Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mommy Reborn, Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan

Bismillah,

 

Mommy Reborn, Perawatan Tubuh Sebelum dan Setelah Melahirkan
Hola sahabat lendyagasshi.

 

13 Agustus 2022, Aku menghadiri sebuah acara dengan tajuk "Mommy Reborn: Forever Beauty, Forever Young" yang diselenggarakan dalam rangka 2nd Anniversary dari Edelweiss Healthcare Group. Acara ini adalah salah satu rangkaian "Edelweiss Health Festival" yang diselenggarakan dari mulai tanggal 10-14 Agustus 2022 di Atrium Trans Studio Mall Bandung, di Jalan Gatot Subroto No. 289, Bandung.

Rasanya, gak ada yang gak tau dengan mall yang satu ini donk ya.. Dengan gelaran acara yang meriah, kami menikmati sajian satu demi satu acara hingga acara puncak yang dinanti yakni Health Talkshow Wellness Aesthetic dan ditutup oleh penampilan band terkenal Java Jive.

Ngobrolin tentang kecantikan, ternyata paling galau tuh masa-masa pasca melahirkan yaa.. Suka merasa yang paling buluk sedunia deh... Iya gasih?

Gak hanya penampilan sebenarnya yang bikin gak percaya diri, bahkan kesehatan mental sang Ibu pun juga harus dipahami oleh lingkungannya. Ada banyak emosi yang hadir setelah melahirkan. Ya bahagia, ya kadang sedih kalau bayinya nangis terus, sampai stres kalau melihat badan melar gak karuan.

Sampai Ibu pernah menasehati dan aku jadi teringat akan kamar kenangan kala itu, karena aku kerap mengeluh badanku yang gak cukup lagi pakai kebaya saat ijab kabul zaman nikah, "Kamu pilih mana, dek... punya anak dengan risiko badan melar tapi bisa dikurusin lagi atau badan tetap langsing bagus, tapi gak punya anak?"

Merasa tertusuk banget sih yaa..

Betapa kurang bersyukurnya aku dengan nikmat yang diberikan Allaah.. Dan hari ini, saat acara Health Talkshow Wellness Aesthetic, aku diingatkan bahwa benar seperti kata Pak Dokter Abdilla Ridhwan Irianto, Sp. BP-RE, "Kecantikan wanita itu bisa dikembalikan bahkan seperti gadis dengan perawatan di Wellness & Aesthetic dari Edelweiss Hospital."

Bagaimana cara mengembalikan kondisi kulit, berat badan sampai bisa kembali ke bentuk semula?

Mari kita simak penjelasan para dokter yang disampaikan dalam Health Talkshow Wellness Aesthetic berikut ini.

Liputan Edelweiss Healt Festival 2022


Apa yang Dimaksud Mommy Reborn?

Mommy reborn adalah kondisi dimana seorang Ibu setelah melahirkan dan merasakan berbagai jenis perasaan mengenai dirinya. Apa yang dialami ibu pasca melahirkan itu bisa bermacam-macam. Seperti kondisi kulit yang mendadak ada flek hitam, kondisi badan yang naik berat badan, muncul strechmark hingga selulit dan bisa jadi kesibukan dalam mengurus bayi baru serta aktivitas menyusui.

Begitu banyak perubahan drastis yang terjadi inilah yang membuat Edelweiss Hospital memberikan perhatian secara khusus untuk pada mommy agar lebih aware dengan kesehatan dan kebahagiaan.

Bagaimana pelayanan Edelweiss Hospital

 


Cek Kondisi Kulit

Diawali dengan cek kondisi kulit saat mendatangi booth Wellness & Aesthetic Center dari Edelweiss Hospital. Di sini, kami diperiksa menggunakan alat yang bernama Face Skin Analyzer Machine dan hanya dengan menaruh wajah di sebuah alat tersebut, beberapa detik kemudian diperoleh hasil data spesifik dari mulai jenis kulit hingga kelembapan yang dimiliki.

Banyak detil yang digambarkan menggunakan alat Face Skin Analyzer Machine, sehingga dokter akan mudah menjelaskan dan memberi saran treatment apa yang bisa memberikan efek optimal pada kesehatan kulit.

Rekomendasi perawatan kulit ibu hamil dan menyusui yang aman

Menurut dr. Helena Eka Putri, Sp. KK saat Health Talkshow Wellness Aesthetic, justru perawatan kulit bisa dilakukan sebelum melahirkan sehingga masalah kulit hitam dan lain sebagainya bisa diatasi dibawah pengawasan dokter kulit yang expert di bidangnya.

