Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keunggulan Belajar dengan Kurikulum Internasional

Bismillah,


Mengapa memilih sekolah dengan kurikulum internasional?


Menjadi orangtua berarti harus siap dengan segala keperluan yang dibutuhkan ananda dalam menuntut ilmu. Salah satu yang menjadi fokus orangtua saat memilih sekolah adalah kurikulum yang digunakan dalam menyusun pembelajaran bagi siswa.

Di Indonesia sendiri, baik sekolah swasta atau sekolah negeri harus memiliki sistem pembelajaran atau kurikulum nasional yang sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di undang-undang tersebut dijelaskan mengenai pengertian kurikulum, yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. 

Namun, ada kurikulum yang khusus disetujui untuk sekolah internasional. Sehingga sekolah internasional memiliki keunggulan dengan sistem pendidikan dengan kurikulum internasional yang disesuaikan pula dengan sistem pendidikan internasional.


Apa saja keunggulan bersekolah di swasta dengan menggunakan kurikulum internasional?
Simak pemaparannya di artikel berikut ini.

Keunggulan Belajar dengan Kurikulum Pendidikan Internasional




Keunggulan Belajar di Sekolah Berkurikulum Internasional

Penerapan kurikulum internasional dalam sebuah pendidikan di Indonesia dapat menjadi sebuah standar dan ekspektasi bagi orang tua yang sedari dini menginginkan anak-anaknya untuk melanjutkan studi di luar negeri atau di sekolah-sekolah bertaraf internasional yang sudah banyak bertumbuh di Indonesia.

Yang membedakan kurikulum internasional ini dimulai dari bahasa yang digunakan hingga rentang jenjang belajar yang berdasarkan usia. Hal ini memungkinkan anak akan lebih unggul di bidang bahasa, karakter hingga harapannya memiliki pola pikir yang berwawasan visioner atau memandang segala sesuatu dari sudut pandang global.


Bahasa

Kelebihan anak-anak yang bersekolah di lingkungan dengan kurikulum internasional sudah tidak asing dengan bahasa sehari-hari yang digunakan, yakni bahasa Inggris. Dengan penguasaan yang baik dari segi bahasa, anak-anak juga akan lebih banyak membaca dan menguasai literasi berbahasa asing yang satu ini.

Sehingga diharapkan anak yang mampu berpikir global dan memiliki daya juang yang tinggi untuk menggapai apa yang dicita-citakan. Selain itu juga suasana diskusi akan lebih terbuka dengan pembelajaran yang menggunakan kurikulum internasional.


Pola Pikir Kritis Analis

Anak-anak zaman sekarang harus memiliki pola pikir yang kritis dan analis agar mampu dengan cepat memecahkan suatu permasalahan, mampu mengambil keputusan dengan tepat dan mampu menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang.

Anak-anak dengan pola pikir kritis ini tidak akan berfokus pada kesulitannya, namun akan merasa tertantang untuk belajar melakukan banyak hal dengan lebih baik.


Kemampuan Public Speaking

Sekolah dengan kurikulum internasional akan lebih menitikberatkan pada project dan pembahasannya. Sistem diskusi pendidikan internasional akan sangat terbuka sekali sehingga yang aktif dalam pembelajaran di kelas adalah anak-anak. Mereka bisa saling belajar dari kegagalan serta keberhasilan kelompok lain.

Apa itu Kurikulum Internasional dan kaitannya dengan kompetensi kerja



Sampoerna Academy Sebagai Sekolah Kurikulum Internasional

Untuk menjawab semua keinginan dan impian sekolah di luar negeri dan memiliki kesempatan yang luas menimba ilmu, kini hadir Sampoerna Academy yakni sekolah dengan kurikulum internasional unggulan. Kurikulum yang digunakan di Sampoerna Academy ini akan menitikberatkan pada persiapan peserta didik agar memiliki landasan global dan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional.


Sampoerna Academy adalah sekolah dengan sistem pengajaran yang mengadopsi kurikulum terbaik dunia dengan metode berbasis STEAM, yakni Science, Technology, Engineering, Arts, and Math yang telah diterapkan di Amerika. 

