Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencoba Makanan Khas Cirebon : Empal Gentong Mang Darma

Bismillah,

Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat...

Liburan akhir tahun kali ini, suami ajakin ke rumah orangtua di Surabaya. Memang dengan satu syarat, gak lama. Hihiii...banyak agenda kerja Abi menanti sekembalinya kami dari berlibur.

But,
It's okay!

Let's holidaayyy...


Rute kami kali ini adalah 
Bandung - Jakarta : via tol Pasteur
Jakarta - Cirebon : via tol Cikampek - Palimanan (Cipali)


Ada banyak hal menarik selama kami melakukan perjalanan panjang liburan kali ini. Bukan yang pertama kalinya, memang...safar menggunakan mobil pribadi dan lewat tol Trans-Jawa yang sangat kereen setelah resmi dibuka dan digunakan.

Gak nyangka kalau rencana kami safar begitu dimudahkan dan dilancarkan sehingga bisa mampir ke Cirebon, si kota udang.


Ada apa dengan Cirebon?


Aku pernah besar dan tinggal di Cirebon selama 3 tahun

Pernah merasakan sekolah dari kelas 1-3 SDI Al-Azhar Cirebon.
Kalau ditanya, "Enak gak pindah-pindah sekolah dan rumah?"
Aku selalu mantap jawab "Ga enaaakk..."

Hiihii~
Soalnya aku sirik banget sama suami yang dari lahir sampai SMA tinggalnya di satu daerah. Jadi sekarang uda gede-gede begini, bisa reuni SD, SMP sama SMA. See..??

Bayangin jadi aku yang gak bisa reuni SD kan yaa...?
Apalagi TK.

Dulu,
aku lahir dan TK di Pangkalan Brandan, Medan. Entah kemana jejak teman-teman TK-ku.
Uhhhuk~


Tempat terbaik (menurut Ibu)

Ibu yang paling lelah. Udah kebayang yaa...pindahan dari Medan ke Cirebon. Jadi dulu tuh, aku inget banget, Ibu pesan peti besar-besar yang terbuat dari kayu, untuk ngepak barang-barang babe rahimahullah dan ke empat anaknya.

Dari mulai buku, baju hingga piring koleksi kesayangan Ibu yang pernah aku ceritain di sini


Setelah tinggal di Cirebon, ternyata Ibu makin senior di Dharma Wanita. Jadi Ibu bahagia bisa melakukan banyak hal dan tinggal menggerakkan juniornya, semua berreess...hihii~

Sampai aku ingat betul, Ibu itu bangga banget pernah pidato di depan Gubernur Jawa Barat kala itu.


Cirebon adalah kota yang ramah

Memang hanya kota kecil dan zamanku dulu yaa....belum ada mall. Adanya semacam swalayan. Eh, ada mall sebesar Hero siih...tapi kalau di bandingin mall di kota besar, Hero Cirebon kala itu yaa...terdiri dari tenant-tenant kecil gitu loo... Hero cuma kaya tempat belanjanya aja.

Seruu siih...
**mau kemana lagi, adanya hiburan cuma itu...hihii~




Setelah 20 tahun lamanya gak mengunjungi kota masa kecilku ini, kemarin liburan aku pangling... Tentu banyak yang berubah selain lebih ramai dan padat kendaraan bermotor juga Cirebon saat ini banyak mall.

Woow~
Amaziing!

Ingatan masa kecilku yang kebanyakan samar, aku upgrade lagi kali ini. Salah satunya dengan mencoba kuliner Cirebon yang paling iconic, Empal Gentong.



Empal Gentong Mang Darma


Kenapa kita memilih Empal Gentong Mang Darma dari sekian banyak Empal Gentong yang ada di Cirebon?

Alasannya,
karena kami melihat ulasan dari google maps. Berdasarkan rating dan komentar para netijen yang budiman 😅, katanya enak dan dagingnya empuk, plus lokasinya yang di pusat kota dan bersih.


Alamat Empal Gentong Mang Darma 1 :

Jl. P. Diponegoro No.23, Kesenden, 
Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121


Alamat Empal Gentong Mang Darma 2 :

Jalan Inspeksi No 7 Depan Stasiun KA  Kejaksan Cirebon


Jam Operasional :

Senin - Ahad 
Jam 07.30–22.00



Pengalaman Makan di Empal Gentong Mang Darma

Kami tiba di Cirebon dari Bandung sekitar jam 7 pagi. Setelah googling, Empal Gentong Mang Darma ini buka paling pagi daripada makanan khas Cirebon lainnya. Bahagiaa~

Dan setelah tahu kisahnya, Empal Gentong Mang Darma ini sudah ada sejak tahun 1947. Diawali dengan berjualan Empal Gentong dengan cara berkeliling, belum memiliki tempat makan seperti saat ini.

