VIU vs Netflix

Bismillah,

Challenge dari grup Drama Korea dan Literasi kali ini adalah menyajikan pilihan menonton streaming yang asik. Antara VIU dan Netflix, sahabat lendyagasshi pilih yang mana?

VIU vs Netflix


Aplikasi menonton streaming ini gak aku banget sebagai drakorian. Awal suka drama, dari dulu prinsipku selalu download. Supaya apa?

Ya...
Supaya kalau sedang baper, bisa diulang-ulang lagi. Kan gak makan kuota tuh... Maklum yaa, dulu pan masih pakai kartu pasca bayar. Dan aku rela loo... gonta-ganti SIM Card hanya demi mendapatkan kartu paling murah dengan kuota paling besar.

Paling nostalgia pas rumahku masih di gang. Beli kartu apapun, selalu sinyalnya belok entah kemana. Jadilah, si HP ini aku jadikan router lalu aku taruh di genteng. Suatu hari, karena naruh HP di genteng ini banyak dramanya, dari mulai mendadak ada kucing masuk ke rumah sampai tikus dan berisiiiknya kelewat-lewat, akhirnya si HP aku taruh di halaman depan. Aku umpetin di motor.

Terus pas waktunya jemput anakku TK, aku lupa kalau naruh HP di motor. Jadilah HPnya ngglundung entah kemana. Huuhuu...kerjaan banget, memang.

Kapok?
Engga juga...karena menurutku, itu cara paling efektif saat itu.
**ada yang nanya gak...itu HP akhirnya gimana? Hhehehe~


Sekarang....
Di rumah yang saat ini aku tempati, selain tempatnya sudah bukan di gang, di area perumahan dan lebih privasi, kami ambil keputusan untuk langganan internet berbayar ajalaah...daripada cari-cari kartu SIM Card dengan kuota melimpah.
**bocoran niih...aku selalu pakai Smartfren, demi donwload drama anti-drama. Dimanapun sinyalnya oke dan harganya jauh di bawah kartu yang lain.

Karena aku dan suami sama-sama hobi menonton, hanya bedanya...suami semua jenis film ditonton. Anime, western bahkan Korea, kaya aku juga... Jadi kami sering banget diskusi mengenai drama atau film. Keseringan, suami nonton drama yang lagi airing dan rating tinggi, kecuali The World of Married, kayanya doi gak minat. Jadi waktu pertama kali minta langganan VIU, doi ga nolak.
**sok aja...karena waktu itu juga sekalian dapet dari sponsor, hehhee...hamdalah.

Baca sharingku di sini yaa...

Jadi uda lama banget doonk...langganan VIU?

Yap!
Sejak tahun 2017, cyiin...


VIU


Keunggulan VIU :

Selalu dapat notifikasi kalau ada drama baru

Bagiku, notif ini jadi sangat penting. Emm, mungkin bagi sebagian orang agak mengganggu yaa... Tapi aku happy, karena dari sini, aku jadi tahu, ada apalagi di VIU?

Dan notifnya pakai bahasa gaul loo...gak kaku nyebelin gitu. Jadi, masa terganggu?

"Cantik fisik, hatinya juga."
Tonton kisah penuh moral dengan banyak hikmah bersama VIU.

**gini contoh notifikasinya, manis yaah...


Ada fakta unik sembari menunggu masuk ke apps VIU

Emm, agak klise yaa...tapi info unik ini kadang jadi bikin aku tahu...oh ternyata si anu itu berkat aktingnya di drama ini jadi makin heiittss.. Nah, info unik ini juga bisa mengantarkanku tertarik sama drama itu.

Ini contoh trivia yang diberikan VIU.




Jadwal nonton VIU disajikan via IG

Bagi drakorian, nonton drama yang sedang airing, inilah hal yang paling mendasar. Jadwal tayangnya, gaeess... Gak boleh kelewat, nanti kurang gregetnya, hehehe...

Pantengin selalu IG VIU, ada banyak info drama terbaru mereka.





Mini sinopsis

Ya, di VIU tiap episodenya selalu ada semacam mini sinopsis yang bisa kita baca dulu sebelum mulai nonton. Salut banget deeh...
Jadi, kita dapat gambaran, ini drama seru gak siih...?


Terakhir ditonton

Selalu ada track record kita menonton. Jadi kalau mendadak lelah, bisa nonton lagi nanti. Gak perlu maksain dan nanti gak akan mengulang dari awal lagi. Ngabisin kuota kan tuuh...


