Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dear David: Apakah Benar Potret Remaja Masa Kini?

Bismillah,


Review dan Sinopsis Film Indonesia, Dear David.
Hola sahabat lendyagasshi.


Kangen banget yang namanya review Film. Dari yang biasanya nonton Film Korea doank, kini sejak kenalan sama Netflix suka menggoda iman untuk mencoba nonton semua jenis film, gak peduli sama negaranya. Terlebih kalau Indonesia kan berarti.. lebih mudah untuk dipahami gitu kan ya..?


Related Post:
VIU vs Netflix
Review Film Mariposa (2020) - Tayang di Netflix


Dan tergodalah malam ini untuk menonton salah satu film Indonesia yang nangkring di jajaran Top 10 Netflix Movie yang paling direkomendasikan. Film ini berjudul Dear David dan baru aja tayang pada tanggal 9 Februari 2023.

Yang menghebohkan dari film remaja ini adalah plot ceritanya tergolong dewasa padahal para pemainnya masih berusia SMA. Sehingga banyak pengamat film berpendapat kalau film Dear David tidak membawa faedah untuk penonton remaja masa kini.

Masa siih?
Kuy, simak review dan sinopsis Film Dear David berikut ini.
Let's get it~

Review Film Indonesia terbaru, Dear David 2023




Profil Film Dear David (2023)

Judul : Dear David

Director Lucky Kuswandi
Penulis Winnie Benjamin
              Daud Sumolang


  Cast Film Dear David (2023) :  

Shenina Syawalita Cinnamon
Emir Mahira
Caitlin North Lewis

 
Genre : Youth, School, Romance
Release Date : 9 Februari 2023
Runtime : 118 minutes
Tayang di Netflix

Rating : ⭐⭐⭐/5


Sinopsis Film Indonesia Dear David (2023)

Seorang gadis remaja yang bernama Laras Sutanto (Shenina Syawalita Cinnamon) adalah siswa terbaik di SMA Cahaya. Ia penerima beasiswa sekolah dari tahun ke tahun dan telah mengharumkan nama SMA tempat ia menimba ilmu.

Namun,
Siapa sangka Laras sang ketua OSIS ini jago menulis juga.. Tulisan yang bukan sembarang tulisan loo.. Sesembak ini jago nulis fiksi ero yang ia unggah di semacam wattpad (atau blog??). 

Meski tulisannya hanya untuk konsumsi pribadi, namun judul yang sudah ia unggah sudah banyak dan semuanya bergenre ero. Parahnya lagi, karakter ero-nya adalah temen cowok sekelasnya sendiri yang bernama David (Emir Mahira).


Gempar Satu Sekolah Karena Unggahan Cerita Panas Laras

Siapa sangka keteledoran Laras saat mengunggah kisah terbarunya di Labkom sekolah saat pelajaran berlangsung mengundang kegemparan. Kisah Laras yang berjudul "Manusia Harimau" disukai banyak anak SMA seusianya hingga masuk ke sebuah portal gosip.

Dari yang hanya gempar satu kelas, satu sekolah hingga menyebar lebih luas lagi dan semua satu sekolah jadi kenal dengan sosok yang bernama David ini.

Emir Mahira, Sinopsis ending Dear David


Tadinya, David ini bukan siapa-siapa karena anaknya agamis banget, cupu banget, akhirnya mendadak semua cewek terpana dengan penampilan David. Pandangan yang berbeda ketika melihat sosok David yang menurut cerita fiksi ero-nya Laras adalah cowo atletis dengan dada bidang dan pria yang kuat.

Eaaa~

David juga jadi serba salah ketika namanya semakin populer karena unggahan cerita yang ternyata nama penulisnya tidak diungkap dalam setiap unggahan Laras, sehingga yang dikenal hanya sosok karakter fantasi Laras, tapi penulisnya, AMAN.


Laras dan Rahasianya

Tak ada rahasia yang benar-benar aman karena orang pertama yang curiga siapa penulisnya adalah David sendiri. Ia telah mengenal Laras sejak lama, karena sering bertemu saat misa di Hari Minggu. Dan beberapa dialog yang dikenal David berasal dari keseharian mereka saat gak sengaja berinteraksi di sekolah.

