article,

Mari Kita Jalani PHP (Pola Hidup Pas-Pasan)

Friday, March 16, 2018 Lendy Kurnia Reny 31 Comments

Bismillah,


Pernah mengalami hidup yang serba pas-pasan (Auto Arrange Way) ?
Pas lagi butuh - pas ada, pas lagi susah - pas ada yang nolongin, pas lagi sakit - pas ada obatnya. Pas seorang Ibu yang sedang melakukan perawatan Ibu dan bayi - pas ada minyak kayu putih di kotak obat. 

Dan hidup manusia menjadi semakin lelah ketika segalanya serba tidak pas. Dalam bahasa Jermannya "kieu lain kitu henteu".
Hidup yang lelah akan menimbulkan perasaan serba salah, serba tidak pas. 
Pas kita lagi pengen beli sesuatu - pas lagi gak punya uang, pas ada uangnya - pas gak ada yang jualan, cape deh...πŸ˜ͺ




Dalam Al-Qur'an, hidup pas-pas an ini di jelaskan dalam ayat berikut :

Tafsir :

Akan disediakan baginya sebab-sebab memperoleh rezeki yang tidak diperkirakan sebelumnya. Barangsiapa yang menyerahkan segala urusannya kepada Allah, maka Dia akan mencukupi segala keperluannya. Sesungguhnya Allah akan melaksanakan kehendak-Nya. Segala sesuatu telah ditentukan waktu dan ukurannya masing-masing, yang tidak akan dilampaui, oleh Allah.



Pola

Selama ini yang kita tahu tentang pola adalah sebuah keteraturan. Misalnya :

Lanjutkan 2 bilangan berikut:
2, 4, 6, .... 8, 10
5, 10, 15 , ... 20, 25


Dan hidup ini sebenarnya adalah pola yang kita bentuk dan lakukan sehari-hari.

Yang terbiasa bangun malam untuk sholat tahajjud, maka apabila ia meninggalkan kebiasaan tersebut, maka dirasa ada yang kurang. Begitupun yang terbiasa berbuat maksiat, maka jika hati kecil mengatakan "tidak", akan banyak sekali pola hidup yang harus dirubahnya. Termasuk salah satunya adalah lingkungan dimana tempat ia tinggal.


Maka ketika pola ini sudah terbentuk, takdir pun menentukan.

Jangan membicarakan takdir di depan, kecuali sifat takdir yang sudah tetap, seperti contohnya jenis kelamin.
Seluruh takdir pada akhirnya baru kita akan pahami adalah pada ujung usaha kita dan ujung waktu.


Ketika kita mengenal polanya maka kita akan bisa memprediksi kejadian selanjutnya. Pahami dan tanamkan mendalam, lalu praktekan. Dengan mengenali pola, kita bisa menjawab semua pertanyaan dalam hidup ini.

Bahkan selama ini, manusia mempelajari berbagai jenis pola, seperti : Pola asuh anak, Pola bisnis, Pola berkarir dan lain sebagainya, termasuk Pola Hidup Pas-pasan.

     

Kesimpulan ayat tersebut merupakan Pola Hidup Pas-pas an yang sedang kita bahas saat ini yaitu, Allahummarhamna bil Qur'an :

1. Diperlukan jihad.
2. Kita menjadi golongan Muhsinin.


Jihad

Jihad adalah kesungguhan

Pernah seseorang mendatangi Confucius dan bercerita bahwa ia ingin sukses. Lalu apa yang terjadi? Oleh Confucius orang tersebut ditenggelamkan kepalanya ke dalam bak air, dan ditahan beberapa menit, sampai akhirnya orang tersebut tidak tahan dan meronta-ronta ingin keluar dari bak tersebut.

Orang tersebut berkata kepada Confucius, "Tuan, saya datang kepada anda bukan ingin mati, tetapi ingin sukses!"

Perhatikan jawaban Confucius : 
Bila kesungguhanmu ingin sukses adalah seperti engkau mengingikan udara ketika ditenggelamkan, maka engkau akan sukses.

Jihad adalah tentang kesungguhan. 
Siapa yang sungguh-sungguh, pasti berhasil. Dan hasil tidak akan berkhianat pada proses (yaitu) kesungguhan.

Kesungguhan atau persistence biasa kita sebut juga dengan istiqomah
Berhenti bukan karena lelah, tetapi karena memang tujuan sudah sampai dan tercapai.


sedangkan Muhsinin adalah orang yang berihsan.
Orang Beriman disebut mukminin
Orang Berislam disebut muslimin


Kesimpulan dari kedua rumus di atas yaitu bagaimana kita mampu sungguh-sungguh (jihad) dan menjadi muhsinin?
Jawabannya adalah dengan cara istiqamah : the power of persistence.


Rumus pola hidup pas-pasan adalah : 
Jihad dan Muhsin.


Kerja Cerdas adalah kenali pola,
Kerja Keras sekuat tenaga,
Kerja Ikhlas tawakal kepada Allah SWT.


wallahu a'lam bishawab


Materi ini disampaikan oleh Kang Mohan.
Founder aplikasi GenF Qur'an.
Sebuah aplikasi yang in syaa Allah senantiasa mengingatkan kita untuk membumikan Al-Qur'an.

Baca juga yuuk...





Buat yang ingin bergabung untuk berdiskusi bersama kang Mohan, bisa bergabung di grup wa dengan link berikut :

https://bit.ly/genfcom



Semoga bermanfaat.


Salam hangat,

You Might Also Like

31 comments:

  1. Sunhanallah makasih ya TehπŸ˜‡

    ReplyDelete
  2. Itu pak Confucius tegaan juga ya hahaa...tapi benar, kalau kita kita bersungguh-sungguh pasti apa yang diinginkan bisa tercapai.