Kategori Drama/Film
Ini yang paling asik siih...saat aku lagi pengen nonton yang mello, tinggal cari drama

Beberapa drama andalan, cuma ada di VIU

Ya, seperti drama yang kemarin baru aja menang di 56th Baeksang Arts Awards : The World of Married atau Stove League, cuma bisa sahabat lendyagasshi nikmati di aplikasi VIU.




VIU Original

Ini beberapa drama Indonesia yang dikeluarkan VIU dan disebutnya VIU Original. Meski aku jarang nonton, tapi ini seru juga loo...

**ini lagi happening banget di VIU Original, judulnya Pretty Little Liars.


Memilih VIU Premium, kenapa engga?

Karena hanya dengan Rp 15.000/bulan, kamu uda bisa menikmati keseluruhan movie, drama dan VIU Original tanpa jeda iklan. Puas bangeett...

Tapi aku karena orangnya keburu napsu, hahaha....jadi lebih seneng langganan per-tahun.
Kemarin habis perpanjangan lagi, Rp 200.000/tahun. Bayarnya bisa pakai apps di e-commerce kesayangan kamu atau via Gopay.

Tontonan yang ada di VIU

Drama Korea 
uda pasti, karena ada ini aku jadi langganan VIU. 
Yang terbaru : Sweet Munchies (Jung Il-woo), Kkondae Intern (Park Hae-jin), Fix You (Jung So-min), My Unfamiliar Family, When My Love Blooms.

Drama Jepang
Tokyo Love Story

Drama Asia (Mandarin)

Drama Thailand
My Buble-tea (Nickun 2PM)

Film (Indonesia, Thailand, Mandarin, Korea)
Juror 8, Love The King, Mal Mo E, The Gangster, The Cop, The Devil.

Acara Dokumenter Western

Variety Show Korea
Mom's Diary, 2 days 1 night, Running Man, Road to Kingdom, 3 Meals a Day, All the Buttlers, The Return of Superman, Men on Mission, Hangout with Yoo, The Law of Jungle, etc...)



Lalu...
Setelah puas dengan VIU, barulah muncul Netflix dalam hidupku. Duuh....mulailah masa-masa galau tak bertepi ini terjadi kembali.
Ijin kangmas gak niih...hihii~

Akhirnya karena bujukan (emm, gak perlu dibujuk juga siih... aku langsung gercep salah satu sahabat dari grup WB - Warung Blogger yang menawarkan), aku ikutan udunan (urunan) untuk langganan bareng. Enaknya, aku gak perlu pusing gimana cara bayar perpanjangannya. Cukup transfer bulanan ke rekening seonbae ku ini aja di WB, beres!
**haturnuhun kak Andhika dan kawan-kawan.



Netflix

Pertama kali kenalan, aku langsung jatuh cinta. Hahha...selemah itu aku sama apps ini.
Kenapa coba?


Keunggulan Netflix :

Bisa ditonton di TV

Nah...ini aku amazing. Pertama kali setel tipi, trus aku login pakai akun sendiri, karena ternyata Netflix ini bisa di separated jadi 5 akun pribadi, tapi dengan email dan password yang sama. Enaknya, kita gak ke distract sama tontonan orang lain kan....

Awalnya nonton Netflix memang enak pakai TV, tapi lama-lama untuk pilihan film ini lebih diperhatikan lagi. Karena Netflix akun dewasanya bener-bener banyak mengandung konten 18+ which is, bukan hanya pornografi, tapi juga adegan kekerarasan. Gak aman banget kalau di TV yang ada anak-anak seliweran. Padahal aku cuma mau pilih film, tapi kadang kalau lagi ada film terbaru, suka mendadak nongol tuuh...trailernya.

Jadi paling aman nonton Netflix di laptop atau HP. Keduanya bisa digunakan bersamaan sekalipun.


Pilihan tontonan lebih variatif

Bagi yang merindu tontonan Western atau anime, naah...langganan Netflix uda paling bener. Mencakup semua niih...

Western drama and Film
Sherlock, Space Force, Billion, 13 Reason Why, Friends, etc...
**sejujurnya, aku gak pernah nonton serial western. Yang nonton kangmas dan dia akhirnya malah yang keranjingan ngunjungin Netflix. Jadi secara gak langsung, kasih ijin aku buat langganan doonk, yeeayy~

Drama Korea
The King Eternal Monarch, Hospital Playlist, Mystic Pop-up Bar, Itaewon Class, Extra Curricular, Reply 1988, Kingdom, Boys Before Flower, My Secret of My Secretary, etc..

