Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ancaman Bagi Kesehatan Karena Isi Galon Mudah Dipalsukan

Bismillah,


Hi sahabat lendyagasshi.


Sering dengar berita mengenai isi galon mudah dipalsukan yang beredar di masyarakat?
Apakah berbahaya jika air dalam galon palsu ini dikonsumsi sebagai air minum?

Seperti yang kita ketahui, air adalah kebutuhan utama manusia. Karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Maka dari itu, disarankan bagi orang dewasa untuk konsumsi 2 liter air atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.


Apa akibatnya jika manusia kekurangan cairan?

Kekurangan cairan atau kurang minum air putih bisa mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi. Dampak yang paling parah jika terjadi dehidrasi adalah tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kesadaran. Nah, bisa jadi nih.. sahabat lendyagasshi ketika beraktivitas lalu merasa lunglai dan lemas adalah kurangnya cairan dalam tubuh.


Sebenarnya, kebutuhan cairan seseorang itu berbeda dengan orang lain, tergantung dari kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi cuaca. Sehingga penting untuk terus menyediakan air minum di dekat kita agar meski sedikit demi sedikit, tapi terus minum sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Namun yang perlu diingat bahwa kebutuhan minum air juga ada batasnya. Ketika terlalu banyak konsumsi air, maka natrium dalam tubuh akan terpengaruh dan elemen penting lainnya ikut larut dalam air sehingga ada gejala yang disebut hyponatremia. Bahaya juga bagi sel-sel otak, karena akan membengkak sehingga menyebabkan tekanan di dalam otak.


Gejalanya kelebihan air ini bisa ditandai dengan kebingungan, mengantuk, dan sakit kepala. Jika tekanannya meningkat, seseorang berisiko terkena hipertensi atau penurunan detak jantung. Wah, serem juga yaa.


Jadi yang terbaik adalah minum dalam jumlah dan kadar yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ketika seperti content creator, blogger atau profesi apapun yang membutuhkan konsentrasi panjang ketika berada di satu tempat, maka jangan lupa untuk selalu menaruh gelas atau botol minum di meja.

Kenapa isi galon mudah dipalsukan



Masalah Bahaya Galon palsu

Nah, ini yang harus diwaspadai selain kesadaran minum air putih yang cukup, juga kualitas air minum yang akan kita konsumsi. Jangan sampai air minum tersebut justru mengakibatkan kita gak jadi sehat, malah sakit karena salah pilih kualitas air. Kita perlu lebih berhati-hati lagi karena galon yang digunakan adalah galon dari merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia.


Jadi, air minum yang layak dikonsumsi adalah:

Syarat Fisik, yakni tidak ada bau, rasa dan warna yang mencolok juga tidak keruh.

Syarat Kimia, yakni bebas dari zat kimia anorganik seperti arsen, fluorida, kromium, kadmium, nitrit, nitrat, sianida, dan selenium, zat reaktif, zat-zat berbahaya dan beracun, serta memiliki derajat keasaman atau PH antara 6,5 hingga 8,8.

Di samping itu, bebas dari zat kimia organik seperti insektisida dan herbisida, seng, sulfat, tembaga, alumunium, besi, kesadahan, khlorida, serta mangan.

Syarat mikrobiologi, yakni tidak mengandung kuman pembawa penyakit seperti protozoa, virus, cacing, jamur, dan bakteri patogen penyebab penyakit.



Yang paling mudah membedakan isi galon palsu dan tidak adalah dengan melihat secara kasat mata seperti ciri-ciri fisik yang terpenuhi syaratnya, tidak keruh, tidak berbau apalagi berwarna. Bahkan ketika ada endapan di dasar galon saja, kita harus waspada, bahwa ada sesuatu yang terkandung di dalam air yang akan kita minum tersebut.


Kalau pengujian untuk syarat kimia dan syarat mikrobiologi yang paling mudah menggunakan kertas lakmus atau pH meter untuk mengukur pH air dan TDS meter (total dissolved solids) untuk mengukur mengukur total padatan atau partikel terlarut dalam air. Selain kedua alat pengukuran air tersebut, bisa juga menggunakan EC meter (electrical conductivity) yang digunakan untuk mengukur kepekatan suatu larutan.



Perlukah Mengukur Kadar Larutan Dalam Air Untuk Menjamin Isi Galon Palsu dan Tidak?


Sejujurnya, saya sendiri mengukur kadar air hanya ketika melakukan percobaan saat di lab waktu kuliah dulu. Namun fenomena galon palsu yang meresahkan ini membuat kita semua kini harus waspada.

