Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Bismillah,


Apa saja persiapan yang harus dimiliki ketika sahabat lendyagasshi memasuki dunia kerja di era kompetensi global saat ini?

Hola sahabat lendyagasshi.


Rasanya euforia lulus kuliah dan menerima toga saat wisuda itu gak benar-benar bisa bertahan lama kalau kemudian selama beberapa bulan berikutnya, secara otomatis, kita semua kudu masuk ke era baru, yakni dunia kerja.

Sebagai yang pernah mengalami kegalauan saat dunia kerja ini sudah ada di depan mata dan gak mungkin untuk mundur lagi, maka mau tidak mau, aku harus menghadapinya dengan berbagai perjuangan yang ada. Beruntung, saat kuliah meski aku tidak aktif di dunia organisasi kampus, namun aku suka sekali belajar bahasa, sehingga bisa menjadi salah satu point lebih dalam kompetensi bekerja dari seorang fresh graduate.

Saat memasuki dunia kerja, aku bisa menambahkan catatan portofolio sebagai nilai plus saat melamar kerja. Kali ini aku mau bahas, sebenernya apa yang disukai pihak perusahaan dalam mencari pekerja di era kompetensi global saat ini?

Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Dengan Kompetensi Bekerja Global




Apa yang Disukai Perusahaan dari Seorang Fresh Graduate?

Ini yang selalu menjadi pertanyaanku ketika akan melamar kerja. Apa yang bisa membuatku terpilih ketika menjalani serangkaian tes untuk memasuki dunia kerja?

Seperti yang sahabat lendyagasshi ketahui, persaingan di dunia kerja bukan hanya dari kamu lulusan mana, IPK berapa sampai masa kuliah berapa lama serta pengalaman berorganisasinya apa saja, tapi lebih dari itu, perusahaan menyukai fresh graduate dengan skills dan kompetensi bekerja sebagai berikut.


Memiliki Semangat yang Tinggi

Ya, baru lulus kuliah dan namanya ditempelin gelar baru di belakangnya membuat fresh graduate memiliki semangat yang tinggi dan menggebu. Untuk mencari kerja dan memilih jenis pekerjaan yang idealis, tentu dilakukan dengan sepenuh hati.

Dari mulai mempersiapkan CV (Curriculum Vitae), ijazah, transkrip nilai, surat lamaran kerja, melampirkan pas photo terbaru, menyertakan portofolio dan identitas pribadi, semua dilakukan dengan sebaik mungkin. Serta memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki.


Senang Belajar Hal-hal Baru

Memasuki dunia kerja adalah sesuatu yang baru bagi seorang fresh graduate. Selalu ingat bahwa selalu ada langkah pertama untuk memulai langkah berikutnya. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa para pencari kerja sangat menyenangi seorang fresh graduate yang penuh semangat dalam mempelajari hal-hal baru.

Bisa jadi pelatihan ini akan menjadikan ia seseorang yang handal di pekerjaan tersebut atau membuka peluang baru dalam menggapai posisi karir yang lebih baik di perusahaan tersebut.

Sehingga, rajin-rajinlah mengikuti berbagai pelatihan saat berada di dunia kerja, siapa tahu bisa meningkatkan value kompetensi bekerja kamu juga, kan..?


Memiliki Ide-ide yang Fresh

Anak muda, fresh graduate atau yang bisa dibilang masih hangat-hangatnya ilmu yang ia kuasai sesuai bidangnya, akan membawa dampak yang baik bagi sebuah perusahaan yang merekrutnya. Akan muncul banyak ide-ide inovatif yang membangun dan memajukan perusahaan tersebut.


Mudah Menerima Masukan

Biasanya, seorang pegawai fresh graduate ini selain memiliki ide-ide cemerlang, memiliki jiwa kompetitif dan juga mudah menerima masukan atau feedback dari senior atau atasan di kantor. Hal ini adalah sesuatu yang disukai dari sebuah perusahaan agar terbentuk teamwork yang solid dan kompak.