Drama Jepang
Perfect World, Good Morning Call, Bleach, etc...

Drama Asia
Handsome Sibling, Well-intended Love, Triad Princess, etc...

Anime & Cartoon
Toradora, Your Lie in April, Teasing mr. Takagi-san, Cell at Works, Inu Yasha, etc...
Netflix juga punya kartun berseri. Tapi karena anak-anakku kurang suka ples gak dibolehin Mama nonton, jadi mereka hampir gak pernah buka akun Netflix For Kids.

Film (Western, Korea, Mandarin, Indonesia)
Time To Hunt, Okja, Tune in for Love, The Last Day of American Crime, Dilan 1991, Bumi Manusia, Si Doel 1 & 2, Kungfu Hustle, etc...


**dari aku yang masih tergila-gila liat Je-hoon oppa di Time to Hunt. Giils banget gengs...
Ganapas selama mereka kejer-kejeran. Lupa kalo aku gak ikutan di sana sama mereka..😑


Dokumenter
Corona Virus Explained, Our Planet, Tidying-up with Marie Kondo, Street Food, etc...



Kategori Film

Pengkategoriannya berdasarkan apa yang udah kita tonton dan suggest dari Netflix, kaya komedi romantis, film pra-remaja, Petualangan Seru, Survival, Perempuan Modern.
Emm, aku rada siwer kadang liatnya...


Netflix Original

Gak hanya VIU yang punya, Netflix pun punya. Bahkan ada yang Jepang, Korea dan bule. Hayoo...makin banyak keseruannya niih...


Beberapa Drama Andalan

Ya...kalau VIU bisa bangga sama The World of Married sama Stove League, Netflix juga punya When The Camellia Blooms, Crash Landing on You, sama Itaewon Class. Yang beberapa pemainnya menang nominasi 56 Baeksang Arts Awards 2020 kemarin.




Instagram Netflix

Buat cari tau info apa aja yang lagi heiits di apps ini, bisa kepoin instagramnya. Di sana ada banyak banget info semua tayangan Netflix termasuk fakta-fakta unik yang kamu belum tau. Kaya gini niih...


Dan ada beberapa jadwal tayangannya juga. Jadi jangan sampai kelewat drama airing keshayangannya.


Youtube

Netflix juga punya akun youtube loo... Biar artisnya menyapa fans mereka lewat akun The Swoon.
Haii, Swooniest~


Uww...ada my baby Doctor Ahn, Captain Yoo, #eh Captain Ri termasuk juga deenkk...hahhaa...ababil!

Mereka juga sering main Jenga sambil jawab-jawab pertanyaan dari fans. Iih...pokonya The Swoon ini gemessiiin deeh...
**you can find their true self in that show.

Trailer

Sebelum nonton, kalau kita tunjuk pakai point di laptop, bisa muncul adegan trailernya selama beberapa detik. Jadi kita bisa memutuskan, lanjut nonton or pilih tontonan lain. Kalau di HP atau TV, bisa juga siih...asal pas berhenti di pilihan film itu, jangan keburu dipencet.


Jadi,
lendyagasshi suka yang mana niih...antara keduanya?

Suka dua-duanya doonk...
Hhaha...gak mau milih, nanti dikira pilih kasih.

Karena aku langganan keduanya. Bukan efek #dirumahaja juga...karena memang kami sekeluarga hobi nonton sebagai me time. Untuk anak-anak, aku gak bolehin nonton Netflix dulu deeh...meski ada konten Netflix For Kids. Karena mereka lebih suka konten Youtube Kids dan aku batasin jam nontonnya juga. Aku lebih saranin untuk anak-anak adalah kegiatan fisik dan membaca. Makanya aku juga langganan Gramedia Digital dan instal beberapa aplikasi pinjam e-book gratis di HP.

Tapi gak buat mereka boleh berlama-lama memegang gawai juga. Jadi dengan pengawasan dan mamak pun bisa sambil ikutan baca atau nonton.

Kalau sahabat lendyagasshi nonton dimana niih?

VIU?
VIU vs Netflix


or Netflix?

**menanti drama Kim So-hyun yang baru setelah doi release dari wamil : It's Okay to Not Be Okay



with love,

42 comments

  1. aku tim Netflix, tapi mulai lirik2 Viu gratisan hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku secara pribadi lebih senang Netflix karena pilihan Western Dramanya lebih pas di aku.

