Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beralih Ke Mesin Jahit Portable Yuuk...

Bismillah,



Saat anak pertama saya lahir, dunia benar-benar berubah drastis. Ibu yang tadinya sangat perhatian dengan saya, menjadi lebih protektif terhadap cucunya. Meskipun anak saya bukan cucu pertama di keluarga Lukman, namun beliau sangat tidak bisa melihat segalanya berjalan apa adanya. Semua harus tampak istimewa.

Dari mulai melewati masa-masa kehamilan di trimster pertama, Ibu sudah menjahitkan saya beberapa popok dan alas bayi untuk calon cucunya tersebut. Alasannya, karena popok jaman sekarang terlampau kecil, tidak bisa menutupi badan bayi secara sempurna, begitu kata Ibu.

Dan tak terasa, usia kehamilan saya makin bertambah tua, dan Ibu juga semakin semangat menjahit keperluan calon anak saya ini karena tahu berjenis kelamin perempuan. Dari mulai baju-baju kecil, sarung bantal guling, hingga membuat daster untuk saya menyusui nanti. Kata Ibu, Ibu menyusui harus sering-sering berganti pakaian, karena nanti bakalan banyak yang membuat baju berbau tak sedap.

Saya hanya meng-iyakan segala nasihat Ibu sembari memperhatikan Ibu lihai mengukur, menggunting pola, hingga menjahitnya dengan rapih menggunakan mesin jahit kesayangannya berwarna putih.
Mesin Jahit kesayangan Ibu

Ibu dengan segala kelebihannya sebagai seorang Ibu rumah tangga sejati tidak menurunkan bakat tersebut kepada saya. Hal ini yang membuat suami kerap berangan-angan ingin saya bisa seperti Ibu yang melakukan banyak hal kewanitaan sendiri. Hal-hal sederhana saja, misal menjahit kancing baju kemeja yang sudah mulai kendur, atau menjahit bagian yang bolong pada celana anak-anak. 

Sehingga suami menyarankan untuk belajar menggunakan mesin jahit portable terlebih dahulu. Di samping bentuknya yang mungil, memudahkan mobilitas saya untuk berpindah-pindah tempat menjahit kesukaan. Suami tidak terlalu menuntut banyak, ia hanya memperlihatkan mesin jahit portable yang praktis dengan banyak fitur tambahan di dalamnya. Dengan kisaran harga mesin jahit portable beserta kelebihannya, suami menawarkan saya untuk memilih apa yang paling pas dengan kebutuhan saya.


source : bukalapak.com


Bentuknya yang mungil, juga praktis dalam penggunaan. Karena selain ada yang menggunakan pedal kaki (dinamo) ada juga fitur menggunakan batere. Jadi ketika aliran listrik sedang padam, saya pun tetap bisa melanjutkan menjahit. Dan ternyata, mesin jahit portable ini sangat sunyi, nyaris tak mengganggu. Tak ada alasan lagi untuk tidak menjahit di saat punya bayi sekalipun. Hiihi...


Beberapa fitur yang kelebihan mesin jahit portable :


1. Harga mesin jahit portable yang lebih ekonomis.
2. Beberapa seri dapat digunakan untuk mengobras.
3. Bentuknya yang kecil memungkinkan untuk disimpan dan digunakan kembali dengan mudah.
4. Tak memerlukan banyak tempat untuk penggunaannya.
5. Dapat menggantikan pedal kaki dengan tenaga listrik sehingga tak membuat kaki pegal.
6. Terdapat fitur lampu tambahan jika memerlukan penerangan lebih saat menjahit.
7. Seri tertentu dilengkapi memory digital yang dapat menyimpan pola jahitan sehingga ketika menjahit kembali tinggal memilih dan menggunakannya sesuai dengan pola jahit tersebut.

Macam-macam pola jahitan fitur mesin jahit portable


Dengan segala kelebihan yang ditawarkan mesin jahit portable di atas, maka saya hanya tinggal membandingkan harga beserta merk yang paling banyak digunakan orang. Karena biasanya, merk tersebut sudah memiliki tempat di hati karena memiliki tingkat kepuasan tinggi.


Sebagai tips penggunaan mesin jahit portable agar awet :


1. Taruh di tempat yang kering dan bersih
2. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, apalagi saat mesin masih dalam keadaan aktif
3. Agar performa maksimal, simpan kembali setelah penggunaan.
Hal ini dilakukan agar mesin senantiasa terlindungi dari debu dan benturan yang mungkin terjadi.
Kalaupun ingin dibawa, maka pastikan membawanya dengan aman, tidak terbanting.



