Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Menghilangkan Mual Saat Asam Lambung Naik

Bismillah,


Cara Menghilangkan Mual Saat Asam Lambung Naik dengan Tepat.
Hola sahabat lendyagasshi.



Demi menjaga kesehatan pencernaan, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan mual saat asam lambung naik atau yang biasa kita sebut maag. Mual saat maag sangat wajar terjadi karena kenaikan refluks asam dapat mendorong partikel makanan kembali ke kerongkongan.


Meski begitu, kondisi mual saat maag harus segera diatasi karena dapat menyebabkan muntah dan memicu komplikasi lainnya, seperti luka pada dinding kerongkongan. Serem yah..
Jadi, yuk simak apa saja cara mengatasi mual saat asam lambung naik di bawah ini.

Cara cepat atasi mual saat asam lambung naik



Cara Menghilangkan Mual Saat Asam Lambung Naik

Cara mengatasi mual saat asam lambung kambuh bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup dan perawatan yang sederhana. Adapun beberapa cara menghilangkan mual saat asam lambung naik di antaranya, yaitu:


1. Memijat Dada dengan Lembut

Pertama, cara menghilangkan mual saat asam lambung naik adalah memijat area dada secara lembut. Ini dikarenakan gejala mual saat maag dapat memicu sensasi tidak nyaman dan panas di dada. Pijatan lembut ini dapat membantu merilekskan otot-otot di sekitar dada.

Cara memijatnya yaitu menggunakan jari-jari untuk menekan dan melakukan gerakan melingkar di area dada serta bawah tulang rusuk, dengan memberikan tekanan yang secukupnya.


2. Menghirup Aroma Segar

Cara meredakan mual saat maag yang cukup sederhana yaitu dengan menghirup aroma segar, seperti aroma jeruk nipis, lemon, dan mint. Cara ini dapat membantu meredakan sensasi mual saat maag karena aroma yang segar dapat menenangkan sistem saraf sehingga tubuh bisa lebih rileks.


3. Mengompres Dingin Bagian Leher

Salah satu cara menghilangkan mual saat asam lambung naik adalah dengan menempelkan kompres dingin di leher. Ini dikarenakan suhu tubuh cenderung meningkat saat perut sedang mengalami mual.

Selain itu, kompres dingin di leher juga bisa mengurangi sensasi tidak nyaman pada area kerongkongan. Agar tidak terjadi iritasi kulit, sebaiknya taruh sejumlah es di kain atau kantong kecil terlebih dahulu. Lalu, taruh di bagian belakang leher selama beberapa menit.


4. Menghindari Makanan Pedas

Berikutnya, cara mengatasi mual saat maag kambuh adalah menghindari konsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat memicu kenaikan asam lambung dan menyebabkan sensasi panas di perut, sehingga gejala mual bisa menjadi lebih parah.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna, seperti sayuran, buah-buahan, serta protein tanpa lemak. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan mengunyah secara perlahan supaya tidak menimbulkan luka di lambung.


5. Memeriksakan Diri ke Dokter

Terakhir, cara menghilangkan mual saat asam lambung naik adalah dengan mengunjungi dokter, terutama jika gejala tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat, seperti antasida, yang dapat menetralkan asam lambung dengan cepat dan efisien. Tentunya, obat tersebut harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter untuk mencegah terjadinya efek samping.

Penyebab mual dan cara mengatasinya



Sekian uraian terkait cara menghilangkan mual saat asam lambung naik dengan tepat. Ingat, jika gejala mual berlangsung dalam waktu yang lama, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Setelah sembuh, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 


Semoga artikel ini bermanfaat.



Salam sehat selalu,



20 comments for "5 Cara Menghilangkan Mual Saat Asam Lambung Naik"

  1. Walaupun saya bukan pengidap sakit maag, tapi saya pernah kena serangan asam lambung gegara minum Americano campur pocari sweat (sok-sok an eksperimen)... selain nyeri juga ada mulanya. Waktu itu aku tarik napas panjang, tahan... sambil hirup aroma lavender.... alhamdulillah mujarab

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu kalau ada trik ngompres dingin di bagian leher untuk menghilangkan mual saat asam lambung naik. Semoga gak musti harus nyoba hahaha karena saya berhasil menangani kumatnya asam lambung dengan rajin minum air putih hangat dan menghindari minuman manis dan bersoda.