Bekerja dengan Sungguh-sungguh

Perusahaan mana yang suka melihat pegawainya malas-malasan?
Tentunya tidak ada ya..

Salah satu karakteristik seorang fresh graduate yang disenangi perusahaan adalah selain selalu optimis dan positif dalam menerima masukan, biasanya mereka juga sangat bersemangat dalam bekerja. Semangatnya ini tentu akan membawa kebaikan dan peningkatan kinerja sebuah perusahaan.

Apa itu Kurikulum Internasional dan kaitannya dengan kompetensi bekerja





Belajar di Indonesia dengan Pendidikan Internasional

Meski belajar di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan sebagai seorang fresh graduate bisa diterima di perusahaan internasional. Maka untuk mewujudkan hal tersebut, sedari awal saat menentukan tempat kuliah dan jurusan yang diminati mempertimbangkan kuliah di universitas yang memiliki standart dan kurikulum internasional

Memilih pendidikan internasional adalah salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Karena jaminan dari universitas tersebut telah memiliki fresh graduate dengan kompetensi bekerja yang bisa diandalkan.


Rekomendasi Universitas dengan Kurikulum Internasional

Standar kurikulum internasional ini telah diterapkan pada Sampoerna University. Dengan Amerika Serikat sebagai acuan standart dunia pendidikan, maka memilih Sampoerna University adalah salah satu pilihan universitas terbaik. Dengan berbagai Fakultas yang ada seperti di fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Seni dan Sains. 

Sampoerna University juga berkolaborasi dengan University of Arizona di Amerika dengan program Double Degree, yakni seorang mahasiswa berkesempatan mendapatkan gelar sarjana dari dua kampus yang sama-sama diakui, baik dari University of Arizona maupun gelar dari kampus Sampoerna University. 

Program Double Degree ini bisa dijalankan dengan transfer kredit mata kuliah yang sedang diambil di Indonesia dengan kredit mata kuliah yang akan dipelajari di Amerika tanpa harus meninggalkan Indonesia, artinya belajar selama 4 tahun di Jakarta akan lulus dengan dua gelar yaitu Gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University. 

Untuk masalah biaya pendidikan di Sampoerna University terbilang terjangkau apalagi dengan jaminan mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat.



Kesimpulan

Sampoerna University menggunakan kurikulum internasional yang dirancang sesuai dengan karakteristik anak zaman sekarang yakni anak-anak yang dekat dengan dunia digital, mudah paham teknologi dan pembelajar yang cepat. Dengan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak maka mempersiapkan masa depan anak agar berwawasan global dan memperoleh pendidikan yang berkualitas serta dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dengan bekal kompetensi bekerja yang diperoleh selama masa pendidikan.

Lulusan pendidikan internasional di Sampoerna University


Berdasarkan data yang ada, lulusan Sampoerna University sebanyak 94 persen telah memperoleh pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan berkat kurikulum internasional dan soft skills relevan yang diajarkan di Sampoerna University. Fresh graduate dari Sampoerna University jaminan dibutuhkan oleh perusahaan nasional dan juga perusahaan internasional. Maka, bisa disimpulkan bahwa dengan bergabung bersama Sampoerna University akan membuka kesempatan bagi para fresh graduate untuk mampu bersaing menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global.



Salam hangat,



77 comments for "Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja"

  1. Keren ya kurikulum internasional yang diadopsi Sampoerna university ini, beneran memfasilitasi lulusannya untuk segera bekerja.
    Karena zaman now cari kerja itu susah, persaingannya juga luar biasa

    ReplyDelete
  2. Kurikulum yang nyambung sesuai dengan karakteristik anak sekarang, terkait dunia digital, IT dan pembelajaran yang cepat tentu membuat mereka siap memasuki dunia kerja nanti. Sampoerna University tepat dipilih nih!