Pemahaman bahwa ibu hamil selalu kusam, karena disarankan tidak menggunakan skincare, ternyata menurut dr. Helena tidak begitu. Karena ibu hamil pun bisa tetap cantik, glowing dan percaya diri karena penampilan wajah yang fresh. Karena saat ini sudah banyak skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Yang perlu diingat disini adalah selama bahan kandungan skincare tersebut aman, tidak mengandung Paraben, Oxybenzone, Hydroquinone, Retinoid dan Asam hidroksi. Pada kemasan, biasanya kandungan asam hidroksi ini tertulis sebagai beta hydroxy acid (BHA), alpha hydroxy acid (AHA), asam salisilat (salicylic acid), asam glikolat (glycolic acid), dan asam laktat (lactic acid).


Cek Kondisi Tubuh

Selain siap merawat kulit wajah pada masa kehamilan, Ibu juga perlu banget mempersiapkan nutrisi. Mitos jika ada yang mengatakan,"Ibu hamil harus makan banyak, karena yang makan dua orang, Ibu dan bayinya."

Menurut dr. L. Arif Firiandri (A. AN), Sp. GK, Ibu jangan sampai menjadi obesitas saat hamil. Karena kehamilan dengan kelebihan berat badan ini sangat beresiko. Jadi yang benar adalah peningkatan berat badan pada tiap ibu hamil tergantung dari indeks massa tubuh (IMT) yang dimilikinya sebelum hamil. 

Sehingga sangat tidak disarankan untuk hamil dengan peningkatan berat badan yang signifikan karena memicu resiko diabetes gestasional, preeklampsia, kelahiran prematur, keguguran,  kelainan bawaan pada bayi (bisa jadi cacat pada saraf tulang belakang bayi (spina bifida) atau penyakit jantung bawaan. Selain itu juga, janin juga lebih berisiko meninggal dalam kandungan atau stillbirth), Makrosomia pada bayi (atau bayi lahir dengan berat badan berlebih)

Resiko Ibu hamil dengan berat badan berlebih

Sehingga sangat disarankan oleh dr. L. Arif Firiandri (A. AN), Sp. GK untuk terus memantau kalori makanan yang masuk selama hamil dan olahraga yang sesuai agar yang berubah dari makanan yang dimakan bukan hanya tersimpan sebagai lemak tetapi menjadi energi yang dibutuhkan untuk tetap beraktivitas aktif.

Jadi untuk diet sehat, Pak Dokter menyarankan untuk ngemil putih telur dan buah. Karena kebutuhan protein terpenuhi dan perasaan lapar juga bisa tertunda.


Perawatan Tubuh

Setelah melahirkan, minim 3 bulan pasca melahirkan, Ibu bisa langsung merawat diri dengan melakukan operasi fat transfer agar bagian tubuh yang diinginkan kembali ke bentuk semula. Dan setelah melakukan pembentukan kembali seperti ini, saran dari dr. Abdilla Ridhwan Irianto, Sp. BP-RE sang Ibu tidak memiliki anak lagi agar hasil yang diinginkan bisa diperoleh.

Fat Transfer adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan tubuh, yang dilakukan dengan cara memindahkan lemak dari bagian tubuh tertentu ke bagian tubuh lainnya. Prosedur Fat Transfer dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh, contohnya wajah, payudara, bokong, dan lain-lain. Operasi Fat Transfer aman dan minim rasa sakit.

Sangat disarankan bagi seorang Ibu agar tetap percaya diri pasca melahirkan.


Bagaimana sahabat lendyagasshi, seru banget ya.. gelaran Health Talkshow Wellness Aesthetic dari Edelweiss Hospital. Dan semua layanan kesehatan tersebut ada di Edelweiss Hospital.

Info kontak:

Rumah Sakit Edelweiss
Alamat: Soekarno-Hatta St No.550, Sekejati, Buahbatu,
Bandung, Jawa Barat 40286

Telepon: (022) 860 23 000
Whatsapp: 08886023000
Emergency Services: (022) 860 23 009 / 088 860 23000


Instagram: @edelweiss.hospital
Email: marketing@edelweiss.id
Official Website: www.edelweiss.id


Yuk, rawat diri dengan maksimal.

Karena dengan menghargai diri sendiri akan memberikan cerminan bagaimana orang lain akan menghargai dirimu.


Sehat dan bahagia selalu, moms.