Dengan memiliki landasan global dan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional, bersekolah di Sampoerna Academy akan terus diberi motivasi kepada siswa untuk bertanya, bereksplorasi, berinovasi dan berkomunikasi, serta memberikan keterampilan penting yang dibutuhkan untuk kepemimpinan baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Ditambah dengan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional, Sampoerna Academy mempersiapkan siswa untuk bersaing dan berhasil di setiap tahap kehidupan. Dan memasuki era informasi yang serba cepat dengan menggunakan teknologi maka siswa Sampoerna Academy akan terus dibiasakan untuk belajar “bagaimana cara belajar”.

Belajar di Sampoerna Academy bisa dimulai dari usia pra-sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga universitas yakni Sampoerna University.


Mengenal Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang memiliki kurikulum pendidikan internasional unggul dan merupakan satu-satunya universitas dengan standar operasional Amerika Serikat yang ada di Indonesia.


Sampoerna University telah bekerjasama dengan Universtity of Arizona. Sehingga dengan kerjasama ini maka dapat mengikuti Program Gelar Ganda yang memungkinkan siswa belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan 2 gelar, yakni Gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Kerjasama Sampoerna University
source: https://www.sampoernauniversity.ac.id/


Melalui Sampoerna University yang memanfaatkan kurikulum AS maka akan mendapatkan kredit perguruan tinggi internasional sehingga lulusannya akan memiliki kompetensi bekerja yang lebih unggul. Melalui kerja sama internasional antara Sampoerna University dan University of Arizona ini juga siswa dapat transfer kuliah dengan mudah ke universitas di Amerika Serikat di tahun berikutnya dan tetap lulus tepat waktu.


Pilihan fakultas di Sampoerna University memiliki 4 fakultas yakni Fakultas Bisnis (Program Studi Perbankan, Pemasaran Digital, Kewirausahaan dan Akuntansi), Fakultas Teknik dan Teknologi (Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Visual Communication Design, Komputer, dan Sistem Informasi), Fakultas Ilmu Pendidikan (Program Studi Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris) dan Fakultas Seni dan Sains.


Sedangkan untuk pengajar di Sampoerna University 70% pengajar telah memiliki gelar doktor. Sehingga 94% lulusannya memiliki skill yang relevan sesuai dengan bidang keilmuannya dan kompetensi kerja yang unggul di perusahaan nasional maupun internasional dalam dan luar negeri.




Kesimpulan

Untuk menciptakan generasi unggul yang berprestasi, bisa diwujudkan dari memilih pendidikan yang tepat. Salah satunya dengan memiliki sekolah yang memiliki program kurikulum internasional. Keunggulan kurikulum internasional ini akan memberikan bekal kepada anak tidak hanya di bidang  akademik namun juga keterampilan sosial yang bisa meningkatkan kompetensi bekerja. 

Kurikulum internasional juga memiliki proses pembelajaran yang menarik dan bermakna, sehingga sangat cocok untuk perkembangan anak generasi alpha yang selalu penuh dengan pertanyaan kritis.


Begitulah kelebihan jika bersekolah dengan kurikulum international di Indonesia yang untuk saat ini bisa diperoleh dengan bersekolah di Sampoerna Academy terutama untuk jenjang yang lebih tinggi, yakni di Sampoerna University.




Salam hangat,



46 comments for "Keunggulan Belajar dengan Kurikulum Internasional "

  1. keren sampoerna, selain merangkul UMKM dengan SRC
    juga ke dunia pendidikan dengan sampoerna university
    dan gak kaleng2, kurikulumnya internasional
    sehingga anak2 kita mendapat kesempatan kuliah yang lebih luas

    ReplyDelete
  2. Ga diragukan lagiii
    Brand Sampoerna identik dgn (menuju) kesempurnaan 😆 termasuk perihal kurikulum.ini yaaa