    ReplyDelete
  3. Mengasikkan kampus dengan pendidikan internasional ini, karena jadi bersemangat buat para mahasiswanya gali ilmu dan tingkatkan kemampuan diri. Dan lulusannya bisa punya 2 gelar 🤩

    ReplyDelete
  4. Akhir-akhir ini aku sedang rajin gugelan soal perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk si sulung yang tahun ini in sya allah lulus SMA dan melanjutkan kuliah. AKu sempat sih menginjungi laman Sampoerna University. Kebetulan di sana ada prodi DKV juga. Keren ya pakai kurikulum internasional. Sehari2 menggunakan bahasa Inggris. Lulusnya juga lebih cepat denga presentase perolehan pekerjaan cepat juga. TFS mak Lendy.

    ReplyDelete
  5. Apa benar fresh graduate mudah menerima masukan? Kok aku malah merasa kadang nemu aja pegawai fresh graduate tapi idealismenya tinggi banget Gusti Nu Agung..! Atau mungkin karena kebanyakan hampir yang aku temui itu anak teknik?

    By the way, ini kok keren banget sih Sampoerna University, bisa lulus dengan double degree.. jadi bisa mendapatkan wawasan dan kesempatan seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  6. bener banget mba lendy, namanya juga fresh graduate, masih fresh masih semangat kerja. pendidikan yang mendukung kompetensi pasti membuat seroang fresh graduate jd incaran banyak peruahaan

    ReplyDelete
  7. Sepertinya sudah seharusnya metode pembelajaran di lembaga pendidikan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Salah satunya yaitu dengan menerapkan kurikulum internasional. Seperti yang telah dilakukan oleh Sampoerna University dalam mencetak lulusan-lulusan berkualitas yang mampu bersaing secara global.

    ReplyDelete
  8. Semoga informasi tentang Sampoerna University ini semakin meluas ya teh lendy.. Kualifilasi lulusannya yang banyak dicari peluang kerja zaman sekarang, disamping gelar dari USA yang dikantongi.
    Pun saya yakin alumninya lebih dari mampu untuk menginsiasi bisnis sendiri.

    ReplyDelete
  9. Saya merasakan euforia itu. Udah ngebayangin kalau lulus bakal kerja di mana. Alhamdulillah gak nganggur lama. Tapi, tetap aja deg-degan setiap kali ikut tes kerja. Belajar dari pengalaman, saya ingin anak-anak lebih siap secara skill dan mental. Apalagi sekarang persaingan semakin ketat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut ya dengan Sampoerna University karena mampu menangkap kebutuhan saat ini. Harapannya lulusan dari Sampoerna University bisa cepat dapat kerjaan dan mampu bersaingan secara global

      Delete
  10. Pengalaman dulu ketika merekrut fresh graduate untuk bergabung dengan tim, memang seneng rasanya liat mereka yang mempunyai semangat luar biasa dan mau beradaptasi dengan belajar hal-hal baru di dunia kerjanya. Salut kepada lembaga pendidikan yang bisa menyiapkan lulusannya untuk well prepare memasuki dunia pekerjaan

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak.. euforia setelah lulus kuliah itu rasanya gabisa bertahan lama karena kita dituntut untuk segera siap menghadapi dunia yang nyata alias dunia kerja. Apalagi sekarang dunia kerja sudah semakin berkembang dengan adanya kompetisi global, kompetensinya jelas harus diasah sejak masa kuliah..

    ReplyDelete
  12. Setuju. Fresh graduate disukai karena hal2 di atas. Apa lagi kalau dilengkapi dengan skill yang bagus. Idaman, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga fresh graduate memang diandalkan juga sebagai warna baru di tempat kerja, apalagi keterampilan yang mumpuni dimiliki

      Delete
  13. waw keren juga ya 94%nya udah diterima kerja kurang dari 3 bulan. Kurikulum internasional berarti sangat membantu menyiapkan mahasiswa yang punya karakteristik dunia kerja sehingga mereka bisa langsung kerja dan siap bersaing ya

    ReplyDelete
  14. Wih asyik kyknya, kuliah di Indonesia tapi punya kesempatan dapat gelar dengan gelar yg sama kek universitas di Amerika.
    Zaman sekarang emang udah mulai mempersiapokan bersaing gak dengan org2 lokal tapi juga lingkup global ya.
    Makanya kudu kerja keras juga supaya punya skill yang beda juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fresh graduate tu biasanya masih idealis dan banyak ide segar, makanya sebagian perusahaan ada yang suka rekrut. Memang membangun kompetensi global itu tergantung dmn dia menimba ilmu ya. Selagi msh ada jalan dan kesempatan makan kudu dimanfaatkan baik2.