Cara memasak dan rasanya yang tetap nikmat walau saat ini sudah diwariskan ke anak-cucunya. Tahu mengapa dinamakan empal gentong?

Karena masakan yang terdiri dari daging empal (dan bener-bener daging pilihan dan segar, no jeroan sama sekali looh...sehat bener deeh...) diberi kuah yang nikmat dengan taburan daun bawang, Endeeuuss~
Rahasia daging empal yang empuk ini adalah dimasak di sebuah gentong (yang terbuat dari tanah liat) dan dibakar di atas kayu bakar.

Tahu rahasia daging yang lezat?

Daging yang masih segar, baru dipotong, lalu langsung dimasak. Naah...ini yang bikin daging terasa manis lezaat~
Empal gentong Mang Darma ini juga begitu rasa dagingnya. Maniiss~



Setelah puas menikmati Empal Gentong paling legend di Kota Cirebon, kami lanjut melakukan perjalanan lagi ke Semarang melalui Tol Cipali (Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, dan Kendal, Semarang) sekitar kurang lebih 6 jam perjalanan.

Sahabat lendyagasshi sudah pernah kuliner asik di Kota Cirebon?
Berbagi di kolom komentar yuuk...

Kita lanjut ke perjalanan berikutnya...
See yaaa...

Happy Travelling~



With Love,





67 comments for "Mencoba Makanan Khas Cirebon : Empal Gentong Mang Darma"

  1. Emang ga enak Teh. Saya sekolah di Bandung, Tasikmalaya dan Cianjur. Tapi agak mendingan lah masih dalam satu provinsi. Pas reuni masih bisa ikutan hehehe... Ikut memaksakan maksudnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Eh ini apa sinyalku yang lemot ya
    Bolak balik scroll aku gak nemu cerita ttg empal yg jadi judulnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun, kak...
      Aku curiga pas nge-post sinyalnya jelek...
      Huhuu...

      Delete
  3. Tak nyangka Teh Lendy orang Medan yang kerap pindah-pindah tempat. Saya juga tdak nyaman pindah-pindah rumah sampai berulang kali.
    Ah, demikianlah hidup, penuh sejarah.
    Saya belum pernah coba empal gentong waktu main ke sana kala kecil, cuma makan emping yang rasanya keras banget karena bulat lonjong bukan pipih sampai sakit gigi, ha ha.
    Cirebon kaya kuliner khasnya. Masak empal gentong sepertinya butuh kesabaran tetapi sepadan.

    ReplyDelete
  4. Seru juga perjalanannya Mbak. Banyak pindah banyak pengalaman, banyak teman. Pernah juga mampir ke Cirebon, di sana kayaknya kemana mana banyak yang jualan seafood ya.

    ReplyDelete
  5. Arrrggg kalo ke cirebon enang kurang nikmat ya kalo ngga cobain makanan khasnya.. apalagi empal gentong.. aku kesemarang waktu itu juga makan empal gentong.. tapi ngga makan di mang darma.. nanti mau juga ah kalo ke semarang nyobain empal gentong mang darma

    ReplyDelete
  6. Aku ke Cirebon, suka nyobain empal gentong. Makan pas panas panas emang enak banget mbaa :)

    ReplyDelete
  7. Pengalaman yang seru banget. Makan empal gentong di tempat aslinya lagi.Aku baru bisa nyoba I*domie rasa empal gentong mbak.

    ReplyDelete
  8. untung aku udah makan siang sebelum baca dan ngeswipe foto kuah yang dimangkok wkwk, ditunggu cerita seru lainnya ya mba lendy main2 ke Bali ya

    ReplyDelete
  9. Tahun lalu saya juga ke Cirebon selama 4 hari dan nyobain berbagai makanan khas di sana, salah satunya adalah empal gentong. Emang sih bukan di Empal Gentong Mang Darma, tapi rasanya juga enak. heheh. Oke nanti kalau ada rencana ke Cirebon lagi, empal gentong Mang Darma gak boleh kelewatan hehe

    ReplyDelete
  10. haduuuh serius demi apapun baca ini pas jam istirahat dan lagi hujan, nyeees bikin nelen ludah, langsung serach di apllikasi food "empal gentong" hahaha. Masukin list nih kalau ke Cirebon harus nyobain ini..