Akankah Laras mengaku bahwa dirinya yang menulis kisah ero tersebut?

Review ending Dear David 2023


Ya, Laras mengakui dan pada akhirnya Laras dan David malah bekerjasama untuk saling merahasiakan siapa penulis kisah tersebut. Sebagai gantinya, Laras harus jadi mak comblang buat David agar cintanya sama Dilla tersampaikan.

Emm, 
Kira-kira berhasilkah mereka menggapai apa yang mereka inginkan?



Dilla dan Rahasianya

Bukan hanya Laras dan David yang punya rahasia, tapi ternyata.. Dilla pun memiliki rahasia yang sulit ia ungkapkan. Kalau melihat gerak-gerik Dilla, pasti uda bisa nebak siih.. rahasia Dilla ini apa sebenarnya..?

Film Dear David tentang apa


Dan sedihnya, Dilla ini sama seperti Laras, di sekolah gak punya temen, namun karena Dilla ini cantik nan semlohay, ia menunjukkannya melalui sosial media sehingga heboh satu sekolah karena postingan Dilla yang terlalu 'berani' untuk seorang anak SMA.

Dan Dilla dulu pernah dekeeett banget sama Laras sebelum adanya sebuah tragedi yang membuat persahabatan mereka merenggang. Tragedi apa dan bisakah persahabatan mereka kembali seperti sedia kala?



What Should Friendship Do

Dalam perjalanan mendekatkan David dan Dilla, akhirnya hubungan persahabatan Laras dan Dilla kembali terjalin. Mereka ngobrol deep talk dan akhirnya sama-sama memahami letak masalah merenggangnya persahabatan mereka.

Karena Dilla dibully temen-temen satu kelas dengan disebut "pecun" (artinya, cewek yang bisa dipesen), tapi Laras sebagai satu-satunya temen deket Dilla malah gak belain apa-apa karena sibuk dengan aktivitas OSIS-nya.

Dilla sakit hati banget dan memutuskan untuk menjauh.

Ending explanation Dear David Netflix


Secara gak langsung, karena David-lah hubungan persahabatan Laras dan Dilla kembali terjalin. Dan hingga pada akhirnya David beneran bisa jadian sama Dilla.

Akankah rahasia mereka masih tersimpan rapih ketika semua berjalan sesuai rencana?




Kesan Nonton Dear David 

Agaknya memang Film Dear David ini cuma cangkangnya doank yang anak SMA, tapi jalan ceritanya udah jauh ke depan. Genrenya dewasa banget cuy!

Aku gak habis thinking anak SMA sekarang uda berani kisseu di area sekolah (adegan ending) dan rahasia yang disimpan Laras, David dan Dilla ini beneran kompleks banget. Kayanya lebih bagus kalau Film Dear David ini pemerannya gak dipakein seragam SMA deh..


Quote film Indonesia Dear David


Kita semua pernah kok, jadi orang gagal.
Kamu jadi anak Mama aja, itu uda cukup buat Mama.
Quote Film Dear David, 2023


Salah satu scene mengharukan adalah ketika Mama Laras menemukan bahwa anak-nya lah yang menulis kisah ero itu dan terancam dikeluarkan dari sekolah karena menyebarkan konten p*rnografi. Saat itu, Mama Laras yang memang single parent mengatakan bahwa ia tidak pernah menuntut Laras untuk melakukan hal-hal hebat. Laras cukup jadi anak Mama aja, itu sudah cukup.

Mendengar hal ini, Laras jadi terharu dan berani mengatakan bahwa ia memang bersalah karena membuatk konten yang meresahkan. Tapi ia gak mau disalahkan karena bukan Laras yang menyebarkannya. Justru ia menuntut keadilan agar baik dirinya dan yang menyebarkanlah yang harusnya sama-sama mendapatkan konsekuensi yang setimpal.



Penyelesaian Konflik yang Baik dari Dear David

Ending dari Film Dear David ini cukup memuaskan karena penonton bisa mengambil kesimpulan bahwa meskipun usia masih muda, gejolak anak SMA, tetapi mereka juga memiliki ranah pribadi atau privacy yang ingin dijaga. Gak seharusnya orangtua ataupun guru memaksakan ranah ini untuk dimasuki.

