feature,

The Princess and the Matchmaker (2018)

Wednesday, July 11, 2018 Lendy Kurnia Reny 13 Comments

Bismillah,

Akhirnya berani juga nonton movie-nya Lee Seung Gi, setelah kisah bitter sweet endingnya di Hwayugi. Agak takut kalau ini juga gak sesuai dengan ekpektasi saat nonton. Melihat para aktor yang bermain di film ini saat sedang promo-tour, baru deeh....aku berani download.



Judul : The Princess and the Matchmaker (English title) / Marital Harmony (literal title) /  Goonghab ( κΆν•© )
Sutradara : Hong Chang-Pyo
Aktor : Shim Eun-Kyung, Lee Seung-Gi, Yeon Woo-Jin,
Kang Min-Hyuk, Choi Woo-Sik, Jo Bok-Rae, Minho
Genre : Romantic, Comedy
Durasi : 110 menit



Sebenarnya salah satu alasan aku nonton movie-nya Lee Seung Gi, karena doi terkenal dengan sebutan 3 Crown Prince, jagonya jadi MC, aktor (drama) sama penyanyi. Jadi saat dia memutuskan untuk come back ke dunia akting, apalagi layar lebar, pastilah itu suatu keistimewaan. Coba lihat riwayat akting movienya baru 2 : Love Forecast sama The Princess and The Matchmaker ini. 

Ternyata tebakan aku gak sepenuhnya bener, chingu...


Film ini bisa dibilang drama banget. Padahal aku berharap ada sesuatu yang berbeda dari akting Lee Seung Gi. Pemilihan plot cerita yang juga standart... Lovey-dovey nya kurang menyentuh. Jadi apa yang harus aku bilang? Film berdurasi 110 menit ini cocok ditonton saat santai. Di rumah. Bukan di bioskop. Wkkkwk....mian, mian...😒

Baca juga drama lovey-dovey jaman Joseon yang asyik untuk diikuti :



Shim Eun-Kyung sebagai Songhwa Ongju

Siapa yang gak ingin jadi ongju (putri Raja)?
Karena gak semua orang bisa terlahir kaya dengan garis keturunan terbaik sejak lahir kan yaa... dan Songhwa Ongju adalah salah seorang putri dari selir kesayangan raja jaman Jeong-ju ke 29. Namun karena ramalan dari Gwang-sanggam (Badan Observatorium Joseon), Songhwa ongju dipisahkan dari kehidupan istana sejak kecil. Lalu karena Raja sakit menahun yang tak kunjung sembuh, maka satu-satunya yang bisa membuat Raja sehat kembali adalah tinggal bersama kembali dengan Songhwa ongju.

Jadi,
dipanggillah Songhwa ongju kembali ke istana. Atas dasar pendapat peramal (lagi), Songhwa yang berkarakter kuat, akan memakan nasib baik adiknya (dari Ibu yang berbeda, sehingga adik laki-lakinya ini nanti akan sulit naik takhta menggantikan posisi ayahnya sebagai Raja), jadi Songhwa  mesti dipisahkan dengan Ibu pengasuhnya (( karena sejak awal, Ibunya Songhwa ongju sudah meninggal )) dan kelak harus dinikahkan dengan seseorang yang memiliki saju (perhitungan berdasarkan tanggal, hari dan jam lahir) yang berlawanan dengan Songhwa ongju.

Lee Seung-Gi berperan sebagai Seo Do Yoon

Seo Do Yoon, akhirnya diangkat menjadi gamchal naeri (pegawai pemerintahan, masuk tim peramal astronomi, yang bisa meramal nasib baik dan buruk seseorang dari tanggal, hari dan waktu lahir). Karena ia adalah seorang yang lurus, gak bisa diajak bekerjasama dengan sepupunya sendiri yang ingin menjadi Buma (menantu Raja, cowo yang akan dinikahkan dengan Songhwa ongju) yang berkepribadian buruk, Yoon Shi-kyung



Namun, semua orang gak ada yang tahu bahwa Yoon Shi-kyung ini jahat. Ia, dimata masyarakat adalah seorang pegawai pemerintahan yang gagah dan nurut sama Raja. Namun di balik itu semua, ia sebenarnya menginginkan kedudukan yang lebih di kerajaan. Maka, segala cara akan ditempuhnya demi mewujudkan niatnya itu. Termasuk memanipulasi ramalan perjodohan (saju).

