My Golden Life : Family Kdrama Popular On 2017

Bismillah,

Drama ini airing bareng drama Hwayugi, Return sama Mother. Memang mereka berada di time slot yang berbeda, tapi kalau masalah rating, ke empat drama ini saling bersaing. Dan akhirnya, dimenangkan oleh drama keluarga, My Golden Life di akhir tahun 2017 hingga 2018 dengan rating 44.7 %.

Ajaibnya,
Drama ini gak main-main looh...durasi per-episode nya aja 1 jam lebih dan jumlah episodenya sampai 52.



Judul : My Golden Life (Hwanggeumbit Nae Insaeng /황금빛 내 인생 )

Penulis : So Hyeon-Kyeong
Sutradara : Kim Hyung-Suk

Genre : Family drama, love, work-life

Network : KBS2
Episode : 50 eps (67 minutes)
Rating : ⭐⭐⭐⭐/5




Awalnya, yang nggetu nonton drama ini tuh...suami.
Wkkwk...sampai doi hapal kalau ada episode yang baru, suka nitip download ama eike. Tapi karena aku tipe orang setia sama satu drama, waktu itu aku fokus ke Hwayugi aja. Jadi bantu download My Golden Life doaank...buat suami.

Uda dibilang siih...
Selera tontonan suami itu pasti berdasarkan rating. Jadi aku gak bergeming waktu doi bilang, "Bagus loo...Mi, ini drama kamu banget."
**selalu deeh...bilang gitu kalo mau narik perhatian, wkwkwk...

Karena sekarang langganan Netflix (cieee, gayaaa, hehehe...) jadi beres nonton One Spring Night kemarin, langsung tertantang nonton My Golden Life. Alasannya, karena ratingnya tinggi, suami bilang bagus samaaaa baru pertama kali ini nonton drama panjang berdurasi normal. Selama ini, paling panjang nonton 24 episode. Atau 40 episode, tapi yang durasinya setengah jam-an, jadi kalau dihitung normal, ya sama...20 episode an laah yaaa....



Aktor My Golden Life:

Park Si-Hoo as Choi Do-Kyung
Shin Hye-Sun as Seo Ji-An

    Keluarga Seo :    
Cheon Ho-Jin as Seo Tae-Soo
Kim Hye-Ok as Yang Mi-Jung
Seo Eun-Su as Seo Ji-Soo
Lee Tae-Sung as Seo Ji-Tae
Shin Hyun-Soo as Seo Ji-Ho

    Keluarga Choi :    
Jeon No-Min as Choi Jae-Sung
Na Young-Hee as No Myung-Hee
Lee Da-In as Choi Seo-Hyun


Gimana plot cerita drama My Golden Life ?

Pemainnya memang banyak, tapi dijamin gak bingung. Karena memang masalahnya seputaran keluarga, pekerjaan, dan percintaan. 

Seo Ji-an, seorang pegawai kontrak sebuah perusahaan besar di Korea, Haesung Group, yang berjuang mati-matian untuk mempertahankan pekerjaannya dengan cara membuat atasannya senang. Ia rela mengerjakan semua pekerjaaan yang diminta atasannya walau gak ada kaitannya dengan kantor. Kaya, mungutin kaleng susu bekas dari tong sampah, lalu di cat, trus anter-jemput sekolah anaknya Pak Kepala Bagian, bikinin semua staf divisi Pemasaran kopi setiap pagi, sampai membuat prakarya untuk anaknya salah satu pegawai tetap di staf Pemasaran.


Dan tragisnya, saat pengumuman pegawai tetap, malah orang luar yang diangkat, bukan dari antrian pegawai magang yang sudah kontrak selama 2 tahun ini.
Ji-an sedih banget, dan menjadi lebih terpukul lagi ketika tau yang diangkat adalah sahabat semasa sekolahnya dulu.

Sahabat loo yaa...
Bukan sekedar teman biasa.

Akhirnya karena emosi, Ji-an melabrak si sahabat ini. Dan dengan angkuhnya, sahabatnya ini memamerkan bahwa di dunia ini gak ada yang gak bisa dibeli kalau kamu kaya.