    ReplyDelete
  11. Wah saya baru tahu salah satu khas kuliner Cirebon ini namanya empal gentong. Jadi pengen icip juga nih makanan ini, penasaran aja dengan rasanya, hehe. Secara saya juga belum pernah ke Cirebon sih, jadi kalau ada kesempatan ke sana pengen cobain kuliner yang Mbak Lendy review ini.

    ReplyDelete
  12. Mendengar kata empal gentong sudah terbayang daging sapi yang besar-besar irisannya. Bener gak sih? Tapi harus waspada nih kalau makan daging sapi, biasanya sering tertinggal suwirannya di gigi wkwkwk....

    ReplyDelete
  13. Ahh ini mah udah makanan wajib kalo maen ke Cirebon, ku pernah makan di sini juga Leen..
    KApan atuh kita menjajajl makanan sana lagi nyook..

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah ke Cirebon. Berarti kalo aku ke Cirebon harus nyobain empal gentong ini deh karena memang terkenal banget. Apalagi ya kuliner Cirebon yang terkenal? Tahu gejrot kayaknya juga terkenal ya di sana.

    ReplyDelete
  15. Sering banget denger makanan ini, tapi belom pernah nyobain sama sekali. wajib coba kapan kapan kalo mampir ke cirebon

    ReplyDelete
  16. Aku kalau ke Cirebon juga wajib mampir ke empal gentong mang Dharma, tapi kalau aku bukan yang ini teh. Aku suka kulinernya Cirebon, tapi emang beberapa kali ke Cirebon yang dicari pasti makanan.

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah makan Empal Gentong. Kalau bicara Cirebon, aku ingatnya zaman kerajaan Islam. Ingin ke sana juga sebenarnya

    ReplyDelete
  18. tempat penyejian makanannya juga unik ya, tradisional, jadi dapat banget khas cirebonnya

    ReplyDelete
  19. Aku pas ke cirebon sama keluarga buat ziarah dan kuliner di kota Cirebon ini

    ReplyDelete
  20. Whoaaa .. Sudah lama nih kepengen melipir tipis-tipis ke Cirebon. Apalagi sudah pegang daftar nih makanan apa saja yang enak di Cirebon. Hasil diracuni oleh seorang teman yang pernah cukup lama tinggal dan bolak-balik Jakarta-Cirebon. Tinggal eksekusinya aja berarti.

    Oiya, Empal Gentong Mang Dharma memang sudah dimasukkan ke dalam daftar sih sama dia. Jadi, cocoook ... Tinggal cari waktu aja, hahaha ...

    ReplyDelete
  21. Ya ampun, kujadi lapar donk pas baca ada tulisan empal gentong. Jujur, aku memang belum pernah makan. Tapi pernah lihat penampakannya aja udah pengen ngiler aja haha
    Kapan2 aku pengen main ke Cirebon dah, selama ini cuma lewat tapi gak pernah mampir hihi

    ReplyDelete
  22. Laperrrr mbaaaa haha, aku jg pernah k Cirebon waktu itu dengan road trip juga (trus auto keinget belum up tulisan apa-apa soal road trip ini wkwk) trus semalem doang d Cirebon besok siangnya balik k Jkrt. Tapi aku makan empal gentongnya H. Apud mbaaaa, bisa coba yg mang Dharma ah kalo balik k Cirebon lagi

    ReplyDelete
  23. Ayeeeyyy laper dong. Empal gentong emang yummy banget ya Teh. Nikmat dimakan di segala suasana. Apalagi kalo empalnya itu empal legend hihi. Makin maknyusss. Happy travelling Teh 😘

    ReplyDelete
  24. Waahhhh empal gentong kesukaan nih kalau lagi pulang kampung.

    Aku juga kecil tinggal disini, kalau lagi ke Cirebon kita pasti mampir kesini. Disampingnya dulu juga ada yg jualan nasi Jamblang khas Cirebon...

    Ah jadi kangennn udah lebih dari 4 tahun gak pulang

    ReplyDelete
  25. Wih sudah sangat sepuh dari segi usia ya Empal Gentong Mang Darma Ini.

    Saya belum pernah nyicipin masakan empal gentong, kayak apa ya..