    ReplyDelete
  3. Pernah ngerasain parahnya asam lambung, sampai saya pikir mau mati lho
    hehehe
    Untung setiap bulan saya harus check up ke dokter, sehingga bisa sekalian nanya
    dan ternyata asam lambung
    Karena untuk masyarakat awam, bingung banget mengalami aslam

    ReplyDelete
  4. Saat dulu maag masih sering Jumat, cara pertama yang sering kulakukan, sambil menghangatkan area perut. Terima kasih sharing tips nya Teh .

    ReplyDelete
  5. Asam lambung naik tuh kalau engga dirasa, tau-tau udah parah. Suami gitu, engga mual, tapi perutnya berisik, grubuk-grubuk, lalu diare. Minum obat diare segala rupa engga mempan. Malah sembuhnya minum tetesan kayu putih & air hangat. Katanya Ibunya (ibu mertua) gitu pengobatannya. Efeknya sama kalik ya dengan menghirup aroma segar...

    ReplyDelete
  6. Salah satu tips nya sudah sering aku coba mbak. Menghirup yang seger-seger.

    Tapi kadang kalau udah panik dan sumpek, malah gak berpengaruh. Jadi mungkin hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba tenang dulu kali ya

    ReplyDelete
  7. Aku pernah mengalami sakit perut yang luar biasa saat asam lambung naik. Duh, rasanya pengin tiduran aja, tapi nggak nyaman. Tidur juga nggak bakalan nyenyak. Akhirnya aku berusaha tetap tenang, mengatur pernafasan inhale exhale, minum air hangat dan menghindari makanan yang pedas-pedas yang biasanya suka banget sama sambel. Dan Puji Tuhan, berangsur membaik. Sebisa mungkin aku berusaha jangan sampai telat makan itu kuncinya..

    ReplyDelete
  8. Pas banget mba Lend saya punya asam lambung dna kebetulan saat ini lagi kambuh-kambuhnya, entah kenapa, bisa saya terapkan tipsnya Mba Lendy biar saya cepat pulih lagi

    ReplyDelete
  9. Aku ngerasa banget gimana nggak enaknya. Serasa mau muntah tapi nggak keluar. Kurang lebih 2 harian aku gini, padahal sebelumnya gak ada riwayat gerd atau maag. Tapi setelah diperiksakan ke dokter, ternyata ada radang tenggorokan, dan akhirnya memilih untuk tidak makan pedes dulu.

    ReplyDelete
  10. Ooh yg dipijat bagian dada ya bukannya perut? Dulu pernah mual gara2 salah minum dan rasanya gak enak banget. Karena gak tahan ya langsung aja minum obat.

    ReplyDelete
  11. Kalau lagi kambuh gak enak banget ya mbak. Udah tahu camilan untuk lambung mbak len? Cobain deh kacang hijau di sangrai hihi. Untuk mengurangi risiko magh.

    ReplyDelete
  12. Bener banget Mbak Len. Kalau asam lambung naik biasanya aku menghilangkan mual dengan menghirup freshcare yang rasa citrus itu kan seger gitu, terus kalau masih lanjut ya udah periksa aja, hehe

    ReplyDelete
  13. Aku (semoga) tidak merasakan asam lambung atau maag ini deh mbak. Walau kebiasaan menunda makan kadang sering terjadi tapi tidak berharap bakalan kena asam lambung

    Noted untuk beberapa tips di atas mbak. Aku kaget kalau ternyata kompress dingin di leher bisa ngilangin mual pas asam lambung naik ya
    Aku kira hanya demam aja yang pake kompres

    ReplyDelete
  14. Ya Allah Mak. Baru aja kemarin aku kena asam lambung, sampai ke pundak loh. Aku pikir salah urat yernyata asam lambung. Ternyata 80% penyakit kata dokter yg ditemuij suamiku juga blg penyakit itu berasal dr lambung. Alhamdulillah abis stop pedes dan makan umbi garut dan nutri,fle****eks. Duh sponsor dah hahaha Alhamdulillah sembuh Mbaaak

    ReplyDelete
  15. Kemarin aku juga asam lambungnya naik, biasanya langsung periksa ke dokter. Ternyata ada cara lainnya ya. Makasih banyak kak infonya.

    ReplyDelete
  16. I believe that this weblog is interesting. Thank you for your time and efforts here.

    ReplyDelete
  17. Fantastic website. A lot of helpful info here. Thanks to the effort you put into this blog

    ReplyDelete
  18. Thanks for sharing. It is such a very amazing post. Great job you made in this post

    ReplyDelete
  19. I enjoy this kinds of own post. It Like this knowledgeable blog here.

    ReplyDelete
  20. I love this blog.. very nice colors & theme. Keep it up! thanks a lot.

    ReplyDelete