Dan...
Terjadilah adegan jambak-jambakan ala drama Indonesyah  di depan kantor Haesung Group. Wakil direktur yang tau kejadian itu karena kebetulan pas lewat, langsung nyuruh sekretarisnya buat manggil polisi.

Chaos banget!



Choi Do-kyung, seorang chaebol keturunan ketiga dari keluarga Choi. Kakeknya pemilik Haesung Group yang usahanya di bidang fashion, makanan hingga hotel. Sudah berhasil menginvasi hingga negara Eropa. Tapi kakek Do-kyung belum puas juga karena perusahaannya belum masuk daftar 10 perusahaan terbesar di Korea. Akhirnya, seperti biasa... si kakek menguji para member keluarganya untuk saling bersaing.

Do-kyung yang digadang-gadang menjadi penerus Haesung, malah jatuh cinta sama Ji-an, seorang gadis biasa yang awalnya hanya pegawai kontrak dan bikin ulah di perusahaan Haesung Group.

Etapi, kisah cinta Do-kyung ini baru ada ketika masuk episode 20an.
Kisah awalnya, seperti biasaa....ada love-hate relationship dulu... Pertemuan tak terduga, hingga takdir membuat mereka malah tinggal serumah.

Kok bisa???

Ternyata Ibunya Choi Do-kyung ini 25 tahun yang lalu pernah kehilangan seorang putrinya. Dan di episode awal, diperlihatkan ada seorang pengirim surat kaleng yang mengaku mengetahui keberadaan putri Ibu Do-kyung. Antara shock, gak percaya, tapi pengin tahu...

Akhirnya yaa...uda ketebak yaa..
Tes DNA.

Yang di jadikan sampel bukan cuma 1, tapi dua. Dan karena salah satunya cocok sama DNA Ibu Do-kyung, maka sang Ibu ini memberanikan ini bertanya pada orangtua angkat anaknya yang selama ini sudah mengasuh. Karena Ibu Do-kyung ini orang kaya, jadi sombong gitu... Sambil nyalah-nyalahin dan maksa dia tanya "Yang mana anakku dari kedua putri kembarmu? Seo Ji-an atau Seo Ji-so?"


Karena merasa terpojok, sambil berteriak, Ibu Seo mengatakan "Ji-an aaa...."

Dan begitulah akhirnya Seo Ji-an pindah ke rumah keluarga Choi dan tentu, serumah dengan Do-kyung. Mengingat awal pertemuan mereka yang gak enak, karena kecelekaan mobil, Ji-an bersikukuh gak mau manggil Do-kyung dengan sebutan "Oppa..." padahal begitulah semestinya.
Wkkwkwk...

Demi menyambut adiknya yang telah lama hilang, Do-kyung oppa membelikan kalung limited edition.
Cakep yaa...punya oppa begini, hehhee~

Rikuh banget siih...karena Ji-an terbiasa dengan kehidupan yang serba sederhana dan penuh kerja keras. Begitu masuk ke keluarga Choi, ia malah diminta menghabiskan uang sebesar 30 juta won dalam sehari. Buat shopping, kata Ibunya.

Huuff~

Dan makin banyak scene yang menunjukkan interaksi antara Do-kyung oppa dan adiknya, Seo Ji-an. Dari mulai memperkenalkan Ji-an pada temen-temen galeri seni Ibunya hingga mempersiapkan hari jadi Haesung Group yang ke-40.

Uda kerasa makin deket dan kompak, Ji-an sadar satu hal.
Bahwa segala kenangan yang diungkap Bapak dan kakek Choi satu demi satu tidak ada yang mengingatkan masa kecilnya sebagai bagian dari keluarga Choi.

Lalu ia sebenarnya siapaaaa?
Apakah benar, ia putri keluarga Choi yang hilang 25 tahun yang lalu?


Sesuai dugaan, eh aku ga menduga diink...
Masalah makin rumit karena ternyata Ibu Seo sengaja menukar putri asli keluarga Choi dengan putrinya sendiri.

Hadeeu~

Habis deeh....
Bapak dan Ibu Seo di jahatin sama di teriakin maling sama keluarga Choi.