Bila diperlukan karena curiga isi galon tidak seperti biasanya, ada baiknya untuk mengecek kondisi larutan cairan menggunakan TDS meter.



Pertanyaannya adalah seberapa bahaya meminum air mineral dari isi galon palsu?

Bahaya Minum Air Isi Galon Palsu

Akan ada masalah ketika meminum air yang tidak sesuai dengan standar kebersihan dan kandungan air yang seharusnya ada. Seperti diare, demam berdarah, tifus, kolera, disentri, hepatitis A, dan trakoma (infeksi mata akibat bakteri).

seberapa bahaya meminum air mineral dari isi galon palsu?


Penyakit-penyakit ini berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat atau dibiarkan dalam kurun waktu tertentu yang bisa menyebabkan semakin parah bahkan berujung pada kematian.

Karena bahayanya inilah, mari kita sama-sama mencegah hal tersebut dan mencari solusi dari bahaya ketika konsumsi isi galon palsu.


 

 

Solusi Agar Tidak Tertipu Isi Galon Palsu

Zaman sekarang, isi galon mudah dipalsukan. Berdasarkan fakta tersebut, masyarakat harus sangat jeli dan teliti saat membeli galon. Fakta yang terjadi di lapangan adalah tutupnya asli, galonnya asli namun isi galonnya oplosan. Bagaimana bisa hal tersebut bisa terjadi?


Karena ada oknum yang bisa membuat alat untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa cacat. Akibatnya bagi masyarakat adalah masyarakat semakin sulit mengenali dan membedakan mana yang asli dan mana yang palsu secara kasat mata karena semua galon yang beredar di pasaran "terlihat asli" dan tidak rusak.

Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun kualitas air di dalam galon palsu ini membahayakan bagi kesehatan diri sendiri dan keluarga.



Begini Cara Membedakan Isi Galon Palsu:

Produsen galon memberikan solusi salah satunya adalah dengan cara meminta pelanggan melihat di kode galon di web resmi dan menyamakan kode di tutup galon dan di galon. Namun hal tersebut akan menyulitkan karena kode yang tertulis di galon itu kecil dan samar. Maka solusi lain yang bisa kita lakukan adalah


Segel tutup terkunci rapat dengan segel sehingga tidak mudah dibuka dengan cara biasa. Untuk merk tertentu, membuka tutup segel galon membutuhkan alat bantu seperti sendok atau pisau.

Pastikan tutup galon dalam keadaan bersih, rapat dan tidak ada penghubung (bridge) yang terputus antara tutup botol bagian atas dengan bagian bawahnya.

Pastikan membuka tutup botol, terdengar bunyi ‘KREEK’ dari tutupnya. Itu tandanya tutup botol sebelumnya dalam keadaan baru.

Pastikan di bagian informasi kode produksi di pada tutup atau cap sama dengan yang tertera di badan galon.

Pastikan isi galon tidak keruh, tidak ada endapan, tidak berbusa.

Setelah dibuka dan saat air diminum, maka tidak mengeluarkan aroma apapun, air terasa segar dan tidak memberikan rasa keset.

Mencari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan rapat dan benar.

Mencari produk galon dengan kemasan yang bisa terlihat isinya secara jelas supaya benar-benar yakin bahwa galon asli, tutup asli, isinya juga asli
.



Kesimpulan

Edukasi mengenai isi galon palsu ini perlu diketahui masyarakat luas, karena kemudahannya isi galon mudah dipalsukan dan semakin meresahkan masyarakat. Fakta yang sebenarnya di lapangan bukanlah tutup galon palsu akan tetapi galonnya asli, tutupnya asli, namun isi galonnya oplosan.

Hal ini mungkin saja terjadi karena ada oknum yang bisa membuat alat untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa cacat. Akibatnya masyarakat semakin sulit mengenali dan membedakan mana yang asli dan mana yang palsu secara kasat mata karena semua galon yang beredar di pasaran "terlihat asli" dan tidak rusak.

Biasanya, masyarakat akan tergiur dengan harga murah yang jauh dari harga pada umumnya. Namun, dengan edukasi yang kini sudah diketahui maka solusinya adalah mencari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan rapat dan benar serta memiliki kemasan yang bisa terlihat isinya secara jelas supaya benar-benar yakin bahwa galon asli, tutup asli, isinya juga asli.

