feature,

Film IQRA' : Mengaji Baru Mengkaji

Sunday, January 22, 2017 Lendy Kurnia Reny 34 Comments

Bismillah,
Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakaatuh.



"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal"
QS. Ali Imron (3) : 190



Sepenggal ayat di atas yang membuka film berjudul IQRA' : Petualangan Meraih Bintang garapan Salman Film Academy dan Masjid Salman ITB ini, sukses membuat saya merinding dan menangis tersedu-sedu.

Merinding karena selama ini manusia terlalu sombong mengatakan bahwa segala yang diketahui adalah hasil pemikiran sendiri. Namun pada kenyataannya, ayat di Al-Qur'an telah menjelaskan detil segala yang ada di kehidupan manusia, asal manusia mau berpikir.

source : web film-iqro.com

Kisah seorang anak perempuan bernama Aqilla (diperankan oleh Aisha Nurra Datau) yang sangat mengidolakan kakeknya, Prof. Wibowo (biasa dipanggil Opa - diperankan oleh Cok Simbara), seorang astronom yang mengabdikan dirinya untuk meneliti luar angkasa di Boscha, Lembang.

Masalah mulai berdatangan. Dimulai dari keluhan guru mengaji Aqilla yang mengatakan bahwa Aqilla susah sekali berkonsentrasi karena sibuk dengan gadget. Ditambah lagi, persaingan Aqilla dengan teman sekelasnya. Namun konflik ini mudah diatasi karena sebenarnya masalah utama ada pada Opa dan tempat observatorium Boscha.

Konflik yang terkesan dramatis ini tidak dibuat berlarut-larut oleh sutradara. Tokoh yang digambarkan antagonis, melalui proses yang singkat bisa langsung tersadar bahwa ia salah dan dengan gentle meminta maaf. Kehadiran Meriam Belina sebagai Ibu dari si tokoh antagonis, Bang Codet, menambah kesegaran dalam plot kisah Iqra'. Sudah tak asing yaa...kalau melihat Meriam Belina mengeluarkan logat candaan segar khas Sunda campuran batak. Top banget!


Ketika Al-Qur'an menjadi rujukan segala ilmu...


Di film yang berdurasi (kurang lebih) 100 menit ini, kita diajarkan untuk senantiasa mengaji sebelum mengkaji segala ilmu yang ada di dunia. Mengapa begitu?

Jawaban dari Allah jelas dikatakan dalam QS. Al-Alaq : 1-5 yang pertama kali diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Mengapa dalam ayat tersebut hambanNya diminta untuk membaca?

Karena sejatinya, dalam Al-Qur'an lah segala sesuatunya sudah dijelaskan oleh Allah. Dan hanya bagi kaum yang berpikir sajalah, tanda-tanda tersebut dapat diketahui.


Maka syarat Opa kepada Aqilla yang saat itu sedang berlibur dan mendapat tugas science dari sekolah untuk membuat penelitian tentang penemuan terbaru hanyalah Aqilla harus bisa mengaji dulu (titik). Bagi Aqilla, tentu itu syarat yang tidak mudah. Karena ia ogah banget memperhatikan guru mengaji. Namun suasana belajar yang berbeda diperoleh saat Pesantren Kilat di rumah Opa. Guru mengaji yang biasanya hanya menyuruhnya membaca Iqra', di sini malah sering mengajak diskusi malah camping bersama untuk melihat komet Love Joy yang sudah melintasi bumi selama 11.500 tahun. Dan tahun ini, special. Komet tersebut melintas Indonesia dan dapat dilihat dengan mata telanjang.



Selain disuguhkan tentang pemandangan bintang, tata surya dan luar angkasa yang mashaallah indahnya, kita juga diajak melihat pemandangan Lembang terutama Boscha (jadi inget sama film Petualangan Sherina loo...inget gak?) dan Masjid tercinta, Salman ITB, Bandung.


Beginilah seharusnya . . .


Karena tontonan adalah sebuah gaya hidup yang ada saat ini, saya harus bilang bahwa saya merindukan tontonan yang bisa jadi tuntunan seperti Film Iqra' ini. Begitu banyak serangan film dari Indonesia bahkan luar negeri yang terkadang tidak layak tonton, untuk usia anak sekalipun karena mengandung muatan negatif, Film Iqra' ini membawa angin segar untuk menikmati weekend bersama keluarga. Tontonan menyentuh yang sangat islami. Membuat hati ini bergetar dan rindu akan mentafakkkuri Al-Qur'an. Sejatinya, manusia tidak hanya membaca ayat-ayat Allah, namun juga menelaahnya dengan ilmu yang benar.



Film yang serentak di putar di seluruh bioskop yang ada di Indonesia pada tanggal 26 Januari 2017 wajib ditonton bersama anak-anak, terutama usia pengenalan profesi. Dan siap-siap dihujani pertanyaan oleh anak yaa, moms and dads

Terima kasih untuk Pak sutradara, Kang Iqbal Al-Fajri, penulis skenario dan semua pihak yang terlibat dalam pembuatan film ini. Semoga pemuda-pemudi generasi islami tidak berhenti berkarya dan menebarkan kebaikan di dunia.