Uhhuukk~


Tapi keluarga Choi gak bisa bertindak gegabah, mengingat beberapa koleganya sudah tahu bagaimana wajah Ji-an yang selama 2 bulan sudah jadi bagian dari keluarga Choi. Jadi meskipun jahat, Bapak dan Ibu Choi tidak berniat melaporkannya ke kantor Polisi. Alih-alih dilaporkan, malah diberi salah satu franchise waralaba keluarga Haesung dan bekerjalah seumur hidup kalian untuk Haesung, gitu kata Ibu Choi.

Makin tersiksa karena merasa bersalah doonk...keluarga Seo.

Dan pada titik ini, aku paling banyak meneteskan air mata. Sungguh tiap episode menghadirkan banyak kejutan. Huhuuu~
**maklum yaa..aku kalau nonton drama suka cengeng

Dan yang paling berkesan dari drama 52 episode ini, adegannya sungguh menunjukkan kualitas akting pemainnya. Jarang skinship dan tau gak...adegan kisseu nya hanya 3 kali. Iyaakkk~ 😅


Yang jadi favorit adegan apa?


Adegan saat Ji-an pamit mau mengaku bahwa ia bukan putri yang selama ini keluarga Choi cari. Karena ia merasa dekat dengan Do-kyung oppa, jadi ia meminta bantuan, yaah...paling engga, dukungan psikologis dan jaminan bahwa orangtua nya jangan dilaporkan polisi.

Dan di sini, Do-kyung udah mulai sadar kalau sayangnya ia sama Ji-an bukan kaka-adik, apalagi fakta bahwa Ji-an bukan adiknya yang sebenarnya.





Adegan Ji-an kembali lagi ke Seoul setelah menghadapi masa-masa sulitnya.
**ini scene paling epic menurutku, ketika kamu tau bahwa bukan dirimu yang dicari, tapi malah saudarimu, lalu ketika kamu merasa malu banget menghadapi dunia dan merasa benci terhadap diri sendiri.

Aahh~
Keren banget akting Shin Hye-sun di sini.

Emosi saat ia meluapkan kebenciannya terhadap dirinya, orangtuanya, adiknya, masa lalunya dan semuanya. Hingga ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di gunung yang sepi dengan menelan banyak obat penenang.

Aku ngerasain banget...air mata saja gak cukup.
Kemarahan sudah gak terbendung dan entah harus berapa juta kata "maaf" yang diucapkan untuk mengobati rasa bersalahnya pada keluarga Choi.


Adegan Bapak Seo meminta maaf pada anak-anaknya.
Ketika tahu salah, Bapak Seo dan istrinya segera meminta maaf pada anak-anaknya atas kekacauan yang terjadi. Merinding iih...kalau ada orangtua yang berani mengakui kesalahan, terutama pada anak-anaknya.


Learning Point Drama Keluarga Terbaik 2017-2018 : My Golden Life :


Kebahagiaan orangtua adalah ketika melihat anak-anaknya tumbuh bersama dan saling membantu.
Melihat adegan pembuka drama ini, adeeemm...rasanya. Saat Ji-an masih jadi pegawai kontrak dan akrab sama kaka, adik dan saudari kembarnya.


Keluarga adalah tempat kita hidup bersama dengan orang-orang yang mencintai dan menyayangi kita apa adanya, bukan karena mereka kaya atau tidak kaya.


Jadilah orangtua yang menghargai impian anak-anak
Karena impian mereka walau sederhana, namun di situlah mereka akan bekerja dengan bahagia dan bersungguh-sungguh.


Hiduplah secara sederhana
Karena kesederhanaan hadir melalui perspektif masing-masing keluarga saat mendidik anak-anak mereka.




Melupakan penderitaan hidup adalah bagian dari hidup.
Maka bersabarlah.


Setiap pilihan, selalu disertai konsekuensi.
Ya, pun ketika Ji-an memutuskan untuk meninggalkan keluarganya karena merasa beban hidupnya yang berasal dari keluarga miskin. Ji-an tidak pernah membayangkan konsekuensi apa yang ditanggungnya ketika tau bahwa ia bukanlah putri keluarga Choi yang dicari selama ini.


Jangan pernah melibatkan orang lain dalam mengasuh anak-anak
Karena Haesung Group ini adalah perusahaan besar, maka nasib anak-keturunan Haesung sudah ditentukan. Dari mulai sekolah dimana dan jodohnya harus dengan keluarga mana...
Pengasuhan anak-anak keluarga Choi sangat bergantung dari sang kakek, pendiri Haesung Group.