With love,



33 comments for "Mommy Reborn, Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan"

  1. Bener banget deh ini harus dilakukan sama ibu hamil dan setelah melahirkan, karena habis atau sebelum melahirkan kita fokus ke bayi, tapi lupa sama diri sendiri, padahal self care itu penting banget buat bumil dan setelah jadi busui

    ReplyDelete
  2. aku bulan depan insyaallah melahirkan. jadi pengin deh dapat perawatan kaya gini biar berasa reborn.

    ReplyDelete
  3. Wah seneng banget aku baca artikel ini
    Jadi ibu itu harus bahagia. Ibu bahagia akan bikin bayi tumbuh sehat dan bahagia
    Nah, salah satu yang bikin bahagia kalau ibunya sehat terawat pasca melahirkan
    Yuk yuk self love

    ReplyDelete
  4. Iih pernah ngalamin juga nih masa-masa merasakan super buluk habis lahiran karena apa-apa diurus sendiri semua 😌 Syukurlah sekarang ada yg ngertiin banget perawatan ibu-ibu ya

    ReplyDelete
  5. Ingat masa-masa buluk 10 tahun lalu. Abis melahirkan, suami kerja di luar kota dan gak ada yang bantu. Rasanya pengen nangis tapi gak bisa . Untungnya sekarang makin banyak perawatan untuk ibu setelah melahirkan, supaya si ibu happy dan anak juga gak ikutan stress

    ReplyDelete
  6. Jadi dapat gambaran daku gimana saatnya nanti jadi seorang ibu.
    Intinya sih tetap usahakan berbahagia ya sambil menerima keadaan.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah senangnya kalau banyak perawatan istimewa buat para ibu nih :) biar melahirkan ibu yang bahagia ya :)

    ReplyDelete
  8. oalah jadi itu istilanya mommy reborn yaa.. tapi memang siih pasca melahirkan itu kondisi fisik dan psikologis kita bisa berbeda jauh banget. sehingga kadang perlu waktu untuk kembali mengenal diri sendiri

    ReplyDelete
  9. hiks, aku pengen banget ngerasai mommy reborn ini mbak. Tapi apa daya sebagai perantau gak ada orang yang bisa dititipin bayi.

    ReplyDelete
  10. Bener bangettt hamil bisa tampil cantik...
    Kak Lendy aku dulu hamil sering luluran, sering pakai body cream supaya gak timbul garis garis.

    Habis lahiran normal langsung ikut senam nifas di RS dan spa di salon RS sblm pulang kerumah. Konsisten pakai bengkung selama 6 bulan alias kain panjang buat perut.

    Alhamdulillah bb hbs lahir langsung balik normal, perut balik rata.

    ReplyDelete
  11. wah pas banget nih ya infonya utk buibu pasca melahirkan.. hm, sayangnya jauh ya..klo dekat kurekomendasikan buat sahabat yg sdg menunggu kelahiran nih.. terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  12. Wah seru banget ada pilihan perawatan pascamelahirkan.. bagus nih buat ibu ibu supaya merasa "seger" lagi habis melahirkan hehe. Senangnya ada pilihan ini, dulu sih pas aku habis lahiran belum ada. hehehe

    ReplyDelete
  13. Wah, abis lahiran tuh memang hrs butuh perawatan extra tentunya, apalagi kalau dipijet. Relax banget rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted nih Teh..
      Biar nanti pas daku di fase tersebut, udah siap hehe.
      Siap buat melakukan perawatan extra, yaaaaa maunya

      Delete
  14. Masya Allah bener banget ..dulu pas anak pertama aku merasa gitu. Selama hamil hinggal 1 tahun usia si sulung gak kena skincare sama sekali akibatnya hik hik...

    ReplyDelete
  15. Aah bener bangett, menghargai diri sendiri adalah salah satu cara kita juga untuk menghormati orang lain itu menurutku sih hehe.. jadi sekarang rajin2 juga merawat diri :))

    ReplyDelete
  16. Perawatan ibu pasca melahirkan gini bikin ibu bahagia loh.. Kalo ibu bahagia, ASI lancar dan anak pun ikut bahagia...