Target untuk tahun ini, sepertinya saya belajar menjahit dulu. Jika sudah mahir untuk melakukan hal-hal kecil, maka saya akan menantang diri ini untuk menjahit model baju dengan pola sederhana.

Bismillah,
Doakan saya bisa yaaa...sahabat lendyagasshi.

Kalau sahabat sendiri, punya pengalaman menjahitkah?
Berbagi di kolom komentar yuuk...


Salam hangat,





37 comments for "Beralih Ke Mesin Jahit Portable Yuuk..."

  1. baru sekali belajar jahit, benang kelilit2 pusyiiingg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba Kania..
      Cape (hati) kalo uda begini..

      Hiiks~

      Delete
  2. Ada mesin jahit dari yang masuk sampai yang portabel tapi saya keukeuh saja dikecos kalau jahit2 teh, hehehe. Masih belum bisa lurus kalau pakai mesin tuh. Malas banget belajarnya...

    ReplyDelete
  3. Saya juga minat dalam hal jahit menjahit mba, baru maubikut kursus. Etapi salut ya Ibu nya mba, masih jago ngebuat pola dan menggunting. Sama kayak Almarhumah mama, jago.

    ReplyDelete
  4. Jaman makin canggih emang ya. dulu mesin jahit itu gede, sampe ngabisin tempat.
    Sekarang dengan adanya mesin jahit portable, jadi bisa belajar jahit tanpa perlu beli yang gedeee yg ada mejanya tuh

    Temen ku ada yang ikut2 cosplay, suka jahit2 kostum pake mesin jahit portable gini
    Bener bener manfaat

    ReplyDelete
  5. Mesin jahitnya sudah canggih euy, makin fleksibel dan efisien nih.

    ReplyDelete
  6. Mpo menjahit zaman smp bikin prakarsa rompi. Sampai sekarang teman smp suka nakal kalau cerita rompi

    ReplyDelete
  7. Aku paling nggak bisa kalo soal jahit menjahit. Enak kalo pakai mesin jahit portable seperti ini, tidak semenakutkan mesin jahit gede zaman dulu hahaha, dan hemat tempat tentunya.

    ReplyDelete
  8. Aku masih belum sempet belajar menjahit nih. Padahal pengeeen hehehe. Salam kenal yaaa.. just follow your blog as well :)

    ReplyDelete
  9. Bener, suami sy jg kdg ngeluh jg sih klo jahit celana aj ga bisa. Wkwk. E tapi sy udh usaha kok belajar jahit, entah knp bolong lagi bolong lagi. *mungkin ya kode kalau jahitan tangan sy emg ga kuat jd hrs dibeliin mesin jahit portable yg unyu2 beginih. :D

    ReplyDelete
  10. Yang portable ini buat menjahit yang jarang-jarang kali ya. Kalau digunakan berjam-jam terus-menerus kadang gampang error.

    ReplyDelete
  11. Pertama kali melihat jenis mesin jahit yang seperti ini di rumah kakak. Ternyata menjahit jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan beberapa pilihan pola jahitan. Keren lah!

    ReplyDelete
  12. Wah mesin jahitnya cakeep! Tapi menjahit tampaknya bukan untukku ..tak bisa samasekali! Hehe..

    ReplyDelete
  13. Tos mbk len, aku juga pgn banget bisa njahit. Dari kapan tahun gitu pgn beli mesin jahit portable tapi maju mundur kena. Ah semoga deh aku segera bisa mantab beli mesin jahit portable ini. Doakan aku ya mbk len. Matur nuwuunn

    ReplyDelete
  14. Aku bisa jahit cuma lama vakum. Dari dulu impian banget punya mesin jahit poetable, banyak fitur ya juga ya mbk

    ReplyDelete
  15. huuuuhhhhh....
    Saya iriiii saya iriii saya iriiiiii...
    Mama saya mana pernah gituin saya, hiks.
    saya mah semua dilakukan sendiri.
    Tapi senang juga sih, soalnya gak ada yang dikte hahaha

    Btw saya juga udah lama pengen punya mesin jahit kayak gini, maklum di rumah saya jadi berprofesi macam2, termasuk tukang jahit.
    Setiap minggu adaaaa aja yang saya jahit.
    Entah kancing baju si kakak yang lepas, atau celana pak suami yang sobek, saya curiga pak suami itu pantatnya ada pisaunya, sampai2 tiap minggu celananya sobek wakakaka

    ReplyDelete
  16. Mbak, aku bisa menjahit dari kecil. Pas kecil bikin baju2 buat barbieku sendiri. Sayang, mesin jahit ibuku merek Singer juga, tapi yg warna hitam (sudah dimodifikasi dikasih pedal) ini baru rusak. Jadinya aku nggak bisa tuh jahit baju2 anakku yg sobek. Baru minggu lalu rasan2 sama suami mau beli mesin jahit portable kayak punya Mbak di atas itu. Tapi belum kebeli. Ntarlah, semoga ada rezeki.