Sehingga, ketika Laras berani speak-up mengenai keadaannya dan pada akhirnya ia benar-benar menunjukkan kebebasan berekspresi akan dirinya.

Lega rasanya dengan ending kisah Dear David.



Trailer Dear David (2023) - Netflix


Cast Dear David Indonesian Movie : Shenina Syawalita Cinnamon, Emir Mahira, Caitlin North Lewis


Pesan yang terdalam bagi kita sebagai orangtua maupun tenaga pendidik bahwa penanaman pendidikan akhlak ini ditanamkan dari keluarga lalu lingkungan sekolah. Memilihkan pendidikan Home Education yang bisa diterapkan kepada anak sejak dini akan membantu anak remaja mengenali apa yang mereka inginkan beserta konsekuensinya.

Pondasi agama di sini sangat penting, sehingga ketika mereka melenceng, mereka tahu harus kemana untuk mengadu. Apakah kisah Dear David ini adalah potret remaja kita saat ini?


Semoga dengan tontonan, kita bisa terus belajar dan mengambil dari sudut pandang yang tepat ketika menghadapi situasi sepelik apapun. Bila sahabat lendyagasshi membutuhkan referensi mengenai Blog Homeschooling, bisa mengunjungi blog Dian Kusumawardani dan di sana ada banyak sekali aktivitas bonding bersama anak yang bisa dilakukan.

Tidak ada kata terlambat bagi orangtua untuk terus belajar dan menimba ilmu parenting dari berbagai sumber terpercaya.


Selamat Menonton.


Salam hangat,



46 comments for "Dear David: Apakah Benar Potret Remaja Masa Kini?"

  1. Film ini yang posternya banyak berseliweran di twitter dengan kreativitas netizen. Kalau ingat masa SMA, enggak jauh2 dari PM (pedalaman materi) untuk masuk ke PTN hehe. Kalau untuk masa sekarang menjadi orang tua memang perlu usaha lagi untuk menjadi sahabat anaknya, dunianya udah beda.

    ReplyDelete
  2. Aku belum nonton padahal lagi heboh banget, ya. Sekilas dari trailer sih kayanya B aja hi hi hi ...

    ReplyDelete
  3. wah baru tau nama-nama aktor/aktrisnya,
    Barukah atau saya yang kudet?
    Eniwei baswei beberapa film Indonesia bergenre remaja emang terlalu "berani"
    Saya ngebandingannya dengan drama Korea genre remaja yang kisseunya gak seperti sedang "olahraga gulat" hahahha :D

    ReplyDelete
  4. Akutu kagettt ama Emir Mahira, kok udah gede ya doi.
    Dulu main d Garuda d Dadaku kan.
    Masih imuuttt, ehhh sekarang udah young adult ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  5. Selalu suka baca ulasan dan review mbak Lendy. Dari yang awalnya cuma tahu dari portal berita yg ngebahas Film barunya Shenina dan ga pemgen nonton, sekarang jd penasaran sama Dear David. Masukin list must watch dulu ahhh

    ReplyDelete
  6. Udah nonton trailernya, tapi masih ragu buat nonton, tadinya mikir film horor, makanya nggak pengen nonton, hahahaha, baca review Lendy, jadi terniat buat nonton. Dunia remaja memang penuh pernak pernik ya, jadi terkenang masa-masa SMA :)

    ReplyDelete
  7. wkwkwkwkw, akoh juga ketipu nonton film ini, gegara liat trailernya. Padahal ya hati nurani udah mengingatkan,
    "Rey, film Indonesia itu, kebanyakan nipu di trailer!"
    Dan begitulah.
    Akoh ngantuk nonton ini, trailernya menggadang-gadang tentang kehidupan SMA dari sisi lain, eh isinya pacaran doang, adegan-adegannya juga biasa ajah.