Setidaknya dengan mengenali ciri-ciri fisik yang terlihat pada air dan lebih teliti dalam membeli dan mengonsumsi air mineral yang diminum sehari-hari, maka sebenarnya kita menjaga keluarga dari penyakit.


“Lebih baik mencegah daripada mengobati”, bukan?

Yuk, jadi konsumen yang teliti, agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.
Semoga bermanfaat.


With love,



56 comments for "Ancaman Bagi Kesehatan Karena Isi Galon Mudah Dipalsukan"

  1. Manfaat air tuh banyaaakkk bgt.
    Utk kesehatan jiwa raga manusia
    Tapiiii orang² jahat tuh adaaa aja ya.
    Yg begitu "kreatif" bikin dunia tipu tipu

    ReplyDelete
  2. Wah, kejahatan zaman now kok makin marak aja ya. Ga nyangka sampai urusan galon air minum aja bisa dipalsukan. Kudu hati2 nih saat kita membelinya. Mesti berbunyi 'krek' ya saat kita membuka tutup galonnya. Efeknya buruk sekali bagi kesehatan kita jika terimbas air minum yang paslu nih hiks :(

    ReplyDelete
  3. Gara-gara was-was dengan isi galon yang ternyata mudah dipalsukan, sekarang tuh kalau beli air mineral galon, auto dicek banyak hal, takut dapat yang palsu, pun juga tutup galonnya selalu saya rusakin, padahal biasanya saya buka biasa trus buang.

    Sedih sih dengan kelakuan orang dzalim sampai akhirnya merugikan kesehatan itu

    ReplyDelete
  4. Aku yang termasuk kurang minum air putih, gejalanya ya gitu, lemas, sakit kepala dan suka ngantuk. Mulai membiasakan diri lagi untuk banyak minum air putih. Entah kenapa kalau minum langsung banyak air putih perasaan mual. Sekarang kejahatan banyak macam, segala air galon lah dipalsukan dan diganti air isi ulang, kitanya yg harus teliti untuk cek kembali

    ReplyDelete
  5. Bener banget Len. Tutup galon dan galonnya aslinya tapi isinya palsu/oplosan. Ini ngeri banget karena kejahatan terhadap air minum ini pernah terjadi di kompleks rumahku. Usaha isi ulang galon yang tadinya membantu pengeluaran rumah tangga, malah akhirnya memakan korban karena ada yang sampai masuk ICU gegara air oplosan ini.

    ReplyDelete
  6. sedih banget ya?
    Ada saja cara penipuan demi mengeruk rupiah, mulai dari air mineral palsu hingga galon palsu
    Sedihnya konsumen terpaksa beli karena kesulitan memperoleh air mineral asli yang harganya lumayan

    ReplyDelete
  7. Pernah liat video yang air galon tapi butek banget bahkan ada juga yang terisi sama jentik nyamuk aaak. Maunya sehat eh malah jadi penyakit kalau gini. Keinget kalau di kantor dulu perusahaan beli air galon isi ulangnya langsung di perusahaan air minumnya. Alhamdulillah rasanya lebih terjamin ketimbang air isi ulang pinggir jalan yang belum terjamin kebersihannya.

    Untuk keaslian segel, ini juga udah pinter ya penjahatnya. Udah bisa bikin segel yang mirip banget sama aslinya sampe-sampe susah dicek keasliannya kalau nggak teliti banget.

    ReplyDelete
  8. Memang saat ini harus berhati - hati ya ... isi air galon aja banyak dipalsukan, bahkan segelpun bisa dipalsukan juga, jadi kita terkecoh akan hal ini

    ReplyDelete
  9. Memang saat ini harus berhati-hati ya ... isi air galon aja banyak di[palsukan, bahkan segelpun bisa dipalsukan juga, jadi kita terkecoh akan hal ini

    ReplyDelete
  10. 8 cara untuk bedain galon palsu ini penting Teh, siip banget infonya.
    Karena memang pengaruhnya ke kesehatan diri juga, apalagi kalau sampai anggota keluarga ikut minum juga kan.

    ReplyDelete
  11. kalau dehidrasi tuh berbahaya banget ya dan thanks juga untuk tips dan tricksnya.. Semoga kita terhindar dari bahaya isi galon palsu

    ReplyDelete
  12. Bener-bener ya, orang di zaman sekarang cari uang tuh sampe tega dengan jalan yang ga baik. Kebayang ga sih berapa banyak yang udah jadi korban isi galon palsu ini. Sebagai konsumen, kita emang harus pinter2 milih galon asli ya, supaya kita dan keluarga terlindungi.