    ReplyDelete
  3. Karena aku suka drama Asia, lebih condong ke VIU. Lumayan lengkap kan. Kalau Netflix, emang lebih banyak drama atau film baratnya sih. Sayangnya diblokir sama pemerintah

    ReplyDelete
  4. Saya lebih suka Netflix. Soalnya drama Jepang lebih banyak pilihan di Netflix. Selain itu serial barat juga banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho iya, Mbak? Coba deh kapan-kapan dicek kalau mau nonton Dorama. Ini belum ada niat lagi karena masih terngiang Dorama Last Forever

      Delete
    2. Iya stok dorama lebih sedikit di Viu. Tapi, saya nonton Viu yang versi gratisan. Gak tau deh kalau berlangganan. Apakah lebih banyak atau sama aja

      Delete
  5. nah aku nonton TWOMC di Viu teh.. bisa langsung kelar, karena setiap wiken keluar episode terbarunya

    ReplyDelete
  6. Saya tim VIU karena kondisi mba, lebih aman di hp dan sinyalnya cuman bisa pake telkomsel aja, sayangnya netflix dibanned sama telkomsel ya sudahlah pasrah aja gak bisa liat netflix huhu

    ReplyDelete
  7. aku sendiri pake keduanya sebenernya hihihi, jadi kadang gantian aja mau nonton nya dimana hihihi, kemaren nonton itaewon dan The King Eternal Monarch di Netflix hihihi

    ReplyDelete
  8. Aku gak bisa disuruh pilih salah satu, pokoknya gak mau :-D Masih setia sama kedua aplikasi ini Viu & Netflix karena punya ciri khas sendiri. Aku pakai yang 4 device nih Netflix kalau cuma satu suka rebutan pas mau nonton

    ReplyDelete
  9. Aku langganan VIU sejak kemunculannya
    Lumayan bisa nonton drakor kesukaan
    Bahkan film Indonesia pun yang ga sempet aku tonton di bioskop bisa di VIU

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak usah ada iklannya, kadang kesel pas waktu itu langganan aku habis sebentar2 iklan jadi perpanjang lagi deh

      Delete
  10. Aku dibeliin dan di donlotin ama suami drakornya. Kalo buat di henpon palingan lewat telegram. Bisa diulang2 juga kalo pengen lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo disuruh milih ya aku pilih VIU deh karena udah pernah dan nyaman nonton di sana

      Delete
  11. Owalaaahh SWOONIES itu punya'e NETFLIX tho?
    Baru tahu dakuuu
    Aku demen drama2 di NETFLIX. Di VIU juga suka. Di IFLIX juga suka
    Sukaaaa semua :D

    ReplyDelete
  12. viu murah juga ya mba, ku kira mahal loh per bulannya. Padahal sering juga denger drama original pas iklan di radio, kalo dari teasernya kayanya seru.

    ReplyDelete
  13. Aduh, mau bikin pengakuan tapi malu-malu kucing nih, Teh. Aku tuh nggak pernah nonton di VIU maupun Netflix, loh. Kebanyakan nonton di IFlix karena udah ada bawaan dari paket internet berlangganan di rumah, hihihi ...

    Kukira langganan VIU tuh mahal. Eh ternyata murah ya, cuma Rp 15 ribu per bulan? Tahu gitu dari dulu aja, hahaha ...

    Kalau Netflix bayarnya berapa, sih?

    ReplyDelete
  14. Kalau aku sih tim netflix hehe soalnya filmnya lebih variatif, mau nonton apa aja ada. Drakor ada, film indo ada, western ads

    ReplyDelete
  15. Tapikan kalau Crash Landing On You hanya di Netflix, hahahahaaa... Tapi aku sebagai penonton baru drama korea itu lebih demen nonton di Netflix sih. Tapi ada drakor yang gak ada di Netflix jadi kudu nonton ke VIU dan aku minjem akun VIU adikku (ogah rugi anaknya).

    ReplyDelete
  16. Aku penasaran deh sharing akun Netflix itu sering ada yang nawarin di Twitter tapi ngga kenal, ngga berani coba...pengen langganan Netflix aku tuh..banyak pilihan filmnya ya..

    ReplyDelete
  17. Huwwooo aku pilih viu aja deh wkwkw seng murce, hahaha
    aku jadi pengen dowload mba Lendy, huahh makin kenceng nih kalo aku ada viu nontonnya

    ReplyDelete
  18. Karena aku enggak punya internet rumah alias enggak bisa nonton di Netflix, jadi pilih Viu. Saking males karena iklannya, aku sampe pilih premium ,lumayan waktu jaman TWOMC dapat gratis 2 bulan.