    ReplyDelete
  17. wah kayaknya acaranya seru banget ya mba Lendy, sayangnya ga ikutan. Suka banget dengan temanya Forever Beauty Forever Young. Menjadi penyemangat untuk para mom ya selalu merasa cantik dan muda. Jadi konsep age just number benar adanya kalau memegang prinsip itu

    ReplyDelete
  18. Jadi ingat salah satu kata tutor, Jagalah tubuhmu. Cintai dirimu. Memang masa-masa hamil hingga pasca melahirkan butuh rem yang fleksibel buat asupan makanan ya, Mbak. Kadang itu jadi alasan buat makan banyak, Hihihihi

    ReplyDelete
  19. asyik jugaaa ya mba ada perawatan khusus untuk ibu pasca melahirkan.. kebayang enaak nih pamperingnya

    ReplyDelete
  20. Penting nih buat ciwi-ciwi yang baru aja persalinan. Kalian semua layak dan wajib untuk cantik kembali, setelah melakukan peristiwa yang mendebarkan. Apalagi banyak yang bilang ibu hamil itu gabisa jaga penampilan, yuk ah perawatan!

    ReplyDelete
  21. Acaranya keren nih Teh...sayang ga tau nih ada acara ini padahal mah penting yah...

    ReplyDelete
  22. Penting banget ini karena jujur pasca melahirkan, aku selain capek suka merasa gak pede, butuh banget perawatan biar mood bagus juga kan

    ReplyDelete
  23. Bener banget... Dulu waktu saya habis melahirkan, kayak ibu yang paling buluk wkwkwk... Enak ya, ada Mommy Reborn seperti ini. Rasa lelah dan buluk bisa teratasi 😁

    ReplyDelete
  24. Wuiihhhhini mah dambaan semua ibu pasca melahirkan ya, no baby blues dan kalau dikasih hadiah bisa perawatan setelah melahirkan.
    kalau tubuh dan wajah cantik, kan ngaruh di mood ya, jadi bahagia terus, baby juga ikut merasakan :D

    ReplyDelete
  25. setujuuu bgt sama mommy reborn ini biar ibuu tetap hepi dan nambah percaya diri, jd untuk perawatan kulit dan nutrisi pulaaa, berhak bgt doooong tp pastinya keluarga dan lingkungan terdekat jg turut suportif. apalagi kalau ada baby newborn kan perhatiannya banyak ke baby, jd ibu jg bisa melakukan perawatan utk diri sendiri ini

    ReplyDelete
  26. Masa-masa pasca melahirkan itu memang cukup sensitif itu sebab jika sang ibu merasa tertekan bisa mengakibatkan baby blues
    Bagus banget sih beragam activity perawatan pasca melahirkan di Edelweis Hospital
    Selain itu di kegiatan talkshownya dpt insight dan info bermanfaat

    ReplyDelete
  27. ternyata keren banget ya Edelweiss Hospital?
    sewaktu masih di apartemen, selalu muncul nama ini di google dan bikin penasaran
    walau bukan ibu hamil, boleh kan saya ikut perawatan wajah disitu? ^^

    ReplyDelete
  28. Memang ya, fisik, bentuk tubuh, akan berubah seiring dengan saat hamil dan melahirkan. Sudah kejadian natural dan tidak bisa dihindari. Ya jelas beda lah ya bodi saat gadis sama emak-emak hahaha. Yang bisa dilakukan saat sudah melahirkan ya perawatan itu. Jangan malas untuk merawat diri sendiri. Bukan hanya dengan maksud menyenangkan suami, tapi juga demi kenyamanan, kepercayaan kita sendiri plus tentu saja lebih sehat dan bersih. Perempuan menurut saya bukan cuma visual cantik tapi juga wajib bersih.

    ReplyDelete
  29. Ada yang bilang kalau perempuan itu dilahirkan 3 kali. Pertama saat dilahirkan jadi anak perempuan, kedua saat dijadikan istri dan ketiga saat menjadi seorang ibu. Makanya menjaga kesehatan saat hamil itu sangat amat penting sekali. Karena ya itu. Perempuan lahir kembali. Siap siap dengan perannya jadi seorang ibu.

    ReplyDelete
  30. Benar sekali ini, ibu ibu setelah melahirkan harus tetap merawat diri supaya kondisi tubuh pulih kembali. Bukan hanya untuk penampilan dan kecantikan tetapi juga untuk kesehatan

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah Momy reborn memang penting agar kesehatan tetap terjaga melalui fasilitas kesehatan dan tim medis terpecaya

    ReplyDelete
  32. Meskipun selesai melahirkan, bukan berarti lupa dengan kebutuhan merawat tubuh ya mbak. Apalagi selain demi kecantikan, bentuk dan kondisi tubuh yng ideal juga menjadi penunjang kenyamanan

    ReplyDelete