    ReplyDelete
  26. Pengej banget suatu saat nyobain lezatnya empal gentong. Aaaamminnnnn

    ReplyDelete
  27. masukin list kuliner ku dulu, sejak tol jadi cirebon-jakarta jadi tidak terlalu jauh ya, nunggu long weekend ah langsung cuss sekalian nyobain empal gentongnya

    ReplyDelete
  28. Waktu ke Cirebon, kami cobain beberapa empal gentong. Saya dan suami kompakan, dari semuanya memang Empal Gentong Mang Darma yang paling enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen ke Cirebon lagi. Apalagi kota ini gak jauh dari Jakarta. Mau naik kendaraan pribadi atau kereta juga udah nyaman

      Delete
  29. Penasaran dengan penampakan empal gentong mang darmanya mbak hehe
    Aku pernah ke Cirebon dan makan empal gentong juga, tapi lupa empal gentong apa. Tapi empal gentongnya enak sih, apalagi yang empal asamnya

    ReplyDelete
  30. Udah dong, ke empal gentong juga, tapi bukan yang mang Darma ya, enath apa namanya lupa, legend juga

    lalu ke nasi lengko - makan bebek ganas - pedesan entog mas Nana - es cuwing yang ga kalah legend sampe pindah aja diikutin ibu -ibu se Cirebon hahaaaaa

    ReplyDelete
  31. Ya Allah, bolak-balik jakarta-jogja baik itu naik kereta ataupun mobil, belum pernah sekalipun mampir ke cirebon, padahal kelewatan terussss

    Penasaran sama kuliner-kulinernya euii

    ReplyDelete
  32. Setelah baca ini, aku jadi mau kulineran di Cirebon dan makan Empal gentong ini. Aku suka banget sama makanan ini, karena enak dan bikin seger apa lagi kalau pedas, hihihi

    ReplyDelete
  33. Belum pernah nih mba, keliatan nya enak empal gentong nya.
    Next bisa jadi referensi aku sama suami japan - kapan ke Cirebon.
    Apalagi sudah ada sejak tahun 1947, sudah cukup lama beroperasi

    ReplyDelete
  34. Nah ya bener nba. Daging seger yang langsung dimasak itu rasanya lebih segar dan manis. Dan ini jadi cita rasa tersendiri di Empal Gentong. Duh kan aku lapar. Hahahaha

    ReplyDelete
  35. Belum pernah ke Cirebon dan belum pernah juga ngicip Empal Gentong. Yaampuuuun kesian banget yaa. Coba tolong seseorang, ajak aku ke Cirebon dong. Wkwkwk

    ReplyDelete
  36. kirain nih ya empalnya segentong, dagingnya banyak banget dalam satu porsi sampai gak kelihatan nasinya. hihi. mau coba donk...kapan ya ke cirebon?

    ReplyDelete
  37. Jaman jadi mahasiswa di Bandung, 2006-2008 saya suka makan empal gentong, dalam bentuk mie, alias indomie rasa empal gentong. Kalau empal gentong beneran belum pernah.

    Pas balik ke malang, keliling beberapa supermarket, kok nggak pernah nemu mie rasa empal gentong lagi

    ReplyDelete
  38. Empal gentong ini terkenal banget jadi saya udah lama penasaran pengen makan empal gentong. Ternyata daging segar sama kuah ya, saya kira malah ada jeroan hati sama usus.

    ReplyDelete
  39. wah ya ampun sudah melegenda rupanya..dari tahun 1947..semoga resepnya bisa terus diwariskan ke cucu cicit canggah..

    ReplyDelete
  40. Empal gentong itu enak banget aku pernah coba dan rasanya enak banget ya allah...

    ReplyDelete
  41. Kebayang sama daging empal gentong nya yang manis dan empuk.. Hmm aku jadi ingin coba kalau nanti ke Cirebon. Kebetulan aku ada sepupu yang tinggal di sana

    ReplyDelete
  42. Ahahaha kalau kebalikannya sirik sama suami yang suka pindah2 sejak kecil, lha sejak lahir procot mpe gede aku si Sby terus mbaaak hahaha.
    Makanya nih kalau suami mau pindah kudorong2 #eh
    Wah iya nih aku blm pernah cobain empal gentong yang khas Cirebon asli, moga next destinasi bisa mengunjungi Cirebon :D

    ReplyDelete
  43. Nah aku dulu malah kepingin banget nyobain pindah rumah & sekolah. Kalau pindah rumah mah pernah tapi pas aku udah kerja waktu itu ortu pindah tapi gak berasa. Nah sekarang malah kepingin banget pindah rumah. oops malah OOT kalau gitu mending cari empal mang darma aja ya

    ReplyDelete
  44. Aku orang Cirebon mba,, kbetulan orangtua lahir disana,, sebenarnya sih empal Gentong mang Dharma itu udah gk Ada ... Jadi YG asli itu empal Gentong putra mang Dharma klo yg Tau sejarahnya pasti deh makannya d depan stasiun Cirebon yg beneran asli��

    ReplyDelete
  45. Empal gentomg enakkkkk. Pas nyobain bukan di cirebon waktu itu daerah sekitar tegal..
    Pengen mmpir cirebon nyobain juga nanti kalau pulkam

    ReplyDelete
  46. penasaran pengen nyobain kalopas ke Cirebon, tahunya empal gentong H Apud aja ^_^

    ReplyDelete
  47. Duuh jadi kangen pengen makan empal gentong asli di Cirebonnya. Udah kebayang empuk dagingnya, dan rasanya itu loh gurih.

