindungi

    ReplyDelete
  45. Hai Teh Lendy,
    Masyarakat adat itu harus dipertahankan kelestariannya. Dan mereka harus mendapatkan ruang.Terutama dalam berkarya. Baik itu seni budaya ataupun kreativitas lainnya.Sharing yang keren. Membuat aku semakin mencintai budaya adat istiadat, terutama masyarakatnya

    ReplyDelete
  46. Seharusnya kita semua melindungi masyarakat adat
    Sebab, selama ini masyarakat adat sudah menjaga bumi untuk kebaikan kita bersama
    Dengan kearifan lokalnya, mereka mengelola bumi secara bijak

    ReplyDelete
  47. Bener juga ya teh Lendy, pada dasarnya tuh masyarakat adat lebih menjaga bumi. Karena aku tuh suka lihat dari beberapa video teman-teman yang main kepelosok untuk motret dan membuat video. Kadang aku juga suka berpikir "itu mereka makan tinggal mengolah yang ada disekitar tanpa harus repot kayak kita aja sudah bahagia banget" jadi kayak reminder sendiri.

    ReplyDelete
  48. Masyarakat adat nih sangat berperan dalam penjagaan hutan, mereka punya adat dan aturan turun temurun dan sangat mencintai hutan, betul banget nih pemerintah harus segera mengesahkan UU untuk perlindungan masyarakat adat

    ReplyDelete
  49. Masyarakat Adat di Indonesia banyak secara Indonesia punya banyak suku budaya adat istiadat beragam. Semoga pemerintah melindungi masyarakat adat supaya alam kita terlindungi (gusti yeni)

    ReplyDelete
  50. Iya nih paling sedih kalau masyarakat adatnya tergusur sama pembangunan, apalagi dikriminalisasi. Hiihh, pdhl yang mereka lakukan adalah menjaga htan yg turun-temurun mungkin udah diwariskan ma nenek moyangnya dulu.. Makanya nih pemerintah kudu benar2 berusaha melindungi keberadaan mereka termasuk juga hutan tempat mereka beraktivitas ya mbak.

    ReplyDelete
  51. Aku percaya masyarakat adat hidup menyatu dengan alam, mereka bakal menjaga dan mengambil tanpa merusak. Secukupnya aja ya.
    Sedih baca kriminalisasi di atas. Semoga RUU nanti membawa keadilan dan kesejahteraan untuk mereka

    ReplyDelete
  52. bener banget ya mba.. tanpa masyarakat adat kita pasti sulit untyk memperrahankan budaya, adat, dll. Semoga pemerintah dan peran kita juga bisa membantu melindungi mereka untuk mendapatkan kesejahteraan dan keadilan..

    ReplyDelete
  53. I thought I said it before but for sure, as part of Adat communities in Indonesia, we should be proud of our roots and keep the local wisdom

    ReplyDelete
  54. Masyarakat adat merupakan masyarakat yang berada pada bagian dalam yang natural. Sehingga mereka tidak terlepas dari alam. Adanya saling ketergantungan dengan alam. Alhasil, bumi dan adat tetap terjaga. Apalagi melihat berbagai aktivitas dan kreativitas mereka dalam menjaga ekosistem juga baik. Keren banget dan sangat berterima kasih pada masyarakat adat.

    ReplyDelete
  55. Masyarakat adat sudah langka yaa sepertinya. Tapi tetap haru dilindungi, agar bumi juga tetap terjaga baik

    ReplyDelete
  56. Ternyata masih ada ya kriminalisasi pada masyarakat adat ya. Semoga ada hukum yang bisa melindungi mereka. Karena secara tidak langsung mereka sudah membantu kita untuk melestarikan alam 😊

    ReplyDelete
  57. Wilayah, hukum, dan aturan adat saling beriringan ya mbak. Jangan sampai dengan adanya perkembangan zaman akan tergerus akan masyarakat adat. Justru mereka harus dilindungi supaya bisa terus dan tetap ada hingga masa mendatang.
    Setuju harus ada hukum yg dapat melindungi mereka

    ReplyDelete
  58. wah ada masyarakat adat Baduy. Wilayah adat baduy dekat dengan tempat tinggal saya,kak Lendy. Betul sekali mereka masyarakat adat di Indonesia tergolong orang-orang yang cinta alam dan penjaga alam sejati.

    ReplyDelete
  59. Kadang pengen rasanya jenjalan ke negeri yang adat masyarakatnya masih kental banget. Pengen nyaksikan aja gitu adat mereka.

    ReplyDelete
  60. Indonesia Kaya akan adat istiadatnya ya teh

    Aku Aja pernah bbrp Kali travelingan setiap daerah pasti berbeda semoga saja secepatnya Ada RUU yg mengesahkan hingga bisa terjamis tetus

    ReplyDelete
  61. Perlu komunikasi intensif antara Pemerintah dan masyarakat adat supaya tidak terus-menerus terjadi konflik yang bisa merugikan masyarakat adat ini.

    ReplyDelete
  62. masyarakat adat ini bisa dibilang penjaga terakhir hutan kita ya. mereka memang seharusnya mendapatkan dukungan dalam berbagai upaya melindungi hutan Indonesia

    ReplyDelete
  63. Keserakahan manusia lah yang akhirnya menjerumuskan banyak umat ke penderitaan. Eksploitasi alam yang luar biasa parah, tidak mengindahkan kebijakan pengelolaan alam adat, makin memperparah kondisi bumi ya. Semoga saja segera ditetapkan aturan yang lebih mengontrol pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.

    ReplyDelete
  64. Dulu pas saya masih SD ada loh informasi tentang masyarakat adat ini, tapi kok sekarang enggak ada ya. Sayang sekali bahkan anak-anak jaman now tidak tahu tentang masyarakat adat ya. Atau saya yang kurang paham?
    Padahal kan masyarakat adat ini memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia juga ya.

    ReplyDelete
  65. kehadiran masyarakat adat memang sudah menunjukkan eksistensinya sejak dulu dan memang bisa dibuktikan mampu menyeimbangkan alam dan ekosistem. Perlu ada UU khusus yang melindungi keberadaan mereka

    ReplyDelete
  66. Wah aku baru tau nih ttg hari masyarakat adat internasional, semoha UU hukum masyarakat adat bisa segera disahkan untuk melindungi masyarakat adat ya maaaak

    ReplyDelete
  67. Pas ikutan online gatheringnya tuh aku terpana banget. Ternyata ada banyak hal tentang masyarakat adat yang baru aku ketahui. Dan semuanya positif lho. Makanya berharap banget RUU tentang masy. Adat bisa disahkan

    ReplyDelete
  68. Memang yah pengesahan RUU Masyarakat Adat ini masih belum kelar2. Sebenarnya kuta juga bisa berbagi peran bersama masyarakat adat untuk menjaga bumi. Bisa bantu AMAN untuk mendorong pemerintag biar ngga tanggung2 mensahkan UU Masyarakat Adat ini buat melindungi dan menjaga hutan kita.

    ReplyDelete
  69. RUU tentang Masyarakat Adat memang sangat diperlukan untuk menjaga dan melindungi hak-hak mereka.

    ReplyDelete
  70. aku berharap kedepannya hasil2 karya masyarakat adat bisa diterima masyarakat luas dan di konsumsi agar mereka ttp bisa menjaga kelestarian hutan namun ttp produktif.

    ReplyDelete
  71. Banyak nilai² sejarah yang dapat dipelajari di sini, bahkan harus dijaga agar nilai budaya leluhur tidak hilang bgtu saja

    ReplyDelete