      Delete
  15. Kurikulum Internasional ini sangat bagus diterapkan, agar nantinya siap kerja, karena sudah dibekali dengan skill yang berlaku secara global. Misalnya penerapan bahasa inggris yang nantinya jadi nilai tambah. Selain itu, kerena sudah terbiasa dengan pembelajaran yang diberlakukan di internasional, maka terbuka sekali peluang bekerja di luar negeri.

    ReplyDelete
  16. Sekarang saja banyak lulusan yang belum diterima bekerja, itu sebabnya penting membekali diri dengan kuliah di universitas dg kurikukum internasional

    ReplyDelete
  17. Anak sulung ku nih yang sedang berada dalam proses ini. Akhir Desember 2022 lulus dan sekarang lagi pelan-pelan merangkak menemukan tempat kerja yang tepat. Dan itu butuh perjuangan yang tidak sedikit karena persaingan di luar sana, sekarang, sudah luar biasa. Rangkaian tuntutan untuk fresh graduate sangat menantang. Persis seperti apa yang Lendy uraikan di atas. Menjaga agar tetap berpikir positif dan mempertahankan semangat juga jadi pe-er buat saya sebagai orang tua.

    ReplyDelete
  18. Betul banget nih, fresh graduate itu banyak potensi yang dimiliki tidak semata pengalaman saja yg dibutuhkan. Meskipun itu penting tapi kalau selama kuliah sudah dapat ilmu dan pelatihan yg setara internasional pasti gak bakalan kalah sama yang senior yang berpengalaman

    ReplyDelete
  19. Keren ya sampoerna, gak hanya mendorong kemajuan UMKM juga mendukung pendidikan di Indonesia
    Sampoerna paham, tantangan generasi mendatang gak hanya di dalam negeri juga persaingan di dunia global
    Jika mereka berhasil, maka banyak masalah di dalam negeri bisa teratasi

    ReplyDelete
  20. Dalam dunia kerja ke depannya ini sebenarnya persaingan makin luas ya, bukan hanya dengan sesama warga lokal/seprovinsi, tapi lebih luas, saingannya bisa jadi sedunia (internasional) makanya kita perlu juga kurikulum internasional supaya berdaya saing lebih besar ... eh benar nggak sih? :)

    ReplyDelete
  21. mempersiapkan diri memasuki dunia kerja memang harus dilakukan sejak dibangku sekolah yaa. karena dengan demikian anak akan mudah beradptasi dengan lingkungan yang nantinya akan menjadi lingkungan kerjanya juga. makanya perlu didukung dengan kurikulum internasional agar anak berpikiran global

    ReplyDelete
  22. Salut banget ya dengan Sampoerna University ini. Para lulusannya dapat kerja sebanyak 94% pasca 3 bulan lulus. Ini angka yang luar biasa.

    ReplyDelete
  23. memasuki dunia kerja internasional membutuhkan skil atau kompetensi global. dan salahs atu untuk mendapatkannya adalah sejak awal sudah memasuki sekolah atau kampus yang mempunyai standar kurikulum internasional. hal ini akan sangat berpengaruh besar karena membuat kita lebih mudah memasuki dunia global baik itu kerja ataupun pendidikan

    ReplyDelete
  24. Kalau udah bekerja dengan sungguh sungguh, kesuksesan terlihat di depan mata ya. Apalagi kalau dapat pendidikan kurikulum internasional. Wah siap kerja banget nih

    ReplyDelete
  25. Nah kuliah di kampus Sampoerna University nih pas banget menurutku. Mereka menggunakan teknologi terbaru untuk proses belajar biar kita bisa mudah mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja di era yang serba pakai teknologi ini....