    ReplyDelete
  48. Belum pernah nih ke Cirebon, juga belum pernah nyobain Empal Gentong. Cuma baca dan dengar cerita teman-teman tentang enaknya makanan yang satu ini. Huhuuuu jadi mupeng kan pengin nyobain.

    ReplyDelete
  49. Kemarin diajak ke Cirebon
    Cuman mikir bawa bayi 1 sama kids 1 itu bikin jiper duluan
    Bolehlah nanti kalau si bayi dah gedean

    ReplyDelete
  50. Oooh dirimu pernah tinggal di Cirebon yaaa...kalau aku ada darah Cirebon tapi ngg pernah tinggal sana. empal gentong memang enak yaa.. tapi aku lebih suka empal aseem

    ReplyDelete
  51. aku belum pernah berhenti di cirebon sih selama ini, palingan lewat doang, jadi belum pernag nyobain empal gentong

    ReplyDelete
  52. Kirain mbak Lendy awalnya ya di Sby terus ternyata sempet pindah2 yaaa. Btw ortunya mbak Lendy PNS kah?
    Duh pengen jg deh ngincipin empal gentong 😁🤭

    ReplyDelete
  53. Waaah, enak2 nih mbak. Saya blm pernah nyobain makanan khas Cirebon. Smg next bisa ajak suami dan keluarga main kesana sekalian icip2 kuliner dan wisatanya

    ReplyDelete
  54. Saya pun Klo pulang kampung ke cirebon yang di cari empal gentong,My favorit food yammy...

    ReplyDelete
  55. Belum pernah makan ini di cirebon langsung....

    Di surabaya juga ada yg jual, cm nggak tahu gmn bedanya

    ReplyDelete
  56. Empal gentong selalu badai panganan favorit kalau jalan-jalan ke Cirebon, asli beda banget rasanya kalau makan di daerah asal ya

    ReplyDelete
  57. Wah, senangnya road trip!
    Kesayanganku ini, apalagi bolang bareng kesayangan, tak terlukiskan sukacitanya

    Btw, aku belum pernah makan empal gentong.
    Kayaknya banyak yang rekomendasikan ya.
    Empal Cirebon, I am coming!

    ReplyDelete
  58. Kuliner penuh kenangan ini empal gentong, saat aku ke Cirebon ditakttir alm papa temenku yang belum lama meninggal. Kenangan makan bersama malam-malam di Crebon saat acara keluarga, lezat memang empat gentong

    ReplyDelete
  59. Ngileeerr.. aku belum pernah ke Cirebon loh Mbak. Dan selalu pemasaran dengan empal gentong yang terkenal itu. Semoga kapan2 bisa ada agenda ke Cirebon juga aamiin :)

    ReplyDelete
  60. Iya mba. Daging seger terus diolah itu emang rasanya beda yaa. Lebih enak daripada daging yang udah sempet "nginep" dan ngga langsung diolah

    ReplyDelete
  61. wow jauh juga ya Teh Lendy pengalaman pindah2nya.. Alhamdulillah tapi jadi bisa ngerasain banyak hal baru yg seru2, termasuk kulineran yg unik2 dan enak2..

    ReplyDelete
  62. Wah, perjalanan yang lumayan ya, nah untuk kulineran mut pun doyan bangeeet hahah

    ReplyDelete
  63. Baca tulisan Lendy ini bikin aku kangen pengen maen ke Cirebon deh, ah. Pernah makan empal gentong langsung di sana dan emang enak banget. Dagingnya empuk. Waktu itu aku makannya bukan di Mang Darma, sih. Maen ke Cirebon lagi yuk? Hunting Empal Gentong dong hahaha

    ReplyDelete
  64. Indonesia selain terkenal dengan keindahan alam dan wisata sejarahnya, juga sangat populer dengan kekayaan kulinernya.. Aku belum nyobain Empal Gentong, tapi klo ke Cirebon pengen nyobain juga..

    ReplyDelete
  65. Aq belum pernah coba empal gentong Cirebon, tetapi aq suka daging empal, sih...

    ReplyDelete

Berlangganan via Email