Cara berkomunikasi bukan hanya melalui lisan.Kadang, tindakan bisa lebih kuat.




Fakta menarik dari drama My Golden Life :


Selain ratingnya yang memecahkan rekor sebagai rating terbaik drama weekend di Korea selama beberapa dekade setelah masa kejayaan Descendants of the Sun dan What Happens to My Family pada 2015, My Golden Life di episode akhirnya menorehkan sejarah dengan rating sebesar 44.7 % melampaui 2 drama yang aku sebutkan sebelumnya.

Daebak~



Adegan nonton bioskop Ji-an dan Do-kyung lalu Bapak Ji-an dan Bapaknya Do-kyung di tempat terpisah, mereka sama-sama menonton film Along With The Gods (2017). Hal ini menguatkan akan tema yang dibawakan oleh drama ini, yaitu drama keluarga.



Dan kalau nonton drama My Golden Life pasti hapal banget, Do-kyung suka bilang Noblesse Oblige. Apa sih artinya?

adalah sebuah frasa dalam bahasa Prancis, yang artinya bahwa tugas pemimpin adalah sebuah keluhuran dan tanggung jawab. Sehingga, semakin tinggi posisi (jabatan atau martabat) seseorang, maka semakin tinggi pula tanggung jawab dan kehormatannya.



Drama My Golden Life adalah drama pertama Shin Hye-sun mendapatkan peran sebagai lead-female. Setelah sbelum-sebelumnya hanya menjadi pemeran second-lead female di drama populer macam Oh My Ghost, Stranger, The Legend of The Blue Sea-nya Lee Min Ho.

Kebayang betapa totalitasnya doi memerankan karakter Seo Ji-an.




A post shared by 신혜선 (@shinhs831) on


Dan drama kedua kedua comeback nya Park Si-hoo setelah diterpa skandal kurang menyenangkan mengenai kehidupan pribadinya. Jadi seolah ia ingin menunjukkan bakatnya di bidang akting, dan terbukti, berkat perannya sebagai Choi Do-kyung, pasangan lead-female dan lead-male ini memperoleh banyak penghargaan dari ajang KBS2 sebagai Excellent-Actor dan Best couple.

Kiyowoo~




Gimana sahabat lendyagasshi?
Seru kan nonton My Golden Life...



Note penting banget :
Yang suka sama drama lucu, jangan mengharapkan lebih di drama My Golden Life ini. Kocaknya sedikit banget. Banyak serius dan nangisnya, huhuuu~

Tapi jadi banyak belajar banyak mengenai keluarga, bahwa dalam sebuah keluarga, ada tempat untuk saling berbagi rasa, cerita, dan cita-cita.

Semoga kita bisa menjadi orangtua yang bijaksana dan orangtua terbaik untuk anak-anak.
Aamiin~



Salam hangat,



85 comments

  1. kak Lendy the real K-Drama Lover dah!
    Moga2 bisa cuss ke KorSel ketemu ama Oppaaa yak :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, doain aku juga dong hihihi. Eh gimana kalau kita pergi bareng2 seru tuh

      Delete
  2. panjang amat 50 episode pr episode 1 jaman, bikin pnasaran endingnya ini mah nanti hihih.
    Wah baru tau suaminya suka drama korea juga ya.
    Baiklah karena aku jug audah beres nonton One Spring Night lanjut My Golden Life yang katanay ratingya bagus :) kayanay aku suka nih jalan ceritanya habis baca reviewnya, kaya familiar pemeran perempuannya yg main apa yaaaa (ini kelemahan aku cuma bisa nontn tapi gak inget nama aslinya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewenya yang main di Angel's Last Mission.
      Ekekekke...
      Aku hapal karena sekaligus kepo ama kehidupan pribadinya.

      **tipikel sasaeng, eh... wkkkww...

      Delete
  3. Jreng...jreng....waaahhh Lend...racunmu mulai tersebar lagi nih..hahahah....Meski tahun 2017 kayaknya masih menarik buat ditonton ya...