    ReplyDelete
  26. Kuliah di Sampoerna University adalah pilihan yang tepat untuk memasuki dunia kerja global ya teh
    Sebab kampus ini menggunakan kurikulum pendidikan internasional ya

    ReplyDelete
  27. ide2 fresh itu biasanya memang disukai sama pemimpin atau bos kantor yaa mba, makanya kudu kreatif juga sebagai pekerja.. setuju juga dengan semua saran di atas termasuk mencari kurikulum internasional sebagai pintu gerbangnya

    ReplyDelete
  28. menempuh pendidikan dan terus mengasah keterampilan diri akan sangat diperlukan jika ingin bersaing di tengah kompetisi global.
    Nah, kuliah di Sampoerna University bisa jadi pilihan terbaik untuk mengasah kompetensi global dengan kurikulum internasional

    ReplyDelete
  29. Saya juga pernah tentang Sampoerna University soal program kuliah yang ditawarkan sudah mengadopsi kurikulum internasional. Keren sih. Jadi benar-benar mempersiapkan lulusannya sesuai standar kompetensi global

    ReplyDelete
  30. Boleh juga ini dibaca sama anakku yang SMK karena dia meski akan melanjutkan kuliah, sudah mulai bergaul dalam dunia kerja, PKL. Jadi tahu hal ini pun bikin tambah wawasan deh

    ReplyDelete
  31. aku belum pernah sekolah yang pakai sistem kurikulum internasional. cuma pernah ngerasain program RSBI setahun waktu SMA dan semua pelajaran emang pakai bahasa inggris. jadi berpikir kayaknya seru ya nyekolahin anak kita pakai kurikulum internasional, selain bikin fasih bahasa inggris, poin utamanya tuh mengasah potensi bukan cuma hafalan aja.

    ReplyDelete
  32. Mantap ya, 3 bulan lulus kuliah langsung dapat kerjaan. Ini cocok banget buat muda mudi yg pengennya habis kuliah dapat cuan gak pakai lama.

    ReplyDelete
  33. Huhuhu, telat nih dpet info ini. Adek baru aja masuk kampus soalnya, padahal keren gini kurikulum di sampoerna university

    ReplyDelete
  34. Fresh graduate memang masih banyak ide dan segar segar. Semangatnya masih tinggi makanya banyak perusahaan suka.

    ReplyDelete
  35. Lulusan jadul kurang mempersiapkan diri dlm hadapi dunia kerja, jadinya tiba masa tiba akal. Zaman now, kita bisa belajar banyak dari internet bahkan bisa merancang akan menjalani kurikulum yg bagaimana - kurikulum internasional misalnya agar bisa bersaing di dunia internasional juga.

    ReplyDelete
  36. Kurikulum internasional yang digunakan oleh Sampoerna University ini menarik banget, karena membuat kualitas pendidikannya semakin baik.

    ReplyDelete
  37. Sampoerna University menjadi pilihan kampus terbaik dalam mempersiapkan para lulusannya ya, Kak Lend. Dengan kurikulum Internasional yang ala Amerika Serikat nggak heran sih lulusannya sat set dapat pekerjaan ya

    ReplyDelete
  38. Nah bener banget. Fresh graduate akan sangat disukai jika seperti ini. Oh iya, satu lagi nih kutambahin: adaptif, tenaga kerja harus bisa beradaptasi dengan dunia kerja masa kini yang jelas berbeda dengan dulu. Makanya, perlu belajar di tempat yang mengasah kemampuan itu seperti di Sampoerna University.

    ReplyDelete
  39. Aku dulu mikir kerja itu modal ijazah, tapi sekarang bisa lebih. Skill, pengalaman organisasi, ini juga dibutuhkan. Kurikulum internasional kurasa juga oke kalau kita pakai

    ReplyDelete
  40. Euforia wisuda hanya sekejap saja dibanding kerasnya memasuki dunia kerja. Itulah mengapa jaman dulu saya pilih kerja dulu sebelum wisuda, nambah pengalaman buat modal di CV. Kalau jaman now tentunya gak cuma pengalaman aja, tapi harus memiliki kompetensi yang memang dibutuhkan dunia yg bergerak ke arah globalisasi.