Ini fatal banget kalau jaman Joseon, karena selain (berarti) membohongi Raja juga bisa merusak masa depan oranglain. Kan jaman Joseon apalagi anak Raja, gak boleh pacaran dulu baru nikah...😒 ((bener siih...sesuai syariat Islam yaa..)). Mereka menikah karena perjodohan dimana saju mereka sama-sama berdampak positif bagi kehidupan kerajaan.


Ribet?


Sebenarnya di Jawa juga gitu yaa...ada perhitungan weton yang baik bagi pasangan. Tapi kalau gak cocok, bukan berarti gak jadi, bisa dicarikan jalan keluarnya. Naah...sama. Ramalan perjodohan (saju) ini juga bisa dicarikan jalan keluarnya, dengan menyeimbangkan gelombang Yin dan Yang di alam, gitu kata Seo Do Yoon.


Apa jalan keluar untuk pernikahan Songhwa ongju dan Yoon Shi-kyung?
Memiliki anak.


Dan hal ini yang mungkin susah sekali karena mereka berawal dari pasangan yang tidak mengenal dan saling suka pada awalnya. Kepribadian mereka benar-benar jauh berbeda.
((iyaa...yang satunya 


Bagaimana nasib Songhwa ongju akibat kebohongan Seo Do Yoon mengenai ramalan perjodohan ini?
Nonton deeh... gak lama kok...hanya 1.5 jam.
Hiihi...Happy watching, chingu~



Seperti biasa, aku bakal bahas Learning Point The Princess and the Matchmaker movie ini...


1. Capailah sebuah tujuan secara bertahap


Seringkali, banyak orang lupa bahwa ketamakan membuat diri agresif hingga tak memperdulikan orang lain. Bahkan gak sadar kalau dirinya telah menempuh jalan yang salah, gak peduli kalau kejahatannya terbongkar, bakal ada resiko yang mereka terima, yaitu disiksa Raja.
((iya looh...fitnah Jaman Joseon ini mengerikan. Mereka seringkali hanya percaya dari apa yang tersebar luas di masyarakat tanpa investigasi yang benar. Menyakitkan sekaliii...))


2. Jangan berbohong


Apapun keadaannya, membiasakan berkata baik sesuai dengan kenyataan, meskipun memang terkadang pahit.
Sama seperti kejadian Seo Do Yoon saat ingin melindungi adiknya dari siksaan Yoon Shi-kyung. Seo Do Yoon terpaksa harus berbohong agar adiknya ((yang buta ~ tapi ganteng ~ eaaa..πŸ˜…πŸ˜ )) selamat.


3. Ikuti kata hati


Ini agak klise juga siih...aku juga gak paham kalau mengikuti kata hati, karena feeling bisa aja salah arah kalau tidak diiringi doa kan, chingu?

Dengan berderai airmata, Songhwa ongju mengatakan hal ini kepada ayahnya :
"Jika dalam hidup seseorang tanpa adanya cinta, lalu apalagi yang dimilikinya?"


Dan karena perkataan sang anak yang dicintainya ini, sang Ayah menjadi sadar, bahwa kebahagiaan berasal dari cinta. Selama ini Ayahnya memang seseorang yang memiliki kedudukan terhormat di mata masyarakat, namun segalanya tidak bisa dimiliki.

Kebahagiaan.
Untuk orang-orang di sekelilingnya terutama.

fanart Seo Do Yoon dan Songhwa ongju.

Dan aku sebenarnya ingin mengeluh banyak hal tentang film ini. Selain aku merasa gak cocoknya Lee Seung Gi memerankan tokoh berkepribadian introvert dan tenang begini...karakternya persis saat di drama You're All Surrounded.