Official trailernya bisa dilihat di sini :


Fanspage : https://web.facebook.com/filmiqro
Instagram : @film_iqro
Twitter : @film_iqro
Website : http://www.film-iqro.com/


Salam hangat,










You Might Also Like

34 comments:

  1. Replies
    1. Gak sabar baca di Ibuba...*.* ((berbinar))

      Delete
  2. Keren nih gan filmnya bakalan. Ada ilmu sainsnya ada ilmu agamanya. Sukses lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa nonton yaa...tanggal 26 Januari 2017.

      ^^

      Delete
  3. Pelajaran hidup tidak hanya didapat dari sekolah tapi juga melalui film ya :)

    ReplyDelete
  4. Asli waktu adegan puncaknya, pengen nangis. Syukurnya masih bisa ketahan. Gak enak juga nonton film anak-anak tapi bisa terharu mirip nonton drama.

    inspiratif benar nih film iqro.

    ReplyDelete
  5. Dan aku harap guru ngaji kayak teh Raudhah itu makin banyak aja ya. Biar anak-anak seneng ngaji. Jadi ga kayak beban.

    ReplyDelete
  6. Wah asyik juga ya, ada suguhan pemandangan bintang, tata surya dan luar angkasa yang indah.

    ReplyDelete
  7. Tak bisa dipungkiri, saat lomba ngaji di Festival Iqra ini adalah moment terbaik sekaligus menampar kita-kita yang masih menjadikan Al-Quran sebagai pajangan di atas lemari.

    ReplyDelete
  8. Filmnya recommended nih buat ditonton.. Mksh sharringnya ya..

    ReplyDelete
  9. wah film nya kaya nya keren apalagi ada pencerahan nya, insya allah mau nonton :)

    ReplyDelete
  10. Menarik nih buat ditonton dengan keluarga. Bisa jadi ajang refleksi diri.

    ReplyDelete
  11. Aku kangen jadi guru ngajiiii
    Kangen riuh rendahnya suara anak-anak yang tiap sore datang ke rumah T_T
    Di Palopo qadarullah nggak ada tetangganya, jadi fokus ngajar ngaji ke Wafa sama Ayyas aja, insya ALLAH.

    Tapi alhamdulillah sudah mulai mengajar tahsin lagi buat Ibu-ibu. Semoga amalan yang sangat sedikit ini bisa menjadi pengingat untuk terus belajar dan membaca Alqur'an. IQRA' :)

    ReplyDelete
  12. salah satu film yang patut di tonton untuk masyarakat saat ini

    ReplyDelete
  13. Saya suka pengambilan gambarnya yang dari atas. Dan Suasana Lembang Yang Sejuk.

    ReplyDelete
  14. Hmmmm bagus filmnya. Wajib ajak Trio krucils nonton ini mah

    ReplyDelete
  15. Waaah penasaran pengen segera nonton.

    ReplyDelete
  16. Waah...patut ditonton nih...anak-anak pasti suka. Selain ada ilmu agamanya, ada ilmu astronominya juga...

    ReplyDelete
  17. Wah baru tahu ada film ini mba. Asyik nih bisa nonton bareng anak :)
    Makasih mba

    ReplyDelete
  18. Semakin ke sini per film an Indonesia semakin syarat pesan moral yang sangat patut buat jadi pembelajaran. Keren!

    ReplyDelete
  19. Eh, udah rilis yah filmnya.
    Dulu cuma nonton trailernya saja.
    Kudu nonton nih.

    ReplyDelete
  20. Kebayang filmnya baguss banget pastii, TFS teh.. Semoga berjodoh nonton film ini.

    ReplyDelete
  21. Film anak2 kita emang masih perlu diperbanyak, Mbak Lendy. Dengan tema2 yg bervariasi namun tetap mendidik. :)

    ReplyDelete
  22. Film anak anaknyang memberikan pengajaran baik. Tapi sepertinya penayangannya terbatas yah. Semoga makin banyak film khusus anak yang punya pesan moral bagus

    ReplyDelete
  23. wah keren nih film. kalau gak salah, film ini direkomendasikan oleh para ustad. tadi lihat trailernya, kerennn. pengen lhat. makasih sduah ditulis mbak

    ReplyDelete
  24. Wajib nonton nih!! Mulai besok ya. Baiklah. Catet! Semoga bioskop deket rumah berbaik hati mau muterin film ini.

    ReplyDelete
  25. Suka kalimat ini: "kita diajarkan untuk senantiasa mengaji sebelum mengkaji segala ilmu yang ada di dunia."

    ReplyDelete
  26. Oke masuk list daftar tontonan wajib (gandeng herculesku)

    ReplyDelete
  27. Baca reviewnya membuat saya sedikit merinding. Pesannya dalem banget. Al-Quran adalah muara dari segala ilmu pengetahuan. Harus ajak anak kecil nih kalau nonton. Biar si kecl jadi teredukasi.

    ReplyDelete
  28. Waaah, mulai hari ini dong yaaa, mau nonton ngajak anak ah

    ReplyDelete
  29. penasaran ingin nonton filmnya

    ReplyDelete
  30. Waiting list.. Tapi ini bulan apa atuh, pasti udah nggak ada di bisokop hahah :D
    Palingan ntar nunggu di youtube atau di hooq. Tp asli penasaraan

    ReplyDelete