    ReplyDelete
  3. Waktu SMA dulu pernah punya angan2 pingin belajar menggunakan kurikulum internasional. Kayak ada tantangan tersendiri gitu...
    Alhamdulillah sekarang anak-anak bisa sekolah menggunakan kurikulum cambidge

    ReplyDelete
  4. Anak sulung saya, SMA nya di sekolah Islam dengan standard akademik internasional. Seperti yang Lendy uraikan di atas, sekolah tipe seperti ini tidak hanya memupuk kemampuan murid di bidang science tapi juga program sosial serta art. Murid juga didorong untuk memiliki skill di bidang komunikasi, presentasi dan open discussion. Dan bonusnya lagi, anak-anak tetap diberikan pendidikan tentang agama Islam, mulai dari mengaji sampai mendalami pendidikan akhlak sebagai seorang muslim.

    Setelah lulus dari sekolah ini yang paling saya rasakan adalah anak saya lebih rajin ibadah, communication skills nya jauh meningkat dan lebih mau mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang tua. Alhamdulillah.

    Jadi jika ada/para orangtua yang diberkahi dengan kemampuan finansial yang berlebih, saya sangat mengusulkan untuk memasukkan anak-anaknya di sekolah berstandard akademik internasional. Pendidikan adalah investasi. Dan anak-anak berhak mendapatkan yang terbaik. Seperti halnya Sampoerna University ini. Ada double degree, guru-guru yang berkualitas dan jaringan kesempatan kerja yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komennya panjang bikin tertarik baca. MasyaAllah ... keren sekali ya sekolah islam tapi international juga.

      Delete
  5. Kirain Sampoerna Academy ini untuk level setelah lulus SMA, ternyata ada dari mulai pra TK hingga SMA. Dengan menerapkan kurikulum internasional sejak usia dini, anak akan makin siap menghadapi persaingan global ya Kak

    ReplyDelete
  6. Asiknya bisa dapat 2 gelar dengan kuliah di Sampoerna University ini. Jadinya tuh udah punya bekal banget buat bisa kerja di perusahaan pilihan.
    Apalagi juga jurusan dan fakultasnya pun mendukung

    ReplyDelete
  7. Baru tahu saya tentang Sampoerna Academy ini Mba, bagus nih program-programnya. Sekarang ini harus mampu bersaing ya, kemampuan berbahasa Asing juga penting buat menghadapi tantangan di masa depan

    ReplyDelete
  8. Iya sih. Kadang aku tu berpikir ya. Lulusan luar negeri atau minimal lulusan sekolah yang punya kurikulum internasional pasti punya nilai plus. Mulai dari kemampuan berbahasa, public speaking dan kemampuan berpikir kritis dan analisis.

    ReplyDelete
  9. Kemarin baru lihat sekilas ada seleb yang post tentang Sampoerna Academy ini, jadi lebih jelas infonya setelah baca artikel Mbak. Sekeren itu ya, mahal pasti ya? Hehe

    ReplyDelete
  10. Sekolah dengan kurikulum internasional, tidak diragukan lagi kualitasnya. Namun sayang tidak terjangkau oleh masyarakat kebanyakan yang mempunyai kemampuan finansial terbatas

    ReplyDelete
  11. Keren ya, sekolah dengan kurikulum internasional benar-benar dapat mempersiapkan siswa-siswanya bersaing di tingkat global. Beruntung yang bisa sekolah di sana..

    ReplyDelete
  12. Jadi inget dulu pas lulus SMP aku pernah ngajuin beasiswa ke Sampoerna Foundation buat SMA gitu eon. Dan, qodarullah aku gak lolos, wkwk. Emang rejekiku gak di sana..

    Jadi, kalo lolos tuh SMAnya dbiayain sampoerna kan, jadi peluang masuk ke sampoernya univ lebih besar.. Ternyata, aku ditakdirkan kuliah gak di sana. Ya udahlah ya gapapa :"

    Emang si sampoerna ini, bikin aku pngen nyanyi kau begitu sempurnaa~~ Pengen banget dulu double degree..