    ReplyDelete
  4. Seruuu bgt ini K-Dramanya
    Mauuuk cuss ke Korsel ama Kak Lidya dan Kak Lendy :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Meskipun episode, kayaknya menguras hati deh, banyak intrik huhuhu

    ReplyDelete
  6. ah ah ah... ini pemeran utama wanitanya yang dulu main sebagai chef kan ya, aktingnya dulu kupikir menyebalkan, dan dia ga secantik si Song Hye Kyoo. Eh ternyata malah aktngnya bagus

    aku suka penasaran kalo filmnya tentang cinderella abad 21, sejenis chaebol jatuh cinta ama pegawai rendahan, jadi inget drakor ter happening dulu, Secret Garden.. uuwuwuwuuwuwuw.. segera mantengin Golden Life deh

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya suka drama keluarga kayak gini tapi kalau episodenya banyak akuh dadah dadah deh mba, maksimal 16 episode aku kalau nonton Drakor hihihi..

    ReplyDelete
  8. udah lama gak nonton drakor sebab aku tahu kelemahan aku itu apa, kalo nonton belum kelar ga mau berhenti dan ini bisa ganggu stabilitas dan kesejahteraan bersama di rumah, hahaha. Review ini pun ku takut bacanya, takut pengen

    ReplyDelete
  9. Jadi suami Mbak Lendy suka nonton drakor juga? Asik kalau gitu, ya. Bisa menikmati drakor barengan :)

    ReplyDelete
  10. Aku cukup jadi anak Army aja wkwk..kalo disuruh nonton drakor, nyerah deh padahal banyak pelajaran hidup juga. Aku biasanya suka film yg 1-2 jam selesai biar ga penasaran kelanjutannya gimana hehe

    ReplyDelete
  11. Kalau saya lebih suka yang episode nya sedikit tapi durasi panjang, dan menarik hahaha.
    Drakor itu menarik banget ya, meski kadang juga saya bosan kalau misal 20 episode, yang seru itu episode 1,2,3 dan 19 serta 20 hahahaha.

    Kayak Sky Castle, saya cuman semangat nonton episode awal-awal, seru dan lucu.

    ReplyDelete
  12. Padahal identitas sepenting anak siapa pake acara bohong ya. Ya pasti kacau lah. Kasian banget yang kudu korban perasaan begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Episodenya panjang ya say. Kalau sarat dengan konflik dan alur cerita yang terus berkembang sih seru juga

      Delete
  13. Episodenya lumayan juga ya utk ukuran drakor.. biasanya pendek2.

    ReplyDelete
  14. Wah, episodenya banyak ya. Hehehe... aku paling banyak itu 36 episodean. Tapi worth it kayaknya. Masuk referensi nih :)

    ReplyDelete
  15. Wah jadi pengen nonton,. kyknya jalan ceritanya beda sama yang lain. Btw ini dramanya laurnya mirip2 sama film drama holiwud tapi aku lupa apaan. Ngaku2 gtu jg jd keluarga tapi pd ahirnya jatuh cinta ma keluarga itu. Eh tapi mbuh maneh kalau beda ya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, aku juga lupa-lupa inget cerita yang begitu. Apa gitu judulnya. Kudu nonton deh biar jadi tahu bedanya :D

      Delete
  16. Aku belum nonton drama korea satu ini, sepertinya menghibur dan menarik ya

    ReplyDelete
  17. suer aku salfok, barusan aku pas lihat foto cewek-cwewknya itu kerudungan. Cantik ya kayaknya kalay mereka kerudungan
    ada-ada aja pikiran pagi ini

    ReplyDelete
  18. Aku ga pernah nonton drakor mba hahaha padahal seru yah film2 drakor

    ReplyDelete
  19. Asemmm mbaaaa aku belum nonton drakor ini aja udah dibuat meleleh. Sayangnya bakalan berbalas ga ya. Karena tahu bukan adeknya ahhh. Cieee yang langganan netflix anteng

    ReplyDelete
  20. lucu ya mba.. bisa satu selera sama suaminya suka nonton Drama Korea.. bisa nonton bareng sambil ngemil di rumah donk nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sayangnya kita suka beda selera.
      Jadi milih buat buka laptop masing-masing, hhahahaa...

      Kecuali kalau film Thailand yang hantu-hantuan.
      Pasti nontonnya berdua.