    ReplyDelete
  19. Aku hampir 4 bulana pake Viu, nontonnya masih drakorrrr mulu wkwkwk. Banyak pilihan tontonan, cuma lagi pingin nonton drakor aja. Netflix ini harus daftar pake email ya mak?

    ReplyDelete
  20. Suka kabita pengen langganan netflix, tapi ini tv kabel aja enggak ketonton, langganannya kepaksa karena sepaket sama internet, heuheu...

    ReplyDelete
  21. Yang suka nonton, penting banget inipake Viu dan Netflix. Apa kabar aku yang udah bertahun-tahun gak nonton film? Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Aku dulu suka pake Netflix saat masih berlangganan saluran berbayar (TV kabel) tapi sekarang malah lebih menikmati tontonan by handphone
    Dan biasanya pake VIU
    Sekarang makin banyak pilihan, kira-kira yang lebih hemat kuota pake yg mana ya ?

    ReplyDelete
  23. Iyap kalau aku lebih ke ViU sih klo nonton drakor,, gak bisa berpaling karena dah lama bnget Aja n gak mau install yg lain

    ReplyDelete
  24. Wah. Sdh dr 2017 tyt ya mba lendy. Pantes update drakornya juaraa.. Haha. Kalo suami aku sbnrnya lbh sk netflix. Tp klo aku cenderung sk viu. Tp lbh enak lg kalo dpt downloadan film gratis.. *hadeuh

    ReplyDelete
  25. Aku ngga bisa milih. Suka dua2nya. Soalnya drama yang di viu nggak ada di netflix begitu pula sebaliknya. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaa...
      Jadi jangan memilih aku...bila kau tak bisa setiaaa...
      ((mas Anang bangeett...))

      Delete
  26. Iya di Viu ada track record tayangan yang udah ditonton sebelumnya. Jadi gak ngabisin kuota ya. Tapi aku belum pernah nonton Drakor di Viu, masih suka lifestyle sih

    ReplyDelete
  27. Ya ampuunnn... perjuangan banget sampai hpnya difungsikan jadi router dan ditaruh di genteng. Tapi demi kesenangan dan kepuasan batin ya.

    Viu maupun Netflix, saya belum pernah pakai

    ReplyDelete
  28. Nonton di hapeee kalau aku, Mbak.. hihihi. Nonton YT sekali-kali aja sih. Gak ada apps apapun buat nonton film karena aku gak suka nonton. Haha.
    Kompak banget yaa Mbak Lendy sekeluarga, pada hobi nonton film semua :)

    ReplyDelete
  29. Aku uninstall Netflix karena anakku suka buka-buka dan lihat-lihat kepo gitu. Dan sekilas aja suka banyak gambar-gambar yang tak senonoh haha. jadi setelah sebulan pakai yaudah deh bye bye. Buat menjaga mata dari godaan nonton juga.

    ReplyDelete
  30. Aku lagi dirayu2 adikku buat join Netflix karena dia langganan yg berbayar. Belum ikutan sih karena aku membatasi nonton di rumah saat anakku masih melek.

    ReplyDelete
  31. Baik VIu maupun netflix punya tontonann yang sama-sama bikin huahhh gemes
    aku ngiler mba, kamu punya chanel banyak yang bisa but nonton heheheeh

    ReplyDelete
  32. Kalo di suruh milih, lebih suka netflix. Tapi bayarnya lebih murah viu huhuhu. Baru tau the swoon itu punyanya netflix.

    ReplyDelete
  33. Dari dulu suka banget sama netflix daripada viu

    ReplyDelete
  34. Pernah pake Netflix untuk nonton film Indonesia, pernah pake Viu juga untuk nonton drama Korea. Tapi dua-duanya ku-uninstall karena hp kepenuhan. Huhu...

    ReplyDelete
  35. akuuu akuuu

    akumo tanya itu hape terus gimana kabarnyaaaa

    Leeen aku kalo di sini pasti betah deh lama lama baca, itu the King udah dibahas belom yah

    ReplyDelete
  36. Aq pernah beberapa kali instal netfliks tp gk mw terputar loding aja pdhl kapasitas hp muat tp gtw sih kalau gara2 jaringan, btw q suka nton drakor di viu

    ReplyDelete