    ReplyDelete
  13. Mengasah keterampilan bahasa, public speaking, dan berpikir kritis analitis ini emang modal banget buat bisa berkarya di mana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Makanya nggak heran kalau lulusan luar negeri atau minimal lulusan Indonesia yang kurikulumnya Internasional punya preferensi lebih baik saat mencari pekerjaan.

      Delete
  14. Wah baru tahu dengan kurikulum internasional ini. Bahkan ada mulai dari pra TK.

    ReplyDelete
  15. Untuk aku yang sedang galau cari sekolah, ini cukup mencerahkan. Iya ya, kenapa aku belum survey ke sekolah-sekolah yg pake kurikulum internasional ya. Hhmmm... Menarik inih...

    ReplyDelete
  16. Salah satu alasan kenapa nyekolahin anakku di kurikulum yang blend sama kurikulum Internasional. Salah satunya ya kemampuan berbahasa itu

    ReplyDelete
  17. Sekali kuliah dua gelar didapat sekaligus, keren. Apalagi punya gelar dari Universitas of Arizona sekaligus! Gak harus ke Amerika, kuliah di Jakarta kalau di Sampoerna University bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya lebih praktis tetapi mantap buat bekal masa depan ya Teh dalam meniti karir, karena dua gelar yang bisa diraih.

      Delete
  18. Public speaking nih emang penting banget dan jadi salah satu kendala juga buat sebagian orang. Rasanya percuma punya ide ini itu tp kurang bisa mengkomunikasikanya ke orang lain bahkan di depan umum. Seneng banget mulai banyak kampus yg menerapkan kurikulum internasional biar lulusan sarjana kita nggak kalah sama org luar ✨

    ReplyDelete
  19. Wah, baru tahu kalau Sampoerna sekarang juga concern ke dunia pendidikan. Keren nih.

    ReplyDelete
  20. Sampoerna University ini termasuk salah satu kampus yang sudah dibidik-bidik oleh salah seorang kerabatku Mbak. Sepertinya memang program-programnya bagus ya.
    Memang di era sekarang, kemampuan komunikasi, presentasi jadi hal penting yang gak boleh diabaikan. Karena salah satu keunggulan orang-orang di luar sana adalah mampu menyampaikan pemikirannya dengan baik dan berdasar. Jadi anak-anak Indonesia pun gak boleh ketinggalan untuk urusan yang satu ini ya.

    ReplyDelete
  21. Kiprah sampoerna memang wow !
    Mencetak generasi unggulan yang siap bersaing secara global.
    Jadi nambah wawasan tentang kurikulum internasional..

    ReplyDelete
  22. Semoga yg sudah punya anak diberikan rezeki yg melimpah agar bisa menyekolahkan anaknya di sekolah berkualitas ya kak

    ReplyDelete
  23. Berarti Sampoerna University ini benar-benar mengakomodasi kebutuhan kurikulum internasional ya mba. Ngga usah ribet-ribet ke luar negeri buat dapat pendidikan yang bagus.

    ReplyDelete
  24. memang ya yang saya perhatikan juga anak-anak yang sekolah dengan kurikulum internasional itu banyak kelebihannya diantaranya pintar berbahasa asing

    ReplyDelete
  25. Sampoerna University Keren ya Mba punya program-program yang bagus juga. Kemampuan berbahasa, public speaking emang penting sih perlu diperdalam memang. Semua ada di Sampoerna University, rekomended nih belajar di sini

    ReplyDelete
  26. Sampoerna ini banyak programnya ya. Ada olahraga, beasiswa, dan sekarang ada sekolah internasional. Terimakasih sharingnya Kak.

    ReplyDelete
  27. Wow.... keren ini. Kurikulum International yang terapkan didunia pendidikan pastinya akan banyak merubah pola pikir dan pola belajar anak didiknya ke yg lebih baik. Mengajarkan anak didik menjadi generasi yang kreatif dan inovatif serta alumninya berdaya saing tinggi.