      Delete
  21. Haaaah? 52 episode? Panjangnyaaa. Aku baru aja kelar nonton www: search yang cuma 16 episode aja bikin elap peluh :D

    ReplyDelete
  22. Aku suka kalo mba lendy udah review film drama korea deh.. beneran keliatan mba segitu cintanya sama drama korea

    ReplyDelete
  23. Seru juga ceritanya. Aku nggak pernah nonton kdrama, nontonnya acara masak & produce2 itu kompetisi boyband

    ReplyDelete
  24. Nggak heran ya, 50 episode lebih jadi pas dibikim resumenya bisa sepanjang ini, wkwkwk. As always tulisannya Lendy komplit bingits!

    ReplyDelete
  25. Dramanya heboh dan penuh lika - liku yaa mba. Tahan bangeeet sih nonton serial sampai segini panjangnya mba hehehe

    ReplyDelete
  26. Wah drama korea ya. Jadi list dulu aja deh hehe

    salam
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  27. Aku sempet suka sama drakor tapi berhenti Krn klu dah nonton suka ketagihan dan mengurangi jam tidur Ku...hihihi. Nah mending baca review-nya kek gini aja aku malah sukaaa

    ReplyDelete
  28. Suami Lendy suka Drama Korea juga ternyata, malah suport dirimu ya dengan milihin drama favorit, hihiii Ini panjang juga episodenya. Aku baru nonton 2 drakor yang episode 12 gitu, enak sih lebih cepet selesainya

    ReplyDelete
  29. Aku cuma bisa ternganga, betapa dirimu wajib nih ditaktir pemerintahan Korea karena melalui blogmu ini, apa saja tentang Korea tertuang apik melalui review film, drama.Ditaktir gratis ke Korea

    ReplyDelete
  30. keren banget ini ceritanya ya Kak
    Kalo lagi selo, cocok nih ditonton
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  31. Pertemuan tak terduga, hingga takdir membuat mereka malah tinggal serumah.
    Mencuplik review adegan di atas
    Ehmmm
    Takdir kadang begitu tak terduga dan sering membuat kita terlambat menyadarinya

    ReplyDelete
  32. Keren ya jalan ceritanya, aku jadi pengen nonton juga Mbak tapi sayangnya sering nggak sabaran dengan episode² K drama yang banyak 😅

    ReplyDelete
  33. Kak udah nonton belum drama Love Affairs Jn The Afternoon, duh itu film nyesek banget hahaha. Oiya drama yang ini kayaknya udah saya nton tp gak keseluruhan, soalnya aktornya ganteng sih hahaha, aku juga tipe penonton yg mw nton film berdasarkan rating ��

    ReplyDelete
  34. Ya Allah lengkap banget mbak ulasannya. Bener2 pecinta drakor sejati, nih. Btw, aku fokus pada kesederhanaannya. Yup hidup sederhana itu pilihan. Mau atau tidak? Dan pastinya ada konsekuensi yang harus diambil.

    ReplyDelete
  35. wow itu beneran nonton 52 episode? 19 episode aja udah jenuh. gimana caranya bagi waktu nonton? memang bikin penasaran KDrama, ini aku nonton Confession Couple belum kelar.

    ReplyDelete
  36. Yang nancep di aku: jadilah orang tua yang menghargai impian anak. Noted banget mbaa. Asyiknya nonton drama gini, ada aja pelajaran hidup yang bisa kita petik yaa :)

    ReplyDelete
  37. Hai mbak Lendy, salam kenal.

    Aku pun suka nonton k-drama, karena seringnya ada pesan2 moral di dalam tiap ceritanya. Tapi kalo panjang macam My Golden Life begini mikir2 deh. Baca artikelnya mbak aja, lumayan mengobati rasa penasaran. Hehe.