    ReplyDelete
  17. Harganya ekonomis itu brp ya mbak? Belinya mendingan online apa offline ta?

    ReplyDelete
  18. Dari dulu juga saya pengen bisa menjahit dengan mesin Mbak, biar bisa buat prakarya ataupun jahit baju sendiri.
    Mesin jahit jaman now makin canggih aja ya, ada yg bisa menyimpan pola segala, kereeennn.

    Semangaat ya Mbak, ayooo, pasti bisaaaa ;)

    ReplyDelete
  19. Punya pengalaman jait 8 tahun Lalu. Sekarang merasa butuh bisa jait sendiri. Aplg punya anak gadis rasanya pgn diy anhehe

    ReplyDelete
  20. Dulu sempet pengen ngejahit pake mesin jahit portable nih tapi kok ya mager 😂😂
    Emang kalau mau bisa itu musti tekadkan niat yaa hehe

    ReplyDelete
  21. Duluu pas masih ada bisnis fashion, saya sempet kepengen beli mesin jahit portable mba. Tapi gajadi haha. Nah mesin ini kalo untuk penggunaan rumah aja cocok ya mba?

    ReplyDelete
  22. Keren banget ini mesin jahit portabel nya mbak malah ada yang bisa nyimpan pola jahitan segala ya..aku mau nyobain ah soalnya aku juga suka iseng-iseng jahit.

    ReplyDelete
  23. Jadi keinget ibu saya. Dulu pun waktu saya hamil, segala popok yang ngebikinin juga ibu. Jahit sendiri. Dan sampai sekarang, saya malah belum bisa jahit, seperti kebiasaan ibu. Hehehe...

    ReplyDelete
  24. Waktu usaha hijab , ak pernah punya mesin jahit ini, kadang kalo ada hijab yang reject aku benerin sendiri hehe penting banget buat dirumah

    ReplyDelete
  25. Wah asyik nih..saya ga bs menjahit, tapi pernah nyobain pke mesin portable emang enakeun jd ngedadak bisa deh krn gampang n praktisnya...

    ReplyDelete
  26. Aku juga keepingin beli mba ,, dah lama banget kepingin punya, lumayan ya bisa buat baju2 yg robek

    ReplyDelete
  27. Aku belum bisa pakai mesin jahit sejenis ini, apa karena belum punya aja ya jadi belum terbiasa. Mesin jahit jadul aku justu bisa mbak walaupun gak puya juga hehehe tap dari dulu suka pakai punya ortu

    ReplyDelete
  28. Aku punya mesin jahit tapi gak bisa jahit hahaha :P
    Udah deh aku penikmat jahit2an aja, mungkin kelak kalau waktunya aku dapat hidayah aku akan mulai lagi belajar menjahit :D

    ReplyDelete
  29. Aku pun tahun ini lagi ikutan arisan mesin jahit Mbk biar bisa segera bisa menjahit baju anak-anak hehe

    ReplyDelete
  30. Wah cantik banget desain mesin jahit portable ini.

    Aku juga mau belajar jahit dulu deh, jahit pakai tangan aja masih acakadut hehe.

    ReplyDelete
  31. Pengen banget punya mesin jahit ini sudah lama karena aku hobby jahit dann bikin kernik-kernik kayak baju bayi gitu, kalau baju dewasa gak bisa

    ReplyDelete
  32. Aku pengen punya mesin jahit portabel. Kayak punya bumerku, bahkan beliau bisa jahit baju untuk anaknya, cucu, semua pakai mesin jahit portabel. Makanya aku pengen beli dan belajar jahit gamis, punya kain dikasih orang kan sayang kalo nganggur kainnya

    ReplyDelete
  33. Aku sempat mau beli mesin jahit portabel, kata suamiku, Halah ntar paling nggak kepake, ahahaha
    Kegundahan deh, padahal sering butuh ya

    ReplyDelete
  34. wahh mesin jahitnya cocok banget untuk adikku nih, kebetulan banget dia ingin banget punya mesin jahit biar bisa jahit gamis sendiri, katanya :)

    ReplyDelete
  35. Mesin jahit yang portable memang praktis ya mba.. dan hasilnya juga bagus deh

    ReplyDelete
  36. Mba Lend. Suamiku tak suruh make portable meain jahit nggak mau nhiks.
    Padahal mau aku belikan biar simple.

    ReplyDelete