    ReplyDelete
  28. yang paling terasa dengan sekolah di sekolah atau kampus berkurikulum internasional adalah dari sisi bahasa, akan sangat improve bahasa kita misalkan bahasa Inggris. Setelah itu adalah mindset pasti akan terbentuk lebih open minded dan lebih luas lagi pola pikirnya

    ReplyDelete
  29. menurut aku sebuah kesempatan yang bagus banget kalau bisa bersekolah standar internasional karena banyak peluang bagus untuk bersaing secara global. Keren Sampoerna University.

    ReplyDelete
  30. Generasi Alpha ini memang kritis kritis sekali ya cocok banget kalau kurikulumnya Internasional sesuai perkembangan jamanlah yaah, karena sekolah yang baik ya fokus dengan bakat yang diminati saja jadi ga banyak waktu yang terbuang yakan.

    ReplyDelete
  31. sekolah atau kampus dengan basis internasional saat ini memang menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan mulai dari kemampuan bahasa asing, pola pikir, koneksi, dan lainnya bakal didapat secara lebih baik dan lebih luas lagi

    ReplyDelete
  32. Universitas Sampoerna ini sudah terjamin kualitasnya ya, kurikulumnya juga standar internasional ya. Anak-anak jadi bagus bahasa Inggrisnya, public speaking juga keren ya karena terbiasa presentasi di sekolah dan kampus

    ReplyDelete
  33. Sampoerna University ini ternyata dari usia TK juga ya?! Kirain cuma lulusan dari SMA aja. Keren banget pasti kalo sekolah di Sampoerna University dari jenjang TK sampe perguruan tinggi. Pasti lulusan bakalan matang siap bersaing secara global. Mantap banget ulasannya

    ReplyDelete
  34. Di era saat ini sekolah di kurikulum.inter tepat sih menurutku lho yaa....karena matrrinya bagus, anak2 diajak mandiri dibiasakan presentasi dan berbahasa english

    ReplyDelete
  35. Sampoerna University salah satu PT terbaik di Indonesia yang menerapkan suasana belajar yang nyaman dengan kurikulum bertaraf internasional. Jadi pengen kuliah di Sampeorna University

    ReplyDelete
  36. Tertarik banget sama Sampoerna University ini. Nanti omongin ke si sulung ah.

    ReplyDelete
  37. wah langsung nih di komen oleh yang pernah kuliah dengan kurikulum internasional. ternyata emang bener ya matkulnya khusus aja yang kita minati gak ada yang lain. noted banget deh aku mau anakku kelas kuliahnya di sampoerna university aja.

    ReplyDelete
  38. Sampoerna university udah jadi pilihan tepat sih untuk kuliah anakku kelak. berkurikulum internasional dan udah pasti anakku nanti punya skill berkompetensi global ya

    ReplyDelete
  39. Pernah lihat gedung / kampusnya dri depan.
    Kapn ya bisa sekolah disni, pengen banget, pas baca info diatas fasilitas nya lengkap dan kurikulum internasioanl yang berkompeten,.

    ReplyDelete
  40. Jika penerapan kurikulum internasional ini bisa diaplikasikan dengan baik maka banyak sekali manfaatnya yha. Pengennya institusi pendidikan kita semua sudah bisa mulai menerapkan juga nih.

    ReplyDelete
  41. Persaingan SDM di masa mendatang sepertinya akan semakin ketat, mengingat dua tahun terakhir ini PHK terjadi di mana-mana dan jumlahnya besar pula, kan? Makanya untuk anak-anak dan generasi mendatang perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya bisa memiliki kompetensi yang unggul.

    ReplyDelete
  42. Jenjangnya lengkap ya, Sampoerna Academy. Baru tau ada Fakultas Seni juga di Universitasnya. Lulusan sekolah internasional umumnya bisa bersaing ya krn jago Inggrisnya

    ReplyDelete
  43. Bagaimana dengan biayanya ya Mbak? Sekolah bagus kan biasanya tinggi biaya. Walau sebenarnya sesuai dengan outputnya, tapi tetap jadi pertimbangan.

    ReplyDelete