    ReplyDelete
  38. Saya baru nonton K-drama sebiji aja mbak, kadang emang suka ngintipin sinopsis K-drama yang kira kira bisa ditonton barengan sama anak. Kayaknya rekomended juga ya mbak.ini, makasih

    ReplyDelete
  39. Wow si ganteng oppa ini bikin meleleh hihihi.. Kayaknya aku belum pernah nontonn deh mba. Cuss ah besok hunting dan nonton biar nggak peasaran sama endingnya

    ReplyDelete
  40. Udah lama banget nih mau nonton drama ini, tapi karena episodenya luar biasa panjang selalu gajadi huahaha
    aku takut gak bisa berhenti dan malah bolos kerja kak lol
    tapi baca" reviewnya jadi niatnya muncul lagi deh :))

    ReplyDelete
  41. Aku gak kuat kak nonton sampai berpuluh puluh episode rasanya sayang waktu kebuang gitu aja buat nonton huhu padahal kayaknya seru ya

    ReplyDelete
  42. Aku belum pernah nonton drama korea mba. Klo film, memang suka yang genre drama...pokoknya yang ga ada senjata. Tp lebih sukanya, yang dua jam tamat. Klo yang berseri banyak...jadi sering penasaran, trus kecewa klo ga bisa liat

    ReplyDelete
  43. Dan dan ku teracuni drakor karena mu mba hahaha. Happy banget kalau mampir ke blog ini pasti ada riview film baru. Btw aku belum nonton drakor ini, liat episodenya kok ntar ntar aja ya nontonnya hehe soale aku lagi nonton www

    ReplyDelete
  44. Wah baru tau ternyata suami nya suka juga nonton Drakor ya hehe..

    ReplyDelete
  45. Nobar..nobar...enaknya nobar dimana ya Lend kalo Drakor..wkwkwk...

    ReplyDelete
  46. Uwowwww aku suka pemeran cowoknya mbaaa. Suka sama dia dari drama lie to love kalo ga salah. Cakep dan ektingnya bagus.

    ReplyDelete
  47. walah enak ya mba kalau suami suka nonton drakor juga. jadinya gak direcokin dan saling mengerti hahaha. BTW ini drama juga direkomendasiin sama adik aku berhubung doi K-Drama lovers tapi belum sempet download

    ReplyDelete
  48. Kalau drama Korea bertema keluarga biasanya mengharu biru juga ya mbak. Beberapa kali lihat yang tema cinta cinta terus dan kebanyakan yang sedih sedih

    ReplyDelete
  49. Saya masih suka kesulitan untuk menghafal nama-nama pemain film Korea ini baik nama perannya ataupun nama aslinya. Nah kalau suruh ngapalin sumpah deh angkat tangan. Haha.

    ReplyDelete
  50. 50 episode ini yang bikin aku terkadang berpikir dua kali untuk nonton
    Rasa penasaran yang selalu menghantui soalnya hahaha

    ReplyDelete
  51. Itu episodenya banyak amaat mbaa.. tahan dan betah bangeeet nontonnya yaaa heheh. Yapi memang seruu katanyaaa

    ReplyDelete
  52. Banyak yang rekomendasiin sih emang, tapi begitu tau episodenya sepanjang itu aku jadi rada gimana gitu. Kok panjang amat ya.Tapi racunmu membuatku ingin download mbak... hahahaha

    ReplyDelete
  53. Suami istri bisa kompakan mb..suka film korea. Jadi nyambung ya kalau ngobrol.. 50 episode panjang lho. Kalau aku paling sudah ga sabaran pengen tahu endingnya...

    ReplyDelete
  54. Mbak Len, penasaran deh di K-drama atau sinetron Indonesia sering mengangkat cerita orang yang tajir melintir apapun bisa dibeli versus orang biasa bangeeeet. Emang segitu timpangnya dunia ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lah...
      Kalau kehidupan biasa aja kaya yang kita alami, drama Korea nya jadi gak seru.
      Hhahaha...

      Makanya tokoh utamanya sering dibuat super menderita.
      Huhuu~

      Delete
  55. Ah, akhirnya jadi pengen nonton film ini deh hahaha, kebetulan aku lagi tertarik ngamatin drakor

    ReplyDelete
  56. Hal yang tentu saja berfaedah dari menonton drama adalah pesan yang dapat kita tangkap langsung dan lebih mudah, "kalau kamu begini", "nanti begini jadinya". Juga kalo saya sih dengan melihat budaya disana, saya sebetulnya bersyukur lahir dan besar di Indonesia, dan berkembang dengan budaya luhur Bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  57. Baca ini jadi mewek Mbk, jadi endingnya bunuh diri ya? Huhuhu.... tak sanggup. Ikutan penasaran deh My Golden Life bisa jadi nonton ke depan hehehe...