    ReplyDelete
  41. Yoiiii skills dan kompetensi pentiiing banget saat memasuki dunia kerja. Di kantor suami lulusan S1 sampai S2 dari kampus ternama bejibun melamar (termasuk kampus yg sering dibangga-banggakan oleh orang seantaro negeri), tapiiiii pas tes, atau pas udah mulai masuk kerja, gagal untuk diperlama jadi karyawan. Duh ga enak diceritakan.... Yang sukses masuk dan awet justru lulusan universitas lain, yang skillsnya ternyata hebat buanget!

    Nah, kampus Sampoerna Academy ada di BSD nih, di kawasan tempat aku tinggal. Udah dengar dari lama kalau sekolahnya tuh unggul dalam banyak hal, daaan banyak ortu yang incer buat anaknya.

    ReplyDelete
  42. anak saya baru kelas 5 SD. tapi sejak sekarang saya sudah sounding dengannya tentang minat, bakat serta potensinya. kadang memilih universitas nantinya bukan sekadar kuliah semata. melihat profil sampoerna university ini saya tertarik. semoga nanti bisa menjadi pilihan anak saya

    ReplyDelete
  43. Pilihan terbaik nih campus yah, karena memang harus banyak bekal untuk hadapi kompetensi global ini yah, apalagi untuk yang baru memasuki dunia kerja.

    ReplyDelete
  44. aku dan suamiku sangat serius mengenai kesiapan anakku, darell untuk bekerja nanti, makanya pendidikannya harus dimaksimalkan kalo bisa sih dengan basic kompetensi global

    ReplyDelete
  45. beberapa waktu lalu aku baru tau kalau CV utk lamar kerja zaman now itu keren2.. Desain pakai Canva jadi tjakep2. Kok jadi njomplang amat CV-ku zaman dulu yang pakai word yaa heheheh. Jadi kepikiran anak yg sekarang baru kelas 1 SMP (hehehe), ntar gimana di masa depan yaaa... Eh tapi yakin sih, setiap manusia pasti akan ada jalannya. Pastinya si ortu dan anak juga sama2 berusaha.

    ReplyDelete
  46. Aku jadi pengen nyarani adikku yang udah di kelas 3 bangku SMK. Kalau mau kuliah, ada baiknya pilih Sampoerna University.

    ReplyDelete
  47. Wah keren ya univ sampoern prosentase yg diterima kerja tinggi banget. Memang anak2 sekarang harus banget dibekali dengan skill dan ilmu yg beragam. Apalagi kuliah sgn kurikulum internasional pasti jaminan mutu ya mbqk

    ReplyDelete
  48. Dengan kuliah di Sampoerna University, fresh graduate pun tetap dapat tempat di dunia kerja. Kurikulum internasional dan kerjasama yang dilakukan dengan University of Arizona dengan program Double Degree, anak Indonesia nggak perlu lagi jauh jauh kuliah ke luar negeri ya

    ReplyDelete
  49. Betul Mbak Len, yang disukai dunia kerja itu ga hanya hard skill tetapi soft skill karena kan kita bakal bekerja dengan manusia lain. Butuh kolaborasi, komunikasi, semangat kerja juga.
    Itulah pentingnya kuliah jangan kupu kupu alias kuliah pulang, kuliah pulang. Diimbangi dengan melatih soft skill misalnya ikut organisasi atau magang.