    ReplyDelete
  13. Aduhh.. Tambah ngeri aja ya mbak sekarang. Isi galon saja bisa dipalsukan. Ini pasti bahaya banget buat kesehatan kita. Jadi kita harus lebih aware lagi nih dalam mesan air galon.

    ReplyDelete
  14. Serem banget emaaang. Mana lah galon yang aku pake di rumah merk yang dipalsukan itu --" tapi suamiku nggak pernah mau beli yang isi ulang, pasti beli yang aslinya itu (apa istilahnya ya? Haha). Pengalaman dulu di Bandung beli galon isi ulang rasanya aneh, karena worry akhirnya bye gak pernah lagi.

    ReplyDelete
  15. Kurang konsumsi air menimbulkan sakit,
    Kelebihan juga bisa
    Apalagi klo smpe konsumsi air galon palsu, dampaknya lebih berbahaya, karena tidak tau baiknya itu galon.

    Tapi ,salahsatu tanda utk tidak terkecoh dengan galon palsu emang dari harga ya mbak. Selain itu poin2 di atas emang wajib diperhatikan saat beli galon

    Terima kasih sharingnya Mbak Lendy

    ReplyDelete
  16. Harus jeli ya ketika beli galon guna ulang, pastikan segel galon tidak rusak dan warna air tidak keruh. Yang paling terlihat sih dari harganya ya, biasanya beda jauh..

    ReplyDelete
  17. Ya ampun galon aja dipalsuin, aku baru tau lho. Emang sih jualan air minum laris manis, banyak yang udah peduli hidup sehat, tapi kalo ada oknum jahat kaya gitu, ngeri banget, mau sehat malah sakit.

    ReplyDelete
  18. Eh ada tuh di deket rumah mama mertua, jual air segalon cuma 5.000, moga nggak palsu deh ya kok murah banget.

    Ngeri kalau air aja dipalsukan dan siapa yang tega banget melakukannya, dan bikin juga alat untuk melancarkan pemalsuan tersebut. Sedih jadinya kalau ada yang curang gini dan bikin banyak orang sakit.

    ReplyDelete
  19. Termasuk air isi ulang itu bukan yaa... secara itu kan galonnya terkadang ya punya yang merk itu, tapi isinya lain, dan semua orang tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau isi ulang kan "kesepakatan" (tanda kutip) antara penjual dan pembeli bahwa itu bukan air ber-merk, meski pakai galon bawaan brand. Setidaknya konsumen uda tahu kalau dia mmg beli barang harga murah, bukan beli mahal utk barang murah kan mbak..penjualnya juga ga bisa dibilang memalsukan.

      Delete
  20. Saya was-was banget nih dengan isi galon yang dipalsukan, secaraaa dikonsumsi anak-anak juga kan, kan serem juga ya anak minum air yang nggak terjamin sterilnya.

    Gara-gara baca masalah isi galon palsu ini, saya jadi lebih teliti kalau beli air galon, sebelum masnya pergi, saya periksa dulu semuanya, khususnya kondisi air di dalam galonnya.
    Semoga yang suka malsuin isi galon itu diberi kesadaran ya

    ReplyDelete
  21. Kuncinya harus teliti ya, jangan sampai lengah biar ga jadi korban air galon oplosan.
    Tugas aku (istri sekaligus ibu) yang 24 jam di rumah, salah satunya ya kayak gini, memastikan semua bahan makan dan minum ya masuk ke rumah adalah sehat dan aman.

    ReplyDelete
  22. Mangkany amu sellau beli didistributor asli kak . Ngeri banget soalnya kalau smp kita minum air oplosan.. membahayakan utk kesehatan yakkk

    Semoga saja gak smp air oplosan dari galon palsu ke kita semua

    ReplyDelete
  23. Wah poin terakhir utk brand ternama itu kayaknya agak susah yaa.. Krn warnanya agak gelap jadi isi air ga keliatan bening apa ga. Sementara saya biasa pakai yang merk ternama itu.

    ReplyDelete
  24. Duh ada aja ya..isi galon oplosan karena mudah dipalsukan, kebayang ga sehatnya air yang kita minum malah bikin penyakit juga...Mesti waspada dan teliti saat membeli nih

    ReplyDelete
  25. Baca dari atas sampe bawah, rasanyaaaa yaa ampuun.. air mineral bermerek juga dipalsuin? Ck ck ck ck .. padahal jelas jelas banyak orang yang punya pilihan minum air mineral isi ulang ya? Jelas dagangnya berkah dan halal!

