Ramadan Day 30 : Lebaran 1440 H

Bismillah,



حَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَا وَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
  
Wahai Rabb kami... terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui


تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ  صالح الأعمال

Semoga Allah menerima seluruh amal shalihku dan amal shalih kalian semua

آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين




Apakabar sahabat lendyagasshi..
Akhirnya,
Tiba juga di penghujung blogpost serangkaian challenge dari BPN 30 Hari Kebaikan.

Dan semoga,
keluar dari challenge ini, lendyagasshi tetap sering menulis.
Yeeay~


Karena hari ini adalah shaum terakhir, jadi besok pagi, in syaa Allah seluruh ummat muslim di seluruh Indonesia akan berangkat sholat Ied. Sunnah apa saja yang harus dilakukan sebelum sholat Ied ?


    Bangun di awal waktu   

Agar tidak tergesa-gesa saat mempersiapkan sholat Ied berjamaan di lapangan.


    Mandi   

Sebelum sholat, di sunnahkan untuk mandi pagi. Agar wangi dan bebas bau mulut, bisa sikat gigi dulu menggunakan pasta gigi Sasha yang halal.


Related Post :

Hijrah Ke Pasta Gigi Halal, Sasha


    Menggunakan pakaian yang terbaik   




    Makan dahulu    

Setelah berpuasa sebulan penuh, di sunnahkan untik makan dahulu sebelum berangkat sholat Ied, meskpun hanya sebutir kurma.



    Berangkat sholat Ied    

Walau wanita, juga disunnahkan untuk berangkat sholat Ied ke lapangan, meskipun sedang tidak sholat. Maknanya adalah Lebaran merupakan syiar agama Islam, menunjukkan banyaknya umat Islam jika bersatu di satu tempat.

Dan jangan lupa untuk tidak berhias dan memakai wewangian bagi wanita.




   Bertakbir dari mulai pagi hingga imam naik mulai untuk sholat Ied   


   Menyapa dan memohon maaf kepada sesama tetangga dan handai taulan ketika bertemu   


   Mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang menuju tempat sholat Ied   




Jangan ada yang terlewat yaa, sahabat lendyagasshi...
Senoga kita dipertemukan Ramadan kembali.

Happy Ied Fitr, 친구...




Salam hangat,



11 comments

  1. Kadang suka kelupaan sarapan dulu sebelum sholat iedul fitri saking buru-buru takut ketinggalan hehe

    ReplyDelete
  2. Masha allah, sudah seminggu yah ternyata kangen deh suasananya. Paling excited ya mandi, pasang senyum ke keluarga terdekat dulu, salat bersama kemudian silaturahim

    ReplyDelete
  3. Poin ttg bangun awal itu bener banget sih biar persiapan sblm salat iednya tidak tergesa-gesa. Suka liat info grafis ttg cara berpakaian seorang muslimah.

    ReplyDelete
  4. Iya, ternyata buat salat ied pun ada sunnah2nya juga ya yang harus dijalanin. Udah seminggu, tapi suasananya masih berasa aja nih. :D

    ReplyDelete
  5. begitu selesai menyelesaikan ibadah puasa langsung kangen lagi ya kak... karena ibadah terasa kurang aja. Etapi kan lebaran banyak kebahagiaan dan jangan lupa kewajibannya dijalankan. Selamat Lebaran kak. mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  6. wowwww ini selesai one day one post selama sebulan? keren banget. yeayyyyy!!!

    Insya Allah, sunnah yang disebutkan sudah aku jalanin. Termasuk duduk manis di pinggir pekarangan masjid saat shalat ied. Iya, aku ga shalat di lapangan. Kalau ikut mertua aku shalat di masjid polsek, kalau di Bandung aku akan shalat di UPI.

    Taqaballahu minna wa minkum, Lendy sayang.

    ReplyDelete
  7. Wuih, BPN challengenya berhasil nih?
    Aku enggak...

    Gak kuat di hari ke-7. Ngebut nggarap tugas kuliah, haha

    Semoga Teh Lendy jadi salah satu peserta bloger terbaik di BPN Ramadhan Challenge ini yaa... Hehe

    Btw, Inshaa Allah sunnah2 sholat ied udah kuterapin

    ReplyDelete
  8. Kalonaku sih bukan itu, tapi seblum sholat biasanya salam sama kedua orangtua dulu. Kemudian baru ke mesjid untuk sholat ied.
    Kalo gak mudik, atau tdk bersama keluarga, maka seblum sholat ied, telpon ortu duli, minta maaf lahir bathin, baru kemudian ke meajid.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau kalau walau lagi gak solat disunahkan tetap ikut ke masjid juga untuk perempuan. Selepas bertahun-tahun, akhirnya dicerahkan oleh postingan blog Mbak Lendy uwuwuw terima kasih!

    ReplyDelete
  10. Selain dari bersuka cita datangnya kemenangan, ya bersilaturahmi ke keluarga dan tetangga wajib dilakukan, mungkin ada blogger yang open house kah?! Hohohoho

    ReplyDelete
  11. Sunah makan terlebih dahulu sebelum solat ied, belum lama aku taunya, sekitar setelah lulus kuliah. Ahh dasar aku ini,pas ngaji dulu kayaknya gak merhatiin nih,, hee
    Idul fitri 1440H sayangnya aku tidak bisa ikut shalat ied, karena ada halangan rutin wanita, semoga tahun depan bisa kembali bertemu dengan bulan ramadhan dan merayakan har kemenangan.

    ReplyDelete