Paling oke, doi di Brilliant Legacy, My Girlfriend is Gumiho dan Hwayugi.
Karakter cowok cerewet, pembangkang dan sombong.

Selain gak ngerasa click sama akting Lee Seung Gi, aku pun merasa terlalu banyak pemanis di drama ini. Pemeran pembantunya aja ada Kang Min‑hyuk (drummer sekaligus vocalist CN Blue), Choi Woo-shik (aktor) dan Minho sHinee (member sHinee) yang berperan jadi adiknya Do Yoon yang buta. Aigoo~~

Kerasa sayang aja, para aktor ini gak dikasih akting yang menantang.

Terakhir, aku gak ngerasa puas sama original soundtracknya. Emm, rasanya kurang greget gituu... Padahal film itu bisa bener-bener bisa hidup dan membawa suasana salah satunya karena musik yang mewarnainya. Kalau ini gak oke, aah...meolla, kumerasa kecewa.


Saat film ini launching, Lee Seung Gi saingan sama mantan ((eaa...mantan, karena aku nge-shipperin mereka biar jadian beneran in a real life)) partnernya di Hwayugi, Oh Yeon Soo di filmnya Cheese In The Trap Movie.

And i honestly, prefer Yeon So movie.

Padahal CITT movie ini adaptasi dari drama looh...jadi kaya short versionnya gitu...
Kapan-kapan aku bahas yaa..karena aku puas banget sama CIIT ketimbang Matchmaker.



Adakah sahabat lendyagasshi yang nonton film ini?
Gimana...gimana pendapat chingu-deul?
Berbagi di kolom komentar yuuk...



또 λ΅™κ² μŠ΅λ‹ˆλ‹€ 

Salam hangat,




You Might Also Like

13 comments:

  1. aku kok malah tertariiiik sama bajunyaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...bajunya bagus deeh...
      Ku juga sukkaka...

      Delete
  2. Wah kalau nonton film singkat ya dibanding drakor 20 episode hahah

    ReplyDelete
  3. Kalau orang jawa mengenal falsafah tresna jalaran soko kulino. Hehehe, kuno tapi buat orang dulu baik-baik aja.
    Kalau sekarang perjodohan kerap dianggap kuno. Pengin nonton the matchmaker deh. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  4. Kalau orang jawa mengenal falsafah tresna jalaran soko kulino. Hehehe, kuno tapi buat orang dulu baik-baik aja.
    Kalau sekarang perjodohan kerap dianggap kuno. Pengin nonton the princess and the matchmaker deh. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  5. Mencapai tujuan secara bertahan, berarti harus sabar juga menjalani prosesnya, ya :)

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget deh informasi film na... jadi pengen nonton banget deh ya

    ReplyDelete
  7. Sepertinya bagus nih movienya. Aku akhir-akhir ini tak lagi sempat nonton Kdrama maupun KMovie euy. Banyak banget tertinggal film-film bagus. Makasi ya, Mbak, udah kasih referensi dan sedikit clue yang bikin aku penasaran dan ingin nonton juga.

    ReplyDelete
  8. Jangan berbohong...itu penting banget, sekali ketahuan bohong kepercayaan...orang lain akan berkurang..., Dan dipastikan akan muncul kebohongan2 yg baru..

    ReplyDelete
  9. Iya nih kayaknya memang lee seung gi baru-baru aja ya main film. Semoga nanti dia bisa dapat naskah yang lebih menantang. Soalnya kalau nggak salah image nya dia ini mantu idaman emak-emak korea kan ya? He

    ReplyDelete
  10. ntar aku cari di iflix ah, jadi penasaran pengin nonton juga hehe

    ReplyDelete
  11. Kaya menarik ceritanya, tp tnyt kurang memuaskan ya

    ReplyDelete
  12. Wah jd pengen nonton filmnya. Kayaknya buat hiburan aja bagus ya, jd gak ngarep yang jalannya oke2 atau gmn2 gtu hehe TFS

    ReplyDelete