    ReplyDelete
  58. Tega banget itu emaknya main nuker2 anak yaaaa huhuhu. Ini kyknya emang bakalan menguras air mata dan jengkelin ya dramanya. Bagus ditonton kalau pengen tontonya yg greget2, tapi sayang episodenya ku tak sanggup. Maunya yang 3-5 episode aja wkwkwk :D

    ReplyDelete
  59. Aku ga terlalu suka drama Korea hehehe makanya ga tau pertimbangan filmnya

    ReplyDelete
  60. Sungguh lika-liku ya ceritanya. Terutama Ji-An yang harus adaptasi ke keluarga kaya dan disuruh belanja segitu banyaknya, padahal ia biasa bekerja keras. Trus ternyata ia sengaja ditukarkan agar bisa masuk ke keluarga kaya itu. Waaahh... seru ceritanya.

    ReplyDelete
  61. Selalu suka dgn genre drama family. Apakah drama ini sanggup menggeser posisi go back couple di hatiku? Hahaa jadi penasarannn.

    ReplyDelete
  62. Aku masih belum bisa nonton kdrama mb Lendy. Ga kuat nahan kantuk hahaha. Tapi kalo film Korea aku nonton. Aku sampe ngubek-ngubek blog mb Lendy butuh nyari review film Korea hahahaha

    ReplyDelete
  63. emang empet kalau orang luar yang menjadi promosi semnetara kita yg udah susah bangun karir ya gitu deh heheh
    harus sabar
    asyik ini dramanya mbak coba deh

    ReplyDelete
  64. Mb Lendu produktif banget ya review drama Korea nya. Aku pengen kalo habis nonton langsung direview gini tapi bawaannya malas melulu

    ReplyDelete
  65. Uuuuuu pecinta drama korea berlunculan nih hehe. Aku kadang juga suka nonton drama korea sih mbk hehe. Aku nonton jung ok jung sampe habis wkwk

    ReplyDelete
  66. aku kalau nonton yang rumit gitu suka ikut kep;ikiran dalam kehidupanku sendiri. ahhaha

    ReplyDelete
  67. Saya bukan penggemar drakor tapi salut sama drakor, gak ada yang naskahnya setengah-setengah atau setengah matang. Konfliknya keren abiss.

    ReplyDelete
  68. Ya ampun, drama putri yang tertukar bisa dikemas jadi kece gini ya. Salut emang sama korsel kalo bikin drama

    ReplyDelete
  69. duh, baca postingan ini jadi pengen nonton mbak, kalau mau download dimana ya? atau nonton via youtube aja kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Youtube ada..
      Kalo nonton online, aku ngandelin Netflix sama VIU.

      Download bisa di smallencode.com

      Delete
  70. Bikin penasaran aja ya disetiap episodenya, dan pastinya bikin nagih untuk ditonton ya mbak. Kalau saya pribadi suka drama yang romantis...huahahha...pasti deh bakalan saya pentengin terus...

    ReplyDelete
  71. waaah, thx ulasannya mba.
    Lumayan ada rekomendasi kdrama untuk liburan nih

    ReplyDelete
  72. Hum, kayaknya harus memasukan ke list tontonan wajib ini. Aku sudah lama tidak nonton Drakor.

    ReplyDelete
  73. Nah. nah.. ada lagi.. ada lagi...tar aku cari waktu buat nonton... tapi biasanya bikin ketagihan ya.

    ReplyDelete
  74. Aku gak terlalu suka drama yang episodenya panjang panjang. Paling pas itu ya 16-20 episode. Ini aja kata temen kepanjangan

    ReplyDelete
  75. Aktornya kesukaan gw. Klo dia yang maen aku gak kedip

    ReplyDelete
  76. Ini salah satu drakor kesukaanku. Suka sama shin hye sun dan park shi hoo. Aktingnya tambah keren saja mereka. Yang bikin ceritanya juga juara hehehe

    ReplyDelete
  77. Wah aku baru tahu nih alur drama ini padahal ngehits ya. Panjang banget sih jadinya malas mau nonton. Mau donlot juga malas. Heu

    ReplyDelete