    Aku pernah sih dapat air mineral yang asli tapi ada sesuatu gitu di dalamnya - jadi komplain langsung ke perusahaan

    ReplyDelete
  26. Air tuh penting banget. Aku selalu minum air putih dibanding air teh atau kopi. Tapi klo dibuatin teh len gapapa sih😆
    Eh napa bahas itu yaaa.
    Galon aja ada palsunya ya, moga kita dijauhkan dan selalu dilindungi oleh Allah ya teh. Ciri2nya kudu diingat nih

    ReplyDelete
  27. Aku kira kalau sudah dijual di toko-toko terkenal atau supermarket galon itu asli semua. Apa di mereka juga masih ada kemungkinan palsu?

    ReplyDelete
  28. Molly juga baru tahu nih ada isi galon palsu. Hikz. Jadi galau nih kalo beli air galon. Takut zonk. Mesti selalu waspada

    ReplyDelete
  29. Jadi parno nih sama galon di rumah, asli atau palsu yaa bahaya banget kalau ternyata isinya palsu, airnya jadi tak terjamin kebersihannya, takutnya ada bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan kita

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak konsumsi air juga berefek ya teh, jadi sewajarnya saja konsumsi airnya. Ngeri juga ya kejahatan zaman sekarang, semua serba dipalsukan. Jadi harus tetap hati hati, harus ngecek galon dan isi yang asli

    ReplyDelete
  31. Aku juga termasuk yang strict mbak minum kemasan galon, karena aku lagi sakit, jadi ngga bisa sembrangan minum air yang palsu, bisa memperburuk penyakit penyakitku. Makasih tipsnya mbak Lendy, bisa aku tambahin saat beli air kemasan galon.

    ReplyDelete
  32. Wah belum pernah mengukur kadar larutan air mineral dalam galon gtu, apakah alatnya dijual bebas atau hanya ada di lab2?
    Zaman searang main banyak org jahat yang kelakuannya bikin geleng2 kepala, soal galon sampai kepikiran dipalsukan.
    Kita sebagai konsumen memang kudu jeli dan berhati2 yaa.

    ReplyDelete
  33. Urusan air isi galon yang palsu ini sebetulnya berangkat dari kemudahan menggunakan produk galon juga.

    Aku inget, dulu waktu aku masih ngekost, aku maunya langganan galon merk tertentu karena alesan simpel: Tutup galonnya nggak ribet mbukanya. Sebab ada merk-merk tertentu yang kalau mau mbuka tutupnya, malah jadi melukai jari.

    Aku tahu itu bukan alasan bijaksana, tapi kadangkala orang yang sedang kepepet (contohnya aku pada waktu itu: mahasiswa yang capek dan fragile) mengutamakan kemudahan ketimbang keselamatan di masa depan.

    Moga-moga semakin banyak orang yang tidak mudah tertipu oleh isi galon yang palsu.

    ReplyDelete
  34. kejahatan sekarang makin gila aja yaaa,, segala galon lah dipalsuin... aku selalu pake galon dari 1 merk yang aku percaya kualitas dan keasliannya, gak masalah harganya lebih mahal.. karena kalo kelarga sakit karena galon palsu kan berobatnya repot juga

    ReplyDelete
  35. Nah isi galon aplosan itu kejadian sama temenku mbak. Entah airnya dicampurin apa tapi sampe berbulan2 dia batuk ga sembuh2 udh minum obat ke dokter macem2. Dia pikir banyak minuk biar sehat eh ternyata makin sakit dong. Iseng2 ngevek airnya ternyata buanhak bgt bakterinya. Ngerrii

    ReplyDelete
  36. Air itu sumber kehidupan
    Apalagi air minum, kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari ya teh
    Kalau kita mengonsumsi air galon palsu, pasti banyak dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh
    Makanya kita harus ekstra hati-hati saat memilih air galon
    Dan semoga kasus air galon palsu ini segera berakhir ya
    Nggak ada lagi oknum jahat yang membuat air galon palsu

    ReplyDelete
  37. Duh, itu kalau enggak teliti repot juga, ya. Kebayang kalau airnya ternyata enggak higienis, kan. Hiks. Harus lebih cermat lagi sebelum beli air isi ulang.

    ReplyDelete
  38. Ngeri ya dengan dampak minum air galon palsu. Kita harus waspada krn air adalah kebutuhan dasar kita.