    Saya suka sih pesannya, di mana fantasi dewasa oleh semua anak SMA itu memang wajar. Tapi kok saya rasa masalah itu cuman pemanis, isinya pacaran anak sma kek biasanya hahaha

    ReplyDelete
  8. Sering sliweran flayer dari pilem ini bikin penasaran banget.. sedikit baca sinopsis gini udah g begitu penasaran.. makasih y kak infonya

    ReplyDelete
  9. Wah Iya, kalau baca ulasannya ini genre bukan buat remaja ya kak wkwkwk tapi itu sudah sekarang Karena kemajuan zaman anak-anak kog jadi lebih dewasa dari umurnya sih ckckck

    ReplyDelete
  10. Memang viral bgt sih film ini, tapi aku belum pernah nonton. Jadi makin pengen nonton euy!

    ReplyDelete
  11. Kalau liat berita yang banyak beredar, film ini belum seberapa dibanding potret remaja masa kini yang lebih parah (kayak yang diberitakan) ๐Ÿ˜ข

    terlepas dari positif dan negatif cerita dari film ini, aku cuma mau komen soal sinematografinya yang entah kenapa kayak bukan nonton level film, tapi sinetron

    dan entah kenapa aku ga suka sama filmnya tapi bisa masuk top 10 ya, berarti banyak yang nonton, walau belum tentu juga yang nonton itu semuanya suka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. --> Potret remaja masa kini:
      *ga semua remaja, oknum aja.

      Delete
  12. Udah nonton juga... Bikin istighfar dan rajin-rajin berdoa semoga anak-anak dijauhkan dari pergaulan yang kaya gini... Penting banget ya bonding dengan anak...

    ReplyDelete
  13. Aku tertarik komen tehlen, iyaya kenapa dipakein seragam SMA. Kudunya jangan yaa. Anak2 SMA ke trigger nonton kaaan. Seliweran iklannya tp blm mau nonton karena kayaknya nggak seru ๐Ÿ˜†
    Dikupas di sini sama teh leen, yaaa serem banget pergaulan anak sekarang walau dulu jg ada yg gitu merinding ya Allah.
    Moga anak2 kita selalu dilindungi ya teh amiin

    ReplyDelete
  14. Iya, ramai banget nih filmnya dirundung di internet, mungkin cast nya saja kurang pas ya lebih baik sekalian usia kuliahnya saja biar lebih matang dan konfliknya lebih sesuai...ini dari watpad terkenal ya filmnya

    ReplyDelete
  15. Huhu, suka ngeri kalau ngomongin soal pergaulan dan gaya hidup anak muda jaman sekarang. Bahkan di Indonesia aja udah ada film 'sepanas' ini yaa sekarang.

    ReplyDelete
  16. Pemainnya bukan anak SMA teh, udah pada berumur jg..aku nonton film ini dan mm gimana yah rasanya tuh menurut aku pribadi film yg Ga banget..endingnya juga kok hah aja deh wkwkk

    ReplyDelete
  17. Bener ini memang potret remaja masa kini. Banyak penulis wattpad erotis yang usianya masih SMA. Sungguh miris karena imajinasinya sudah jauh.

    ReplyDelete
  18. Saya baru nonton sebentar di awalnya teh tapi belum lanjut. Baca review teh Lendy, kisahnya ini bukan sekedar cinta-cintaan anak SMU ya. Apalagi di dalamnya ada permasalahan anak remaja, sepertinya saya harus lanjut nonton biar paham seperti apa dunia anak muda sekarang ini. Semoga film-film berkualitas seperti ini makin terus diproduksi agar bisa mengedukasi juga.

    ReplyDelete
  19. Teh, ini film sempat rame di sosmed, jujur kepo sama ceritanya tapi belum ada mood buat nonton, eh aku nemu ulasan lengkap di sini.
    dan kayaknya sih ya, film ini mewakili bangetttt keadaan anak sekarang. Anak sekarang tuh cepet banget dewasanya. Faktor perkembangan zaman juga yak, makanya pondasi agama tuh penting banget.

    ReplyDelete
  20. Dear David...gak nyangka orang diam bisa berfantasi lebih dari yg kita gak duga untungny di unggah dalam tulisan ya teh...