    ReplyDelete
  50. Waw unik sekali, kuliah di Jakarta, namun bisa memperoleh gelar yang terakreditasi dari Amerika, tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika nya. Tentu ini jadi nilai plus bagi lulusan Sampoerna University yang akan memasuki dunia kerja. Selain hardskill nya bagus, softskill nya juga terasah

    ReplyDelete
  51. tooosss Mbak, saya juga dari dulu sampai sekarang sukanya belajar bahasa, setidaknya tahu sedikit tentang dasar-dasar beberapa bahasa asing.
    asyik banget ya kalau bisa kuliah di universitas yang telah menerapkan kurikulum internasional apalagi bisa merasakan double degree gitu ya, pengalamannya sungguh tak terlupakan untuk jadi modal besar bersaing di dunia kerja di era global ini :)
    jadi pengen deh kuliah di Sampoerna University hhehehh

    ReplyDelete
  52. Fresh graduate banyak dibutuhkan karena memang perusahaan butuh orang2 baru dengan skill.lebih baik lagi walaupun nih kadang para fresh gradute kebnyakan penuh dengan ideliasme yang kadang merepotkan hihi

    ReplyDelete
  53. Persaingan kerja saat ini makin ketat. Nggak salah jika orangtua menginginkan anak-anaknya memiliki skill yang bisa digunakan nantinya saat tes mendapatkan pekerjaan. Mengikuti pendidikan di Sampoerna University ini bisa menjadi salah satu cara orangtua mempersiapkan anaknya agar bisa bersaing di dunia kerja nantinya

    ReplyDelete
  54. Kurikulum internasional yang diterapkan di Sampoerna university cocok banget buat anak2 generasi sekarang ya mba. Apalagi ada internship ya. Nantinya anak2 bisa lebih siap menghadapi dunia kerja

    ReplyDelete
  55. 5 Keunggulan fresh graduated di atas agak sulit dicapai pelajar di kampus konservatif, kayaknya. Banyak yang punya tapi lebih banyak yang asal kerja saja. Kalau kuliah dengan kurikulum internasional, nah ini, saya yakin banget akan dimiliki. Karena kurikulumnya memang didesain untuk itu.
    Mupeng bener baca ini, pengen anak kuliah di sini.

    ReplyDelete
  56. Kalau dalam negeri ada kampus dengan kurikulum internasional sekeren Sampoerna University, gak terlalu sedih lah ya semisal gagal kuliah ke kampus luar negeri. Hehehe. Yang penting kan hasil akhirnya. Anak-anak lulusan SU juga dipertimbangkan banget di dunia kerja.

    ReplyDelete
  57. Di era globalisasi saat ini emang wajib banget meningkatkan kompetensi dan skill biar bisa unggul dalam persaingan di dunia kerja yaa

    ReplyDelete
  58. Kurikulumnya International dari Sampoerna University keren. Kompetensi dan skill jika terus diasah bukan hanya bermanfaat dalam dunia kerja namun juga bisa membuka lapangan pekerjaan.

    ReplyDelete
  59. skill lain selain pelajaran, apalagi bahasa emang bermanfaat banget ya mbaa. apalagi kalau double degree. hehe

    ReplyDelete
  60. Selain persiapkan skill yg terpenting yaitu siapkan mental, karena mental kuat bisa bertahan di dunia kerja yang begitu keras kecuali lingkungan kerja support dan positif

    ReplyDelete
  61. Belajar hal baru itu memang jadi 1 hal yang bagus banget buat nambah pengalaman. Apalagi memasuki dunia kerja dengan hiruk pikuknya

    ReplyDelete
  62. Incredibly good accuracy inside this unique article. I personally took pleasure searching this

    ReplyDelete
  63. The site style is perfect, the articles is actually nice :D Good job, cheers

    ReplyDelete
  64. Im extremely impressed with your writing skills and also with the layout in your blog

    ReplyDelete
  65. Excellent quality writing, it is uncommon to see a nice blog like this one nowadays

    ReplyDelete
  66. Really amazed with your writing talent. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  67. Wonderful items from you, man. You’re making it entertaining blog.

    ReplyDelete
  68. This type of message I prefer to read quality content.

    ReplyDelete
  69. You completely match our expectation and the variety of our information.

    ReplyDelete


  70. it’s awesome article. I look forward to the continuation

    ReplyDelete
  71. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post. Best Reckless Driving Lawyers in Virginia

    ReplyDelete