    Karena baca ini aku jadi pengen bawa botol minum kalau kerja di depan komputer

    ReplyDelete
  39. Pentingnya memastikan tempat kita mengisi ulang air galon itu terpercaya dan proses isi ulangnya juga bersih.
    Ndak asal murah, praktis krn selalu di antar dan serba kemudahan lainnya.
    Air minum terjaga sehat, kita sendiri pun auto ikutan sehat

    ReplyDelete
  40. segitunya ya orang-orang cari duit dengan cara yang gak halal seperti isi air galon dipalsukan pun dilakukan, tega sik

    ReplyDelete
  41. Tergiur keuntungan dengan cara yang instan sampe memalsukan isi galon, duh bahaya banget buat kesehatan tentunya

    ReplyDelete
  42. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Kita kudu tahu cara bedain keasliannya. Kalau airnya bersih dan sehat, kita juga akan sehat kan

    ReplyDelete
  43. Serem banget deh baca-baca tentang isi galon bisa dipalsukan, karena kan sekarang di mana saja bisa beli loh.Warung kecil pinggir jalan sampai warung-warung di rumah, beda sama jaman dulu yang agen besar langsung

    ReplyDelete
  44. Waaah baru tau kalau bukan hanya kekurangan cairan saja yang berbahaya. Tapi kelebihan air juga berbahaya. Bisa mengakibatkan mengantuk, kebingungan dan sakit kepala

    ReplyDelete
  45. Duh ngeri juga ya.. awalnya gak kepikiran sih masalah galon ini. Naca artikel mba jadi lebih mawas diri nih.. apalagi dirumah ada balita dan bayi

    ReplyDelete
  46. Urusan pemilihan isi galon ini kadang bikin galau ya Mak kalau masih dalam tahap pemilihan agen. Paling aman sih kayanya beli langsung di minimarket yang udah terbukti trusted reputasinya. Tapi kalau isi ulang, kayanya nggak akan saya ambil pilihan tersebut. Tetep paling aman beli galon baru aja.

    ReplyDelete
  47. Thankyou kak jd tau kalo sekarang banyak pemalsuan termasuk air galon, musti lebih aware biar badan tetap sehat

    ReplyDelete
  48. Serem sih ini, kalau pake air mineral palsu, bisa kebayang kita kan ga tau ya :

    1. Mereka ambil airnya dari sumber di mana
    2. Cuci galonnya aja udah kebayang, bersih kagak?
    3. Jika ada sesuatu material berbahaya ... oh no! Komplainnya si kastemer ke mana? Tentu saja ke brand yang mengeluarkan! So very bad guy!

    ReplyDelete
  49. Duuh sampai air galon aja juga dipalsukan ya. Emang kudu lebih hati-hati nih untuk bisa membedakan yang asli dan palsu.

    ReplyDelete
  50. Jadi mikir ulang untuk beli air galon nih. kak. Takut dapat yang palsu. Tapi setelah lihat tulisan ini jadi sedikit terkurnagi ketakutan itu, karena ada arahan untuk bisa memilih yang asli. Makasih, Kak. Bermanfaat sekali tulisan ini

    ReplyDelete
  51. paling aman kayaknya beli di distributor resmi ya, mbak jadinya kita bisa yakin air galonnya asli. jadi ingat dulu beberapa kali beli air galon isi ulang tapi pas diminum rasanya huek banget entah mesinnya yang bermasalah atau dispensernya

    ReplyDelete
  52. Mengerikan banget ya isi galon palsu ini
    Pastinya bisa membayakan secara kesehatan
    Sebagai konsumen kita harus benar benar teliti sebelum membeli
    Jangan sampai kita membeli galon palsu

    ReplyDelete
  53. Sangat mengkhawatirkan kalau isi galon dipalsukan ya mbak dan mengakibatkan berbagai macam hal khususnya penyakit pada perut. Sebagai pembeli kudu teliti dan cek lebih.

    ReplyDelete
  54. Kebutuhan air bersih dan bisa langsung diminum membuat orang berupaya utk mendapatkannya dg mudah dan murah. Seringkali dg alasan ini mereka mencoba mendapataknnya. Tetapi banyak tidak peduli akan hal kesehatan, padahal air yg dikonsumsi haruslah sesuai standar kesehatan yg berlaku.

    ReplyDelete
  55. Ini nih yang sulit karena isinya yang dioplos, tapi kalau kita jeli pasti bisa membedakan galon asli dan palsu. Seperti segel yang masih rapat, terdengar bunyi kreek saat dibuka, dan nomor seri yang sama di tutup maupun body galon.

    ReplyDelete