    ReplyDelete
  3. Pola hidup pas pasan, pas butuh pas ada, diuji pula dengan pas berlebih pas ada yang datang membutuhkan. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  4. Semoga Al-Quran tetap terjaga terus dan Islam semakin berjaya, Umat Islam pun semakin dekat ke Islam itu sendiri. Aaaminnn

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak sudah diingatkan ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. Memang benar ya, Yang Di Atas lebih maha tau, tau kapan akan memberi ke kita. Jadinya ya kita percayakan aja kepada Yang Di Atas :)

    ReplyDelete
  7. Waah keren ya aplikasinya, Lendy, bener banget, sebenarnya kita bisa lho memprediksi kondisi dengan mempelajari pola kehidupan, karena kita itu jagat alit, dunia kecil yang memancar ke jagat besar (komen apa sih ini)

    ReplyDelete
  8. Saya juga selalu menerapkan pola hidup yang pas2an, biasa saja, dan hal itu memang menyenangkan, membahagiakan hehe

    ReplyDelete
  9. Istiqomah yang benar2 susah teh... ada aja godaannya

    ReplyDelete
  10. menerapkan hidup pas pasan ya ide yang bagus supaya tidak menjadi orang yang menghambur hamburkan uang. tapi, ada benarnya juga masalah rejeki pasti udah ada yang atur oleh allah.

    ReplyDelete
  11. Bagi saya kalo hidup pas-pasan atau yang bahasa siliwanginya "kieu lain kitu henteu"... kuncinya ada mensyukuri apa yang ada,, jangan selalu memandang ke langit takutnya gak liat yang didepannya,, pandanglah selalu kebawah,, artinya menunduk (menunduk malu) kepada Allah Yang Maha Kaya

    ReplyDelete
  12. Kalau mau berubah ke arah yang lebih baik gak cukup niat emang ya, harus dilakukan saat itu juga, dikerjakan saat itu juga dengan sungguh2. Btw tengkyu info tetang aplikasi GenF Quran-nya.

    ReplyDelete
  13. Wow ngga kepikir sebelumnya, padahal dengan pola ini kita bisa lebih istiqomah ya?

    ReplyDelete
  14. hehehehe bahasannya sederhana tapi dalem banget yak. Kalau saya mah emang pas pasan dari dulu. Pas pengen ke Bali bisa... pas pengen makan bakso ada... hehehehe

    ReplyDelete
  15. Makasih tuk remindernya teh lendy..baru tau nih ada aplikasi genfquran digital :D

    ReplyDelete
  16. Kayak tukang bakpau deket kantor pas lagi pengen nggak ada, pas lagi nggak pengen dia jualan πŸ˜‚

    Setelah baca ini aku semacam diingatkan jangan pernah menyerah buat jihad πŸ˜‡

    ReplyDelete
  17. Adeeemmm bacanya, Mbak.. suka sekali baca ini, dan semoga saya bisa mengamalkannya. Rumusnya jihad dan muhsin, ya.

    ReplyDelete
  18. Ala bisa karena biasa, ya, Teh. Kalau ingin jadi orang baik, biasakan berbuat baik. Yang penting harus istiqomah menjalankannya ya.

    ReplyDelete
  19. Mujizat itu ada di rumah.iya ya bener juga, kalau anak2 gak dididik dengan baik, ke deoannya nantibaga

    ReplyDelete
  20. Ooh ini yang khusus hasil kajian ya.. bermanfaat.. utk kehidupan hrs diinhget. Makanya bagus banget ditulis.

    ReplyDelete
  21. hidup pas2-an memang tidak semua orang menginginkannya. Akan tetapi bila rasa syukur selalu kita tumbuh dalam hati maka pas2-an pun akan menjadi cukup kapan di butuhkan.
    Semoga kita menjdi insan yg selalu tahu akan syukur nikmat.

    ReplyDelete
  22. Makasih Mbak Lendi sudah berbagii..

    ReplyDelete
  23. Makasi sharing nya mba
    Ntar mau dipelajari dulu
    Sepertinya bagus nih

    ReplyDelete
  24. Makasi sharing nya mba
    Ntar mau dipelajari dulu
    Sepertinya bagus nih

    ReplyDelete
  25. Wah kepengen beut bisa mengaplikasikan hidup pas-pasan. Pas mau ke London langsung kejadian, pas mau pergi haji langsung dapat kesempatan..subhanallah πŸ˜†

    ReplyDelete
  26. setiap abis baca tulisan mbak Lendy jadi ke tampar sendiri, susahh banget mau mengaplikasikan ke diri sendiri. kadang masih juga suka berlebihan akan sesuatu. tfs mbak Lendy

    ReplyDelete
  27. mbak makasih sharingnya, aku jadinya download aplikasinya juga nih, sepertinya banyak sekali yang fitur bermanfaat dari aplikasi GenF Qur'an

    ReplyDelete
  28. Jadi kita harus mengenali pola dan membuat pola yang baik ya Teh

    ReplyDelete
  29. Teteh, saya pun menjalani hidup yang sering sekali pas-pas-pasan.
    Orang zaman dulu kala, ketika ingin menyampaikan pesan seringkali dengan perbuatan ya Teh, macam Confucius itu. Mungkin kalau zaman sekarang, udah kena bully guru yang seperti Confucius itu

    ReplyDelete
  30. hahahah....lucu yach istilah PHP nya.... kirain Pemberi harapan Pasti... :)

    ReplyDelete
  31. Kalau lelah memang apa apa aja jadi serba salah dan salah ya mba.. sebenernya enak hidup pas pas an, pas mau dingin ada ac, pas mau panas, ada heater, pas mau nge mall ada mobil, pas mau beli iphone X ada duitnya hehehe

    ReplyDelete