    Aku beberapa kali lihat iklan nya lewat tapi belum tau jalan ceritanya jadi tertarik setelah baca ini

    ReplyDelete
  21. aku udah nonton mba Lend pas launching trus ngerasa kalau keberpihakan orang tua kepada anak dalam perihal seks ini ada di dua sisi, sangat terbuka yang udah pasti membuat si anak jadi explore banget ya, aku yang nonton aja agak maluu jadinya huhu

    ReplyDelete
  22. Setujuuu tidak ada kata terlambat untuk mau belajar mengerti anak, belajar jd orang tua yg baik dan mau mendengar keluh kesah anak...jadi pengen nonton kyknya seru baguss

    ReplyDelete
  23. Aku juga nonton gara2 penasaran nangkring di top 10. Tapi berasa kena zonk saat tahu sakitnya Dilla hahaha.
    Ternyata gini ya lingkup anak SMA yang ngga pernah kita alami.

    ReplyDelete
  24. Wah wah sekarang film dan serial Indonesia gak kalah asik untuk ditonton ya mba len

    ReplyDelete
  25. Wah aku jadi penasaran ini mau nonton juga, pengin lihat kemasan filmnya sih. Tapi ini kalau ku tangkap sekilas kayak si drama Korea yang baru kelar itu gak sih?

    ReplyDelete
  26. Dear David keren banget nih, pasti filmnya. Asli pengin nonton ini, karena real banget deh sama kehidupan nyata anak-anak remaja. Tidak ada rahasia yang benar-benar menjadi rahasia dan pendidikan akhlak itu memang penting banget.

    ReplyDelete
  27. Aku kira blog ini khusus drama Korea saja
    Ternyata tidak juga ya
    Hmm film Indonesia yang bikin aku pengen nonton
    Alasan utamanya karena make up pemainnya keren

    ReplyDelete
  28. Aku pernah nonton karena kepo, tapi pas liat openingnya jadi pusing dewasa sekaleee hehehe.. Untuk setaraf anak SMA, sepertinya agak gimana gitu, apa karena aku ketinggalan zaman ya. Baca reviewnya sebenarnya inti cerita bagus, cuma mungkin karena agak dewasa jadi bingung yang mau nonton.

    ReplyDelete
  29. castnya emang kece2 banget sih!
    dan iya berasa dewasa bgt. jadi inget kalo kdrama kan kalo pake baju sekolah ga boleh adegan kisseu ya, atau paling cup cup ajah.

    ReplyDelete
  30. Dari sinopsisnya iya sih, kayanya agak terlalu dewasa untuk diperankan oleh anak SMA. Kuliah tingkat akhir aja kayanya udah lumayan ngena gak sih? Apa nanti gak dapet gejolak anak muda-nya ya?

    ReplyDelete
  31. Ah ini nih yang kepengen aku tonton itu. Jujurly, ini bikin inget masa remaja dulu. Ada banyak juga nih di circle-ku yang begini. Bedanya dulu gak dipublish online. Hehe kudu nonton nih.

    ReplyDelete
  32. Your writing style has been amazed me. Thank you, quite great article.

    ReplyDelete
  33. Your personal stuffs is beautiful. All the time deal with it up!

    ReplyDelete
  34. Great goods from you, man. I have consider your stuff previous to and you're just too excellent

    ReplyDelete
  35. You make it enjoyable and you continue to care for to keep it smart.

    ReplyDelete
  36. I cant wait to learn much more from you. This is actually a great site.

    ReplyDelete
  37. It's a very helpful section of information. We're happy that you discussed this

    ReplyDelete
  38. I surprised with the analysis you made to create this particular publish amazing. Excellent activity!

    ReplyDelete
  39. Thus that’s why this article is outstanding. Thanks!

    ReplyDelete
  40. You are so awesome! I don’t think I’ve read through anything like that before.

    ReplyDelete
  41. So nice to find somebody with unique thoughts on this subject.

    ReplyDelete
  42. This website is one thing that is needed on the internet.

    ReplyDelete
  43. Maintain your wonderful work. Keep writing, man! Actually, I'm grateful for this amazing post you've got here. Well done!
    leyes de divorcio nueva jersey

    ReplyDelete